Rabu, 24 Mei 2023

Plh KadisDukcapil Manado Erwin Kontu, Saat Ini Tidak Ada Lagi Calo

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado, melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Erwin S. Kontu, SH menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan kepada masyarakat di Kantor Kecamatan Mapanget, Kamis 24/05/2023).


Penyerahan dokumen yang disaksikan langsung oleh Camat Mapanget Robert Dauhan, S.STP bertujuan untuk menghindari praktik calo dalam pengurusan administrasi kependudukan.


Plh Kadis Dukcapil Erwin Kontu mengatakan bahwa sekarang Dinas Dukcapil aktif menjemput bola mulai dari turun ke lapangan untuk melakukan proses pendaftaran hingga penyerahan administrasi kependudukan secara langsung kepada masyarakat.


“Saat ini tidak ada lagi calo dalam pembayaran atau pungutan apapun kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan,” kata Kontu.


Dia menjelaskan, semua administrasi kependudukan telah dicetak dan diserahkan langsung kepada masyarakat yang ada di Perumahan GPI kecuali KTP dan KIA karena harus melalui pusat terlebih dahulu. Oleh karena itu, KTP dan KIA baru diserahkan pada hari ini.


“Saya mengajak seluruh masyarakat termasuk pihak dari Dinas Dukcapil sendiri untuk mengubah mindset agar terhindar dari calo dalam mengurus administrasi kependudukan,” ucap Kontu.


Sebagaimana diketahui, Kegiatan menjemput bola dari tim Dinas Dukcapil ini dilakukan pada 16-17 Mei 2023 di Perumahan Griya Paniki Indah (GPI).


Ini data administrasi kependudukan yang diperoleh di Perumahan GPI Selasa, 16 Mei 2023 :

KK : 32

Perekaman KTP : 27

KTP rusak/hilang : 35

KIA : 49

Akta Lahir : 14

IKD : 8


Rabu, 17 Mei 2023

KK : 47

Perekaman KTP : 12

KTP rusak/hilang : 63

KIA : 46

Akta Lahir : 6

Akta Kematian : 1

Permintaan Pindah Dari Luar Kota: 7

IKD : 14.


*Middle*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: