Rabu, 31 Mei 2023

Pengurus Pusat Kukuhkan Pengurus dan  Resmikan Kacab YKAB Bongkudai Utara

Pengurus Pusat Kukuhkan Pengurus dan Resmikan Kacab YKAB Bongkudai Utara


BONGKUDAI UTARA, CARIKABAR.ID
- Pengurus Pusat Yayasan Kasih Bapa (YKAB) mengukuhkan Pengurus Cabang dan peresmian Kantor Sekretariat Cabang YKAB Bongkudai Utara di Desa Bongkudai Utara, Rabu (31/05/2023) sore.


Diawali ibadah yang di pimpin Ketua Umum Yayasan Kasih Bapa (YKAB) Pdt Frans Bastian Sigar, M.Th mengakat dasar khotbah dari bacaan Alkitab dalam Roma 11 ayat 26, 'Semua Karena Kasih Karunia.'


"Ketika pengurus ada dalam yayasan ini maka Tuhan yang telah pilih sehingga apapun yang kita kerjakan dalam pelayanan YKAB pasti di tolong Tuhan," kata Pdt Sigar.


    Pengurus Pusat YKAB Pdt Frans Bastian          Sigar memberikan arahan melalui bacaan      Alkitab 

Di jelaskannya juga, kalau Tuhan yang percayakan kita dalam pelayana sosial keagaman dan kemasyarakatan tersebut, maka Tuhan yang akan memberikan kemampuan.


"Saya selaku pemimpinan umum yayasan ini, berharap semua pengurus yang akan di kukuhkan akan dapat bekerja secara maksimal, dengan tidak mengharapkan profit," harap Pdt Sigar.


Pemerintah Desa Bongkudai Utara disampaikan Sekretaris Desa Elias Pongayouw mengatakan, Dengan kehadiran Yayasan Kasih Bapa di Desa Bongkudai Utara akan sangat membantu program Pemerintah.


"Tentunya sebagai pemerintah berharapa masyarakat akan merasa tertolong dengan adanya Yayasana yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi dan keagamaan," sebut Sekdes Pongayouw.


    Tempat acara Peresmian dan Pengukuhan      Pengurus Caban YKAB Bongkudai Timur 

Kordinator Lapangan YKAB, Pdt Coleyne Ch  Kumakau, S.Pd mengingatkan Kepeda semua unsur pengurus yang baru dikukuhkan agar membangun sinergitas yang baik demu kemajuan Yayasan.


"Saya harus tegaskan semua pengurus harus bekerja dengan baik,harus jadi berkat di tengah masyarakat. Jangan smapai hanya menjadi batu sandungan, hendaklah semua yang ada di lingkup yayasan baik pengurus maupaun semua anggota binaan harus mengikuti syarat dan kententuan yang berlaku," ujar Kumakau.


*Middle*

Senin, 29 Mei 2023

Awal Juni 2023 PD Pasar Manado Terapkan E-Retribusi

Awal Juni 2023 PD Pasar Manado Terapkan E-Retribusi


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Dalam rangka peningkatan kemajuan pengelolaan pasar, pihak Perusahaan Daerah (PD)Pasar Kota Manado melakukan studi banding lewat Dewan Direksi di beberapa pasar yang berada di pulau Jawa.


Direktur Utama PD Pasar Kota Manado Lucky  Senduk menjelaskan, dewan direksi PD Pasar Manado telah berkunjung ke pasar yang berada di Surabaya, Jogja dan Jakarta.


"Hasil dari kunjungan tersebut akan diterapkan di PD Pasar Manado diantaranya E-Retribusi direncanakan akan dimulai awal Juni 2023.


Menurutnya, pihak PD Pasar Kota Manado telah bekerja sama dengan PT Mitra Kasih Perkasa yang akan membuatkan aplikasi dimana pedagang akan membayar retribusi secara online.

,” jelas Lucky Senduk di kantor pusat PD Pasar Manado, Senin (29/5/2023).


"Penerapan E-Retribusi yang nantinya akan bekerjasama dengan bank bertujuan untuk mempermudah pengawasan. Melalui E-Retribusi juga akan meningkatkan PAD untuk pemerintah kota Manado,” sebut senduk.


Lucky juga menyampaikan, status Perusahaan Daerah (PD) rencananya akan diubah menjadi Persahaan Umum Daerah (Perumda).


Studi banding pada 22-26 Mei 2023 itu banyak mendapatkan manfaat. Semoga semua rencana program berjalan sesuai harapan untuk PD Pasar Manado yang lebih baik lagi,” kuncinya.

*Middle*


Tindak Tegas Calo Disdukcapil, Kontu: Nda Mo Tenang Ngoni Pe Hidup!

Tindak Tegas Calo Disdukcapil, Kontu: Nda Mo Tenang Ngoni Pe Hidup!


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Manado, Erwin  S Kontu, S.H mengumumkan upayanya untuk memberantas praktik calo yang meresahkan warga.

Kontu, dalam pernyataannya, Selasa (29/052023), dengan tegas mengecam keberadaan calo di seputaran kantor disdukcapil manado dan memastikan bahwa tindakan yang tegas akan diambil untuk melindungi hak-hak warga.

Sebagai kepala dinas yang baru, Erwin Kontu telah meluncurkan serangkaian langkah strategis untuk memerangi praktik calo yang merugikan masyarakat. 

Langkah pertama yang diambil adalah meningkatkan keamanan dan keandalan sistem administrasi kependudukan untuk mencegah akses calo ke data sensitif dan informasi pribadi warga.

Selain itu, Dinas Dukcapil Kota Manado juga melakukan pelatihan intensif kepada stafnya agar mereka dapat mengenali tanda-tanda calo dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.  

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan yang disediakan oleh dinas tersebut terjamin keabsahannya dan bebas dari campur tangan pihak ketiga yang tidak berwenang.

Dalam upaya mencapai transparansi dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, dinas tersebut juga membuka kanal komunikasi untuk Lapor Calo di Manado Siaga 112. 

Masyarakat kini dapat melaporkan adanya calo atau perilaku mencurigakan melalui saluran pengaduan yang disediakan oleh Dinas Dukcapil. Dengan tagline “Stop Jo Ba Calo”  Kalo ada Calo Lapor jo ke 112, Pihak dinas menjamin kerahasiaan pelapor dan akan menindaklanjuti setiap laporan yang diterima dengan segera.

Erwin Kontu mengajak seluruh warga Kota Manado untuk aktif melaporkan praktik calo yang mereka temui dan untuk tidak memberikan dukungan kepada mereka. Dalam penanganan calo, kepala dinas ini menekankan bahwa tanggung jawab tersebut adalah tanggung jawab bersama antara dinas dan masyarakat.

Dalam mengakhiri pernyataannya, Erwin Kontu mengungkapkan harapannya bahwa dengan upaya kolektif, masalah calo dapat diatasi dengan efektif. Dinas Dukcapil Kota Manado berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari praktik calo dan akan terus berupaya maksimal dalam melindungi hak-hak dan kepentingan warga. 

"Nda mo tenang ngoni pe hidop," sebut Kontu.


Warga Kota Manado menyambut baik langkah-langkah yang diambil oleh kepala dinas ini. Mereka berharap bahwa penanganan calo yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil akan memastikan pelayanan administrasi kependudukan yang adil dan berkualitas bagi seluruh warga Kota Manado, Terima kasih pak Walikota untuk pemberantasan calo calo ini.

*Middle*

Minggu, 28 Mei 2023

Pdt Miracle Awuy Pimpin Ibadah Raya Hari Pantekosta Majelis Wilayah VII GPdI Mapanget Satu

Pdt Miracle Awuy Pimpin Ibadah Raya Hari Pantekosta Majelis Wilayah VII GPdI Mapanget Satu


MANADO, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Majelis Wilayah VII Mapanget Satu Kota Manado, melaksanakan acara ibadah raya hari pantekosta dengan tema "Nyalakan Api Pantekosta" bertempat di GPdI Karmel Kima Atas Kota Manado, Minggu (28/05/2023) sore.


Ibadah di pimpin Kepala Sekolah Alkitab Langowan, Pdt Miracle Awuy, S.Th dengan bacaan Alkitab didasarkan pada Kisah Para Rasul 4 ayat 31, 'Menghidupkan Kembali Api Pantekosta."


"Roh Kudus itu adalah Roh Kebenaran, jangan mendukakan Roh Kudus dengan sikap dan tingkah laku yang telah menjadikan kita manusia baru, seharusnya manusia baru harus berdiri kokoh dalam Kebenaran," kata Pdt Miracle.


       Suasana ibadah raya hari Pantekosta 

Doa adalah bahan bakar untuk api bisa menyala

dalam kehidupan orang percaya.


"Ketika Roh kudus memenuhi para murid Yesus maka mereka menjadi pribadi yang baru dengan demikian api Roh Kudus akan menyala dalam kehidupan oleh karena Doa dan Firman Tuhan," terang Pdt Miracle Awuy yang juga sebagai Gembala GPdI Berea Perkamil Kota Manado.


Ketua MW GPdI VII Mapanget Satu Pdt Harry Denny Momongan, S.Th, MA dalam sambutannya mengatakan momentum perayan hari pantekosta ini adalah kebersamaan yang harus terjalin di wilayah.


"Kerinduan kami majelis wilayah dalam kegiatan ini mendorong kita semua dalam pelayana untuk terus bersatu sehingga program pelayan di wilayah akan maju dan berkembang sehingga benar terlihat kita adalah Pantekosta," ucap Pdt Momongan.


Ditabahkanya juga, kegiatan tersebut dapat terselenggara atas dukungan semua gembala sidang dan jemaat di wilayah VII Mapanget Satu.


"Tuhan pasti memberkati semua yang sudah membantu atas terselenggaranya acara mulia ini," kunci Pdt Momongan yang juga sebagai Gembala GPdI Kapros Perum GPI.


*Middle*

Jumat, 26 Mei 2023

Buang Sampah Sembarangan Terekam Lewat CCTV, Kena Sangsi di Sidang Tipiring

Buang Sampah Sembarangan Terekam Lewat CCTV, Kena Sangsi di Sidang Tipiring


MANADO, CARIKABAR.ID
- Satuan Tugas Operasi Gabungan (Satgas Opsgab) menyisir pelanggar di Kecamatan Singkil melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) pada Jumat (26/05/2023). 


Kegiatan ini sebagai bentuk dari penegakan terhadap Perda No. 2 Tahun 2019 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) dan Perda No. 1 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah. 


Pada OTT kali ini, Satgas Opsgab menemukan pelanggar sebanyak 33 pelanggar dengan rincian 30 pelanggar Perda Trantibum dan 3 pelanggar Perda Pengelolaan Sampah. Di antara 3 pelanggar Perda Pengelolaan Sampah, 1 pelanggar kedapatan melalui CCTV.


Para pelanggar kemudian diarahkan oleh pihak petugas dan pihak kecamatan/kelurahan untuk mengikuti Sidang Tipiring di Kompleks Lapangan Katang Baru, Kelurahan Katang Baru, Kecamatan Singkil. Sidang Tipiring dipimpin oleh Maria Sitanggang, S.H., M.H., selaku majelis hakim. 


Selama sidang berlangsung, majelis hakim terus menghimbau para pelanggar agar dapat mematuhi peraturan yang ada.


"Jangan ikut-ikutan perilaku yang salah, mari kita taati aturan, percuma pemerintah bikin aturan kalau masyarakat tidak taat," himbaunya.


Adapun sanksi yang dijatuhkan oleh majelis hakim kepada para pelanggar adalah denda uang tunai minimal Rp150.000 atau 2 hari kurungan.

*Middle*

Rabu, 24 Mei 2023

Plh KadisDukcapil Manado Erwin Kontu, Saat Ini Tidak Ada Lagi Calo

Plh KadisDukcapil Manado Erwin Kontu, Saat Ini Tidak Ada Lagi Calo


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado, melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Erwin S. Kontu, SH menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Mapanget, Kamis 24/05/2023).


Penyerahan dokumen yang disaksikan langsung oleh Camat Mapanget Robert Dauhan, S.STP bertujuan untuk menghindari praktik calo dalam pengurusan administrasi kependudukan.


Plh Kadis Dukcapil Erwin Kontu mengatakan bahwa sekarang Dinas Dukcapil aktif menjemput bola mulai dari turun ke lapangan untuk melakukan proses pendaftaran hingga penyerahan administrasi kependudukan secara langsung kepada masyarakat.


“Saat ini tidak ada lagi calo dalam pembayaran atau pungutan apapun kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan,” kata Kontu.


Dia menjelaskan, semua administrasi kependudukan telah dicetak dan diserahkan langsung kepada masyarakat yang ada di Perumahan GPI kecuali KTP dan KIA karena harus melalui pusat terlebih dahulu. Oleh karena itu, KTP dan KIA baru diserahkan pada hari ini.


“Saya mengajak seluruh masyarakat termasuk pihak dari Dinas Dukcapil sendiri untuk mengubah mindset agar terhindar dari calo dalam mengurus administrasi kependudukan,” ucap Kontu.


Sebagaimana diketahui, Kegiatan menjemput bola dari tim Dinas Dukcapil ini dilakukan pada 16-17 Mei 2023 di Perumahan Griya Paniki Indah (GPI).


Ini data administrasi kependudukan yang diperoleh di Perumahan GPI Selasa, 16 Mei 2023 :

KK : 32

Perekaman KTP : 27

KTP rusak/hilang : 35

KIA : 49

Akta Lahir : 14

IKD : 8


Rabu, 17 Mei 2023

KK : 47

Perekaman KTP : 12

KTP rusak/hilang : 63

KIA : 46

Akta Lahir : 6

Akta Kematian : 1

Permintaan Pindah Dari Luar Kota: 7

IKD : 14.


*Middle*

Pdt Dr Sonny Kamu, M.Th Ketua DPW PSPI Sulut Resmi Dilantik Ketua DPP PSPI

Pdt Dr Sonny Kamu, M.Th Ketua DPW PSPI Sulut Resmi Dilantik Ketua DPP PSPI


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perkumpulan Seluruh Pendeta Indonesia (PSPI), Pdt Yohanes Handri, resmi melantik jajaran pengurus Dewan Pengurus Wilayah PSPI Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Ruangan Paripurna DPRD Kota Manado, Sario Manado, Rabu (24/05/2023) sore.


Acara diawali dengan ibadah dipimpin Ketua Umum PSPI Pdt Yohanes Handri, dasar khotbahnya dalam bacaan Alkitab, Yohanes 1 ayat 3, 'Semua atas Seizin Tuhan.'


"Hendaklah sebagai orang pilihan Tuhan harus menjadi berkar bagi banyak orang. Jadilah Hamba Tuhan yang berkualitas sebagaimana motto PSPI, 'Jadilah terang dan garam dunia,' jagalah nama baik Tuhan," kata Pdt Handri.


Pelantikan Jajaran Dewan Pengurus Wilayah PSPI Sulawesi Utara, berdasrkan SK DPP PSPI dibacakan Sekretaris Jenderal DPP PSPI Pdt Frits Pieterson Manihuruk, S.Th, M.Th.


Ketua DPW PSPI Sulawesi Utara Pdt Dr Sonny Kamu, M.Th mengatakan, terima kasih untuk kepercayaan dari DPP PSPl dan akan segerah melaksanakan amanat PSPI.


"Tentunya kami akan siap melaksnakan tugas ini dengan baik sebagaimana visi dan misi PSPI yaitu menjadi garam dan terang dunia dan peduli sesama keluarga Hamba Tuhan," ucap Pdt Kamu.


Penasehat DPW PSPI Sulawesi Utara Brigjen TNI Theo Kawatu dalam sambutannya mengatakan, mengingatkan brending PSPI 'Peduli Keluarga Hamba Tuhan.'


"Saya berharap pengurus yang baru dilantik untuk dapat bekerja sebagaimana motto dari PSPI untuk menjadi terang dan garam bagi dunia," harap Kawatu.


Ketua panitia pelaksana acara pelantikan Pdt Reagen Rumimpunu menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Pusat dan Pengurus DPW yang telah mengsuport sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.


*Middle*


Selasa, 23 Mei 2023

Apriano Ade Saerang (AAS) Terima SK Tim KPR Ganjar Pranowo Kota Manado

Apriano Ade Saerang (AAS) Terima SK Tim KPR Ganjar Pranowo Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Tim Koordinator Penggalangan Relawan (KPR) Ganjar Pranowo for Presiden Kota Manado menerima SK dari DPC PDI Perjuangan Kota Manado,bertempat di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Manado, Jl Babe Palar, Kelurahan Rike, Selasa (23/05/2023).


Penyerahan SK tersebut, diserahkan langsung Ketua DPC PDIP Kota Manado  dr Richard Sualang melalui Sekretaris Gregorius Tony Rawung kepada Ketua KPR Manado Apriano Ade Saerang (AAS).


"Nantinya Tim Pengalangan Relawan ini akan melaksnakan tugas untuk memenangkan Ganjar Pranowo Presiden RI. Kemudian secara maksimal bergerak turun langsung di masyarakat demi  meraih kemenangan," kata Rawung.


Ketua Tim Koordinator Penggalangan Relawan (KPR) Ganjar Pranowo for Presiden, Apriano Ade Saerang di dampingi Sekretaris Zeth Natan bersama Bendahara Nathanael Pepah mengatakan, tim akang menggalang semua relawan Ganjar Pranowo di Kota Manado.


"Yang pasti kami akan mengakomodir semua relawan Ganjar Pranowo Kota Manado yang siap menghentar  Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI. Intinya target memenangkan Ganjar Pranowo 80% di Manado," ucapa Saerang.


Lanjut, Saerang menjelaskan saat ini sudah ada 20 Relawan Ganjar Pranowo di Kota Manado yang telah mendaftar.


"Tim siap melayani semua relawan yang akan siap bergabung untuk tujuan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI sebagaimana instruksi partai," kunci Saerang yang akan maju sebagai Calaon DPRD Provinsi Sulawesi Utara.


*Middle*

Minggu, 21 Mei 2023

Pdt Hanny Awuy dan Pdt Della Awuy-Kumontoy Rayakan HUT Pernikahan ke-25

Pdt Hanny Awuy dan Pdt Della Awuy-Kumontoy Rayakan HUT Pernikahan ke-25


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sekretaris Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara  Pdt Hanny Awuy, S.Th, menggelar acara syukuran ulang tahun perkawinan ke-25 Keluarga Awuy Kumontoy dan ulang tahun ke-54 Pdt Della Awuy Kumontoy, S.Th.

Ibadah Syukur di pimpin Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, dilandaskan khotbah pada bacaan Alkitab Keluaran 36 ayat 23, Rumah tangga adalah Bait Allah.

"Dalam kehidupan berumah tangga,ada banyak hal yang dihadapi tapi hendaknya dibalut dengan perak yang menggambarkan kesucian, baik pukiran perasaan dan perbuatan harus di pertahankan kesucian, sehingga keluarga terus di berkati," kata Pdt Yvonne.

    Pujian Jemaat GPdI Imanuel Citraland            Manado

Perayaan tersebut dihadiri teman dan Jajaran pengurus MD GPdI Sulawesi Utara, para pejabat Pemerintah serta tokoh agama bertempat di D' MaSon Villa Kalasey,             , Minggu (21/05/2023) malam.

Acara berlangsung ceria, dalam kesaksiannya Pdt Hanny Awuy bersama istri tercinta Pdt Della Awuy- Kumontoy, didampingi anak-anak, Yosia Awuy dan Henock Awuy ketika menyampaikan kesaksian, ulang tahun pernikahan ke-25 dan ualang tahun ke-54 Pdt Della Awuy-Kumontoy ini, merupakan salah satu momentum yang sangat disyukuri.

“Momen ini menjadi motivasi dan inspirasi yang sangat kami syukuri untuk kami selalu setia dalam melayani Tuhan dan kami bisa sampai disini juga berkat doa-doa keluarga, dan bapak ibu sekalian,"ucap Pdt Hanny bersama Pdt Della.

Lanjut, melalui tayangan tampilan slide Pdt Hanny dan Pdt Della menampilakan kisah pertemuan awal hingga menjadi pasangan suami istri dalam perkawinan hingga dikaruniakan dua anak.

"Kami merasakan benar-benar penyertaan Tuhan dalam perjalanan hidup kami suami istri hinga dikaruniakan dua orang anak dan boleh dipercayakan Tuhan melayani pekerjaan-Nya sebagai gembala siadang GPdI Imanuel Citraland Manado," sebut Pdt Hanny diamini istri tercinta.

Dalam kesaksiannya juga, Pdt Hanny dan Pdt Della menyampaikan rasa syukur 
perayaan HUT perkawinan diharapkan menjadi motivasi juga untuk terus meneguhkan hati dalam takut akan Tuhan.

"Besyukur bagi topangan doa semua keluarga besar kami, serta jemaat GPdI Imanuel Citraland Manado, dan sahabat dekat kami berdua," tutur Pdt Della yang bersyukur di usia ke-54 tahun.

Menarik suasana berubah seruh ketika Owner D' MaSon Villa Stenly Mamanua menyampaikan pengalan kisah pertemanan di masa muda sampai kini telah menjadi hamba Tuhan yang memberkati kami keluarga Mamanua Sondakh lewat pelayan. 

Hadir dalam acara syukuran ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Irene Angouw-Pinontoan, Ketua DPD PGPI Kota Manado Pdt Edwin Sumilat, M.Th, Jajaran MD GPdI Sulut, Artis Rohani Michael Panjaitan, Owner D' Mason Villa Keluarga Mamanua Sondakh, dan undangan lainnya.

*Middle*

Sabtu, 20 Mei 2023

Persiapan Peresmian Kantor Sekretariat YKAB Cabang Boltim Hadirkan Bupati Boltim

Persiapan Peresmian Kantor Sekretariat YKAB Cabang Boltim Hadirkan Bupati Boltim


BOLMONG, CARIKABAR.ID -
Yayasan Kasih Bapa (YKAB) Cabang Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara akan meresmikan Kantor Sekretariat, yang akan di hadiri langsung Bupati Bolaang Mongondow Sam Sachrul Mamonto yang direncanakan Rabu (31/05/2023) bertempat di Desa Bongkudai Baru.


Ketua Yayasan Kasih Bapa Cabang Bolaang Mongondow Pdt Coleyne Ch Kumakau, S.Pd mengatakan kegiatan yayasan tersebut bergerak di bidang sosial kemasayarakan, agama dan pendidikan.


"Peresmian kantor sekretariat cabang ini bertujuan untuk kelancaran semua aktivitas yayasan dan juga mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi kegiatan yayasan," kata Kumakau kepada awak media @Carikabar.id.


                 Koordinator Lapangan YKAB                               Cabang Boltim Ps Coleyne Ch                               Kumakau, S.Pd   

Dia menjelaskan juga, bahwa Yayasan Kasih Bapa mengakomodir masyarakat yang kurang mampu dengan berbagai fasilitas diantaranya, Rumah Jompo,  Perekonomian Kurang dan Pondok Binaan.


"Bagi yang lanjut usia kami siapkan Panti Jompo, masyarakat yang ekonominya kurang kami siapkan fasilitas khusus juga, sementara bagi masyarakat lain kami siapkan juga fasilitas untuk pembinaan yang intinya masyarakat binaan akan bisa lebih baik dari sebelumnya, ucap Kumakau yang juga menjabat Koordinator Lapangan YKAB ini.


Lanjut, Kumakau yang juga Koordinator Lapangan Family Camp El-Jire Home menjelaskan pada acara peresmian itu akan di hadiri langsung Ketua Pusat Yayasan Kasih Bapa Pdt Frans Bastian Sigar, M.Th dan Forum Kodinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.


"Kami mengundang juga Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Pimpinan golongan agama bersama masyarakat setempat serta di hadiri semua unsur pengurus YKAB Cabang Bolaang Mongondow Timur," tutur Kumakau.


Dia menyebutkan juga Yayasan Kasih Bapa Cabang Bolaang Mongondow Timur yang ada di  Desa Bongkudai Baru, dipimpin Wendy Elsje Lumi, S.Pd.


"Puji Sukur Kepada Tuhan Yesus, meski kegiatan yayasan ini baru dimulai dua bulan,namun bisa mendapat respon baik dari pemerintah dan dukungan dari masyarakat," kunci Kumakau.


*Middle*


Jumat, 19 Mei 2023

Mewakili Walikota Manado, Sekretariat Dinas Sosial Selvi Lasut Buka Lomba Evaluasi Kelurahan di Paniki Satu

Mewakili Walikota Manado, Sekretariat Dinas Sosial Selvi Lasut Buka Lomba Evaluasi Kelurahan di Paniki Satu


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat  Kota Manado Selvi Lasut, SE.MSi membuka kegiatan lomba evaluasi perkembangan kelurahan tingkat Kota Manado di Kelurahan Paniki Satu Kecamatan Mapanget, Jumat (19/05/2023).


Selvi Lasut dalam sambutan  mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional.


Kegiatan tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yang telah berlangsung dua pekan tersebut, untuk kecamatan Mapanget adalah tempat kesembilan yang dikunjungi sesudah Kecamatan Singkil, Tikala, Bunaken Kepulauan, Sario, Malalayang, Wenang, Paaldua dan Tumumpa Dua.


“Harapan walikota mari dalam evaluasi ini kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat karena unsur pemerintah kelurahan adalah ujung tombak dalam pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan khususnya kecamatan Mapanget," kata Lasut.


Lanjut Lasut, Pemerintah Kota Manado sangat berharap Kecamatan Mapanget ini boleh melaporkan semaksimal mungkin dan kali ini Kecamatan Mapanget mengutus Kelurahan Paniki Satu karena merupakan kelurahan terbaik dengan harapan dapat mewakili Kota Manado ditingkat provinsi, karena ada tiga elemen penilaian yaitu pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.


“Banyak yang akan dinilai, banyak yang akan dievaluasi untuk itu saya berharap lurah dapat memberikan presentase, informasi sehingga tim penilai dapat memberikan angka yang maksimal atau ala kadarnya  tergantung apa yang tim penilai lihat dan dengar,” harap Lasut


Usai sambutan dari  Seketaris dinas sosial dilanjutkan dengan pemaparan singkat atau profile singkat Kelurahan Paniki Aatuoleh Lurah Deesche Tumundo.


Camat Mapanget Robert Dauhan saat menutup kegiatan menyampaikan terima-kasih kepada Pemkot Manado dalam hal ini SKPD yang sudah datang menilai di kelurahan Paniki Satu.


“Tidak gampang menetapkan Kelurahan Paniki Satu sebagai utusan dari Kecamatan Mapanget untuk mengikuti lomba ini, butuh proses hingga bisa mewakili Kecamatan Mapanget,” sebut Dauhan.


Tampak hadir Ketua TP PKK Kecamatan Mapanget, Lurah se-Kecamatan Mapanget, Danramil dan Kapolsek Mapanget serta utusan dari Dinas Kesehatan, Bagian Pemerintahan, Dinas Pendidikan, POL PP, Dinas Sosial serta tim penilai. 


*Middle*


Rabu, 17 Mei 2023

Pengurus Daerah FOCIM Kota Manado Gelar Ibadah Perdana

Pengurus Daerah FOCIM Kota Manado Gelar Ibadah Perdana


MANADO, CARIKABAR.ID
- Family of Crist Internasional Ministry (FoCIM) Kota Manado melaksanakan kegiatan pertemuan dan acara ibadah perdana terkait persiapan pelantikan pengurus FOCIM Kota Manado bertempat di kolam keluarga Mandas Lumanauw, Desa Warutumou, Rabu (17/05/2023).


Acara di awali ibadah yang dipimpin Pdt Yongki Tuyuwale, dengan menghentar renungan Firman Tuhan dalam bacaan Alkitab Matius 28 ayat 5-8, ' momentum kebangkitan Kristus dalam konteks tugas pelayanan.'


"Menghadapi tugas dan tanggung jawab dalam pelayan Focim hendaknya mengandalkan kuasa Yesus yang telah bangkit dan naik ke sorga dengan demikian kita dimampuhkan dalam menghadapi tugas mulia ini." Kata Pdt Tuyuwale.


Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Focim Manado Pdt Robert Ratu, M.Th dalam arahanya, hendaknya para pengurus yang terakomodir bersama-sama memajukan Focim Manado.


"Sangat diharapkan semua pengurus dan anggota focim dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan semua kegiatan yang telah di programkan," sebut Pdt Ratu.


Sebagaimana untuk di ketahui komunitas yang telah lama berkipra di bidang pelayanan lintas denominasi gereja ini, telah banyak membantu fasilitas tempat ibadah dan bantuan sosial kemasyarakatan lainnya.


*Middle

Wawali dr Richard Sualang Lounching Aplikasi SITUDE Kelurahan Tumumpa Dua

Wawali dr Richard Sualang Lounching Aplikasi SITUDE Kelurahan Tumumpa Dua


MANADO, CARIKABAR.ID
Wali Kota Manado Andrei Angouw melalui Wakil Wali Kota dr Richard Sualang besama Sekretaris Tim Pengerak PKK dr Merry Sualang-Mawardi membuka secara resmi kegiatan lomba evaluasi administrasi Kelurahan dan lomba tertib administrasi PKK tingkat Kota Manado di Kelurahan Tumumpa II Kecamatan Tuminting, Rabu (17/05/2023).

Wakil Wali Kota dalam sambutannya, memberikan apresiasi khusus kepada Lurah Kelurahan Tumumpa Dua Renaldy Kalesaran  SSTP.

“Walaupun baru dilantik sebagai Lurah oleh Walikota 2021 lalu namun perkembangan kelurahan Tumumpa Dua dengan berbagai potensi semakin baik ditangan lurah Renaldy Kalesaran,” sebut Wawali.

Pada kesempatan itu pula Wakil Wali Kota dr Richard Sualang  didampingi Sekretaris TP PKK Kota Manado dr Merry  Sualang-Mawardi juga melaunching aplikasi Situde (Sistem Informasi Tumumpa Digital Efektif).

Kata Wawali, saat diangkat menjadi lurah, pak Walikota Andrei Angouw berpesan untuk mengangkat kelurahan Tumumpa Dua ini dalam segala aspek, seperti aspek pemerintahan, aspek masyarakat serta aspek perekonomian.

“Seperti apa yang diharapkan walikota, Lurah Renaldy Kalesaran berhasil mengangkat Kelurahan Tumumpa Dua,” ucap Ketua DPC PDIP Kota Manado ini.

Lurah Tumumpa Dua Renaldy Kalesaran memaparkan, profil keselurahan Kelurahan Tumumpa Dua beserta dengan semua potensial serta jumlah penduduk, Agama serta lainnya.

Turut hadir Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Selvi Lasut  SE  MSi, Camat Tuminting bersama Ketua TP PKK Kecamatan Tuminting, Lurah Tumumpa Dua Renaldy Kalesaran SSTP bersama Ketua TP PKK kelurahan, mewakili Dinas Pendidikan, Dinas Sosial  POL PP serta undangan lainnya 

*Middle*

Selasa, 16 Mei 2023

Banjir Dukungan, Ganjar Pranowo akan Datang ke Manado Kamis Lusa

Banjir Dukungan, Ganjar Pranowo akan Datang ke Manado Kamis Lusa


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ganjar Pranowo untuk pertama kalinya sejak diumumkan sebagai bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, direncanakan akan berkunjung ke Sulawesi Utara pada Kamis (18/05/2023).


Menjelang kedatangan Capres dari PDIP tersebut, para kader banteng baik kepala daerah, DPC, PAC, fraksi DPRD, badan dan sayap serta para bacaleg diinstruksikan untuk bersiap dan tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.


Dikabarkan Gubetnur Jawa Tengah itu akan mengunjungi sejumlah tempat di Sulut. Di antaranya Manado dan Tomohon.


Selanjutnya, Ganjar Pranowo akan direncanakan melakukan konsolidasi internal dengan para kader banteng di Sulut.


Berbagai agenda sudah disiapkan untuk dihadiri bakal calon presiden dari PDI Perjuangan itu.


Di antaranya akan ada jalan sehat bersama, kemudian Ganjar bakal didoakan oleh para tokoh agama di Sulut, Ganjar juga dijadwalkan menghadiri rakor pemenangan PDI Perjuangan, serta halal bi halal.


Ketua DPC PDI Perjuangan Manado, dr. Richard Sualang langsung memerintahkan para anggota partai untuk melakukan persiapan dalam rangka Rakor Pemenangan.


“Tentunya kami akan menyiapkan yang terbaik segala hal yang berhubungan dengan Rapat Koordinasi Pemenangan PDI Perjuangan,” Ucap Sualang.


Diketahui, setelah ditetapkan sebagai bakal calon presiden, Gubernur Jawa Tengah ini mulai aktif turun ke daerah-daerah menyapa masyarakat.

*Middle*



Senin, 15 Mei 2023

Perayaan 23 Tahun Gereja Bethany Wanea, Andrei Angouw: Toleransi Harus Dijaga Baik

Perayaan 23 Tahun Gereja Bethany Wanea, Andrei Angouw: Toleransi Harus Dijaga Baik


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri Ibadah Special Anniversary ke-23 Tahun Gereja Bethany Wanea Plaza. Minggu (14/05/2023).


Ibadah syukur perayaan hari ulang tahun ke-23 Gereja Bethany Wanea Plaza ini dipimpin oleh Pdt. Jonathan Pattiasina.


Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan selamat atas hari ulang tahun ke-23 Gereja Bethany Wanea Plaza, dan berharap kualitas pelayanan kepada jemaat dan masyarakat dapat semakin meningkat. 

Bagi Wali Kota, pelayanan bukanlah semata-mata hanya dilakukan di gereja. Pelayanan dapat dilakukan oleh dan untuk siapa saja dan dimana saja dalam tugas dan pekerjaan sehari-hari.


Wali Kota juga menyampaikan bahwa budaya toleransi, komunikasi, dan bergaul antar umat beragama yang ada di Kota Manado harus selalu dijaga dimana pun kita berada, agar kerukunan di Kota Manado dan di Indonesia terus terjaga.


Selanjutnya, Wali Kota juga mengajak para jemaat yang hadir untuk mendukung program-program Pemerintah Kota Manado, serta menjaga kebersihan dan ketertiban untuk keamanan dan kenyamanan bersama.


Hadir dalam acara ini Gembala Sidang Gereja Bethany Wanea Plaza Pdt. Lenny Matoke, Sp.S., M.A, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Billy Lombok, Bupati Kepulauan Talaud Dr. Elly Lasut, M.E, Kadis Kominfo Erwin Kontu, SH, MH, Serta undangan lainnya.

*Middle*

Kepemimpinan AARS, Kota Manado Raih WTP LHP LKPD Tahun TA 2022

Kepemimpinan AARS, Kota Manado Raih WTP LHP LKPD Tahun TA 2022


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota dan Wakil Walikota Manado  Andrei Angouw dan Richard Sualang menghadiri undangan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) R.I Perwakilan Provinsi Sulut, Jalan 17 Agustus Nomor 04 Manado. Senin (15/05/2023).


Acara ini dilaksanakan sehubungan dengan telah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2022 dan sesuai Ketentuan Pasal 17 ayat (3) UU No. 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara. 


Walikota bersama Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M Kes.,Apt menerima langsung LHP LKPD tahun anggaran 2022 yang diserahkan oleh Kepala BPK R.I. Arief Fadillah. 

Adapun Hasil LHP LKPD Tahun Anggaran 2022 untuk Kota Manado dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi Pengelolaan Keuangan ini adalah hasil kerja keras Pemerintah Kota selama ini dibawah kendali Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang yang dikenal dengan jargon AARS, juga Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H serta jajaran SKPD yang ada.


Pada Kegiatan ini, Walikota dudampingi Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H. M.H., Inspektorat Kota Manado Jeffrey Andries., Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Dr. Bart Assa S.T.,M.T.


Selesai kegiatan ini, berdasarkan usulan BPK R.I, Walikota Manado menugaskan Inspektur Kota untuk mengikuti kegiatan "Sosialisasi Pelatihan Eksternal Pada Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sulut" oleh Balai Diklat PKN BPK R.I setelah keģiatan penyerahan.


Kegiatan ini dihadiri Anggota VI BPK R.I Dr. Pius Lustrilanang S.I.P., M.Si.,CSFA.,CFrA., Gubernur Sulut Bpk. Prof. HC. Olly Dondokambey, S.E., Ketua DPRD Provinsi Sulut Bpk. dr. Fransiscus Silangen, Ketua BPK R.I. Wilayah Sulut Bpk. Arief Fadillah S.E., M.M.,CsFA berserta Jajaran, Forkopimda Sulut, Sekprov Sulut, Inspektorat dan Kepala BPKAD Sulut, Bupati/Wakikota serta Wakil Bupati/Wakil Walikota se Sulut, Ketua DPRD Kabupaten Kota se Sulut, Sekda Kabupaten Kota se Sulut, Inspektorat dan Kepala BPKAD Kabupaten Kota, unsur Pers serta undangan lainnya.

*Middle*

Disambut Camat Bonix Saweho, Tim Penilai Lomba Kelurahan Kunjungi Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang

Disambut Camat Bonix Saweho, Tim Penilai Lomba Kelurahan Kunjungi Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Tim pelaksana kegiatan Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Terbaik se Kota Manado mengunjungi  secara langsung Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang, Senin (15/05/2023).


Kujungan rombongan tim penilai tersebut, disambut langsung Camat Wenang Bonix Saweho dan Lurah Mahakeret Barat Ronald Billy Rompas bersama seluruh staf Kecamatan dan Kelurahan.


Selfi Lasut, Koordinator Tim penilai mengatakan,  ada 11 kecamatan yang akan dinilai dan kegiatan lomba ini berdasarkan Permendagri tentang evaluasi Desa dan Kelurahan. 


”Pak Walikota dan Wakil Walikota berharap kiranya lewat lomba ini, ada peningkatan pelayanan pada warga,” kata Lasut.yang juga Sekretaris Dinas Sosial Kota Manado.


Lanjutnya, Selfi Lasut yang juga menjabat Sekretaris Dinas Sosial mengungkapkan, Unsur kelurahan merupakan ujung tombak pelayanan kepada warga.


” Ada 3 elemen yang akan dinilai, yaitu elemen Pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Perlu diketahui, kegiatan ini bukan seremonial saja tapi memicu aparat agar lebih bekerja baik dalam melayani warga,” sebut Lasut.


”Mewakili Walikota dan Wakil Walikota Manado, saya mengucapkan selamat berlomba untuk Kelurahan Mahakeret Barat mewakili Kecamatan Wenang, semoga boleh menjadi yang terbaik,” kunci Lasut.


Sementara itu, Lurah Ronald Rompas mempresentasikan keadaan dan kondisi Kelurahan Mahakeret Barat mulai dari kondisi Demografisnya, kondisi sosial kemasyarakatannya dan sejarah berdirinya Kelurahan ini.


Kegiatan dilanjutkan dengan penilaian lomba dari tim penilai yang terdiri dari berbagai unsur SKPD.


Turut hadir juga dalam kegiatan ini, Ketua LPM Kecamatan Wenang Franklin Kiki Tamara yang juga Caleg dari PDIP Dapil Wenang Wanea.


*Middle*


Sabtu, 13 Mei 2023

Dihadiri Walikota dan Ketua TP-PKK Kota Manado, Graduation Clas of 2023 SMA Katolik Rex Mundi Manado

Dihadiri Walikota dan Ketua TP-PKK Kota Manado, Graduation Clas of 2023 SMA Katolik Rex Mundi Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw didampingi Ketua TP-PKK Kota Manado Irene Angouw-Pinontoan, menghadiri acara Graduation Class of 2023 angkatan ke-63 SMA Katolik Rex Mundi Manado, bertempat di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Sabtu (13/05/2013).


Wali Kota menyampaikan bahwa 34 tahun yang lalu, Wali Kota lulus dari SMA Katolik Rex Mundi Manado.


Wali Kota berpesan agar para lulusan dapat menjadi ahli dibidangnya masing-masing. 

"Pesan saya, silahkan berkarya sesuai dengan passion masing-masing. Jadilah ahli sesuai dengan bidangnya," kata Wali Kota.


Menurut Wali Kota, agar para lulusan tidak pernah berhenti belajar, jika berhenti belajar kita akan tertinggal dan tidak bisa mengejar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa depan.


Ditambahkannya juga pentingnya karakter, etos kerja, serta akhlak dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

*Middle*

Jumat, 12 Mei 2023

Senator Stefanus BAN Liow Serap Pandangan dan Pendapat Daerah di FGD BULD DPD RI

Senator Stefanus BAN Liow Serap Pandangan dan Pendapat Daerah di FGD BULD DPD RI


JAKARTA, CARIKABAR.ID
- Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP mengatakan kebijakan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) sebagai implimentasi dari UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD) dapat memunculkan persoalan yang berpengaruh signifikan terhadap kesejatian otonomi,

"Yakni melemahnya kemandirian fiskal daerah, ketimpangan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan terjadinya potential loss pendapatan daerah," kata Liow.

Senator Indonesia dari Sulut Ir. Stefanus BAN Liow, MAP dalam pemaparan materi mengawali Forum Group Discussion (FGD) Uji Publik terhadap Hasil Pemantauan dan Evaluasi Ranperda/Perda terkait PDRD berdasarkan UU HKPD, yang berlangsung di Kantor DPD RI Perwakilan Provinsi Sulut di Manado, Jumat (12/5). 

Lebih lanjut, Senator Stefanus Liow mengatakan bahwa BULD DPD RI mencatatkan pula beberapa hal yang masih menjadi persoalan, yakni penyesuaian Perda memerlukan aturan pelaksana turunan dari UU HKPD, UU HKPD masih mendudukan daerah sebagai objek pengaturan PDRD, dimana daerah diberikan kewenangan untuk memungut pajak, namun sumber-sumbernya ditetapkan pemerintah pusat, serta isu resentralisasi melalui penyesuaian tarif dan evaluasi ranperda. 

FGD yang berlangsung menarik dipandu Akademisi Unima Tondano Dr. Goinpeace Tumbel, S.Sos,MAP serta dihadiri peserta dari berbagai kalangan, diantaranya Akademisi Unsrat Manado Dr. Vecky Masinambow, SE,M.Si, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulut June E. Silangen, Kabag Peraturan Perundang-Undangan Kabupaten Kota Biro Hukum Setdaprov Sulut Felix Lalombombuida, SH,MH,  Kabid PDRD Bapemda Kota Manado Richard Sem Rorong, Ketua PWI Sulut Vocke Lontaan, Ketua IWO Sulut Jane Rondonuwu, AJI Manado Maikel Pontolado dan peserta lainnya. 

Kepala Bapemda Provinsi Sulut June Silangen mengatakan pihaknya menempuh langkah-langkah antisipasi untuk kemungkinan terjadinya penurunan pendapatan daerah khusus di tahun 2024. 

Terkait adanya perubahan skema bagi hasil PKB dan BBNKB, maka diusulkan perlu kajian lanjut supaya meminilisasi ketimbangan antara kabupaten/kota. 

Sementara itu,  Kabag Peraturan Perundang-Undangan Kabupaten Kota Biro Hukum Setdaprov Sulut Felix Lalombombuida, SH,MH  mengharapkan agar Kabupaten/Kota untuk segera membahas dan  menyelesaikan Perda PDRD karena akan dijadikan acuan dalam penyusunan KUA PPS dan RAPBD 2024.

*Middle*

Di Kota Manado OTT Terus Dilakukan bagi Pelanggar Perda Trantibum dan Perda Sampah

Di Kota Manado OTT Terus Dilakukan bagi Pelanggar Perda Trantibum dan Perda Sampah


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota manado melalui Satuan Tugas Operasi Gabungan (Satgas Opsgab) terus melaluka Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan Sidang Tipiring terus dilakukan.

Kecamatan Paal Dua, pada Jumat (12/05/2022) mendapat giliran OTT yang dilanjutkan dengan Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pendopo Lapangan Maesa, Kelurahan Perkamil. 


Pada OTT, Satgas Opsgab berhasil menjaring 20 pelanggar dengan rincian 14 pelanggar Peraturan Daerah (Perda) No. 2 tahun 2019 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) dan 6 pelanggar Perda No. 1 tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah. 


Selesai OTT, para pelanggar diarahkan untuk mengikuti Sidang Tipiring. Sidang Tipiring dipimpin oleh Maria Sitanggang, S.H., M.H. selaku majelis hakim. Hadir mendampingi majelis hakim, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat PolPP) Kota Manado, Yohanis B. Waworuntu, S.E., M.Si.


Para pelanggar pun secara bergiliran menjelaskan pelanggarannya kepada majelis hakim. Dalam pemberian sanksi, majelis hakim mengenakan pilihan yaitu denda uang tunai atau kurungan selama 2 hari. Untuk denda, majelis hakim menaikkan nominalnya dibanding Sidang Tipiring yang lalu. Jika sebelumnya denda uang tunai minimal Rp100.000, sekarang naik menjadi minimal Rp150.000. Khusus untuk masyarakat yang mengulangi pelanggarannya, dikenakan denda uang tunai sebesar Rp200.000. 


Di tengah persidangan, Walikota Manado, Andrei Angouw datang untuk memantau Sidang Tipiring. Kehadirannya pun disambut baik oleh majelis hakim dan pihak dari Satgas Opsgab serta para pelanggar yang sedang menjalani Sidang Tipiring. 


Selesai memantau, Walikota Manado dihampiri oleh beberapa pelanggar yang menyampaikan keluhan mereka terkait kedua perda yang ada. Adapun keluhan-keluhan dari para pelanggar salah satunya tentang pembangunan trotoar dan genangan air di Pasar Bersehati. Walikota Manado pun mengatakan semua laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti. 


"Trotoar di lingkungan 2 Kelurahan Ranomuut akan kita buat. Kemudian adanya genangan air di Pasar Bersehati itu dikarenakan kondisi tanah yang miring, tapi itu akan kami tindaklanjuti juga," katanya. 


Sidang Tipiring pun ditutup oleh majelis hakim dengan pesan agar para pelanggar dapat mematuhi kedua perda yang ada dan tidak mengulanginya. Sebab jika kedapatan berkali-kali, sanksinya akan dinaikkan juga.

*Middle*

Kamis, 11 Mei 2023

Daftar Nama-Nama Bacaleg PDIP Manado yang Siap Bertarung 2024

Daftar Nama-Nama Bacaleg PDIP Manado yang Siap Bertarung 2024


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Manado, akhirnya merilis  nama-nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) setelah melalui tahapan mendaftar ke KPU,  Kamis (11/05/2023) yang akan siap bertarung pada Pemilihan anggota Legislatif Kota Manado 2024 nanti.


Menarik dari rilis daftar tersebut, terdapat beberapa nama yan tadinya dari Partai lain, namun telah bergabung bersama Banteng Merah diantaranya, Franko Wangko, Lilly Binti, Vanda Pinontoan dan Robert Tambuwun.


Ini nama-nama Bakal Caleg PDI Perjuangan Kota Manado yang Didaftarkan ke KPU:


-Dapil Wenang-Wanea:


1. HENGKY KAWALO, SE

2. JIMMY F. D. GOSAL, SH. MH

3. LILY BINTI, SE

4. FRANKLYN CLIF TAMARA

5. MARLON BENNY LAST LUMANSIK, ST

6. DR. FLORENS S. T. PANUNGKELAN, M.Pd

7. HAMDAN PANEO

8. PERISCA MARGARETH KAWATAK


-Dapil Sario-Malalayang:


1. Ir. JEAN SUMILAT

2. NATANAEL PEPAH, SE

3. LUKRESIA CRISTY VANESSA MASENGIE SH

4. FRANKO CHRISTIAN WANGKO

5. VERONICA VENNY NANGKA

6. ROBERT RONALD LAO TAMBUWUN, SH

7. DEDY SANTO TIHO, SE


-Dapil Tuminting-Bunaken-Bunaken Kepulauan:


1. HERRY ARNOLD KOLONDAM

2. FATMA BIN SYECH ABUBAKAR

3. STEIVEN BERNADINO ZEEKEON, SH

4. MARKHO BRYNER TAMPI, SIK 

5. ELRYC MILAND MAESA MOSAL

6. SELVI PANDEAN

7. JUDDY ADRIAN SAERANG, SH

8. VANDA ARIANTJE PINONTOAN



-Dapil Singkil-Mapanget:


1. REZA K. H. C. RUMAMBI

2. ROSALITA YULIANTI MANDAY, S.Si

3. GREGORIUS TONNY RAWUNG

4. JONAS MAKAWATA, SE

5. STENLY WELLEM TAMO, SH

6. MELLY SOPHIE JOCOM, SP

7. ANDREW IGNASIUS PALIT

8. FANNY MANTALI

9. KEIKO JUJU PANGEMANAN, A.Md

10. INTAN DEWINTA RAHIM, S.H.I.


-Dapil Tikala-Paal Dua:


1. Dra. AALTJE DONDOKAMBEY, M.Kes, Apt

2. ANDRE GERUNGAN, SH

3. HILMAN FIRMANSYAH IDRUS, ST

4. Drs. JOICE N. F. JOHANIS RUMENGAN

5. SOFIYANTI HUSAIN

6. LINEKE KOTAMBUNAN

7. JOHN STEVEN TAKASILIANG, SH


*Middle*

Sekolah Alkitab GPdI Langowan Gelar Penamatan dan Pengutusan 189 Siswa-Siswi Angkatan 78

Sekolah Alkitab GPdI Langowan Gelar Penamatan dan Pengutusan 189 Siswa-Siswi Angkatan 78


LANGOWAN, CARIKABAR.ID
- Sekolah Alkitab Langowan (SAL) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara menggelar ibadah bersama pelepasan dan perpisahan siswa-siswi Kelas I dan II angkatan 78 Tahun ajaran  2022-2023. Selasa (11/05/2023).


Acara ibadah dipimpin Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy Lantu dengan  motivasi dan semangat siswa-siswi untuk terjun melayani Tuhan.


  Kepala Sekolah SAL Pdt Miracle    Awuy, menyampaikan laporan


Acara yang  laksanakan di ruangan serbaguna SAL itu diikuti 189 siswa-siswi, guru-guru beserta dewan penyantun sekolah, Jajaran pengurus MD GPdI Sulawesi Utara, Pemerintah setempat dan keluarga pendiri SAL Pdt Yulianus Reppi dan orang tua para siswa-siswi  juga para gembala sidang serta undangan lainnya.


Kepala Sekolah SAL, Pdt Miracle Awuy, S.Th dalam laporannya, siswa-siswi angkatan 78 berasal dari berbagai daerah, seperti Jawa, Kalimantan, Papua dan Sulawesi Tenga.


"Mereka telah menempuh pelatihan dan pendidikan selama 9 bulan dan 88 siswa-siswi yang diutus ke berbagai tempat di Indonesia yang tersebar di 51 Sidang Jemaat GPdI termasuk Jakarta, Batam, Surabaya dan Papua," kata Pdt Miracle.


     Pdt Matheos Sumaa saat                 menyampikan sambutan MD         GPdI Sulut


Sambutan MD GPdI Sulawesi Utara diwakili Pdt Matheos Sumaa, M.Th mengucapkan, selamat kepada siswa-siswi yang telah menempuh pendidikan di Sekolah Alkitab Alngowan dan sebentar lagi akan berpisah meninggalkan sekolah untuk terjun ke tempat praktek pelayanan.


“Selamat kepada siswa-siswi SAL angkatan 78. Semoga sukses diberkati, terus setia ke tempat tujuan praktek pelayanan.  Terapkanlah pelatian dan didikan yang di dapat selama berada di SAL ini, Tuhan Yesus menyertai dan memberkati," ucap Pdt Sumaa penuh haru.


    Suasana acara ibadah                      penamatan dan pengutusan 


Tak lupa juga Kepala Sekolah Alkitab termuda yang memimpin Sekolah Alkitab tertua ,Pdt Miracle Awuy mengingatkan, Angkatan 79 Sekolah Alkitab Langowan (SAL) akan memulai tahun ajaran baru  pada tanggal 16 Agustus 2023.


"Pendataran telah dibuka dan untuk tahapannya, Wawancara kelas I pada tanggal 14 Agustus 2023 dan kelas II pada tanggal 15 Agustus 2023, juga untuk formulir perndaftaran sudah tersedia," jelas Pdt Eky sapaannya.


*Middle*


Pemkot Manado Gelar Ibadah Syukur 2 Tahun Kepemimpinan AARS

Pemkot Manado Gelar Ibadah Syukur 2 Tahun Kepemimpinan AARS


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado lekasanakan acara ibadah syukur dalam rangka 2 tahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang  yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Pemerintah Kota Manado. Kamis (11/05/2023).


Ibadah syukur 2 Tahun Kepemimpinan AARS yang dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pdt. Dr. Hein Arina ini dihadiri langsung Walikota Andrei Angouw bersama istri Irene Golda Angouw Pinontoan dan Wakil Walikota dr Richard Sualang juga bersama istri dr. Merry Sualang Mawardi.


Selesai Kotbah dari Ketua Sinode GMIM, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado didampingi istri masing-masing, Forkopimda, Sekot dan Kepala SKPD, serta Staf Khusus, FKUB, BKSAUA, FKM melantunkan lagu pujian. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video hasil kerja AARS selama 2 tahun Kepemimpinan yang disambut aplaus hangat yang hadir.


Walikota Andrei Angouw saat diberikan kesempatan menyampaikan kesaksian sekaligus sambutan, Wali Kota ucapkan syukur dan sangat berterima kasih atas apa yang sudah dilakukan selama 2 tahun ketika memimpin Kota Manado.


"Selain kepada masyatakat, terutama wali kota sangat berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penyertaannya sehingga mampu menjalankan program-program pemerintah Kota Manado selang dua tahun ini," ucap Walikota.


Angouw pun berkali-kali menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan yang sudah diberikan sehingga dapat menjalankan program pembangunan selama dua tahun ini, termasuk kepada Kajari dan Kapolres yang telah berkontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan Kota Manado. 


"Kita harus membangun dan kami ada disini adalah karena amanah dari masyarakat juga tentunya amanah dari Tuhan untuk membangun dan melayani masyarakat Kota Manado," kata Wali Kota.


Kepada Tokoh Agama juga Wali Kota berterima kasih atas situasi masyarakat yang kondusif yang mendapat dukungan tokoh-tokoh Agama. Demikian juga Wali Kota berterima kasih kepada Sekretaris Kota dan jajaran pemerintah Kota lainnya termasuk para Camat dan para Lurah, Ketua-Ketua Lingkungan yang ikut terlibat dalam setiap kerja-kerja yang menunjang pembangunan di Kota Manado. Kepada jajaran PKK yang selalu semangat dalam kegiatannya, Walikota mengapresiasi atas semangat kerjanya yang mendorong semangat bagi orang lain.


"Biarlah apa yang kita kerjakan menjadi berkat untuk orang lain, menjadi berkat untuk negara dan bangsa serta menjadi berkat generasi selanjutnya," kunci Walikota.


Acara dilanjutkan dengan pemasangan dan peniupan lilin dua tahun kepemimpinan AARS di Kota Manado yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota bersama istri masing-masing dengan menyanyi lagu "Hari ini Adalah Harinya Tuhan."


Hadir dalam ibadah syukur ini, Ketua DPRD Manado Ibu Dra. Altje Dondokambey M.Kes.,Apt dan Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Manado, Sekretaris Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H., M.H, Para Asisten, Staf Ahli dan Staf Khusus Walikota, Kepala SKPD dan pejabat eselon, Direksi PD Pasar dan Direksi PDAM, para Camat, BKSAUA, FKUB, FKDM, FPK, Direksi PD Pasar, Direksi PDAM, para Lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya dan undangan lainnya.


*Middle*

Rombongan Kader Militan PDIP Manado Kawal Pendaftaran Bacaleg ke KPU

Rombongan Kader Militan PDIP Manado Kawal Pendaftaran Bacaleg ke KPU


MANADO, CARIKABAR.ID
- Rombongan Kader PDI P  dipimpin Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara Andrei Angouw bersama Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Manado dr Richard Sualang, mengantar langsung berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado. Kamis (11/05/2023) siang.


Terpantau, rombongan kader militan moncong putih besutan Presiden RI ke lima tersebut diterima Komisioner KPU Manado Yusuf Wowor serta hadir Ketua Bawaslu Manado.


Sementara itu, Pendaftaran dilakukan langsung Ketua DPC PDIP Manado dr Richard Sualang didampingi Sekretaris Tonny Rawung, Bendahara Dra Aaltje Dondokambey MKes APt dan jajaran pengurus dan para Bacaleg Moncong Putih.


Selanjutnya, dr Richard Sualang ketika diminta keterangan mengatakan, sangat mengapresiasi kehadiran para kader militan PDIP yang turut hadir.


“Kami menargetkan 50 persen atau 20 kursi di DPRD Manado. Ada juga rekan-rekan yang sebelumnya dari parpol lain dengan kesadaran sendiri memilih bergabung dengan PDIP dan siap ikut berkompetisi di pileg nanti,” kata Sualang.


Terkait pendaftaran, Sualang mengatakan sudah memenuhi kuota dan keterwakilan perempuan. “Sekaligus menggambarkan bahwa PDIP jadi pilihan. Terdapat kesadaran berpolitik yang terus meninggi,” pungkasnya.


Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut Andrei Angouw, saat diminta tanggapan soal parade budaya yang diusung saat pendaftaran mengatakan, PDIP partai nasionalis yang besar dan sangat menjunjung tinggi nilai kebudayaan. “Pendaftaran kali ini serentak dilaksanakan se Indonesia, dan PDIP menjadi yang pertama,” ucap Angouw.


Sebelum ke KPU Manado, rombongan yang dominan menggunakan warna merah ini berkumpul dan start dari samping kantor Walikota Manado kemudian berjalan menuju kantor KPU Manado.


Dalam perjalanan, sejumlah peragaan kebudayaan turut mengawal kontestan Pileg dari seluruh daerah pemilihan (dapil) di Manado. Ada Tarian Kabasaran Bantik, Tetengkoren, Masamper, Harda, Musik Bambu, dipandu Paskibraka yang tampil paling depan menambah kemeriahan pendaftaran tersebut.


Sementara itu dari bocoran yang diterima VoxSulut.Com, menyebutkan 40 bacaleg PDI Perjuangan sudah melengkapi semua persyaratan dan layak dicalonkan. Sedangkan ke 40 bakal Caleg dari berbagai sumber yang dirangkum nama-namanya sudah hampir final.

*Middle*


Rabu, 10 Mei 2023

AARS Kembali Lakukan Rolling Jabatan di Lingkup Pemkot Manado

AARS Kembali Lakukan Rolling Jabatan di Lingkup Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Rolling jabatan administrator dan pengawas lingkup Pemerintah Kota Manado, kembali dilakukan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang. Bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado. Rabu (10/05/2023).

Saat memimpin Pelantikan dan pengambilan Sumpah jabatan, Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh yang telah dilantik.

“Rolling jabatan merupakan suatu kewajiban dalam sistem birokrasi, dimana kami menginginkan roda pemerintahan yang maksimal, untuk itu dituntut untuk meningkatkan maksimal kinerja,” ucap Sualang.

Diapun berharap, kerja dan kinerja dapat dimaksimalkan untuk pelayanan kepada masyarakat kota Manado.

“Pejabat di Pemerintah Kota Manado jangan hanya jadi pejabat yang biasa-biasa saja tapi jadi luar biasa, tentunya kerja dan kinerja harus ditingkatkan karena Manado Ibu Kota Sulawesi Utara,” ujarnya.

Jabatan yang dirolling Kepala Bidang, Lurah, Kepala Sekai di Kecamatan serta penyerahan tugas pelaksanaan harian.

Ini nama-nama pejabat yang dilantik:


*Middle*

Sore ini, Wali Kota Cek Langsung Perbaikan Jalan di Mahakeret Barat

Sore ini, Wali Kota Cek Langsung Perbaikan Jalan di Mahakeret Barat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota mengunjungi Mahakeret Barat Kecamatan Wenang, Manado. Rabu (10/05/2023) sore.


Wali Kota hadir dilokasi untuk melihat perbaikan jalan yang sedang dilakukan di jalan Garuda Kelurahan Mahakeret Barat.


Kemudian, Wali Kota berdialog dengan para pejabat teknis PUPR Kota Manado yang sedang melakukan pengaspalan beberapa ruas jalan yang berlubang, serta lurah, seklur dan ketua-ketua Lingkungan.


Dilapangan terlihat Kadis PUPR B Johnny Suwu, tokoh masyarakat Franklyn Tamara, Kabid Bina Marga Raineir Pangemanan, Lurah, Seklur dan Ketua lingkungan.

*Middle*

Selasa, 09 Mei 2023

Kepemimpinan, Capaian  Prestasi 2 Tahun Andrei Angouw dan dr Richard Sualang

Kepemimpinan, Capaian Prestasi 2 Tahun Andrei Angouw dan dr Richard Sualang


MANADO, CARIKABAR.ID
– Momen yang tak terlupakan bagi warga Kota Manado, dua tahun yang lalu, tepatnya tanggal 10 Mei 2021, dimana saat itu lahir pemimpin baru yang akan memimpin Kota Manado. 

Andrei Angouw dan Richard Sualang, dua kader terbaik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat itu oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, dilantik masing-masing sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2021 – 2024. 


Dasar pelantikan keduanya dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI No 131.71/294 Tahun 2021 tanggal 22 Februari 2021, dan No 131.71/994 Tahun 2021 tanggal 9 April 2021 tentang Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Manado Provinsi Sulawesi Utara.


AA-RS, begitu kedua pasangan ini populer disebut, berhak menjadi orang nomor satu dan dua di Kota Manado setelah dipilih 88,303 warga Manado, setelah tampil memenangkan Pilkada Kota Manado 8 Desember 2020, mengalahkan pasangan Paula Runtuwene dan Harley Mangindaan, Mor Bastiaan dan Hanny Jost Pajouw serta Sonya Kembuan dan Syarifudin Safa. 


Sejarah pun mencatat, Andrei Angouw, Bendahara PDI Perjuangan Sulut menjadi Walikota ke – 19 definitif atau ke – 26 secara keseluruhan menggantikan Micler Lakat, S.H, M.H. yang menjadi Pelaksana Harian Walikota pada 9 Mei – 10 Mei 2023, sementara dr. Richard Sualang, Ketua DPC PDI Perjuangan Manado menjadi Wakil Walikota ke – 5, mengganti jabatan Mor Bastian, yang menjabat sebelumnya.  


Kini setelah dua tahun menjabat, AA-RS menggunakan pengukuran capaian pembangunan dengan dua pendekatan. Pertama, capaian indikator berdasarkan sasaran dari penjabaran Visi dalam 5 Misi, dan kedua capaian indikator berdasarkan indikator makro pembangunan daerah. 


Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu SH, didampingi Franky Mocodompis, S.Sos, Pranata Humas Ahli Muda Dinas Kominfo Kota Manado, menjelaskan dari pendekatan indikator sasaran misi, data yang dibandingkan bersumber dari Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Manado selama 3 tahun terakhir, sementara pada pendekatan indikator makro pembangunan, bersumber dari LKPJ, Buku Manado Dalam Angka Tahun 2020-2022, dan Laporan Statistik pada web resmi urusan pemerintahan. 


Menariknya, jika merujuk pada Indikator Makro Pembangunan Kota Manado berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado Tahun 2021 – 2026, terdapat 7 indikator umum dan 17 indikator spesifik yang menjadi acuan penilaian terhadap kemajuan pembangunan daerah. 


Dari 24 indikator tersebut, 75 persen atau 18 indikator menunjukkan peningkatan, sementara yang berada dalam posisi stagnan atau mengalami penurunan ada 25 persen atauu 6 indikator. 


Dengan demikian dalam kurun waktu 2 tahun memimpin Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, AARS telah membawa Manado pada peningkatan yang signifikan menuju pencapaian visi Kota Manado Maju dan Sejahtera RPJMD. “Artinya dalam 2 tahun, AARS membawa Kota Manado lebih maju dan lebih sejahtera. Capaian ini tentu merupakan anugerah dan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa mengingat belum genap setahun Presiden RI Joko Widodo mengumumkan penghapusan PPKM dan penanganan Covid19 masih terus dilakukan meski pandemi terus melandai,” tegas keduanya.


Hasil ini juga tambah Kontu menjadi bukti sinergitas pemerintahan antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebagai wakil pemerintah pusat di daerah di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, yang tidak hentinya berinovasi dan mendorong laju pembangunan di Kota Manado sebagai pintu gerbang Sulawesi Utara.


Setelah dua tahun memimpin Kota Manado, AA-RS juga mampu memperluas wilayah Kota Manado pada tahun 2021 bertambah dari 157, 27 km2 menjadi 162,35 km2, dimana penambahan ini bersumber dari peningkatan luas wilayah reklamasi pantai di sepanjang Teluk Manado dan berbagai terobosan yang telah diverifikasi oleh para stakeholder terkait dan difinalisasi oleh Bagian Tata Pemerintahan Umum Setda Kota Manado dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Manado. 


Kemudian, sepanjang 2 tahun terakhir, panjang ruas jalan yang ditangani berjumlah 59,451 kilometer, terdiri dari 4,683 Km pada tahun 2021 dan 54,768 km pada tahun 2022, dengan persentase kondisi jalan mantap mencapai 83,9% 3. Penanganan TPA Sumompo menjelang peralihan ke TPA terpadu Iloilo menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dari tumpukan sampah menggunung, sejak awal masa pemerintahan penataan TPA Sumompo telah dilakukan kerja terpadu beberapa perangkat daerah seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, dan terakhir Bapelitbangda yang melakukan penyemprotan ecoenzym. 


Dampak penggunaan ecoenzym telah secara signifikan mengurai konsentrasi metana, dimana jika sebelum penyemprotan berada pada skala 0, pasca penyemprotan menjadi lebih terurai dan berada pada skala 100,01 – 500. 


“Pertama kalinya dalam beberapa dekade, sungai di Manado dikeruk. Pekerjaan pengerukan dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi Kementrian PUPR atas permintaan Walikota Manado, Andrei Angouw. Sepanjang tahun 2022, Sungai Tondano, Sungai Tikala, dan Sungai Sario dilaksanakan pengerukan dengan anggaran 3,2 milyar. Hasilnya, luapan air sungai ke rumah warga di saat meningkatnya volume air berkurang signifikan,” papar Kontu.


Hal lain yang berubah di bawah kendali AA-RS, bertambahnya pusat belanja dan lokasi wisata yang menjadi ikonik Kota Manado, di antaranya Pasar Bersehati Hebat, Malalayang Beach Walk, Dermaga Perahu di Pulau Bunaken, Renovasi Rusunawa dan Pedestrian Jalan Piere Tendean. Kehadiran Pedestrian di kawasan Boulevard On Bussines menambah daftar taman yang dirawat Intensif 63 taman dan pembangunan 4 taman baru, termasuk pedesetrian 2.8 km dengan lebar trotoar 2 sampai 8 meter.


Sementara itu, untuk prestasi dan penghargaan pada tahun kedua pemerintahan, AA-RS mencatat prestasi dan menerima Penghargaan Pemerintahan sebanyak 12 buah, di antaranya. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022, diserahkan 14 Mei 2022 di Manado. Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya Tahun 2022, diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak pada 23 Juli 2022 di Bogor. Penghargaan Penyalur DAK FISIK dan DANA DESA Terbaik Se Sulawesi Utara, pengharagaan diberikan ubernur Sulut Olly Dondokambey dan diterima Wakil Wali Kota, dr. Richard Sualang pada 15 Agustus 2022 di Manado. 


Peringkat ke-3 Paritrana Award Tingkat Nasional Tahun 2022. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Istana Wakil Presiden Jakarta pada 27 Oktober 2022. Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi Sulut Tahun 2022 yang dilaksanakan di Bolaang Mongondow 14 – 21 November 2022. 


Kontingen Kota Manado yang dipimpin Ketua KONI Kota Manado, Rio Dondokambey, meraih 99 medali emas, 64 perak, dan 67 perunggu. Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM Award) Tahun 2022 dari Kementrian Kesehatan pada Rabu 23 November 2022.


Bhumandala Award (Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial dari Badan Informasi Geospasial Tahun 2022, diterima Kepala Bapelitbangda pada 25 November 2022 di Jakarta.


Harmony Award 2023 Forum Kerukunan Umat Beragama Indonesia, diserahkan Ketua Umum FKUB Indonesia Ratu Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet kepada Walikota Manado Andrei Angouw di Manado pada 10 Maret 2023. Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan dengan tingkat kepesertaan di atas 95 persen, diserahkan Menteri Kesehatan RI, Budi G. Sadikin kepada Walikota Manado, Andrei Angouw pada 14 Maret 2023 di Jakarta. 


Kota Manado juga menerima penghargaan dengan coverage mencapai 476.910 penduduk dari 472.157 atau 99,1 persen 10.Peringkat 1 PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Award Wilayah Sulawesi, diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard Sualang di Gedung Dhanapala Jakarta pada Senin 20 Maret 2023. Selain itu, AA-RS juga menjadi Peringkat 1 Paritrana Award Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022, penghargaan diserahkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Walikota Manado, Andrei Angouw pada 23 Maret 2023 di Manado, kemudian masuk 10 Kota Toleran di Indonesia (ranking ke-8).

*Middle*

Senin, 08 Mei 2023

dr Fransiscus Andi Silangen Pimpin Ibadah HUT ke-39 GPdI Rhema Perum Paniki Dua, Sambutan Walikota Manado Dibacakan Donald Supit

dr Fransiscus Andi Silangen Pimpin Ibadah HUT ke-39 GPdI Rhema Perum Paniki Dua, Sambutan Walikota Manado Dibacakan Donald Supit


MANADO, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Rhema Perumnas Kelurahan Paniki Dua, Wilayah Vll Mapanget Satu, Kota Manado melaksanakan ibadah perayaan HUT Jemaat ke-39 tahun dan Hut ke-87 Pdt Dr Fahrenheit Sualang, M.Th. Senin (08/05/2023).


Ibadah dipimpin, Ev dr Fransiscus Andi Silangen, Sp.B-KBD dengan mendasarkan khotbahnya pada bacaan Alkitab di dalam 1 Korintus 3 ayat 10-23, dengan mengangkat tema "Umat Tuhan Milik Kristus".


"Hidup orang percaya mengalami proses dalam membangun kehidupan yang berkenan di hadapan Tuhan, kita yang sudah menjadi milik kristus maka Roh Tuhan menyatu dengan kita. Bangunlah hidup dan jemaat dalam kebenaran Allah," kata Silangen yang juga menjabat Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara.


    Pdt Dr Fahrenheit Sualang memasang lilin      Hut ke-87 tahun di dampingi anak-anak          dan cucu dan Cece.

Sambutan Walikota Manado di bacakan Kepala BKPSDM Kota Manado Donald Supit, SH, MH menyampaikan Selamat merayakan 39 tahun Jemaat Rhema dan 87 tahun Pdt F Sualang.

Peran gereja sangat penting bagi kondisi masyarakat.


"Mari pelihara dan menjaga toleransi terus dalam membangun kondusifitas Kota Manado yang kita cintai," baca Supit.


Diharapkan juga warga Kota Manado untuk budayakan buang sampah pada tempatnya.


"Jagalah kebersihan di lingkungan masing-masing," harap Walikota.


Selanjutnya sambutan mewakili para undangan Pdt Jimbrif Pandeirot, banyak selamat buat jemaat Rhema dan Pdt F Sualang di perayaan ulang tahun saat ini


" Sebagai peserta undangan pada ibadah syukur hari ini, turut bersama dalam moment syukur sekarang ini," sebut Pdt Jimbrif.

Sementara itu Pdt F Sualang dalam kesaksiannya, bersyukur buat umur yang baru yang Tuhan anugerahkan dan waktu dalam pelayanan.

"Tuhan sungguh baik menolong saya sampai saat ini, boleh mengalami yang baik dari Tuhan dan merasa di berkati jemaat yang saya layani," tutur Pdt Sualang.


Turut hadir dalam ibadah syukur ini, Ketua Majelis Wilayah Vll GPdI Mapanget Satu, Lurah Paniki Dua I Gusti Sudarmaja, Jajaran Pemerintah Kelurahan Paniki Dua, Para Gembala- Gembala GPdI Wilayah Vll Mapanget Kota Manado serta undangan lainnya.


*MidOn*