Minggu, 30 April 2023

KD Pelprip Siap Gelar Paskah GPdI 2023, Meiki Onibala: Warga GPdI Sulut Akan Padati Lapangan God Bless Tondano

KD Pelprip Siap Gelar Paskah GPdI 2023, Meiki Onibala: Warga GPdI Sulut Akan Padati Lapangan God Bless Tondano


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Daerah Pelayanan Pria Pantekosta (KD Pelprip) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara akan siapa melaksanakan Ibadah Agung Paskah 2023 pada hari Sabtu 06 Mei 2023 bertempat di Lapangan God bless Tondano.


Ketua KD Pelprip GPdI Sulawesi Utara Drs Meiki Onibala, M.Si mengatakan, kesiapan untuk penyelenggaraan agenda akbar tersebut telah dibahas beberapa kali dalam rapat kepanitiaan.


"Tentunya kegiatan ini baik KD dan Panitia telah berkordinasi dengan Majelis Daerah GPdI Sulut dalam forum Pleno dan telah mendapat respon dan dukungan penuh acara ibadah agung ini," kata Onibala yang menjabat 2 periode KD Pelprip ini.



Bahkan Dia menjelaskan acara akbar tahunan ini akan menghadirkan seluruh warga GPdI se-Sulawesi Utara dari 15 Kabupaten Kota.


"Acar ini di sponsori oleh Komisi Daerah Pelprip tapi menghadirkan seluruh umat GPdI yang berada di Sulawesi Utara," ucap Onibala.


Lanjut, Meiki Onibala yang juga menjabat Kepala Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan kerjasama yang baik dari semua Pengurus Pelprip GPdI Sulut.


"Yang jelas dukungan dan kehadiran semua unsur pelayana Pria Pantekosta baik di tingkat Daerah, Komisariat Kabupaten Kota dan Wilayah sampai tingkat jemaat lokal se- Sulawesi Utara sangat di harapkan," sebut Onibala yang perna menjabat 2 kali Plt Bupati Minahasa Selatan.


Sementar itu Ketua Panitia Pelaksana Pdt Dr Drs Dolfi Kuron, MBA, M.Th mengingatkan kegiatan yang mengusung tema "Waktunya Telah Genap" itu akan berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu 06 /05 dan Minggu 07/05.


"Acara ini bertajuk Paskah GPdI serta Konser dan Kebaktian Kebangunan Rohani yang akan dilayani oleh Pengurus Majelis Pertimbangan Rohani GPdI juga Ketua Komisi Pusat Pelprip dan Ketua Sekola Alkitab Langowan,"  jelas Kuron yang juga menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa.


*MidOn*

Sabtu, 22 April 2023

Sesuai Instruksi Megawati,PDI Perjuangan Kota Manado Siap Menangkan Ganjar Pranowo Presiden RI

Sesuai Instruksi Megawati,PDI Perjuangan Kota Manado Siap Menangkan Ganjar Pranowo Presiden RI


MANADO, CATIKABAR.ID
- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Manado all out dan satu komando siap menangkan Calon Presiden RI dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.


Hal tersebut diungkapkan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado, dr. Richard Sualang pasca pengumuman capres oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarnoputri didampingi Presiden RI Joko Widodo, Jumat (21/4/2023) di Istana Batu Tulis Bogor.


“Kota Manado tegak lurus satu Komando menangkan calon Presiden RI dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, itu merupakan intruksi Ketua Umum Ibu Hj Megawati Soekarnoputri untuk menangkan kader Partai yang mampu melanjutkan pembangunan dan kemajuan Indonesia,” ujar Sualang.


Richard Sualang yang juga Wakil Walikota Manado menambahkan seluruh pilar dan kader PDI Perjuangan di Kota Manado siap menjalakan tugas ini.


"Kami di kota Manado 100 persen siap memenangkan pak Ganjar sebagai Presiden," ujarnya


Turut hadir dalam pengumuman Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ketua DPP Bidang Politik yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPP Bidang Ekonomi Kreatif Prananda Prabowo, Sekjen Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum Olly Dondokambey dan Calon Presiden RI Ganjar Pranowo.

*Mid'On*

Kamis, 20 April 2023

Diserahkan Wawali Manado Richard Sualang, Atlet Porprov Sulut Terima Bonus

Diserahkan Wawali Manado Richard Sualang, Atlet Porprov Sulut Terima Bonus




MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil walikota Manado dr Richard Sualang menhadiri penyerahkan Bonus Atlet Peraih Medali Porprov XI Sulawesi Utara Tahun 2022 Untuk Kontingen Kota Manado, di Graha Gubernuran H.V. Worang. Kamis (20/4/2023).


"Kami Pemerintah Kota Manado menyampaikan rasa bangga kepada seluruh atlet, pelatih dan cabang olahraga serta pembina yang sudah meraih capaian terbaik," kata Sualang.


Sinergitas antara Pemerintah dan KONI Manado dalam mendukung penuh pembinaan olahraga di kota Manado, sebagaimana amanat UU untuk mensuport olahraga di Daerah. 


"Persiapan dan pengiriman atlet ke Porprov 2022 sudah berjalan dengan baik, karena seluruh anggaran yang digunakan KONI Manado yang diberikan oleh Pemerintah Kota Manado telah diperiksa BPK dan tidak ada temuan, dan terjadi baru kali ini. Hal ini karena penggunaan dan pelaporan anggarannya jelas," sebut Sualang.



Anggaran dan dana sudah tersedia dan tertata di APBD, jadi tidak ada terlambat karena Pemerintah dan KONI sudah menyiapkan. Tetapi penyalurannya harus jelas secara administrasi dan aturannya agar kedepan tidak jadi masalah. 


"Jadi bonus yang telah disampaikan Ketua KONI Manado Bung Rio Dondokambey itu juga yang akan disalurkan, tidak ada kurang-kurang, itu bentuk komitmen dan ini bonus tertinggi diseluruh kabupaten/kota karena itu bentuk apresiasi," jelas Sualang yang juga Ketua DPC PDIP Kota Manado.


Turut hadir dan memberikan sambutan serta penyerahan bonus Ketua Koni Manado Bung Rio Dondokambey, Jajaran Pengurus Koni Manado dan seluruh atlet peserta Porprov.

*Mid'On*

Rabu, 19 April 2023

Dihadiri Wakil Walikota Manado,Aliansi Pers Manado (APM) Gelar Buka Puasa Bersama

Dihadiri Wakil Walikota Manado,Aliansi Pers Manado (APM) Gelar Buka Puasa Bersama


MANADO, CARIKABAR.ID
- Aliansi Pers Manado (APM) mengelar acara Buka Puasa Bersama di Sparta Cafe Tikala, dengan mengundang rekan jurnalis muslim yang sehari hari melakukan tugas peliputan di area Pemkot dan DPRD Manado. Rabu (19/04/2023).


Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang turut menghadiri acara buka puasa yang dikemas dengan penuh keakraban itu.

Richard Sualang saat ketika diwawancarai mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh APM tersebut. Dirinya juga mengatakan, kegiatan kebersamaan ini sangat positif dilakukan.


"Dalam menyambut hari raya Idul Fitri ini semoga menambah semangat dalam berkarya dalam menjalankan tugas, sebagai salah satu pilar demokrasi yang ada di Kota Manado. Semoga teman-teman diberikan berkah dalam menyambut hari raya Idul Fitri," kata Sualang.


Ketua Aliansi Pers Manado (APM), Steven Rondonuwu mengatakan, kegiatan buka puasa bersama Ini merupakan program tahunan APM.


 "Kalau tahun kemarin kami melaksanakan kegiatan seperti ini di rumah dinas Wakil Walikota, saat ini di rumah kopi dengan suasana lebih santai," tegas Steven.

 

Kegiatan ini tambah dia, diharapkan agar semakin meningkatkan kebersamaan antara sesama jurnalis yang tergabung di APM, serta terus memupuk semangat kebersamaan antara hurnalis muslim dan non muslim.


"Kegiatan seperti ini akan terus diadakan setiap tahunnya. Silahturahmi seperti ini diharapkan bisa menambah semangat kebersamaan sesama jurnalis dalam melakukan pekerjaan," sebut Steven, yang juga merupakan Staf Khusus Walikota dan Wakil Walikota Manado.


Yudi Barik dan Chandra Mateos, mewakili jurnalis muslim yang hadir menyampaikan terima kasih pada pemerintah kota Manado dalam hal ini Wakil Walikota dr Richard Sualang, yang telah meluangkan waktu berbuka puasa bersama jurnalis muslim yang tergabung dalam APM.


"Terima kasih pak Wawali, ini jadi kebanggaan bagi kami semua jurnalis muslim, terima kasih telah memberikan wejangan serta motivasi, juga telah memberikan hadiah lebaran bagi kami semua jurnalis muslim," tegas keduanya.


*Mid'On*

Selasa, 18 April 2023

Wali Kota Bersama Ketua TP-PKK Kota Manado, Tanam Pohon Peneduh di Tumumpa Dua

Wali Kota Bersama Ketua TP-PKK Kota Manado, Tanam Pohon Peneduh di Tumumpa Dua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan melakukan Penanaman Pohon Peneduh di Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting. Selasa (18/04/2023).


Dalam giat dilapangan terlihat juga Kadis DLH Franky Porawouw S.H, Camat Kecamatan Tumunting Rein Heydemans, Petugas dari Bagian Protokol Setda Manado, Lurah Tumumpa Dua, para Pala, Ketua dan pengurus TP PKK Kecamatan Tuminting dan sebagian warga Tumumpa Dua.


Selesai Penanam Pohon, Wali Kota, Ketua TP PKK dan Tim menuju Kantor Lurah Tumumpa Dua dalam rangka Lounching Sekretariat TP PKK dan Rumah Posyandu Kecamatan Tuminting.


Setelah acara pembukan, Wali Kota didampingi Ketua TP dilaksanakan peresmian yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Ketua TP PKK Kota Manado. Dilanjutkan dengan pencananagan bulan  tertib administrasi yang ditandai dengan Penekanan tombol oleh Wali Kota Manado.


Wali Kota dalam sambutanya berterima kasih atas kegiatan ini dan mewakili pemerintah kota Manado memberi apresiasi atas peresmian Rumah PKK dan Rumah Posyandu serta kegiatan lainnya.


Bagi Wali Kota Keluarga sebagai sel terkecil dari masyarakat yang ikut terlibat dalam pembangunan negara, bangsa termasuk masyarakat di Kota Manado.

Wali berharap kita harus care, peduli dengan pendidikan masyarakat khususnya kepada anak-anak kita. "Kita harus peduli terhadap anak-anak sebab mereka menjadi tulang punggung pembangunan," kata Wali Kota. 


Soal tertib administrasi Wali Kota mewarning agar hal ini bisa dilakukan dengan baik agar akan lebih maksimal dalam pembangunan. Jadi tertib admibistrasi itu sangat penting bagi setiap jajaran pemerintah sampai tingjat kecamatan dan kelurahan.

"Dari sini kita memberi contoh kepada kecamatan dan kelurahan yang lain,"tambah Walikota. Wali Kota kembali menyinggung soal bagaimana kita membangun Komunikasi yang baik untuk meningkatkan toleransi diantara sesama warga yang berbeda dari segi Suku dan Agama supaya hal ini tetap dilakukan.


Acara diakhiri dengan penyerahan bahan peralatan Kompos oleh Wali Kota dan Ketua TP PKK Kota Manado kepada ketua-ketua Lingkungan serta peninjauan Rumah PKK dan Rumah Posyandu Kecamatan Tuminting.

*Mid'On*

Senin, 17 April 2023

Silaturahmi Walikota Manado Andrei Angouw di Masjid Al-Munawwarah Bunaken

Silaturahmi Walikota Manado Andrei Angouw di Masjid Al-Munawwarah Bunaken


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Bpk. Andrei Angouw bersilaturahmi dengan jemaah Masjid Al-Munawwarah Bunaken. Senin (17/04/2023).


Wali Kota menyampaikan, dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan kita semua harus bisa mengontrol diri dan menahan emosi. Menurut Wali Kota, hal yang paling terpenting adalah pengendalian diri.


Kemudian, Wali Kota berharap agar masyarakat dapat selalu menjaga kebersihan dan ketertiban umum. Wali Kota juga mengimbau masyarakat agar bijak menyikapi berita dan isu yang ada di media sosial.


"Atas nama Pemerintah Kota Manado saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan, dan selamat menyambut hari kemenangan Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin," tutup Wali Kota.


Hadir dalam kegiatan ini Kabag Kesra  Otniel Tewal, Dandim 1309/Manado Letkol Inf. Himawan Teddy Laksono,Ketua Baznas Kota Manado, Camat Bunaken, Kapolsek Bunaken, Lurah, serta para tokoh agama dan tokoh masyakat.

*Mid'On*



Pemkot Manado dan DPRD Kota Manado Gelar Rapat Forum Penataan Ruang (FPR)

Pemkot Manado dan DPRD Kota Manado Gelar Rapat Forum Penataan Ruang (FPR)


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado bersama DPRD Kota Manado melakukan Rapat Forum Penataan Ruang (FPR), dalam rangka evaluasi Gubernur Sulawesi Utara terhadap muatan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Manado tentang RTRW Kota Manado Tahun 2023-2042, di Ruang C.J. Rantung, Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin (17/04/2023). 


Di awal rapat, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Praseno Hadi, M.M., A.k. yang mewakil Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara memuji Pemerintah dan DPRD Kota Manado atas komitmennya sebagai kabupaten/kota pertama di Sulawesi Utara yang mendapat persetujuan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (KemenATR/BPN RI) terkait Ranperda Kota Manado tentang RTRW Kota Manado 2023-2042. 


"Saya mengapresiasi Pemkot Manado, Pak Walikota dan DPRD karena Ranperda ini sudah disetujui tinggal dievaluasi. Adanya Perda ini, nantinya akan menjadi titik tolak untuk kesejahteraan rakyat karena berpengaruh pada ekonomi, investasi akan masuk. Selama ini, investasi tidak jalan karena RTRW belum ada. Semoga langkah dari Pemkot Manado ini, bisa menjadi trigger untuk 14 kabupaten/kota termasuk Provinsi Sulawesi Utara sendiri untuk mempercepat Ranperda tentang RTRW ini di wilayah masing-masing," katanya. 


Ketua FPR Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Alexander Wattimena, S.T., M.Si pun kemudian menjelaskan secara teknis terkait Ranperda Kota Manado ini dikaitkan dengan Peraturan Menteri (Permen) ATR/BPN No. 11 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyusunan, Peninjauan Kembali, Revisi, dan Penerbitan Persetujuan Substansi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten, Kota, dan Rencana Detail Tata Ruang. Menurutnya secara garis besar, Ranperda Kota Manado ini sudah sesuai materinya dengan Permen yang ada. 


Menanggapi paparan dari pihak Provinsi Sulut, Pemkot Manado melalui Sekretaris Daerah Kota Manado, Dr. Micler Lakat, S.H., M.H. sekaligus Ketua FPR Kota Manado mengungkapkan bahwa Ranperda ini sudah mendapat persetujuan substansi dari KemenATR/BPN RI karena Pemerintah dan DPRD Kota Manado bersama pihak-pihak terkait serius menangani Ranperda ini. 


"Sebelumnya, kami sudah melakukan rapat pembahasan lintas sektor di Jakarta dengan beberapa pihak terkait sehingga KemenATR/BPN RI juga melihat bahwa Kota Manado serius dalam membahas Ranperda ini," ungkapnya. 


Selanjutnya rapat dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara. Berita Acara ini nantinya oleh Pihak Pemprov Sulawesi Utara akan dikonsultasikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.


Turut hadir dalam Rapat FPR ini Kepala-Kepala Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Asisten I dan II Setda Kota Manado, Kepala-Kepala Perangkat Daerah Kota Manado, Ketua DPRD Kota Manado, Bapemperda Kota Manado, Forkopimda, dan Kementerian/Lembaga/Balai terkait.

*Mid'On*

Minggu, 16 April 2023

Baca Amanat Kapolri, Wali Kota Manado Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023

Baca Amanat Kapolri, Wali Kota Manado Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw bertindak sebagai Pemimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2023, bertempat dilapangam Sparta Tikala Manado, Senin (16/4-2023) pagi.


Pada Apel ini, Wali Kota membacakan Amanat Kapolri pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023.


Apel Gelar Pasukan  ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.


Hadir dalam Apel Gelar Pasukan ini Forkopimda Manado, Kapolres Manado, Para Pejabat TNI, Polri, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para undangan peserta Apel Gelar Pasukan. 


*Mid'On*

Walikota Andrei Angouw Hadiri Perayaan 100 Tahun MATAKIN Sulawesi Utara

Walikota Andrei Angouw Hadiri Perayaan 100 Tahun MATAKIN Sulawesi Utara


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara perayaan 100 Tahun Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) Sulawesi Utara, yang dilaksanakan di Klenteng Kong Zi Miao Manado. Minggu (16/04/2023)


Walikota mengawali ucapan, selamat merayakan hari ulang tahun ke-100 untuk MATAKIN dan berharap MATAKIN semakin melayani dan mengayomi umat Khonghucu di Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Wali Kota mengajak para umat Khonghucu untuk bersyukur karena tinggal di Indonesia.


"Indonesia memiliki dasar negara Pancasila yang sila pertamanya menjadi nilai dalam kehidupan beragama warga negara Indonesia," kata Wali Kota.


Ia pun mendorong agar masyarakat dapat memaknai hal ini dengan turut andil menjaga toleransi dan kerukunan di Indonesia khususnya Kota Manado.


Hadir dalam acara ini Perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Ketua MATAKIN Sulawesi Utara Js. Ir. Riano Baggy beserta jajaran pengurus, pimpinan dan pengurus MAKIN Manado, Amurang, dan Bitung, para umat Khonghucu yang hadir, serta undangan lainnya.


*Mid'On*


Perayaan Paskah 2023, PD Pewarna Indonesia Sulut Gelar Anjangsana Ke Panti Werdha Damai dan Panti Asuhan Al-Ikwan

Perayaan Paskah 2023, PD Pewarna Indonesia Sulut Gelar Anjangsana Ke Panti Werdha Damai dan Panti Asuhan Al-Ikwan


MANADO, CARAIKABAR.ID
- Dalam rangka memperingati Paskah kebangkitan Yesus Kristus dari kematian-Nya di hari ketiga setelah disalibkan. Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (PD Pewarna) Sulawesi Utara menggelar anjangsana ke Panti Werdha Damai Ranomuut dan Panti Asuhan Al-Ikwan Kombos, Sabtu (15/04/2023) siang.


Dalam kegiatan tersebut, Pengurus Daerah Pewarna Indonesia Sulut menggelar ibadah dan dilanjutkan dengan  menyerahkan bantuan dalam bentuk bahan Natura yakni Beras, Minyak Goreng, Supermie, Telur dan lain sebagainya kepada pengurus yayasan Kristen Panti Werdha Damai Ranomuut dan pengurus panti asuhan Al-Ikwan Kombos Manado.


Di panti Werdha Damai Ranomuut, para lansia yang dominan penghuni panti adalah oma-oma mempersembahkan pujian  kepada Tuhan.


Usai menyerahkan bantuan, Ketua PD Pewarna Indonesia Sulut Sanfransisco Manossoh di dampingi Plt Sekretaris Jefry Lengkong dan Bendahara Olfiane Kapojos mengatakan tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk tali kasih kepada sesama umat ciptaan Tuhan.


"Jadi ini merupakan bentuk tali kasih dan kecintaan kami kepada sesama umat manusia sebagai umat ciptaan Tuhan, saling membantu dan menguatkan untuk menjadi saluran berkat bagi sesama kita. Kegiatan ini juga menjadi program tahun 2023 dari kami pengurus daerah pewarna Indonesia Sulut dan biarlah semua ini menjadi sukacita iman bagi mereka yang membutuhkannya," kata Manosso.


Selain itu, Sisco sapaan akrabnya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada sejumlah donatur yang telah membantu, baik dalam bentuk materi maupun bahan Natura.


"Untuk itu, kami Pengurus Daerah Pewarna Indonesia Sulut  menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua donatur yang sudah membantu dalam suksesnya kegiatan ini. Sekali lagi kami menyampaikan terimakasih, biarlah Tuhan Yesus Kristus memberkati setiap usaha dari para donatur dan terus menjadi saluran berkat," ucap ka' Sisco sapaan akrabnya.


Sementara itu, pengurus yayasan Kristen Panti Werdha Damai Ranomuut dan pengurus Panti Asuhan Al-Ikwan Kombos Manado, menyampaikan terimakasih atas bantuan dan kedatangan pengurus daerah pewarna Indonesia Sulut. 


"Tentunya kami menyampaikan terimakasih atas kunjungan serta bantuan dari bapak dan ibu sekalian dan biarlah ini menjadi bentuk sukacita kami," tutup kedua pengurus panti dengan nada haru.


*Mid'On*

Jumat, 14 April 2023

Safari Ramadhan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Berkunjung di Masdjid Al Mufied Ternate Tanjung

Safari Ramadhan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Berkunjung di Masdjid Al Mufied Ternate Tanjung


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Dalam rangka Safari Ramadhan Pemerintah Kota Manado, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang berkunjung Ke Masdjid Al Mufied Tertane Tanjung Kecamatan Singkil Manado. Jumat (14/04/2023).


Acara diawali pembacaan ayat-ayat Suci Alquran oleh Ibu M. Harun dan selanjutnya Ceramah Agama yang disampaikan Bpk. Rizal Arzad S.Ag yang merupakan Ketua Muhammadyah Kota Manado/Anggota FKUB Sulut.


Wali Kota dalam sambutanya menyampaikan terima kasih sudah diundang berbuka puasa bersama di tempat ini. Bagi Wali Kota, kegiatan seperti ini adalah momen silaturahmi bagi kita semua sebagai anak bangsa dan selalu dapat kita lakukan setiap saat. 


"Sebagai warga khususnya dalam menjaga kerukunan dilakukan komunikasi antar tokoh dan umat beragama. "Kita harus menjaga supaya daerah kita kondusif sehingga perlu komunikasi lewat kegiatan silaturahmi," kata Wali Kota.


Tak lupa juga, Walikota  ikut menggarisbawahi bagaimana membangun Komunikasi yang baik ditengah masyarakat.


"Makanya kami selalu menemui masyarakat untuk berkomunikasi dengan warga masyarakat, sekaligus meminta pemerintahan Kecamatan, Lurah dan ASN bisa menemui masyarakat untuk menggali aspirasi yang berkembang untuk kemajuan Kota Manado," ucap Wali Kota.


Acara diakhiri dengan buka puasa bersama Warga Jemaat Masdjid Al Mufied serta undangan yang hadir.


Hadir mendampingi Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Kabag Kesra Otniel Tewal S.S., M.M, Camat Singkil, Kasdim Manado, Polsek Singkil, Imam Masdjid Al Mufied, Ketua Baznas Manado Tafufiq Permata, Para Staf Khusus Wali Kota, Pimpinan FKUB, Pimpinan BKSAUA Manado, Pimpinan MUI Manado, Ibu Lurah Ternate Tanjung, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Ketua Lingkungan I,II dan III serta undangan lainnya.


*Mid'On*

Pasar Murah Kembali di Gelar Pemkot Manado

Pasar Murah Kembali di Gelar Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado, kembali menggelar pasar murah. Kali ini bertempat di Kantor Kecamatan Malalayang dan Kantor Kecamatan Sario, Jumat (14/04/2023).


Kegiatan ini dilaksnakan berdasarkan instruksi dari Wali Kota Manado,  Andrei Angouw dan dilaksanakan di 11 kecamatan untuk membantu masyarakat terlebih saudara-saudara kita umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa dan menyambut Idul Fitri.


Kami juga terus monitor harga-harga bahan pokok di pasar dan memang ada pergerakan naik tapi terus kita monitor.


Semoga ini bisa berguna dan membantu bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian.


Turut hadir, Kadis Perindag Hendrik Warokah, Camat Malalayang Royke Kalalo, Sekdis Perindag, Sekcam serta para Lurah dan masyarkat Kecamatan Malalayang.


*Mid'On*

Serap Aspirasi Warga, Jurani Rurubua Gelar Reses di Kelurahan Kairagi Dua

Serap Aspirasi Warga, Jurani Rurubua Gelar Reses di Kelurahan Kairagi Dua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Anggota DPRD Kota Manado Jurani Rurubua menggelar reses I tahun 2023 dalam rangka silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat  di daerah Kelurahan Kairagi Dua Kecamatan Mapanget, Jumat (14/04/23).


Menurut Jurani, masa reses merupakan masa penting secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat yang kemudian disalurkan ke DPRD.


"ini adalah reses I di tahun 2023, dan semua anggota DPRD wajib untuk melaksanakannya untuk menyerap aspirasi konstituen dan kemudian akan ditampung lalu di bahas di DPRD Kota Manado," kata Rurubua.


Berbagai aspirasi konstituen diserap oleh anggota Komisi III DPRD Kota Manado. Diantaranya terkait BPJS yang menurut warga sangat ribet pengurusannya.


Terkait drainase kata Rurubua dirinya akan berkomumikasi dengan Dinas PUPR dan nantinya akan melakukan peninjauan dilokasi.


"Semua apirasi yang di sampaikan masyarakat akan segera menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan instansi yang terkait," sebut Ketua DPD PSI Kota Manado.


Kemudian Rani Sapaan Srikandi dari PSI ini mengatakan, banyak program pemerintah Kota Manado yang saat ini sudah dirasakan masyarakat seperti sudah tidak banjir, KTP gratis dan masih banyak lagi.


”Untuk itu mari sama-sama kita dukung program-program pemerintah Kota Manado,” tutur pemilik akun Facebook Miracle Gotze.


Jurani Rurubua pun tak tanggung-tanggung di akhir reses, menyerahkan bantuan kasur untuk warga yang yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.


*Mid'On*

Kamis, 13 April 2023

Silaturahmi Walikota dan Wakil Walikota Manado di Masdjid Hidayatullah dan Masdjid Nurulhuda Cempaka Molas

Silaturahmi Walikota dan Wakil Walikota Manado di Masdjid Hidayatullah dan Masdjid Nurulhuda Cempaka Molas


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Wali Kota Manado dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang bersilaturahmi dengan Imam dan Jemaat Masdjid Hidayatulah dan Nurulhudah Cempaka Molas. Kamis (13/04/2023).


Pada kunjungan silaturahmi tersebut, Wali Kota dan Wakil Wali Kota di dampingi Sekretaris Pemkot Dr. Micler C.S. Lakat S.H,.M.H, Kabag Kesra Bpk. Otniel Tewal S.S., M.M, Dandim Manado, Camat Bunaken Boyke Pandean  Kapolsek Bunaken, Anggota DPRD Kota Manado Bobby Daud.


Wali Kota dalam sambutanya menyampaikan terima kasih sudah diundang berbuka puasa bersama di tempat ini. 


"Kegiatan seperti ini adalah momen silaturahmi bagi kita semua sebagai anak bangsa dan selalu dapat kita lakukan setiap saat," kata Walikota. 


Lanjut, Walikota berpesan agar kita sebagai warga dalam menjaga kerukunan khususnya dilakukan komunikasi antar tokoh dan umat beragama. 


"Kita harus menjaga supaya daerah kita kondusif sehingga perlu komunikasi lewat kegiatan silaturahmi," harap Wali Kota.


Soal masalah yanga ada ditengah masyarakat seperti kasus tanah akan disikapi oleh pemerintah dan meminta warga untuk tetap tenang, apalagi di Bulan Ramadhan ini.


"Dibulan Ramadhan ini, kita dapat menjaga tingkah-laku kita, kita menjaga emosi dan pengendalian diri agar kita dapat mengontrol diri sendiri, kita harus sadar agar tidak membuang sampah sembarangan misalnya, tidak termakan dengan berita yang tidak benar dan lain-lain," kuncinya. 


Acara terakhir disampaikan Tausiah oleh Ustad Yamin Mokohama S.Ag. serta doa penutup oleh Iman Masdjid Hidayattulah Agus Rauf.


Turut hadir dalam acara ini, Ketua Baznas Manado Tafufiq Permata, Para Staf Khusus Wali Kota, Pimpinan FKUB, Pimpinan BKSAUA Manado, Pimpinan MUI Manado Yaser Bachmid, Lurah Molas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama  dan undangan lainnya.


*Mid'On*

Pdt Yvonne Awuy Lantu Pembicara Dihadapan 400san Peserta DOPEN di Batu Malang

Pdt Yvonne Awuy Lantu Pembicara Dihadapan 400san Peserta DOPEN di Batu Malang


JATIM, CARIKABAR.ID
- Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy Lantu di daulat salah satu penyampai Khotbah renungan Firman Tuhan pada kegiatan Doa Puasa Ester Nasional (Dopen) di Kusuma Agrowisata Resort dan Convention Batu Malang. Selasa (11/04/2023).


Acara yang mengusung tema "Chosen to Bear Fruit" di hadiri kurang lebih 400 peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, berlangsung selama tiga hari tiga malam. Mulai Selasa - Kamis, 11-13 April 2023.



Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I Awuy Lantu dalam khotbahnya di dasarkan pada bacaan Alkitab dalam Yohanes 15 ayat 16, "Dipilih Untuk Menghasilkan Buah."


Adalah suatu kebanggaan jika kita dipilih oleh Tuhan dari sekian jumlah manusia yang ada di bumi ini dengan kasih dan menetapkan untuk menikmati janji Tuhan.


"Kita dipilih dan ditetapkan oleh Tuhan supaya pergi untuk menghasilkan buah, kehadiran peserta dalam kegiatan yang mulia ini akan mendatang berkat tersendiri dari Tuhan yang telah menetapkan kehadiran peserta sekalian," kata Pdt Yvonne.



Sebagaiman diketahui, Komunitas Doa dan Puasa Ester Nasional yang dipimpin Pdt John Taengetan telah tersebar luas lewat penunjukan Kordinator di tiap provinsi di Indonesia dan telah melakukan berbagai kegiatan rutin tahunan berupa bakti sosial dan Doa dan Puasa setiap tahun.


*Mid'On*


Ibadah Paskah Pemkot Manado Dihadiri Walikota dan Wakil Walikota AA RS

Ibadah Paskah Pemkot Manado Dihadiri Walikota dan Wakil Walikota AA RS


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang menghadiri Ibadah Paskah Pemerintah Kota Manado yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Kamis (13/04/2023).


Ibadah Paskah tersebut, dipimpin Wakil Ketua Bidang Misi dan Hubungan Kerja Sama BPMS GMIM Bpk. Pdt. Dr. Adolf Wenas, M.Th.


Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, bahwa kita harus bersyukur dan bergembira karena kebangkitan Yesus Kristus.


"Karena itu mari kita semua untuk memaknai perubahan hidup, kerja dan semangat Paskah tentang Yesus Kristus yang telah bangkit," kata Walikota.


Dia juga mengajak kita semua untuk mensyukuri dan mencintai negara dan daerah kita yang selalu menjunjung tinggi semangat toleransi. 

“Kita perlu komunikasi yang terbuka dalam menjaga toleransi di Kota Manado," harap Wali Kota.


Hadir dalam Ibadah Paskah Pemerintah Kota Manado ini, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, S.H., M.H, para Asisten, Kepala SKPD, Staf Ahli dan Staf Khusus Wali Kota, Forkopimda Kota Manado, para Camat, serta undangan lainnya.


*Mid'On*


Rabu, 12 April 2023

KD PelAHT Lantik Pengurus Komisariat PelHAT Minahasa Utara

KD PelAHT Lantik Pengurus Komisariat PelHAT Minahasa Utara


MINUT, CARIKABAR.ID - Komisi Daerah Pelayanan Anak-Anak Hamba Tuhan (KD PelAHT) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Pelantikan Komisariat PelHAT Kabupaten Minahasa Utara, bertempat di GPdI Parakletos Warukapas,Wilayah Tatelu. Kamis (13/04/2023).


Acara diawali ibadah, dengan pelayanan Firman Tuhan oleh Pdt Yefta Wotulo,S.Th dengan mendasarkan bacaan renungan dalam Matius 5 ayat 41, 'Satu tindakan melangka lebih jauh.'



Pdt Yefta dalam khotbahnya mengajak, anak-anak Hamba Tuhan untuk punya rasa yang sama dalam pelayanan baik  tempat pelayana yang besar atupun yang kecil, pelayanan Anak Tuhan perlu pengorbanan.


"Dalam melayani Tuhan, mari kita buat lebih dari standart yang harus di kerjakan maka kita akan melihat hal-hal yang luar biasa dalam pelayana untuk Tuhan," kata Pdt Yefta.


Selanjutnya, Ketua KD PelAHT Pdt Lodewijk Waworuntu, S.Th di dampingi Sekretaris Pdt Denny Herry Momongan, S.Th, MA melantik pengurus Komisariat PelAHT Kabupaten Minahasa Utara, masa pelayanan 2022-2027.


Ketua KD PelAHT GPdI Sulawesi Utara Pdt Lodewijk Woworuntu dalam sambutannya

berharap, para pengurus yang baru di lantik untuk bergandeng tangan dalam melaksanakan tugas pelayanan.


"Banyak selamat bagi pengurus yang baru dilantik, mari saya mengajak anak-anak Hamba Tuhan untuk sungguh-sungguh melayani Tuhan, gereja GPdI butuh peran anak hamba Tuhan," sebut Pdt Ody sapaan akrabnya.


Sementara itu, Pdm Dra Selvie Wongkar sebagai Ketua Komisariat Minahasa Utara yang baru dilantik menyampaikan, rasa syukur kepada Tuhan Yesus lewat KD PelAHT yang mempercayakan tanggung jawab yang baru.


"Terimakasih untuk kepercayan tugas ini, saya akan berkordinasi dengan semua pengurus untuk segera menyusun program pelayanan,intinya akan melakukan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan," tutur Pdt Selvie.


*Mid'On*





Kini Pemkot Manado Menang Lagi di Pengadilan atas Gugatan PT Wenang Permai Sentosa

Kini Pemkot Manado Menang Lagi di Pengadilan atas Gugatan PT Wenang Permai Sentosa


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado kembali menang di Pengadilan. Setelah dinyatakan menang pada proses gugatan di Pengadilan atas sengketa di Shopping Centre Manado, kali ini Pemerintah Kota Manado kembali menang dalam proses gugatan Pengadilan yang dilayangkan terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado.


Diketahui, PT Wenang Permai Sentosa mengajukan gugatan yang tertuang dalam Perkara Nomor: 43/G/2022/PTUN.MDO antara PT. Wenang Permai Sentosa selaku Penggugat melawan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado selaku Tergugat telah di bacakan melalui E-Court dengan Amar Putusan sebagai berikut : Dalam Eksespsi : Menerima eksepsi Tergugat  tentang Pengajuan Gugatan telah lewat waktu/daluwarsa.


Dalam Pokok Perkara Menyatakan gugatan Penggugat tidak diterima; Menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam sengketa ini sebesar Rp. 364.400.,- (Tiga Ratus Enam Puluh Empat Ribu Empat Ratus Rupiah).


Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Manado, Eva Pandensolang, SH, MH pemerintah Kota Manado dalam hal ini menghargai dan mengapresiasi putusan yang telah dijatuhkan oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Tata Usaha Negara Manado.


"Pada prinsipnya kami sebagai Tergugat dalam hal ini Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu melalui Kuasa Hukumnya Imanuel Barru, SH, dan Dalson Haurike, SH,  sangatlah menghargai dan mengapresiasi Putusan yang telah dijatuhkan oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Tata Usaha Negara Manado, karena senyatanya telah memberikan pertimbangan yang bersesuaian dan didasarkan pada fakta-fakta yang terungkap  dalam persidangan," ungkap Pandensolang, Rabu (12/04).


Diketahui, objek gugatan dalam perkara yang terjadi antara Pemerintah Kota Manado dan PT Wenang Permai Sentosa adalah mengenai izin peruntukan penggunaan tanah (SIPPT) No. 203/7874/13/IPPT/BP2T/XII/2014, tanggal 17 Desember 2014, atas nama PT. Wenang Permai Sentosa.


"Tetapi Surat Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (SIPPT) No. 203/7874/13/IPPT/BP2T/XII/2014, tanggal 17 Desember 2014 telah di revisi dengan SK IPPT Nomor: 203/2360/10/IPPT/DPMPTSP/X/2022 tentang Izin Peruntukan Pemanfaatan Tanah, tanggal  23 Oktober 2020 yang merupakan revisi dari IPPT sebelumnya sehingga menurut hukum Surat Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (SIPPT) No. 203/7874/13/IPPT/BP2T/XII/2014, tanggal 17 Desember 2014 sudah tidak berlaku lagi," tutup Pandensolang.


*Mid'On*

Wali Kota Manado Silaturahmi dengan Danrem 131 Santiago Manado Brigjen TNI Mukhlis

Wali Kota Manado Silaturahmi dengan Danrem 131 Santiago Manado Brigjen TNI Mukhlis


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Wali Kota Manado Andrei Angouw kunjungi KOREM 131 Satiago dalam rangka silahturahmi dengan Danrem Brigjen TNI Mukhlis. Rabu (12/04/2023) sore.


Wali Kota disambut langsung Danrem Brigjen TNI Mukhlis dan langsung diajak melihat beberapa fasilitas yang sudah diperbaiki, mulai dari taman dan beberapa ruangan kerja.


"Tidak ada hal yang spesifik dalam silahturahmi ini sebab hanya saling sapa dan bicara yang ringan-ringan saja," sebut Walikota.


Danrem berterima kasih atas kunjungan Wali Kota sambil berharap semoga Walikota sukses dalam kegiatan sehari-harinya.


*Mid'On*

Wawali Richard Sualang Tandatangani Dokumen Matriks Indikator PPS Diikuti Kadis PPKB Sammy Kaawoan

Wawali Richard Sualang Tandatangani Dokumen Matriks Indikator PPS Diikuti Kadis PPKB Sammy Kaawoan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang, selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Manado, melakukan penandatanganan Dokumen Matriks Indikator PPS, di Ruang Kerja Wakil Wali Kota Manado, Rabu (12/04/2023).


Walikota Manado mengatakan, pembuatan Matriks Indikator PPS 2023 bertujuan untuk memastikan kegiatan pemerintah dan TPPS Kota Manado dalam upaya penurunan stunting dapat terarah untuk mencapai target 14% di tahun ini. 


Ini merupakan komitmen pemerintah dan TPPS terhadap pengisian Matriks dan strategi yang akan dilaksanakan masing-masing lintas sektoral. 


"Ini juga sebagai acuan dalam kegiatan Safari Stunting Provinsi Sulawesi Utara," kata Sualang.


Adapun penandatanganan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Manado, Dr. Sammy Kaawoan M.AP, Satgas Stunting TA Kota Manado, Wulan Nangley, S.KM, MPH, Kepala Bidang Ketahanan Dan Kesejahteraan Keluarga, Seksi Bina Ketahanan dan Remaja.


*Mid'On*

Dihadiri Wawali Richard Sualang, Pemkot Manado Melalui Disperindag Gelar Pasar Murah

Dihadiri Wawali Richard Sualang, Pemkot Manado Melalui Disperindag Gelar Pasar Murah


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan menggelar Pasar Murah di Masjid Nurur Rahma Kampung Mayora Banjer, Rabu (12/04/2023).


Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat di Kota Manado demi mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau untuk kebutuhan sehari-hari.


"Silahkan torang manfaatkan ini sebaik mungkin," kata Wawali Sualang.


Turut hadir, Kadisperindag Kota Manado, Camat Tikala, Lurah serta masyarakat sekitar Kampung Mayora.


*Mid'On*

Ketua TP-PKK Manado Irene Angouw - Pinontoan Bagi-Bagi Takjil Bagi Pengguna Jalan

Ketua TP-PKK Manado Irene Angouw - Pinontoan Bagi-Bagi Takjil Bagi Pengguna Jalan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Tim Penggerak  PKK Kota Manado, Irene Angouw - Pinontoan bersama dengan seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan PD Pasar yang baru di kukuhkan berbagi takjil gratis di seputaran Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Kota Manado. Selasa (11/04/2023).


Menurut Irene Angouw - Pinontoan yang adalah Istri tercinta Walikota Manado tersebut, momentum ibadah puasa memanfaatkan bagi-bagi takjil bagi yang menjalankannya.


"Bagi - bagi takjil ini merupakan moment terbaik dapat memberi manfaat pada sesama. terlebih untuk pengguna jalan  yang sedang menjalankan Ibadah Puasa tapi belum sempat berbuka puasa bersama keluarga," katanya.


Kegiatan ini sekaligus menutup serangkaian dari kegiatan pengukuhan Dharma Wanita Persatuan PD Pasar Kota Manado.


*Mid'On*

Selasa, 11 April 2023

Pemkot Manado Gelar Rakor Turut Dihadiri Wagub Steven Kandouw

Pemkot Manado Gelar Rakor Turut Dihadiri Wagub Steven Kandouw


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka mengsinergikan program-program Pemerintah Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Steven Kandouw dan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang,  bertempat di Graha Bumi Beringin Manado. Selasa (11/04/2023).


Wagub Steven Kandouw menjelaskan, fungsi koordinasi termasuk koordinasi antar pemerintah provinsi dengan kabupaten kota termasuk menyampaikan soal evaluasi pelaksanaan Covid yang selama ini sudah dilakukan Pemerintah sehingga bisa survive hingga saat ini. 


"Program-program yang sudah dilakukan pemerintah supaya survive seperti soal bagaimana menggenjot sektor pertanian dan perkebunan dengan menyampaikan tentang ketahanan pangan dan  program-program lainnya," kata Kandouw.



Wagub juga memaparkan soal akuntabilitas pelaksanaan pemerintahan dengan menjelaskan indikator-indikator pencapaiannya sekaligus memberikan contoh-contoh konkrit dilapangan.


"Salah satu indikator akuntabilitas yang dijelaskan Wagub adalah soal transparansi yang menjadi sangat penting dilaksanakan dalam setiap kegiatan dan kerja-kerja pemerintahan," sebut Wagub.


Sementara itu,Wali Kota dalam arahannya menyatakan, bahwa pertemuan seperti rakor ini adalah dalam rangka bagaimana kita mensinergikan setiap program-program pemerintah kota.


"Kota Manado ini mau jadi bagus, mau jadi buruk tergantung kita semua. Jadi mari kita buat kota Manado menjadi semakin bagus dengan satu arah, satu pemikiran demi kesejahteraan masyarakat," ucap Wali Kota.



Dijelaskannya juga, tentang target-target pajak Kota Manado serta soal PDRB Kota Manado dengan menyampaikan capaian-capainya.


"Semua hasil pajak ini harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," jelas Wali Kota.


Dia pun berharap bahwa kita harus menjadi promotor kerukunan ditengah-tengah masyarakat. Wali Kota kembali mengingatkan soal pendataan yang harus kuat dilapangan termasuk pendataan kemiskinan ekstrim yang harus dilakukan instansi teknis, lurah dan ketua-ketua lingkungan. 


"Untuk PJU disampaikan Wali Kota sudah sekitar 5 ribuan yang terpasang dan meminta setiap aparat menginformasikan jika ada PJU yang mati supaya cepat ditanggulangi," ungkap Angouw.



Wali Kota juga menyinggung soal infomasi yang berkembang ditengah masyarakat termasuk infomasi lewat medsos yang tidak benar agar dapat dicounter dan dinetralisir agar masyarakat memahami fakta sebenarnya dilapangan sehinggan hal yang tidak benar ini dapat dieliminir (dihilangkan). Soal sampah bagi wali kota bahwa kita semua harus lebih agresif agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. 


"Makanya dimemintakan kepada aparat untuk selaku aktif dimedsos supaya bisa menginformasikan program-program pemerintah kepada masyarakat yang luas sekaligus dapat menangkal berita-berita hoax yang berkembang," harap Walikota. 


Sensus juga diminta Wali Kota untuk bisa dilakukan dan diindentifikasi oleh setiap Ketua-Ketua Lingkungan para tokoh masyarakat yang ada disetiap lingkungan dan kelurahan.


Orang nomor satu di kota Manado ini juga mewarning untuk tidak melakukan tagihan-tagihan kepada masyarakat, sebab sudah ada Lurah diberhentikan karena masalah ini. Demikian juga soal pengurusan administrasi di Capil ikut dikritisi Wali Kota untuk tidak meminta-minta dana diluar ketentuan. 


"Jangan ada yang jadi Calo dan melakukan pungli didalam menjalakan fungsi pelayanan kepada masyarakat," terang Wali Kota.


Mewarning untuk para pejabat tidak memotong dana atau honor para Ketua-Ketua Lingkungan yang ada dilapangan. 


Wali Kota ikut mengevaluasi pembangunan infrastruktur Kota yang sudah dilakukan seperti pembuatan drainase-drainase dilapangan. Bagi Wali Kota, hal ini harus kita awasi terus.


Rakor ini dihadiri Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H., M.H, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Kepala BPS Manado, Pejabat Eselon, Para Camat, Staf Khusus Walikota, Lurah dan Ketua-Ketua Lingkungan se Kota Manado. 


*Mid'On*

DPRD Kota Manado Gelar Paripurna Dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado

DPRD Kota Manado Gelar Paripurna Dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan1 dr. Richard Sualang menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado di Kantor DPRD Manado Jln. Pemuda Sario Utara Manado. Selasa (11/04/2023).


Pada Rapat Paripurna tersebut, dengan agenda,

1. Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Manado Tahun Anggaran 2022,

2. Penandatanganan Persetujuan Bersama Penetapan Anggaran Peraturan Daerah Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2023-2043,

3. Penetapan Perubahan Alat Kelengkapan DPRD Kota Manado.



Rapat Paripurna di pimpin, Ketua DPRD Kota Manado Ibu Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt di dampingi Wakil Ketua Notje Van Bone dan Sekretaris DPRD Manado Herry Saptono.


Setelah acara pembukaan, pimpinan sidang langsung diambil alih Ketua DPRD Manado sekaligus menyampaikan penjelasan umum sehubungan dengan Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dan membuka secara resmi Rapat Paripurna ini.



Setelah Pembacaan surat-surat masuk oleh PLT Sekretaris Dewan Heri Saptono, rapat paripurna dilanjutkan dengan dipimpin Ketua DPRD. Dalam lanjutan ini, langsung ada interupsi dari Anggota DPRD Fraksi Demokrat Bpk. Franklin Sinjal S.H, M.H yang menanyakan keabsahan Ranperda RTRW sebelum ditandatangani terutama soal dokumen RTRW dan keabsahan Pansusnya. Interupsi Franklin Sinjal ini membuat beberapa personil Anggota DPRD untuk memberikan tanggapannya yang sebagian besar menyatakan bahwa pembahasan RTRW sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. 



Sementara itu, Ketua DPRD ketika menjawab apa yang dipertanyakan, mengatakan bahwa semua dokumen sehubungan dengan LKPJ Wali Kota Manado Tahun Anggaran 2022 dan Ranperda RTRW 2023-2042 sudah diserahkan kepada semua Fraksi yang ada. Walaupun rapat paripurna muncul banyak interupsi, tetapi Ketua DPRD melanjutkan Rapat Paripurna dengan mempersilahkan Wali Kota untuk menyampaikan penyampaian Laporan Pertanggungjawabannya Tahun Anggaran 2022.



Dalam Penyampaian LKPJ ini Wali Kota memaparkan berbagai program termasuk penganggarannya seperti soal kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan ekonomi, pendapat perkapita Kota Manado, dan generatio. Selanjutnya disampaikan soal realisasi APBD 2022 yang sementara diperiksa BPK yakni pendapatan dgn target 1,66 T sementara yang dicapai 1,55 T. PAD yang dicapai 357 M, Pajak Daerah 318 M, Pendapatan Retribusi 18,7 M, Transfer 1,127 T, Belanja Pendapatan Lainnya yang Sah 53 M, Belanja Daerah 1,69 T dan Belanja Operasional 1,208 T, Belanja Modal 884 M, Belanja Tidak Terduga 5,52 M, dan Pembiayaan Daerah 266,8 M. 


"Ini merupakan gambaran besar LKPJ yang meminta untuk dibahas anggota DPRD," kata Wali Kota. 



Menurut Walikota, soal Ranperda RTRW sudah mendapat persetujuan Kementerian ATR dan nantinya akan mendapat persetujuan Gubernur. Bagi Walikota harus ada kepastian hukum supaya dapat meningkatkan investasi di Kota Manado sehingga nantinya akan mensejahterakan masyarakat.


Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian Ranperda RTRW oleh Ketua Bapemperda DPRD Kota Manado Bpk. Soni Lela. Setelah penyampaian Renperda ini dilaksanakan Penandatanganan Persetujuan Bersama Penetapan Ranperda RTRW oleh Wali Kota Manado dengan Pimpinan DPRD.


Hadir bersama dalam Paripurna ini:

Anggota-Anggota DPRD kota Manado,Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Forkopimda Manado, Staf Ahli Wali Kota dan Kepala Perangkat Daerah, Staf Ahli DPRD Kota Manado, Staf Khusus Wali Kota Manado, Para Camat serta undangan lainnya.


*Mid'On*

Minggu, 09 April 2023

 GPdI Jemaat Jerusalem Paniki Dua Manado Gelar Ibadah dan Lomba Paskah 2023

GPdI Jemaat Jerusalem Paniki Dua Manado Gelar Ibadah dan Lomba Paskah 2023


MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Jerusalem Paniki Dua, Wilayah Vll Mapanget Satu Kota Manado, Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan ibadah pantai, dalam rangka memeriahkan perayaan Paskah Yesus Kristus, di Pantai Ranowangko, Minahasa, Minggu (09/04/2023) siang.


                     Para Pemenang lomba

Gembala jemaat Pdt Midle Onibala, S.Pdk mengatakan, acara yang melibatkan puluhan anggota jemaat yang terdiri dari orang dewasa, sampai remaja dan pemuda serta anak sekolah minggu tersebut, diawalih ibadah subuh di rumah gereja. 


"Memaknai perayaan Paskah,kami telah melaksanakan ibadah pagi di rumah gereja,baru kemudian selesai ibadah, seluruh jemaat langsung diarahkan menuju lokasi ibadah wisata," kata Pdt Onibala.


                      Lomba lari karung

Dia kemudian mengingat, peristiwa Paskah luar biasa itu memberi pengharapan yang membuat umat Kristen memiliki keyakinan pada Tuhan Yesus Kristus pada kemenangan dari kematian.


"Jangan goyah keyakinan iman oleh apapun juga, pada kebaikan dan kasih Tuhan yang luar biasa," harap Pdt Middle.


             Lempar botol bekas air mineral

Sementara itu, Penanggung jawab acar ibadah Hanna Onibala, S.Pd menjelaskan,  sangat bersyukur antusias jemaat mengikuti kegiatan wisata pantai, baik orang dewasa maupun anak-anak.


"Kegiatan yang ini isi dengan berbagai jenis lombah dengan memperebutkan berupa hadia uang tunai jutaan rupiah dan hadia hiburan lainnya,telah berlangsung meriah, puji Tuhan," ucap Hanna. 


Sementar itu, Christofel Ianleba merasa syukur kepada Tuhan di momentum Paskah itu, ada berkat yang didapat baik ibadah di rumah gereja dan di ibadah wisata.


"Terima kasih kepada Tuhan Yesus, kami sebagai jemaat yang juga sebagai peserta lombah paskah bisa menikmati berkat secara Rohani maupunberkat materi dari kegiatan ini," sebut Topel sapaannya di dampingi istri dan anaknya.


               Kreasi anak-anak Balita

Menurut Ibu gembala (Istri gembala) Pdm Nini Nova Tumanduk kegiatan memaknai kemenangan iman kristiani, dapat diselengarakan semerianya karna campur tangan Tuhan.


"Ini semua karena mujizat Tuhan, sebab nanti di lokasi acara baru secara spontan ada yang memberikan uang tunai jutaan rupia untuk pemenang semua jenis lomba, padahal kami hanya menyediakan hadia dalam bentuk natura," tutur Pdm Nova.

Diketahui, tiba dilokasi langsung doa dan makan bersama,rehat sejenak, mandi di pantai diakhiri lomba kemudian doa tutup seluruh kegiatan.


*Tim Redaksi*



Kamis, 06 April 2023

Walikota Manado Silaturahmi Bersama Jamaah Masjid Muhajirin Paniki Bawah

Walikota Manado Silaturahmi Bersama Jamaah Masjid Muhajirin Paniki Bawah


MANADO, CARIKABAR.ID
-, Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri undangan sekaligus bersilaturahmi dengan jemaah Masjid Al Muhajirin Paniki Bawah. Kamis (06/04/2023).


Wali Kota disambut baik oleh Badan Tamirul Masjid (BTM) dan Lembaga Keimanan bersama dengan jemaat Masjid Al Muhajirin Paniki Bawah. Acara diawali dengan Kalam Ilahi dan dilanjutkan dengan sambutan dari Pengurus Masjid Al Mujahirin Paniki Bawah.


Dalama sambutannya, Wali Kota Manado menyampaikan, bahwa ini merupakan momen yang tepat untuk bersilaturahmi. Wali Kota mengimbau kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk dapat membangun komunikasi yang baik agar Kota Manado tetap kondusif.


“Kalau kota Manado kondusif maka pembangunan akan berjalan dengan baik dan dapat mensejahterakan masyarakat," ucap Wali Kota. 


Diapun berharap agar kondusifitas di Kota Manado dapat selalu terjaga bukan hanya di Bulan Suci Ramadan tetapi setiap saat. Wali Kota mengharapkan dukungan masyarakat dalam menjaga kerukunan dan toleransi beragama di Kota Manado.


Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Ketenagakerjaan Paul Sualang, S.H, Kepala Dinas Kebakaran Supryatna, Kepala Bagian Kesra Otniel Tewal, Ketua BKSAUA Kota Manado, Ketua MUI Kota Manado, Ketua Baznas Kota Manado, Camat Mapanget Robert Dauhan, S.STP, Kapolsek Mapanget, Iman Masjid se-Kecamatan Mapanget, Tokoh-Tokoh Agama, dan undangan lainnya.


*Mid'On*


Menang Gugatan di Pengadilan, Pemkot Manado Sah Pemilik 70 Kios Shoping Centre

Menang Gugatan di Pengadilan, Pemkot Manado Sah Pemilik 70 Kios Shoping Centre


MANADO, CARIKABAR.ID
- Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Manado, menggelar proses pembacaan putusan gugatan yang diajukan Johny Rempas terhadap Walikota Manado atas kepemilikan 70 kios di Shoping Centre Manado. Kamis (06/04/2023). 


Hasilnya, Pengadilan menolak semua gugatan Rempas. Pemkot Manado dinyatakan pemenang dan sah sebagai pemilik semua kios di tempat itu.


Kabag Hukum Pemerintah Kota Manado Eva Pandensolang SH MH, mengatakan sidang dengan nomor perkara 432/Pdt.G/PN.Mnd antara Johny Rempas selaku Penggugat melawan Walikota Manado selaku Tergugat 1 telah dibacakan Putusan melalui e-Litigasi dengan amar putusan dalam eksespsi,

menyatakan eksepsi para tergugat tidak dapat diterima untuk seluruhnya, sedangkan dalam pokok perkara menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya.


"Menghukum penggugat untuk membayar biaya yang timbul dalam perkara ini sebesar Rp. 2.086.000.- (dua juta delapan puluh enam ribu rupiah," jelas Eva mengutip isi pembacaan amar putusan.


Diapun menyebut, pada prinsipnya Walikota sebagai tergugat 1 dalam hal ini pemerintah Kota Manado melalui kuasa hukumnya Imanuel Barru SH dan Dalsom SH, sangatlah menghargai dan mengapresiasi putusan yang dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Manado.


Diketahui, Ikhwal gugatan tersebut diawali dengan klaim Johny Rempas selaku Bos PT. Taruna Continental terkait kepemilikan 70  kios di Shopping Center. Dalam gugatan disebut 70 kios tersebut sudah 18 tahun dalam pengawasan mereka. Namun Pemkot Manado pun mengklaim itu adalah haknya Pemkot sebagai pemilik gedung.


Rempas pun akhirnya mendaftarkan gugatan melalui kuasa hukum Clift Pitoy, SH, Deddy Rundengan, SH, Denny Nangin, SH, Charles Sangkay, SH, Noval Lumentut, SH di Pengadilan Negeri Manado, yang proses persidangannya dipimpin Agus Darmanto SH, MH sebagai ketua majelis bersama anggota majelis Relly Bechuku  SH, MH, Erni Lily Gumolili, SH, MH.


Sementara Pemkot Manado menunjuk Imanuel Barru, SH. MH dan Dalson SH serta kuasa hukum tergugat II mewakili PD Pasar yakni Jelly Dondokambey, SH, Farley Kaparang, SH, MH dan Glorio Katoppo, SH, Rangga Paoangan, SH, Melissa Suoth SH dan Novri Lasut SH.


Terungkap dalam proses sidang  sebanyak 70 kios yang tersebar di 3 lantai Shopping Center masing-masing lantai dasar/kelder berjumlah 12 kios, kemudian 6 kios di lantai 1 serta 52 kios di lantai 2 adalah milik Johny Rempas namun sejak tahun 1990 sampai sekarang dikuasai Pemkot Manado dan PD Pasar.


Gugatan PT. Taruna Continental melawan pemkot dan PD Pasar ini muncul setelah Lucky Senduk selaku Dirut PD Pasar melakukan somasi ke PT. Taruna Continental. 


Lewat somasi itu, Lucky memberikan deadline waktu 3×24 jam agar PT. Taruna Continental segera mengosongkan ruang Shopping Center. Dan surat kedua, 29 Juni 2022, Lucky memberikan surat peringatan segera merelokasi atau memindahkan barang-barang invetaris milik PT. Taruna Continental dalam jangka waktu 2×24 jam.


Dihubungi via seluler Lucky Senduk menegaskan, pihaknya selaku tergugat menghormati proses persidangan yang berjalan.


"Dari awal persidangan kami mempercayakan proses hukum ini berjalan sesuai mekanisme yang ada, jika akhir putusan sudah dibacakan kami pun bersyukur dan menghormati apa yang diputuskan hakim," ucap Senduk.


*Mid'On*

Rabu, 05 April 2023

RDP DPD RI, Stefanus BAN Liow Minta Pemerintah Tetapkan PP Turunan UU HKPD

RDP DPD RI, Stefanus BAN Liow Minta Pemerintah Tetapkan PP Turunan UU HKPD


JAKARTA, CARAIKABAR.ID
- Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI dengan Kementerian Keuangan RI, Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Senator Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (SBANL)  mendorong dan meminta penjelasan pemerintah terkait belum terbitnya Peraturan Pemerintah sebagai aturan turunan dari UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD). 


Hal ini ditegaskan Senator Stefa sebagai Ketua   BULD DPD RI dalam pengantarnya mengawali RDP yang berlangsung di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (5/4), menindaklanjuti aspirasi dari pemangku daerah, saat anggota BULD DPD RI dari seluruh provinsi melakukan  kunker dan reses didapil masing-masing. Bahkan permintaan datang juga dari Pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Seluruh Indonesia, saat RDPU dengan BULD DPD RI pekan lalu. 


Menurut Senator Stefa, Peraturan Pemerintah sebagai turunan dari UU HKPD adalah mendesak diterbitkan untuk memberikan kepastian hukum dan pedoman bagi daerah dalam pembentukan Peraturan Daerah (Perda)  tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).  


Merespon permintaan Senator Stefa bersama Pimpinan dan Anggota BULD DPD RI lainnya,  Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Dr. Luky Alfirman, ST,MA mengatakan bahwa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengantur tentang ketentuan umum pemungutan pajak, saat ini sudah melalui tahap harmonisasi dan diharapkan segera ditetapkan sebagai pedoman dan dasar hukum bagi Pemda dalam menyusun Perda PDRD. 


Lebih lanjut Luky Firman mengatakan guna mendorong kemandirian fiskal daerah, diberlakukan perluasan diskresi kepada Pemda untuk dimanfaatkan dalam rangka intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah, termasuk penentuan obyek dan tarif pajak, namun dengan tetap memperhatikan payung hukumnya. 


Menjawab isu ketimpangan Pendapatan Asli Daerah (PAD), kata Dirjen Bina Keuangan Daerah Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan restrurisasi pajak yang bertujuan untuk menyelaraskan objek pajak antara pajak pusat dan pajak daerah, sehingga dapat menghindari duplikasi pemungutan pajak.


Pemerintah berupaya menciptakan kemandirian daerah atas kebijakan pajak daerah dan retribusi daerah untuk keseimbangan fiskal tanpa merugikan daerah. Agus Fatoni yang pernah menjabat Gubernur Sulut memberikan apresiasi kepada BULD DPD RI yang dipimpin Putra Sulut Stefanus Liow yang melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang yakni mengharmonisasi legislasi pusat dan daerah dalam kerangka pemantauan dan evaluasi Ranperda dan Perda, sebagaimana amanat UU MD3.  


Sementara itu, Direktur Deregulasi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM RI Dendy Apriandu, ST mengatakan untuk mendukung kemudahan berusaha di daerah, telah ditetapkan 52 peraturan turunan dari UU Cipta Kerja yang diantaranya terdapat 8 peraturan terkait dengan perizinan berusaha. Dalam raker yang dipimpin Ketua BULD DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MA bersama Wakil Ketua KH Amang Syafrudin. Lc,MM disepakati/disimpulkan juga bahwa Kemenkeu, Kemendagri dan stakeholders terkait senantiasa berupaya membantu Pemda dalam menyiapkan pelaksanaan pemungutan PDRD sesuai UU HKPD, antara lain melakukan sosialisasi dan diseminasi  kepada Pemda. 


BULD DPD RI diharapkan dapat bekerjasama dalam sosialisasi peraturan mengenai pemungutan PDRD kepada Pemda. Usai memimpin RDP BULD DPD RI dengan kementerian, selanjutnya ditempat berbeda, sebagai Koordinator Senator Stefa memimpin Rapat Konsinyering Tim Jadwal dan Acara Panitia Musyawarah (Panmus) DPD RI dalam rangka menyiapkam Jadwal dan Agenda Persidangan DPD RI Masa Sidang V Tahun Sidang 2022-2023.


*Mid'On*

Ketua TP-PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan Hadiri Pasar Murah BAG

Ketua TP-PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan Hadiri Pasar Murah BAG


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua TP-PKK Kota Manado  Irene Angouw - Pinontoan menghadiri kegiatan sosialisasi kesehatan & CSSR AGP 2023 serta pasar murah tahap pertama. yang diselenggarakan oleh Bank Artha Graha (BAG) bekerjasama dengan Kelurahan Wenang Utara Kecamatan Wenang Kota Manado.

Rabu, (5/4/2023).


Kedatangan Istri tercinta Walikota Manado di sambut hangat oleh staf dan perangkat Kelurahan, Karyawan Bank Artha Graha yang bertugas, bahkan seluruh masyarakat yang hadir di acara tersebut.


"Irene Angouw - Pinontoan menyampaikan harapannya agar pasar murah ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang memerlukan di Kelurahan Wenang Utara," kata Irene.


Hendaknya, pasar murah ini dapat menjangkau masyarakat yang kurang mampu mendapatkan sembako dengan harga murah.


"Yang artinya pasar murah ini benar-benar membantu masyakat kurang mampu," harap Irene.


*Mid'On*

Selasa, 04 April 2023

Walikota Manado Teken MoU dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI

Walikota Manado Teken MoU dengan Kementerian Lingkungan Hidup RI


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menandatangani naskah Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dengan Pemerintah Kota Manado, yang dilaksanakan di Ruang Kalpataru, Gedung B, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Timur. Selasa (04/04/2023).


Wali Kota melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc, tentang Sinergi Program dalam Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan.


Selain itu, dilaksanakan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Drs. Dasrul Chaniago, MM., ME., M.H dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Franky Porawouw, S.H, tentang Sinergi Program dalam Pelaksanaan Proyek Reduce, Reuse, Recycle to Protect The Marine Environment and Coral Reefs (3RPROMAR).


Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari perwakilan Konsultan dari Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) terkait penanganan sampah, pencemaran lingkungan, serta energi dan perubahan iklim.


*Mid'On*

Banmus DPRD Kota Manado Gelar Rapat Bahas Kegiatan Bulan April 2023

Banmus DPRD Kota Manado Gelar Rapat Bahas Kegiatan Bulan April 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Terkait sejumlah agenda yang harus diselesaikan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) bertempat di ruang kantor Ketua DPRD Kota Manado, Selasa (4/4/2023).


Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Manado Dra Aaltje Dondokambey M.Kes, Apt didampingi Wakil Ketua Adrey Laikun dihadiri anggota Banmus Jonas Makawata,Soni Lela, Fredrik Tangkau, suharto ishak Kiu, Herry Kolondam, Christy Masengi, Yanti Kumendong dan Bobby Daud.



Pada rapat yang juga dihadiri pihak eksekutif PemKot Manado itu, pimpinan dan anggota Banmus membahas beberapa agenda rencana kerja tahun 2023.


Ketua DPRD Aaltje Dondokambey mengatakan, anggota Banmus di utus enam fraksi tergabung dalam banmus untuk membahas rencana kerja DPRD.



Dikatakan Aaltje, Ada beberapa rencana agenda yang akan dilaksanakan segera, penjadwalan rapat paripurna.


”Seperti  Reses pertama tahun 2023 akan di laksanakan pada tanggal 12-18 April 2023, dan dua Paripurna pada tanggal 11 April 2023 yaitu paripurna LKPJ 2022 dan paripurna RTRW," sebut  Aaltje.



Ia menjelaskan juga, rapat tersebut untuk segera mengagendakan dua kegiatan tersebut, serta memastikan persiapannya dua paripurna dan kegiatan reses anggota DPRD Manado.


"Hal ini sebagai bentuk tanggungjawab kami dalam menjalankan amanah yang kami emban sesuai dengan tugas dan fungsi kami sebagai lembaga legislatif, ” kata Aaltje.



Turut hadir juga pada rapat Banmus tersebut, Sekretaris Dewan Kota Manado, Hery Saptono,  Kabag Keuangan Denny Sangkaeng, Bagian RRP Kasub Indri Ishak dan Kasub Noldy Tumbel dan beberapa staf RRP.


*Mid'On*