Kamis, 31 Agustus 2023

TK Beth Eden Perum Puri Manado Permai Bengkol Mulai Kegiatan

TK Beth Eden Perum Puri Manado Permai Bengkol Mulai Kegiatan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sekolah TK Beth Eden Perum Puri Manado Permai di bawah pengelolaan Yayasan Keluarga Kasih Agape resmi  mulai beroperasi yang dibuka oleh Pendiri  Yayasan Keluarga Kasih Agape Pdt Yvonne Wenas-Reppi, Jumat (01/09/2023).


    Tim Bidang TK Diknas  Kota Manado


Acara di awali ibadah yang di pimpin Dewan Pengelola TK Beth Eden Pdt Robert Rattu, M.Th, M.Pd.


    Dewan Pendiri Yayasan Keluarga Kasih.          Agape Pdt Yvonne Wenas-Reppi


Pendiri Yayasan KKA Pdt Yvonne Wenas-Reppi dalam sambutannya menyampaikan banyak selamat untuk pembukaan kegiatan TK Beth Eden.


"Kami berharap pengelolaan kegiatan TK Beth Eden dapat berjalan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku," harap Pdt Yvonne.


    Dewan Pengelola Pendidikan Yayasan              Keluarga Kasih Agape Pdt Robert Rattu,          M.Th, M.Pd


Sementara itu sambutan Pemerintah Kota Manado yang di wakili oleh Ketua Lingkungan lll Noska Manuahe mengatakan, kehadiran TK Beth Eden akan berdampak baik bagi masyarakat.


"Kami tentunya memberikan apresiasi dengan keberadaan TK Beth Eden yang nantinya akan sangat membantu anak-anak sebagai generasi bangsa," kata Manuahe.


Rombongan Dinas Pendidikan melalui tim Bidang TK setibanya di lokasi langsung meninjau semua ruangan.


*Middle*



GPdI Nazareth Pattinama Manado Gelar Ibadah Syukur HUT ke-69

GPdI Nazareth Pattinama Manado Gelar Ibadah Syukur HUT ke-69


MANADO, CARIKABAR.ID
- Jemaat Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Nazareth Pattinama Manado merayakan syukur HUT ke-69 lewat acara ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di pimpin Bendahara Komisi Pusat Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KP4) Pdt Jenny Telly, Kamis (31/08/2023).


    Pdt Jenny Telly


Pdt Jenny Telly dalam khotbahnya diangkat dalam bacaan Alkitab yaitu Roma 12 ayat 11 - 12, 'Jangan kendor kerajinan dan tetap bersukacita.'


"Usia 69 tahun ini bukan alasan jemaat Pattinama untuk tidak bersemangat tetapi jangan kendor semangat dan tetap bersukacita dalam mengiring dan melayani Tuhan," ajak Pdt Telly.


    Panitia HUT mempersembahkan puji-              pujian


Suasana sukacita ini di tandai dengan pemasangan dan peniupan lilin HUT oleh Gembala Pdt Stephen Mawardi di dampingi istri Pdt Lifna Langitan.


    Tampak foto suasana ibadah syukur


Pdt Stephen Mawardi mengatakan, GPdI Nazareth Pattinama dapat meyarakan Syukuran HUT ke-69 oleh karena pertolongan Tuhan dengan tema "Semangat Melayani Tuhan."


"Tentunya di usia jemaat ke-69 tahun tidak sedikit tantangan yang di hadapi, namun dengan semagat melayani Tuhan, sehingga semuanya dapat di lewati oleh semangat api pantekosta," sebut Pdt Mawardi.


    Penampilan tarian pemuda remaja dan          anak sekolah Minggu


Penampilan tarian pemuda remaja berkolaborasi dengan anak sekolah minggu pun menambah kemeriahan acara syukuran tersebut.


    Pdt Ir Benny Narasiang, ST, M.Th 


Sementara itu Panitia Pelaksanaan Pdt Ir Benny Narasiang, ST, M.Th menyampaikan terima kasih kepada semua tim kerja hari-hari raya gereja dan majelis jemaat bagkan seluruh jemaat GPdI Nazareth Pattinama Manado atas terselenggaranya acara ini.


"Acara ini dapat terselenggara selama dua hari karena campur tangan Tuhan serta partisipasi semua jemaat," ucap Pdt Benny.


*Middle*




Dilantik Gembala GPdI Eklesia Langowan, Pdt Rein Wotulo Banjir Ucapan Selamat

Dilantik Gembala GPdI Eklesia Langowan, Pdt Rein Wotulo Banjir Ucapan Selamat


LANGOWAN/MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Pdt Rein Wotulo, S.Th didampingi istri tercinta Pdt Debby Runtuwene secara resmi dilantik sebagai gembala sidang Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Eklesia Langowan oleh Ketua Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I. Awuy-Lantu di Gedung GPdI Eklesia Langowan, Kamis (31/08/2023) pagi.



Usai resmi menerima Surat Keputusan Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara tentang Penetapan Gembala Sidang melalui Rapat Pleno lengkap Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara, Rabu (30/08/2023) di Kantor MD GPdI Sulut Pantecostal Center Buha, Jl Ring Road ll Manado.



Acara yang di hadiri oleh unsur pengurus MD GPdI Sulawesi Utara dan Pemerintah Kecamatan Langowan serta pihak aparat Kepolisian tersebut sontak kebanjiran ucapan selamat lewat media sosial baik dari kalangan GPdI maupun dari luar.



Ucapan selamat kepada Pdt Rein Wotulo bersama istrinya Pdt Debby Runtuwene yang sebelumnya melayani sebagai gembala GPdI Elohim Paniki Atas itu, meramaikan jagat media dalam bentuk, tulisan biasa, gambar, audio maupun audio visual.



Sebagaimana di ketahui GPdI Eklesia Langowan  pasca pencabutan Surat Keputusan Pelaksanaan Tugas (SK Plt) yang dikeluarkan oleh Majelis Pusat GPdI kepada Pdt Brando Lumatauw telah di cabut lewat Rapat Pleno MP pada pertengahan Agustus lalu mengalami polemik.


Pada Rapat Pleno MP itu pula memutuskan pelayanan di GPdI Eklesia Langowan di kembalikan sepenuhnya kepada MD GPdI Sulawesi Utara untuk kemudian menyelesaikan hal-hal yang perlu di penuhi.


*Middle*


Rabu, 30 Agustus 2023

Wakil Walikita dr Richard Sualang Buka Kegiatan Launching PKA Kota Manado

Wakil Walikita dr Richard Sualang Buka Kegiatan Launching PKA Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang membuka secara langsumg kegiatan  Launching Aksi Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kota Manado di PPSDM Kemendagri Regional Makasar Tahun 2023, digelar pada. Rabu (30/08) di aula BKPSDM Manado.


Wakil Walikota Manado, dr. Kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Masyarakat (PPSDM) Kemendagri Regional Makassar, Sugiarto mendampingi Wawali Sualang.

Sugiarto dalam penyampaiannya mengajak kepada para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator untuk bisa menjadi pemimpin yang baik di masa depan.

"Kami harapkan dengan kegiatan ini, kepemimpinan di lingkup Pemerintah Kota Manado mampu mengaktualisasikan kepemimpinan kinerja dan manajemen kinerja sesuai bidang tugasnya dan melakukan inovasi, kolaborasi dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal ” ujarnya.


Wawali Sualang dalam memberikan sambutannya mengatakan, pengembangan SDM di pemerintahan Kota Manado harus terus digalakkan.


"Hal yang normatif ketika saudara sekalian pegang jabatan dan terus mengembangkan inovasi. Tapi, bagaimana manfaat bagi kota Manado, dan bagaimana pengembangan diri saudara sekalian, itu yang terutama," kata Sualang.

Dia menambahkan, kemampuan menguasai teknologi di era digitalisasi sangat penting dilakukan. Menurutnya, apabila ASN tidak mengembangkan diri, kemampuan SDM di lingkungan Pemerintah Kota Manado akan berkurang.


"Inisiatif Pak Walikota Andrei Angouw, bahwa ASN di lingkungan Pemkot Manado Sumber Daya Manusianya harus terus dikembangkan.

Sistem pelayanan publik yang non stop, tidak ada skat, dan tidak ada waktu lagi terbuang.

Kemampuan menguasai teknologi adalah yang terutama. 4.0 sudah berjalan, tingkatkan kemampuan saudara sekalian dalam pengembangan diri, sehingga menjadi motivasi kawan lain di Pemkot Manado," tutupnya.

*Middle*

Wawali Richard Sualang Meninjau Langsung Pengendalian Sertak El-Mino

Wawali Richard Sualang Meninjau Langsung Pengendalian Sertak El-Mino


MANADO, CATIKABAR.ID
-Pemerintah Kota Manado sendiri melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) yang di hadiri Wakil Walikota Manado Richard Sualang (RS) menijau secara langsung kegiatan gerakan pengendalian sertak El-Mino yang gelar di kelurahan Tuminting tepatnya di Kintal AARS Lingkungan 4 pada Rabu (30/08/23).


Fenomena alam dapat Iklim El-Nino yang berlangsung hampir empat bulan terakhir, mulai dirasakan oleh masyarakat saat ini, termasuk Masyarakat Kota Manado, untuk menjaga kestabilan produksi pangan di Sulut, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pertanian  mengeluarkan surat edaran yang perlu di lakukan upaya khusus untuk menjaga kontinuitas pangan di Sulawesi Utara melalui gerakan pengendalian sertak El-Nino.


Dalam arahannya Wawali RS mengaskan, fenomena musim panas (El-Nino) ini merupakan sirkulasi cuaca yang sudah ditetapkan oleh yang Mahakuasa, sebagai manusia seperti apa upaya kita dalam mengantisipasi musim yang di prediksi akan berlangsung lama ini dan akan berdampak buruk bagi masyarakat terkait dalam  mendapatkan air bersih termasuk menjaga kontinuitas pangan.


" Untuk mengantisipasi Dampak El-Nino ini, Gerakan Pengendalian (Gandal) Pemkot Manado dalam membantu  kelompok tani dalam menyiapkan kebutuhan air utk menyiram tanaman melalui Dinas Damkar dan dinas Lingkungan hidup untuk itu secapatnya  membentuk tim untuk berkoordinasi," Ujar Sualang.


" Menjaga tanaman yg ada di kintal AARS dengan menyiram setiap hari guna mengantisipasi dampak el Nino agar tanaman yg ada tetap bisa menghasilkan buah atau sayuran yg menjadi kebutuhan seharihari  seperti tomat, rica, terong dan sayur sayuran," Tambah Wawali.


Di tempat yang sama Kepala Dinas PKP Manado,M Sofian mengatakan dampak El-Nino saat ini mulai dirakan oleh para petani di kota manado terutama Petani Urban Farming  (Petani Perkotaan).


Selain instruksi lewat surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemprov Sulut, harus secepatnya di sigapi agar gerakan pengendalian sertak El-Nino terhadap kestabilan produksi pangan di kota manado bisa terjaga selalu.


"Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah kota Manado, dalam hal ini Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang telah memberikan serangkaian solusi dalam mengantisipasi Musim panas ini," Terang Kadis Sofian

*Middle*

Senin, 28 Agustus 2023

Wali Kota dan Wakil Wali Kota AARS Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado

Wali Kota dan Wakil Wali Kota AARS Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang menghadiri Rapat Paripurna DPRD Manado di Ruang Paripurna Jln. Pemuda, Kelurahan Sario Utara Manado. Senin (28/08/2023).


Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Manado Ibu Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt dengan agenda Rapat ini yakni Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan KUA PPAS Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.


Setelah acara pembukaan, Ketua DPRD langsung memimpin dan membuka secara resmi Rapat Paripurna. Ketua DPRD menyampaikan agenda rapat sekaligus memberikan beberapa gambaran umum sehubungan pembahasan hingga pelaksanaan rapat paripurna ini dalam rangka penandatanganan KUA PPAS Perubahan APBD tahun 2023.


Selesai pemaparan umum Ketua DPRD, Wali Kota Manado dipersilahkan memberikan sambutan sehubungan dengan Perubahan KUA PPAS APBD Tahun 2023. Di depan sidang Paripurna Wali Kota menyampaikan gambaran umum sehubungan akan dilakukan Perubahan KUA PPAS APBD 2023.


Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan APBD 2023 antara Pemerintah Kota oleh Wali Kota dan Sekretaris Pemerintah Kota  Manado dengan Pimpinan DPRD Kota Manado.


Hadir dalam rapat paripurna ini Pimpinan dan anggota DPRD Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C S. Lakat S.H.,M.H, Forkopimda Kota Manado, Kepala SKPD, Staf Ahli dan Staf Khusus Wali Kota, Para Camat serta pejabat eselon lainnya.

*Middle*

Jumat, 25 Agustus 2023

Dihadiri Walikota Andrei Angouw Perayaan HUT ke 56 SMA N 3 Manado

Dihadiri Walikota Andrei Angouw Perayaan HUT ke 56 SMA N 3 Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara HUT Ke 56 SMA Negeri 3 Manado di Kecamatan Tuminting. Jumat (25/08/2023) pagi.


Selesai ucapan selamat datang dari Kepala Sekolah SMS Negeri 3, dilanjutkan dengan pemasangan lilin HUT ke 56 oleh Walikota Manado didampingi Sekdis Diknas Provinsi dan Kepala Sekolah.


Wali Kota dalam sambutan awalnya menyampaikan terima kasih atas undangannya sehingga bisa hadir di SMA Negeri 3 yang berhari Ulang Tahun ke 56. Walikota berharap teruslah mencetak generasi bangsa untuk kepentingan masyarakat dan bangsa. Wali kota juga dalam sambutannya menyentil beberapa tokoh masyarakat yang lahir lewat SMA Negeri 3 ini. 


"Mudah-mudah SMA ini dapat mencetak generasi bangsa yang nantinya mungkin bisa jadi walikota, gubernur atau bahkan jadi Presiden. Hal ini tidak bisa kita pungkiri apa yang akan terjadi pada diri kita masing-masing," kata Walikota.


Walikota berharap agar SMA Negeri 3 dapat memberikan kontribusi yang positif untuk Kota Manado. 


"SMA Negeri 3 ini harus jadi pionir dalam mengolah sampah dan memilah sampah dengan baik," kata Walikota.


Lebih lanjut Wali Kota mengungkapkan soal bagaimana kita memanfaatkan sampah khususnya sampah plastik yang masih terlihat di sungai-sungai.


"Silahkan berkreativitas dan rajin serta semangat, memiliki etos kerja harus tinggi agar kita dapat berkontribusi untuk pembangunan bangsa ini," harap Wali Kota.


Pada kesempatan itu pula, Wali Kota berfoto bersama dengan para siswa yang memakai pakaian daur ulang sampah plastik, juga foto dengan para guru dan pegawai tata usaha.


Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Diknas Provinsi Sulut, Kabid Pembina SMA Diknas Provinsi Sulut ,Staf khusus Gubernur, staf Khusus Wali Kota Manado Yudi Saerang S.H, Camat Tuminting Rein Heydemans, para Guru dan pengajar serta pegawai di SMA Negeri 3, mantan Kepala Sekokah, Alumni, Para Murid SMA Negeri 3 dan para undangan.

*Middle*

Diawali Ibadah Syukur, HUT ke-2 APM Berbagi Kasih dan Bersih Pantai

Diawali Ibadah Syukur, HUT ke-2 APM Berbagi Kasih dan Bersih Pantai


MANADO, CARIKABAR.ID
- Aliansi Pers Manado (APM) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 di pantai Karang Ria (Daseng), Jumat (25/08/2023).

Kegiatan diawali dengan kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh para anggota APM diseputaran pantai Karang Ria.

Nampak para anggota APM bergotong royong bersama para THL kecamatan Tuminting dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini.


Selanjutnya laporan pertanggungjawaban oleh ketua panitia HUT APM ke-2, Agung Sugiono.

Acara selanjutnya adalah ibadah syukur yang dipimpin langsung ketua BKSUA Kota Manado, Pdt.Yudi Tunari, M.Teol.

Pembacaan Alkitab diambil dalam Kolose 3:23, Kolose 3:23 yang berbunyi "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia".

Dalam khotbahnya, para hadirin diingatkan lagi kepada para APM yang merupakan profesi sebagai wartawan yang membawa berita bagi masyarakat kota Manado 

"Pembawa berita merupakan sesuatu yang luar biasa. Lambang dari 7 kabupaten kota di Sulawesi Utara ada lambang Burung Manguni. Burung Manguni adalah burung pembawa berita, seperti kata Profesor Roeroe," kata Pendeta Tunari.

    Foto Ketua TP PKK Kota                  Manado Irene G Angouw-              Pinontoan menyerahkan                Bantuan kepada tenaga                  kebersihan


APM merupakan bagian dari pembawa berita. Apa yang menjadi kemajuan Kota Manado. 

"Para anggota APM juga merupakan bagian dari pembawa berita yang baik, kabar berita, sukacita untuk masyarakat Kota Manado," tambahnya.


    Foto Kaban Kesbangpol                  Pemkot Manado Meiske C.              Lantu


Walikota Manado, Andrei Angouw dalam sambutanya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesebangpol Manado, Conny Lantu mengapresiasi keberadaan APM yang melakukan peliputan di pemerintahan kota Manado. 

"Peran dan kontribusi APM dalam pembangunan di Kota Manado sangat terasa. Saya mengapresiasi kepada Aliansi Pers Manado yang secara konsisten mewartakan kerja-kerja pemerintah Kota Manado serta memberikan dukungan, masukan dan bahkan kritikan yang membangun kota Manado," kata walikota.


    Foto Ketua APM Steven                    Rondonuwu


Ketua Aliansi Pers Manado Steven Rondonuwu, dalam sambutannya menjelaskan awal berdirinya organisasi perkumpulan para awak media ini "Tugas pertama kami setelah AARS dilantik ialah, diminta untuk mempersatukan para wartawan yang meliput di kantor walikota makanya dibentuklah APM," tegasnya.


Dia pun mengajak kepada para anggota APM untuk selalu menjadi mitra di pemerintahan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang.

"Sebagai anggota APM yang merupakan mitra pemerintah, saya mengajak agar bisa menjadi mitra yang baik pemerintahan dari Pak Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang. Pemerintah tidak anti kritik, tapi kritik pemerintah dengan data yang jelas, agar pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah di Kota Manado bisa tersampaikan dengan baik di masyarakat," kata Rondonuwu yang juga seorang staf khusus walikota.


Acara selanjutnya penyerahan bingkisan kasih kepada para pekerja kebersihan di Kecamatan Tuminting oleh ketua TP-PKK Kota Manado, Irene Golda Angouw - Pinontoan (IGP).


Acara syukuran ini turut dihadiri Kaban Kesbang Conny Lantu, Kabag Kesra Otniel Tewal, Kabid Persandian Kominfo Manado Novi Arianto, Kasub Protokoler Toar Lumi, staf khusus walikota Judi Saerang dan Fahmi Kangiden serta Lurah Bitung Karang Ria, Irwan Patroli.

*Middle*


 

Rabu, 23 Agustus 2023

Wali Kota Manado Andrei Angouw Terima Penghargaan Atas Prestasi Pembina Kelurahan Tingkat Regional

Wali Kota Manado Andrei Angouw Terima Penghargaan Atas Prestasi Pembina Kelurahan Tingkat Regional


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado, Andrei Angouw menerima penghargaan atas prestasinya sebagai Pembina Kelurahan Tingkat Regional (Kalimantan dan Sulawesi) oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pemerintah Kelurahan Tumumpa Dua, yang sudah menunjukkan prestasinya meraih Lima besar pada Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2023 pada acara Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi melalui tema “Desa dan Kelurahan Maju Menuju Indonesia Emas" yang berlangsung di Hotel Discovery Kec. Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (15/8/2023) beberapa waktu lalu.

Penyerahan Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2023 ini, diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan bahwa acara Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023 adalah ajang/wadah pemberian apresiasi bagi juara Lomba Desa dan Kelurahan serta menjadi sarana dalam mempublikasikan serta menyebarluaskan informasi berbagai keberhasilan dan inovasi Pemerintah dalam memajukan Desa dan Kelurahan dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Sementara itu Wali Kota Manado mengucapkan selamat dan Terima kasih atas partispasi semua komponen masyarakat Tumumpa Dua   dan dukungan stakeholder terkait yang telah bahu-membahu membantu Kelurahan Tumumpa Dua  mendapatkan prestasi ini. 


Wali Kota  juga berharap agar Kelurahan Tumumpa Dua bisa menjadi percontohan serta pelecut semangat dan motivasi untuk Kelurahan – Kelurahan  yang lain mencapai prestasi-prestasi serupa sehingga dapat membawa harum nama baik Kota Manado di kancah Regional, Nasional bahkan internasional.

Sebelumnya Kelurahan Tumumpa Dua,  melaju ke tingkat Nasional, setelah ditetapkan menjadi Juara 1 di Tingkat Kota Manado dan Juara 1 di Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. 

Hadir membawa dan menyerahkan Penghargaan tersebut, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Manado, Camat Tuminting, Reyn Heidemans, Lurah Tumumpa Dua, Reynaldy Kalesaran dan Staf Khusus Wali Kota Manado, Judy Serang.

*Middle*

Selasa, 22 Agustus 2023

Wali Kota Andrei Angouw  Dampingi Gubernur Hadiri Pameran Pelayanan Publik dan Legal Expo

Wali Kota Andrei Angouw Dampingi Gubernur Hadiri Pameran Pelayanan Publik dan Legal Expo


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri Pameran Pelayanan Publik dan Legal Expo yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Utara. Selasa (22/08/2023).


Kegiatan yang dihadiri Gubermur Sulut Olly Dondokambey tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Sulut Ronald Lumbuun menyampaikan, kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang akan dilaksanakan dari tanggal 22 Agustus sampai dengan 24 Agustus tahun 2023.


"Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah semata-mata untuk memastikan pelayanan publik di wilayah Sulawesi Utara dan lebih mendekatkan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini kantor wilayah Sulawesi Utara kepada masyarakat di Sulawesi Utara khususnya di kota Manado," jelas Kakanwil.


Dikatakannya, kegiatan Pameran Pelayanan Publik dan Legal Expo ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah kota/Kabupaten serta mitra kerja yang untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat di Sulawesi Utara. 


"Bisa kita lihat di sini terdapat beberapa stan UMKM yang tentunya merupakan kontribusi dari pemerintah daerah dan kabupaten kota. Terima kasih Pak Walikota Manado Pak Bupati Minsel yang mewakili Bupati Kepulauan Talaud dan juga pemerintah kota lainnya, kami atas nama Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara beserta jajaran mengucapkan terima kasih dan juga tentunya kepada Bapak Gubernur Sulawesi Utara," sebutnya.


Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menggaris bawahi tentang pentingnya Inovasi dan kerjasama dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.


"Inovasi merupakan kunci dalam menghadapi tantangan sama yang terus berkembang. Tentunya atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Utara mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kementerian Hukum dan HAM lebih khususnya di provinsi Sulawesi Utara yang sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan termasuk memberikan hak cipta bagi para UMKM UMKM yang ada di provinsi Sulawesi Utara," kata Gubernur.


"Tentunya hal ini sangat membanggakan bagi kita karena generasi-generasi muda kita mendapatkan perlindungan secara langsung dari inovasi yang mereka berikan buat bangsa dan negara,'' pungkas Dondokambey.


Turut hadir pada kegiatan ini adalah  Forkopimda Sulut, jajaran pimpinan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut serta undangan.

*Middle*

Walikota Andrei Angouw Menerima  Kunjungan Pejabat Diplomat Konjen AS di Surabaya

Walikota Andrei Angouw Menerima Kunjungan Pejabat Diplomat Konjen AS di Surabaya


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Bertempat diruang kerjanya, Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima Kunjungan Kehormatan Pejabat Diplomatik Konsulat Jenderal AS di Surabaya. Selasa (22/08/2023) siang.


Agenda ini bertajuk "courtesy call" dan dihadiri pejabat dan staf konsulat Amerika Setikat di Surabaya yakni, Mr. John McDaniel, kepala bidang politik dan ekonomi, Yassika Indarini, spesialis bidang politik dan ekonomi serta Adrian Johan, asisten bidang politik dam ekonomi.

Wali Kota didampingi Kadis Perindag Kota Manado Hendrik Waroka serta Kabid Protokol Innov Walelang.


Pertemuan itu berlangsung rileks dan ngobrol yang ringan-ringan, ketika pihak konsulat yang hadir memperkenalkan diri, demikian halnya dengan Wali Kota sendiri.


"Saya berterima kasih karena telah berkunjung di Kota Manado, saya juga menyampaikan bahwa saya pernah sekolah di AS," ucap Walikota.


Pada pertemuan itu pula Walikota Angouw menyampaiakan, bagaimana kondisi Kota Manado saat ini terutama soal ekonomi dan perdagangan dan memaparkan konsep pengendalian ekonomi ketila diterma pandemi juga bagaimana kiat-kiat yang telah dilakukan sehingga ekonomi Kota Mamado tetap berjalan stabil kendati ada pandemi.


"Hasil pembicaraan ini diharapkan akan menjadi landasan pijak ketika nantinya kedepan ada kerjasama antara Amerika Serikat dengan Sulut khususnya Kota Manado," harap Walikota.


Diakhir pembicaraan, Walikota bertukar cenderamata dengan Pihak Konsulat AS yang hadir dalam pertemuan ini.

*Middle*

Minggu, 20 Agustus 2023

Walikota Angouw Terima Bantuan Kendaran Sampah di HUT ke-45 Pasar Modal Indonesia

Walikota Angouw Terima Bantuan Kendaran Sampah di HUT ke-45 Pasar Modal Indonesia


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado menghadiri kegiatan Penyerahan SCR dalam Rangka  HUT Ke-45 Pasar Modal Indonesia di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado. Senin (21/08/2023) pagi.


Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan PT Bursa Efek Indonesia mewakili Panitia HUT Pasar Modal Indonesia Christian Manulang dalam sambutannya mengatakan, operasionalisasi Pasar Modal di Indonesia, soal bagaimana Bertransaksi dan berinvestasi Pasar Modal seperti Investasi saham, reksadana dan lain sebagainya. Dipaparkan juga sejarah perdagangan saham di Indonesia. Ditambahkan juga berbagai kegiatan dalam rangka HUT Pasar Modal Indonesia saat ini. 


"Melalui kegiatan CSR pasar modal berkomitmen untuk terjun ke masyarakat dalam memacu perekonomian masyarakat di Indomesia," kata Manulang. 

Pada kegiatan Pasar Modal akan fokus pada CSR dibidang lingkungan yakni pemberian motor sampah kepada Pemerintah Kota Manado.


"Pada kesempatan ini juga Panitia Pasar Modal Indonesia akan melakukan Pencanangan Literasi dan Inklusi Pasar Modal pada 1000 ASN Pemerinrah Kota Manado," kuncinya.


Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua OJK Sulut dengan menyampaikan perkembangan Pasar Modal di Sulawesi Utara. 


Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bursa Efek Indonesia yang telah menyerahkan CSR di Kota Manado. 


Lanjut Walikota, menguraikan konsep transaksi dengan menyampaikan beberapa nilai ekonomi dikaitkan dengan PDRB Sulut termasuk PDRB Kota Manado. Walikota mengatakan, bahwa kita memang fokus terhadap kebersihan di Kota Manado sehingga hal ini tentunya menjadi perhatian bersama. 


"Idealnya kita memang harus berinvestasi dan berharap adanya kegiatan sosialisasi soal ini agar membawa dampak positif kepada yang berinvestasi dan akan bermanfaat untuk masyarakat Sulut dan masyarakat Kota Manado," ucap Walikota.


Selesai sambutan Walikota, acara dilanjutkan dengan seremoni penyerahan CSR dengan penyerahan Kunci Kendaraan Sampah dan penandatanganan kerjasama. Wali Kota didampingi Sekot ikut meninjau dan melihat 5 kendaraan pengangkut sampah yang terparkir di halaman Kantor Walikota Manado. 


Hadir dalam kegiatan ini, Ketua OJK Sulut Winter Marbun, Ketua Bursa Efek Sulut, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H,M.H, Kadis DLH Franky Porawouw S.H, Para pejabat Pemerintah Kota Manado, para Camat, staf khusus Walikota, para tokoh/direktur perusahaan dan undangan lainnya.

*Middle*

Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Ibadah HUT GMIM Ranotana ke-76

Walikota dan Wakil Walikota Manado Hadiri Ibadah HUT GMIM Ranotana ke-76


MANADO, CARIKABAR.ID -
Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang bersama Sekretaris TP-PKK Kota Manado dr. Merry Sualang Mawardi, Sp.A menghadiri ibadah syukur dan perayaan Hari Ulang Tahun Jemaat GMIM Bethesda Ranotana Manado ke 76, Minggu (20/08/2023) pagi.


Ibadah dipimpin Pdt. Piet Tampi yang merupakan mantan Ketua BPMS GMIM dan dihadiri jemaat GMIM Bethesda Ranotana yang datang dari kolom 1-30, serta undangan.


Walikota Manado Andrei Angouw didampingi Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang menyampaikan selamat bersyukur atas ketambahan usia bagi Jemaat GMIM Bethesda Ranotana.


“Selamat HUT ke 76 disertai harapan kualitas pelayanan meningkat bukan hanya fisik gereja yang meningkat tapi juga fisik pelayanan harus meningkat. Saya berharap totalitas bukan hanya saat ibadah tapi dalam keseharian dengan masyarakat, karena otomatis kualitas sebagai warga Manado ikut meningkat. Mari bersama kita refleksikan firman dalam kehidupan sehari dimana kita berada, peduli dan jaga lingkungan bersih,” ujarnya.


Pada kesempata itu Walikota Manado juga kembali mengingatkan dukungan Jemaat dalam menjaga kebersihan Kota Manado.


"Jemaat Bethesda juga harus hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan jam buang sampah diperhatikan, warga juga harus berani tegur orang yang buang sampah sembarangan, dunia tak akan hancur oleh orang jahat tapi dunia akan hancur oleh orang baik yang tak berani menegur orang jahat," pesan Angouw.


Fakta yang cukup miris di kota Manado saat ini tambahnya, kriminal cukup tinggi karena disebabkan oleh mabuk dengan minuman keras. 


"Boleh minum tapi ketika mau minum harus tau takaran. Sebagai Walikota saya sebenarnya malu dengan marak kasus saat ini persetubuhan terhadap anak dibawa umur yang begitu tinggi, padahal kota ini disebut sebut kota doa dan kota religius. 

Saya harap ini jadi perhatian bersama tokoh agama dan semua warga. Apalagi di Manado 50 persen lebih masyarakatnya adalah warga GMIM, mari sama sama torang jaga dan antisipasi kasus kasus ini," terang Walikota.


Walikota juga mengingatkan soal cuaca yang saat ini lagi ekstrim disertai angin kencang, warga harus hati hati dan waspada kebakaran. 


"Anak muda harus rajin serta etos kerjanya  tinggi, jika demikian pasti akan hidup baik dan akan tahan godaan. Tugas pemerintah saat ini ialah untuk sejahterahkan masyarakat namun harus kembali ke masyarakatnya serta etos kerjanya yah rajin," sebut Walikota.


Lanjut Walikota, anak muda juga harus kreatif dan jaga kondusifitas daerah, saya lahir dan besar di Manado, dulu saat saya sekolah nda pernah dengar yang istilah pribumi dan perbedaan etnis serta agama, saat ini hal hal itu selalu jadi persoalan dan ini harus hilangkan, jemaat yang baik yah itu musti bergaul bersama jemaat lain jangan pilih pilih, saya dorong warga GMIM Bethesda Ranotana harus inklusif jangan eksklusif," Ucap Walikota.


Menjelang pemilu saat ini, suami dari Irene Golda Pinontoan (IGP) tersebut juga mengingatkan agar warga berpesta demokrasi yang baik bukan berperang dan jangan saling menyerang serta provokasi melainkan harus riang gembira.


"Dalam pemilihan nanti keputusan bisa mempengaruhi masa depan bersama, jadi pilihlah sesuai hati nurani," pesannya.


Selesai ibadah Walikota dan Wakil Walikota Manado mengunjungi setiap stand kolom-kolom di Jemaat Bethesda Ranotana, dan makan bersama jemaat serta ikut swafoto di setiap stand yang ada.


Sebelumnya, Ketua BPMJ Bethesda Pdt Novita Rende Kaligis, STh dan Ketua Panitia HRG Tommy Roring menyampaikan sambutan dengan harapan pelayanan bisa berjalan terus semakin membaik.


Saat pemasangan lilin simbol HUT, ikut mendampingi Kadis Pangan Sulut dr Jemmy Lampus yang mewakili Gubernur Sulut, Ketua BPMW Manado Selatan Pdt Jani Rende, MTh, Wakil Ketua BPMJ Bethesda Pnt Max Ratulangi, Sekretaris Jemaat Pnt Novie Lumowa, Spd, Bendahara Dkn Jefry Runtuwene serta para penasehat jemaat.


Hadir dalam ibadah tersebut Kasat Pol PP Manado Johanis Waworuntu, Lurah Ranotana Leon Piri, Lurah Sario Rio Saeh, Lurah Sario Kotabaru Jermia Paat serta para pendeta yang pernah tugas dan melayani di jemaat Bethesda Ranotana.

*Middle*

Ketua TP PKK Irene Golda Pinontoan (IGP) Hadiri Lomba Kemeriahan HUT RI ke-78

Ketua TP PKK Irene Golda Pinontoan (IGP) Hadiri Lomba Kemeriahan HUT RI ke-78


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-78, setelah Upacara Benedera sudah menjadi tradisi di Negeri ini di lanjutkan dengan berbagai lomba tradisional yang di gelar baik itu di kalangan instansi perkantoran, komunitas, warga kelurahan dan lain-lain.


Seperti yang terpantau pada Kamis (17/8/2023) dikawasan lapangan basket Teras Sparta, nampak  salah satu komunitas ternama dikota manado yakni Sahabat Bunda dan Lovely Moms, menggelar kegiatan lomba 17an yang ikut dihadiri Ketua TP PKK Kota Manado Ibu Irene Golda Pinontoan (IGP).


Suasana semakin seru, ketika Istri tercinta Walikota Andrei Angouw (AA) ikut berlomba berbaur bersama para peserta lomba makan kerupuk sambil diiringi lagu Bendera dari grup band coklat.


Saat ditemui Iren Golda Pinonton mengungkapkan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa hari ini Indonesia kini genap berumur 78 Tahun dan hari ini kita rayakan kameriahan HUT RI bersama komunitas Sahabat Bunda dan Lovely Moms Manado.


"Dalam memeriahkan HUT RI Ke 78, selain ikut berlomba kita juga harus menjaga sportivitas, kekompakan, terutama jalin silaturahmi antara kita. Mari torang bantu Pemerintah kota, untuk Manado yang lebih baik,” Ujar Irene.


Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Sahabat Bunda dan Lovely Moms Susan Basuki, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 78.


“Ini salah satu agenda yang kami laksanakan, selain itu Sahabat Bunda dan Lovely Moms juga melaksanakan bakti sosial dengan menyantuni anak yatim piatu, serta kegiatan sosial lainnya,”Ujar Susan Basuki.


Lanjut di katakan ASN di Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulut, komunitas ini setiap bulan selalu mengadakan pertemuan untuk mempererat silaturahmi.


“Setiap bulan komunitas ini selalu mengadakan pertemuan yaitu tanggal 15 agendanya Lovely Moms dan Sahabat Bunda tanggal 17, ini dalam rangka mempererat silaturahmi antara pengurus bersama anggota,” tutup Susan Basuki.

*Middle*


Jumat, 18 Agustus 2023

Wakil Walikota dr Richard Sualang Irup Penurunan Bendera

Wakil Walikota dr Richard Sualang Irup Penurunan Bendera


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil walikota Manado dr Richard Sualang, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Penurunan Bendera Merah Putih Pemerintah Kota Manado, dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Lapangan Sparta Tikala, Kamis (17/8/2023).


Kita bersyukur rangkaian peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 bisa terlaksana dari pagi hingga sore hari ini sudah berakhir dengan baik. 


"Tentunya kita mengharapkan semangat kemerdekaan ini tetap menyala-nyala dan menambah semangat jaharan Pemerintah Kota Manado bersama masyarakat, agar kita bisa membangun Manado yang maju dan sejahtera." kata Wawali Sualang.


Terima kasih kepada seluruh adik-adik Paskibraka yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

"Terima kasih juga kepada seluruh pihak terkait baik kakak-kakak pembina, komandan upacara dan seluruh perangkat yang terlibat." Ucap Sualang.


Hadir bersama dalam upacara ini: Sekretaris TP-PKK Kota Manado Ny. dr. Merry Sualang Mawardi, Sp.A, Sekretaris Daerah DR. Micler Lakat, Jajaran Forkopimda, Staf Khusus, Kepala Dinas, Camat, Lurah dan undangan.

*Middle*

Pemkot Manado Resmi Ajukan Kasasi Terkait Shopping Center

Pemkot Manado Resmi Ajukan Kasasi Terkait Shopping Center


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Walikota, menanggapi dengan bijak proses hukum yang sementara berjalan di Pengadilan terkait gugatan Johny Rempas selaku Direktur Utama PT. Teruna Continental soal klaim hak kepemilikan 70 kios /Toko di Gedung Shopping Center.


Hal ini dilakukan berdasarkan adanya putusan yang dikeluarkan Pengadilan Tinggi (PT) Manado dimana menolak putusan Pengadilan Negeri (PN) Manado No: 432/Pd1G/2022/PN Mnd tanggal 6 April 2023, yang sebelumnya menolak gugatan Johny Rempas sebagai penggugat dan memenangkan tergugat I yakni Walikota Manado dan tergugat II PD Pasar Manado.


Atas putusan PN Manado tersebut, Johny Rempas langsung menggunakan hak hukumnya dengan mengajukan perlawanan Banding ke PT Manado, dan hasilnya,

majelis hakim di PT Manado yang terdiri dari Dr. Yapi SH, MH sebagai hakim ketua dengan anggota masing-masing Djamaludin Ismail, SH, MH, Lukman Bachmid, SH, MH didampingi Panitra Pengganti Banding Djubaida Ratumboba, SH, sesuai amar putusan banding No: 131/PDT/2023/PT MND tertanggal 31 Juli 2023, menyatakan mengabulkan gugatan penggugat, Johny Rempas.


Dengan adanya putusan PT Manado itu menyatakan, semua surat-surat yang dikeluarkan tergugat I (walikota) dan tergugat II (PD Pasar) adalah tidak sah dan batal demi hukum.


Pihak Pemerintah Kota Manado pun menanggapi adanya putusan tersebut dengan bijak.


 "Prosesnya belum selesai, pak Walikota sangat menghormati hukum, sesuai aturan hukum kami masih bisa menguji putusan PT di tingkat Kasasi Mahkamah Agung," tegas Kepala Bagian Hukum Pemkot Manado Eva Pandensolang, SH, MH.


Diapun berujar pihaknya telah resmi mengajukan Kasasi dan telah didaftarkan melalui Pengadilan Negeri Manado dengan nomor 432/Pdt.G/2002/PN Mdo jo Nomor 131/PDT 2023/PDT MDO, yang didaftar Pengacara Dalson Horukie SH dan diterima Panitera Handri Mamudi SH, MH.


Eva pun menanggapi soal klaim yang dikatakan jika Penggugat sudah sah sebagai pemilik 70 kios di Gedung Shoping Centre. "Belum ada putusan hukum yang sah, prosesnya masih akan berjalan sabar saja dulu. Yang pasti pak Walikota sangat menghormati proses hukum yang berjalan. Kita serahkan saja ke MA untuk proses hukum selanjutnya," papar Eva.

*Middle*

Rabu, 16 Agustus 2023

Walikota dan Wakil Walikota Manado Ikuti Upacara HUT RI ke-78

Walikota dan Wakil Walikota Manado Ikuti Upacara HUT RI ke-78


MANADO, CARIKABAR.ID
- Upacara Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023, diselenggarakan Pemerintah Kota Manado, bertempat di Lapangan Sparta Tikala, Kamis (17/08/2023) pagi.


Upacara tersebut dihadiri Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Walikota Manado, pembacaan teks Proklamasi Ketua DPRD Kota Manado Dra Aaltje Dondokambey. 


Prosesi pengikabaran Bendera oleh Tim Paskibraka Kota Manado. Selesai pengibaran Bendera Merah Putih, Walikota memimpin Hening Cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur mempertahankan NKRI.


Acara dilanjutkan dengan pembacaan Doa yang disampaikan oleh Kepala Kementerian Kantor Agama Kota Manado.


Hadir dalam upacara ini Ketua dan Sekretaris TP PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan dan dr. Merry Sualang Mawardi, Ketua DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, para Anggota DPRD Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Ketua Dharma Wanita Pemerintah Kota, Kepala SKPD, Pimpinan dan Direksi BUMD (PD Pasar, PDAM dan PT Air) Kota Manado,  para Camat, pejabat eselon, staf khusus Walikota, Forum-Forum yang ada di Kota Manado, Veteran, para Lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat, ASN dan THL Pemerintah Kota Manado.


*Middle*

Jelang Perayaan 17 Agustus, Walikota dan Wawali Manado Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kairagi

Jelang Perayaan 17 Agustus, Walikota dan Wawali Manado Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kairagi


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang serta Ketua TP PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan  Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado. Rabu (16/08/2023) pagi.


Kegiatan ini merupakan Ziarah Nasional Memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan R.I dan Walikota bertindak sebagai Pimpinan Ziarah/Inspektur Upacara.


Dalam acara awal, setelah laporan dan hening cipta, Walikota sebagai Pemimpin ziarah melakukan peletakan karangan bunga di Monumen TMP dilanjutkan dengan Doa Ziarah.


Setelah acara pembukaan dilaksanakan penaburan bunga oleh pemimpin upacara diikuti para peserta upacara. Walikota bersama Ibu melakukan tabur bunga dipusara Kolonel (Purn) Frans W. Kapojos yang merupakan Opa dari Ibu Walikota Irene Pinontoan serta pusara-pusara lainnya.


Kegiatan terakhir adalah Walikota dan Wakil Walikota Manado, Ketua TP PKK, Ketua DPRD Manado, Forkopimda Manado, Sekretaris Kota, Kepala SKPD dan pejabat lainnya melaksanakan sesi foto bersama di Monumen TMP. Sebelum beranjak keluar dari TMP, Walikota sebagai pemimpin ziarah menandangani Buku Tamu.


Hadir pada Upacara Ziarah ini Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M Kes.,Apt., Sekretaris Pemerintah Kota Manado  Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Forkopimda Kota Manado, Anggota DPRD Kota Manado., pejabat TNI Polri, kepala SKPD, Kabag Setda Kota Manado, Camat se-Kota Manado dan pejabat eselon Kota Manado lainnya.


*Middle*

Ibadah Pembukaan SAL Angkatan 79, Pdt Harry Mulyono: Hakekat Hidup Melayani Tuhan

Ibadah Pembukaan SAL Angkatan 79, Pdt Harry Mulyono: Hakekat Hidup Melayani Tuhan


LANGOWAN/MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Sekolah Alkitab Langowan melaksanakan acara ibadah dalam rangka pembukaan kegiatan tahun ajaran 2023-2024 angkatan 79, bertempat di Aula Serbaguna Sekolah Alkitab Langowan, Raranon Kabupaten Minahasa, Rabu ( 16/08/2023).



Khotbah ibadah tersebut disampaikan  Departemen Organisasi MP GPdI Pdt Harry Mulyono, M.Pdk pada bacaan Alkitab dalam Matius 11 ayat 29, 'Hakekat dari hidup ini adalah melayani Tuhan.'



Hakekat ini dalam pengertian adalah karakter, formal atau tidak formal kita melayani Tuhan, kekristenan hadir bagi lingkungan, masyarakat ,gereja.


"Hidup kekristenan itu adalah belajar melayani Tuhan, prinsip hidup harus belajar seumur hidup, orientasi hidup kita hanya untuk memuliakan Tuhan,  belajar Alkitab berarti mendapatkan kebenaran hidup dan perubahan hidup," kata Pdt Mulyono.



Kepala Sekolah Alkitab Langowan Pdt Miracle Awuy dalam laporannya, jumlah siswa-siswi tingkat I 147 peserta didik dan siswa-siswi tingkat II 39, jumlah peserta didik angkatan 79 SAL tahun ajaran 2023-0224 sebanyak  181 peserta didik.


"Jumlah sementar peserta didik angkatan 79 sebanyak 181, namun masih ada yang akan menyusul sehubungan tempat asal dari luar daerah Sulawesi Utara," ucapa Pdt  Miracle Awuy.


Hadir dalam acara ini, Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne Awuy-Lantu, Sekretaris MD Pdt Hanny Awuy dan seluruh jajaran pengurus MD Sulut, Camat Langowan Selatan, Kapolres Minahasa dan keluarga siswa-siswi.


*Middle*


Selasa, 15 Agustus 2023

Wali Kota Andrei Angouw Hadiri Lounching Pariwista Rap-Rap Tongkaina

Wali Kota Andrei Angouw Hadiri Lounching Pariwista Rap-Rap Tongkaina


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi Kelurahan Tongkaina untuk menghadiri Launching Sarana Penunjang Aksesibilitas Pariwisata Pantai Rap-Rap Kelurahan Tongkaina. Kegiatan ini melibatkan Bank SulutGo yang punya kepedulian kepada Pariwisata di Kota Manado. Selasa (15/08/2023) siang.


Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kadis Pariwisata dan juga kepada Bank Sulut yang telah berkontribusi pada kegiatan ini untuk kemanjuan Pariwisata di Kota Manado. Wali kota berharap agar warga dapat menjaga kebersihan disini, terutama tidak membuang sampah sembarangan agar banyak turis hadir hadir disini. 


"Jalan ke lokasi ini akan diperbaiki menjadi lebih bagus, artinya akan diaspal dan kalau masyarakat memberikan lahannya akan dibuat trotoar," kata Walikota.


Selanjutnya, acara scanning barcodee pantai rap-rap kelurahan Tongkaina Kota Manado. Sebelum meninggalkan Lokasi, Wali Kota didampingi Sekot, Kadis Pariwisata, Kadis Perindag, Kepala Devisi Corsec BSG, Camat Bunaken, Lurah Tongkaina dan undangan berkeliling mencek lokasi sambil berjalan kaki.


Hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Kadis Pariwisata Esther Mamangkey, Kadis Perindag Hendrik Waroka, Camat Bunaken Boy Pandean, Pimpinan Bank Sulut yakni Kepala Devisi Corsec BSG Heince Rumende, Lurah Tongkaina, kelompok sadar wisata.

*Middle*

Senin, 14 Agustus 2023

Walikota Andrei Angouw Resmi Kukuhkan Paskibraka Manado 2023

Walikota Andrei Angouw Resmi Kukuhkan Paskibraka Manado 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
 - Wali Kota Manado Andrei Angouw secara resmi mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Manado tahun 2023 berlangsung diaula serbaguna Kantor Wali Kota Manado. Senin (14/08/2023) sore.

Setelah menerima laporan dari komandan upacara pengukuhan paskibraka, Wali Kota langsung memimpin hening cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. 


Walikota membacakan Naskah Pengukuhan dan membacakan doa, sebagai Pembina Upacara Wali Kota Manado dan juga pembacaan ikrar yang diikuti adik-adik Paskibraka. 


Selanjutnya, penyematan lencana dan pemasangan kendit oleh pembina upacara yang diikuti oleh para orangtua paskibraka. 

*Middle*

Rapat Paripurna DPRD Kota Manado Dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Manado

Rapat Paripurna DPRD Kota Manado Dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado melaksanakan Rapat Paripurna dihadiri Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Manado Jalan Pemuda, Sario Utara Manado. Senin (14/08/2023) siang.


Rapat Paripurna tersebut dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun Anggaran 2024 dan Pembicaraan Tingkat II terhadap Ranperda tentang Pajak Daerah dan Restribusi Daerah serta Pendapat Akhir Wali Kota terhadap Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.


Setelah acara pembukaan, Rapat Paripurna langsung di Pimpin oleh Ketua DPRD Manado Ibu Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt di dampingi Wakil Ketua Nortje Van Bone membuka secara resmi Rapat Paripurna.


Pembacaan surat masuk disampaikan Sekretaris Dewan Drs. Heri Saptono. Acara dilanjutkan dengan Laporan Panitia Khusus atas Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang disampaikan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Manado Jean Laluyan.


Selanjutnya penandatanganan Keputusan DPRD dan Berita Acara atas Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS T.A. 2024 Pemerintah Kota Manado dan DPRD Kota Manado.


Wali Kota  Manado dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada DPRD Kota Manado lewat Banggar juga kepada TAPD Pemerintah Kota. Kerja sinergitas ini antara Banggar dan TAPD ikut diapresiasi Wali Kota sehingga pembahasannya dapat berjalan dengan baik sesuai watu yang sudah ditentukan. 

"Kami berterima kasih atas kerja Pansus yang sudah membahas ranperda dan retribusi daerah. Dengan adanya ranperda ini Walikota berharap agar kesejahteraan masyatakat tercipta di Kota Manado," kata Walikota.

Tidak lupa diakhir sambutannya Wali Kota menyampaikan, selamat Kepada Gubernur Sulut Bpk. Olly Dondokambey yang pada hari ini menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden R.I.

"Semoga ini menjadi motivasi, penyemangat terus membangun Sulawesi Utara yang maju dan sejahtera," sebut Walikota Angouw.


Hadir dalam Rapat Paripurna ini, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat, Forkopimda Manado, Staf Ahli Wali Kota, Kepala SKPD, Para Camat, Para Lurah, Pejabat Eselon lainnya, Staf Khusus Walikota, Unsur Media dan undangan lainnya.

*Middle*

Sabtu, 12 Agustus 2023

Ketua DPR RI Puan Maharani di dampingi ODSK dan AARS Resmikan Revitalisasi Pasar Jengki Bersehati Manado

Ketua DPR RI Puan Maharani di dampingi ODSK dan AARS Resmikan Revitalisasi Pasar Jengki Bersehati Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. (H.C.) Puan Maharani didampingi Gubernur dan Wakil Gubernur ODSK serta Walikota juga Wakil Walikota AARS meresmikan Revitalisasi Pasar Jengki Bersehati Manado, Sabtu (12/8/2023).


Walikota Manado Andrei Angouw dalam laporannya mengatakan berkat dukungan dan support Ketua DPR RI dan Gubernur Sulut sehingga terselenggaranya Revitalisasi Pasar Jengki Bersehati.


“Kami menyampaikan terima kasih atas support dari Ibu Ketua DPR RI Puan Maharani dan Pak Gubernur Sulut Olly Dodonkambey dalam merevitalisasi Pasar Jengki ini. Peresmian Pasar Jengki Bersehati ini begitu spesial karena posisinya diapit sebelah kanan Jembatan Soekarno sebelah kiri Jembatan Megawati ditengah Pasar Jengki Bersehati yang diresmikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani,” sebut Walikota Andrei Angouw.




Ditambahkan Angouw, tahun 2022 pihaknya merevitalisasi Pasar Jengki ini agar lebih nyaman dan aman bagi masyarakat, karena Pasar ini berada di posisi strategis, apalagi Pasar ini merupakan pasar tertua di Kota Manado yang menjadi central di Kota Manado dan Sulawesi Utara yang terdapat 1311 pedagang di lapak-lapak dan 90 lebih pedagang di food court khusus jual makanan.


Dalam kesempatan itu pula, Ketua DPR RI Puan Maharani saat meresmikan dan penandatangan prasasti menyampaikan apresiasi bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi dan Kota Manado karena Pasar Jengki Bersehati sudah sangat bagus.


“Sudah seharusnya pasar-pasar dijadikan tempat yang aman, nyaman dan sehat, karena Pasar merupakan pusat perekonomian dari masyarakat. Saya melihat bagian depan sudah sementara dilakukan pekerjaan pembagunan pedestrian yang menuju ke Pasar Jengki Bersehati, semoga ketika datang kembali sudah selesai pedestriannya yang pasti akan menambah kenyamanan bagi masyarakat Manado,” ujar Ketua DPR RI disambut sukacita masyarakat dan pemerintah Manado.


Puan Maharani juga mendorong untuk merevitalisasi infrastruktur diseputaran Pasar Jengki Bersehati Manado khususnya dermaga.


“Tadi saya bilang sama pak Gubernur ayo kita revitalisasi dermaganya. Dermaga juga harus direvitalisasi karena menjadi penghubung ke kota-kota lainnya dan daerah kepulauan. Dengan merevitalisasi dermaga pelabuhan ini akan menarik lagi wisatawan untuk datang ke Manado. Saya baru tau sekarang ternyata Pasar Jengki ini diapit oleh Jembatan Soekarno dan Jembatan Megawati, ini adalah satu kesatuan yang saling melengkapi yang nantinya masyarakat Sulut khususnya Manado kalau datang ke Pasar Bersehati merasa bangga. Lingkungan disini bagus, sehat dan nyaman banyak yang akan berkunjung termasuk para turis,” imbuhnya.


Namun sebaliknya tegas Puan jika pasar itu sudah tidak layak dan kotor maka kegiatan ekonomipun akan berkurang.


”Jadi sekali lagi mari kita bersama-sama menjaga pasar ini setelah direvitalisasi karena ini milik kita bersama bukan milik Walikota, untuk itu masyarakat Kota Manado harus menjaga kebersihannya, keamanannya agar menjaga berkah dan kebanggaan untuk masyarakat Kota Manado,” pungkasnya.


Turut hadir pada acara ini, kepala daerah di Sulut dan jajaran pemerintahan Kota Manado, serta jajaran Direksi PD Pasar Manado yang dipimpin Lucky Senduk selaku Dirut dan Novie Lumowa Ketua Dewan Pengawas.


*Middle*

GPdI Eben Haezer Kinalawiran Rayakan HUT ke-57 dan HUT Pdt Jerry Poli ke-49

GPdI Eben Haezer Kinalawiran Rayakan HUT ke-57 dan HUT Pdt Jerry Poli ke-49


KINALAWIRAN/MINSEL, CARIKABAR.ID
- Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) jemaat GPdI Eben Haezer Kinalawiran melaksanakan  acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dalam rangkaian syukur HUT jemaat ke 58 dan HUT Gembala Pdt. Jerry Poli, S.Th ke 49, Kamis (09/08/2023).

Ibadah tersebut, dipimpin Biro Penginjilan MD GPdI Sulawesi Utara Pdt. James Tombeng, S.Th selaku Biro Penginjilan MD GPdI Sulut, dengan mengangkat tema khotbanya, "Mempersiapkan jemaat berkualitas emas sebagai pelayan Tuhan yang tangguh menyongsong hari Tuhan yang datang tiba-tiba."

"Melihat keteladanan Daud, ada 4 hal menuju pada kualitas iman,1. Kemenangan, 2. Memuji dan menyembah, 3. Mengampuni, 4. Loyalitas pada pemimpin," kata Pdt Tombeng.

Hadir bersama dalam acara KKR, Kapolsek Tompasobaru AKP Bobby Tri Mulyono, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Kinalawiran James Sambeka dan dihadiri oleh jemaat Advent (GMAHK) dan GMIM Kinalawiran.

    Foto Pdt James Tombeng, S.Th saat                    khotbah KKR


Selanjutnya, masih dalam rangkaian HUT jemaat maka Jumat 11 Agustus Pkl 15.30 dilaksanakan ibadah syukur yang dipimpin oleh Wakil Bendahara MD GPdI Sulut Pdt. Herry Moningkey, S.Th

Sambutannya Bupati Minahasa Frangky Wongkar, SH di bacakan Camat Tompaso Baru Drs. Djemy Loa.

    Foto Pdt Herry Moningkey, S.Th Saat                Khotbah Ibadah Syukur Pdt Jerry Poli


Gembala GPdI Eben Haezer Kinalawiran Pdt Jerry Poli dalam kesaksiannya, merasa bersyukur atas anugerah Tuhan yang boleh di nikmati dalam hidup dan keluarga serta jemaat.

"Saya boleh menikmati umur yang baru ini karena kebaikan Tuhan juga boleh bersyukur di usia 1 tahun dalam pengembalaan di GPdI Eben Haezer Kinalawiran, ini semua karena campur tangan kasih Tuhan," ucap Pdt Poli di dampingi istri tercinta Pdm Deasy Kesek.

Pada acara itu juga, jemaat memberikan surprise kepada Gembala dan ibu Rohani dengan memberikan hadia sepasang cincin emas sebagai bentuk syukur terimakasih atas pelayanan 1 tahun penggembalaan.

Dihadiri juga oleh, Bendahara Majelis Wilayah LXXVI Tompasobaru Pdt. Wanny Tewal, S.Th, para tamu dan undangan baik dari jemaat dan masyarakat Desa Kinalawiran maupun dari luar desa.

*Middle*

Kamis, 10 Agustus 2023

Frendy Wongkar Dirikan Bantuan Hukum Prabowo Secara Gratis Bagi Masyarakat Minsel.

Frendy Wongkar Dirikan Bantuan Hukum Prabowo Secara Gratis Bagi Masyarakat Minsel.


MOTOLING/MINSEL, CARIKABAR.ID
- Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Frendy Wongkar mendirikan lembaga Bantuan Hukum (Bahu) Prabowo sebagai sayap Organisasi Pasukan 08 di Minahasa Selatan.


Bacaleg DPRD kabupaten Minsel Frendy Wongkar mengatakan, masyarakat di dapilnya yang butuh bantuan pendampingan hukum, mulai dari perijinan usaha, KDRT, hingga masalah pertanahan.


"Kami akan melayani rakyat terutama di bidang hukum, dengan adanya Bahu Prabowo di Minahasa Selatan, saya berharap masyarakat tidak terzolimi lagi," kata Wongkar.


Ditambahkannya juga, masyarakat berhak mendapatkan keadilan yang sama di mata hukum. 


"Bagi masyarakat yang ingin konsultasi hukum dapat mendatangi kantor sekretariat Bahu Prabowo sekaligus Rumah Pemenangan Sahabat Frendy Wongkar, Jl 17 Agustus Bumi Beringin Kuhun," ujar Frendy yang juga menjabat Sekjen Pasukan 08.



Wongkar juga berharap, kehadiran Bahu Prabowo tersebut akan berdampak baik bagi tegaknya hukum bagi rakyat.



"Saya yakin dengan adanya Bahu Prabowo di Minsel kita dapat melindungi hak hak hukum rakyat," harap Wongkar.


*Middle*


Selasa, 08 Agustus 2023

Walikota Angouw Hadir Pembukaan Bersih Pantai dan laut MBW Manado

Walikota Angouw Hadir Pembukaan Bersih Pantai dan laut MBW Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri Pembukaan Acara Pembersihan Pantai Dan Laut di Amphitheater Malalayang Beach Walk Manado. Rabu (09/08/2023).


Acara bertajuk Mari Jo Beking Bersih, Sapu Pantai dan Sapu Laut ini merupakan program Bank Indonesia Perwakilan Sulut dalam kaitan Kepariwisataan dan Lingkungan bekerjasama dengan Penerintah Kota Manado serta Komunitas Pencinta Lingkungan dan Bersih- Bersih Laut dan Pantai.


Setelah acara pembukaan, Deputi Gubernur BI menyampaikan sambutan sehubungan dengan acara ini. Deputi Gubernur BI mengawali sambutannya dengan menyampaikan soal keindahan laut dan pantai yang ada di Kota Manado termasuk lokasi MBW yang sangat indah, bersih dan menarik. "Ini adalah bentuk kepedukian kita terhadap alam," kata Ibu Destry. Bagi Ibu Destri, ini semua dalam rangka memperkuat Pariwisata sehingga butuh kolaborasi, sinergi dan koordinasi antar stake holders.


Selesai sambutan, Ibu Deputi didampingi Walikota, kepala Perwakikan BI Sulut, Sekot Manado membuka secara resmi kegiatan Mari Jo Beking Bersih, sapu laut dan sapu pantai dengan melakukan penekanan tombol. Acara dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat Diver oleh Ibu Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Wali Kota ikut menyerahkan secara simbolis alat-alat kepada penyapu laut dan penyapu pantai seperti karung, sapu, jaring sampah dll.


Selesai acara, Deputi BI, Walikota, Kepala Perwakilan BI Sulut, Sekot bersama pejabat yang hadir bersama komunitas penyapu pantai dan laut melakukan kegiatan bersih-bersih laut dan pantai disekitar lokasi MBW.


Hadir dalam kegiatan ini, Deputi Gubernur BI Ibu Destry Damayanti, Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko, Sekot Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Kadis Pariwisata Manado, Kadis Pariwisata Bitung, Kadis Pariwisata Bolsel, Kepala SKPD Penerintah Kota Manado, Camat Malalayang Royke Kalalo, Mahasiswa, Anak Sekolah, Para Pencinta Lingkungan, unsur pers serta tim penyapu pantai dan penyapu laut yang dikoordinir Gracey Wakari.

*Middle*

Setelah Grand Opening, RSUD Manado Lakukan Operasi Caesar Pertama

Setelah Grand Opening, RSUD Manado Lakukan Operasi Caesar Pertama


MANADO, CARIKABAR.ID
- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Manado melalukan operasi Caesar pertama, setelah acara Grand Opening RSUD Kota Manado disaksikan langsung oleh Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang.


Tepat jam 10.44 pagi lahir bayi laki laki sebarat 3400 gr dengan panjang 50 cm. Bayi laki-laki lahir dengan sehat dan dirawat langsung oleh dr. Merry Sualang Mawardi, Sp.A yang juga adalah Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Manado.


Proses operasi persalinan berjalan sukses dipimpin Tim Dokter Operasi dr. Ine Mamesah, Sp.OG, Dokter Anastesi dr. Intania Pandelaki, Sp.An, Dokter Anak dr. Merry Sualang Mawardi, Sp.A, Dokter Anak dr. Abraham Laisina, Sp.A bersama seluruh tim.


Bayi laki-laki tersebut milik pasangan I Wayan Muliarsana dan Mutiara Dakwang asal Paniki Bawah Lingkungan 1.


Direktur RSUD Kota Manado dr. Berty Rumondor mengucapkan syukur proses persalinan berjalan sukses.


“Ini merupakan operasi caesar pertama di RSUD Kota Manado, kita bersyukur tim dokter telah bekerja dengan baik sehingga suksesnya operasi. Tadi juga berkesempatan selesai operasi Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang melihat bayi laki-laki yang baru saja lahir bersama keluarganya,” ujarnya.


Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Manado DR. Micler Lakat, Kadis Kesehatan Manado dr. Steaven Dandel, MPH, dokter dan jajaran RSUD Kota Manado.


*Middle*

Musprov PGPI Sulut, Pdt Stefanus Sumolang Raup Suara Terbanyak

Musprov PGPI Sulut, Pdt Stefanus Sumolang Raup Suara Terbanyak


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pengurus Daerah Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta Indonesia (PD PGPI) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Musyawarah Provinsi (Musprov) dalam rangka pemilihan pengurus periode 2023-2028, bertempat di The Centra Hotel, Minahasa Utara, Selasa (08/08/2023).


Musyawarah Provinsi yang di gelar sehari tersebut, bertujuan untuk memilih Pengurus Daerah PGPI Provinsi Sulawesi Utara, periode 2023-2028.


Ketua Umum PGPI Pdt Jason Balompapueng, MBA mengatakan, dalam Musprov ini tetap mengacu pada AD/ART PGPI.


"Dalam pemilihan di atur berdasarkan tata tertib pemilihan yang disahkan dalam rapat pleno dengan tidak bertentangan dengan AD/ART," kata Pdt Balompapueng.


    Foto pemukulan gong           bertand acara Musprov resmi di buka


Bupati Minahasa Utara Joune Ganda dalam sambutannya yang di wakili Sekretaris Daerah Ir Novly Wowiling, M.Si menyampaikan, apresiasi atas inisiasi dan prakarsa serta keputusan penyelenggaraan musyawarah di Kabupaten Minahasa Utara.


"Tentu semua ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan kebersamaan PGPI, keluarga Kristen dan Hamba-Hamba Tuhan yang berhikmat dan berdedikasi dalam memenuhi panggilan melayani sesuai kehendak Kristus," sebut Wowiling.


Selanjutnya, sidang pleno pemilihan dengan jumlah pemilih 33 orang yang di sahkan panitia pemilihan, telah menggunakan hak pilihnya.


Unggul dalam perolehan suara Pdt Stefanus Sumolang dengan jumlah suara 18 mampu mengungguli Pdt Edwin Sumilat hanya meraup 13 suara, kemudian Pdt Victor Anthono mendulang 2 suara.


Ketua terpilih Pdt Stefanus Sumolang mengatakan semuanya telah berproses sesuai aturan yang ada.


"Saya tentunya bersyukur kepada Tuhan yang telah berkenan mempercayakan tugas serta tanggungjawab memimpin PGPI Sulawesi Utara melalu bapak ibu sekalian," ucap Sumolang.


Ditambahkan Sumolang, target kerja 100 hari kedepan, melakukan konsolidasi internal pengurus dan kelengkapan struktur baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota.


"Saya akan menargetkan juga 100 hari ini untuk pengadaan Kantor Pengurus Daerah dan fasilitas penunjang lainnya. Saya pun berharap sinergitas sesama pengurus untuk di perhatikan dalam rangka program kerja," harap Sumolang.


    Pdt Mashel Pangalila Ketua            Passer PD PGPI Prov Sulut


Sementara itu, Pdt Marshel Pangalila, SH dilantik sebagai Ketua Pasukan Serbaguna (Passer) sebagai organisasi sayap PGPI Provinsi Sulawesi Utara.


"Saya bersyukur kepada Tuhan untuk tugas ini, tentunya harapan saya Passer akan menjalin dan membela serta membina semua gereja di aras PGPI," jelas Pdt Pangalila.


Ditempat terpisah, Sekretariat Panitia Musprov Pdt Glend Langi, SH mengungkapkan syukur atas terselenggaranya momentum lima tahunan di lingkup PGPI.


"Berkat kerja sama semua panitia dan pengurus  PD PGPI Provinsi Sulawesi Utara serta dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Bupati Joune Ganda,sehingga semua agenda ini terlaksana dengan baik," tutur  Pdt Langi.


*Middle*