Selasa, 11 April 2023

Pemkot Manado Gelar Rakor Turut Dihadiri Wagub Steven Kandouw

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka mengsinergikan program-program Pemerintah Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Steven Kandouw dan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang,  bertempat di Graha Bumi Beringin Manado. Selasa (11/04/2023).


Wagub Steven Kandouw menjelaskan, fungsi koordinasi termasuk koordinasi antar pemerintah provinsi dengan kabupaten kota termasuk menyampaikan soal evaluasi pelaksanaan Covid yang selama ini sudah dilakukan Pemerintah sehingga bisa survive hingga saat ini. 


"Program-program yang sudah dilakukan pemerintah supaya survive seperti soal bagaimana menggenjot sektor pertanian dan perkebunan dengan menyampaikan tentang ketahanan pangan dan  program-program lainnya," kata Kandouw.



Wagub juga memaparkan soal akuntabilitas pelaksanaan pemerintahan dengan menjelaskan indikator-indikator pencapaiannya sekaligus memberikan contoh-contoh konkrit dilapangan.


"Salah satu indikator akuntabilitas yang dijelaskan Wagub adalah soal transparansi yang menjadi sangat penting dilaksanakan dalam setiap kegiatan dan kerja-kerja pemerintahan," sebut Wagub.


Sementara itu,Wali Kota dalam arahannya menyatakan, bahwa pertemuan seperti rakor ini adalah dalam rangka bagaimana kita mensinergikan setiap program-program pemerintah kota.


"Kota Manado ini mau jadi bagus, mau jadi buruk tergantung kita semua. Jadi mari kita buat kota Manado menjadi semakin bagus dengan satu arah, satu pemikiran demi kesejahteraan masyarakat," ucap Wali Kota.



Dijelaskannya juga, tentang target-target pajak Kota Manado serta soal PDRB Kota Manado dengan menyampaikan capaian-capainya.


"Semua hasil pajak ini harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," jelas Wali Kota.


Dia pun berharap bahwa kita harus menjadi promotor kerukunan ditengah-tengah masyarakat. Wali Kota kembali mengingatkan soal pendataan yang harus kuat dilapangan termasuk pendataan kemiskinan ekstrim yang harus dilakukan instansi teknis, lurah dan ketua-ketua lingkungan. 


"Untuk PJU disampaikan Wali Kota sudah sekitar 5 ribuan yang terpasang dan meminta setiap aparat menginformasikan jika ada PJU yang mati supaya cepat ditanggulangi," ungkap Angouw.



Wali Kota juga menyinggung soal infomasi yang berkembang ditengah masyarakat termasuk infomasi lewat medsos yang tidak benar agar dapat dicounter dan dinetralisir agar masyarakat memahami fakta sebenarnya dilapangan sehinggan hal yang tidak benar ini dapat dieliminir (dihilangkan). Soal sampah bagi wali kota bahwa kita semua harus lebih agresif agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. 


"Makanya dimemintakan kepada aparat untuk selaku aktif dimedsos supaya bisa menginformasikan program-program pemerintah kepada masyarakat yang luas sekaligus dapat menangkal berita-berita hoax yang berkembang," harap Walikota. 


Sensus juga diminta Wali Kota untuk bisa dilakukan dan diindentifikasi oleh setiap Ketua-Ketua Lingkungan para tokoh masyarakat yang ada disetiap lingkungan dan kelurahan.


Orang nomor satu di kota Manado ini juga mewarning untuk tidak melakukan tagihan-tagihan kepada masyarakat, sebab sudah ada Lurah diberhentikan karena masalah ini. Demikian juga soal pengurusan administrasi di Capil ikut dikritisi Wali Kota untuk tidak meminta-minta dana diluar ketentuan. 


"Jangan ada yang jadi Calo dan melakukan pungli didalam menjalakan fungsi pelayanan kepada masyarakat," terang Wali Kota.


Mewarning untuk para pejabat tidak memotong dana atau honor para Ketua-Ketua Lingkungan yang ada dilapangan. 


Wali Kota ikut mengevaluasi pembangunan infrastruktur Kota yang sudah dilakukan seperti pembuatan drainase-drainase dilapangan. Bagi Wali Kota, hal ini harus kita awasi terus.


Rakor ini dihadiri Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H., M.H, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, Kepala BPS Manado, Pejabat Eselon, Para Camat, Staf Khusus Walikota, Lurah dan Ketua-Ketua Lingkungan se Kota Manado. 


*Mid'On*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: