Rabu, 25 Januari 2023

Walikota Manado Andrei Angouw Ikuti Zoom Meeting Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw mengikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Hotel Borobudur Jakarta. Keikutsertaan Walikota dalam rakor ini secara virtual bersama Kapolres Manado, Kejari Manado, mewakili Dandim Manado dan Inspektur Kota Manado Jeffrey Andreas,diruang kerja Walikota Manado. Rabu (25/01/2023) pagi.



Kegiatan tersebut dalam rangka penandatanganan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan R.I dan Kepolisian R.I tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait Penanganan Laporan atau Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.


Setelah pembukaan dan laporan pelaksanaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan Launching aplikasi "APIP Lapor" serta Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengawasan.



Selanjutnya, arahan Jaksa Agung R.I. menyampaikan pengalaman kerja termasuk menyentil peran Inspektorat didaerah ketika berhadapan dengan masalah yang dialami Kepala Daerahnya, baik Gubernur, Bupati maupun Walikota. Setelah arahan Jaksa Agung dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kabareskim Polri yang menyampaikan langkah-langkah apa yang sudah dan sedang dilakukan Polri dalam rangka melakukan tindakan pengawasan dan pencegahan Korupsi.



Mendagri Dr. Tito Karnavian yang menyampaikan beberapa poin yang menjadi perhatian yakni; pertumbuhan ekonomi yang harus dijaga termasuk menyikapi soal inflasi. Hal-hal lain adalah anggaran tepat sasaran, postur anggaran serta dalam melakukan pengawasan untuk cepat diselesaikan terutama kalau APIP dan inspektorat dapat bekerja profesional. "Jadi kalau APIP kuat, maka Kepala Daerahnya akan jadi aman," harap Mendagri.



Kemudian dilanjutkan dengan Panel I tentang Pengawasan Pengelolaan APBD dan Panel II tentang Pengawasan Pelayanan Publik, Keuangan Desa, BUMD dan Penguatan APIP.


*MiddleOn*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: