Senin, 31 Juli 2023

Wali Kota AA Meninjau Lokasi Tambatan Perahu Kelurahàn Karangria

Wali Kota AA Meninjau Lokasi Tambatan Perahu Kelurahàn Karangria


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menuju Karangria, tepatnya di Lokasi Tambatan Perahu. Senin (31/07/2023) siang.


Sesampai di Lokasi, Wali Kota disambut Dirut PD Pasar Kota Manado Lucky Senduk bersama jajaran Direksi lainnya. Wali Kota melihat kondisi lokasi yang sedang dalam tahap penataan agar menjadi salah satu obyek Pariwisata di Kota Manado.


Di Lokasi ini akan ditata menjadi tempat Wisata Kuliner yang asri dan sejuk yang nantinya akan dikelolah oleh PD Pasar Kota Manado.

Lokasi ini diharapkan akan menjadi tempat kunjungan yang menarik bagi masyarakat. Makanya Wali Kota melihat berbagai infrastruktur termasuk soal Toilet/WC, soal Air PAM, Listrik dan lain-lain.


Hadir juga dalam kunjungan lapangan Wali Kota ini Kadis PUPR Jhonny Suwu, Kadis Perkim Peter Eman, Kabag Ekonomi David Kambey serta pejabat teknis lainnya.


*Middle*

Walikota Sambut Kunjungan KPU Manado di Ruang Kerjanya

Walikota Sambut Kunjungan KPU Manado di Ruang Kerjanya


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado di Ruang Kerjanya. Senin (31/07/2023) pagi.


Kehadiran Personil KPU Manado ini ingin beraudiensi dengan Wali Kota selain memperkenalkan diri sebagai Personil KPU yang baru. Ikut dibicarakan berbagai aturan yang melandasi pelaksanaan pemilu termasuk tahapan-tahapan pelaksanaannya.


Hal penting juga adalah kesiapan para penyelenggara dilapangan pada pelaksanaan pemilihan di hari H. 


"Kita bisa belajar dari pelaksanaan pemilu sebelum-sebelunnya, terutama soal kendala dan tantangan-tantangan yang dihadapi dilapangan," kata Wali Kota.


Wali Kota berharap agar KPU Manado bekerja dengan sebaik-baiknya berdasarkan dengan aturan yang ada. Bagi Wali Kota hal ini penting supaya dalam pelaksanaan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres di Kota Manado berjalan dalam suasana aman dan kondusif.


4 komisioner hadir dalam kegitan ini,

- ferley bonifasius kaparang (ketua)

- Patricia M. T. Kuhu (anggota)

- Ramly Pateda (anggota)

- Hazrul Fauzan Anom (anggota)


Didampingi dari kesekretariatan :

- Bpk. Wenny Sigar (Kasub Perencanaan dan data dan informasi)

- Ibu Liana T. Kasenda (Kasub Teknis dan Parmas)


Tujuan kunjungan KPU tersebut pasca pelantikan komisioner baru, skalian koordinasi perkembangan persiapan pemilu dan pilkada.

*Middle*

Sabtu, 29 Juli 2023

Walikota AA Hadiri Pergelaran Budaya Kerukunan Kota Manado Diselenggarakan BKSAUA

Walikota AA Hadiri Pergelaran Budaya Kerukunan Kota Manado Diselenggarakan BKSAUA


MANADO, CARIKABAR.ID
- Presidium Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado melaksanakan kegiatan acara Pagelaran Budaya Kerukunan Antar Umat Beragama dalam rangka bulan syukur HUT ke-400 Kota Manado, di hadiri langsung Walikota Manado, bertempat di Taman Berkat Boulevard Sario, Kota Manado, Sabtu (29/07/2023) sore.


Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi bagi semua pihak yang menyelenggarakan acara pagelaran budaya kerukunan tersebut.

Bagi Walikota Andrei Angouw, kegiatan acara seperti itu sebagai ajang saling mengenal budaya masing-masing di Kota Manado.

"Dengan kegiatan ini, saya berharap kita boleh saling mengenal satu sama lain tentang budaya kerukunan beragama di Kota Manado, dan hal ini dapat di tularkan di tempat yang lain." kata Angouw.


Kegiatan itu menampilkan tarian katrili dari murid-murid SDN, paduan suara dari Sekolah Frater don Bosco Manado, penampilan dari Pemuda Cinta Kerukunan, tarian masamper dan penampilan lainnya.


Sementara itu, Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Judy Tunari, M.Theol menjelaskan,bahwa dalam kegiatan BKSAUA, dihadiri oleh masyarakat, tokoh-tokoh agama, anak-anak panti asuhan, pemulung dan disabilitas.

"Puncak acara disuguhkan dengan makan malam bagi anak panti asuhan sebanyak 2000 orang," ucap Pdt Tunari.

Hadir dalam acara ini, Asisten l Bidang Pemerintahan Julises dan SKPD Kota Manado serta para undangan lainnya.

*Middle*



Jumat, 28 Juli 2023

Wali Kota Terima Aset Lahan TPU dari Pengembang REI di Kima Atas Kecamatan  Mapanget

Wali Kota Terima Aset Lahan TPU dari Pengembang REI di Kima Atas Kecamatan Mapanget


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Andrei Angouw  mengunjungi Kima Kecamatan Mapanget dalam rangka Penyerahan Aset Lahan Pemakaman Umum. Penyerahan Aset ini berasal dari Pengembang Anggota REI Sulut yang membangun Perumahan di Kota Manado Kepada Pemerintah Kota Manado. Jumat (28/07/2023) siang.


Setelah acara pembukaan dan doa dilaksanakan Penandatangan Penyerahan Aset dari REI Sulut kepada Pemerintah Kota Manado.


Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik antara pengembang dan Pemerintah Kota Manado. Termasuk penyerahan bantuan pengembang seperti halnya TPU. 


Dilatakan juga, Wali Kota bahwa kedepan Kota Manado pasti akan menghadapi krisis TPU sehingga hal ini menjadi perhatian dari Pemerintah Kota dan akan bekerjasama dengan pihak-pihak pengembang untuk pengadaan TPU. 


Wali Kota juga menyinggung soal tantangan kedepan Kota Manado dalam kaitan dengan  perumahan karena lahan terbatas. Makanya Wali Kota menawarkan konsep pembangunan perumahan keatas yakni rumah susun (rusun). 

"Pembangunan keatas ini membawa dampak positif berbagai hal bagi masyarakat," Kata Wali Kota.


Ketua REI ketika memberikan sambutan mengatakan bahwa peneyerahan Aset lahan ini adalah kewajiban sebagai pengembang "Ini kewajiban kami sebagai pengembang," kata Ketua REI. "Penggunaan aset ini diharapkan bisa bermanfaat khususnya masyarakat Kota Manado", tambah Ketua REI.


REI berharap kedepan dapat berkontribusi untuk masyarakat Kota Manado atas kerjasama dengan Pemerintah Kota.


Hadir pada acara ini, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Ketua REI Sulut, Inspektorat Kota Bpk. Jeffrey Andries, Kadis PUPR Jhonny Suwu, Kadis Perkim Peter Eman, Kadis DLH Franky Porawouw, Camat Mapanget, Kasdim, Kapolsek Mapanget, mewakili Koramil, Lurah Kima dan beberapa Ketua Lingkungan, pengurus REI Sulut serta undangan lainnya.

*Middle*

Kamis, 27 Juli 2023

Wali Kota Andrei Angouw Resmikan Pustu Pandu

Wali Kota Andrei Angouw Resmikan Pustu Pandu


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi Pandu Kecamatan Bunaken untuk meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu). Jumat (28/07/2023) pagi.


Kepala Puskesmas Pandu dr. Rosaline Kawengian ikut menyampaikan aktivitas Pustu ini dalam rangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pandu dan sekitarnya.


Wali Kota ketika memberikan sambutan menyampaikan bahwa fasilitas ini disediakan oleh pemerintah untuk pelayanan kepada masyarakat. 


"Negara harus hadir untuk kepentingan masyarakat, termasuk fasilitas dan pelayanan kesehatan," kata Walikota.


Kita harus bersaing dengan bangsa lain, sehingga untuk mewujudkannya maka kita harus sehat agar benar-benar mampu hadir dalam persaingan dan bisa bekerja dan produktif," tambah Wali Kota. 


Selanjutnya, Wali Kota berharap agar camat dan lurah mendorong masyarakat untuk bekerja dalam bidang apa saja supaya produktifitas tinggi.


Dalam sambutan ini juga, Wali Kota menggarisbawahi harapan Pustu Pandu dalam kaitan dengan program BPJS, sekaligus merespon keinginan warga masyarakat dalam hal peningkatan Kesehatan.


Selesai sambutan Walikota didampingi Kadis Kesehatan, Camat Pandu dan Kepala Pustu melakukan pengguntingan pita sebagai tanda bahwa Pustu Pandu ini diresmikan sekaligus meninjau beberapa ruangan Pustu ini.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan SK Kader Posyandu dan penyerahan alat bantu Pelayanan Kesehatan di posyandu.


Hadir pada acara ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Steaven Dandel MPh, Camat Bunaken Drs. Boyke Pandean bersama Ibu, Kepala Puskesma Pandu, pejabat teknis dinas Kesehatan, Lurah Pandu dan ibu lurah, serta Ketua-Ketua Lingkungan.

*Middle*

Pemkot Manado Jelaskan Terkait Penggusuran Rumah Warga di Singkil

Pemkot Manado Jelaskan Terkait Penggusuran Rumah Warga di Singkil


MANADO, CARIKABAR.ID
- Penggusuran beberap rumah warga yang menempati lahan milik Pemkot Manado, aturan dan dasar hukumnya sudah jelas, namun ternyata tidak membuat sekumpulan warga Cereme Kampung Baru Lingkungan III Singkil Dua Kecamatan Singkil menerima keputusan itu. 


Terpantau, warga tetap ngotot hingga akhirnya melakukan demo di depan Kantor Walikota Manado, Kamis (27/7) pagi hingga sore, yang intinya meminta bertemu Wali Kota Andrei Angouw, untuk menyampaikan aspirasi mereka dimana warga meminta ganti rugi rumah yang telah digusur serta meminta hentikan penggusuran rumah yang tersisa.


Terkait hal tersebut, Pemkot Manado melalui Assisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Julises Deffie Oehlers SH memberikan penjelasan.


Kata Ohlers, penggusuran oleh Pemkot Manado beberapa waktu lalu itu sudah sesuai dengan prosedur peraturan hukum yang berlaku yang sudah dilakukan oleh pihak kecamatan mulai dari sosialisasi, peringatan I, II, III bahkan melalui Ketua lingkungan disampaikan ke masing-masing  untuk melakukan mediasi.


Namun sayang, sampai pada waktu yang ditentukan tidak juga melaksanakan seperti yang disampaikan pemerintah, maka dilakukanlah penertiban tanah tersebut untuk pembangunan sekolah (SMP).


"Sebelumnya sudah diperingatkan kepada 72 KK dengan 64 rumah, dan yang ditertibkan ada 16 rumah karena itu yang akan dipakai untuk pembangunan sekolah yang lain sudah disampaikan untuk pindah," terang Ohlers.


Untuk 16 rumah ini juga tambahnya, sudah dilakukan musyawarah dan Walikota sudah bermurah hati memberikan dua pilihan, pertama lewat BPBD mereka boleh tempati rumah yang ada di Pandu dengan ada ketentuan-ketentuannya. Yang kedua mereka diberikan kesempatan tinggal di rumah susun sewa.


"Tetapi sampai saat ini masyarakat yang dimaksud tersebut tidak mau untuk mengikuti opsi yang ditawarkan Pemkot Manado, malahan melakukan demo minta bertemu pak Walikota padahal peraturannya sudah sangat jelas bahwa tanah tersebut milik Pemkot Manado yang dihibahkan oleh Pemprov Sulut," terangnya.


Intinya penggusuran tersebut kata Ohlers sudah sesuai dengan mekanisme dan tanah tersebut milik Pemkot Manado hibah dari Pemprov Sulut dengan sertifikat hak pakai nomor 3.


"Jadi sebelumnya masyarakat ini pernah hearing dengan DPRD Provinsi Sulut, waktu Ketua DPRD Sulut Pak Andrei Angouw saat itu mereka diberikan kewenangan tinggal dengan catatan suatu saat pemerintah mau pakai itu tanah mereka tidak keberatan untuk pindah atau keluar," pungkasnya. 

*Middle*

Wali Kota Turun Langsung Melihat Kondisi Kompleks SMP 11 Sumompo

Wali Kota Turun Langsung Melihat Kondisi Kompleks SMP 11 Sumompo


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan kunjungan di lokasi di Kompleks SMP 11 di Sumompo Kecamatan Tuminting. Kamis (27/07/2023) sore.


Walikota didampingi Kadis Diknas Steven Tumiwa, Lurah Sumompo Viani Wongkar dan Kepala Sekolah SMP 11, melihat kondisi pemukiman disekitar sekolah termasuk melihat perbaikan parit dan anak sungai yang ada. 


Dilokasi ini sering terjadi banjir jika hujan deras bahkan masuk sampai ke ruang-ruang kelas.

"Saat ini anak sungai sudah diperlebar dan telah dibuat tanggul sungai yang cukup tinggi sehingga dapat menampung debet air yang banyak jika hujan lebat." kata Walikota.


Selanjutnya, Wali Kota juga mencek soal CCTV yang ada di sekitar sungai dan sekolah, bahkan bagi Wali Kota CCTV harus ditambah agar dapat memantau siatuasi ketinggian air jika hujan lebat termasuk untuk melihat jika ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan di parit dan anak sungai.

*Middle*

Job Fair 2023, Walikota Angouw: Ini Sangat Bermanfaat Positif Bagi Pencari Kerja

Job Fair 2023, Walikota Angouw: Ini Sangat Bermanfaat Positif Bagi Pencari Kerja


MANADO, CARIKABAR.ID
- Job Fair  2023 yang dilaksanakan di Manado Town Square (Mantos) 3 dibuka dan dihadiri Wali Kota Manado Andrei Angouw. Kamis (27/07/2023).


Job Fair kali ini mendapat dukungan penuh Kementerian Tenaga Kerja R.I melalui program KarirHub yang merupakan salah satu layanan ketenagakerjaan pada Portal kemnaker.go.id yang berhubungan dengan informasi lowongan pekerjaan. 

Menurut Kadisnaker Manado Paul Sualang S.H, dalam laporannya mengatakan bahwa hingga saat ini sudah terdaftar 29 perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair tahun ini serta sebanyak 1.567 loker telah tersedia.


Saat mengunjungi Job Fair Walikota langsung menuju ke stan-stan peserta dan ikut bertanya-tanya di setiap stand.

Ketika di tanya media, Walikota berharap agar kegiatan job fair ini akan berdapak positif terhadap pencari kerja serta tentunya akan mengurangi pengangguran yang ada di Kota Manado. 

Wali Kota berharap agar pencari kerja dapat mengunjungi job fair ini dan silahkan dimanfaatkan oleh pencari kerja sesuai bidang yang dimiliki.

*Middle*

Rabu, 26 Juli 2023

Paskibraka Manado Dilatih Kepemimpinan dan Etika

Paskibraka Manado Dilatih Kepemimpinan dan Etika


MANADO, CARIKABAR.ID
-Peserta Paskibraka kota Manado yang bertugas pada upacara memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 1945 tahun 2023 pada Rabu 26 Juli 2023 menerima materi Wawasan Kebangsaan di Aula Pemkot Manado

Kesbangpol Kota Manado sebagai pelaksana kegiatan menghadirkan Dosen FISIP Unsrat Ferry Daud Liando sebagai narasumber.

Liando dalam pemaparannya mengatakan bahwa peserta paskibaraka sangat penting dibekali dengan wawasan kebangsaan karena menjadi paskibarka bukan hanya dibekali dengan kekuatan fisik dan keterampilan baris berbaris untuk persiapan upacara pada 17 agustus tahun 2023.

"Paskibraka perlu dilatih bagaiamana anggota paskibraka menempatkan diri di masyarakat, dilatih kepemimpinan dan etika." kata Liando.

Terpilih puluhan dan sekian ribuan siswa di Kota Manado bukanlah perkara mudah karena mencari yang terbaik diantara yang baik.

Setelah terpilih mereka akan menjadi publik figur di usia mudah. Label ini memiliki banyak tantangan seperti tidak berprilaku seperti remaja-remaja kebanyakan. Bendera kebebasan anak muda harus diturunkan setengah tiang. Sebab prilaku harus dijaga baik prilaku dalam tindakan, sikap atau berkata-kata.

Menjadi publik figur karena menyandang anggota paskibraka harus bertindak pemberi teladan bagi anak-anak muda lain. Anggota Paskibaraka dapat menjadi duta-duta remaja pemberi motivasi dan keteleadanan bagi komunitas lain seusianya. 

Kegiatan dihadiri Ibu Kaban Kesbangpol Kota Manado Meiske Coni Lantu dan para Pelatih.

*Middle*

Panitia HUT Pelprip se-Indonesia Gelar Rapat Perdana

Panitia HUT Pelprip se-Indonesia Gelar Rapat Perdana


BITUNG, CARIKABAR.I
D - Komisi Pusat Pelayanan Pria Pantekosta (KP Pelprip) melalu Panitia pelaksana menggelar rapat perdana yang lamgsung di hadiri Ketua KP Pelprip Pdt John Awuy, S.Th, bertepat di ruangan rapat Kantor Walikota Bitung, Rabu (16/07/2023) siang.

Ketua KP Pelprip Pdt John Awuy, S.Th mengatakan ada dua program unggulan besar KP Pelprip diantaranya perayaan HUT Pelprip dan Retreat.

"Jadi untuk acara Retreat akan dilaksanakan pada 10-12 Agustus 2023 di Sekolah Alkitab Langowan (SAL) dan untuk perayaan HUT Pelprip pada bulan Oktober 2023 bertempat di Stadion Duasaudara Kota Bitung," kata Pdt Awuy.

Sementara itu, Ketua Panitia perayaan HUT Pelprip Pdm Devie Barakati, ST, S.Th, M.Pd menjelaskan dalam perayaan HUT Pelprip akan di hadiri oleh semua anggota dan pengurus Pelprip baik yang ada di Sulawesi Utara maupun dari luar daerah.

"Ini Iven yang berskala nasional yang di pusatkan di Sulawesi Utara tepatnya di Kota Bitung selama tiga hari dan diisi dengan beberapa lomba baik olaraga maupun lomba kesenian," sebut Barakati.


Ditambahkannya juga momentum ini di suport penuh oleh Walikota Bitung Maurits Mantiri.

"Yang jelas KD Pelprip Sulawesi Utara bersama Panitia telah bertemu dengan Walikota Maurits Mantiri bahwa Pemkot Bitung siap jadi tuan rumah dan mendukung penuh pelaksana kegiatan ini," ucap Barakati.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini Walikota Maurits Mantiri yang juga Ketua PKB Sinode GMIM nantinya akan bekerja sama dengan PKB GMIM.

"Bersyukur kepada Tuhan, pak Maurits Mantiri pada pelaksnaan acara nanti PKB GMIM akan berkolaborasi dengan KD Pelprip untuk suksesnya kegiatan ini," sebut Barakati juga sebagai Kepsek SMA Star  Generation Bitung.

Hadir dalam rapat perdana panitia HUT Pelprip ini, Ketua KD Pelprip Sulut diwakili Pdt Tonny Wuysang dan jajaran pengurus KD Pelprip lainnya.

*Middle*

Selasa, 25 Juli 2023

Peletakan Batu Pertama Di Pantecostal Camping Ground Dihadiri Bupati Joune Ganda

Peletakan Batu Pertama Di Pantecostal Camping Ground Dihadiri Bupati Joune Ganda


PINILI/MINUT, CARIKABAR.ID
- Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan acara peletakan batu pertama pembangunan Aula Pantecosta Camping Ground (PCG) di Desa Pinili Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (25/07/2023) siang.


Acara tersebut di hadiri Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang meletakan batu pertama diikuti Ketua DPRD Minahasa Utara Denny Lolong kemudian Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Awuy-Lantu kemudia Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara Drs Meiki Onibala, M.Si.


    Foto peninjauan lokasi PCG


Lokasi perkemahan yang baru itu dengan luas kurang lebih 19,2 Hektar, sangat memungkinkan dan punya potensi yang besar dari aksesbilitas akan di bangun gedung serbaguna yang akan bisa menampung 30.000 jemaat.


Bupati Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan pembanguna dan pengelolaan serta pemanfaatan lokasi pusat kegiatan perkemahan GPdI Sulawesi Utara.


"Sebagai pemerintah kami memberikan dukungan sepenuhnya dan akan memberikan batuan-batuan akan diberikan terutama untuk kelancaran pembangunan Pantecostal Camping Ground," Kata Joune Ganda.


    Foto tampak depan lokasi Pantecostal              Camping Ground


Ditambahkannya juga, dengan adanya lokasi Pantecosta Camping ground di Desa Pinili dan Klabat Minahasa Utara, tentunya pemerintah dan masyarakat bersyukur kepada Tuhan.


"Dengan akan di laksnakan kegiatan di lokasi ini, baik skala Dareah atau Nasional bahkan Internasional, pastinya akan mengangkat Kabupaten Minahasa Utara akan di kenal," sebut Ganda.


    Foto bersama Bupati Minahasa Utara dan      jajaran MD GPdI Sulut


Sementara itu, Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Awuy-Lantu menyampaiakan pujian syukur kepada Tuhan Yesus atas upaya seluruh personil MD dan warga GPdI Sulawesi Utara dalam pengadaan lahan yang baru.


"Oleh karena itu, diharapakan kepada semua pihak di kalangan GPdI Sulawesi Utara untuk dapat berpartisipasi Rp 10.000 per jiwa, untuk kelancaran akses dilokasi sesuai Surat Edaran yang diteriskan kepada Majelis-majelis Wilayah," ucap Pdt Yvonne.


Di tempat pelaksanaan rapat Pleno pengurus lengkap MD, Sekretaris MD Pdt Hanny Awuy menjelaskan, dengan melihat beberapa infrastruktur penunjang yang akan di bangun di lokasi PCG akan menelan biaya yang sangat besar.


"Majelis Daerah tidak hanya terfokus pada iuran Rp 10.000 per jiwa, kita harus berusaha maksimal untuk usaha bantuan dana, jika hanya berharap dari target sesuai Surat Edaran itu tidak cukup," harap Pdt Hanny Awuy.


Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Minahasa Utara Denny Lolong, Kadis Kesehatan Kab Minahasa Utara, Camat Dimembe, Hukum Tua dan perangkat Desa Pinili dan Klabat, pengurus lengkap MD GPdI Sulawesi Utara dan Komisi-Komisi Dareah.


*Middle*


Senin, 24 Juli 2023

Walikota Andrei Angouw Ketemu Pimpinan BWSS 1

Walikota Andrei Angouw Ketemu Pimpinan BWSS 1


MANADO, CARIKABAR.ID
-Wali Kota Manado  Andrei Angouw melakukan pertemuan dengan pimpinan Kantor Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 diruang kerja Wali Kota. Selasa (25/07/2023) pagi.


Pertemuan ini untuk mensinkronkan dan membicarakan beberapa hal sehubungan dengan beberapa program pekerjaan yang sedang dikerjakan Pihak BWSS 1 di Wilayah Kota Manado. Ikut dibicarakan adanya sampah yang masih terlihat di aliran-aliran sungai.


Hadir dalam pertemuan ini Kepala BWSS 1 Ir. I Komang Sudana dan pejabat teknis lainnya.

*Middle*

Walikota Bersama Wawali Manado Terima Kunjungan Kerja Wakil Ketua MPR RI

Walikota Bersama Wawali Manado Terima Kunjungan Kerja Wakil Ketua MPR RI


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang menerima kunjungan Wkl. Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A bersama rombongan diruang Kerja Wali Kota Manado.Senin (23/07/2023) pagi


Kehadiran Wakil Ketua MPR dan Rombongan dalam rangka menghadiri kegiatan "Temu Tokoh Nasional Bersama Wakil Ketua MPR RI dan Pelepasan Peserta Social Expedition Yes Go Indonesia Edisi Bunaken 2023"  yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado.


Hadir mendampingi Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, beberapa Kepala Dinas Antara lain; Kadis DLH Franky Porawouw, dan Kabag Protokol Innov Walelang, pimpinan PKS Sulut dan Kota Manado.

*Middle*

Pdt Dr Wempie Kumendong, SH,MH Rayakan Ibadah HUT ke-64 Besama Jemaat GPdl Hermon Tumpaan

Pdt Dr Wempie Kumendong, SH,MH Rayakan Ibadah HUT ke-64 Besama Jemaat GPdl Hermon Tumpaan


TUMPAAN/MINSEL, CARIKABAR.ID
-  Sekretaris Majelis Pusat GPdI Pdt Dr Wempie Kumendong, SH, MH dalam Keluarga Kumendong Waani bersama Jemaat GPdI Hermon Tumpaan, melaksanakan acara ibadah ucapan syukur HUT ke-64 Pdt Dr Wempie Kumendong, SH, MH yang juga selaku Gembala GPdI Hermon Tumpaan, Minahasa Selatan, Senin (24/07/2023) sore.


Acara syukur di gedung GPdI Hermon tersebut di hadiri Ketua MD GPdI Pdt Yvonne Awuy-Lantu serta Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, SH, Wabup Pdt Petra Rembang, M.Th serta para Dosen Fakultas Hukum Unsrat Manado.



Ibadah syukur tersebut di pimpin Wakil Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt John Awuy, S.Th dengan mendasarkan khotbahnya dalam bacaan Alkitab pada Mazmur 65 ayat 4, "Tentang Perbuatan Tuhan."


"Apapun yang didapat dalam hidup kita, itu hanya karena anugerah dari Tuhan sebagaimana yang di alami keluarga Hamba Tuhan Pdt Wempie Kumendong," kata Pdt John.



Pdt Yvonne Awuy-Lantu dalam sambutannya, menyampaiakan selamat bersyukur di usia yang baru Pdt Wempie Kumendong.


"Semaking diberkati Tuhan di usia yang baru dan tetaplah fokus dalam melayani pekerjaan Tuhan," sebut Pdt Yvonne.


Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, SH dalam sambutannya, menyampaikan selamat HUT ke-65 Pdt Dr. Wempie Kumendong, SH, MH, semoga menjadi berkat bagi banyak orang.


"Tetap semangat Pdt Wempie dan keluarga ,kiranya terus di berkati Tuhan dalam tugas dan pelayanan," ucap Bupati Wongkar.


Menariknya, dalam kesaksiannya, Pdt Wempie Kumendong mengungkapkan kisah hidup lahirnya di mulai dari Desa Tupaan sampai masa kulia bahkan smapai meminang Pdt Jetty Altje Waani, SE sebagai istrinya.


"Puji Tuhan, sampai saat ini Tuhan tetap memelihara dan memberkati saya dan keluarga dalam hidup serta pelayanan," tutur Pdt Wempie yang juga menjabat Wakil Ketua MD GPdI Sulawesi Utara.


Dosen yang akan purna tugas inipun berkisah pengalamannya dengan beberapa birokrat pemerintah di antaranya Ir Farry Liwe yg saat ini menjabat anggota DPR Provinsi Sulawesi Utara dan Mantan Wakil Bupati Minsel Vence Tuela dan juga Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar, SH juga Wabup Pdt Petra Rembang.


"Pokoknya, saya punya pengalaman baik dengan beberpa pejabat yang hadir saat ini, bahkan saya ada di grup Pica Suar didalamnya ada Bupati Frangky Wongkar serta beberapa pejabat lainnya rutin dalam kegiatan sampai saat ini, intinya saya berteman sampai saat ini dengan baik," kunci Pdt Wempie.


Ucapan terima kasih Ketua Panitia Perayaan Olvy Manengkey menyampaikan syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya acara ibadah HUT gembala GPdI Hermon Tumpaan Pdt Dr Wempie Kumendong dalam keluarga Kumendong Waani.


*Middle*

Minggu, 23 Juli 2023

Resmi Ditutup Wawali Sualang Lomba HUT ke-400 Kota Manado

Resmi Ditutup Wawali Sualang Lomba HUT ke-400 Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado Richard Sualang menutup secara resmi semua kegiatan lomba dalam rangka HUT ke-400 Kota Manado dengan diakhiri Turnamen Futsal antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Manado telah sukses digelar pada Sabtu (22/7). 


"Semoga kebersamaan ini akan terus terpelihara, terutama diantara ASN dan THL yang bekerja di bawah pemerintahan kota Manado," tegas Wawali Sualang melalui Kadispora Pontohwuisang Kakauhe, saat menutup lomba.


Pemerintah Kota Manado tambahnya akan tetap mensuport kegiatan seperti ini, dan semoga tahun depan pelaksanaan lomba seperti ini bisa kembali terselenggara.


Untuk turnamen Futsal mempertandingkan 26 tim utusan SKPD Manado, selama tiga hari penyelenggaraan di Lapangan Champion Futsal Bahu.


"Turnamen ini masih dalam satu rangkaian perayaan HUT Manado ke 400. Selain itu, turnamen juga ditujukan untuk meningkatkan sportivitas, kesehatan, dan hubungan kerjasama antar SKPD," jelas Ketua Panitia, Rainier Pangemanan, S.T, salah satu Kepala Bidang di Dinas PUPR Manado.


Lewat ajang persahabatan ini kata dia, diharapkan semakin mendekatkan pimpinan dan staf SKPD, serta semakin mengenalkan satu sama lain. Dengan begitu, koordinasi dalam menjalankan tugas-tugas pokok dan pekerjaan kedepannya bisa semakin lancar.


Dari 26 tim yang ikut serta, utusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Manado berhasil keluar sebagai juara. Mereka merebut gelar tersebut dari Tim Sekda Manado pada laga final.


"Tentu sangat berbangga dengan capaian sejauh ini, karena bertepatan dengan HUT ke 400 Manado. Saya berharap ini jadi momentum membangun spirit yang lebih baik kedepan, dan jadi momentum memperkuat kerjasama," ucap Kepala Dinas Dikbud Manado, Steven Tumiwa usai menerima hadiah turnamen.


"Kedepannya kami akan terus berusaha mempertahankan pencapaian ini, karena kita tahu bersama bahwa mempertahankan iti lebih sulit daripada untuk meraih hal tersebut," tandasnya.


Selain Dikbud Manado, terdapat juga utusan Sekda Manado yang berhasil meraih juara dua, dan utusan Kecamatan Paal Dua yang meraih juara tiga sekaligus top scorer.


Para pemenang memperoleh trophy, uang pembinaan, piagam penghargaan, dan medali bagi masing-masing pemain. 


Camat Paal Dua Glen Kowaas menyatakan puas dengan hasil yang diperoleh, sambil dia berharap kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan karena tujuannya yang sangat baik.


Sementara itu, Ketua Panitia HUT Kota Manado ke 400 Harke Tulenan dan Sekretaris Novli Siwy menyampaikan terima kasih atas keikutsertaan para peserta pada kegiatan HUT Kota. 


"Dengan berakhirnya kegiatan Futsal, pelaksanaan lomba pun berakhir. Untuk tahun ini tim Dikbud Manado menjadi juara umum. Mereka berhasil jadi terbaik pertama pada lomba Paduan Suara, Bulutangkis, Tenis Meja dan terakhir pada lomba Futsal," ujar Tulenan dan Siwy.

*Middle*

Visioner dan Inovatif, Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, Satu Tahun Kepemimpinannya

Visioner dan Inovatif, Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, Satu Tahun Kepemimpinannya


MANADO, CARIKABAR.ID
- Satu tahun kepemimpinan Ketua Majelis Daerah Hereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu jatuh tepat 22 Juli 2023.


Sosok pemimpin yang perempuan yang sederhana dan menjadi panutan baik di kalangan GPdI maupun kalangan umum di lantik  Ketua Majelis Pusat GPdI saat menang telak imengunguli dua kandidat masing-masing Pdt Robert Longkutoy dan Ronny Luwuk pada Musda GPdl Sulawesi Utara 21-22 Juli 2022 di Hotel Sutan Raja Convention Hall.


Sikapnya yang rendah hati dan ramah, Bunda Yvon sapaan akrab kalangan GPdI ini pun menjadi idola para Hamba-hamba Tuhan dan warga Jemaat.


            Foto, tampak Pdt Yvonne Awuy-Lantu             di dampingi Pdt Rein Wotulo bersama             istri meninjau lokasi perkemahan                     yang baru


Istri Alm Pdt H O H Awuy, benar pemimpin perempuan yang visioner dan inovatif  dan mampu memberikan solusi terbaik dengan mencari banyak terobosan.


Kreativitas dan inovasi Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Dua Periode dalam menata organisasi, menuai prestasi dari banyak pihak, seperti penyedian sarana pendidikan berupa pembangunan gedung yaitu SD, SMP dan SMK Pelayaran juga Universitas Pantekosta, di area Pantecostal Cetre Buha, Kota Manado.


Yang menarik juga di tengah hiruk-pikuk pemanfaatan lahan perkemahan yang tidak lagi memadai yang terlihat dari pelaksana perkemahan Komisi Daerah Pemudah dan Remaja se- Sulawesi Utara baru-baru ini, yang telah menuai kritikan karena over kapasitas, pemimpin jiwa berkorban ini langsung ambil langkah pengadaan lahan baru untuk lokasi perkemahan.


    Tampak rencana lokasi perkemahan yang      baru


Bukan sekedar janji, tepat setahun Ketua MD GPdI Yvonne Awuy-Lantu di dampingi para personil MD lainnya, terlihat lewat akun Facebook salah satu anggota MD pada, Sabtu (22/07/2023) turut bersama meninjau langsung lokasi yang baru untuk di jadikan tempat kegiatan perkemahan yang berada di Minahasa Utara.


*Middle*

Sabtu, 22 Juli 2023

GPdI Jemaat Betlehem Malalayang Satu Gelar Seminar Dokrin Alkitabiah

GPdI Jemaat Betlehem Malalayang Satu Gelar Seminar Dokrin Alkitabiah


MANADO, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) jemaat Betlehem Malalayang melaksanakan kegiatan seminar bagi hamba-hamba Tuhan dan jemaat secara gratis, bertempat di gedung GPdI Betlehem Malalayang Satu, Jl R.W Monginsidi, No 62 Malalayang, Kota Manado, Sabtu (22/07/2023).


Seminar yang mengangkat tema: 'Dinamika Dokrin Alkitabiah dalam GPdI' dengan narasumber masing-masing Pdt DR David Livingstone Araro, M.Th dan Pdt Corinthians Yoel Sangian, S.Th dengan Moderator Pdt DR Robby Makal, M.Pdk.


Pdt DR Robby Makal sebagai moderator seminar dan juga menjabat Departemen Pendidikan dan Pengajaran (Depdikjar) Majelis Pusat GPdI mengatakan materi yang di sampaikan sangat relevan dengan kondisi pelayan kini.


"Materi yang telah disampaikan oleh kedua pemateri sangatlah penting untuk di jadikan bahan pertimbangan bagi gereja kita untuk di tindak lanjuti dalam forum yang lebih luas dalam hal ini dilakukan oleh MP maupun MD," kata Pdt Makal.


Sementara itu, Pdt Moddy Wenas Gembala GPdI Betlehem Malalayang Satu selaku pihak penyelenggara kegitan seminar menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi bagi jemaat dalam pemahaman dokrin di kalangan GPdI.


"Acara ini tentunya kami telah berkoordinasi dengan pihak MD GPdI Sulawesi Utara dan inti maksud dari kegiatan ini sebagai bagian dari kepedulian pemahaman yang benar bagi jemaat  untuk tidak mudah di pengaruhi soal ajaran kita GPdI, dalam hal ini jemaat harus matang dalam konsep ajaran sehat," sebut Pdt Wenas.


Dari pantauan media @CariKabar.id, peserta seminar di dominasi jemaat setempat dan juga para akademisi dan gembala-gembala GPdI yang datang baik dari Manado maupun dari luar Manado.


*Middle*


Kamis, 20 Juli 2023

Pdm Ezra Lumenta Minta Keadilan MD GPdI Sulut Terkait Plt Gembala GPdI Glorya Tondei

Pdm Ezra Lumenta Minta Keadilan MD GPdI Sulut Terkait Plt Gembala GPdI Glorya Tondei


TONDEI/MINSEL, CARIKABAR.ID
- Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara melaksanakan acara pelantikan gembala sepeninggalnya Gembala GPdI Glorya Tondei Wilayah 74 Motoling Alma Pdt Stintje Lumenta-Rindorindo di GPdI Glorya Tondei, Kamis (20/07/2023) sore.


Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I. Awuy-Lantu yang di wakili Wakil Sekretaris Pdt Hanny Kolondam, S.Th didampingi Biro Penggembalaan Pdt Dr George Tewal, M.Th melantik Pdm Ezra Lumenta sebagai Pelaksana tugas (Plt) Gembala GPdI Glorya Tondei sesuai Surat Keputusan Rapat Pleno Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara di Hotel Sutan Raja Amurang tertanggal 18 Juli 2023.


   Pdt Hanny Kolondam saat membacakan    .     SK Pelantikan.


Namun pada saat pembacaan SK tersebut pada poin menyebutkan Pdm Ezra Lementa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) langsung meminta peninjaua kembali statusnya dari Pendamping gembala ke Pelaksana Tugas Gembala GPdI Glorya Tondei.


    Suasana Ibadah Pemakaman Alma Pdt            Stintje Lumenta-Rindorindo dan                        Pelantikan Gembala GPdI Glorya Tondei.


Pdm Ezra Lumenta meminta keadilan pihak otoritas dalam hal ini MD GPdI Sulawesi Utara untuk meninjau kembali penunjukan dan penetapan terkait stasusnya sebagai Plt.


"Maaf saya bukan menolak acara pelantikan ini, namun saya memohon perlu peninjauan kembali    SK  tentang status saya sebagai Plt," kata Lumenta.


Dikatakannya juga, saya telah dilantik MD Sulawesi Utara pada tahun 2001 sebagai pendamping gembala GPdI Glorya Tondei.


"Saya telah ful time sampai saat ini mendampingi orang tua saya melayani pekerjaan Tuhan, sehingga wajar kalau saya meminta keadilan dalam hal ini," ucap Pdm Ezra.


    Jemaat dan pelayan-pelayan                              mempersembahkan pujian


Mantan Pejabat Birokrat Pemerintah ini pun, menyampikan kejanggalan dalam SK yang di bacakan saat pelaksanaan ibadah pemakaman ibunya Alma Pdt Stintje Lumenta-Rindorindo istri Alm Pdt John Lumenta, S.Th yang juga mantan pengurus MD Sulut.


" Yang saya pertanyakan diantaranya bunyi SK yang menyebutkan Pdm Ezra Lumenta dianggap 'Cakap dan Mampu' ini berarti saya dianggap layak, kemudian kenapa saya tidak di panggil untuk di hadirkan dalam pleno tersebut,"  sebut Pdm Ezra yang juga Cucu dari Pioneer GPdI Alm Yan Lumenta.


Sementara itu, Wasek MD GPdI Sulut Pdt Hanny Kolondam mengatakan, terkait permohonan Pdm Ezra Lumenta unutuk peninjauan kembali SK penetapannya sebagai Plt Gembala GPdI Glorya Tondei, itu akan saya sampaikan kepada pimpinan MD.


"Nanti saya akan sampaikan kepada Pimpinan MD apa yang di mohonkan oleh saudara Pdm Ezra Lumenta, karena kehadiran saya dalam acara pelantikan ini hanya menjalankan tugas organisasi dalam hal ini perintah dari pimpinan," tutur Pdt Kolondam.


Wakil Gembala GPdI Glorya Tondei Stary Simbar mengatakan, langka dan sikap yang diambil Pdm Ezra Lumenta itu sagatlah tepat demi pekerjaan Tuhan, Pimpinan organisasi harus lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan.


"Kami jemaat GPdI Glorya Tondei mendukung apa yang menjadi kerinduan Pdm Ezra, karena ini menyangkut optimalnya tugas pemgembalan yang ada, apalagi GPdI Glorya Tondei ini adalah jemaat GPdI tertua di Sulawesi Utara," harap Simbar.


*Middle*

Rabu, 19 Juli 2023

Rukun Taranak Tumanduk (RTT) Sulut Gelar Ibadah Syukur HUT ke-4

Rukun Taranak Tumanduk (RTT) Sulut Gelar Ibadah Syukur HUT ke-4


WANGA/MINSEL, CARIKABAR.ID
- Keluarga besar Rukun Taranak Tumanduk se-Sulawesi Utara melaksnanakan kegiatan acara pertemuan dalam rangka HUT ke-4, bertempat di Keluarga Tumanduk Pelle, di Desa Wanga Kecamatan Motoling Timur, Rabu (19/07/2023) siang.


Acara di awali ibadah yang di pimpin Pdt Sherly Makalew Kaunang, S.Th mengajak serta memohon dalam doanya kiranya Rukun Taranak Tumanduk se-Sulawesi Utara dapat memberikan dampak yang baik dalam menjalin keakraban bersama.


"Tuhan kiranya menolong kelanjutan aktifitas kegiatan dari keluarga Besar Rukun Tumanduk akan memberikan berkat demi terciptanya keharmonisan hubungan sesama keluarga serta masyarakat umumnya," ucap Pdt Kaunang dalam doanya.


Sementara itu, Ketua Rukun Taranak Tumanduk (RTT) se-Sulawesi Utara DR Moris Sammy Tamanduk mengatakan, kegiatan rukun bertujuan untuk menjaga keharmonisan sesama keluarga sekalipun jarak yang berbeda jauhnya.


"Tak lupa juga kegiatan ini bentuknya kemanusiaan, seperti dana bantuan orang sakit, orang meninggal dan lain sebagainya," sebut Moris Sammy.


Penasehat RTT Beren Tumanduk menjelaskan, temu kangen dilakukan agar tali persaudaraan di antara keluarga tetap terjaga dan diingat selalu.


"Supaya akan saling tahu siapa leluhur dan keturunannya dan melestarikan budaya keluarga," tutur opa Beren sapaannya juga di iakan opa Hans Tumanduk.


Seperti diketahui kegiatan ini juga berkaitan dengan HUT ke-84 opa Beren Tumanduk dan Ulang tahun perkawinan ke-1 Keluarga Tumanduk Pelle.


*Middle*

Selasa, 18 Juli 2023

GPdI Wilayah Vll Mapanget Satu Kunjungi Panti Asuhan Etty dan Panti Werda Agape Tondano

GPdI Wilayah Vll Mapanget Satu Kunjungi Panti Asuhan Etty dan Panti Werda Agape Tondano


TONDANO, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Wilayah Vll Mapanget Satu  Kota Manado berkunjung ke Panti Asuhan Etty dan Panti Werda Agape Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa, Selasa (18/07/2023) siang.

Kunjungan kepedulian sosial tersebut  sebagaimana pengaturan jadwal kewajiban yang telah di atur oleh Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara.


Ketua Majelis Wilayah Vll Mapanget Satu Pdt Harry Denny Momongan, S.Th, MA di dampingi Sekretaris Pdt Ambrosius Lomban, S.Th dan Bendahara Pdt Jun Kodongan, S.Th, M.Th bersama pengurus Komisi Wilayah Pelayanan Wanita Pantekosta (KW Pelwap) langsung memulai menyerahkan bantuan di Panti Asuhan Etty kemudian ke Panti Werda Agape Tondano

    Anak-anak penghuni panti asuhan Etty


Kegiatan ini kata Ketua Wilayah Pdt Herry Denny Momongan sebagai kewajiban sosial keagamaan sekaligus memberikan motivasi bagi penghuni panti asuhan dan Panti werda.

"Hal ini sebagai bentuk kepedulian dalam bentuk kebutuhan pokok baik anak panti  asuhan maupun penghuni panti Werda, semoga bermanfaat," kata Momongan.

Sementara itu, pengurus Panti Asuhan Etty dan Panti Werda Agape menyampaikan terima kasih atas kunjungan serta  bantuan yang diberikan.

“Kepedulian Majelis Wilayah Vll Mapanget Satu Kota Manado dalam kunjungan ini, kami merasa sangat dihargai dan kami pun senang atas kedatangannya,” ucap Pengurus Panti Asuhan dan Panti Werda.

*Middle*

Dihadapan Para Pasangan Nikah Masal, Kadis Erwin Kontu Jelaskan Peraturan Pernikahan

Dihadapan Para Pasangan Nikah Masal, Kadis Erwin Kontu Jelaskan Peraturan Pernikahan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado dalam efektivitas kegiatan menjemput bola, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Manado, Erwin S. Kontu, SH menghadiri pencatatan perkawinan di Gereja GMIM Solagratia Kaiwatu, Kelurahan Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget, Selasa (18/7/2023).


Pada kesempatan ini, Kadis Dukcapil yang didampingi oleh Adry Sondoken, S.Sos selaku pejabat fungsional administrasi database kependudukan Dinas Dukcapil Kota Manado melakukan pencatatan perkawinan terhadap 10 pasang pengantin. Nama-nama pasangan pengantin tersebut yaitu:

1. Reki Rantung dan Stince Dingalai

2. Jolly L. Senduk dan Gayatri Kambaura

3. Gallardo D. Sondonpato dan Amelia M. Wariki

4. Biondi Salindeho dan Deice Sabanari

5. Ronaldo Dalapis dan Christitia Hinombera

6. Rolando Tatimu dan Renny Monto

7. Sandry Y. Mekati dan Herlin Mangantara

8. Arlan Ratulangi dan Rani Igirisa

9. Neldi Damar dan Imelda K. Dapauntung

10. Frangklin D. Lumonang dan Stevani S. Bohang


Menurut Pdt. Cyska Majampoh Tumipa, S.Th, kesepuluh pasangan pengantin ini mendapat program nikah massal dalam rangka HUT GMIM Solagratia Kaiwatu Ke-93 Tahun. 


Di meja hijau, Kadis Disdukcapil menyampaikan dan menjelaskan beberapa aturan. Aturan-aturan tersebut seperti UU No.13 Tahun 2013, Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan UU No. 16 Tahun 2019, Perubahan Atas UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. 


Kadis Dukcapil juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait kesediaan dari setiap pasangan pengantin untuk menerima pasangan masing-masing serta menjalankan hak dan kewajiban sebagai pasangan suami istri.


Selanjutnya, para pasangan pengantin bersama saksi-saksi perkawinan yaitu pihak pria oleh Ferdy Rumambi sedangkan pihak wanita oleh Djemmy Lumingas, secara bergantian menandatangani formulir pencatatan perkawinan. Formulir ini nantinya akan digunakan untuk pembuatan akta perkawinan. 


Selesai tandatangan, Kadis Dukcapil menutup acara pencatatan perkawinan dengan mengucapkan selamat berbahagia kepada para pasangan pengantin dan diakhiri dengan ketukan palu.

*Middle*

Walikota Manado Andrei Angouw Menghadiri Lounching Kampung Moderasi Beragama

Walikota Manado Andrei Angouw Menghadiri Lounching Kampung Moderasi Beragama


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri sosialisasi dan launching Kampung Moderasi Beragama, Binaan Penyuluh Agama Kota Manado Tahun 2023 di Pura Jagatha, Kel. Taas Lingkungan IV Kecamatan, Tikala Manado. Selasa (18/07/2023).


Dalam acara ini Kedatangan Wali Kota disambut Barongsai, Hadrah dan Tarian Bali.


Acara dimulai dengan pembacaan Doa dari 6 Agama, menyanyi Lagu Indonesia Raya dan lagu Kerukunan Antar Umat Beragama 'Alangkah Bahagianya Hidup Rukun dan Damai'.


Dilanjutkan dengan Laporan Kelompok Kerja Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama yang melaporkan bahwa yang hadir sebanyak 400 orang yang terdiri dari penyuluh Agama PNS dan Non PNS dari berbagai Agama yang terdiri dari, Ormas Agama 40 orang, dan Ormas Pemuda Agama 36 orang serta Ormas Sosial Kemasyarakatan lainnya.

Selesai laporan dilanjutlan dengan Ucapan Selamat Datang yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Manado Hj. Rogaya Udin M.Pd. 


Untuk sambutan, pertama disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut yang ikut menjelaskan soal Konsep Moderasi Beragama serta kondisi dan acaman Negara dalam kaitan dengan bagaimana mempertahankan Pancasila dan kerukunan beragama di Indonesia. Juga disampaikan tentang ciri-ciri Moderasi Beragama serta bagaimana soal hubungan Agama dan Negara. Diakhir sambutan Kakanwil menyampaikan soal toleransi dan praktek-praktek dilapangan serta kehidupan sehari-hari.


Wali Kota ketika memberikan sambutan mengawalinya dengan penyampaian selamat HUT Ke 400 tahun Kota Manado. Wali kota juga mensyukuri keadaan Bangsa kita yang berdasarkan Pancasila dimana Agama ikut menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara, karena seluruh warga negara harus beragama, sambil mencontohkan beberapa negara di Eropa dan AS dimana Agama bukan menjadi pedoman hidup. 

"Makanya di Negara- Negara ini ada masyarakat yang tidak beragama. Wali Kota berharap lewat tokoh-tokoh agama untuk menjaga Kota Manado ini termasuk menjaga Bangsa Kita tercinta," kata Walikota.

Wali Kota juga mengajak agar dalam pergaulan sesama agama untuk dapat berbaur satu sama lain agar saling mengenal dan saling memahami keberagaman yang ada. 

"Kita negara religius dan bukan negara Agama, tapi kita adalah negara yang beragama," kunci Wali Kota.


Selesai sambutan Wali Kota membuka secara resmi Launching Kampung Moderasi beragama didampingi tokoh Agama dan pimpinan ormas yang ditandai dengan pemukulan gong serta Penandatangan Prasasti Kampung Moderasi Beragama.

Hadir dalam Kegiatan ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulut KH. Sarbin Sehe S.Ag, M.Pdi,    Forkompimda Kota Manado, Kabid Kesra Setda Kota Manado, Otniel Tewal S.Sos, M.M, Kepala Kantor  Kementerian Agama Kota Manado Ibu Hj. Rogaya Udin M.Pd, Ketua MUI, Ketua Bamag Manado, Ketua BKSAUA, Pimpinam Walubi, PHBI, Para Tokoh Agama serta Ormas Lintas Agama, Ormas Pemuda Agama, Camat Paal II, Lurah Taas dan Lurah Paal IV, Parah Penyuluh Agama PNS dan Non PNS.

*Middle*

Senin, 17 Juli 2023

Joppy Senduk: Resmi Terima SK Pengurus Lengkap PWI Manado

Joppy Senduk: Resmi Terima SK Pengurus Lengkap PWI Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Setelah melalui kajian Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara selama tidak kurang dari tiga bulan, terkait nama-nama yang diusulkan oleh Ketua PWI Manado terpilih Joppy Senduk untuk menjadi pengurus PWI Manado, akhirnya di SK-kan.


Melalui Surat Keputusan PWI Sulut Nomor: 04/ SK/ PWI-SULUT/III/2023, tentang pengesahan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia PWI Kota Manado dimana Joppy Senduk yang terpilih lewat Konfrensi PWI Kota Manado pertama pada tanggal 23 Februari 2023 di Aston Hotel Manado,  telah dilantik pada tanggal 03 Maret 2023 oleh Ketua PWI Sulawesi Utara, Drs Vouke Lontaan disaksikan oleh Wakil Ketua OKK Drs Jimmy Senduk dan Sekretaris Merson Simboleh SE, M.Si di Aston Hotel Manado.


Terpilihanya Joppy Senduk melalui Konferensi pertama PWI Manado lalu disahkan lewat SK-PWI Sulut Sulut Nomor: 04/ SK/ PWI-SULUT/III/2023, yang ditandatangani oleh Ketua Drs. Vouke Lontaan, Wakil Ketua Merson Simbolon. SE. M.Si dan Drs. Jimmy Senduk selaku Wakil Ketua Bidang OKK.


Lewat SK tersebut juga disebut  nama Sekretaris dan Bendahara mendampingi Ketua PWI Manado terpilih untuk menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya dan tetap menghormati marwah PWI sebagai organisasi social control nasional yang diakui oleh Dewan Pers.


Ketua PWI Kota Manado Joppy Senduk, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus PWI Sulut, terlebih khusus kepada Ketua Drs. Vouke Lontaan, Wakil Ketua Bidang OKK Drs. Jimmy Senduk dan Sekretaris Merson Simbolon. SE. M.Si, yang telah mengkaji sekaligus mengeluarkan dan menandatangi SK Kepengurusan PWI Kota Manado periode 2023-2026.


Selanjutnya Ketua PWI Manado Joppy Senduk, mengingatkan kepada seluruh pengurus dan anggota PWI Manado untuk menjaga marwah PWI saat menjalankan tugas sebagai control social.


“Undang-undang no. 40 tahun 99 sangat jelas sifatnya dalam melindungi setiap anggota PWI dalam tugasnya. Itu sebabnya, anggota PWI harus menghargai roh, jiwa dan semangat undang-undang tersebut. Dan sebagai pilar ke-4 dalam tatanan demokrasi, Anggota PWI harus berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat serta menjaga kondisi kota Manado agar tetap dalam keadaan kondusif, mengingat peran pers khususnya PWI sangat besar, baik dalam mewartakan agenda pmerintahan ataupun memberikan koreksi dari semua kebijakan pemerintah,”ungkap Joppy Senduk yang juga Pemimpin Redaksi Media Online komentar.co.id ini.


Selanjutnya kata Ipoy sapaan akrab Joppy Senduk, pihaknya segera mempersiapkan keikutsertaan pengurus PWI Kota Manado pada kegiatan  Kongres PWI yang akan dilaksanakan di kota Bandung Jawa Barat pada tanggal 28-29 September mendatang dengan agenda pemilihan Ketua PWI Pusat.


Berikut ini Daftar Nama  Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Manado Periode 2023-2026

Penasehat       

1. Walikota/Wakil Walikota

2.Kajari

3.Kapolres

4. Reza Rumambi

5. Noortje Van Bone

6. Pierson Rambing

7. Pdt. Hanny Pantouw

8. Hendry Montong

9. Inyo Rumondor

10. Franklin Tamara


Ketua                    Joppy Senduk (komentar.co.id)


Wkl Ketua             Denny Mintianto (swaramanadonews.co)

Wkl Ketua             Elvis Elvianus. S (sulut1news.com)

Wkl Ketua             Ewin Popal (portal24.id)

Wkl Ketua             Benny Manoppo (ekuatornews.com)         


Sekretaris             Denny Poluan(speednews-manado.com)

Wkl Sekretaris     Temmy Sakul (redaksisulut.com)


Bendahara             Yayu Wulur

Wkl Bendahara     Chendy Tombeng (hariansulutnews.com)


Wartawan SIWO   

Ketua                     Ronald Gampu (beritanyaindonesia.com)

Sekretaris              Kim Tawaang (manadonet.com)


Wartawan Organisasi/Keanggotaan

Ketua               Benyamin Ngoeo (manadonews.co.id)

Sekretaris       Marthen Senduk (komentar.co.id)


Watawan Politik dan Pemerintahan

Ketua                     Jandry Kandores (komentar.id)


Wartawan Pemberdayaan Perempuan

Ketua                  Marsita Paputungan (hariansulut.co.id)


Wartawan Hukum dan Keamanan

Ketua      Yan  Mengko (megamanado.com)


Wartawan Ekonomi Bisnis

Ketua      Rolly Sondakh (komentar.id)

Sekrataris         Stewart Lumempouw (indobrita.co)


Wartawan Pendidikan

Ketua                        Frangky Kota (swarakawanua.com)

Sekretaris                 Midel Onibala (carikabar.id)


Wartawan Sosial Budaya/ Pariwisata

Ketua                      Wahyudi Basdab (odcnews.net)


Wartawan Humas dan Informatika

Ketua                Reymond F. Manengkey (kabar-online.com)

*Middle*

Manado Raih Prestasi PDRB, Kepemimpinan Andrei Angouw dan Richard Sualang

Manado Raih Prestasi PDRB, Kepemimpinan Andrei Angouw dan Richard Sualang


MANADO, CARIKABAR.ID 
- Kota Manado menunjukan kemajuan yang signifikan di bawah kepemimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang kembali mendulang prestasi. 

Melalui data dari Badan Pusat Statistik Kota Manado, meraih nilai tertinggi Pendapatan Perkapita tertinggi se Provinsi Sulawesi Utara yaitu sebesar rata-rata Rp96.600.000, atau per bulan  Rp8.050.000.


Bahkan kota tinutuan ini berhasil melampaui nilai provinsi Sulawesi Utara, yaitu Untuk provinsi Sulawesi Utara sendiri income per kapita 59,04 juta, atau sekitar Rp4,9 juta per bulan rata-rata pendapatan setiap kepala keluarga.


Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu perangkat data ekonomi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan ekonomi suatu wilayah (provinsi maupun kabupaten/kota).


Kenaikan PDRB Kota Manado tentu tidak terlepas dari kerja keras Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang dalam merumuskan kebijakan dan strategi mewujudkan Kota Manado yang tidak hanya maju tapi juga sejahtera.


"Dalam hal perekonomian, upaya pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian pasca pandemi terus didorong dengan membuka peluang investasi sampai dengan IKM/UMKM yang mendorong naiknya daya beli masyarakat," kata Astrid Kumentas, Staf Khusus walikota Bidang Pengkajian Pengawasan Pembangunan Daerah, Senin (17/07/2023)


Menurut Kumentas, Pemkot Manado membuat sejumlah kebijakan strategis dalam rangka mendorong perekonomian lebih maju, setelah sebelumnya digerus oleh pandemik.


"Hal ini ditunjang dengan berbagai kebijakan strategis diantaranya adalah dengan ditetapkannya Perda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) yang memudahkan masyarakat dan investor dalam mengurus retribusi bangunan gedung sehingga mampu mendorong iklim usaha di Kota Manado.


Efisiensi belanja yang diterapkan oleh AA-RS dibuktikan mampu membuat inovasi dalam tata kelola pemerintahan.


"Selain itu efisiensi pengelolaan keuangan daerah yang diterapkan Walikota Andrei Angouw menjadi salah satu faktor utama kenaikan angka PDRB Kota Manado. Optimalisasi PAD, efisiensi belanja pemerintah dan penggunaan dana publik secara efektif, ditunjang dengan berbagai inovasi dalam pemerintahan telah menunjukan hasil yang positif. Capaian PDRB ini menjadi kado spesial bagi Kota Manado di usia 400 tahun," tukas Kumentas.



Ronald Nangoy, Stafsus Bidang Pengkajian Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi menambahkan, melejitnya perekonomian di Kota Manado tak lepas dari sektor perdagangan. Nangoy mengatakan, pembangunan sejumlah pasar kearah modernisasi bisa memacu roda perekonomian di Kota Manado.


"Meningkatnya pendapatan per kapita di Kota Manado didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang pesat. Sektor perdagangan yang menjadi misi pemkot telah berhasil dengan baik, utamanya Pasar Bersehati telah menjelma dari pasar tradisional menjadi Pasar Modern," kata stafsus Nangoy.

Sektor pariwisata menurutnya cukup ambil bagian dari meningkatnya PDRB di Kota Manado.

"Sektor pariwisata dirasakan mampu mendorong perekonomian. Pembangunan Malalayang Beach Walk (MBW) dan dermaga Bunaken serta infrastruktur penunjang lainnya seperti pedestarian jalan Piere Tendean, merebaknya UMKM mampu mendongkrak perekonomian sektor pariwisata. Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang sangat jeli melihat peluang untuk meningkatkan roda perekonomian," ujarnya.


Joy Elly Tulung, PhD, ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) cabang Manado menambahkan peningkatan PDRB yang signifikan didukung oleh geliat perekonomian sebagai ibukota provinsi Sulawesi Utara.


"Pendapat perkapita kota Manado menjadi yang tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara memang sudah tidak mengherankan lagi karena Manado adalah pusat perputaran perekenomian Sulawesi Utara, sebagai ibukota Provinsi memang sudah sewajarnya pendapatan warganya lebih besar dari kabupaten kota yang lain," ujar Joy Tulung.

Ketua ISEI Manado ini turut menangapi Kabupaten Talaud yang berada diurutan di paling bawah income per kapita. Menurutnya hal tersebut merupakan kewajaran, mengingat Kabupaten Kepulauan Talaud letak geografis berada di kepulauan terluar Provinsi Sulawesi Utara.


"Untuk Talaud yang juga adalah kabupaten kepulauan terluar di Sulawesi Utara memang tak bisa di pungkiri sangat sulit berkembang dimana tingkat kemiskinan yang cukup tinggi dan IPM yang masih dibawah Provinsi Sulawesi Utara namun walau demikian menunjukan tanda-tanda meningkat dan pertumbuhan ekonomi yang membaik setelah covid19," tutupnya.

*Middle*

Wali Kota AA Lakukan Kunjungan Kerja ke Bunaken

Wali Kota AA Lakukan Kunjungan Kerja ke Bunaken


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Andrei Angouw melakukan kunjungan sekaligus melakukan peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sekolah MTS Alkhariaat di Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan. Senin (17/07/2023).


Wali Kota dalam sambutannya, berterimakasih atas pelaksanaan Pembangunan Gedung Sekolah MTS Alkhariaat ini. Wali Kota menyampaikan bahwa pendidikan itu penting dan suatu bangsa harus selalu memperhatikan masalah pendidikan. 

"Makanya saya mengapresiasi pembangunan sarana pendidikan seperti ini, "kata Wali Kota.

Pendidikan lingkungan penting dilakukan kepada anak-anak dengan menyinggung soal bagaimana membuang sampah yang benar dan tidak membuangnya sembarangan, apalagi harus membuang sampah di parit/drainasi dan sungai-sungai.


Selanjutnya, Wali Kota juga berharap agar kerukunan ditengah masyatakat tetap dijaga untuk kepentingan masyarakat dan kota Manado kedepan.


"Biarlah pendidikan ini berjalan dengan baik dengan kualitas yang baik pula," kunci Wali Kota.


Acara kemudian dilanjutkan  peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Sekolah MTS Alkhairaat Bunaken.

*Middle*

Jumat, 14 Juli 2023

Ribuan Tokoh Agama se-Kota Manado Bersama Walikota Manado dan Ketua TP PKK Ikut Jalan Sehat

Ribuan Tokoh Agama se-Kota Manado Bersama Walikota Manado dan Ketua TP PKK Ikut Jalan Sehat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado melaksanakan kegiatan jalan sehat dalam rangka peringatan HUT ke-400 Kota Manado, Sabtu (15/07/2023) pagi.

Kegiatan jalan sehat yang dihadiri langsung Walikota Manado Andrei Angouw bersama Ketua TP-PKK Kota Manado Irene Angouw-Pinontoan, diikuti 1.500 Tokoh Agama se-Kota Manado.


Jalan sehat yang mengambil garis star dari Kelurahan Bitung Karangria berakhir di gedung Graha Religi Kota Manado, Selanjutnya dilakukan acara peresmian Graha Religi sebagai pusat dari kegiatan keagaman bersama di Kota Manado.

Walikota dalam sambutannya yang di sampaikan Asisten 1 Pemkot Manado Julise Oehlers mengatakan, Tokoh agama merupakan partner kerja dalam menjaga kenyamanan masyarakat, agar kondusifitas di tengah masyarakat tetap terjamin.

"Peran Para Tokoh agama penting sekali dalam rangka menjaga kerukunan yang telah terbangun sekarang ini, demi terjamin Kota Manado maju dan sejahtera," sebut Oehlers.


Sementara itu, Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Yudi Tunari, M.Theol menyampaikan, kegiatan jalan sehat hari ini dalam rangka memperingati rangkaian HUT ke-400 Kota Manado.

"Hal ini bukti dari sinergitas dan komitmen bersama antar Tokoh agama dan Pemerintah Kota Manado, bergerak bersama-sama bagi masyarakat untuk Manado maju dan sejahtera," ucap Tunari.

Hadir bersama dalam kegiatan ini, Wakil Ketua BKSAUA H. Djafar Madiu, para Kepala SKPD yakni, Kepala Dinas Perhubungan Jeffry Worang, Kaban Bapelitbangda Manado DR. Linny Tambajong, Kaban Kesbangpol Manado Conny Lantu, Kabag Kesra Manado Otniel Tewal, Kepala Dinas Pangan Meisje Wollah, Camat Wenang Bonix Saweho, Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak, Camat Bunaken Darat Boyke Pandean, Camat Tikala Hendri Kontu, Camat Paal II serta para tokoh agama se kota Manado.

*Middle*
Wali Kota Andrei Angouw Inspektur Upacara HUT Ke-400 Kota Manado

Wali Kota Andrei Angouw Inspektur Upacara HUT Ke-400 Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melaksanakan upacara dalam rangka peringatan HUT ke-400, Wali Kota Manado  Andrei Angouw bertindak sebagai Inspektur Upacara, di Lapangan Sparta Tikala Manado. Jumat (14/07/2023) pagi.


Pada upacara tersebut diawali dengan pembacaan sejarah Kota Manado yang disaksikan langsung Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang.


Selanjutnya Walikotanya Manado sebagai inspektur upacara memimpin hening cipta dan selanjutkan membacakan teks Pancasila yang diikuti peserta upacara.


Selesai Pembacaan Teks Pancasila dibacakan Pembukaan UUD 1945. Acara dilanjutkan dengan Panyerahan Piagam Penghargaan Call Center Manado Siaga 112 kepada Instansi masing-masing;

Untuk Kategori Tindak Lanjut tercepat, yakni;

1. Polresta Manado

2. Dinas Kebakaran

3. Dinas Kesehatan

Kategori Tindak Lanjut Terbanyak, yakni;

1. Polresta Manado

2. PLN UP3 Manado

3. Dinas Lingkungan Hidup.


Selain itu Walikota atas nama Pemerintah Kota dan juga Pemerintah Pusat menyerahkan Penghargaan Pengabdian 20 tahun dan 30 tahun kepada PNS serta Penghargaan bagi PNS berprestasi dari berbagai Kategori, serta lomba-lomba antar Kelurahan.



Dalam amanatnya, Wali Kota menyampaikan bahwa mengawali kegiatan hari ini untuk bersyukur karena diberikan kesempatan oleh Maha Besar Tuhan untuk melaksanakan kegiatan ini. Wali Kota mengucapakan syukur atas HUT Ke-400 Kota Manado. Bagi ai Kota, Ucapan terima kasih patut disampaikan kepada Pemeritah Pusat, Pemerintah Sulut, Pemerintah Kota Manado dan juga Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado dan kepada semua elemen masyarakat yang mampu bersinergi dalam rangka pelaksanaan Pembangunan di Kota Manado yang dicapai selama ini. 


Terima Kasih juga kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama termasuk mantan- mantan Wali Kota dan Wakil Walikota yang sudah berbuat yang terbaik bagi Kota Manado. Tidak lupa Wali Kota selaku Inspektur Upacara menyampaikan ucapan selamat kepada Warga Kota Manado yang hari ini 14 Juni 2023 ber-HUT Ke - 400.


"Tipikal Kota Manado sebahai Kota Majemuk yang menjadi milik kita semua," kata Wali Kota. 

Bagi Wali Kota, kita harus fokus membangun Kota Manado yang diawali dari Indonesia yang Utama dan tentunya Manado yang utama dalam membangun Kota Manado. 

"Kita harus bertanya tentang apa yang kita buat untuk kota Manado, bukan apa yang Kota Manado buat untuk kita termasuk bagaimana dalam menjaga kondusifitas kota Manado dan bagaimana kita harus "baku tongka, bukan baku cungkel" sebagaimana falsafah Sam Ratulangi Si Tou Timou Timou Tou," urai Wali Kota.


Wali Kota juga menyampaikan berbagai pesan sehubungan dengan Tahun Politik dalam menghadapi Pemilu Legislatif dan Pilres untuk mampu secara besama-sama menjaga Kota Manado yang aman dan nyaman menjadi Kota Manado yang menjanjikan untuk Generasi selanjutnya.

Hadir dalam Upacara ini Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang, Ketua TP PKK Kota Manado Iren Golda Angouw Pinontoan, Sekretaris TP PKK Kota Manado dr. Merry Sualang Mawardi, Forkopimda Kota Manado, Ketua DPRD Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt, para anggota DPRD Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Ketua Dharma Wanita Kota Manado, Kepala SKPD, Pejabat TNI Polri lainnya, pejabat eselon pemerintah Kota Manado, Para Camat dan Lurah se Kota Manado, FKDM, FPK, FKUB, BKSAUA Manado, para tokoh Masyarakat dan tokoh Agama serta para undangan lainnya.


Selesai amanat Wali Kota dilanjutkan dengan Pembacaan Doa oleh Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol.

*Middle*