Jumat, 31 Maret 2023

AA-RS Bahas Prioritas Pembangunan Kota di Tabea Talk Show

AA-RS Bahas Prioritas Pembangunan Kota di Tabea Talk Show


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado  Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang, menjadi pembicara dalam talk show Tabea Manado "Musrenbang RKPD Kota Manado Tahun 2024", yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Jumat (31/03/2023) pagi.


Acara yang bertemakan “Peningkatan Daya Saing Daerah Dengan Meningkatkan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat serta Suksesnya Pelaksanaan Pemilu” tersebut, disiarkan secara langsung dari fanpage Pemerintah Kota Manado dan dipandu oleh Staf Khusus Wali Kota Felix Palenewen.


Dialog diawali dengan pertanyaan terkait acuan untuk prioritas pembangunan Kota Manado. Wali Kota mengatakan bahwa acuannya untuk prioritas pembangunan adalah visi misi kepala daerah dan program-program pembangunan yang dilakukan. Wali Kota juga mengatakan bahwa angka inflasi, gender rasio, kemiskinan dan pengangguran terbuka, sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. 


“Kita on the right track. Sesuai dengan index yang dikategorikan,” kata Wali Kota.


Infrastruktur yang menjadi salah satu program prioritas dari kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terus akan dibangun karena pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan pengangguran terbuka, kemiskinan dan inflasi.


Wali Kota mengatakan bahwa investasi di Kota Manado meningkat signifikan, 


“Harusnya, tahun ini dan tahun depan bisa lebih kencang lagi, karena pandemi sudah terlewati, DPRD Kota Manado akan segera menyelesaikan Perda RTRW, PBG sudah selesai dan berjalan. Pertumbuhan investasi bisa lebih meningkat,” ucap Wali Kota.


Sesi dialog pun berlanjut dengan pembahasan terkait pendidikan, pertumbuhan ekonomi, perbaikan dan pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, kebersihan dan ketertiban umum, dan lain-lain.


Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab bersama audiens yang hadir, pembacaan laporan hasil Musrenbang Prioritas RKPD Tahun 2024, serta penandatanganan berita acara Musrenbang RKPD Kota Manado Tahun 2024.


*

Sah!!! Beberapa Pengurus dan Kader KDP3 Dilantik Masuk KP4

Sah!!! Beberapa Pengurus dan Kader KDP3 Dilantik Masuk KP4


MINAHASA UTARA, CARIKABAR.ID
- Komisi Daerah Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KDP3) Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara mengikuti acara Forum Tatap Muka Bersama Nasional (Fortapnas) Departemen Penginjilan Majelis Pusat (MP) GPdI, bertempat di Sutan Raja Hotel, Maumbi, Minahasa Utara, sejak 28- 30 Maret 2023.


Ketua KDP3 Pdt Oyke Woran mengatakan, pelaksanaan Fortapnas tersebut sangat spektakuler karena mampu menghadirkan para kader-kader penginjil yang baik di kalangan GPdl.


"Para peserta mendapatkan wejangan strategis dalam pandangan Alkitab ketika terjun dalam ladang penginjilan," kata Pdt Woran. 


Menurut, Pdt Jane Marthen Polii, ada hal yang istimewa juga dari pelaksnaan tatap muka ini,dimana para penginjil di berikan pengetahuan Hukum dalam perspektif GPdI.


"Hal ini sangatlah penting terkait kaida hukum sekuler dalam berhadapan dengan tugas demi keselamat banyak jiwa untuk di giring dalam pengenalan akan kebenaran Firman Allah," sebut Pdt Polii.


Bagi Pdt Jerry Manarongson di momentum ini juga ada rasa syukur dan kebanggaan tersendiri 

yang didapat ketika mengikuti acara itu.


"Rasa terimakasih kepada Majelis Pusat tentunya melalui Departemen Penginjilan yang telah mengakomodir beberapa, kami dari pengurus dan anggota KDP3 Sulawesi Utara masuk di jajaran KP4," sebut Pdt Jerman sapaan akrabnya.


*Mid'On*

Kamis, 30 Maret 2023

Pdt Felix Monding Apresiasi Kegiatan Fortapnas KP4, Jadi Acuan Program Kedepan

Pdt Felix Monding Apresiasi Kegiatan Fortapnas KP4, Jadi Acuan Program Kedepan


MINAHASA UTARA, CARIKABAR.ID
- Biro Penginjilan Majelis Daerah GPdI Provinsi Bali Pdt Felix Monding, M.Th mengapresiasi pelaksanaan Forum Tatap Muka Bersama Nasional (Fortapnas) dari Komisi Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KP4) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPd) yang berlangsung sejak 28- 29 Maret 2023 di Sutan Raja Hotel Maumbi, Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara.


Kepada Wartawan @carikabar.id, Pdt Felix Monding mengatakan, kegitan tersebut benar-benar menginspirasi dan memberkati bagi para penginjil di lingkungan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI).


"Acar ini sangat memberkati kami sebagai peserta fortapnas, lewat para narasumber yang berkompeten di pelayanan dan organisasi," kata Pdt Felix.


    Foto Pdt Alfreds Kerab, Pdt Alfrids Lapian     dan Pdt Felix Monding

Dia juga mengharapakan, keberhasilan yang telah di tunjukan KP4 dalam momentum Nasional itu, dapat menjadi acuan untuk kegiatan sebagaimana program kedepan nanti.


"Sesunggunya inilah yang menjiwai spirit pelayanan dan penginjilan demi suksesnya tanggung jawab pemberitaan injil bagi kemuliaan Tuhan," ucap Pdt Felix.


Pdt Felix di dampingi Ketua KP3 GPdI Provinsi Bali Pdt Alfreds Lapian menambahkan, kegiatan ini dapat memberikan kesan yang sangat baik sebab tujuannya adalah lebih pada menanamkan karakter Kristus.


"Tentunya sesuai tema pada acara ini adalah lebih dari pembekalan strategi Kristus dalam pelayaan penginjilan yang sesungguhnya karena inilah inti dari tujuan kegiatan ini," kunci Monding yang di amini juga Pdt Alfreds Kerab sebagai Waket MD GPdI Nusa Tenggara Barat.


Sebagaimana laporan Panitia pada penutupan acara Pdt Markus Tumbelaka menyampaikan, berkat campur tangan Tuhan dan kerja sama semua panitia sehingga acara tersebut dapat terselenggara.


"Meski acara ini hanya dipersiapkan selama dua bulan, maka kegiatan dalam skala besar ini dapat terwujud," sebut Pdt Tumbelaka.


*Mid'On*

Fortapnas Resmi Ditutup, Pdt Yvonne Awuy Lantu: Sampaikan Firman Allah dengan Urapan Roh Kudus

Fortapnas Resmi Ditutup, Pdt Yvonne Awuy Lantu: Sampaikan Firman Allah dengan Urapan Roh Kudus


MINAHASA UTARA, CARIKABAR.ID
- Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I Awuy Lantu Pimpinan Ibadah Penutupan Forum Tatap Muka Bersama Nasional (Fortapnas) Komisi Pusat Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KP4) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) yang berlangsung di Minahasa Utara, dan di tutup secara resmi Ketua Majelis Pusat GPdI Pdt Dr Ady Sujaka, M.Th, di Sutan Raja Hotel Maumbi, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (30/03/2023) siang.

Dalam khotbahnya Pdt Yvonne I Awuy Lantu mendasarkan bacaan Alkitab Filipi 4 Ayat 14 - 19, 'Ambil bagian dalam kesusahan.' Para penginjil harus ambil bagian dalam kesusahan dalam melaksanakan tugas panggilan pelayanan.

"Dalam pelayanan Penginjilan harus dipimpin oleh Roh Kudus, sebab tidaklah mudah tantangan yang harus di hadapi dalam pemberitaan injil Kristus seperti pengalaman Paulus, tetapi yakinlah bahwa Tuhan akan memenuhi kerinduan kita dalam pelayanan," kata  Pdt Yvonne yang juga sebagai gembala GPdI Kota Manado Jl Samrat,Boulevard Manado.

    Foto,Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI      .      memukul gong di dampingi Ketum MP            GPdI, Pemrov Sulu, Ketua MD GPdI Sulut.

Pdt Ady Sujaka dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi kepada KP4 panitia penyelenggara dan semua peserta dalam kegiatan Fortapnas selama tiga hari.

"Semua yang hadir diberkati Tuhan, dengan berkat yang didapat ketika pulang harus mengambil bagian dalam kemajuan penginjilan di GPdI," harap Pdt Sujaka saat menutup secara resmi acara.

    Suasana diruang fortapnas
 
Sementara itu, Departemen Penginjilan MP GPdl Pdt Eddy Pongoh berterima kasih atas kontribusi   Ketua Umum MP GPdI Pdt Dr Johhy Weol, MTh, M.Div, MM, telah menambah personil dan melantik anggota KP4 dalam forum resmi tersebut.

"Diharapkan kerja sama yang baik bagi anggota yang baru dilantik dalam melaksanakan tugas untuk memenangkan jiwa dan menyatukan GPdI untuk kemuliaan nama Tuhan," tutur Pdt Eddy.

Seperti untuk diketahui kegiatan Departemen Penginjilan melalui KP4, Ketua Panitia Pdt Markus Tumbelaka, Sekretaris Pdt Jeifrit Watulangkow dan Bendahara Pdt Ir Benny Narasiang, ST, M.Th, telah berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (28-30/03/2023) di hadiri  oleh Ketua Umum MP GPdl Pdt Dr Johnny Weol, M.Th, M.Div, MM, Direktorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga pengurus Komis Daerah Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KDP3) se-Indonesia.

*Mid'On*

Rabu, 29 Maret 2023

Pdt Edwin Sumilat Rayakan Ibadah HUT ke-66 Dipimpin Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne Awuy Lantu

Pdt Edwin Sumilat Rayakan Ibadah HUT ke-66 Dipimpin Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne Awuy Lantu



MANADO, CARIKABAR.ID
- Suasana sukacita menyelimuti keluarga Pdt Dr Edwin Sumilat, M.Th dalam keluarga besar Sumilat Ukus, dalam penyelenggaraan ibadah HUT ke-66 Pdt Edwin Sumilat di GPdI Hosana Karombasan, Kota Manado, Rabu (29/03/2023) malam.


Ibadah di pimpin Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I Awuy Lantu, dalam khotbahnya mengangkat bacaan Alkitab pada Yesaya 66 ayat 11- 13, "Janji Tuhan bagi orang percaya."


"Tuhan selalu menjamin kita orang yang beriman, dia Allah El-Shaddai yang mencukupkan kebutuhan anak Tuhan. Demikian yang di nikmati  Pdt Edwin Sumilat dan keluarga di hari bahagia, hari ulang tahun ke- 66 hari ini," kata Pdt Yvonne.


    Pdt Edwin Sumilat di dampingi Istri Pdt          Mike Ukus dalam menyampaikan                      kesaksian 


Pdt Edwin Sumilat dalam kesaksiannya di HUT ke-66 menyampaikan, banyak hal yang dialami dalam hidup dan keluarga serta pelayanan namun tetap merasakan kasih Tuhan.


"Ada banyak hal kami bisa utarakan dalam kesaksian ini, tapi satu hal sukacita yang luar biasa kami rasakan di usia yang ada sekarang ini ,karena cintanya Yesus," ungkap Pdt Edwin di dampingi istri tercinta Pdt Mike Ukus.


    Foto bersama dengan tamu undangan,            Camat Wanea, Kapolsek Wanea dan PGPI        Manado 

Sambutan Pemerintah Kota Manado melalui Camat Wanea Deisy Kalalo menyampaikan selamat ulang tahun dan menikmati hari yang indah dan menikmati pula berkat Tuhan.


"Banyak selamat buat Pdt Edwin Sumilat di ulang tahunnya ke-66 ,kiranya Tuhan terus memberkati," sebut Kalalo.


Dia menambahkan sebagai pemerintah mengingatkan jemaat yang adalah juga sebagai masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketentraman dan juga memelihara kebersihan lingkungan bersama.


"Sekarang ada Perda yang mengatur sampah di Kota Manado, jadi jangan buang sembaranga sampah,nantinya akan di giring lewat sidang Tipirang," harap Kalalo.


Selanjutnya sambutan PGPI Sulawesi Utara Pdt Stefanus Sumolang mengungkapkan banyak selamat buat Pdt Edwin Sumilat di usianya yang ke-66 dapat terus menikmati indahnya Tuhan.


"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan tempat pijakan PGPI terbanyak di Sulawesi Utara dan di moment perayana paskah akan mengelar berbagai lombah,nanti akan di samapikan kemudian," tutur Pdt Sumolang.


Kemudian sambutan MD GPdI Sulut di Kalimatkan Biro Pembinaa Warga Jemaat (PWJ) Pdt Lexy Karundeng, S.Th menuturkan tidak ada alasan bagi orang percaya untuk tidak mengucap syukur.


"Atas nama MD, MW dan seluruh gembala-gembala di Sulawesi Utara menyampaikan selamat ulang  tahun, Tuhan Yesus memberkati Pdt Edwin Sumilat," ungkap Pdt Karundeng.


Ucapan terimakasih dari Panitia hari-hari raya GPdI Hosana Karombasan Olvi Ateng, SE, M.Si tidak lupa bersyukur kepada Tuhan boleh menyelenggarakan ibadah ucapan syukuran tersebut.


"Ini semua dapat terlaksana karena campur tangan Tuhan juga kerja sama panitia dan seluruh jemaat," ungkap Ateng.


*Mid'On*

Ketum MP GPdI Pdt Johnny Weol Hadiri Prosesi Wisuda STT IKI EL-Shaddai Manado Ke-42

Ketum MP GPdI Pdt Johnny Weol Hadiri Prosesi Wisuda STT IKI EL-Shaddai Manado Ke-42


MANADO, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) melalui Sekolah Tinggi Teologia Ikatan Keguruan Indonesia (STT IKI) El-Shaddai Manado menggelar Sidang Senat Terbuka Dies Natalis dan Wisudawan ke-42 S1 Prodi Teologi Kependetaan, di Ballroom Sutan Raja Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (29/03/2023).


Wisudah yang mengangkat tema "Penjelajah Misi" tersebut di awali ibadah yang dipimpin Ketua STT IKI El-Shaddai Pdt Dr Haezar Sumual, M.Th, dengan mendasarkan khotbahnya dari bacaan Alkitab dalam Kisah Para Rasul 1 ayat 8, "Menerima Kuasa Jika Roh Kudus Turun dan Menjadikan Saksi."


"Kepada para wisudawan wisudawati dapat memultiplikasikan kecerdasan intelektual yang didapat dalam tuntunan Roh Kudus ketika berada di tempat pelayanan masing-masing," kata Sumual.



Ketua Umum Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP GPdI) Pdt Dr Johnny Weol, M.Th, M.Div, MM, dalam orasi ilmianya menyebutkan, penting untuk belajar dalam perguruan tinggi untuk meperlengkapi dalam pemahaman Firman Allah.


"Hadirlah di tengah- masyarakat sebagai terang Kristus yang tetap berpegang teguh pada dokrin Alkitabia yang dipegang GPdI selama ini," harap Pdt Weol.


Peserta Wisudawan berjumlah 28 orang namun satu orang wisudawan harus mengikuti secara Livestream dikarenakan orang tua peserta wisudah tersebut meninggal dunia dengan domisi jarak jauh.


Acara yang didampingi seluruh Civitas Akademi STT IKI El-Shaddai itu, turut dihadiri Bendahara Umum MP GPdI Pdt Brando Lumatauw bersama Istri dan beberapa unsur MP Lainya, Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne I Awuy Lantu di dampingi Sekretariat Pdt Hanny Awuy dan beberapa anggota MD Lainnya serta keluarga peserta wisudah dan undangan lainnya.


*Mid'On*

Selasa, 28 Maret 2023

Unsrat Terima Mahasiswa Baru Jalur SNBP tahun 2023

Unsrat Terima Mahasiswa Baru Jalur SNBP tahun 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibuka tiga jalur seleksi.


Tiga jalur tersebut, yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan seleksi Mandiri.


Khusus jalur SNBP, hasil seleksi calon mahasiswa baru untuk PTN telah diumumkan panitia nasional pada Selasa 28 Maret 2023 hari ini.


Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado pun turut kebagian ribuan calon mahasiswa baru.


“Sekitar 1.047 calon mahasiswa baru diterima Unsrat melalui Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) pada tahun 2023 ini,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo S Gerung MSc.


Walau demikian, tahapan belum selesai untuk para calon mahasiswa yang dinyatakan lulus masuk Unsrat tersebut.


Pasalnya, calon mahasiswa ini harus melakukan pendaftaran kembali.


Sementara untuk proses pendaftaran kembali, kata Prof Grevo, akan segera diumumkan pihaknya.


“Besok, Rabu 29 Maret 2023 akan disampaikan proses pendaftaran kembali, melalui website unsrat.ac.id,” pungkasnya.


Sementara untuk jalur SNBT sejak 23 Maret lalu sudah dibuka untuk pendaftarannya.


Prof Grevo sebelumnya sudah mengatakan bahwa siapa saja yang memenuhi syarat dapat mendaftar dan bersaing melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).


Sedangkan untuk Seleksi Mandiri, oleh panitia sosialisasi SNPMB Unsrat mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan akan diumumkan pada sekitar bulan Juni.


*Mid'On*

Ketua MD GPdI Pdt Yvonne Awuy Lantu Terima Kunjungan Departemen Penginjilan dan Rombongan KP4 Serta Panitia Fortapnas

Ketua MD GPdI Pdt Yvonne Awuy Lantu Terima Kunjungan Departemen Penginjilan dan Rombongan KP4 Serta Panitia Fortapnas


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne I Awuy Lantu menerima kunjungan Departemen Penginjilan Majelis Pusat GPdI Pdt Eddy Kapoh bersama Panitia Pelaksana  Fortapnas KP4 di Ruangan Rapat Pleno MD GPdI, Pantecostal Center Buha, Jl Ringroad ll, Manado, Selasa (28/03/2023) siang.


    Foto bersama Pengurus MD GPdI Sulut,          MP, Dept Penginjilan,KP4 dan Panitia              Fortapnas.


Ketua MD GPdI Sulut mengatakan, Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara mendukung pelaksanaan Forum Tatap Muka Nasional (Fortapnas) Komisi Pusat Pelayan Penginjilan Pantekosta (KP4) yang digelar di Sutan Raja Hotel Maumbi,Minahasa Utara, mulai 28-30 Maret 2023.


"Kami sanga mendukung penuh acara yang mulia ini, kira semua kegiatan dapat berlangsung dengan baik, juga para peserta sebagai penginjil GPdI akan mendapatkan pembekalan pelayanan dalam melaksanakan tugas panggilan pelayanan, kata Bunda Yvon sapaan akarabnya.


Menarik dalam pertemuan itu, menyusul kehadiran Sekretariat Umum Majelis Pusat GPdI Pdt Dr Elim Simamora, manakala diberikan kesempatan menyampaiakan hal terkait kegiatan Fortapnas tersebut.



    Sekretariat MD Sulut Pdt Hanny Awuy,            sedang memberikan arahan.

Pdt Elim Simamora dalam sambutannya, menyampaikan lewat pengalaman tugas pelayaanan berkaitan dengan penginjilan, hal ini tidaklah mudah, namun dapat di lalui semua dengan kuasa Tuhan.


"Memang tidaklah mudah dalam pelayana penginjilan itu, kadang harus dalam situasi terancam nyawa, tapi oleh pertolongan kuasa Roh Kudus kita dimampuhkan dalam menghadapinya," ucapa Simamora yang secara spontan dapat aplaus di ruangan yang hampir padat oleh pengurus KP4.


       Pdt Dr Ady Sujaka sedang pimpin doa

Perlu diketahui kedatangan pengurus KP4 dan Panitia Fortapnas di saksikan juga oleh seluruh pengurus MD GPdI Sulut, karena saat besamaan sedang dalam acara Pleno lengkap MD GPdI Sulut.


Dari pantauan media @carikabar.id di sela-sela acar audiensi berakhir, tiba-tiba masuk Ketua MP GPdI Pdt Dr Ady Sujaka dan langsung didaulat dalam forum itu untuk doa makan siang bersama. 


*Mid'On*



Tugas Pengawasan, Komisi lll DPRD Kota Manado Lihat Langsung Kondisi Jalan Kima Atas  yang Putus

Tugas Pengawasan, Komisi lll DPRD Kota Manado Lihat Langsung Kondisi Jalan Kima Atas yang Putus


MANADO, CARIKABAR.ID
– Dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan, sejumlah Personel Komisi III DPRD Kota Manado melakukan peninjauan Langsung kondisi  jalan penghubung Kima Atas ke Kelurahan Pandu yang putus diterjang longsor beberapa waktu lalu. Selasa (28/03/2023).


Dari kunjungan tersebut, Komisi III mendapati jalan yang longsor kondisinya belum dibenahi 



Bekas longsor membentuk jurang terjal membahayakan keselamatan orang yang melintas di daerah tersebut.


Apalagi terpantau, tidak ada tanda yang dipasang dari arah Kelurahan Pandu yang mengingatkan pengendara jika jalan tak bisa dilewati.



Ketua Komisi III DPRD Manado, Ronny Jonas Makawata mengatakan jika jalan longsor itu bertepatan dengan bencana banjir Manado pada Januari 2023 lalu.



Jalan itu adalah kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


“Kami (Komisi III DPRD Manado) telah koordinasi. Dan PUPR Provinsi Sulut akan segera perbaiki,” kata Ronny.


Ketua Komisi lll itu, mengatakan jika pihaknya turun lapangan sebagai wujud empati terhadap warga Manado yang kerap melewati jalan tersebut.



Untuk itu, Makawata mengaku jika pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Dinas PUPR untuk meminta segera diperbaiki.


“Kami telah berkoordinasi dengan dinas PUPR Sulut bahwa materi ini akan langsung ditindak dan secepatnya diperbaiki. Sangat miris jika tidak diperbaiki, mengingat sudah merenggut nyawa pengguna jalan,” sebut Makawata.


Adapun kunjungan lapangan ini dihadiri Ketua Komisi III DPRD Manado, Ronny Jonas Makawata, Wakil Ketua Komisi Lily Binti, Sekretaris Royke Anter, dan anggota Jean Sumilat, Lucky Datau serta Mona Kloer.


*Mid'On*

Senin, 27 Maret 2023

Fortapnas KP4 GPdl Siap Digelar,Para Penginjil GPdI Padati Hotel Sutan Raja Minahasa Utara

Fortapnas KP4 GPdl Siap Digelar,Para Penginjil GPdI Padati Hotel Sutan Raja Minahasa Utara


MINAHASA UTARA, CARIKABAR.ID
-Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP GPdI) melalui Komisi Pusat Pelayanan Penginjil Pantekos (KP4) melaksanakan kegiatan Forum Tatap Muka Nasional (Fortapnas) pada tanggal 28- 30 Maret 2023 di Hotel SutanRaja, Maumbi Kalawat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Ketua Panitia Pdt Markus Tumbelaka mengatakan, Kegiatan yang mengusung tema 'Caracter Of Crist' di hadiri semua penginjil baik dari unsur komisi pusat sampai di tingkat wilayah serta para penginjil luar negeri lingkup GPdI.

"Perlu adanya pembekalan teknis kepada semua Hamba Tuhan dalam melaksanakan tugas pangilan penginjilan pada pelaksanaan acar ini," kata Pdt Tumbelaka.

    Foto bersama Panitia Fortapnas KP4 usai        rapat terakhir.


Ditambahkannya juga, acar tersebut akan di hadiri oleh Ketua, Sekretariat dan Bendahar Umum Majelis Pusat GPdI dan Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI juga Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

"Tentunya kami bersyukur kepada Tuhan Yesus sebagai kepala gereja acar ini akan di hadiri langsung oleh Pimpinan organisasi kita dan dari Pemerintah, baik dari pusat maupun daerah," ucapa Pdt Tumbelaka.

Sebagaimana diketahui kegiatan ini telah dimatakangkan lewat rapat umum panitia dipimpin Ketua Paniti Pdt Markus Tumbelaka dan Sekretaris Pdt Jeyfris Watulangkouw dan Bendahara Pdt Ir Benny Narasiang, ST, M.Th, juga Biro Penginjilan MD Sulut Pdt James Tombeng, di ruangan tempat akan di adakan pelaksanaan kegiatan tersebut pada hari Senin (27/03/2023).

*Mid'On*




Minggu, 26 Maret 2023

Wakil Walikota Manado Lantik Tiga Direksi PD Pasar Manado

Wakil Walikota Manado Lantik Tiga Direksi PD Pasar Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur Perusahaan Daerah Pasar Kota Manado, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (27/03/2023) pagi.


Walikota Andrei Angouw dalam sambutannya melalui Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang mengucapkan selamat atas telah dilantiknya Direksi PD Pasar Manado yang baru.


"Diharapkan pejabat yang baru dilantik untuk segera bergerak memaksimalkan kinerja di PD Pasar dan pelayanan kepada masyarakat," kata Sualang.


    Dirut PD Pasar Manado Lucky Senduk,            saat diwawancarai awak media

Dijelaskannya juga, dalam melaksanakan tugas tersebut tidak mudah tapi itu juga bukan hal yang mustahil.


"Semoga dengan tugas saudara sekarang ini, pengelolaan pasar-pasar tradisional di kota Manado semakin profesional dan bermutu, harap Wawali Sualang.


Ini ke 3 nama pejabat yang dilantik;


Direktur Utama PD Pasar Manado Lucky Senduk, S.Ked jabatan lama Direktur Umum merangkap Plt Direktur Utama.


Direktur Umum PD Pasar Manado Jeffry Salilo, jabatan lama Direktur Pengembangan.


Direktur Pengembangan PD Pasar Manado Faizal Arifin jabatan lama Kepala Bagian Retribusi.


*Mid'On*

Sabtu, 25 Maret 2023

P/KB GMIM Gelar Diskusi Panel Walikota Manado Jadi Narasumber

P/KB GMIM Gelar Diskusi Panel Walikota Manado Jadi Narasumber


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menjadi narasumber dalam Diskusi Panel dengan tema "Gereja dan Pembangunan", yang diselenggarakan di GMIM Bukit Moria Tikala Baru. Sabtu (25/03/2023).


Wali Kota mengatakan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi angka kemiskinan di daerah adalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.


"Salah satu yang menangkal kemiskinan adalah pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, sehingga pendapatan daerah meningkat dan SDM bisa tumbuh," ucap Wali Kota. 


Dia juga berharap kesadaran masyarakat atas kebersihan dan sanitasi dapat ditingkatkan dan mengajak warga GMIM sebagai mayoritas di Kota Manado untuk selalu mengayomi umat beragama yang lain. 


"Di Manado ada kurang lebih 2.600 kolom. Jika semuanya bersatu, mengayomi, dan bersinergi, saya yakin semua masalah dapat selesai," tutur Angouw.


Sebagai narasumber dalam diskusi ini adalah Wali Kota Manado, Wali Kota Bitung yang juga sebagai Ketua Komisi Pelayanan P/KB Sinode GMIM Ir. Maurits Mantiri, M.M, dan Ketua BPMJ GMIM Bukit Moria Tikala Baru Pdt. Handrie Dengah, M.Th, dan dipandu oleh Wakil Wali Kota Manado periode 2010-2015 Dr. Harley Mangindaan, S.E., M.S.M.


Kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif dengan para audiens yang hadir.


*Mid'On*

Kamis, 23 Maret 2023

 5 Pejabat Lingkup Pemkot Manado Dilantik Wawali dr Richard Sualang

5 Pejabat Lingkup Pemkot Manado Dilantik Wawali dr Richard Sualang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui, Wakil Wali Kota, dr. Richard Sualang, melakukan pelantikan pejabat di lingkungan Pemkot Manado baik administrator maupun pengawas. Jumat (24/03/2023).


Upacara pelantikan dan sumpah jabatan itu, Mewakili Wali Kota Andrei Angouw, Wawali Richard Sualang saat itu telah melakukan pengambilan sumpah/janji terhadap 5 pejabat didampingi tokoh agama.


Wakil Walikota Manado dr  Richard Sualang dalam sambutannya menjelaskan, pelantikan  dimaksudkan untuk mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat.


“Para pejabat yang dilantik tentunya sudah berpengalaman, saya yakin jika diberi kepercayaan tidak akan mengecewakan,” ucap Sualang.


Diapun mengingatkan, amanat yang sering disampaikan Wali Kota Manado tentang keahlian pada tugas masing-masing.


“Di ingatkan selalu para pejabat dalam melaksanakan tugas harus menjadi ahli di bidang yang dipercayakan,” sebut Wawali Sualang.


Selanjutnya, Ia meminta agar para pejabat terus menunjukan kerja yang optimal dan mengaktualisasikan diri sebagai suatu tim yang besar.


“agar kita bisa melayani masyarakat dengan baik, sehingga kita perlu koordinasi dengan sesama pejabat yang ada di Pemkot Manado,” harap Wawali.


Ini 5 nama pejabat yang dilantik;



*Mid'On*

Walikota Manado Andrei Angouw Hadiri Penandatangan Naskah Hibah Daerah oleh Gubernur Sulawesi Utara

Walikota Manado Andrei Angouw Hadiri Penandatangan Naskah Hibah Daerah oleh Gubernur Sulawesi Utara


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah, yang dilaksanakan di Rumah Dinas Gubernur Sulawesi Utara Wisma Bumi Beringin Manado. Kamis (23/03/2023).


Naskah Perjanjian Hibah Daerah ini ditandatangani oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E, dan Tokoh-Tokoh Agama serta Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan se-Sulawesi Utara.


Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah menjadi tugas seluruh elemen masyarakat untuk menjaga toleransi dan kerukunan. Hal ini tentu ditunjang dengan dukungan dari para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. 


"Mari kita menjaga bulan Ramadan ini agar toleransi beragama bisa terjaga dengan baik untuk Provinsi Sulawesi Utara yang damai," ucap Gubernur Olly.


Dia menambahkan, keamanan daerah wajib dijaga mengingat perekonomian di Sulawesi Utara yang semakin berkembang dengan adanya investor baru yang berinvestasi di Sulawesi Utara, dan penerbangan langsung dari Sulawesi Utara ke sejumlah negara.


Hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Sulawesi Utara  Drs. Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Sulawesi Utara Steve Kepel, Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.


*Mid'On*

SAL Angkatan 78 Gelar KKR di Lapangan God Bless Tondano Dipimpin Pdt Miracle Eky Awuy

SAL Angkatan 78 Gelar KKR di Lapangan God Bless Tondano Dipimpin Pdt Miracle Eky Awuy


TONDANO, CARIKABAR.ID
- Sekolah Alkitab Langowan Angkatan 78 Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara, melaksanakan kegiatan acara ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR), bertempat di Lapangan God Bless Tondano, Kabupaten Minahasa, Kamis (23/03/2023) malam.


Ibadah yang mengusung tema 'Inilah Waktu-Nya', menampilkan Pdt Miracle Awuy sebagai pembicara, dengan mendasarkan khotbahnya dalam bacaan Alkitab, 2 Korintus 5 ayat 1 dan 2, 'Teman sekerja, jangan sia-sia kasih karunia Allah'.


"Paulus dengan serius memberikan nasehat untuk tidak sia-sia waktu yang ada, tentunya siswa-siswi telah banyak menerima nasihat di Sekolah Alkitab Langowan ini, untuk kiranya memanfaatkan waktu yang baik dalam melayani Tuhan," ucap Pdt Eki sapaan akrabnya yang juga sebagai kepala sekolah Alkitab Langowan ini.


    Ketua MD GPdI Sulut, Pdt Yvonne I Awuy        Lantu


Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne I Awuy Lantu dalam sambutannya menyampaikan, rasa syukur yang kepada Tuhan Yesus yang telah menolong acara KKR boleh terselenggara dengan baik.


"Karena itu para para siswa-siswi yang menyelenggarakan acara ini, yang tidak lama lagi akan di tamatkan dalam pendidikan untuk ratapilah dunia, bangsa ini dan gereja kita, sehingga akan terjadi kebangunan rohani yang hebat, kobarkan trus api Pantekosta sampai Tuhan datang kembali," harap Pdt Yvonne.


           Suasana ibadah KRR SAL angk 78


Sementara itu, Bagian Urusan Kesiswaan SAL Pdt Harly Ch Wuysang, menyampaikan terima kasih kepada Panitia Pelaksana acara KKR dan dukungan dari semua Siswa-siswi dan staf telah mendukung sehingga acar dapat dilaksanakan.


"Jumlah siswa-siswi SAL angkatan 78 julah 192 orang yang akana di tamatkan pada tanggal 11 Mei 2023, kami menyampaikan terimakasih karena telah berkorban waktu dan tenaga dalam menyukseskan acara ini,"


Sebagaimana informasi yang didapa awak medi @Carikabar.id lewat siaran langsung dari akun Media sosial Harly Ch Wuysang, utuk diketahui, sebelum acar penamatan SAL angkatan 78 pada tanggal 11 Mei, akan di adakan KKR pada tangal 6,7 dan 8 Mei 2023 yang akan di pimpin Pdt Dr Frangky Rewah, M.Th dengan mengundan secara umum.


Ibadah dihadiri, Pimpinan dan anggota MD GPdI Sulut, Pimpinan dan Staf SAL, Pengurus Majelis Wilayah se-Tondano serta Gembala-gembala sidang dan tamu undangan lainnya. 


*Mid'On*


Rabu, 22 Maret 2023

Dugaan Pungli di SMP Negeri 1 Manado Sekot Perintakan Kadis Diknas Usut Tuntas

Dugaan Pungli di SMP Negeri 1 Manado Sekot Perintakan Kadis Diknas Usut Tuntas


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado memberi peringatan keras, agar jangan ada pungutan liar (Pungli) di sekolah sekolah yang ada di Manado, nampaknya tidak berlaku di SMP Negeri 1 Manado. Fakta terbaru, beberapa orang tua murid mempertanyakan soal anak mereka yang tidak bisa ikut ulangan hanya karena tidak membayar uang 10 ribu, yang belum jelas peruntukannya.

Dari Informasi yang diterima wartawan hasil schrenshot perbincangan group orang tua dan wali murid kelas 8, beberapa orang tua murid di SMP Negeri 1 mempertanyakan kebijakan tersebut.

"Anak kami mengatakan tidak bisa ikut ulangan Matematika hanya karena tidak membayar uang 10 ribu," ucap ibu Nanie, salah satu orang tua murid.

Diapun kemudian mempertanyakan soal uang tersebut yang tidak jelas penggunaannya.

Dari riwayat perbincangan di group tersebut, orang tua tegas meminta wali kelas memberi penjelasan namun belum juga ditanggapi. "Kalo Mem tidak memberi klarifikasi esok saya akan datang ke sekolah untuk mempertanyakan hal ini," tulis ibu Nanie di group tersebut.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Salmon Rosang, yang beberapa kali coba dihubungi via seluler nomor 0821-9250-97xx meski bedering tak mau memberi respon, begitupun via layanan WhatsApp sudah dibaca juga tak memberi tanggapan.

Beberapa pegawai di SMP N 1 yang diminta tanggapan terlihat kompak tutup mulut, tapi ada juga beberapa yang secara bisik bisik menyebut hal itu diketahui Kepala Sekolah. "Pak Kepsek kwa tau itu," ujar beberapa pegawai sekolah.
Bahkan si pegawai menyebut aksi itu bukan hanya terjadi pada satu kelas namun hampir semua kelas yang melaksanakan ulangan.

Sekretaris Kota Manado Micler Lakat yang diminta tanggapan soal hal tersebut nampak kaget. "Masih ada Pungli leh?," tanya Sekot.

Diapun langsung memerintahkan Kadis Diknas Steven Tumiwa yang kebetulan berada di sampingnya untuk mengusut hal tersebut. "Yang pasti kalo ada pungli di sekolah itu tidak dibenarkan pemerintah kota, ini menyalahi aturan," papar Lakat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado Steven Tumiwa, yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, yang namanya pungli tidak pernah diperkenankan di dunia pendidikan di kota Manado. Apalagi Walikota sudah jelas mengingatkan soal hal itu.

Soal beredarnya informasi dugaan pungli di SMP N 1 Manado, Tumiwa menyebut dia telah mengunjungi sekolah itu dan melakukan pembicaraan sambil mengetahui inti dari persoalan.

Sementara itu, soal praktek pungli emdi sekolah, Walikota Andrei Angouw saat menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dan Aset Satuan Pendidikan di SMP Negeri 1 Manado, Kamis (23/2/) lalu, tegas melarang hal itu.

“Pungli ditiadakan baik kepada orang tua siswa maupun pada siswa sendiri,”kata wali kota.

Sementara terkait pengelolaan dana BOSP dan aset satuan pendidikan, ia berharap penggunaannya harus tepat sasaran.

“Karena masa depan bangsa bergantung pada didikan guru terhadap siswa,”pungkas Wali Kota Andrei sembari menambahkan agar jalur komunikasi antar pemerintah dan kepala sekolah harus baik dan saling memberikan masukan terkait kinerja masing-masing.

Namun sayangnya penegasan keras yang disampaikan Walikota saat kegaiatan di SMP N 1 Manado, malah dilanggar sendiri oleh sekolah unggulan tersebut.

*Mid'On*

Selasa, 21 Maret 2023

GPdI Betlehem Raanan Baru Rayakan HUT ke- 92 Tahun

GPdI Betlehem Raanan Baru Rayakan HUT ke- 92 Tahun


RAANAN BARU/MINSEL, CARIKAAR.ID
- Gerejà Pàntekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Betlehem Raanan Baru, Wilayah Motoling, Minahasa Selatan, menyelenggarakan ibadah ucapan syukur HUT ke-92, Selasa (21/03/2023) sore.


Acara tersebut diawali dengan ibadah, dipimpin Sekretaris Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara Pdt Hanny Awuy, M.Th dengan mengambil dasar bacaan Alkitab pada 1 Tawarik 16 ayat 34, "Bersyukur kepada Tuhan Sebab Dia Baik".


"Kita harus besyukur kepada Tuhan karena kasih setia-Nya yang dahsyat dan luar biasa yang telah memulai pelayan di tempat ini sejak 92 tahun yang lalu, sampai hari ini pelayan di GPdI Betlehem boleh bertumbuh, maju dan berkembang," ajak Pdt Hanny.


Sekretariat MD GPdI Sulut Pdt Hanny Awuy, MTh, saat menyampaikan Firman Tuhan 

Pemerintah Motoling Barat melalui Hukum Tua Raanan Baru Rudy Kodongan dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupayen Minahasa Selatan menyampaikan Selamat merayakan HUT ke-92 Jemaat GPdI Betlehem Raanan Baru.


"Sebagai Pemerintah kami memberikan apresiasi atas peran dan kerja sama, Gembala dan seluruh Jemaat dalam menjalankan program pemerintah yang telah terbangun selama ini, kiranya hal ini terus di pertahankan," sebut Kodongan.


Sementara itu gembala sidang (Ketua jemaat, red) Pdt Drs Hanny Kolondam, S.Th menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan pelayanan GPdI Betlehem Raanan Baru boleh berusia ke-92 tahun.


"Walaupun melewati berbagai tantangan dan pergumulan dalam pelayanan, namun berkat topangan Majelis Jemaat dan Pelayan-pelayan dan jemaat tetap berkomitmen melayani serta memajukan pelayanan, sehingga pelayan bejalan dengan baik," kata Pdt Hanny yang juga menjabat Wakil Sekretaris MD GPdI Sulut ini.


Ditempat terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Alvian Sengkey, SE mengatakan, terselengaranya ibadah perayaan HUT ke-92 GPdI Betlehem, semua karena pertolongan Tuhan.


"Meski waktu persiapan yang singakat, tapi berkat kerja sama seluruh panitia yang beranggotakan sebanyak lebih kurang 100 orang ini, semua acara boleh terselengara dengan baik," ucap Sengkey.


Untuk diketahui, acara perayaan HUT tersebut bukan saja ibadah namun diisi dengan semimar tentang Pertanian dan Hukum baik Pidana maupun Perdata dan Lomba Menu Makanan dari 17 Rayon.

Hadir dalam acara ini, Jajaran pengurus MD GPdI Sulut, Kapolsek Motoling, Pemerintah Kecamatan Motoling Barat, Hukum Tua dari  ke tiga desa di Raanan Baru dan undangan lainnya.

*Mid'On*

Senin, 20 Maret 2023

BKSAUA Gelar Tatap Muka dengan Tokoh Agama Se-Kota Manado dan Sosialisasi Bank Indonesi (BI) Dihadiri Walikota Angouw

BKSAUA Gelar Tatap Muka dengan Tokoh Agama Se-Kota Manado dan Sosialisasi Bank Indonesi (BI) Dihadiri Walikota Angouw


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw, menghadiri kegiatan tatap muka Pemerintah Kota Manado, BKSAUA Manado bersama Pimpinan Rumah Ibadah se-Kota Manado dan sosialisasi Bank Indonesia (BI) kepada Pemuka Agama yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota. Selasa (21/03/2023) pagi.


Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Judi Tunari, M.Teol  menyampaikan laporan kegiatan dan dilanjutkan dengan sambutan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut yang menjelaskan tentang kegiatan ini dalam kaitan beberapa program yang akan dilaksanakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sulawesi Utara.


Wali Kota Manado dalam sambutanya, menyampaikan banyak terima kasih atas kerukunan yang sudah terbangun saat ini. Walikota menyinggung apa yang disampaikan Menko Polhukam Prof. Dr. Mahfud M.D yang menyatakan Manado adalah Laboratorium dan Taman Sari Indonesia. 



Pernyataan Menkopolhukam saat dialog Kebangsaan belum lama ini di Manado dengan menyatakan bahwa Manado harus menjadi contoh tentang kehidupan umat beragama ditingkat nasional," ucap Angouw.


Pada kesempatan itu juga Wali kota  menyampaikan ucapan selamat bagi umat Hindu yanh melaksanakan kegiatan keagamaan Nyepi serta menyampaikan selamat menyambut Bulan Puasa bagi Imat Muslim. Wali Kota mengajak untuk dapat melaksanakan kegiatan yang bernuansa kerukunan umat di Kota Manado.


Dia menyentil juga, kondisi menghadapi tahun politik saat ini dimana terdapat kelompok orang yang mungkin menjual agama dalam rangka kegiatan politik. Untuk hal ini Wali Kota meminta tokoh agama untuk meredam situasi seperti ini. Wali Kota juga meminta tokoh agama mendorong masyarakat lewat umatnya agar memiliki etos kerja tinggi. 


"Jangan ciptakan generasi malas, generasi yang hanya bercita-cita jadi THL, generasi proposal

dan tidak memiliki etos kerja, jadi hal ini harus didorong dan meminta campur tangan tokoh agama," sebut Wali Kota.


Soal digitalisasi wali kota mengatakan agar dimanfaatkan secara maksimal supaya kerja-kerja kita semakin efektif dan efisien.


"Kondisi ekonomi dan kondisi perbankan harus kuat dengan bagaimana kita menciptakan kerja-kerja berguna seperti program mari jo ba kobong dan lain sebagainya," harap Angouw 


Turut hadir dalam kegiatan ini Pimpinan BI Wilayah Sulut,  asisten I Heri Saptono, Kabag Kesra Otniel Tewal, Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol, Presidium BKSAUA Kota Manado, Ketua MUI, Ketua Baznas serta para Tokoh Agama. 


*Mid'On*

HGK PKK ke-51 Kota Manado Dihadiri Walikota Andrei Angouw

HGK PKK ke-51 Kota Manado Dihadiri Walikota Andrei Angouw


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri kegiatan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 digelar PKK Kota Manado bertempat di Taman Kesatua Bangsa (TKB) Kota Manado, Senin (20/03/2023).


Diawal acara tersebut, Ketua Umum TP PKK dalam sambutannya dibacakan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ibu Irene Angouw Pinontoan dalam kegiatan yang mengusung tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh".


Sementara itu,Wali Kota selaku Pembina TP PKK dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur dalam rangka peringatan HKG sekaligus berterima kasih kepada kader PKK yang telah bekerja maksimal untuk melaksanakan pogram-program PKK untuk kepentingan masyarakat. Bahkan Wali kota mengatakan kalau PKK juga bisa dianggap sebagai 'Pahlawan Tanpa Tanda Jasa' karena selalu terlibat dalam kegiatan masyarakat tanpa pamri. 


Wali Kota pun berharap, kita mengisi pembangunan bangsa supaya berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam budaya dapat terwujud. 

Selanjutnya Wali Kota menjelaskan soal Gerakan membangun bersama PKK yang dimulai dari kelompok kecil yakni Keluaga-Keluarga.


"Ciptakan program-program yang berguna bagi generasi penerus agar menjadi petarung dalam pelaksanaan pembangunan ditengah masyarakat lewat keluarga-keluarga," ajak Wali Kota Angouw. 


Dia menambahkan, dalam kaitan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK, agar dapat mendorong langkah gerak setiap insan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 


Diakhir sambutan Wali Kota membuka secara resmi HKG Ke 51 PKK sekaligus melakukan pamasangan lilin HKH dan selanjutkan peniupan lilinnya.


Hadir dalam acara ini, para Pengurus TP PKK Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S Lakat S.H, M.H bersama Istri yang juga sebagai Ketua Dharma Wanita Kota Manado, Kadis Sosial Kota Manado, para Istri Forkopimda, Para Kepala SKPD, Para Camat, Lurah serta undangan lainnya.


*Mid'On*

Diserahkan Presiden Jokowi, Pemkot Manado Dalam Kepemimpinan AARS Terima PPKM Award

Diserahkan Presiden Jokowi, Pemkot Manado Dalam Kepemimpinan AARS Terima PPKM Award


MANADO, CARIKABAR.ID - Pemerintah Kota Manado mendapatkan PenghargaanTerbaik Atas Pengendalian Pandemi Covid-19 dan terbaik pemulihan ekonomi. Dalam acara tersebut PPKM Award diterima Wakil Wali Kota Manado dr.Richard Sualanga yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, di Jakarta, Senin (20/03/2023).


Pemerintah Kota Manado melalui Wali Kota Andrei Angouw, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat Kota Manado dalam pengendalian pandemi Covid-19.



Terima kasih juga kepada tenaga kesehatan baik dari Rumah Sakit dan Puskesmas sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19, kepada TNI-Polri dan seluruh stakeholder yang telah bekerjasama.


"Tentu ini juga tak lepas dari sinergitas yang baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dalam hal ini Pak Gubernur Olly Dondokambey SE dan Pak Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, sehingga Provinsi Sulawesi Utara juga masuk dalam kategori Provinsi berkinerja terbaik di wilayah Sulawesi," kata Angouw.


*Mid'On*

Terima Kunjungan Dubes Polandia, Wali Kota Angouw Paparkan Perkembangan Kota Manado

Terima Kunjungan Dubes Polandia, Wali Kota Angouw Paparkan Perkembangan Kota Manado


MANADO, CATIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw didampingi Sekretaris Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H menerima kunjungan Dubes Polandia untuk Indonesia Beata Stoczyńska. Senin (203/2023) sore.


Wali Kota dengan Dubes berbicara ringan sambil bertukar informasi dalam Bahasa Inggris dan Wali Kota mengawali pembicaraan menyampaikan, beberapa pengalamannya ketika melakukan perjalanan ke Eropa. 



Ikut disampaikannya juga hal-hal secara umum ketika kondisi situasi Covid masih melanda serta  kondisi Kota Manado khususnya soal pembenahan infrastruktur Kota yang sedang dilakukan saat ini.


Sementara itu, Dubes Poland menjelaskan penghasilan Polandia yang selama ini bisa diekspor seperti buah-buahan dan lain sebagainya hasil pertanian. Juga disampaikan soal energi dan industri di Poland yang saat ini semakin meningkat.


Ditambahkannya pula, bahwa Polandia adalah negara yang maju dan kuat di kawasan ini. Negara ini memiliki ekonomi terbesar kedelapan dan salah satu yang paling dinamis di Uni Eropa dengan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi. Selain itu, Bursa Efek Polandia di Warsawa adalah salah satu yang terbesar dan paling penting di Eropa Tengah. 


"Polandia mempertahankan ekonomi berpenghasilan tinggi bersama dengan standar hidup yang sangat tinggi, kualitas hidup, keselamatan, pendidikan, dan kebebasan ekonomi," papar Dubes.


Polandia memiliki 15 Situs Warisan Dunia UNESCO,14 di antaranya adalah budaya. Polandia adalah negara anggota Uni Eropa, Kawasan Schengen, PBB, NATO, OECD, Inisiatif Tiga Laut, dan Grup Visegrad.


*Mid'On*

Tarian Kabasar Siswa SMPN 10 Manado, Tampil di Pembukaan Kompetensi OSN, O2SN, FLS2N Tingkat SMP se-Kota Manado

Tarian Kabasar Siswa SMPN 10 Manado, Tampil di Pembukaan Kompetensi OSN, O2SN, FLS2N Tingkat SMP se-Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado melalui Sekretaris Daerah Kota Manado Dr Mickler Lakat, SH, MH  hadir dan membuka langsung kegiatan pengembangan talenta dan prestasi peserta didik SMP Se-Kota Manado tahun 2023, diselenggarakan Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan Kota Manado, bertempat di Balroom Lantai l Hotel Peninsula, Manado, Senin (20/03/2023).


Sekdakot Micler Lakat, di dampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Steven Tumiwa, saat tibah di lokasi acara disambut tumpukan tarian kabasaran SMP N 10 Manado,dihentar langsung sampai diruangan tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.


Dalam sambutannya, Sekdakot Micler Lakat menyampaikan kepada para siswa/i, untuk manfaatkan momen OSN, O2SN dan FL2SN ini sebagai wadah untuk berkompetisi untuk mengembangkan bakat dan prestasi.


“Tentunya Pemkot Manado menerima dengan baik kegiatan ini karena ini sangat membantu untuk menggali bakat para siswa, saya yakin di Kota Manado banyak siswa berbakat dan berprestasi,” sebut Lakat.



Sementara itu,Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado melalui Kabid SMP Grace Sondakh menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan, tujuan pelaksanaan kegiatan serta peserta yang mengikuti lomba.


“Minat, Bakat dan Prestasi siswa wajib di gali potensinya di masa usia sekolah karena akan membentuk karakter di masa depan,” sebut Sondakh.


Ditempat terpisah, Kepala SMP N 10 Venny Margaretha Mononimbar, S.Pd menyampaikan, keikutsertaan perserta tumpukan tarian kabasaran disamping kepercayaan penyelenggara acara, hal ini juga upaya memperkenalkan bakat peserta didik SMPN 10 Manado.


"Tentunya Apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado telah mempercayakan peserta didik SMPN 10 Manado tampil melalui tarian kabasaran pada acara pembukaan kompetensi OSN, O2SN dan FLS2N tingkat SMP se Kota Manado," ujar Mononimbar.


Sebagaimana diketahui, Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama FLS2N adalah kompetisi di bidang seni bagi peserta didik sedangkan OSN adalah Olimpiade Sain Nasional sedangkan O2SN adalah Olimpiade Olahraga.


Tak lupa juga, Sekot Dr Micler Lakat turut menyematkan tanda peserta dan juga, menginformasikan bahwa Kota Manado dalam waktu dekat ini akan menerima PPKN Award. "karena Kota Manado terbilang baik dalam penanganan Covif-19 yang mana Kota Manado tertinggi dalam vaksinasi mencapai hampir 100 persen," kunci Lakat.


*Mid'On*

DPRD Kota Manado Melalui Komisi Ill Apresiasi Kinerja Pemkot Manado

DPRD Kota Manado Melalui Komisi Ill Apresiasi Kinerja Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado melalui Ketua Komisi Ronny Jonas Makawata menberi apresiasi, kepemimpinan Walikota Manado, Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang (RS).


Hal itu dikatakan Ronny Jonas Makawata, saat meninjau dan menilai berbagai infrastruktur di Kota Manado. Senin (20/03/2023).


"pembangunan yang signifikan yang dilakukan AA-RS itu semakin menguatkan perekonomian di Kota Manado," kata Makawata.


Makawata mengatakan juga, tak hanya segi ekonomi, keindahan dan kerapian kota menjadi nilai tambah dalam rangka menarik investor masuk ke kota tinutuan ini.


"Kondisi pembangunan Infrastruktur di Kota Manado pada pemerintahan saat ini menjadi nilai tambah peningkatan perekonomian rakyat. Ditambah dengan penataan kota yang rapih dan estetik menjadi magnet untuk investor menanamkan modalnya di kota ini," sebut Makawata. 


Dia menambahkan pula,Hal yang perlu diperhatikan adalah tentang kebersihan fasilitas umum, itu diperlukan peran serta dari masyarakat untuk mensukseskan program kerja pemerintahan Kota Manado.


"Diharapkan kepada masyarakat Kota Manado agar bisa menjaga keamanan lingkungan dan kebersihan, karena ini sangat penting untuk dilakukan, untuk keberlangsungan pembangunan di kota yang kita cintai ini," kunci RoMa sapaan akrabnya.


*Mid'On*

Jumat, 17 Maret 2023

Terkait Stunting, Wali Kota Andrei Angouw Ikuti Zoom Meeting Bersama Menko PMK

Terkait Stunting, Wali Kota Andrei Angouw Ikuti Zoom Meeting Bersama Menko PMK


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengikuti Zoom Meeting Bersama Menko PMK  terkait Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Kota Provinsi Sulawesi Utara, bertempat diruang rapat Bapelitbang Kota Manado. Jumat (17/03/2023) pagi.


Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, mengawali kegiatan itu dengan memaparkan tentang Kondisi Stunting di Sulut yang juga ikut menyampaikan data tentang kondisi kemiskinan dan stunting disetiap Kabupaten Kota di Sulut.


Menko juga menyinggung soal Dana Desa dalam setiap Desa yang ada di Sulut dalam penanganan stunting. Selesai arahan dan pemaparan Menko PMK, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan laporan sehubungan dengan penanganan Kemiskinan dan Stunting di Sulut yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Stive Kepel didampingi Forkopimda Sulut dan Kepala Dinas Badan dan Kantor. 


Pelaksanaan Road Show Daring ini melibatkan Menko Muhadjir Effendy dan pejabat kementerian PMK lainnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Forkopimda Sulut, Kepala Bappeda Sulut, Kepala Dinas Kesehatan Sulut, Kepala Kantor Wilayah BKKBN Sulut, Bupati dan Walikota Se Sulut serta Fokopimda Kabupaten Kota.


Sekretaris Provinsi Stive Kepel menyampaikan, secara umum kondisi pelaksanaan Kesehatan di Sulut termasuk infrastruktur Kesehatan seperti jumlah RS, Puskesmas, Posyandu, personil dokter, perawat dan lain-lain serta menyampaikan startegi-strategi penanganan kemiskinan dan penurunan stunting termasuk penggunaan dananya secara umum.


Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Manado didampingi Sekretaris Daerah Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, para asisten, Kepala Dinas dan Badan serta Forkpimda Kota Manado yang dihadiri oleh Dandim Manado, Kapolres Manado dan mewakili Kejaksaan Negeri Manado. 


*Mid'On*

Unsrat Gelar Raker Tahun 2023,  Prof Berty Sompie: Hal Ini Penting Sebagai Pijakan dalam Menjalankan Tugas

Unsrat Gelar Raker Tahun 2023, Prof Berty Sompie: Hal Ini Penting Sebagai Pijakan dalam Menjalankan Tugas


MANADO, CARIKABAR.ID
- Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Berty Sompie, M.Eng, menekankan pentingya meningkatkan kualitas layanan mahasiswa dan kualitas kinerja unit kerja.


Hal ini disampaikan Rektor Berty Sompie dalam Rapat Kerja (Raker) Unsrat tahun 2023, Jumat (17/3/2023).


“Rapat kerja Unsrat kali ini bagi saya penting sebagai pijakan kerja sebagai Rektor dalam menjalankan tugas tahun 2023-2026,” sebut Berty Sompie.


Berty pun mengungkapkan hal penting yang menjadi targetnya sebagai Rektor Unsrat.


“Salah satu fokus kepemimpinan saya adalah pengembangan kualitas layanan mahasiswa, dimana mahasiswa merasa nyaman dan terlayani dengan baik menjalani proses akademik,” ungkap Sompie.


Rektor Unsrat, Prof. DR. Ir Berty Sompie 

Sehingga, lanjutnya, manifestasi moto Sitou Timou Tumoutou dapat terlaksana.


“Kita juga akan sesuaikan kurikulum berdasarkan perkembangan program merdeka belajar kampus merdeka untuk membawa Unsrat memasuki Era Internasionalisasi,” katanya.


Selanjutnya, Berty pun menekankan soal kualitas kinerja unit kerja di lingkungan Unsrat agar lebih profesional, efisien dan efektif.


“Pemberian remunerasi harus berdasarkan indikator kinerja utama sebagaimana yang ditandatangani semua unit kerja pada Raker ini,” harap Rektor Berty..


*Mid'On*

Walikota Manado Beri Apresiasi Para Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) se-Kota Manado

Walikota Manado Beri Apresiasi Para Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) se-Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID -
Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri kegiatan tatap muka dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) se-Kota Manado, yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Jumat (17/03/2023).


Dalam kegiatan tatap muka bersama PPAT se-Kota Manado itu, dirangkaikan juga dengan bimbingan teknis Aplikasi Transaksi Pembayaran Pajak Daerah (Atraksi-PD).


Wali Kota dalam sambutannya dan arahannya, mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, karena dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan PPAT se-Kota Manado. Wali Kota berharap bahwa kerja sama ini bisa terus terjalin dengan baik.



Secara detail, Wali Kota memaparkan tentang kondisi ekonomi dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kota Manado.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bapenda Kota Manado  Steven Rende, para Camat, dan PPAT se-Kota Manado.


"Mid'On*