Rabu, 31 Agustus 2022

Ketua KD Meki Onibala Lantik Drs. Denny Wowiling, MSi Nakodai Pelprip Komisariat Minahasa Utara

Ketua KD Meki Onibala Lantik Drs. Denny Wowiling, MSi Nakodai Pelprip Komisariat Minahasa Utara


MINUT, CARIKABAR
- Komisi Daerah Pelayànan Pria Pantekosta (KD- Pelprip) Sulawesi Utara melaksanakan pelantikan Komisariat Pelprip Minahasa Utara yang langsung dipimpin Ketua KD Pelprip Sulut Drs. Meki M. Onibala, MSi, bertempàt di Kediaman Rumah Keluarga Drs. Denny R. Wowiling, MSi, Kolongan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (31/08/2022) sore.


Acara tersebut di hadiri Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi buat kegiatan pelantikan Komisariat Pelprip Minahasa Utara yang di pimpin Drs. Denny Wowiling, MSi.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, saya menyampaikan banyak selamat buat pengurus dan anggota Pelprip Komisariat Minahasa Utara yang baru dilantik dengan harapan sukses dan tetap bersinergi dengan Pemerintah," harap Bupati Joune Ganda.


Sebelum di lakukan pelantikan diawali dengan ibadah dengan pelayan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Drs. Dolfie J. Kuran, MBA, MTh.


"Penting dalam melaksanakan tugas untuk memiliki  tujuan kerja yang pasti, sehingga konsep kegiatan akan terlaksana dengan baik," sebut Pdt Dolfie yang juga menjabat sebagai Ketua DPD API Sulut.


Ketua KD Pelprip Sulut Drs. Meki Onibala, MSi dalam sambutanya, mengharapkan adanya sinergitas dalam melaksanakan tugas.


"Diharapkan pengurus dan anggota yang baru dilantik untuk kiranya dapat melaksanakan tugas dengan baik,sehingga semua target kerja dapat tercapai dengan baik," harap Onibala yang juga Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara.


Drs. Denny R. Lolong, MSI dalam ucapan terima kasihnya kepada Tuhan Yesus yang berkenan menolong acara pelantikan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh KD Pelprip Sulut.


Dalam acara ini hadir juga, Ketua DPRD Minahasa Utara Denny Lolong dan Ketua Komisi III DPRD Sulawesi Utara Berty Kapoyos, Camat Kalawat, Hukum Tua Desa Kolongan dan tamu undangan lainnya.

(MiddleOn)

Selasa, 30 Agustus 2022

Ketua MD GPdI Sulut Hadir Ibadah Pemakaman Alm Pdt. Max Erens. Kumendong

Ketua MD GPdI Sulut Hadir Ibadah Pemakaman Alm Pdt. Max Erens. Kumendong


MANADO, CARIKABAR
- Ibadah pemakaman Alm Pdt Max E. Kumendong, MTh, sebagai gembala sidang Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) jemaat Mawar Saron Perum Alam Mapanget Raya Wilayah VII Mapanget Satu, Kelurahan Mapanget Barat Kecamatan Mapanget Kota Manado, Rabu (31/08/2022).

Ibadah yang di hadiri langsung Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne l. Awuy Lantu, di selenggarakan Majelis Wilayah VII Mapanget Satu, Ketua Pdt. Harry Denny Momongan, STh, MA, Sekretaris Pdt. Ambrosius Lomban, STh, Bendahara Pdt. Jun Kodongan, MTh.


Sambutan Biro Eksternal MD GPdI Sulut Pdt. Dr. Haezar Sumual, MTh menyampaikan, atas nama MD GPdI Sulut senyampaikan turut berdukacita atas kepergian dari Alm Pdt Max Erens Kumendong.

"Besar harapan keluarga dan jemaat yang di tinggalkan, akan diberikan kekuatan serta penghiburan dari Tuhan Yesus," kata Pdt Haezar.

Sementara itu Pdt Mateos Sumaa, MTh dalam penyampaian Firman Tuhan, mengingatkan betapa pentingnya hidup yang berkenan kepada Tuhan samapai akhir hidup.

"Kepada kita yang masih hidup sekarang ini, untuk kiranya hidup sesuai dengan kehendak Tuhan,sehingga ketika kelak nanti kita di panggil Tuhan maka kematian ini akan sangat berharga, ada yang mati sebelum kedatangan Tuhan dan yang masih hidup saat Tuhan datang kali yang ke 2," sebut Pdt Sumaa yang menjabat Wakil Ketua MD Sulut ini.


Selanjutnya acara dialihkan kepada MD GPdI Sulut yang di pimpin langsung Pdt Yvonne l. Awuy Lantu menyampaikan untuk kegiatan kelanjutan pelayanan GPdI Mawar Saron dibawah pengawasan MD GPdI Sulut sampai ada keputusan tetap.

"Oleh karena istri Alm Pdt Max E. Kumendong, MTh belum bersedia untuk melanjutkan pelayanan pengembalaan sehingga semua hal yang berkaitan dengan pelayanan di GPdI Mawar Saron AMR di bawah pengawas MD GPdI Sulut, namun untuk tugas kusus pelayanan kedalam jemaat di percayakan kepada Pdm. Teddy Korouwan," sebut Pdt Yvonne.

Hadir dalam acara duka ini, Pemerintah Kelurahan Mapanget Barat dan jajarannya, unsur MD GPdI, jajaran Majelis Wilayah VII Mapanget Satu dan gembala- gembala sidang dan gembala-gembala di luar wilayah, sahabat alm dan handai tolan pelayat duka serta masyarakat setempat.
(MiddleOn)

Senin, 29 Agustus 2022

GPdI Elohim Paniki Atas Gelar Ibadah HUT ke-61, Dihadiri Ketua MD Sulut Pdt Yvonne l.Awuy Lantu

GPdI Elohim Paniki Atas Gelar Ibadah HUT ke-61, Dihadiri Ketua MD Sulut Pdt Yvonne l.Awuy Lantu


MINAHASA UTARA, CARIKABAR
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Elohim Paniki Atas, Wilayah Talawaan Kabupaten Minahasa Utara, penggembalaan Pdt Rein Wotulo, STh melaksanakan ibadah ucapan syukur HUT ke 61, Senin (29/08/2022).


Ibadah syukur tersebut di layani Wakil Ketua MD GPdI Sulut Pdt John Awuy dengan mendasarkan khotbah pada bacaan Alkitab dalam Amsàl pasal 3 àyat 3 dan 4, 'Stàndàr kwàlitas yàng harus di capai sebagai mana apa yang Tuhan kehendaki.


"Penting bagi gereja Tuhan untuk mencapai kwàlitas kasih,sebab bagi gereja kasih adalah hal yang krusial sehingga gereja tidak kehilangan kasih, hendaklah kasih itu mengikat sempurna bagi gereja Tuhan." kata Pdt John.



Selanjutnya, doa syukur HUT di pimpin Ketua MD GPdI Sulut Pdt. Yvonne l. Awuy Lantu didampingi personil jajaran MD untuk keluarga Wotulo Runtuwene sebabagai gembala sidang bersama majelis jemaat GPdI Elohim Paniki Atas.


Dalam sambutannya, Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne l. Awuy Lantu menyampaikan, atas nama jajaran MD menyampaikan selamat HUT, doa 


" kiranya jemaat bertambah secara kuatlitas dan kuantitas serta kasih kepada Tuhan makin melimpah buat gembala dan jemaat juga selamat menikmati berkat Tuhan," ucap Pdt Yvonne.



Gembala GPdI Elohim Paniki Dua, Pdt Rein Wotulo dalam kesaksiannya, menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga di persembahkan untuk Tuhan Yesus kepala gereja.


"Puji syukur kepada Tuhan Yesus yang sudah menolong dan menyertai pelayanan GPdI Elohim Paniki Dua sehingga boleh berusia ke-61 tahun sampai saat ini dalam penggembalaan kami yang juga di topang oleh seluruh jemaat," sebut Pdt Rein yang juga menjabat sebagai Sekretaris MD GPdI Sulut.


Meriahnya acara di tandai pemasangan lilin HUT Gembala suami istri Pdt Rein Wotulo dan Pdt Debby Runtuwene besama majelis dan pelayan-pelayan jemaat dan penyerahan bingkisan kepada Hamba Tuhan yang perna melayani sebagai gembala sidang GPdI Elohim Paniki Dua di antaranya Pdt Max Rorong juga Pdt Lodewick Waworuntu.


Hadir dalam acara ini, jajaran MD GPdI  Sulut, Pengurus Majelis Wilayah Talawaan bersama gembala-gembala baik di Wilayah Talawaan dan Luar Wilayah serta Pemerintah setempat dan undangan lainnya.

(MiddleOn)






Minggu, 28 Agustus 2022

KD Pelprip Sulut Lantik Pdt Maxi Sepang Ketua Komisariat Pelprip Minsel 1

KD Pelprip Sulut Lantik Pdt Maxi Sepang Ketua Komisariat Pelprip Minsel 1


MINSEL, CARIKABAR
- Komisi Daerah (KD) Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan pelantikan Komisariat Pelprip Minahasa Selatan 1 bertempat di Gedung GPdI Alfa Omega Pakuweru Kecamatan Tenga Kabupaten Minsel, Sabtu (26/08/2022) sore.


Acara pelantikan tersebut diawali dengan ibadah dengan pelayanan renungan Firman Tuhan di pimpin Drs. Ferry Sendow dengan dasar bacaan Alkitab di dalam Kitab Keluaran 17 ayat 8 sampai 11, 'Kemenangan orang Israel terhadap Amalek.'


"Kemenagan Israel dalam kepemimpinan Musa yang di topang oleh Harun dan Hur, ini merupakan contoh kepemimpinan menghormati otoritas tertinggi, sehingga di harapakan pengurus yang yangbakan dilantik untuk dapat bekeja secara efekrif bersama," sebut Pdm Sendow.



Pdt Maxi Sepang, STh, MA
dilantik sebagai Ketua Komisariat Pelprip Minsel 1 didampingi Ns. Only H. Kadjiman, S.Pd, S.Kep sebagai Sekretaris dan Pdm. Ir. Max N.G Selang, STh dengan jabatan Bendahara.


Ketua KD Pelprip Sulut Drs. Meki M.Onibala, MSi, dalam sambutannya mengharapkan, agar pengurus Komisariat Pelprip Minahasa Selatan 1 dapat berperan aktif dalam mengembangkan pelayanan Kaum Bapa Pantekosta dan mendukung penuh Visi dan Misi Majelis Daerah (MD) GPdI Sulawesi Utara.


"Diharapkan pengurus yang baru di lantik untuk kiranya benar-benar dapat memberi diri, bukan hanya ikut-ikutan tapi dapat bekerja dengan penuh loyalitas dengan baik dan menyusun program yang tepat sasaran," ucap Onibala.



Sementara itu Pdt Maxi Sepang menyampaikan, rasa terima kasih serta, rasa syukur kepada Tuhan Yesus sebagai kepala gereja lewat KD Pelprip Sulut untuk kepercayaan yang mulia tersebut.


"Tentunya ini adalah sebuah kebanggaan dan kesempatan yang indah lewat pengurus Komisariat Pelprip Minsel 1 telah di pecayakan kepada saya dan rekan-rekan untuk kami laksanakan semuanya untuk Kemuliaan Tuhan," kata Pdt Sepang sebagai Gembala GPdI Alfa Omega Pakuweru.


Hadir dalam pelantika ini, Camat Tenga, Sekretaris KD Pelprip Sulut Pdm. Drs. Max Raintung, STh, MSi, dan segenap KD Pelprip Sulut lainnya.

(MiddleOn)

Sabtu, 27 Agustus 2022

Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Aksi Bersih Pantai Di HUT ke-1 APM

Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Aksi Bersih Pantai Di HUT ke-1 APM


MANADO, CARIKABAR
- Di perayaan HUT ke-1, APM melaksanakan kegiatan Bakti Sosial pemeriksaan mata serta pembagian kaca mata secara gratis kepada warga juga aksi bersih-bersih pantai yang mengambil titik di sekitar Pantai Pangalisan di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan, Jumat dan Sabtu (26-27/8).


Aliansi Pers Manado (APM) merupakan komunitas para wartawan berbagai media yang area peliputan di lingkup Pemerintahan Kota Manado, telah melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan sejak awal berdiri Agustus 2021.


Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut yang di pimpin lansung Ketua APM Steven Rondonuwu, ikut melibatkan Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan dan masyarakat Kelurahan Bunaken.



Dalam sambutannya Ketua APM Steven Rondonuwu mengatakan, kegiatan ini disuport penuh Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang, dimana sesuai Visi Pemerintah Kota yaitu menjadikan warga Manado Maju dan Sejahtera.


“Menuju visi ini semua warga harus hidup sehat, berdasarkan hal tersebut APM tergerak untuk membantu menyehatkan warga kepulauan,” ucap Rondonuwu.


Camat Bunaken Imanuel Mandak disela-sela giat bersih bersih pantai menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Aliansi Pers Manado (APM)  yang sudah datang ke Bunaken dan menggelar bakti sosial serta bersih-bersih pantai.


”Tentunya kami dari pemerintah Kecamatan dan Kelurahan serta masyarakat menyampaikan terima kasih buat APM yang selama dua hari berada di Bunaken sudah menggelar Baksos dan bersih bersih pantai,” kata Mandak


Camat Mandak berharap kedepan kegiatan ini bisa dilakukan kembali sebab hal ini sangat membantu masyarakat karena, sampah-sampah yang ada disini merupakan sampah kiriman, apalagi saat hujan deras dan arus kencang akan banyak sampah yang menumpuk.


“Semua sampah ini bukan berasal dari Bunaken tapi dari luar yang dibawah arus hingga sampai ke Bunaken,” ucapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia HUT APM, Stenly Suawa, mengatakan dipilihnya kegiatan bersih pantai dikarenakan APM merasa terpanggil dalam hal penanggulangan sampah di daerah pantai, apalagi Bunaken merupakan daerah tujuan wisata. “Saat pemerintah membolehkan wisatawan berkunjung ke Bunaken, hal yang terlintas pada kami ialah ikut berkontribusi membantu membersihkan daerah tersebut,” ujar Suawa.

(MiddleOn)

Kamis, 25 Agustus 2022

Walikota Andre Angouw Pantau Sejumlah Fasilitas Umum Sebelum Ke Kantor

Walikota Andre Angouw Pantau Sejumlah Fasilitas Umum Sebelum Ke Kantor


MANADO, CARIKABAR
- Sebelum ke Kantor, Walikota Manado Andrei Angouw mengunjungi beberapa lokasi melihat kondisi drainase dan fasilitas Kota lainnya. Jumat (26/08/2022) pagi.


Walikota mengawali kunjungan lapangan pagi ini di Rike, tempatnya di Kompleks Gereja Bukit Moria Rike. Disini Walikota mencek mekanisme pengangkutan sampah serta operasional kendaran-kendaraan pengangkut sampah. Ikut dicek Walikota adalah persiapan pengaspalan jalan dibelakang Gereja Bumorik serta gorong-gorong yang ada di Lokasi. 


Dari Bukit Moria Rike Walikota menuju pertigaan Kompleks PJR Wanea melihat kondisi drainase disana. Walikota melanjutkan kunjungan lapangan ke Stadion Klabat. Disini Walikota melihat infrastruktur jalan, drainase yang sedang diperbaiki.


Selama ini dilokasi Stadion Klabat sering terjadi genangan air dijalan dan pemukiman warga sekitar jika hujan cukup lama. Hal ini disebabkan karena drainase yang tidak memadai untuk menampung debet air yang banyak.


Sekarang ketika diperbaiki dengan diperlebar drainasenya serta dilakukan pengerukan sampah dan sedimen yang ada di dalam drainase, ancaman luapan air mulai berangsur hilang. Dilokasi ini juga telah dilakukan rekayasa saluran air agar airnya mendapat jalan keluar yang baik dan tidak tersumbat.


Dari Stadion Klabat, Walikota menuju Kantor Camat Sario cek pemanfaatan Motor Sampah terutama rute dan mekanisme pengangkutan sampah. Walikota berjalan kaki menuju Jalan Piere Tendean Boulevard Manado, juga untuk melihat kondisi Drainase di depan Mantos. 


Dalam kunjungan lapangan kali ini Walikota didampingi Asisten II Atto Bulo S.H.,M.M, Camat Wanea dan Camat Sario serta beberapa Ketua Lingkungan disetiap lokasi yang dikunjungi. 

(MiddleOn)

Minggu, 21 Agustus 2022

GPdI Wilayah VII Mapanget Satu Manado Gelar Pelantikan Komisi-Komisi Pelayanan

GPdI Wilayah VII Mapanget Satu Manado Gelar Pelantikan Komisi-Komisi Pelayanan


MANADO, CARIKABAR
-  Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), Majelis Wilayah VII Mapanget Satu Kota Manado melaksanakan ibadah bersama dalam rangka pelantikan pengurus lengkap Komisi Wilayah bertempat di gedung GPdI Rehobot Taman Mapanget Raya (Tamara) Kelurahan Mapanget Barat. Minggu (21/08/2022) sore.


Kegiatan tersebut di awali dengan ibadah yang di pimpin langsung Ketua MW VII Mapanget Satu Pdt Denny Harry Momongan, S.Th, MA dalam Khotbahnya terambil dalam bacaan Alkitab 1 Petrus  2 ayat 9 sampai 10, "Kamulah bangsa yang terpilih."


Setelah khotbah langsung dilaksanakan Pelantikan dan pengucapan janji kesetiaan yang dibacakan Sekretaris MW Pdt Ambrosius Lomban, S.Th lewat 

Surat Keputusan Majelis Wilayah VII Mapanget Barat Nomor 01/SK/MW VII-MptSatu/VIII-22.



Selanjutnya, Penasehat Majelis Wilayah Pdt. DR F Sualang, M.Th memimpin doa pengutusan bagi pengurus yang baru dilantik untuk kemudian segera  melaksanakan tugas di masing-masing komisi.


Kemudian di akhir acara, Bendahara Majelis Wilayah Pdt Jun Kodongan, M.Th menyampaikan pengumuman yang didahului dengan ucapan selamat melaksanakan tugas bagi yang telah dipercayakan dalam tanggung jawab di Komisi masing-masing, untuk kiranya dapat bekerja dengan penuh tanggug jawab sebab ini adalah pekerjaan Tuhan yang pasti tidak akan pernah sia-sia akan di perhitungkan Tuhan.


Ditempat terpisah, salah satu Pengurus yang baru dilantik Pdt Semuel Tiwa menyampaikan, rasa syukur kepadat Tuhan Yesus sebagai kepala gereja melalui Pimpinan Majelis Wilayah boleh mempercayakan tugas di Komisi Wilayah Periode 2022-2027 dengan harapan dengan tugas ini maka pekerjaan Tuhan di Wilayah VII Mapanget Satu akan maju untuk Kemuliaan Tuhan.

(MiddleOn)


Jumat, 19 Agustus 2022

Rakor KD PELPRIP Sulut, Onibala Ingatkan Pentingnya Loyalitas  Pengurus dalam Melaksanakan Tugas

Rakor KD PELPRIP Sulut, Onibala Ingatkan Pentingnya Loyalitas Pengurus dalam Melaksanakan Tugas


MINAHASA, CARIKABAR
- Komisi Daerah (KD) Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip) GPdI Sulawesi Utara menggelar rapat kordinasi (Rakor) dengan agenda utama pelantikan Pelprip Komisariat Kabupaten dan Kota Sulawesi Utara, bertepat di kediaman Rumah Keluarga Onibala Sekoh, Desa Tolok Kabupaten Minahasa. Sabtu (20/08/2022) siang.


Rapat tersebut di pimpin langsung Ketua KD Pelprip Sulut Drs. Meki Onibala, M.Si memberikan pembinaan dan arahan terkait loyalitas kepemimpinan dalam melaksanakan visi dan misi Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne I. Awuy Lantu.



Lanju Onibala, untuk memperlancar kegiatan KD Pelprip, sehingga upaya pelantikan harus segera di laksanakan dalam waktu dekat ini juga terkait persiapan HUT Pelprip Sulut pada bulan Oktober mendatang.


"Agenda rapat ini dalam rangka pelantikan Komisariat Kabupaten Kota dan persiapan pelaksanaan HUT Pelprip dan program kerja serta menjaga etika pelayanan serta loyalitas kerja harus di tunjukan," harap Onibala.


Hadir dalam acara ini, unsur pengurus dan anggota KD Pelprip dan para calon pengurus Pelprip Komisariat di 15 Kabupaten Kota Sulawesi Utara.

(MiddleOn)


Kamis, 18 Agustus 2022

Dibuka Presiden Jokowi, Walikota Angouw Ikut Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022

Dibuka Presiden Jokowi, Walikota Angouw Ikut Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022


MANADO, CARIKABAR
- Walikota Manado Andrei Angouw diruang kerjanya mengikuti secara daring Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri R.I di Jakarta. Kàmis (18/08/2022) pagi

Rakornas ini mengambil tema : Sinergi Untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan Nasional dilaksanakan secara Hybrid pada hari ini 18 Agustus 2022 pukul 09.00-10.00 Wita bertempat di Istana Negara Jakarta dan melalui aplikasi zoom.

Rakornas dibuka oleh Presiden R.I yang didampingi oleh Menko Bidang Perekonomian selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP), Gubernur BI, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri selaku Wakil Ketua TPIP dan seluruh anggota TPIP.

Tujuan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022 ini adalah untuk mendorong Kepala Daerah dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mensinergikan kebijakan Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan Nasional dengan kebijakan Pemulihan Ekonomi di daerah serta menghasilkan kebijakan pengendalian lnflasi Daerah yang akan menjadi bahan masukan untuk kebijakan Pengendalian Inflasi secara Nasional.

Sehubungan dengan hal inilah sehingga Walikota Manado Andrei Angouw selaku Ketua TPID Kota Manado, juga bersama Kepala Daerah seluruh Indonesia baik Gubernur, Bupati, dan Walikota yang merupakan Ketua TPID diwilayahnya masing-masing untuk hadir secara online pada Rakornas ini.

Presiden dalam sambutan dan arahannya memaparkan kondisi perekonomian dunia dan juga kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Presiden selanjutnya menyampaikan beberapa pokok pikiran sebagai bagian dari antisipasi dan penyiapan terobosan-terobasan untuk memperkuat ekonomi nasional dengan memberikan beberapa contoh konkrit baik sistem dan fakta-fakta yang ada dilapangan.

Selesai memberikan sambutan dan arahan, Presiden membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun  2022.
(MiddleOn)

Selasa, 16 Agustus 2022

Berlangsung Kidmat, Walikota Manado Andrei Angouw Pimpin Upacara Puncak HUT RI Ke-77

Berlangsung Kidmat, Walikota Manado Andrei Angouw Pimpin Upacara Puncak HUT RI Ke-77


MANADO, CARIKABAR
-Upacara peringatan puncak perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun di laksanakan oleh Pemerintah Kota Manado, dihadiri langsung Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang di Lapangan Sparta Tikala Manado. Rabu (17/08/2022).


Walikota Manado Andrei Angouw, bertindak sebagai Inspektur upacara pada pelaksanaan Upacara puncak peringatan Kemerdekaan RI ke- 77 tersebut.


Setelah persiapan dan laporan Komandan Upacara kepada Inspekrur Upacara bahwa upacara akan dilaksanakan dilanjutkan dengan pembacaan Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes.,Apt.


Acara dilanjutkan dengan prosesi pengikabaran Bendera oleh Tim Paskibraka Kota Manado. Selesai pengibaran Bendera Merah Putih, Walikota memimpin Hening Cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur mempertahankan NKRI. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Doa yang disampaikan oleh Kepala Kementerian Kantor Agama Kota Manado.


Upacara diakhiri dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa Upacara telah selesai dilaksanakan.


Turut hadir dalam upacara ini Ketua dan Sekretaris TP PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan dan dr. Merry Sualang Mawardi, Unsur pimpinan DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, para Anggota DPRD Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Kepala SKPD, Pimpinan dan Direksi BUMD (PD Pasar, PDAM dan PT Air) Kota Manado,  para Camat, pejabat eselon, staf khusus Walikota, Forum-Forum yang ada di Kota Manado, Veteran, para Lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat, ASN dan THL Pemerintah Kota Manado.

(MiddleOn)

Walikota dan Wakil Walikota Manado Saksikan Pidato Presiden dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Manado

Walikota dan Wakil Walikota Manado Saksikan Pidato Presiden dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Manado


MANADO, CARIKABAR
-  Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dengan agenda mendengarkan pidato Presiden R.I di Kantor DPRD Kota Manado Jalan. Pemuda Sario. Selasa (16/08/2022).


Setelah acara dibuka, selanjutnya peserta Rapat Paripurna DPRD Kota Manado mengikuti Pembukaan Sidang Tahunan MPR, DPR, DPD RI Tahun 2022 yang diawali sambutan dan pemaparan Ketua MPR R.I. Bambang Soesatyo. Acara selanjutnya adalah pelaksanaan Sidang DPR dan DPD RI yang dipimpin oleh Ketua DPR R.I Dr. (H.C). Puan Maharani sekaligus menyampaikan sambutan dan pemaparan.


Selesai sambutan Ketua DPR R.I dilanjutkan dengan Pidato Kenegaraan Bapak Presiden Joko Widodo yang memaparkan kondisi nasional ditengah masih merebaknya pandemi covid 19 serta perkembangan ekonomi dunia termasuk memaparkan kondisi politik, ekonomi nasional, sosial dan bidang lainnya.


Hadir dalam rapat Paripurna ini Ketua TP PKK Kota Manado IIrene Angouw Pinontoan, Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes.,Apt., unsur pimpinan DPRD dan anggota Dewan Terhormat, Forkopimda Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Kepala SKPD, Camat dan pejabat Struktural lainnya.


Setelah mengikuti rapat paripurna pertama pada pukul 10.00 Pagi sampai selesai, Walikota dan Wakil Walikota Manado, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado serta peserta paripurna dan undangan lainnya tepat pukul 14.00 mengikuti Rapat Paripurna yang kedua.


Rapat Paripurna kedua ini dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden R.I pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN T.A. 2023 Beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR R.I Tahun Sidang 2022-2023. Jadi Rapat Paripurna ini terdiri dari dua angenda yakni;

1. Pidato Ketua DPR RI Ibu Dr. (H.C) Puan Maharani dalam rangka Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023.

2. Pidato Presiden R.I dalam rangka penyampaian RUU tentanh APBD TA 2023 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.


Ketua DPR R.I saat menyampaikan pidatonya menekankan beberapa poin penting seperti soal Perkuat Industri Nasional untuk penuhi kebutuhan dalam negeri, Perkembangan Teknologi, investasi SDM, fokus pada keahlian STEM dan tentang evaluasi reformasi birokrasi serta hal-hal pembangunan lainnya. 


Ketua DPR R.I juga menyampaikan kinerja Komisi-Komisi dan alat kelengkapan DPR lainnya dalam hal penyelesaian beberapa paket Undang-Undang. DPR RI lewat sambutan Ketua DPRnya juga mendorong Pemerintah Ä·dalam hal peningkatan kinerja pelayanan kepada masyarakat. DPR RI juga mengapresiasi keterlibatan dan peran aktif Pemerintah Indonesia pada G20. Juga disampaikan pandangan DPRI tentang pertumbuhan ekonomi nasional. Pemerintah juga diminta antisipasi fenomena global.


Presiden dalam sambutannya menyampaikan tentang resiko ekonomi global secara panjang lebar. "Kendati ekononi global berdampak signifikan pada ekonomi nasional tapi kita tidak boleh pesimistif," kata Presiden. Presiden juga memaparkan tentang kebijakan APBN 2023 yang difokuskan pada 5 agenda utama.


Seperti pada rapat paripurna pertama, maka hadir dalam rapat Paripurna ini, Ketuax DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes.,Apt., unsur pimpinan DPRD dan anggota Dewan Terhormat, Forkopimda Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Kepala SKPD, Camat dan pejabat Struktural lainnya.

(MiddleOn)

Senin, 15 Agustus 2022

MD GPdI Sulut Gelar Bimtek Peningkatan Mutu Kerja dan SDM

MD GPdI Sulut Gelar Bimtek Peningkatan Mutu Kerja dan SDM


TONDANO, CARIKABAR - Seluruh anggota jajaran Majelis Daerah (MD) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) bertempat di Hotel Yama Tondano, Kabupaten Minahasa, Selasa (16/08/2022).


Menurut Sekretaris Pdt Hanny Awuy, Bimtek yang diselenggarakan MD GPdI Sulawesi Utara tersebut, dalam rangka Peningkatan Mutu dan  Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menjalankan tugas kerja.


"Seiring dengan perkembangan zaman, Bimtek itu perlu, apalagi berkaitan dengan IT dan Digitalisasi juga dalam hal menyelesaikan masalah maka dibutuhkan optimalisasi potensi dan Kompentensi di bidang masing-masing," terang Sekretaris MD Sulut dalam lembaran materinya.



Sementara itu, Badan Multimedia, IT dan Literatur MD Sulawesi Utara Pdt. Samuel Nus Kaligis, ST, STh mengatakan bahwa, kegiatan bimtek itu penting dalam rangka kelancaran dalam menjalankan tugas  dan fungsi jabatan.


"Dalam menjalankan tugas untuk jabatan masing-masing, maka perlu memahami hal-hal yang sifatnya teknis dalam melaksanakan program MD GPdI Sulawesi Utara," ucap Pdt Nus sapan akrabnya.


Sebagaimana di ketahui kegiatan ini berlangsung 2 hari dan di awali dengan doa semalam suntuk yang langsung di pimpin Ketua MD GPdI Sulut Pdt. Yvonne I. Awuy Lantu, untuk peserta bimtek melibatkan para Penasehat sampai Biro dan Badan di lingkup MD GPdI Sulut periode 2022-2027.

(MiddleOn)


Kamis, 11 Agustus 2022

128 Pengurus Majelis Wilayah GPdI Sulut Resmi Dilantik Ketua MD Sulut

128 Pengurus Majelis Wilayah GPdI Sulut Resmi Dilantik Ketua MD Sulut


MANADO, CARIKABAR
- Majelis Daerah (MD) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara melantik 128 Pengurus Majelis Wilayah (MW) yang tersebar di 15 Kabupaten Kota Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Ruang Serbaguna Sekolah Alkitab Langowan (SAL) Desa Raranon Langowan. Kabupaten Minahasa, Kamis (11/08/2022) siang.


Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I. Awuy Lantu di dampinggi Sekretaris Pdt Hanny Awuy, STh, berdasarkan SK No: 005/KEP-MD/VIII-2022.



Sebelum pelantikan dan pengucapan janji kesetiaan, didahului dengqn ibadah dengan pelayanan Firman Tuhan oleh Pdt. DR Wempi Kumendong, SH, MH.


Hadir dalam acara ini, seluruh jajaran pengurus MD GPdI Sulut, mulai dari Penasehat sampai Biro dan Badan serta Ketua-Ketua Komisi Daerah (KD).

(MiddleOn)


Rabu, 10 Agustus 2022

Rakor FPK Manado, Walikota Angouw Ingatkan Perlu Libatkan Tokoh-Tokoh Agama Demi Kebersamaan

Rakor FPK Manado, Walikota Angouw Ingatkan Perlu Libatkan Tokoh-Tokoh Agama Demi Kebersamaan


MANADO, CARIKABAR
- Walikota dan Wakil Walikota Manado  Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang, setelah sebelumnya mengikuti kegiatan di Taman Berkat Manado, lanjut dengan menghadiri Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado di Hotel Formosa Manado (10/08-2022).


Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan kota Manado ini mengambil Thema; " Optimalisasi Peran Pembauran Kebangsaan Menuju Kota Manado Yang Lebih Baik."


Dalam sambutannya, Walikota Manado mengapresiasi Rapat Koordinasi FPK ini. Walikota menyinggung soal Kota Manado yang mendapat rangking ke 2 Nasional sebagai kota Toleransi di Indonesia.


Walikota ikut  menjelaskan konsepsi 'pembaruan' dan bagaimana penerapannya ditengah kehidupan masyarakat. Walikota juga menceritakan pengalaman pribadi sejak lahir dan besar di Kota Manado serta bergaul dengan segala macam masyarakat yang berbeda dari segi suku, agama dan perbedaan lainnya tapi kerukunan tetap terjaga.


Kepada FPK, Walikota menyarankan agar dapat memanfaatkan tokoh-tokoh agama untuk membangun kebersamaan demi kepentingan bersama.


Selesai sambutan, Walikota membuka acara ini secara resmi untuk selanjutnya dilaksanakan rapat koordinasi FPK.


Hadir dalam Rapat Koordinasi ini Kepala Kesbangpol Kota Manado Meiske Conny Lantu S.E, Ketua FPK Manado Bryan J. Waleleng S.H, Ketua Tim Kerja Rakor FPK Fentje Pinontoan, pemateri Dr. Ivan Kaunang, Camat se Kota Manado dan para peserta Rakor FPK Kota Manado. 

(MiddleOn)

Senin, 08 Agustus 2022

Walikota Manado Ikut Rakernas APEKSI ke- XV 2022 Di Padang

Walikota Manado Ikut Rakernas APEKSI ke- XV 2022 Di Padang



MANADO, CARIKABAR
- Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XV tahun 2022 di Padang, Provinsi Sumatera Barat. Dihadiri Walikota se-Indonesia. Minggu (7/8/2022).

Walikota Manado Andrei Angouw turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini, sebagai anggota dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Sejumlah agenda kegiatan diikuti oleh Walikota Angouw yang turut di dampingi oleh Kepala Bagian Kerjasama Pemerintah Kota Manado, Vanda Tulenan di antaranya, Youth City Changers, Indonesia City Expo, dan Welcome Dinner.

Angouw mengatakan, APEKSI 2022 merupakan momentum kebangkitan ekonomi ditengah keterpurukan akibat pandemi covid 19.

"Pertemuan para pemimpin daerah seluruh Indonesia ini merupakan awal untuk kebangkitan ekonomi kita setelah gempuran pandemi. Kita diminta untuk meningkatkan ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi di daerah masing-masing juga melakukan reformasi birokrasi" kata Walikota Angouw.

Para pemimpin daerah diharapkan mampu beradaptasi dan mampu bekerjasama dengan pemerintah pusat, sehingga perekonomian Indonesia bisa bertahan di tengah krisis global.

"Kita dipacu untuk bisa meningkatkan perekonomian, harus mampu mempercepat pemulihan ekonomi, itu semua yang kita bahas dalam agenda ini. Semoga, Kota Manado dan Indonesia secara keseluruhan bisa beradaptasi dan mampu inovasi-inovasi dalam meningkatkan perekonomian," tukasnya.

Seperti diketahui, dalam Rakernas tersebut, para peserta mengikuti diskusi panel/sidang pleno yang mengangkat beberapa topik terkini di Indonesia.

(MiddleOn)

Selasa, 02 Agustus 2022

BAKSOS PRI Selama 2 Hari, Dihadiri Biro Pembangunan Gereja MD GPdI Sulut

BAKSOS PRI Selama 2 Hari, Dihadiri Biro Pembangunan Gereja MD GPdI Sulut


MANADO, CARIKABAR - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Panji Rajawali Indonesia (PRI), di usia yang ke 4 tahun terus melakukan kegiatan Bakti Sosial Pembangunan Gereja yang sedang membangun.

Puluhan pengurus dan anggota PRI baik DPP maupun DPD berada di lokasi kegiatan bakti sosial selama dua hari, Senin-Selasa (01,02/08/2022) di GPdI Gloria Ranotana Weru. Kec Wanea Kota Manado.

Menarik dalam kegiatan ini, di hadiri Biro Pembangunan Gereja MD GPdI Sulut Pdt Lengker Rarumangkay, STh, memantau langsung proses pembangunan gereja GPdI Gloria Ranotana Weru, penggembalaan Pdt Semuel H. Sajanga, SE, STh, MA.

Ketua Umum DPP PRI Pdt Frans Asso Tatulus, MTh memberikan apresiasi kepada MD GPdI Sulut lewat kehadiran Biro Pembangunan Gereja Pdt L. Rarumangkay yang juga menjabat sebagai Departemen Pendataan Pengawasan Aset MP GPdI.

"Kami mengsuport program MD GPdI Sulut dan tentunya diucapkan banyak terima kasih kepada Ketua MD Sulut yg melalui Pdt. Lengker Rarumangkay yg boleh berpartisipasi serta terjun langsung bekerja bersama kami selama dua hari," ucap Pdt Asso sapan akrabnya.

Menurut Ketua DPD PRI Sulut Pdt Bobby Mongkau, kegiatan yang telah berlangsung selama 4 tahun ini, telah memberikan banyak manfaat bagi gereja-gereja yang sedang dalam tahap pembangunan.

"Pelaksanaan Baksos ini kami melibatkan para tenaga ahli bangunan dan tentunya di bantu oleh semua anggota pengurus dan jika tempat pelaksanaan baksos jumlah jemaat minim maka kami pengurus memberikan juga subangan spontanitas," jelas Pdt Mongkau.

Sementara itu Pdt Semuel Sajanga menyampaikan terima kasih buat Pimpinan DPP dan DPD PRl yang telah meringankan beban kerja di Jemaat GPdI Gloria Ranotana Weru.

"Kami Sangat mengsuport aksi kegiatan baksos dari PRI mulai dari tingkat Pusat dan Daerah, Tuhan Yesus memberkati semua yang sudah hadir dalam kegiatan ini, jayalah PRI," ungkap Pdt Sajanga.


(MiddleOn)