Jumat, 30 Juni 2023

Youth and Teens 2023 GPdI Sulut Resmi Ditutup, Puluhan Ribu Peserta Diberkati

Youth and Teens 2023 GPdI Sulut Resmi Ditutup, Puluhan Ribu Peserta Diberkati


MANADO, CARIKABAR.ID
- Youth and Teens Camp 2023 GPdI Sulawesi Utara yang dilaksnakan sejak Senin-Jumat, 26-30 Juni 2023 di Bumi Perkemahan Pantecostal Cetre Buha, resmi di tutup. Jumat (30/06/2023).


Penyampaian berita Firman Tuhan dan Perjamuan Kudus  di layani Wakil Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt John R.S Awuy dengan bacaan Alkitab didasarkan pada 1 petrus 1 ayat 18-19, 'Kehidupan yang bermanfaat.'


Hidup kita bukan hanya sebatas bermanfaat dari standar manusia tetapi hidup yang berkualitas di dalam Tuhan.


"Diluar Tuhan hidup kita tidak punya apa-apa, karena itu, jadikanlah kema pemuda dan remaja aini hidup yang maksimal sehingga berdampak bagi orang lain," harap Pdt John Awuy.


Sambutan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara oleh Kepala Badan Inspektorat Drs Meiki Onibala, M.Si mengingatkan pemuda remaja gereja untuk tetap hidup dalam kebenaran Firman Tuhan.


"Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan para peserta perkemahan ketika kembali ke tempat masing-masing harus ada perubahan sikap yang baik," harap Onibala yang juga menjabat KD Pelprip GPdI (Pria Kaum Bapak) Sulawesi Utara.


Sementara itu, Ketua MD GPdI Sulawesi Utara melalui Sekretaris Pdt Hanny Awuy, M.Th dalam sesi pengumuman, menginformasihan dihadapan kurang lebih 20 ribuan pemuda dan remaja tentang rencana pembelian lahan perkemahan kedepan.


"MD GPdI Sulawesi Utara akan mengupayakan pembeli lahan sekitar 20 ha untuk maksimalkan kegiatan perkemahan milik GPdI, karena lahan yang di gunakan sekarang ini tidak bisa lagi menampung puluhan ribu peserta kema," jelas Pdt Hanny Awuy.


Diakhir ibadah penutupan Youth Camp tersebut, ratusan anak muda menerima baptisan air.


"Lewat siraman rohani selama lima hari ini, saya dibetkati dan oleh Roh Kudus mengerakan saya untuk dibaptis, puji Tuhan," ucap seorang anak muda yg baru di baptis.


*Middle*


Rabu, 28 Juni 2023

Antusias Pelprap GPdI Victory Girian Ikut Youth And Teens Camp 2023

Antusias Pelprap GPdI Victory Girian Ikut Youth And Teens Camp 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka peningkatan pemahaman dan pengetahuan rohani remaja dan pemuda Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara, Komisi Daerah Pelayanan Pemuda dan Remaja (Pelprap) mengadakan kegiatan perkemahan selama 5 hari di Bumi Perkemahan Pantecostal Cetre Buha Kota Manado, Senin-Jumat (26-30/06/2023). 


Kegiatan perkemahan tersebut, diikuti oleh Pemuda dan Remaja dari 1.600san Sidang Jemaat Lokal yang tersebar di Kabupaten dan  Kota Provinsi Sulawesi Utara, dengan jumlah kurang lebih 20.000 peserta.


Gembala Sidang GPdI Victory Girian Kota Bitung Pdt Lodewijk Waworuntu mengatakan, keikutsertaan anggota pemuda dan remaja tingkat jemaat dalam rangka penyegaran dan pemantapan iman.


"Ini adalah kesempatan yang paling tepat bagi anak-anak muda untuk menerima pembinaan mental dan sikap hidup yang berkenan kepada Tuhan," ucap Pdt Waworuntu yang adalah suami dari Pdm Susan Kamagi.


Lanjut Waworuntu, berharap ketika selesai kegiatan ini,apa yang didapatkan selamat kegiatan perkemahan akan di terapkan di jemaat.


"Ya,saya tentunya berharap hal- hal yang di terima dalam kegiatan yang sifatnya inovatif dan kreatif ini akan berdampak baik dalam pelayanan jemaat dimana mereka berada," tuturnya saat di wawancara media Carikabar.id. Selasa (26/06/2023).


Pdt Waworuntu juga berharap sebagaimana komitmen panitia akan maksimal dalam tugas pelaksana perkemahan samapi selesai.


"Tekat dari Panitia pelaksana Perkemahan dan komitmen untuk melaksanakan tugas panggilan mulia ini sebagai beban tanggungan ilahi Tuhan Yesus, sehingga dapat selesai dengan baik," ujar Pdt Waworuntu yang juga menjabat Ketua KD Pelaht GPdI Sulawesi Utara.


Panitia kegiatan perkemahan Pdt Nofry Mandagi, dalam sambutannya, momentum kreatif dan mulia itu, generasi muda

mendapat pembinaan yang hakiki melalui Alkitab.


"Kegiatan inovatif dan kreatif mulia ini, menjadi motivasi dan spirit bagi generasi muda GPdI," kata Pdt Mandagi.


*Middle*







Rio Dondokambey Beri Materi Wawasan Kebangsaan Dihadapan Puluhan Ribu Peserta Yout Camp GPdI Sulut

Rio Dondokambey Beri Materi Wawasan Kebangsaan Dihadapan Puluhan Ribu Peserta Yout Camp GPdI Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua DPD KNPI Sulawesi Utara Rio Dondokambey memberikan pembekalan materi tentang “Wawasan Kebangsaan” kepada Pemuda dan Remaja Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara peserta Youth and Teens 2023 di Bumi Perkemahan Pantecostal Cetre Buha Kota Manado, Rabu (28/06/2023).


Dihadapat puluhan ribu anak muda GPdI tersebut, Rio Dondokambey menyampaikan materi wawasan kebangsaan bertujuan untuk menanamkan bela negara dan cinta tanah air.


"Sebagai pemuda gereja harus memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia," kata Bung Rio sapaanny.


Bakal Calon Legislatif Provinsi Sulawesi Utara pun mengingatkan remaja dan pemuda GPdI untuk memahami nilai-nilai kebangsaan.


"Remaja dan Pemuda sebagai peserta Yuth Camp ini adalah sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang," sebut Rio.


Dari pantauan media suasana peserta yang begitu antusias mendengar paparan dari tokoh muda Sulawesi Utara Rio Dondokambey.


"Bangga melihat dan mendengar penyampaian materi wawasan kebangsaan yang di sampaikan  oleh bung Rio tadi, sunggu luar biasa dan bersyukur atas materi yang di jelaskan," sebut Pricilia sebagai peserta yang mengikuti materi itu.


Turut hadir dalam acara ini, Kaban Inspektorat Provinsi Sulawesi Drs Meiki Onibala, M.Si yang juga menjabat sebagai Ketua KD Pelprip GPdI Sulawesi Utara, Unsur MD GPdI Sulut serta KD Pemuda dan KD Remaja.


*Middle*


Senin, 26 Juni 2023

Akibat Listrik PLN Padam, Aktifitas Kegiatan Lumpuh Total di Youth Camp GPdI Sulut 2023

Akibat Listrik PLN Padam, Aktifitas Kegiatan Lumpuh Total di Youth Camp GPdI Sulut 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Akibat pemadaman listrik oleh pihak PLN berjam-jam, aktifitas kegiatan  acara perkemahan rohani di hari pertama lumpuh total. Senin (26/06/2023).


Pasalnya, para pengguna usaha pencarian dana lewat tenda kantin telah mengalami kerugian besar akibat terjadi pemadaman listrik berjam-jam lamannya.


Kondisi pagi ini di lokasi perkemahan

Tenda Kantin-kantin tersebut telah mengeluarkan biaya pendaftaran Rp 1.500.000 di tambah dengan biaya listrik sekitar Rp 5000.


Sontak sajak hal itu menimbulkan protes dari semua pelaku usaha bahkan dari peserta perkemahan yang menyedot puluhan ribu orang lewat media sosial.


"Kantin perkemahan cukup mahal bayar lampu PLN (Multi Guna), sementara lampunya sudah sejak sore mati," tulis salah satu akun dengan nama @Jerry.


Sementara akun lain menulis, semoga ada solusi terbaik dari panitia perkemahan,maka air bersih WC dan kamar mandi tidak berfungsi baik.


"Semoga ada solusi terbaik dari Pan Perkemahan listrik mati", penggalan tulis akun dengan nama@Handri.


Sementara itu, awak media CariKabar.id saat mendatangi penanggung jawab pasokan listrik kantin dan tenda peserta CR (alias Chart) mengatakan suplaian listrik telah melampaui batas.


"Saya telah bertanya ke pihak PLN, mereka katakan penggunaan listrik di lokasi perkemahan itu sudah melewati batas penggunaan, tapi mereka akan segera memperbaiki," sebut Cart.


Suasana di bangsal utama 


Dari pantauan media, sampai berita ini di turunkan listrik masih padam dan para pengguna lokasi perkemahan baik kantin dan peserta lalu-lalang mencari air dan pengguna kantin cemas dengan peralatan listrik.


*Middle*


Resmi Dibuka, Dihadiri 20.000 Peserta Youth Camp 2023 Pemuda dan Remaja GPdI Sulut

Resmi Dibuka, Dihadiri 20.000 Peserta Youth Camp 2023 Pemuda dan Remaja GPdI Sulut

MANADO, CARIKABAR.ID - Pelayanan Pemuda dan Remaja (Pelprap) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Perkemahan Pemuda dan Remaja 2023, bertempat di Bumi Perkemahan Pantecostal Centre Buha, Kota Manado, diawali ibadah pembukaan pada, Senin ( 26/06/2023) sore.


Ibadah pembuka dipimpin Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, mendasarkan kotbhanya pada bacaan Alkitab dalam Matius 5 ayat 16, 'Terang mu bercahaya'.


Dihadapan 20.000 an peserta


perkemahan, Pdt Yvonne Awuy-Lantu mengajak anak muda gereja, untuk menjadi terang bagi banyak orang.


"Orang akang melihat terang bercahaya pada pemuda dan remaja, ada perbuatan baik anak Tuhan bagi arang lain yang memuliaakan Tuhan," kata Pdt Yvonne.


Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara di bacakan Sekretaris Provinsi Stive Kepel mengingatkan anak muda gereja harus menjadi terang dengan memhidarkan diri dari perbuatan yang tidak baik.


Ketua Komisi Daerah Pelayanan Pemuda (KD - Pelpap) Pdt Stefanus Sumolang menyapa dalam ucapan selamat datang, para undangan baik Pemerintah maupun Pengurus Komisi Pusat maupun Pengurus MD dan Komisi-Komisi Daerah serta para peserta perkemahan serta undangan lainnya.


Laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan 

Ketua Panitia Pelaksana Pdt Nofry Mandagi dan menyampaikan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka, memperkuat dan memperdalam pengetahuan rohani pemuda dan remaja GPdI.


Sementara itu Sekretaris Panitia Pelakasana Rolos, S.Th membacakan surat ijin pelaksanan kegiatan perkemaham pemuda dan remaja GPdI 2023 dari Kepolisian Daerah Sulawesi Utara.


Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Prov Sulut dr Fransiskus A. Silangen, SPB, KBD, Kanwil Kemenag Sulut, Perwakilan TNI dan Polisi, Ketua KP Pelprap, Semua pengurus KD GPdI Sulawesi Utara dan undangan lainnya.


*Middle*

Jumat, 23 Juni 2023

Pelprap GPdI Aertembaga Bitung Ikut Perkemahan Rohani 2023

Pelprap GPdI Aertembaga Bitung Ikut Perkemahan Rohani 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pelayanan Pemuda dan Remaja (Pelprap) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Aertembaga Kota Bitung, Sulawesi Utara telah siap mengikuti Perkemahan Pelprap Sulawesi Utara.


Hal ini dibuktikan dengan dimulainya proses pembuatan pendirian tenda yang dikerjakan oleh sejumlah jemaat, baik orang dewasa dan anak mudah bakan di bantu oleh ibu-ibu.


Menurut gembala sidang GPdI Aertembaga Pdt Novi Manarongsong, M.Th mengatakan, keikutsertaan pelayana pemuda dan remaja tersebut sebagai bukti dari kepedulian peningkatan mutu rohani anak muda di akhir zaman.


"Tentunya menjadi harapan dalam momentum tahunan ini, anak mudah kami akan di isi dengan pemahaman rohani yang matang di era teknologi informasi," kata Pdt Manarongsong.


Dijelaskannya juga, acara ini merupakan momentum yang tepat dalam rangka pembinaan mental anak muda dalam membentengi hidup yang memuliakan Tuhan.


"Saya sebagai gembala sidang sangat mengsuport kerja pelayanan dari Komisi Daerah Pelayanan Pemuda dan Remaja (KD Pelprap) GPdI Sulawesi Utara dalam penyelenggaraan Perkemahan ini, ucap Pdt Novi sapaan akrabnya.


Sebagaimana diketahui perkemahan Pemuda dan Remaja GPdI Sulawesi Utara akan di laksanakan pada Senin-Jumat (26-30/06/2023) bertempat di Bumi Perkemahan Pantecostal Cetre Buha, Jl Ring Road II Kota Manado.


Kegiatan yang mengangkat tema "BE  GAINFUL" di ikuti 18.000 peserta baik dari Sulawesi Utara maupun dari beberapa daerah lain.


*Middle*

Kamis, 22 Juni 2023

MD GPdI Sulut Jadi Contoh Bagi Daerah Lain, Saat Tim Rely Doa Puasa Nasional GPdI Kunjungi Kantor MD Sulut

MD GPdI Sulut Jadi Contoh Bagi Daerah Lain, Saat Tim Rely Doa Puasa Nasional GPdI Kunjungi Kantor MD Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy - Lantu di dampingi Ketua Komisi Daerah Pelayanan Wanita Pantekosta (KD Pelwap) Pdt Frike Kesek- Pelealu, STh menerima kunjungan rombongan tim Rely Doa Puasa Nasional GPdl di Kantor MD GPdI Sulawesi Utara, Kamis (22/06/2023) sore.


Rombongan Tim Rely Doa Puasa Nasional GPdl Rayon ll yang meliputi Daerah Sulawesi dan Kalimantan tersebut di sambut dan langsung diarahkan Ketua KD Pelwap Pdt Frike Kesek- Pelealu ke Ruang Rapat Pleno MD dan Ruangan Komis dan Ruang Pimpinan serta langsung menjelasakan penggunaannya.


"Ini ruangan rapat pleno yang di gunakan untuk penyelesaian masalah organisasi dan penggembalan juga ada ruangan kerja Ketua, Sekretaris dan Bendahara serta ruang kerja semua komisi," kata Pdt Frike.


    Pdt Frike Kesek-Pelealu saat menjelaskan      fungsi dari semua ruangan di Kantor MD        GPdI Sulawesi Utara 


Dijelaskan Pdt Frike, saat Pimpinan dan anggota-anggota MD melasanakan rapat pleno pengurus Pelwap menyediakan pelayana ringan sampai menu makan siang.


"Kami Pengurus dan anggota KD Pelwap harus mengsuport bapak-bapak pengurus dan anggota MD yang notabene suami kami masing-masing dalam tugas organisasi karena kadang rapat pleno samapai malam hari," sebut Pdt Frike yang menjabat Ketua KD 2 periode ini.


Dari pantauan Awak Media @CariKabar.id rombongan yang langsung di sapa Panitia dan seluruh anggota Pelwap, mereka merasa kagum  dengan penataan organisasi yang didukung dengan fasilitas kerja.


Salah satu rombongan yang di wawancarai media CariKabar.id menyampaikan rasa salut buat fasilitas dan penatalayanan yang ada di MD GPdI Sulawesi Utara.


"Saat mengunjungi kantor MD ini, saya mengatakan GPdI Sulawesi Utara adalah luar biasa, ini menjadi sebuah contoh bagi daerah lain bagaimana sebuah sistem yang terbagun dan bangga dengan pertemuan dengan semua unsur MD dan hospitalitynya patut di apresiasi," tutur Pdt Indriyati Sumarau dari Makasar.


*Middle*

Rabu, 21 Juni 2023

Didukung KP, KD Pelnap Sulut Gelar Kemah Anak 2023

Didukung KP, KD Pelnap Sulut Gelar Kemah Anak 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Daerah Pelayanan Anak Pantekosta (KD Pelnap) GPdI Sulawesi Utara akan melaksanakan kegiatan acara Kemah Anak Pantekosta 2023 Komisariat Manado II, Minahasa Raya dan Minahasa Tenggara.


Acara yang mengusung tema 'Moving Forward' tersebut bagian dari program Komisi Daerah Pelnap GPdI Sulawesi Utara tahun 2023.


Bendahara Komisi Pusat Pelnap Pdt Debora Sumolang-Awuy, STh mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi peningkatan, kemajuan rohani anak-anak  sekolah minggu.


"Tentunya kami komisi pusat sangat mendukung kegiatan kemah anak yang ada di komisi daerah, dengan harapan sebagaimana tema yang diusung yaitu supaya anak dapat bergerak maju  untuk kemuliaan Tuhan," kata Pdt Debora.


Sementara itu, Ketua Komisi Daerah Pelnap Pdt Frangky Umboh, STh menjelaskan, kegiatan Kemah anak di Sulawesi Utara akan di gelar di beberapa tempat.


"Harapan kami, yang akan menyelenggara kegiatan kemah anak yaitu, Komisariat Manado ll, Minahasa Raya dan Minahasa Tenggara , untuk maksimalkan momentum ini," ucap Umboh.


Kepada Awak Media @CariKabar.id, Ketua Pelnap Komisariat Manado ll Janty Rumimpunu, STh mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut di isi dengan berbagai acara menarik bagi anak-anak peserta kemah.


"Acara seru, dianataranya parade anak, praise and worship, sport, intinya membawa anak pada pengenalan sunggu akan Tuhan," tutur Rumimpunu.


Ketua Panitia Kemah Anak Komisariat Manado ll Pdt Joyke Lendo menyatakan kesiapan pelaksanaan momentum tahunan ini, akan menghadirkan seribuan anak pantekosta di area  Bumi Perkemahan Pantecostal Cetre Buha.


"Akan menggerakan semua anak sekolah Minggu yang ada di Manado dan Kabupaten Minahasa Utara pada tanggal 4-6 Juli 2023 nanti," ucap Pdt Lendo.


*Middle*





Senin, 19 Juni 2023

Rukun Taranak Tumanduk (RTT) Sulut Gelar Ibadah HUT ke-4

Rukun Taranak Tumanduk (RTT) Sulut Gelar Ibadah HUT ke-4


WANGA/MINSEL, CARIKABAR.ID
- Keluarga besar Rukun Taranak Tumanduk se-Sulawesi Utara melaksnanakan kegiatan acara pertemuan dalam rangka HUT ke-4, bertempat di Keluarga Tumanduk Pelle, di Desa Wanga Kecamatan Motoling Timur, Rabu (19/07/2023) siang.


Acara di awali ibadah yang di pimpin Pdt Sherly Makalew Kaunang, S.Th mengajak serta memohon dalam doanya kiranya Rukun Taranak Tumanduk se-Sulawesi Utara dapat memberikan dampak yang baik dalam menjalin keakraban bersama.


"Tuhan kiranya menolong kelanjutan aktifitas kegiatan dari keluarga Besar Rukun Tumanduk akan memberikan berkat demi terciptanya keharmonisan hubungan sesama keluarga serta masyarakat umumnya," ucap Pdt Kaunang dalam doanya.


Sementara itu, Ketua Rukun Taranak Tumanduk (RTT) se-Sulawesi Utara DR Moris Sammy Tamanduk mengatakan, kegiatan rukun bertujuan untuk menjaga keharmonisan sesama keluarga sekalipun jarak yang berbeda jauhnya.


"Tak lupa juga kegiatan ini bentuknya kemanusiaan, seperti dana bantuan orang sakit, orang meninggal dan lain sebagainya," sebut Moris Sammy.


Penasehat RTT Beren Tumanduk menjelaskan, temu kangen dilakukan agar tali persaudaraan di antara keluarga tetap terjaga dan diingat selalu.


"Supaya akan saling tahu siapa leluhur dan keturunannya dan melestarikan budaya keluarga," tutur opa Beren sapaannya juga di iakan opa Hans Tumanduk.


Seperti diketahui kegiatan ini juga berkaitan dengan HUT ke-84 opa Beren Tumanduk dan Ulang tahun perkawinan ke-1 Keluarga Tumanduk Pelle.


*Middle*

Minggu, 18 Juni 2023

Ini Harapan Walikota Manado di Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Ini Harapan Walikota Manado di Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang, didampingi Ketua TP-PKK Kota Manado  Irene Angouw-Pinontoan dan Sekretaris TP-PKK Kota Manado dr. Merry Sualang-Mawardi, Sp.A, menghadiri kegiatan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023, di Kelurahan Tumumpa Dua, Kecamatan Tuminting. Sabtu (17/06/2023).


Dalam sambutannya Wali Kota menyampaikan, bahwa sudah menjadi tugas Pemerintah Kota Manado untuk melayani masyarakat. 

"Lomba kelurahan bertujuan untuk mendapatkan satu acuan dalam pelaksanaan pembangunan dan administrasi pengelolaan pemerintahan yang ada di kelurahan," kata Walikota.


Wali Kota juga berharap, pelayanan kepada masyarakat dapat semakin optimal karena pemerintah kelurahan adalah ujung tombak dalam pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan Kota Manado.  

"Kami berharap penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 di Kelurahan Tumumpa Dua ini dapat memberikan hasil yang maksimal," sebut Walikota.


Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dr. Jemmy Kumendong, M.Si, Asisten II Atto Bulo, S.H., M.M, Camat Tuminting Reintje Heydemans, Lurah Tumumpa Dua Renaldy Kalesaran, serta para tim penilai lomba kelurahan.

*Middle*

Ditutup dengan Kemeriahan FBKM 2023 Manado

Ditutup dengan Kemeriahan FBKM 2023 Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
– Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023 ditutup dengan meriah di Kawasan Megamas, Sabtu (17/06/2023) malam.


Kesuksesan kegiatan ditandai dengan terselenggaranya seluruh rangkaian acara dan lomba-lomba yang ada. Kehadiran dari ribuan masyarakat Manado yang mengunjungi lokasi kegiatan selama tiga hari berturut-turut, juga menjadi indikator keberhasilan FBKM 2023.


Ini pun mendapat apresiasi langsung dari Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang, selaku penggagas kegiatan.


“Kegiatan ini sudah berhasil diikuti dan dirasakan seluruh masyarakat Manado yang datang berkunjung. Baik dari kalangan anak-anak usia dini, remaja, pemuda, bapak-bapak, ibu-ibu, dan oma opa,” ujar Sualang dalam sambutannya.


“FBKM 2023 tentu tidak akan terlaksana tanpa kerja keras semua pihak, mulai dari jajaran SKPD di Pemkot Manado, stakeholder, dan panitia yang dipimpin Ketua TP-PKK Manado, Ibu Irene Pinontoan. Kita beri applause dulu,” sorak Wawali.


FBKM 2023 sendiri ditutup dengan beragam acara. Mulai dari penyerahan hadiah bagi pemenang lomba, penampilan band lokal, pertunjukan kembang api, dangdut koplo, dan DJ performance.


Closing ceremony FBKM 2023 turut dihadiri langsung Walikota Manado, Andrei Angouw, jajaran pimpinan Pemkot Manado, dan masyarakat dari 11 Kecamatan.

*Middle*

Camp Pelprap GPdI Sulut, Seksi Kalping Rapat Finalisasi Pembagian Kalping Peserta Senin Besok

Camp Pelprap GPdI Sulut, Seksi Kalping Rapat Finalisasi Pembagian Kalping Peserta Senin Besok


MANADO, CARIKABAR.ID
- Panitia Perkemahan Pemuda Remaja GPdI Sulawesi Utara melalui Seksi Kapling melaksanakan rapat finalisasi pembangian Kapling Peserta besok hari, Senin (19/06/2023).


Koordinator Seksi Kapling Pdt Bobby Mongkau di dampingi Wakil Koordinator Pdm Eric Opo Odameng memimpin langsung rapat tersebut yang dihadiri oleh ketua-ketua Kelompok seksi Kapling dan anggotanya di Tenda Sekretariat lokasi perkemahan, Minggu (18/06/2023) malam.


Koordinator Seksi Kapling Pdt Bobby Mongkau mengatakan, pembagian kapling peserta akan di mulai besok Senin (19/06/2023) dimulai pukul 09:00 Wita pagi.


"Untuk teknis pengambilan kapling peserta, harus membawa tanda bukti pendaftaran berupa Kwitansi, baru kemudian akan di tuntun oleh bagian kapling ke lokasi yang di siapkan," kata Mongkau.


Sementara itu, Wakil Koordinator Seksi Kapling Pdm Eric Odameng menambahakan, kapling yang sudah di siapkan ada 1.700 san.


"Kami sudah mengatur beberapa blok dari 1.700 san kaplin untuk mempermudah pembagian kapling, jadi peserta yang akan mengambil kalping akan di arahkan oleh setiap penanggung jawab blok," sebut Odameng.


Dari pantauan media Carikabar.id, rapat di hadiri   kurang lebih 50 orang seksi kalping, mereka telah sepakat menyatakan kesiapan untuk tugas pembagian kalping besok (senin, 19/06).


Salah satu pengurus seksi kalping Marthen Singal menyatakan akan siap melaksanakan tugas sesuai tupoksi yang ada.


"Siap langsanakan tugas dari penanggung jawab,pokoknya pembagian kalping di jamin aman" ucap Singal.


Demikian juga Pdm Devis Lumenta mengungkapkan kesiapan kerja seksi kalping sudah maksimal.


" Kami sudah siap dilokasi sejak hari ini (Minggu, 18/05),jadi kami tidak akan pulang lagi ke rumah masing-masing, akan tidur di lokasi perkemahan ini,mengingat besok kami sudah harus fokus untuk mengatut pembagian kapling peserta," tutur Lumenta.


*Middle*

Sabtu, 17 Juni 2023

Animo Lomba Mewarnai FBKM 2023 Ditunjukkan Anak-anak Usia Dini

Animo Lomba Mewarnai FBKM 2023 Ditunjukkan Anak-anak Usia Dini


MANADO, CARIKABAR, ID
- Animo Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023 tidak hanya ditunjukan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak usia dini.

Ini terlihat dari membludaknya jumlah peserta lomba mewarnai tingkat PAUD, yang digelar FBKM 2023 di area Dinas Pariwisata, Sabtu (17/6/2).

Dari target peserta yhimyang hanya 50, pada akhirnya menjadi 176 orang. Mereka mewakili PAUD yang ada di Kota Tinutuan.

Antusiasme tersebut diungkapkan Valerie Rarun sebagai salah satu peserta. “Tadi saya ikut lomba mewarnai Soekarno selama satu jam dengan banyak teman-teman. Saya suka sekali dengan acara ini. Semoga bisa jadi juara,” harapnya. Ok

Melihat banyaknya peserta, panitia melaksanakan lomba berdasarkan beberapa kloter. Untuk teknis penilaian juri dijelaskan Agung Sugiono selaku Person In Charge (PIC).

“Kami akan menilai hasil mewarnai peserta berdasarkan beberapa indikator. Pertama dari segi kerapihan, kedua kreativitawarna, dam ketiga ketepatan warna,” jabarnya.

“Dari 176 anak yang ikut serta, kami hanya akan memilih enam orang sebagai juara. Untuk penyerahan hadiah akan diberikan sebentar, pada malam penutupan FBKM 2023 di panggung utama,” tandas Agung.

*Middle*

Jumat, 16 Juni 2023

Hari Kedua FBKM 2023 Dimeriahkan Ratusan Peserta Senam Sicita

Hari Kedua FBKM 2023 Dimeriahkan Ratusan Peserta Senam Sicita


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang beserta jajaran menyaksikan langsung kemeriahan lomba SICITA di hari kedua Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023, Jumat (16/6/2023).


Berlangsung di area Dinas Pariwisata dan Auditorium Megamall, kegiatan diikuti ratusan peserta yang merupakan perwakilan 11 kecamatan di Manado. Mereka terbagi dalam kategori Ketua Lingkungan dan Umum.


Setelah berlangsung beberapa jam, para pemenang di kedua kategori langsung diumumkan juri. Ini telah dinilai berdasarkan beberapa aspek.


"Setelah melihat penampilan masing-masing tim, kami telah merampungkan total keseluruhan nilai. Ini diperoleh dari tiga juri yang ada yang ada, mulai dari teknik gerak, kreatifitas, keserempakan, dan komposisi," jelas Jefry Polii. 


Pemenang lomba SICITA FBKM 2023 dimulai dari kategori Ketua Lingkungan, yang terdiri dari Tim Kecamatan Malalayang (juara 1), Tim Kecamatan Paal 2 (juara 2), Tim Kecamatan Wanea (juara 3).


Sedangkan untuk kategori Umum dimenangkan oleh Tim Mapanget (juara 1), Tim Kecamatan Paal 2 (juara 2), dan Tim Kecamatan Tikala (juara 3).


Selain lomba SICITA, masih terdapat beberapa lomba mewarnai PAUD, lomba pidato tingkat SD-SMP "Andai Aku Menjadi Soekarno," lomba bebat Bahasa Indonesia tingkat SMA, lomba kostum Bung Karno antar SKPD, lomba cipta menu sehat cegah Stunting, kompetisi Bartender, dan Kpop Dance Battle. 

*Middle*

Kamis, 15 Juni 2023

Pemkot Manado Raih Sertifikat Penghargaan Diterima Wawali Richard Sualang

Pemkot Manado Raih Sertifikat Penghargaan Diterima Wawali Richard Sualang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang, mewakili Wali Kota Manado Bapak Andrei Angouw, hadir meneriman Sertifikat Penghargaan Eliminasi Malaria oleh Kementerian Kesehata RI di Ibukota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Kamis,(15/6/2023).


Sertifikat Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dr. dr. Maxi R. Rondonuwu, DHSM, MARS.

Penghargaan ini diterima Pemerintah Kota Manado dibawah kepemimpinan AARS telah berhasil memberantas penularan lokal dari penyakit Malaria. Setelah diperjuangkan lebih dari 5 tahun, status eliminasi ini bisa dicapai.

Diketahui sebanyak 8 Kabupaten/Kota di Indonesia hadir menerima Sertifikat Penghargaan di IKN.

*Middle*

Walikota Andrei Angouw Buka Secara Resmi FBKM 2023

Walikota Andrei Angouw Buka Secara Resmi FBKM 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw hadir dan membuka secara resmi kegiatan Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023, di area Dinas Pariwisata, Kawasan Megamas, Kamis (15/6/2023). 

Walikota Manado, dalam sambutannya, ¹mengapresiasi perhelatan FBKM yang sebelumnya telah sukses digelar pada tahun 2022.

"Mewakili Pemerintah Kota Manado, saya mengapresiasi pelaksanaan FBKM yang kembali digelar tahun ini," kata Angouw.

Melalui momentum ini, ia berharap agar kecintaan masyarakat terhadap sosok Bung Karno tidak luntur seiring berkembangnya jaman. Sehingga masyarakat bisa turut melanjutkan cita-cita Sang Putra Fajar, sebagaimana yang tertuang dalam Trisakti Bung Karno.

"Yang ingin saya tekankan adalah, bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawannya. Terutama jasa Sang Bapak Proklamator kita yang telah berjuang memproklamasikan dan memerdekakan Indonesia," sebut Walikota.

"Untuk itu saya berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap Bung Karno, supaya kita bisa turut melanjutkan cita-citanya untuk mencapai kemerdekaan yang sempurna. Seperti berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," tandas orang nomor satu di Manado tersebut.

FBKM 2023 akan berlangsung hingga Sabtu (17/6/2023). Segudang acara dan lomba akan mengisi tiga hari pelaksanaan kegiatan. Ini terdiri dari lomba senam Sicita antar kecamatan, kostum Bung Karno antar SKPD, lomba cipta menu sehat cegah stunting, lomba mewarnai tingkat PAUD, lomba pidato "Andai Aku Jadi Bung Karno" tingkat SD-SMP, dan lomba debat Bahasa Indonesia tingkat SMA.

Selain itu, terdapat juga kegiatan di bidang Watersport & Rourism, serta Bazaar 100 UMKM Lokal yang menawarkan beragam diskon bagi pengunjung. 

*Middle*

Rabu, 14 Juni 2023

Sebanyak 27 ASN Pemkot Manado Dilantik Jabatan Fungsional

Sebanyak 27 ASN Pemkot Manado Dilantik Jabatan Fungsional


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado menggelar pelantikan pejabat fungsional, Sekretaris Kota (Sekkot) Manado, Dr. Micler C.S. Lakat SH MH, telah mengangkat dan melantik 21 pejabat fungsional baru di lingkungan Pemkot Manado, Rabu (14/6/2023).


Kegiatan tersebut, Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kota Mickler Lakat di aula BKPSDM Pemkot Manado mengatakan, Pemerintah melakukan perubahan cepat di lingkungan kerja.


“Saat ini kita dituntut melakukan perubahan yang cepat serta inovasi-inovasi yang ada di lingkungan unit kerja kita masing masing,” kata Micler Lakat, kata  Wali Kota Andrei Angouw.


Sekot Mickler Lakat, menambahkan saat membacakan sambutan mengatakan, bahwa Andrei Angouw menaruh harapan besar kepada ASN yang kini mengemban jabatan fungsional.


“Bahwa saudara dapat menjadi ahli di bidang kerja masing-masing lebih khusus di kota Manado. Sekarang dan ke depan nanti akan membutuhkan lebih banyak pegawai yang berkualifikasi ahli,” sebut Lakat.


Ini nama-nama pejabat fungsional baru yang diangkat dan dilantik:


*Middle*

Selasa, 13 Juni 2023

Kadis Dukcapil Erwin Kontu Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Pegawainya

Kadis Dukcapil Erwin Kontu Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Pegawainya


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pelaksana Harian (Plh) Disdukcapil Kota Manado, Erwin S. Kontu, S.H., memimpin secara langsung penandatanganan pakta integritas oleh para pegawainya, dalam rangka peningkatan efektivitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado, bertempat di Ruang Rapat Disdukcapil Kota Manado, Senin (12/06/2023).

Pakta integritas ini merupakan pernyataan dari ASN dan THL di Disdukcapil Kota Manado yang mendapat tugas dan tanggung jawab menggunakan Aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK). 


Perlu diketahui, Aplikasi SIAK ini sebelumnya hanya digunakan oleh 2 Kepala Bidang yaitu Bidang Pencatatan Sipil dan Bidang Administrasi Kependudukan. Namun, Plh. Disdukcapil Kota Manado menambah verifikator ASN sebanyak 8 orang yang terdiri dari Pejabat Eselon III, IV, dan para Pejabat Fungsional.


Selesai menandatangani pakta intergritas, Plh. Disdukcapil Kota Manado langsung memerintahkan para pegawai untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

*Middle*

Senin, 12 Juni 2023

Pengambilan Kapling Kantin Perkemahan Pelprap GPdI Sulut Telah Dimulai

Pengambilan Kapling Kantin Perkemahan Pelprap GPdI Sulut Telah Dimulai


MANADO, CARIKABAR.ID
- Perkemahan Pelayan Pemuda dan Remaja (Pelprap) GPdI Sulawesi Utara akan digelar pada Senin-Jumat (26-30/06-2023), telah memulai pengambilan Kapling untuk Kantin Penjualan, Senin (12/06/2023).


Ketua Panitia Perkemahan Pdt Nofri Mandagi melalui Koordinator Kapling Pdt Bobby Mongkau mengatakan, pengambilan Kapling tahap pertama untuk Kantin Penjualan dimulai

hari Senin 12/06/2023 pukul 9:00 wita bertempat di Sekretariat Lokasi Perkemahan.


"Yang kami layani pengambilan kapling sekarang ini yaitu Kalping Kantin Penjualan mulai hari Senin 19 Juni 2023, sebagaimana keputusan Panitia," kata Pdt Mongkau.


    Wakor Eric Odameng sedang mengatur          kapling

Dijelaskan Mongkau di dampingi Wakil Koordinator Pdm Eric Odameng, untuk pengambilan Kapling Peserta pada Senin 19/06/2023  pukul 9:00 wita di sekretariat lokasi perkemahan.


"Nantinya pengambilan Kapling Peserta pada hari dimulai Senin 19 Juni 2023, jadi untuk sekarang ini kami masih melayani Kapling Kantin Penjualan," tegas Pdt Mongkau.


    Tenda Kantin Penjualan 

Dari pantauan Media CariKabar.id di lokasi Perkemahan tersebut, telah dimulai pembuatan tenda Kantin Penjualan,sementara itu kampling peserta masih dalam pemetaan.


*Middle*


Minggu, 11 Juni 2023

Kadis Dukcapil Erwin Kontu Konsisten Kegiatan Jemput Bola Langsung Kemasyarakat

Kadis Dukcapil Erwin Kontu Konsisten Kegiatan Jemput Bola Langsung Kemasyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado Erwin Kontu, menjadi percontohan bagi sejumlah Dinas di lingkup Pemerintah Kota Manado terkait terobosan baru melalui sistem jemput bola kepada Masyarakat.

Hal tersebut direalisasikan, Disdukcapil Kota Manado melakukan kegiatan jemput bola bagi penduduk lansia dan difable di kecamatan Mapanget dan Paal Dua. Rabu (31/05/2023)

Sebanyak 5 orang lansia dan 7 orang difable mendapatkan layanan perekaman KTP-el dan pembuatan Kartu Keluarga, dimana 5 orang diantaranya tidak pernah terdata sebelumnya.

KTP dan Kartu Keluarga tersebut telah diserahkan pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2023 kepada pihak Kelurahan Paniki Bawah untuk selanjutnya diantar ke rumah warga.

Plh. Kepala Dinas Dukcapil Kota Manado, Erwin Kontu, SH menyampaikan, bahwa Lansia dan para penyandang disabilitas (difable) harus difasilitasi untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

"Dengan memiliki dokumen kependudukan, mereka bisa mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Kota Manado," kata Kontu.

Selain kegiatan jemput bola, Disdukcapil Kota Manado juga menyediakan loket prioritas untuk layanan tatap muka di kantor serta layanan online lewat ManadoHub.

"Saat ini terdata sebanyak 60.802  lansia dan 1.081 difable di Kota Manado," sebut Kontu.

Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan jemput bola bagi penduduk lansia dan penyandang disabilitas  dapat menghubungi Lurah atau Ketua Lingkungan setempat atau bisa menghubungi call centre 112. 

*Middle*

Ayo Buruan! Masih Dibuka Pendaftaran UMKM di Festival Bung Karno Manado 2023

Ayo Buruan! Masih Dibuka Pendaftaran UMKM di Festival Bung Karno Manado 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
– Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023 tidak hanya diramaikan dengan acara spektakuler serta lomba-lomba berhadiah puluhan juta rupiah. Tapi juga dengan kehadiran Bazaar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang menawarkan segudang promo bagi pengunjung di lokasi kegiatan.


Kalau sebelumnya FBKM 2022 hanya menyediakan 37 tenant, kali ini ditingkatkan menjadi 100 UMKM. Pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak awal Juni 2023 dan akan ditutup pada 13 Juni 2023.


“Kami membuka kesempatan bagi 100 UMKM lokal yang ingin terlibat dalam FBKM 2023. Saat ini sudah 70 yang mendaftar dan masih ada 30 kuota UMKM yang belum terisi,” ungkap Ketua Umum Panitia FBKM 2023 Iren Golda Pinontoan (IGP) didampingi Ketua Bidang Tenant, Andrew Palit.


Konsep UMKM dalam FBKM tahun dipastikan berbeda dari tahun sebelumnya, baik dari ragam produk yang disediakan, dekorasi, serta event-event yang akan digelar.


“Selain ada diskon-diskon yang tersedia di semua tenant, dekorasi dari masing-masing UMKM akan berbeda dari biasanya. Ada juga event yang akan melibatkan pengunjung di lokasi kegiatan. Bagaimana eventnya? Kita nantinya saja,” ungkap isteri tercinta Walikota Manado Andrei Angouw ini.


“UMKM yang berpartisipasi dalam FBKM 2023 didominasi oleh produk kuliner, fashion, dan kita ketambahan dari body care. Untuk pendaftaran tenant kita tutup di H-2 kegiatan,” tambah Andre, Staf Khusus Walikota Manado Bidang Pemberdayaan Kooperasi dan UMKM.

Bagi UMKM yang ingin terlibat dalam perhelatan akbar bulan Bung Karno di Manado, bisa langsung menghubungi contact person panitia yang tertera dalam poster kegiatan.

*Middle*

Sabtu, 10 Juni 2023

SMPN 10 Manado Gelar Penamatan 332  Siswa-Siswi Kelas IX

SMPN 10 Manado Gelar Penamatan 332 Siswa-Siswi Kelas IX


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Manado melaksanakan kegiatan acara penamatan 332 siswa-siswi Kelas IX tahun ajaran 2022/2023, di hadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Steven Tumiwa, M.Pd, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Sabtu (10/06/2023).

Kepala Sekolah SMPN 10 Manado Venny Margaretha Mononimbar SPd dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas keberhasilan semua anak didik kelas IX.

"Bangga dengan 332 peserta didik khususnya siswa-siswi Kelas IX SMPN 10 Manado telah dinyatakan lulus semuanya. Tentunya hal ini tidak lepas dari peran serta semua guru-guru yang ada.

    Sekretaris Komite Sekolah Wirabuana            Talumewo saat menyampaikan sambutan

Sementara itu Ketua Komite Sekolah SMPN 10 Reza Rumambi melalui Sekretaris Komite Wirabuana Talumewo menyampaian apresiasi atas terselengganya acara penamatan ini.

"Sekalipun Kepala sekolah baru beberapa bulan menjabat namun telah menunjukan keberhasilan yang signifikan bagi kemajuan SMPN 10 Manado ini," sebut Wirabuana.

Tak lupa juga Wirabuana mengingatkan para siswa-siswi bersama orang tua untuk tetap membangun komunikasi dengan pihak sekolah.

"Jika ada permasalahan terkait anak-anak para orang tua yang menuntut ilmu di lingkup SMPN 10 Manado,agar secepatnya menyampaikan kepada Komite Sekolah untuk diselesaikan," ucap Wirabuana.

    Foto bersama Kepala Sekolah dan Guru-          Guru serta siswa-siswi Kelas IX SMPN 10        Manado

Acara di isi dengan penampilan kreatifitas tarian tradisional maengket siswa-siswi kelas VII dan VIII serta bintang vokalia.

Dari pantauan langsung media CariKabar.id suasana acara berlangsung meriah manakala dibacakan nama siswa-siswi yang dinyatakan lulus langsung mendapatkan sambutan hangat dari orang tua masing-masing siswa-siswi yang mendampingi anak-anak mereka.

Turut hadir, Kabid Diknas Manado Grace Sondakh, Kapolsek Mapanget serta orang tua Wali Siswa-siswi Kelas IX SMPN 10 Manado.

*Middle*

Jumat, 09 Juni 2023

Bunda PAUD Irene Pinontoan Didampingi Kadis Diknas Manado Diundang Kemendikbutristek

Bunda PAUD Irene Pinontoan Didampingi Kadis Diknas Manado Diundang Kemendikbutristek


MANADO, CARIKABAR.ID
- Bunda PAUD Kota Manado Irene G. Pinontoan didampingi Kadis Diknas Kota Manado memenuhi undangan Kemdikbudristek dalam rangka kegiatan Bunda PAUD se-Indonesia bertempat di Hotel The Sultan Jakarta. Selasa -Rabu (6-7/06/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado Steven Tumiwa mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah membangum komitmen bersama seluruh  Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-indonesia untuk Mendukung Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24. 

"Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bunda PAUD Provinsi dan Kab/Kota, Dinas Pendidikan, BGP/BPMP, dan unsur pemangku kepentingan dan kehadiran Bunda PAUD di dampingi oleh unsur dinas pendidikan dalam hal ini Plt. kepala Dinas, Kabid Pembinaan SD dan Kabid Pembinaan PAUD Diknas," kata Tumiwa. 

Dikatakannya juga, acara itu juga ada permintaan sebagaimana dalam isi surat  untuk setiap kabupaten/kota dapat memberikan materi berbagi praktek baik terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pendididikan pada siswa PAUD dan siswa SD Kelas 1 dan kls 2 dalam konteks mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. 

"Kepala Sekolah juga dilibatkan dalam acara tersebut sebagai unsur pemangku kepentingan dalam hal ini sebagai Forum Komunikasi PAUD – SD Kota Manado yang di bentuk melalui SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado sebagaimana petunjuk teknis dari Kemendikbudristek tentang panduan penyelenggaraan Forum Komunikasi PAUD – SD, dimana forum ini akan melibatkan unsur DP3A dan unsur Kecamatan," sebut Tumiwa.

Ditambahkannya juga, forum ini akan meangadodopsi kegiatan yang sama untuk menjadi program kerja yang akan dilaksanakan di Kota Manado. 

"Esensi dari transisi PAUD ke SD adalah menghilangkan tes Calistung pada pelaksanan PPDB jenjang SD, pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada jenjang PAUD dan SD selama 2 minggu, dan pelaksanaan Asesmen Diagnostik  minat dan bakat peserta didik pada SD kelas awal (kls 1-2)," ucap Tumiwa. 

Pada kesempatan itu pula Tumiwa mengungkapkan, intinya gerakan transisi  PAUD ke SD merupakan program yang membutuhkan kolaborasi dan sinergitas antara bidang PAUD dan SD. 

"Keikutsertaan Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado yang melibatkan kepala sekolah sebagai Forum Komunikasi PAUD – SD tidak mengganggu pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa kelas 6 SD karena kelulusan sepenuhnya diserahkan ke unsur satuan pendidikan dengan mengacu pada kriteria kelulusan yang tercantum pada Permendikbudristek nomor 21 tahun 2022 tentang standar penilaian pendidikan," paparnya. 

Tumiwa tak lupa pula menyampaiakan, administrasi pengumuman kelulusan sudah dituntaskan oleh satuan pendidikan sebelum tanggal pengumuman yang dilaporkan ke kepala dinas pendidikan melalui bidang pembinaan SD. 

"Harapan Bunda PAUD Kota Manado mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk terlibat aktif, bersinergi, berkolaborasi mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kota Manado," kunci Tumiwa.

*Middle*

Ketua Umum Panitia Hapsa P/KB dr Richard Sualang Sampaikan Laporan Kegiatan

Ketua Umum Panitia Hapsa P/KB dr Richard Sualang Sampaikan Laporan Kegiatan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Umum Panitia dr Richard Sualang menyampaiakan laporan mengawali ibadah puncak Kegdasiatan Hari Persatuan Pria/ Kaum Bapa GMIM resmi dimulai, di Kawasan Mega Mas Manado, Jumat (09/06/2023).


Ibadah dipimpin Pelaksana Tugas Ketua BPMS GMIM Pdt. Joli Sondakh, M.Th, yang dihadiri ribuan P/KB dari sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi Utara.


Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw, dalam sambutannya menyampaikan syukur dan selamat mengikuti perlombaan bagi seluruh peserta kemudian ditandai dengan pemukulan tetengkoren.


Penyelenggaraan HAPSA ini memperkuat persekutuan Pria Kaum Bapa di seluruh wilayah pelayanan GMIM, dimana kita menunjukkan Pria Kaum Bapa GMIM selalu menjunjung tinggi toleransi dimana dilaksanakan di Kota Manado yang masyarakatnya majemu.


"Tentu juga kita menunjukkan Pria Kaum Bapa GMIM sebagai satu kesaksian bagi masyarakat dari Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM)," kata Wagub Kandouw.

Selanjutnya acara di akhiri dengan lomba gerak jalan yang di lepas langsung Ketua Umum Panitia dr Richar Sualang.


Hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP-PKK Kota Manado, Ny Irene Angouw-Pinontoan, Forkopimda Sulut, sejumlah Kepala Daerah Kabupaten/Kota, Komisi P/KB Sinode GMIM.

*Middle*

FBKM 2023 Edukasi Siswa-siswi Manado soal Soekarno Lewat Lomba Secara Gratis

FBKM 2023 Edukasi Siswa-siswi Manado soal Soekarno Lewat Lomba Secara Gratis


MANADO, CARIKABAR.ID
- Beragam lomba dalam rangkaian kegiatan Festival Bung Karno Manado (FBKM) 2023 telah dimulai.


Ini dimulai dengan lomba Debat Bahasa Indonesia dan Pembacaan Naskah Dedication of Life Ir. Soekarno untuk tingkat SMA sederajat di Manado, lalu lomba pidato dan mewarnai untuk tingkat Paud/TK, SD hingga SMP.


Panitia FBKM 2023 mengungkapkan bahwa lomba ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, melainkan hanya perlu memenuhi sejumlah persyaratan panitia.


“Saat ini panitia tengah mempersiapkan berbagai lomba di tingkat Paud/TK, SD, SMP, dan SMA sederajat di Manado untuk mengawali FBKM 2023. Lomba-lomba ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, oleh karena itu kami mengajak kepada seluruh siswa-siswi Manado untuk berpartisipasi dalam kegiatan edukatif ini,” papar Allen Rantebua selaku Ketua Harian FBKM 2023.


“Informasi selengkapnya dari lomba-lomba ini sudah kami tuangkan dalam poster kegiatan yang telah disebar di berbagai media massa. Terdapat contact person dari panitia yang bisa dihubungi oleh pihak sekolah atau calon peserta dalam poster tersebut,” jelasnya.


Ketiga lomba akan dilaksanakan di tiga tempat terpisah. Lomba Debat Bahasa Indonesia di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado, lomba Pembacaan Naskah Dedication of Life Soekarno di Kawasan Megamas Manado, lalu lomba debat dan mewarnai akan berlangsung di Kantor Dinas Pariwisata Manado. Terdapat total hadiah jutaan rupiah hingga belasan juta rupiah di masing-masing lomba tersebut.


Tema lomba Debat Bahasa Indonesia mengangkat Visi Soekarno untuk Indonesia, yakni “Menjelajahi Gagasan dan Visi Soekarno untuk Kemerdekaan Indonesia dan Pembangunan Pasca Kemerdekaan.” Untuk lomba pembacaan naskah, para peserta akan membacakan naskah Dedication of Life Soekarno 10 September 1966. Kemudian untuk lomba pidato bertemakan “Jika Saya Menjadi Soekarno.”


Untuk informasi selengkapnya, calon peserta bisa melihat rincian keterangan dalam poster kegiatan atau menghubungi panitia FBKM 2023 yang namanya tertera di poster tersebut.

*Middle*

Kamis, 08 Juni 2023

Festival Bung Karno Siap Guncang Manado di Pertengahan Juni 2023

Festival Bung Karno Siap Guncang Manado di Pertengahan Juni 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Setelah meraih kesuksesan besar di tahun 2022, kini Festival Bung Karno Manado (FBKM) akan kembali digelar Pemerintah Kota Manado di pertengahan 2023.


Pelaksanaan FBKM sendiri untuk memperingati bulan Bung Karno, yang meliputi hari lahir Bung Karno pada 6 Juni 1901, hari kematian Bung Karno pada 21 Juni 1970, dan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 1945.


Kegiatan akan dilaksanakan di area Dinas Pariwisata Manado, Kawasan Megamas, Jumat (15/6/2023) hingga Minggu (17/6/2023). Ini dijabarkan Ketua Harian FBKM 2023, Allen Rantebua.


“Kegiatan akan berlangsung tiga hari, dimulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2023. Lokasinya di area lahan 16 persen Pemerintah Kota Manado, yang ada di lingkungan Dinas Pariwisata Manado,” bukanya.


“Pada prinsipnya, kita akan menggaungkan kembali sosok Bung Karno dalam kegiatan ini. Dengan tujuan, agar kaum muda di Manado bisa lebih memahami sosok Bung Karno secara mendalam,” jelasnya kepada awak media, Rabu (7/6/2023).


Selain memperingati bulan Bung Karno, kegiatan yang diinisiasi Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang ini, juga untuk merespon kurangnya pengenalan dan pemahaman pemuda-pemudi Kota Tinutuan, terhadap sejarah hidup Bapak Proklamator serta pencetus Pancasila tersebut.


“Sekarang kan masih banyak kaum muda yang tidak mengerti dengan tokoh Bung Karno. Untuk itu jugalah kegiatan ini dilaksanakan. Karena pada dasarnya mereka wajib mengenal siapa tokoh pembangun republik ini, dan siapa penggagas dasar negara kita,” lanjut Allen.


Konsep acara FBKM 2023 akan merefleksikan berbagai aspek dari perjalanan hidup Bung Karno. Dengan bernuansa nasionalis, kegiatan akan dikemas secara moderen untuk menarik perhatian Generasi Z.


Kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan Pemkot Manado, terhadap program pemerintah pusat yang telah menetapkan bulan Bung Karno sebagai momentum libur nasional.


Diketahui, kegiatan ini menjadi perhelatan kedua FBKM di Manado. Masyarakat yang hadir dipastikan disuguhkan berbagai acara dengan konsep yang fresh, menarik, dan bisa dinikmati semua kalangan. Terlebih khusus Generasi Z. 

*Middle*

Rabu, 07 Juni 2023

1000an Kapling Peserta Siap Dirikan Tenda Perkemahan Rohani PeLprap GPdI Sulut 2023

1000an Kapling Peserta Siap Dirikan Tenda Perkemahan Rohani PeLprap GPdI Sulut 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka kegiatan perkemahan Pelayanan Pemuda dan Remaja (Pelprap) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara, Panitia pelaksana melalui Seksi Kapleng mulai melaksanakan persiapan yaitu pemetaan kapling untuk pendirian tenda.


Kegiatan yang akan siap di gelar pada tanggal 26 Sampai 30 Juni 2023 tersebut, telah di siapkan 1000 kaplin yang akan didirikan tenda peserta, hal ini disampaikan Kordinator Seksi Kapling Pdt Bobby Mongkau saat Awak Media Carikab.id berkunjung di lokasi. Rabu (07/06/2023).

"Kami dari Panitia seksi Kapling telah menyiapkan 1000 Kapling untuk pendirian tenda peserta perkemahan Pemuda dan Remaja dan Kapling untuk Kantin Penjualan," kata Pdt Bobby.


Dia menambahkan untuk pengambilan kapleng Kantin Penjualan pada hari Senin 12 Juni pukul 9:00 WITA dan Kapling Peserta tanggal 19 Juni 2023 Pukul 9 WITA.

"Sesuai keputusan rapat Panitia perkemahan untuk pengambilan kapling Kantin Penjualan pada hari Senin 12Juni 2023 pukul 9:00 WITA dan untuk Kapling Tenda Peserta Penjualan pada tanggal 19 Juni 2023 pukul 9:00 Wita dengan menunjukan bukti pendaftaran peserta," sebut Pdt Bobby yang murah senyum itu.

Sebagaimana informasi dari Panitia Perkemahan yang mengangkat tema: Be Gainful yang bertempat di Pantecostal Cetre Buha Manado itu, jumlah pendaftar kurang lebih 12.000 peserta sampai berita ini di sampaikan.

*Middle*

Selasa, 06 Juni 2023

BKAD Kota Manado Gelar Sosialisasi Perwal Standar Biaya Umum

BKAD Kota Manado Gelar Sosialisasi Perwal Standar Biaya Umum


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sosialisasi Peraturan Walikota ( Perwal) Nomor 10 tahun 2023 tentang standar biaya umum tahun anggaran 2023 (Implementasi Peraturan Presiden Nomor 33 tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional) bertempat di Hotel Grand Puri Manado, Selasa (06/06/2023).

Kepala BKAD Kota Manado Bart Assa mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan peserta dari seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Manado.

”Kegiatan ini merupakan tindak lanjut amanat hasil pemeriksaan BPK terhadap LKPD Pemerintah Kota Manado tahun 2022. Ada hal yang perlu direvisi terhadap Perwal no 22/2022 tentang SBU tahun 2023. Sebagaimana komitmen bapak Walikota maaka Perwal yang baru yaitu Perwal No. 10 tahun 2023 tentang SBU tahun 2023 sudah terbit dan sudah mulai disosialisasikan hari ini kepada seluruh Perangkat Daerah" sebut Assa.


Tujuan lain kegiatan sosialisasi hari ini, kata Assa adalah diharapkan kepada seluruh Perangkat Daerah agar dalam merencanakan anggaran baik untuk APBD induk maupun APBD Perubahan wajib mengacu pada Perwal baru yang mengacu pada Perpres 33 tahun 2020.

”Perlu ada penjelasan yang rinci dan terukur kepada seluruh OPD, agar tidak terjadi lagi penganggaran kegiatan/sub kegiatan yang cenderung dapat mengakibatkan terjadinya pemborosan karena ketidaktaatan terhadap Perwal tentang SBU" Ujarnya lagi.

Hadir juga sebagai pemateri, Kabag Hukum Pemkot Manado F Datunsolang dan peserta Pimpinan OPD Pemkot Manado.

*Middle*

Senin, 05 Juni 2023

STA Ginosko Airmadidi Gelar Kulia Umum, Pengembalaan dalam Perspektif Teologi Biblika

STA Ginosko Airmadidi Gelar Kulia Umum, Pengembalaan dalam Perspektif Teologi Biblika


AIRMADIDI/MINUT, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) melalui Sekolah Tinggi Alkitab (STA) Ginosko Airmadidi melaksanakan kegiatan Kulia umum, 'Penggembalaan Jemaat dalam Perspektif Teologi Biblika' yang dihadiri seluruh mahasiswa dan para gembala dan ibu gembala se- Minahasa Utara, Manado dan Bitung.


Kegiatan yang menghadirkan narasumber Pdt Dr Antonius Hutapea, Th.M dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kampus STA Ginosko Airmadidi Jl Raya Airmadidi-Manado, Kabupaten Minahasa Utara.


    Pdt Dr Antonius Hutapea, Th.M saat                  menyampaikan materi


Dalam penjelasannya Pdt Antonius Hutapea mengatakan, bicara tentang pengembalaan itu juga bicara tentang keluarga.


"Dalam tugas penggembalaan, ini berarti membimbing domba-domba untuk mengenal kebenaran Tuhan, sehingga perlu diperhatikan karakter hidup pribadi keluarga gembala untuk kemudian menjadi saksi yang baik bagi domba gembalaan," kata Pdt Hutapea.


Diingatkannya juga, soal pentingnya kedisiplinan waktu dalam tugas pelayanan.


"Sebagai pemimpin harus menjadi teladan soal ketepatan waktu dalam melaksnakan kefiatan pelayanan, harus berada pada waktu yang pas dalam kegiatan yang di tentukan," ucap Hutape yang adalah Dosen tetap STA Ginosko Airmadidi ini.


    Ketua STA Ginosko Pdt DR JF                              Kaawoan,M.Th saat memberikan arahan        para peserta kulia umum


Ketua STA Ginosko Pdt Dr Johanes F Kaawoan, M.Th mengatakan, kegiatan tersebut adalah program rutin dalam rangka menambah wawasan mahasiswa.


"Melihat kebutuhan penting bagi mahasiswa tentang penggembalaan maka dilakukannya kulia umum dengan narasumber di bidangnya, sehingga materi yang di suguhkan tepat sasaran," tutur Pdt Kaawoan.


Sementara itu, Pdt Hanny Kesek salah satu peserta yang ikut kulia umum itu menyampaikan, sangat besyukur dengan adanya pemaparan materi penggembalaan dalam kulia umum ini.


"Materi ini sangatlah memotivasi dan menambahkan wawasan bagi tugas penggembalaan, kalau bisa ini di buat di wilayah sehingga akan ada keseragaman dalam konsep pelayanan semua gembala sidang," sebut Pdt Hanny Kesek yang juga sebagai Ketua Wilayah XXXII Tatelu.


*Middle*

Walikota Angouw Terima  Kunjungan Kajari Manado Baru

Walikota Angouw Terima Kunjungan Kajari Manado Baru


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw menerima kehadiran Kajari Manado yang Baru Wagiyo S.H.,M.H. bertempat diruang kerja Walikota Manado, Senin (05/06/2023).


Didampingi para Kasie, Kajari Baru memperkenalkan diri sekaligus menyampaikan berbagai informasi pengalamannya menjadi Kajari dibeberapa tempat diwilayah Indonesia seperti di Kepri, wilayah Jakarta, Surabaya dan tempat lainnya. Pak Kajari menyampaikan, bahwa sebelum menjadi Kajari Manado, beliau bertugas dibagian Penindakan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung. 


Wali Kota sendiri merasa bangga atas kehadiran Kajari dan bisa datang untuk bersilaturahmi sekaligus memohon bimbingan dalam rangka pelaksanaan pemerintahan di Kota Manado.

Selanjutnya, Wali Kota ikut memberikan gambaran kondisi Kota Manado termasuk memaparkan secara umum jalannya Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan yang ada.


Terdapat hal-hal lain yang ikut dibicarakan Kajari dengan Wali Kota Manado terutama berkaitan dengan apa yang bisa dikerjasamakan secara bersama dalam menunjang program-program pembangunan di Kota Manado.

*Middle*

Sabtu, 03 Juni 2023

Pdt Robert Rattu, Pengurus FOCIM Kota Manado Siap Dilantik Juli Depan

Pdt Robert Rattu, Pengurus FOCIM Kota Manado Siap Dilantik Juli Depan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemegang mandat Pengurus Daerah Family of Crist Internasional Ministry (FOCIM) Kota Manado Pdt Robert Rattu, M.Th, M.Pd memimpin rapat dalam rangka persiapan pelantikan dan pengukuhan Pengurus Dareah FOCIM Kota Manado, bertempat di Restoran Pelangi Paniki, Sabtu (03/06/2023) sore.


Pdt Robert Rattu dalam arahannya, agenda penting dalam rapat ini adalah fokus pada pelantikan pengurus lengkap FOCIM Manado ,sesuai petunjuk dari pengurus Pusat.


"Pengurus Pusat mendesak supaya secepatnya dilakukan pembentukan pengurus lengkap serta pelantikan dan pengukuhan Pengurus Daerah FOCIM di Kota Manado," kata Pdt Rattu.


    Foto bersama peserta rapat FOCIM                    Manado


Lanjut Pdt Rattu, menjelaskan  juga dalam rapat tersebut terkait visi dan misi dan peraturan dan kententuan Family Of Crist Internasional Ministry.


"Tentunya dalam dalam melaksanakan semua aktivitas kegiatan harus sesuai peraturan dan ketentuan yang di atur organisasi dimana kita bernaung," terang Pdt Rattu.



Dalam rapat itu di pandu Sekretaris Pdt Arthur Lontaan pun langsung memimpin dan memutuskan pembentukan Panitia Pelantikan demi efektifnya acara yang dimaksud.


"Kita akan upayakan acara pelantikan pada bulan Juli akan berlangsung dengan baik," ucapa Pdt Lontaan.


Panitia dipecayakan kepada Pdm Juming Sumenda, S.Th sebagai Ketua sementara Sekretaris di jabat Nola Lamia dan bidang usaha dana Diana Tatukode, S.Pd.


*Middle*




Kamis, 01 Juni 2023

Remaja GMIM Bethesda Ranotana Rayakan Ibadah HUT ke-35

Remaja GMIM Bethesda Ranotana Rayakan Ibadah HUT ke-35


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ibadah syukur Perayaan HUT ke 35 Remaja GMIM Bethesda Ranotana Manado, Kamis (1/6) malam dilaksanakan di gedung Gereja GMIM Bethesda dengan pemimpin ibadah Pnt Michaela Paruntu, selaku Ketua Komisi Pelayanan Remaja Sinode (KPRS) GMIM.


Saat menyampaikan pesan firman, Ka Mikha, sapaan akrab Pnt Michaela, mengutip dari pembacaan Alkitab Mazmur 100 ayat 5, "Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun"


"Adik adik remaja dan Kaka kaka pembina saat ini kita semua patut bersyukur, karena Tuhan sayang seutuhnya dari torang lahir dan Dia sangat baik. Tuhan tidak melihat apakah anak anak, remaja, pemuda, semua disayang Tuhan. Torang pe hidup ini bisa ada sampai sekarang karena kebaikan Tuhan," kata Ka Mikha, saat mengawali khotbahnya.


Untuk itu Ka Mikha mengatakan sebagai pembina dan remaja apakah saat ini sudah pernah balas Tuhan pe kebaikan. "Sudahkah torang jadi saksi Kristus, sudah setiakah torang pada Tuhan. Jangan nanti so susah baru cari Tuhan.," Ingatnya.


Dalam khotbahnya diingatkan jika remaja dan pembina sudah benar benar melakukan firman Tuhan pasti akan menjadi Remaja yang berakar, bertumbuh dan berbuah bagi Kristus.


"Kalo ada yang tidak lakukan kehendak Tuhan bertobat dan rubah mulai saat ini, karena jadi saksi Kristus ada hal hal yang harus kita lakukan sehingga kita bisa jadi berkat bagi orang lain. Saat ini yang trend di kalangan remaja ialah baku tunjung jago rasa diri paling benar. Inilah godaan iblis yang ada saat ini. Iblis masuk dari hal hal itu," tegasnya.


Sementara itu, Pdt Novita Rende - Kaligis, STh, selaku Ketua BPMJ GMIM Bethesda ketika menyampaikan sambutan mengingatkan, akan kebaikan Tuhan dalam hidup manusia.


"Tuhan itu baik, Dia akan selalu bersama dengan kita. Bahkan saat beproses sebagai anak anak remaja dengan begitu banyak tantangan di era saat ini, semua remaja harus jadi pemenang terutama dalam hal teknologi. Jangan sampai iman kita dikalahkan teknologi. Walaupun banyak tantangan dan kesulitan harus berani bertumbuh berakar dan berbuah. Dan 

Jangan selalu tanya apa yang Tuhan da kase pa torang, tapi sekarang tanyalah apa yang torang ada kase dalam kehidupan torang pa Tuhan," pesan Pdt Novita.


Usai prosesi pemasangan dan peniupan lilin ulang tahun, Ketua Komisi Pelayanan Remaja Bethesda Pnt Steven Rondonuwu, yang saat itu didampingi Pnt Mikha, Pdt Novita, Pdt Novy Patinama, STh, Jappy Sumual (penasehat remaja) serta seluruh anggota Komisi Remaja dan beberapa mantan Komisi Remaja Bethesda, menyampaikan kesan dan pesannya saat melayani remaja Bethesda.


"Pelayanan dulu dan sekarang sangat jauh berbeda, kalo dulu kami masih merasakan yang namanya undangan ibadah ditulis tangan pada selembar kertas dan diantar langsung ke rumah rumah remaja naik turun gunung. Namun sekarang, saat pada posisi tidur tiduran anak anak remaja sudah bisa menerima undangan lewat handphone masing masing," kesan Pnt Steven.


Untuk itu Penatua yang sudah masuk tiga periode menjadi Ketua Remaja Bethesda ini,  berharap identitas serta komitmen pelayanan remaja Bethesda akan semakin baik dan maju dalam hal menjalankan setiap tugas dan pelayanan yang diemban masing masing baik sebagai remaja maupun pembina. 


"Sekarang di pelayanan remaja mo cari kegiatan apa yang nda ada, olahraga, seni serta kegiatan pengembangan minat dan bakat bisa disalurkan, keputusannya tinggal pada remaja itu sendiri, karena jika salah memilih pasti akan fatal jadinya," pesan Ketua Komisi Remaja Wilayah Manado Selatan ini.


Staf Khusus Walikota dan Wakil Walikota Manado ini pun mengingatkan agar remaja dan pembina yang ada di GMIM Bethesda untuk semakin giat mendekatkan diri dengan Tuhan lewat kegiatan kegiatan ibadah, serta jangan cepat terpengaruh oleh tawaran tawaran duniawi yang kian kejam dan menakutkan. "Remaja Gereja jangan kalah dengan kecanggihan teknologi kalau bisa manfaatkan teknologi ini dak jika perlu kita yang mengendalikan kecanggihan teknologi itu," pesannya.


Perayaan ibadah HUT Remaja Bethesda diakhiri dengan santap kasih bersama setelah sebelumnya acara diawali sambutan Ketua Panitia Romando Rondonuwu serta ucapan terima kasih Sekretaris Shaloom Pomantow.

*Middle*

Dr Richard Sumangkut, SpB, Subsp, BD, pimpin Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia cabang Sulawesi Utara

Dr Richard Sumangkut, SpB, Subsp, BD, pimpin Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia cabang Sulawesi Utara


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dr Richard Sumangkut,SpB, Subsp, BD (K), terpilih sebagai Ketua Perhimpunan  Ahli Bedah Indonesia (PABI)  cabang Sulawesi Utara,  periode 2022-2025. Ia terpilih  dalam musyawarah daerah akhir tahun 2022, yang dihadiri sekitar 50 an dokter ahli bedah berbagai bidang tugas


"Saya bersyukur pada Tuhan, saya dipercayakan rekan rekan dokter ahli bedah  untuk memimpin organisasi  Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia  cabang Sulawesi Utara. Jabatan ini anugerah Tuhan, " kata dr Richard Sumangkut, di Manado, Kamis (1/6).


Dikatakan, kegiatan pelantikan kepengurusan Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI)  cabang Sulawesi Utara periode 2022-2025, telah dijadwalkan Sabtu (3/6), di Hotel Luwansa Manado.


"Kami pengurus yang baru akan dilantik Ketua Umum Pengurus Pusat  PABI  Dr Tjahjo Winantyo, SpB, FINACS, M, Mkes," jelasnya.


Pelantikan baru dapat dilaksanakan lanjutnya, setelah pengurus pusat PABI, menerbitkan surat keputusan yang mengsahkan komposisi kepengurusan PABI Sulawesi Utara, 3 Januari 2023 lalu.

 

"Mengawali acara pelantikan, pengurus pusat  PABI akan menggelar simposium dengan peserta para dokter ahli  bedah," jelasnya. 

*Middle*

Walikota Angouw Irup Hari Lahir Pancasila

Walikota Angouw Irup Hari Lahir Pancasila


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Bendera peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan Apel Perdana jajaran ASN Pemerintah Kota Manado Bulan Juni, bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado. Kamis (01/06/2023).


Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, bahwa pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila.

"Kita adalah bangsa yang berdemokrasi Pancasila. Berdasarkan musyawarah mufakat seperti yang telah dicontohkan para pendiri bangsa kita. Satu untuk semua, semua untuk satu, dan semua untuk semua," kata Wali Kota.


Dia juga berharap agar Pancasila terus diterapkan dalam kehidupan setiap hari. Pancasila harus dijaga dan dirawat untuk kesinambungan bangsa, menuju Indonesia yang berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang budaya.


"Saya berharap kita selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pekerjaan dan pelayanan kita kepada masyarakat serta dalam kehidupan kita sehari-hari," ucap Wali Kota.


Upacara dilanjutkan dengan penyematan Pin Core Values ASN berakhlak dan penyerahan piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado Bpk. Yohanis Waworuntu dalam pembinaan Satuan Polisi Pamong Praja ramah HAM terbaik dalam pelayanan Trantibumlinmas tahun 2023 dan pembinaan terbaik dalam tata operasional sarana dan prasarana oleh Wali Kota. 


Kemudian, Wali Kota juga menyerahkan secara simbolis dua unit kendaraan operasional SatPol PP melalui APBD Kota Manado.


Hadir dalam kegiatan ini para Asisten, Kepala-Kepala SKPD, para Camat dan Lurah, serta jajaran ASN Pemerintah Kota Manado.

*Middle*