Selasa, 28 Februari 2023

Apel Perdana Pemkot Manado, Angouw Ingatkan ASN Tentang Tugas Pelayan Pada Masyarakat

Apel Perdana Pemkot Manado, Angouw Ingatkan ASN Tentang Tugas Pelayan Pada Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw memimpin apel perdana bulan Maret tahun 202 jajaran ASN Pemerintah Kota Manado, dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala Manado.Rabu (01/03/2023).


Wali Kota dalam arahannya di hadapan peserta apel menyampaikan, apresiasi atas pencapaian kinerja ASN Pemerintah Kota Manado selama bulan Januari hingga Februari yang telah berlalu.


Diingatkannya, ASN tentang tugas pelayanan kepada masyarakat dalam membangun Kota Manado.


 “Sebagai pemerintah, tugas kita adalah melayani masyarakat dan membangun Kota Manado. Dengan begitu kita membangun bangsa Indonesia. Saya berharap kita benar - benar melayani. Berulang kali saya sampaikan, jangan kita berpola pikir kalau bisa dipersulit, kenapa dipermudah. Kita harus memakai pola pikir, kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit, seperti itu,” sebut Angouw.


Dia pun menegaskan, para ASN Pemerintah Kota Manado untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) dan dapat menjadi ahli dalam bidang masing-masing.


“Saya mengajak kita semua untuk tidak pungli. Jangan menerima yang bukan hak kita sesuai dengan ketentuan. Semua harus jadi ahli dibidangnya masing-masing. Aturan dan ketentuan terus berubah. Semuanya dinamis, kita yang harus menyesuaikan,” tutur Wali Kota.


Lanjut, Wali Kota turut menyampaikan terkait Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) para ASN Pemerintah Kota Manado yang akan segera dicairkan. 


“Untuk TPP bulan Januari dan Februari sudah bisa diproses dengan melengkapi syarat SKP,” tutup Walikota.


Pada apel perdana ini, Wali Kota menyerahkan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada pihak keluarga pekerja rentan di Kota Manado.


Turut hadir dalam apel perdana ini, para Asisten, Kepala-Kepala SKPD, jajaran BPJS Ketenagakerjaan Kota Manado dan ASN Pemerintah Kota Manado.


 *Mid'On*

Ketua Dekranasda Manado Irene Angouw Berharap Rakerna 2023 Memberi Dampak Positif Ekonomi Daerah

Ketua Dekranasda Manado Irene Angouw Berharap Rakerna 2023 Memberi Dampak Positif Ekonomi Daerah


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Manado Irene Angouw Pinontoan hadir dan membuka secara langsung Rakerda tahun 2023 yang bertempat di Hotel Granpuri. Manado (28/2/2023).


Dekranasda Kota Manado merupakan wadah untuk memberikan pembinaan secara terus - menerus dan membantu pengrajin menciptakan produk unggulan serta meningkatkan kualitas produk baik dari segi desaign maupun kwalitas.


"Saya harapkan forum Dekranasda Kota Manado ini bisa meningkatkan pemahaman terhadap tugas serta program program yang sudah kita rencanakan dan semuanya itu dapat terlaksana lebih baik di tahun ini dan tahun yang akan datang." ucapnya.


Salah satu agenda tahunan dari Dekranasda Kota Manado dalam kegiatan tersebut adalah Mengadakan Rapat Kerja Daerah dalam rangka menyamakan persepsi sinergi dan evaluasi serta menyingkronkan program kerja Dekranasda Provinsi dengan Dekranasda Kabupaten / Kota.

pelaksanaan Rakerda yang nantinya akan diisi berbagai kegiatan seperti Pelatihan, seminar dan bimtek yang diharapkan bisa meningkatkan kemampuan serta inovasi sehingga dapat bersaing dengan produk-produk luar lainnya.


Irene Angouw Pinontoan yakin kehadiran Dekranasda Kota Manado mampu meberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, peningkatan mutu produk daerah bahkan peningkatan kesejahteraan pengrajin daerah.


*Mid'On*

Senin, 27 Februari 2023

Wawali Richard Sualang Ikut Pertemuan dengan 30 Dubes Negara-Negara Non-Blok di Jenewa

Wawali Richard Sualang Ikut Pertemuan dengan 30 Dubes Negara-Negara Non-Blok di Jenewa


JENEWA, CARIKABAR.ID
- Wakil Wali Kota Manado dr.Richard Sualang menjadi Delegasi APEKSI dari Pemerintah Kota Manado dalam rangka mengikuti Diskusi bersama dengan Perutusan Tetap Republik Indonesia atau PTRI di Kota Janewa, Swiss, bersama Deputy I Permanent Representative/Ambassador yang membahas peningkatan kerjasama guna pengembangan pembangunan dan promosi kota-kota di Indonesia, Selasa (28/02/2023).



Kegiatan tersebut juga dalam rangka Program Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual untuk Penguatan Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Smart City. 



Pada program ini juga dilakukan pertemuan dengan 30 Duta Besar dari negara-negara Non-Blok dan sharing session dengan Wali Kota Paris.



Hadir dalam kunjungan tersebut perwakilan Kota Manado, Sekretaris Daerah, Dr Micler Lakat SH, MH dan Kepala Bappelitbangda Kota Manado juga peserta APEKSI dari sejumlah kota di Indonesia, yang dipimpin Sekretaris Dewan Pengurus/Direktur Eksekutif APEKSI, Manajer Kemitraan dan Kelembagaan APEKSI dan Pimpinan My Journey selaku mitra dalam kegiatan ini.


*Mid'On*

Grand Opening Klinik Mata Walikota Angouw Lakukan Pengguntingan Pita dan Penandatanganan Prasasti

Grand Opening Klinik Mata Walikota Angouw Lakukan Pengguntingan Pita dan Penandatanganan Prasasti


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara Grand Opening Klinik Mata di Jalan Sam Ratulangi Manado. Senin (27/02/2023) pagi.


Pada acara pembukaan tersebut dilaporkan soal Klinik Mikeda serta kegiatan acara ini oleh Direktur Klinik Mikeda Manado. Acara ini juga akan dirangkaikan dengan pelaksanakan Baksos Pemeriksaan Gratis mulai hari ini sampai 1 Maret serta Aksi Donor Darah pada tanggal 1 Maret.


Dalam sambutannya Walikota Manado menyampaikan, banyak terima kasih atas kehadiran Klinik Mikeda di Kota Manado.


"Sebagai pemerintah kami bersyukur dan mensuport kehadiran Klinik Mikeda Kota Manado," sebut Walikota.


Bagi Wali Kota sangat berharap agar Kota Manado menjadi pusat Klinik Mata untuk Sulut dan sekitarnya. 


"Klinik ini biarlah dapat melayani pelayanan Kesehatan masyatakat Kota Manado khususnya Kesehatan Mata dan sangat berharap kehadiran Klinik Mata Mikeda ini dapat meningkatkan PDRB Kota Manado," harap Walikota.


Selesai sambutan, Wali Kota menerima cendera mata dari Klinik Mikeda. Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti serta melakukan peninjauan beberapa ruangan digedung berlantai tiga ini.


Hadir pada acara yang dimeriahkan dengan Barongsai ini yakni pimpinan Owner Klinik Mikeda, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Manado, Camat Sario, Lurah Titiwungen Selatan, para Dokter Klinik Mikeda serta undangan lainnya.


*Mid'On*

Angouw Buka Semua Rangkaian Kegiatan HUT PDIP ke-50

Angouw Buka Semua Rangkaian Kegiatan HUT PDIP ke-50


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka HUT PDI-P ke-50, DPC PDI-P Kota Manado menggelar berbagai kegiatan yang dibuka oleh Bendahara DPD PDI-P Sulawesi Utara Andrei Angouw, di Lobby utama Mantos, Minggu (26/02/2023).


Ketua Panitia Lukresia Cristy Masengie  mengatakan dalam sambutannya, rangkaian kegiatan  hari ini sudah dimulai sejak pagi hari yakni Esport, Barista dan Pidato.


“Sejak pagi hari sudah mulai dengan Esport Barista dan Pidato, selanjutnya sore Standup Comedy dan malam nanti akan ada Putra Putri Perjuangan, untuk Basket 3x3 dan Mini Soccer akan berlangsung pada 4 Maret di Lapangan Sparta Tikala dan lomba Paduan Suara sekaligus penutupan kegiatan pada 17 Maret di Mantos 3 ini, berharap kegiatan ini selain perlombaan dapat mengasah minat dan bakat anak muda di kota Manado,” jelas Anggota DPRD Manado itu.


Sementara itu, Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut Andrei Angouw mengapresiasi seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan di HUT PDI Perjuangan ke-50 tahun.


“Perlu diapresiasi panitia karena banyak sekali lomba yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Partai kita PDI Perjuangan,” ucap Angouw.


Andrei Angouw selaku Walikota Manado berharap dengan kegiatan ini, dapat mensosialisasikan cita-cita PDI Perjaungan.


“Kita berharap kegiatan ini selain dapat mengembangkan minat, bakat dan keahlian dari peserta, kita juga mensosialisasikan cita-cita partai kita yakni berdikari dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan, selamat kepada seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan selamat melaksanakan seluruh lomba-lomba,” sebut Andrei Angouw selanjutnya membuka kegiatan secara resmi.


Hadir dalam kegiatan yang akan di gelar sejak tanggal 26 Februari hingga 17 Maret 2023 ini, Pengurus DPC PDI Perjuangan Manado, panitia dan seluruh peserta kegiatan.


*MiddleOn*

Minggu, 26 Februari 2023

Pdt Yvonne Awuy Lantu Lantik Panitia Perkemahan Pemuda Remaja GPdI Sulut 2023

Pdt Yvonne Awuy Lantu Lantik Panitia Perkemahan Pemuda Remaja GPdI Sulut 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Panitia Perkemahan Pemuda Remaja GPdI Sulawesi Utara Tahun 2023 dilantik oleh Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I. Awuy Lantu pada Ibadah Raya Minggu di GPdI Pusat Kota Manado, Jl. Samrat 38 Manado, (26/02/2023) malam.


Diawali ibadah yang di pimpin Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt. Drs. Hanny Kolondam, S.Th. Dengan mendasarkan pembacaan Alkitab dalam 1 Korintus 16 ayat 9, 'Pekerjaan yang besar namun ada penentang.'


Dalam realita kehidupan yang serba sulit sekarang, kita diperhadapkan dengan berbagai pilihan untuk mendapatkan kesempatan peluang pekerjaan.


"Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus maka kita harus benar-benar bijak dalam memilih dan memanfaatkan waktu dalam kesempatan untuk melayani Tuhan, sekalipun ada tantangan, namun Tuhan akan menolong kita," ucap Pdt Hanny yang juga sebagai Gembala GPdI Betlehem Raanan Baru.


Selanjutnya, pembacaan SK Susunan Panitia pelaksana Perkemahan oleh Ketua KD Pelrap Pdt Steven Longkutoy didampingi Ketua KD Pelpap Pdt Stevanus Sumolang, langsung mengundang nama-nama terlampir maju kedepan.


Ketua MD GPdI Sulut dalam sambutannya sebelum melantik dan mendoakan panitia menyampaikan, bekerjalah dengan baik untuk seksesnya acara besar tersebut.


"Kita bersyukur kepada Tuhan Yesus, beberaap waktu lalu karena Covid-19 tidak dapat melaksanakan kegiatan melibatkan banyak orang,namun untuk tahun ini pelayan pemuda dan remaja GPdI Sulawesi Utara bisa melaksanakan Perkemahan Rohani." sebut Pdt Yvonne.


Sementara itu, Ketua Panitia Pdt Nofry Mandagie  merasa bersyukur kepada Tuhan atas kepercaya yang di berikan.


"Dengan kepercayaan ini saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan kepada Pimpinan MD dan KD Pemuda dan Remaja,tentunya saya dan teman-teman akan selalu kompak untuk suksesnya iven tahunan ini," kata Pdt Nofry.


Sebagaimana diketahui Perkemahan Pemuda dan Remaja ini direncanakan pelaksanaannya pada tanggal 26- 30 Juni 2023 dengan jumlah peserta 12 ribu.


*MiddleOn*

 

Sabtu, 25 Februari 2023

Rektor Unsrat Teken MoU dengan Universitas Luar Negeri di Taiwan

Rektor Unsrat Teken MoU dengan Universitas Luar Negeri di Taiwan


MANADO, CARIKABAR.
Workshop APEC-Energy Working Group (EWG)di Taichun, Taiwan, pada 22-24 Maret 2023.

Workshop ini mengambil topik memberdayakan kesadaran sosial masyarakat adat tentang energi terbarukan dan meningkatkan inklusi keberlanjutan untuk aplikasi energi hijau di Kawasan APEC.

Partisipasi Universitas Sam Ratulangi dalam kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Universitas Sam Ratulangi dengan Feng Chia University, Taiwan.

Kerjasama yang diinisiasi sejak tahun 2018 ini, meliputi kerjasama penelitian dan publikasi bersama, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, serta pelaksanaan kegiatan seminar internasional bersama.

“Sebagai universitas dengan akreditasi unggul, Unsrat bekerja menuju universitas yang diakui dunia,” kata Berty Sompie.

Sebagai bagian dari upaya, lanjut Berty, yang dilakukan adalah mengembangkan kerjasama dengan berbagai universitas di seluruh dunia, termasuk Universitas Feng Chia.

“Semoga di tahun-tahun mendatang, kerjasama antara kedua universitas akan terus tumbuh dan berkembang,” ujar Berty.

Selain hadir dalam workhsop APEC-Energy Working Group (EWG), Rektor bersama rombongan telah menandatangangi Memorandum of Understanding (MoU) dengan National Chung Hsing University (NCHU) salah satu Universitas tertua di Taiwan dengan fokus pada Pertanian dan MaeJo University, Thailand.

Dengan ditandatanganinya MoU Unsrat dengan kedua Universitas ini, menambah kerjasama dengan institusi luar negeri.

*Mid'On*

Jumat, 24 Februari 2023

For Sulawesi Utara Yulius Selvanus Komaling Dapat Apresiasi Banyak Pihak

For Sulawesi Utara Yulius Selvanus Komaling Dapat Apresiasi Banyak Pihak


NADO, CARIKABAR.ID
- Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling lewat pemberian diri memajukan Provinsi Sulawesi Utara (Utara) melalui olahraga catur, mendapatkan apresiasi banyak pihak.


Para sesepuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bersama kaum akademisi dan para tokoh masyarakat mendorong Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling maju sebagai calon Gubernur Sulut pada Pilkada 2024 mendatang.


Salah satu Akademisi yang juga pengamat politik, Drs. Karel Najoan, mengungkapkan Pilkada Gubernur Sulut 2024 nanti tidak menampilkan pertahanan atau incumbent. Sehingga, semua partai yang memenuhi syarat bisa mengusung calon.


"Siapa calonnya? Itu rahasia parpol. Sekarang ini ada seorang jenderal purnawirawan merancang pertemuan seperti ini, pertama lalu bersama pemimpin redaksi dan wartawan, kemudian sekarang bersama akademisi, senior KNPI dan tokoh-tokoh masyarakat," ungkap Karel Najoan kepada wartawan di rumah kopi K.8, Jumat (24/2/2023) sore.


Dalam kesempatan tersebut pula, Najoan, menyampaikan aspirasi kepada Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling jika beringinan maju di suksesi Sulut 2024.


"Sudah kita dengarkan tadi ada aspirasi di bidang pemerintahan termasuk investasi, pengembangan sistem perkotaan dikarenakan Sulut berbatasan dengan negara lain. Ke depan ini perang proxy war melalui media sosial. Aspirasi disambut cukup antusias oleh pak jenderal," sebut Najoan.


Terkait kesiapan, Karel Najoan mengutip pernyataan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling ditugaskan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.


"Diutus dan ditugaskan pak Prabowo. Beliau 23 tahun di Kopassus menjalankan 8perintah tegak lurus sesuai perintah atasan. Sekarang ini beliau menjabat asisten khusus Menhamkan bidang cyber," kunci Najoan.


*Mid*

Diterima Walikota Manado Kunjungan BPK R.I Cabang Sulut

Diterima Walikota Manado Kunjungan BPK R.I Cabang Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima kedatangan BPK R.I Perwakilan Sulut di Kantor Wali Kota Manado. Kedatangan Tim BPK R.I. Sulut ini dipimpin oleh Kepalanya Bpk. Arief Fadillah berserta tim berdialog dengan Bpk. Wali Kota seputaran pengelolaan keuangan di Pemerintah Kota. Jumat (24/02/2023) pagi.


Kepala BPK menyampaikan beberapa hal dalam kaitan dengan soal pemeriksaan keuangan yang sedang dilakukan saat ini untuk Kota Manado. Ikut disampaikan prosedur dan mekanisme pemeriksaan yang sedang dilakukan. 


Terdapat beberapa hal yang disinggung tentang pemegang uang seperti bendahara-bendahara, soal UP dan lain-lain. Ikut disentil BPK juga terkait dengan aset seperti tanah, kendaraan khususnya BPKB-nya. Kemudian yang terkait dengan Pedestrian terutama soal pemanfaatan tanah/lahan agar bisa didukung oleh dokumen. Menurut Pak Kepala BPK agar administrasinya segera dilengkapi. 


Dalam pertemuan tersebut BPK juga menyentil komposisi APBD Kota Manado khususnya soal realisasi PAD dan bagaimana pemanfaatannya.


"Perlu strategi untuk manajemen pengelolaan keuangannya khususnya capaian PAD," kata Kepala BPK Sulut.


Soal Pajak, menurut BPK bahwa Pajak restoran tercapai tapi Pajak lainnya belum tercapai. Soal BLUD dan BUMD menurut BPK diidentifikasi supaya bisa diaudit oleh BPK. BPK juga mengusulkan E_Katalog Lokal soal penggunaan anggaran makan minum, ATK, pengadaan seragam dan pembelian barang lainnya.


Hadir dalam pertemuan ini, mendampingi Wali Kota, Asisten I, II, III, Kepala Inspektorat, Kaban Keuangan Kota Manado serta pejabat teknis Inspektorat Kota Manado.


*MiddleOn*

Kamis, 23 Februari 2023

Aksi Damai Aliansi IPWL Minta Mensos  Buka Ruang Dialog Aktifkan Kembali Program Rehabilitasi Narkoba

Aksi Damai Aliansi IPWL Minta Mensos Buka Ruang Dialog Aktifkan Kembali Program Rehabilitasi Narkoba


JAKARTA, CARIKABAR.ID
- Puluhan perwakilan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) atau lembaga yang menaungi rehabilitasi pengguna narkoba meminta Menteri Sosial Dr. Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T atau Risma untuk membuka ruang dialog dan duduk bersama mereka guna membahas masa depan pecandu narkoba yang akan rehabilitasi.


Dalam tuntutan tersebut disampaikan, Ade Hermawan, juru bicara Aliansi IPWL yang turun dalam Aksi Damai ke-2 Aliansi IPWL se-Indonesia  yang digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa siang (21/2/2023).


Ade menyebutkan,selama hampir dua tahun terakhir Kementerian Sosial (Kemensos) meniadakan Program Rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Menurutnya layanan model rehabilitasi berkesinambungan tidak bisa digantikan dengan Program Atensi atau berupa pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), seperti yang diberikan Kemensos saat ini.


"Program Atensi itu semacam pemberian bantuan BLT, lalu selesai. Tetapi kan teman-teman pecandu ini harus dirawat dulu, baru dia mendapatkan program lanjutan," sebut Ade.


Dia menjelaskan juga, pemberian BLT bagi pecandu narkoba akan menjadi sia-sia jika tidak melalui proses rehabilitasi terlebih dahulu, baik secara medis maupun sosial. Menurutnya langkah tersebut diperlukan sebelum para pecandu diberdayakan kembali di tengah masyarakat.


"Misalkan dia (pecandu) disuruh buka counter handphone tetapi dia masih memakai, kan sia-sia. Siapa yang akan memonitor mereka? Kita inginnya mereka mendapatkan perawatan selama satu hingga enam bulan, baru kita rekomendasikan supaya mereka juga bisa menerima Program Atensi atau program lanjutan," ujar ade.


Ade pun menyayangkan, hingga saat ini Mensos tak kunjung membuka ruang dialog bersama dengan IPWL. Padahal surat untuk beraudiensi telah mereka layangkan.


"Tetapi tidak direspon oleh Ibu Risma, akhirnya jadilah Aksi Damai Jilid Pertama pada sepuluh Januari lalu. Sepuluh Januari kita melakukan aksi dan juga tidak ada dialog, akhirnya jadilah Aksi Jilid Kedua," jelasnya.


Selain aksi, pria yang akrab disapa Ebonk ini juga menjelaskan bahwa selama tiga hari ke depan Aliansi IPWL akan mengadakan Focus Group Discussion dengan mengundang pihak BAPPENAS, BNN, KOMNAS HAM dan OMBUDSMAN, guna membahas kebijakan pemberantasan peredaran gelap narkotika di Indonesia.


"Kita teman-teman IPWL di sini itu menuntut agar teman-teman pecandu narkoba agar mendapat perawatan. Karena kemarin itu Pak Jokowi bilang bahwa Indonesia masih darurat narkoba. Karena kita melihat di Lapas dan Rutan sudah overload. Kita sebenarnya ingin duduk barenglah dengan Bu Risma," pintanya.


*Bandar Narkoba Paling Diuntungkan*


Ditempat lain, Ketua IPWL Jawa Barat Hendrik Wowor mengutarakan, bahwa keputusan meniadakan Program Rehabilitasi akan berdampak signifikan terhadap melonjaknya peredaran narkoba di Indonesia. Pihak yang paling diuntungkan saat ini, ungkap Hendrik, adalah para bandar narkoba.


"Dengan ditutupnya tempat-tempat rehabilitasi berarti para pecandu yang merupakan pelanggan dagangan mereka (nakoba), tetap dapat berkeliaran, membeli dan menggunakan narkoba," ungkap Hendrik, Selasa sore (21/2/2023).


Hendrik mengurai lebih lanjut, yang patut menjadi catatan saat ini adalah realita bahwa pangsa pasar terbesar narkoba merupakan kaum remaja dan pemuda, generasi penerus bangsa.


"Betapa suram masa depan bangsa Indonesia kalau kita biarkan narkoba merajalela seperti sekarang ini!" jelasnya.


Lebih lanjut dijelaskannya, ke depannya Aliansi IPWL berharap agar tercipta suatu kemitraan yang solid antara aliansi dengan pemerintah dalam upaya bersama memerangi salah satu musuh besar bangsa,  yakni narkoba.


Dirinya juga berharap, kebijakan yang telah dibangun semasa Menteri Sosial dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa diaktifkan kembali selama kepemimpinan Risma.


"Karena kecintaan yang besar terhadap anak bangsa, Aliansi IPWL se Indonesia akan terus berjuang dalam koridor Undang-undang dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Indonesia masih darurat narkoba!" tandas Ketua Yayasan Agape, itu.


*MiddleOn*

Diknas Manado Gelar Bimtek, Walikota Angouw: BOSP Harus Tepat Sasaran

Diknas Manado Gelar Bimtek, Walikota Angouw: BOSP Harus Tepat Sasaran


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dan Aset Satuan Pendidikan, yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Manado.Kamis (23/02/2023).


Kegiatan bimbingan teknis ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado dan diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Manado.


Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan dana BOSP dan aset satuan Pendidikan harus menjadi perhatian bersama dan penggunaannya harus tepat sasaran. Wali Kota juga menyampaikan bahwa masa depan bangsa bergantung pada didikan guru terhadap siswa.


Harapan Walikota, agar pungli dapat ditiadakan baik kepada orang tua siswa maupun pada siswa sendiri. Wali Kota juga berhadap agar jalur komunikasi antar pemerintah dan kepala-kepala sekolah dapat berjalan dengan baik dan saling memberikan masukan terhadap kinerja masing-masing.


Di akhir sambutannya, Wali Kota membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dan Aset Satuan Pendidikan, yang dilaksanakan hingga tanggal 24 Februari 2023.


Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado l Steven Tumiwa, S.Pd., M.Pd, dan Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Manado.


*MiddleOn*

Walikota Manado Terima Penghargaan Jamsostek 'Paritrana Award'

Walikota Manado Terima Penghargaan Jamsostek 'Paritrana Award'


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara Pengumuman Pemenang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2022, yang dilaksanakan di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara. Kamis (23/02/2023).


Kota Manado meraih penghargaan Peringkat 1 Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) tingkat Provinsi Sulawesi Utara tahun 2022 Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Bpk. Olly Dondokambey, S.E.


Pada cara tersebut turut dirangkaikan dengan Launching Peraturan Daerah Jaminan Sosial Provinsi Sulawesi Utara, pencanangan Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi 100 pekerja rentan per-Desa dan penyerahan klaim jaminan kepada ahli waris program PESONA dan PERKASA.


Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya mengapresiasi gelaran acara ini mengingat penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Sulawesi Utara mendapatkan perhatian langsung oleh pemerintah pusat.


Dia menambahkan, bahwa Presiden Republik Indonesia menaruh perhatian khusus terhadap program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dengan melibatkan 26 kementerian dan lembaga baik di pusat maupun daerah. Perhatian dari Presiden ini wajib diimplementasikan oleh pemerintah daerah dan Sulawesi Utara diimplementasikan melalui Peraturan Daerah Jaminan Sosial.


Bagi Gubernur, manfaat BPJS Ketenagakerjaan begitu dirasakan oleh masyarakat Sulawesi Utara khususnya para pekerja baik saat masa pandemi covid-19 maupun setelah pandemi.


Selanjutnya, acara rapat koordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota dengan agenda paparan data program Perlindungan dari Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai implementasi Surat Edaran Gubernur Nomor: 560/22.768/Sekr-DTKT tentang perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) pekerja rentan desa.


Hadir dalam acara ini Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, Sekretaris Daerah Sulawesi Utara Steve Kepel, Forkopimda Sulawesi Utara, Kepala Daerah se-Sulawesi Utara, serta undangan lainnya.


*MiddleOn*

Rabu, 22 Februari 2023

Ketua MD GPdI Pdt Yvonne Awuy Lantu Hadiri Mukerwil GPdI Wilayah Vll Mapanget Satu Manado

Ketua MD GPdI Pdt Yvonne Awuy Lantu Hadiri Mukerwil GPdI Wilayah Vll Mapanget Satu Manado


MANADO, CARIKABAR.ID -
Ketua Majelis Daerah  Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy Lantu menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah Vll Mapanget Satu Kota Manado di GPdI Jerusalem Paniki Dua-Manado. Rabu (22/02/2023).


Pdt Yvonne Awuy Lantu dalam arahannya lewat renungan Firman Tuhan didasarkan pada bacaan Alkitab dalam Filipi 3 ayat 13, 'melupakan yang di belakang.'


"Menghadapi dunia yang semakin tidak menentu, hendaknya kita sebagai orang percaya bahkan sebagai hamba-hamb Tuhan untuk fokus kepada tugas dan pelayan kepada Tuhan, sehingga kita dapat menikmati berkat-berkat Tuhan."kata Pdt Yvonne.


Dia juga menekankan soal ketaatan dalam menjalankan kewajiban organisasi dengan mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).


"Diharapkan semua gembala (Pimpinan Jemaat) untuk mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku, kususnya di lingkup GPdI, jika tidak taat tentunya ada sangsi berdasarkan aturan yg ada." harap Bunda Yvon sapaan akrapnya.


Acara yang di awali dengan ibadah tersebut, dihadiri juga oleh 2 orang anggota MD GPdI Sulut masing-masing Pdt Drs. Victor Pantow, M.Th dan Pdt Argemiro Manimpurung, MA telah memberikan arahan  pada sesi ke 2 tentang organisasi.



Ketua MW Pdt Harry D. Momongan, MA menjelaskan maksud dan tujuan Musyawarah Wilayah yang di hadiri 14 gembala sidang dan 2 pimpinan Pos Pelayanan juga Komisi-komisi Wilayah serta ibu-ibu gembala.


"Acara ini kita akan menetapkan program kerja pelayan di Wilayah kita dan penyelesaian kewajiban administrasi tentang data sidang jemaat yang harus dipenuhi sebagaimana yang diminta oleh MD." Jelas Pdt Denny didampingi Sekretaris Pdt Ambeosius Lomban, STh dan Bendahara Pdt Jun Kodongan, M.Th.


Sementara itu sebagai ruan rumah pelaksanaan Mukerwil Pdt. Middle Onibala, S.Pdk menyampaikan apresia buat kehadiran Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne Awuy Lantu bersama bersama ke orang anggota MD yang dapat hadir langsung dalam acara ini serta melihat kondisi pelayana di GPdI Jerusalem Paniki Dua-Manado.


"Saya sangat bersyukur dengan kehadiran ibu Ketua MD yang terhormat ibu Yvonne Awuy Lantu dan tentunya semua karna perkenanan Tuhan, sebab Bunda Yvon sudah bisa melihat kondisi pelayan yang kami layani,eekalipun banyak kesibukan." ucap Pdt Middle yang juga sebagai Bidang Jurnalis dan Info Digital pada BMCE MD GPdI Sulut.


Hadir pula dalam kegiatan ini, Penasehat MD GPdI Sulut Pdt Ventje Lukar, Penghubung MD Kota Manado Pdt Vasko Tuwaidan, M.Th (C), Pemerintah Kelurahan Paniki Dua, Polsek Mapanget dan unsur pimpinan lainnya.


*RedaksiCK*

Senin, 20 Februari 2023

Walikota Andrei Angouw Kunjungi SMP N 11 dan SD N 72  Manado

Walikota Andrei Angouw Kunjungi SMP N 11 dan SD N 72 Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi SMP Negeri 11 Manado di Kelurahan Sumompo dan SD Negeri 72 Manado di Kelurahan Mahawu. Senin (20/02/2023).


Kunjungan Wali Kota di dua sekolah tersebut adalah untuk melihat kondisi pemukiman yang berada di sekitar sekolah, terlebih pasca bencana banjir yang melanda Kota Manado pada 27 Januari lalu. Ketika hujan deras melanda, air menggenangi kedua sekolah ini hingga masuk ke ruangan kelas.


Wali Kota dan tim melakukan analisis dan evaluasi terhadap kondisi di lapangan untuk kebijakan selanjutnya terkait tindakan perbaikan dan pembangunan drainase dan saluran air untuk menampung debit air saat hujan deras terjadi.


Turut dalam kunjungan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Steven Tumiwa, Kepala Dinas PUPR Johny Suwu, S.T, Kepala Dinas Perkim Peter Eman, Camat Kecamatan Tuminting, Lurah Kelurahan Sumompo dan Mahawu, Kepala Sekolah dan guru, serta pejabat lainnya.


*MiddleOn*

Minggu, 19 Februari 2023

DPRD Kota Manado Melalui Komisi Ill Apresiasi Hasil Kerja Pemkot Manado

DPRD Kota Manado Melalui Komisi Ill Apresiasi Hasil Kerja Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado melalui Ketua Komisi Ronny Jonas Makawata menberi apresiasi, kepemimpinan Walikota Manado, Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang (RS).


Hal itu dikatakan Ronny Jonas Makawata, saat meninjau dan menilai berbagai infrastruktur di Kota Manado. Senin (20/03/2023).


"pembangunan yang signifikan yang dilakukan AA-RS itu semakin menguatkan perekonomian di Kota Manado," kata Makawata.


Makawata mengatakan juga, tak hanya segi ekonomi, keindahan dan kerapian kota menjadi nilai tambah dalam rangka menarik investor masuk ke kota tinutuan ini.


"Kondisi pembangunan Infrastruktur di Kota Manado pada pemerintahan saat ini menjadi nilai tambah peningkatan perekonomian rakyat. Ditambah dengan penataan kota yang rapih dan estetik menjadi magnet untuk investor menanamkan modalnya di kota ini," sebut Makawata. 


Dia menambahkan pula,Hal yang perlu diperhatikan adalah tentang kebersihan fasilitas umum, itu diperlukan peran serta dari masyarakat untuk mensukseskan program kerja pemerintahan Kota Manado.


"Diharapkan kepada masyarakat Kota Manado agar bisa menjaga keamanan lingkungan dan kebersihan, karena ini sangat penting untuk dilakukan, untuk keberlangsungan pembangunan di kota yang kita cintai ini," kunci RoMa sapaan akrabnya.


*Mid'On*

Sabtu, 18 Februari 2023

Buang Sampah Sembarangan Terkangkap CCTV  Denda Tipiring Paling Banyak Rp 50 Juta

Buang Sampah Sembarangan Terkangkap CCTV Denda Tipiring Paling Banyak Rp 50 Juta


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Pemerintah Kota Manado terus bergerak oleh Satuan Tugas Operasi Gabungan (Satgas Opsgab) dalam giat Operasi Tangkap Tangan (OTT), menyisir Kecamatan Tikala. Para pelanggar yang ditemukan pun kemudian menjalani Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Kantor Lurah Tikala Baru. Jumat (17/02/2023).


Selaku, Majelis Hakim Maria Sitanggang, S.H., M.H di awal sidang menjelaskan Perda No. 2 tahun 2019 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum dan Perda No. 1 tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah dan menjelaskan bahwa pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sedang gencar melakukan penindakan atas kedua Perda ini. 


"Perlu bapak, ibu ketahui bahwa sanksi membuang sampah sesuai Perda yang ada yaitu 6 bulan kurungan atau denda paling banyak Rp50 juta. Banyak efek yang ditimbulkan akibat membuang sampah sembarangan, salah satu contohnya kemarin banjir," jelasnya. 


Pada sidang Tipiring, Satgas Opsgab berhasil menjaring 15 pelanggar. Rinciannya, 6 pelanggar ditemukan berjualan di trotoar dan 9 pelanggar membuang sampah sembarangan. 


Dari 15 pelanggar tersebut, ada salah satu pelanggar yang kedapatan melalui CCTV membuang sampah sembarangan di sekitar Bandara Sam Ratulangi, Manado. Pelanggar yang berstatus ASN itu pun diarahkan oleh pihak Pemkot Manado untuk mengikuti Sidang Tipiring di Kecamatan Tikala. Menurut pengakuan pelanggar, dia bermaksud merapikan sampah yang berserakan di jalan namun, kedapatan oleh CCTV. 


"Saya warga Tikala, tidak mungkin saya membuang sampah di sekitar bandara. Waktu itu, saya memang berada di sekitar sana dan melihat sampah yang berserakan di jalan karena dilindas kendaraan umum. Namun saya tertangkap cctv sehingga tujuan baik saya disalahartikan," tuturnya. 


Majelis Hakim pun menjatuhkan sanksi kepada para pelanggar dengan pilihan membayar uang tunai sebesar Rp100.000 atau kurungan dua hari. Namun, khusus yang tertangkap dengan CCTV karena berstatus ASN diberikan pilihan sanksi antara denda uang tunai sebesar Rp200.000 atau kurungan 2 hari.

*MiddleOn*

Jumat, 17 Februari 2023

Walikota Andrei Angouw Hadiri Kegiatan Penyuluhan di Kecamatan Mapanget

Walikota Andrei Angouw Hadiri Kegiatan Penyuluhan di Kecamatan Mapanget


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw menghadiri kegiatan Penyuluhan di Kantor Camat Mapanget Kota Manado. Kegiatan penyuluhan ini tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2023 untuk Kecamatan Mapanget. Jumat (03/02/2023) pagi.



Kegiatan tersebut bertajuk "Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) ini dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kota Manado. Kegiatan ini dalam rangka percepatan Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang secara serentak dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia sehubungan dengan Pencanangan Kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS). 



Di Manado sendiri, kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Buha dang Bengkol Kecamatan Mapanget Manado.

Sebagai peserta dalam kegiatan ini, yakni jajaran Pemerintah Kecamatan Mapanget, aparat Kelurahan Buha dan Bengkol, masyarakat yang berkepentingan/pemilik tanah di Buha dan Bengkol serta jajaran Kantor Pertanahan Manado.



Dalam sambutannya, Wali Kota mengawali dengan arahan semangat dari Bung Karno, yaitu “Tanah tidak boleh menjadi alat penghisapan, tapi Tanah untuk Tani!”. Artinya, tanah harus jelas dan berproduksi.


Wali Kota berharap, seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado dan Kantor Pertanahan Kota Manado dapat bekerja dengan baik, dan melalui GEMAPATAS tanah di Kota Manado bisa teratur dan jelas agar dapat menciptakan investasi.



Kemudian Wali Kota juga menyampaikan bahwa GEMAPATAS ini dapat membantu Pemerintah Kota Manado terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).


Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Pemkot Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Kepala Kantor Pertanahan Kota Manado Drs. Alexander R. Wowiling M.Si, Camat Mapanget, Lurah Buha dan Bengkol serta undangan lainnya.

*MiddleOn*

Kamis, 16 Februari 2023

Rektor SA GPdI Biak Papua, Pdt Budi Tutu Meninggal Dunia

Rektor SA GPdI Biak Papua, Pdt Budi Tutu Meninggal Dunia


JKT, CARIKABAR.ID
- Pengurus Departemen Pendidikan dan Pengajaran (Depdikjar) Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP-GPdI) Pdt. Drs. Budi Tutu, M.Th meninggal dunia.


Rektor Sekolah Alkitab (SA) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Biak Papua meninggal dunia saat mengikuti Rapat Pleno Majelis Pusat GPdI di Jakarta.Kamis (16/02/2023).


Kabar telah berpulangnya ke sang kalik gembala sidang GPdI Narwastu Kota Biak Papua tersebut diketahui dari laman beberapa akun medi sosial baik Facebook maupun WhatsApp.


"Telah berpulang ke pangkuan Bapa di Sorga Pdt. Drs. Budi Tutu, MA, M.Th." tulis salah satu akun grup GPdI di Facebook.


Dugaan sementara, mantan guru pengajar Sekolah Alkitab Langowan Pdt Budi Tutu meninggal dunia terkena serangan jantung.


"Sahabat kami Pdt Budi Tutu, sedang menyampaikan laporan dalam Rapat Pleno Majelis Pusat, tiba-tiba jatuh." sebut Pdt Samuel dalam akun Facebook Inews Pantekosta.


Jenasa Alm Pdt Budi Tutu disemayamkan di Rumah Duka RS PGI Cikini, Jakarta Pusat dan akan di adakan ibadah penghiburan yang di pimpin oleh MP GPdI.


Direncanakan Jenasa Alm Pdt Budi Tutu akan di dberangkatkan dari Jakarta ke tempat pelayana Kota Biak Papua pada hari Sabtu 18/02/2023.


Banyak kerabat dan sahabat alm yang menyampaikan turut berdukacita baik dari kalangan GPdI maupun para pengguna media sosial.


*MiddleOn*




Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Giat Bulan Kesehatan di Puskesmas Bahu

Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Giat Bulan Kesehatan di Puskesmas Bahu


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang menghadiri Kegiatan Bulan Kesehatan di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang. Kamis (16/02/2023) siang.


Walikota dalam sambutannya berharap agar fasilitas yang didapat ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Manado.


"Kalau pelayanan Kesehatan baik maka kualitas manusia juga akan baik sehingga sebagai masyarakat dapat berkontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan," kata Walikota. 


Lanjut, Walikota  berharap khusus untuk Ambulance, agar mobil ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam hal sosial kemasyarakatan serta peningkatan kesehatan masyarakat.


Acara tersebut, diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Manado dr. Steaven Dandel yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangkaian pelaksanaan Bulan Kesehatan yang melaksanakan berbagai agenda kegiatan. Agenda tersebut antara lain Pemberian Vitamin A, PMT Stunting, Obat Cacing, penyerahan ruang Puskesmas Baru serta serah terima Ambulance RSUD Manado dan Puskesmas Keliling Kepulauan Bunaken tahun 2023.


Hadir dalam kegiatan ini Ketua dan Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Manado Iren Angouw Pinontoan, dr. Merry Sualang Mawardi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Steaven Dandel, Kepala RSUD Kota Manado dr. Joy Zeekeon, Camat Malalayang Royke Kalalo S.E, Kapolsek Malalayang, Kepala Puskesmas se Kota Manado, Lurah Bahu dan Ketua-Ketua Lingkungan serta undangan lainnya.


Selesai sambutan dilanjutkan dengan acara launching vitamin A, PMT Stunting, Obat Cacing, Penyerahan Ruang Puskesmas Baru, serah terima ambulance RSUD Manado dan Puskesmas Keliling Kepulauan Bunaken Tahun 2023.


*MiddleOn*

Senin, 13 Februari 2023

Dalam Rangka Menguji Kerja-Kerja Walikota Pimpin Rapat dengan Ketling-Ketling

Dalam Rangka Menguji Kerja-Kerja Walikota Pimpin Rapat dengan Ketling-Ketling


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado melakukan pertemuan dengan Ketua-Ketua Lingkungan (Ketling) di beberapa Kelurahan yang dilaksanakan  diruang rapat Wali kota Manado.Senin (13/02/2023) pagi.


Dalam rapat tersebut, Wali Kota menguji kerja-kerja Ketua Lingkungan terutama dalam hal penguasaan Wilayah serta bagaimana kemampuan Ketling mengetahui personal tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada disetiap Lingkungan dan Kelurahan. Wali Kota bertanya kepada setiap Ketling kerja dari setiap tokoh masyarakat dan tokoh agama termasuk komunitas-komunitas mereka.



Pertemuan awal, dengan Lurah Perkamil dan para Ketua-Ketua Lingkungan Perkamil Kecamatan Paal II dan selanjutnya dengan Kelurahan Pakowa Kecamatan Wanea serta Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting.


Pertemuan dengan Kelurahan Perkamil ikut dihadiri Lurah Perkamil Mario Pundoko, Staf Khusus Wali kota Jeffry Polii dan Joice Rumengan. Pertemuan selanjutnya dengan Kelurahan Pakowa yang dihadiri oleh Lurah  Noldi Lela dan Staf Khusus Jeffry Polii. Selesai dengan Pakowa, Wali kota melakukan pertemuan dengan Ketua-Ketua Lingkungan di Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting. Hadir mendampingi bpertemuan ini Lurah Maasing Henni Haya S.E, serta staf khusus Wali Kota Rustam Hasan dan Jeffry Polii.



Pengujian seperti ini dimaksudkan agar para aparat pemerintah termasuk Lurah dan Ketling dapat mengetahui kondisi wilayahnya, dapat mengetahui warganya dan tentunya harus dekat dengan masyarakat. 



Makanya menurut Wali kota, Lurah dan Ketua-Ketua Lingkungan harus mengidentifikasi warganya, khususnya para tokoh masyarakat, tokoh agama dan personal-personal yang memiliki pengaruh ditengah masyarakat.


Pertemuan seperti ini bagi Wali Kota agar terjadi penyamaan persepsi dalam rangka pelaksanaan pemerintahan, pembangunam dan kemasyarakat antara pemerintah kota, aparat pemerintahan tingkat bawah, dengan stake holders pembangunan ditengah masyarakat.



Pada pertemuan dengan setiap Kelurahan dan Lingkungan ini ikut didampingi Bung Redo Mulyono, Acindra Kapita dan kawan-kawan dari Tim Manado Hub Pemkot Manado yang ikut mensuport dalam hal pemetaan dan identifikasi wilayah serta personal-personal tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada ditengah masyarakat.


*MiddleOn*

Minggu, 12 Februari 2023

Hati-Hati Sekarang di Manado, Buang Sampah Sembarangan Denda Minimal Rp 100.000

Hati-Hati Sekarang di Manado, Buang Sampah Sembarangan Denda Minimal Rp 100.000


MANADO, CARIKABAR.ID -
Satuan Tugas Operasi Gabungan (Satgas Opsgab) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, kembali menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kecamatan Wenang yang kemudian dilanjutkan dengan Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Taman Kesatuan Bangsa (TKB), pada (8/1/2023). 


Untuk diketahui, Satgas Opsgab Pemkot Manado mulai melakukan OTT dan Sidang Tipiring pada tahun 2022 lalu. Satgas Opsgab Pemkot Manado yang terdiri dari pihak Satpol PP Kota Manado, Polri dan TNI, Hakim Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, dan Panitera Pengganti bergerak untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) No. 2 tahun 2019 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum dan Perda No. 1 tahun 2021 tentang Pengelolaan Persampahan. 


Kasat Pol-PP Kota Manado Yohannis Waworuntu, S.E., M.Si  mengatakan, bahwa dalam OTT kali ini pihak Satgas Opsgab Pemkot Manado berhasil menjaring 18 pelanggar dengan berbagai barang bukti yang ditemukan di lapangan. 


"Walaupun dengan cuaca yang kurang mendukung, tapi kami mulai bergerak dari jam 7 pagi. Kami pun tidak hanya fokus menangkap para pelanggar yang buang sampah sembarangan tetapi kami juga menangkap mereka yang berjualan di trotoar," sebut Waworuntu. 


Kemudian para pelanggar tersebut diarahkan oleh Satgas Opsgab Pemkot Manado untuk mengikuti Sidang Tipiring di TKB. Sidang Tipiring yang dipimpin oleh Majelis Hakim Maria Sitanggang, S.H., M.H., akhirnya memutuskan beberapa pelanggar yang ada membayar denda sebesar Rp100.000. 


Majelis Hakim menegaskan bahwa besaran nominal ini ditetapkan untuk membuat jera para pelanggar. 


"Di awal Sidang Tipiring, kami hanya sekedar memberikan sosialisasi, namun ternyata itu tidak memberikan efek jera. Oleh karena itu, untuk memberikan efek jera kami memberikan denda yang bisa membuat masyarakat jera dan tidak mengulanginya lagi," tegasnya.


*MiddleOn*

Sabtu, 11 Februari 2023

Walikota dan Wawali Manado Hadiri, Sosialisasi Program P/KB Sinode GMIM

Walikota dan Wawali Manado Hadiri, Sosialisasi Program P/KB Sinode GMIM


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado  Andrei Angouw bersama Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang, menghadiri Ibadah Awal Tahun dan Sosialisasi Program P/KB Sinode GMIM Tahun 2023 Rayon Manado, bertempat di GMIM EL Manibang Malalayang Dua Wilayah Manado Malalayang Barat.Sabtu (11/02/2023).


Wali Kota Manado dalam sambutannya menyampaikan, sangat yakin bahwa program-program yang akan disosialisasikan sangat baik dan dapat membawa dampak positif bagi pelayanan di jemaat maupun masyarakat.


Anfouw pun berharap P/KB GMIM yang merupakan bagian dari agama mayoritas di Kota Manado dapat mengayomi umat beragama yang lain. 


"Mari torang ciptakan suasana mengayomi untuk sesama umat beragama," Ucap Wali Kota.


Diakhir sambutannya, Walikota mengucap selamat dan sukses untuk kegiatan Sosialisasi Program P/KB Sinode GMIM Tahun 2023 Rayon Manado, dan berharap program-program yang ada dapat diimplementasikan dengan baik dalam pelayanan di jemaat dan masyarakat.


Hadir dalam kegiatan ini Penatua P/KB se-Wilayah Manado Malalayang Barat dan Rayon Manado.


*MiddleOn*

Jumat, 10 Februari 2023

Walikota Manado Meninjau Langsung Kelayakan Rumah dan Lokasi Perumahan Pandu Cerdas

Walikota Manado Meninjau Langsung Kelayakan Rumah dan Lokasi Perumahan Pandu Cerdas


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan peninjauan di Perumahan Relokasi Pandu untuk melihat pengerjaan dan perbaikan rumah maupun berbagai fasilitas yang sedang dilakukan di perumahan ini. Jumat (10/02/2023).


Kegiatan tersebut dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kelayakan rumah dan lokasi yang sedang dibangun dan ditinggali oleh masyarakat, terlebih pasca bencana banjir dan longsor yang melanda Kota Manado. 


Di lokasi tersebut, Wali Kota berdialog mendengar aspirasi masyarakat yang tinggal di Perumahan Relokasi Pandu.


Selanjutnya, Wali Kota bersama tim melakukan analisis dan evaluasi terkait pengerjaan dan perbaikan di Perumahan Relokasi Pandu ini. Wali Kota berharap, berbagai pengerjaan dan perbaikan yang dilakukan di Perumahan Relokasi Pandu dapat selesai dengan baik dan cepat.


Ikut mendampingi Wali Kota dalam kunjungan ini Sekretaris Daerah Kota Manado Dr. Micler Lakat, S.H., M.H, Asisten II Atto Bulo, S.H., M.M, Kepala Dinas Perkim Kota Manado Peter Eman, Kepala Dinas PUPR Kota Manado Johny Suwu, S.T, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Frangky Porawouw, S.H, dan Kepala Pelaksana BPBD Manado Donald Sambuaga.


*MiddleOn*

Selasa, 07 Februari 2023

Maksimalkan Infrastruktur Kota Manado, Walikota Angouw Tinjau Langsung Sejumlah Tempat

Maksimalkan Infrastruktur Kota Manado, Walikota Angouw Tinjau Langsung Sejumlah Tempat


MANADO, CARIKABAR
- Wali Kota Manado  dalam masa pemerintahannya  gencar melakukan berbagai pembangunan infrastruktur. Hal ini terlihat Walikota meninjau langsung kondisi drainase dan saluran air di Kelurahan Ranomuut dan Kelurahan Perkamil Kecamatan Paal Dua.Selasa (07/02/2023).

Wali Kota memulai peninjauan dengan melihat langsung kondisi drainase dan saluran air yang ada di Kelurahan Ranomuut Lingkungan 4, 7, dan 8. Wali Kota didampingi Camat Kecamatan Paal Dua Glennstiano Kowaas, S.H., M.H, dan beberapa Ketua Lingkungan.

Selanjutnya, menuju Kelurahan Perkamil Wali Kota melihat kondisi jembatan yang baru selesai dibuat serta pengerukan anak sungai yang sedang dilakukan.

Kunjungan lapangan ini dilakukan untuk menganalisis pemanfaatan drainase dan saluran air di Kota Manado, agar dapat menampung debit air jika terjadi hujan lebat. 

"Hal ini dimaksudkan agar ke depannya air tidak meluap ke jalan dan menggenangi rumah-rumah penduduk." jelas Wali Kota.

Wali Kota bertekad agar Kota Manado bisa bebas dan terhindar dari ancaman bencana banjir. Salah satu solusinya adalah normalisasi anak sungai dan perbaikan drainase dan saluran air di Kota Manado.
    *MiddleOn*