Senin, 06 Maret 2023

Senator Stefanus Liow Apresiasi Program BCL Walikota Bitung

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID - Langkah responsif Walikota Bitung Pnt Maurits Mantiri  dengan mengajuhkan proposal program Bulan Cinta Laut (BCL) direspon positif oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. 


Rapat kerja Komite II DPD RI dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ir. Sakti Wahyu Trenggono, MM di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, baru-baru ini dijelaskan capaian program 2022 dan program KKP RI untuk tahun 2023. 


Dalam Raker tersebut, program Bulan Cinta Laut (BCL) yang sempat ditanyakan Anggota DPD RI Dapil Sulut Senator Ir. Stefanus BAN Liow, MAP dalam sesi tanya jawab dalam raker yang dipimpin Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai. 


Kemudian, Menteri Trenggono melalui Sekjen KKP RI merespon aspirasi dari Senator Stefa dengan memberikan terima kasih atas saran dan masukan yang diberikan  disertai usulan perlunya kemitraan untuk mendukung program BCL. Pada Tahun 2023, kata Sekjen KKP RI rencana lokasi BCL yang sudah teridentifikasi sebagaimana proposal usulan yaitu Kota Bitung. 


Perhatian dan kepedulian Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM akan kebersihan  selat laut Pulau Lembeh patut diapresiasi dan didukung semua pihak. Pentingnya menjaga kebersihan laut agar ekosistim laut menjadi sehat.


Lanjut,menurut Trenggono, program BCL adalah merupakan langkah konkrit KKP dalam upaya untuk mengedukasi kesadaran nelayan dan masyarakat serta mengkampanyekan pentingnya menjaga laut agar tetap bersih sehingga ekosistim laut menjadi sehat.


Pada kesempatan itu juga, Senator SBANL alias Stefa, sapaan Anggota DPD RI/MPR RI Dapil Sulut Ir. Stefanus BAN Liow, MAP mengusulkan juga dialokasikan program BCL di Laut Bunaken Manado yang merupakan distinasi wisata dunia. 


Dibeberapa waktu lalu, dalam kunker Menteri Sakti Wahyu Trenggono di Sulut yang ikut didampingi Senator Stefa bersama Gubernur Olly Dondokambey, SE, Wagub Drs. Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM dan jajaran KKP RI dari atas kapal milik KKP RI menyaksikan langsung keberadaan Laut Selat Lembeh Bitung. 


Selain itu, dalam pemaparan visual terlihat laut Bunaken terbilang kotor dengan banyak sampah plastik dan kayu.


Untuk lokasi Bunaken Manado dapat dipertimbangkan sebagai masukan lokasi BCL kedepannya. KKP RI mendorong nelayan diseluruh Indonesia untuk berkonstribusi dalam menjaga kebersihan laut. 


Kemudian juga, Senator Stefa menyambut baik program BCL KKP RI, seraya mengatakan kebersihan laut menjadi tanggungjawab bersama  untuk tidak membuang  sampah apalagi plastik, karena laut kotor membuat ekosistim laut menjadi rusak dan tidak sehat yang sangat berdampak negatif atas kelestarian lingkungan juga kesejahteraan masyarakat terutama para nelayan.


*Mid'On*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: