Sabtu, 30 September 2023

Sukses PSR GMIM 2023, Richard Sualang: Paling Penting Bagaimana Memuji Tuhan dengan Talenta yang Dia Berikan

Sukses PSR GMIM 2023, Richard Sualang: Paling Penting Bagaimana Memuji Tuhan dengan Talenta yang Dia Berikan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Umum Panitia PSR GMIM 2023 Pnt dr Richard Sualang, menyampaikan terima kasih bagi semua pihak yang telah mensuport kegiatan hingga berjalan lancar baik itu warga GMIM maupun diluar warga GMIM. 


Kegiatan Pesta Seni Remaja (PSR) GMIM yang dilaksanakan di wilayah Manado Teling, Manado Teling Tingkulu dan Manado Titiwungen, Kamis - Jumat (28-29) September berakhir dengan sukses.


Dikatakan Sualang, melayani Tuhan akan semakin indah jika dilakukan secara bersama sama. Terima kasih bagi BPMS melalui KPRS GMIM yang telah menunjuk tiga wilayah di Manado sebagai pusat kegiatan PSR. 

"Terima kasih bagi KPRW tiga wilayah yang mempercayakan saya sebagai ketua umum panitia, kemuliaan dipersembahkan bagi Tuhan, kiranya pelayanan kita semua sebagai panitia dan peserta diberkati Tuhan," kata Richard Sualang yang juga sebagai Wakil Walikota Manado.


Tak lupa juga, Richard Sualang yang ikut didampingi Ketua Harian Pnt Franciscus Manumpil, juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey, Pemerintah Kota Manado dalam hal ini Walikota Andrei Angouw yang begitu peduli memperhatikan persiapan kegiatan ini. 


"Luar biasa perhatian serta suport pak Gubernur dan pak Walikota,"ucapnya.


Wakil Walikota Manado ini juga menyampaikan, selamat bagi para pemenang dalam kegiatan, serta menyampaikan tetap semangat melayani Tuhan bagi yang belum berkesempatan mendapatkan juara. 


"Juara bukan utama yang terpenting ialah bagaimana kita semua memuji Tuhan dengan talenta yang Dia berikan," sebut Penatua P/KB GMIM El Manibang Malalayang ini.


Untuk kegiatan selanjutnya diinformasikan Ka Ichad, proses pemberian penghargaan bagi para pemenang dilaksanakan Sabtu 21 Oktober dalam acara Clossing Ceremony di Mantos 3.


Terpisah Sekretaris Umum Panitia Pnt Marlon Lumansik, menyebut untuk semua hal-hal non teknis sudah diselesaikan oleh Panitia Umum. "Dari laporan panitia lokal semua kegiatan berjalan baik, lancar dan sukses. Semua peserta pulang dengan senang dan sukacita," tegas Ka Marlon, sapaan akrabnya.

*Middle*

Jumat, 29 September 2023

Pdt Frangky Mewengkang Pimpin Serah terima Gembala GPdI Elsaddai Perum Puri Permata Paniki Bawah Manado

Pdt Frangky Mewengkang Pimpin Serah terima Gembala GPdI Elsaddai Perum Puri Permata Paniki Bawah Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Majelis Daerah GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne I Awuy-Lantu yang di wakili Wakil Bendahara 1 Pdt Dr Ir Frangky Mewengkang, M.Th, melaksanakan acara serah terima penggembalan di GPdI Elshaddai Perum Puri Permata Paniki Bawah, Wil Vll Mapanget Satu Manado, Jumat (29/09/2023) sore.


Acara serah terima jabatan di awali ibadah lewat Firman Tuhan disampaikan Pdt Dr Frangky Mewengkang,.M.Th pada bacaan Alkitab dalam Kolose 2 ayat 7, 'Gereja adalah Kekuatan Kekristenan di Akhir Zaman.'


Dikatakan Pdt Dr Frangky Mewengkang, M.Th, Gambaran kekuatan kekristenan seperti pohon yang ditentukan oleh akarnya dan juga bangunan sangat ditentukan oleh fondasinya.


"Menghadapi berbagai goncangan dalam kehidupan kekristenan di ibaratkan seperti pohon meski diterpah angin akan tetap kokoh berdiri itu ditentukan oleh akar pohon itu sendiri. Doktrin Iman kita harus di pertahankan," kata Pdt Mewengkang.


Ditambahkan Pdt Frangky, prinsip kekristenan yang membawa berkat dan kesuksesan hidup sangat ditentukan oleh kejujuran dan kesetian dalam melakukan firman Tuhan.


"Kejujuran dalam melakukan milik Tuhan atau Persepuluhan itu penting sebab ini mutlak untuk di kembalikan kepada Tuhan. Intinya mari kita coba membuat buku neraca sebagai bukti yang kita bandingkan untuk melihat perbedaan saat kita tetap setia mengembalikan milik Tuhan itu, maka engkau pasti diberkati Tuhan dengan limpahannya," tantang Gembala GPdI Eklesia Tombasian ini.


Sebagaimana diketahui acara serah terima dan penlantikan gembala GPdI Elshaddai Puri Permata Paniki Bawah dari Pdt Hengky Sondakh kepada Pdt Ramli Gansareng yang dahulu sebagai gembala GPdI Betania Laingpatehi Wilayah 109 Tagulandang  Satu Kabupaten Sitaro.


Sambutan Ketua MW Vll Mapanget Satu Pdt Herry Denny Momongan, MA menyampaikan selamat datang buat gembala GPdI Eshaddai Puri Permata Paniki Bawah Pdt Ramli Gansareng bersama ibu Rohani dan terima kasih kepada mantan gembala Pdt Hengky Sondakh.


"Terima kasih kepada Majelis Daerah yang telah melaksanakan kegiatan serah terima dan pelantikan pada hari ini di Wilayah Vll Mapanget Satu Kota Manado, juga kepada jemaat untuk tetap menjaga hubungan yang baik dengan gembala yang baru," ucap Pdt Momongan.


Sementara itu, Pdt Hengky Sondakh menyampaikan terimakasih kepada Majelis Wilayah Vll Mapanget Satu dan Jemaat yang telah bersama selama 14 tahun, jika ada kesalahan mohon di maafkan.


Demikian Pdt Ramli Gansareng mengharapkan penerimaan saya dan keluarga dengan apa adanya, karena kami ada di tempat ini untuk melayani pekerjaan Tuhan saja.


*Middle*

Kamis, 28 September 2023

Richard Sualang Terus Memantau Hingga Memasuki Hari Terakhir PSR GMIM Wilayah Manado

Richard Sualang Terus Memantau Hingga Memasuki Hari Terakhir PSR GMIM Wilayah Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sejumlah lombaPelaksanaan Pesta Seni Remaja (PSR) GMIM  tahun 2023 di Wilayah Manado Teling, Manado Teling Tingkulu dan Wilayah Manado Titiwungen, Kamis - Jumat (28-29) September, hari ini memasuki pelaksanaan terakhir. 

Dari sejumlah lomba seperti Band Rohani di Eben Haezer Bumi Beringin serta Vocal Group Seri A di GMIM Maranatha Kuhun telah menyelesaikan lomba sejak Kamis, sedangkan beberapa lomba seperti Paduan Suara Seri A Teladan di GMIM Sion Teling baru akan memulai siang ini. Jumat (29/09/2023).


Ketua Panitia Umum Pnt dr Richard Sualang,  terus melakukan pemantauan dan berkeliling di gereja gereja yang menjadi tempat pelaksanaan lomba. Ditemani Pnt Steven Rondonuwu selaku Wakil Ketua Umum Panitia serta Pnt Marlon Lumansik sebagai Sekretaris, Sualang bahkan harus masuk keluar lorong menemui peserta diakomodasi untuk menyapa serta memastikan jika semua peserta terlayani dengan baik. 


"So makang ini samua? sehat - sehat toh samua? semangat neh," begitu kata kata sapaan yang selalu dikeluarkan Wakil Walikota Manado ini.


Bahkan tak luput dari perhatiannya, Ka Ichad -sapaan akrab Sualang dikalangan remaja GMIM- mendatangi para panitia lokal yang menyiapkan konsumsi bagi peserta, pun Panji Yosua, Pol PP dan petugas dari Dinas Perhubungan ikut disapa dan ditanya terkait peran mereka dalam mengatur lalu lintas serta keamanan.


"Ator bae bae neh tu lalu lintas, dan pastikan depe keamanan karna orang pe banyak ini," kata Ka Ichad, saat memberi instruksi pada beberapa anggota Pol PP dan Dishub, yang bertugas di GMIM Anugerah Tingkulu.


Kepada wartawan saat diwawancara di sela kunjungan ke gereja gereja, Sualang  menyebut dari hasil pantauannya hingga saat ini semua lomba berjalan lancar dan aman. Memang yang paling sulit diatur ialah soal lalu lintas, tapi hal itu kata dia bisa teratasi dengan adanya peran pihak Kepolisian, Dishub hingga Panji Yosua.


"Saya lihat budaya kebersamaan di GMIM sangat luar biasa, semua baku topang. Setiap anggota kolom baku bantu beking tenda dan siapkan makanan untuk peserta. Bahkan dari laporan panitia lokal ada juga warga dari luar GMIM ikut membantu bahkan merelahkan rumahnya dijadikan tempat akomodasi. Nah ini yang kita mau tunjukan ke masyarakat luar bahwa Kota Manado ini sangat rukun dan damai," papar Ka Ichad sembari mengatakan kegiatan ini disuport penuh Pemkot Manado dan Pemprov Sulut.


Sementara itu, Pnt Marlon Lumansik, selaku Sekretaris melaporkan sesuai data yang masuk ke panitia saat ini jumlah peserta ikut kegiatan mencapai 9.948 orang untuk laki-laki 3.470 dan perempuan 5.442. 


"Ini belum ditambah jumlah panitia, komisi, dan suporter. Kami memperkirakan ada ratusan ribu warga GMIM yang hadir pada kegiatan PSR tahun ini, makanya panitia mohon maaf pada warga Manado atas ketidaknyamanan ini saat berada di ruas ruas jalan yang mengalami kemacetan," papar Ka Marlon.


Lanjut kata Lumansik, untuk keikutsertaan jemaat di GMIM, yang hadir pada kegiatan PSR total 462 jemaat dengan rincian rayon 2 Manado 80 jemaat, rayon 1 Manado 74, Tomohon 51, rayon 2 Minut 50, Rayon 1 Minahasa 39, 1 Minahasa 38, Bitung 36, Minsel 35, Mitra 30, Langowan 14, Minsela 11 serta Rayon 1 Minut 4 jemaat GMIM yang ikut.


"Tentu atas nama panitia kami menyampaikan terima kasih bagi semua peserta yang hadir, untuk acara penutupan sekaligus closing ceremony akan dilaksanakan di Mantos pada tanggal 21 Oktober," tutur Pnt Lumansik.

*Middle*

50an Peserta Seleksi Calon Pendeta GPdI Sulut Ikut Ujian Tertulis

50an Peserta Seleksi Calon Pendeta GPdI Sulut Ikut Ujian Tertulis

    
MANADO, CARIKABAR.ID
- Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) menggelar ujian tes tertulis bagi 50an peserta pendaftar Calon Pendeta (Pdt) bertempat di Gedung SMK Pelayaran Niaga  Manado dan SDGP Berea Manado kompleks Pantecostal Center Buha, Kamis (28/09/2023).


Kegiatan ujian, di awali arahan Ketua pelaksana Pdt Hanny Awuy, S.Th dan Biro Pendidikan dan Pengajaran (DikJar) MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Dr Johanes Freddy Kaawoan, M.Th.



Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Hanny Awuy, S.Th  mengatakan, kegiatan ujian calon Pendeta adalah merupakan amanat AD/ART GPdI dalam rangka fungsi jabatan pelayanan.


"Kami melaksanakan kegiatan ini, sesuai petunjuk dan arahan dari Majelis Pusat dalam rangka tertib administrasi untuk GPdI yang lebih baik," kata Pdt Hanny Awuy yang juga sebagai Ketua Panitia Ujian Pendeta.


    Foto, Sekretaris MD GPdI Sulut Pdt Hanny      Awuy sedang memberikan arahan bagi          peserta ujian calon Pendeta.


Lanjut Pdt Hanny, Peserta Calon Pendeta yang lulus ujian tertulis akan dilantik di Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) GPdI di Palembang, Sumatera Selatan.


"Peserta Calon Pendeta yang lulus ujian akan di lantik pada acara Mukernas GPdI 2023 yang akan di selenggarakan pada tanggal 17, 18 dan 19 Oktober 2023 di  Palembang, Sumatera Selatan," jelas Pdt Hanny Awuy yang juga menjabat sebagai Gembala GPdI Citraland Manado.


   Pdt Dr Johanes Freddy Kaawoan, M.Th

Sementara itu, Biro Pendidikan dan Pengajaran MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Dr Johanes Kaawoan menjelaskan, peserta di harapkan mampu menyelesaikan semua lembar jawaban.


"Hal ini bertujuan untuk peningkatan mutu pemahaman teologia seorang pemimpin pelayanan Tuhan yang berkualitas di lingkup GPdI," sebut Pdt Kaawoan.


Dia menambahkan, ukuran ujian Pendeta tidak hanya di ukur dari pemahaman pendidikan teologia, tetapi mental iman dan rohani yang baik. Lembar soal jawaban itu dari Majelis Pusat.


"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas ajang uji kemampuan pengetahuan tapi lebih dari kemampuan iman dan kerohanian seorang Pendeta. Yang jelas kami di daerah hanya melaksanakan sesuai perintah dari Majelis Pusat, soal lebar jawaban itu dijamin aman," tutur Pdt Kaawoan yang juga menjabat sebagai Kepala STA Ginosko Airmadidi.


*Middle*

Rabu, 27 September 2023

Kini, Unsrat Manado Ketambahan Doktor Ilmu Kelautan

Kini, Unsrat Manado Ketambahan Doktor Ilmu Kelautan


MANADO, CARIKABAR.ID -
Sidang ujian terbuka promosi Doktor dengan Promovendus Dwight Mooddy Rondonuwu dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Grevo Gerung MSc yang dilakukan secara  hybrid dimana secara virtual di hadiri pula Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementrian Kelautan & Perikanan RI Irjen.Pol. Victor G Manoppo, M.H. selaku penguji tamu/eksternal, bertempat di lt.4 ruang Sidang Gedung Rektorat UNSRAT Manado. Rabu (27/09/2023)sore.


Sidang diawali doa yg dipimpin Pdt. Dr. Jemmy Matheos MTh.MPdK. Setelah sidang ujian promosi dibuka oleh pimpinan sidang dilanjutkan presentasi dari promovendus Dwight Mooddy Rondonuwu dengan judul disertasi : MODEL INTEGRASI SPASIAL KAWASAN PEMANFAATAN UMUM DAN KAWASAN BUDIDAYA DI PESISIR KOTA MANADO yg disaksikan Tim pembimbing yang terdiri dari promotor Prof.Dr. Ir. Rene Charles Kepel DEA, Co promotor 1 Ir. Ping Astony Angmalisang MSc. Ph.D . Co promotor 2 Dr. Linda Tondobala DEA. Serta tim penguji internal  Prof.Dr.Ir.Rizal Rompas MAgr, Dr Ir. Hariyani Sambali MSc. Dr. Roike Montolalu SPi, MSc. 


             Foto, Dr Dwight Moddy                                         Rondonuwu,ST, MT


Selanjutnya sesi tanya jawab yg berlangsung secara terbuka. Sidang diakhiri dgn pembacaan hasil keputusan sidang komisi oleh pimpinan sidang Prof. Gerung yg menyatakan bahwa promovendus  Dwight Mooddy Rondonuwu dinyatakan lulus dgn IPK 4 dan berhak menggunakan gelar Doktor. Dengan demikian FPIK UNSRAT yg dipimpin Dekan Dr. Roike Montolalu SPi MSc mencetak lagi Doktor Ilmu Kelautan. 

Dr. Dwight Mooddy Rondonuwu ST.MT menyatakan rasa syukur dan terima kasih kpd Tuhan Yesus Kristus & kepada Tim Pembimbing serta semua orang yg telah membantunya sehingga dapat meraih gelar akademik tertinggi di perguruan tinggi.


Ketua Prodi S3 IK FPIK Prof. Dr.ir. Desy Mantiri DEA sgt mengapresiasi  keberhasilan Mner "Moody" panggilan akrabnya di kampus Unsrat adalah mahasiswa S-3 Ilmu Kelautan yg  berlatar belakang ilmu Teknik Arsitektur adalah yg pertama lulus dgn riset disertasi yg memadukan  ilmu Kelautan & ilmu perencanaan ruang di wilayah pesisir.

*Middle*

Pesta Seni Remaja (PSR) GMIM Dibuka Gubernur Olly Dondokambey

Pesta Seni Remaja (PSR) GMIM Dibuka Gubernur Olly Dondokambey


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Rangkaian kegiatan Pesta Seni Remaja (PSR) GMIM Tahun 2023 di buka Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Asisten III Sekdaprov Sulut, Fransiskus Manumpil, bertempat di Ruangan Aula Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (27/09/2023) malam.

Rangkaian kegiatan itu, diselenggarakan di Tiga Wilayah di Kota Manado, yakni Manado Teling, Manado Teling Tingkulu dan Manado Titiwungen pada tanggal 28-29 September 2023.


Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, momentum ini dapat memperkuat kebersamaan kita dalam memajukan eksistensi pengembangan diri remaja.


"Kompetensi ini bukan hanya mempertontonkan keunggulan diri semata tetapi bisa mempererat persatuan dan sportivitas dalam berkompetisi. Selamat berlomba dan selamat bertanding dalam iman, dengan demikian Saya buka seluruh serangkaian kegiatan PSR GMIM 2023," ucap Assisten III saat membacakan sambutan Gubernur.


Disebutkannya juga, kegiatan Pesta Seni Remaja adalah wadah bagi para masa depan gereja dan bangsa untuk mendedikasikan talentanya dalam memuji dan membesarkan nama Tuhan.


"Percuma kalau kita bertalenta tapi tidak dipersembahkan untuk Tuhan. Untuk itu sedari dini mari kita tuntun para remaja kita ini untuk bertanding dengan beralaskan ucapan syukur dan persembahkan bagi Tuhan, jangan hanya mengejar juaranya saja," kata Gubernur. 


Dikesempatan itu juga, Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang selaku ketua umum panitia mengatakan semua persiapan dari hari pertama hingga di acara penutupan nanti sudah terkoordinasi dengan baik.


"Saya mengapresiasi semua yang telah berkontribusi untuk acara ini. Saya berharap semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan aman. Sebagai Panitia kami sangat siap untuk menyambut para peserta yang akan berlomba. Mewakili seluruh panitia saya mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta bersama rombongannya di PSR GMIM 2023," sebut Sualang.


Dia juga mengingatkan, Kota Manado sebagai tuan rumah harus menunjukkan sikap yang ramah dan bersahabat.

"Mari kita membuat tamu kita nyaman, agar ada kesan baik yang mereka dapat. Suksesnya acara ini sangat tergantung dari cara kita melayani tamu-tamu kita," ujar Wawali.


Ketua KPRS GMIM Pnt Michaela Paruntu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia atas kerja keras untuk sukseskan acara ini. 


"Terimakasih kepada seluruh panitia atas dedikasi dan pemberian diri untuk acara ini, semoga Tuhan membalas segala jerih payahnya. Dan untuk para remaja dan pembina remaja, ayo kita tunjukan kualitas remaja GMIM. Kita tunjukan bahwa kita boleh berlomba dengan teladan seperti Kristus, kita mempersembahkan yang terbaik untuk Dia.," tutur Paruntu. 

*Middle*

Besok Digelar Ujian Calon Pendeta GPdI Sulut

Besok Digelar Ujian Calon Pendeta GPdI Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka peningkatan mutu serta perkembangan pelayanan di lingkup Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara, melaksanakan ujian tertulis calon Pendeta penuh, bertempat di gedung SMK Pelayaran Berea Manado pada besok hari, Kamis 28 September 2023.


Test ujian tertulis yang akan di gelar di are Pantecostal Center itu, dilaksanakan pukul 09:00 Wita sampai selesai.


Penanggung jawab test ujian calon Pendeta, Biro DikJar MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Dr Johanes Freddy Kaawoan, M.Th mengatakan, kegiatan ini telah di mulai dengan tahapan pendaftaran dari, Senin-Rabu 25-270 Oktober 2023.


"Para Calon Pendeta penuh harus melalui tahapan pendaftaran dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang di atur dan kemudian bisa mengikuti ujian tertulis," kata Pdt Kaawoan.


    Foto, gedung SMK Pelayaran Berea,                  tempat pelaksanaan ujian Calon Pendeta.

Menurut Kaawoan, jatah penerimaan calon Pendeta penuh yang di berikan Majelis Pusat untuk MD Sulawesi Utara sebanyak 87 peserta.


"Jadi, peserta yang telah di nyatakan lulus ujian tes Pendeta, akan dilantik Pendeta di forum Musyawarah Kerja Nasional (Rakernas)GPdI di Palembang, Sumatera Selatan, 17-19 Oktober 2023," ucap Kaawoan.


Selengkapnya, ini tahap pelaksanaan;

Persyaratan mengikuti Ujian Pendeta 

1. Telah menyelesaikan Pendidikan SA GPdI kelas 2/Sarjana Teologi lulusan 

STT-STA GPdI.(BAB XII HAMBA TUHAN Pasal 30)

2. BAB XII Pasal 30 ayat 5. Yang dapat dilantik menjadi Pendeta adalah sebagai 

berikut.

a. Gembala Jemaat yang sudah dilantik Pendeta Muda sekurangnya 2 

(dua) tahun.

b. Penginjil “Penuh Waktu” yang sudah dilantik Pendeta Muda 

sekurangnya 2 (dua) tahun.

c. Tenaga pengajar Sekolah Alkitab/Sekolah Tinggi Alkitab yang sudah 

dilantik Pendeta Muda sekurangnya 2 (dua) tahun.

3. Melengkapi Persyaratan Administrasi

a. Fotocopy KTP(Identitas)

b. Fotocopy Sertifikat SA/Ijasah STT/STA GPdI

c. Fotocopy SK Gembala

d. Rekomendasi dari Majelis Wilayah

4. Membayar Biaya Pendaftaran Rp.100.000.

5. Mengikuti dan Lulus Ujian yang diselenggarakan Majelis Daerah.

6. Yang akan dilantik Pendeta adalah Calon yang disetujui MP dan Panitia 

MUKERNAS.

7. Yang direkomendasi Majeis Daerah.

Pendaftaran (Dengan membawa Persyaratan Administrasi)

1. Hari/Tanggal Senin-Rabu 25-27 September 2023

2. Jam 09.00 – 14.00 Wita

3. Tempat Sekretriat Panitia Ujian Calon Pendeta di Kantor MD GPdI Sulut


*Middle*

Dua Pimpinan Tinggi Korea dan Filipina Kujungi Kantor MD GPdI Sulut

Dua Pimpinan Tinggi Korea dan Filipina Kujungi Kantor MD GPdI Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Korea Chairman Of Asia Pacific Mission Rev Dr Suksoo Choi dan Philippine Director Of World Korea Foundation Rev Dr David Sang mengunjungi kantor Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara, Jl Ring Road ll Buha, Manado, Rabu (27/09/2023) siang.


Kunjungan kedua Duta Keagamaan yang di dampingi gembala GPdI Rumah Imigrasi Manado Pdt Braytneer Maindoka itu di terima staf kantor MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Youdy Samola.


Ketika di wawancarai awak media @CariKabar.id, Rev Suksoo Choi mengatakan, kunjungaan ini dalam rangka menjalin kerjasama pelayana dengan Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia di Sulawesi Utara.


"Secara khusus kami ingin membangun kerjasama untuk di bidang pendidikan, kami akan mengsponsori dua Mahasiswa ke Korea dan membuat konferensi Alkitab bagi para pendeta untuk kelebaran kerajan Allah," kata Suksoo Choi yang di terjemahan dalam bahasa Indonesia oleh Pdt Braytneer.


Ditempat terpisah, Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Hanny Awuy, S.Th mengapresiasi kunjungan dari kedua hamba Tuhan dari Korea dan Filipina.


"Tentunya kunjungan ini, suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kita warga GPdI yang ada di Sulawesi Utara dan Kepemimpinan MD GPdI Sulut periode 2022-2027," sebut Pdt Hanny.


Lanjut Pdt Hanny, terkait maksud dan tujuan dari kunjungan, nanti akan di sampaikan kepada Ketua MD nanti kemudian akan di agendakan dalam rapat Pleno.


"Jadi yang jelas mereka telah berkomunikasi dengan saya mengenai tawaran tujuan kerjasama ini, tapi hal-hal teknis misi mereka harus mengacu pada peraturan dan ketentuan organisasi yang ada," terang Pdt Hanny Awuy yang juga menjabat sebagai Gembala GPdI Imanuel Citraland Manado.


*Middle*

Selasa, 26 September 2023

Hari Ini, Walikota Andrei Angouw Cek Infrastruktur di Beberapa Tempat Sejak Pagi Hari

Hari Ini, Walikota Andrei Angouw Cek Infrastruktur di Beberapa Tempat Sejak Pagi Hari


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw mengawali kegiatan sejak pagi hari di dampingi Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Pether Eman, melihat berbagai infrastruktur dibeberapa tempat, Rabu (27/09/2023).


Adapun lokasi pertama dikunjungi Wali Kota adalah Kelurahan Melendeng Kecamatan Paal II. Disini Wali Kota melihat kondisi pemukiman, pengerjaan jalan, paving blok dan lain-lain.



Kegiatan Road Show ini juga dimaksudkan untuk mencek pemanfaatan anggaran lewat program pembangunan disetiap lingkungan dan keluarahan di Kota Manado. Cek lapangan seperti ini sering dilakukan Walikota untuk melihat kondisi infrastruktur, progres pekerjaan yang sedang dikerjakan sekaligus melakukan evaluasi setiap hasil pekerjaan dilapangan.


Semua dilakukan untuk pengambilan kebijakan kedepannya agar program dan kegiatan pembangunan dirasakan oleh masyarakat kota Manado. 



Makanya, Wali Kota selalu berharap agar infrastruktur yang sudah diadakan, apakah itu sarana jalan, paving blok, pedestrian/trotoar, drainase, jalan setapak, revitalisasi anak sungai, soal kebersihan dan lain sebagainya dapat dijaga bersama. Hal ini dimaksudkan agar supaya  Manado menjadi daerah yang nyaman ditinggali, estetik dan bersih.


Ini tempat yang di kunjungi Walikota, dari Melendeng Tim melanjutkan Road Show ke Dendengan Dalam melihat Gang-Gang Paving, Dendengan Dalam menuju Kampung Tubir juga melihat perbaikan jalan paving.


Walikota melanjutkan cek lapangan di Buha, juga melihat perbaikan jalan paving. Walikota menuju Paniki mengecek anak putus Sekolah disana. Juga melanjutkan ke Paniki Bawah melihat perbaikan jalan di Kompleks TK Negeri Satu Manado.


Hadir dalam cek lapangan ini, Kadis Perkim Peter Eman, S.T, M.T, Camat Paal II Glen Kowaas, Kabid dan pejabat teknis Perkim lainnya.


*Middle*

Senin, 25 September 2023

Tiga Tokoh Masyarakat Talaud Sambangi Mapolda Sulut Terkait Vidio PRDB

Tiga Tokoh Masyarakat Talaud Sambangi Mapolda Sulut Terkait Vidio PRDB


 MANADO, CARIKABAR.ID - menyikapi adanya laporan polisi terkait video Walikota mengenai PDRB, tiga tokoh masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud, Godfried Timpua SIP, Drs Trius Abas dan Nelson Entiman SH mendatangi Polda Sulut, Selasa (26/09/2023).


Maksud kedatangan ketiga tokoh berdarah Talaud itu, untuk memberikan pernyataan terkait aduan beberapa oknum yang mengatasnamakan masyarakat Talaud terhadap Wali Kota Manado, Andrei Angouw, soal video viral mengenai PDRB.


“Kami juga datang sebagai komponen masyarakat Talaud untuk memberikan perimbangan terhadap reaksi yang timbul akibat pernyataan wali kota Manado," kata Timpua.


Bagi Timpua, pernyataan Andrei Angouw tentang PDRB Talaud terendah di Sulut tidak sama sekali menciderai perasaan apalagi melecehkan harkat dan martabat orang Talaud.


“Yang disampaikan oleh Andrei Angouw adalah sebuah perumpamaan tentang bagaimana perkembangan di setiap kabupaten kota dan beliau menyampaikan data berdasarkan data-data resmi yang dikeluarkan oleh lembaga resmi negara dalam hal BPS,” ucap Timpua.


Dijelaskan Timpua, kehadiran mereka di Polda Sulut ini juga atas dorongan dan desakan dari tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di Talaud.


“Hal ini harus disampaikan karena ini sudah menjadi laporan polisi, maka kita juga harus melakukan konfrontasi bahwa tidak seluruh masyarakat Talaud, bahkan sebagian masyarakat Talaud itu tidak mempersoalkan ini,” harapnya.


Sementara itu, Trius Abas mengatakan, laporan di Polda Sulut dari beberapa camat dan kades di Talaud itu bersifat normatif.


“laporan kepada pihak kepolisian atau kepada pihak penegak hukum itu merupakan hak ataupun pendapat daripada setiap orang dan  dijamin oleh konstitusi,” sebut Trius Abas.


Lanjut Abas, karena dengan adanya laporan polisi tersebut, maka pihaknya juga mendapat amanat untuk menyikapi hal tersebut mewakili masyarakat Talaud.


“Kami merasa pernyataan yang disampaikan Wali Kota Manado adalah sebuah satu pernyataan yang seharusnya membuat pemerintah Talaud terinspirasi dalam hal bagaimana mengangkat perekonomian ataupun kesejahteraan yang ada di daerah kami,” tutur Abas.

*Middle*

Minggu, 24 September 2023

Stafsus Stenly Tamo: Walikota Sangat Menghargai Warga Talaud

Stafsus Stenly Tamo: Walikota Sangat Menghargai Warga Talaud


MANADO, CARIKABAR.ID
- Staf Khusus Walikota Manado Stenly Tamo kembali menanggapi tudingan terkait Pernyataan Walikota Manado Andrei Angouw yang membeber data BPS dengan menyebut Kabupaten Talaud memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) paling rendah di Sulut.

Pada video tersebut Walikota hingga, mencontohkan Badut saja tidak mau ke Talaud karena rendahnya PDRB di daerah tersebut akhirnya bermuara ke Polda Sulut.


Stenly Tamo Menanggapi laporan oleh beberapa Camat dan Kepala Desa Angouw dilaporkan dengan alasan membuat sakit hati warga Talaud menyebutkan, tak pernah ada niat sedikitpun dari Walikota untuk menyakiti dan merendahkan warga Talaud. 


"Rasanya itu tudingan yang salah. Pak Walikota itu sangat menghargai dan menghormati warga Talaud. Contohnya kami sebagai orang Talaud yang tinggal di Manado dipercayakan sebagai staf khusus bersama pak Rimata Narande. Selain itu ada juga Pak Meki Taliwuna dipercayakan jadi Dirut PDAM, Pak Pontoh Wuisang jadi Kadispora semua itu adalah asli orang Talaud dan ini tentunya penghargaan bagi warga Talaud," sebut Tamo.


Bukan itu saja tambah Tamo, sangking percayanya walikota pada warga Talaud ada sejumlah Ketua Lingkungan di kota Manado saat ini ditunjuk menjadi perpanjangan tangan walikota untuk menjadi pemimpin di lingkungan lingkungan yang ada di sejumlah kelurahan di kota Manado.


"Pak Walikota itu sekali lagi tak pernah ada niat merendahkan siapapun, yang disampaikan itu adalah data dari BPS. Kamipun sebagai warga Talaud yang tinggal di Manado biasa saja mendengar penjelasan tersebut. Malah sebaliknya ini bisa jadi dasar dan acuan bagi pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Talaud untuk berbenah, bukan untuk mencari pembelaan dengan cara mempolitisir pernyataan tersebut," ujar pria berdarah Talaud.


Soal laporan tersebut ke Polda, Sarjana Hukum lulusan Unsrat ini menegaskan, ada beberapa hal dimana kalimat “seolah-olah“  warga talaud satu peser pun tidak mampu memberikan uang pada badut. Menurutnya, pernyataan “Seolah-olah" adalah pernyataan yang skeptis (kurang percaya diri).


"Pelaporan yang sangat emosional tanpa menyimak dengan baik isi dan tujuan  sambutan tersebut. Kalimat Kepulauan Talaud adalah Gudang Sumber daya manusia yang tidak dapat dilecehkan. Siapa yang melecehkan sumber daya manusia

SDM asal Talaud malahan dihargai oleh Walikota Manado Pak Andrei Angouw, buktinya saya dan teman teman asal Talaud seperti Pak Mecky Taliwuna di angkat jadi Dirut salah satu perusahanan Daerah , Pak Rimata salah satu Stafsus Pak Walikota Manado, semua diangkat karena punya kemampuan," paparnya.


Sedangkan pernyataan bahwa telah menyumbang PDRB kota Manado dilihat dari hilir mudik Kapal ke Manado, ini juga jelas karena kota Manado menjadi pusat bisnis yang bisa menghasikan uang, makanya banyak orang yang datang ke Manado untuk mencari pekerjaan dalam bidang apapun.


"Semua warga negara Indonesia yang datang ke Manado diberikan kesempatan oleh Pemerintah Kota Manado untuk bekerja, berkarya.  Nah, timbul pertanyaan sekarang Apa penyebabnya sehingga mereka mau datang mancari di Manado, tentu karena banyaknya peluang usaha dan bisnis di kota Manadio sehingga Income Per Kapita Kota Manado di atas dari Kota/ Kabupaten di Propinsi Sulut. Jadi marilah kita menanggapi secara  bijak sambutan Pak Walikota Manado, Jadikanlah Kota Manado sebagai Sister City untuk Kota /Kabupaten lainnya . salam “ SAN SIOTE SAN PATE PATE”, kunci Stenly Tamo.

*Middle*

Karnaval Moderasi Beragama, Angouw: Kita Harus Berkomunikasi, Berteman dan Saling Mengenal Baik

Karnaval Moderasi Beragama, Angouw: Kita Harus Berkomunikasi, Berteman dan Saling Mengenal Baik


MANADO, CARIKABAR.ID
- Karnaval Gebyar Moderasi Beragama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Utara, dihadiri Walikota Manado Andrei Angouw didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Irene Golda Pinontoan, Minggu (24/09/2023).


Kegiatan Kirab Karnaval Gebyar Moderasi dilaksanakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) Provinsi Sulut yang diikuti oleh seluruh FKUB Kabupaten/Kota se Sulut.


Wali Kota Andrei Angouw pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terlaksananya kegiatan Kirab Karnaval Gebyar Moderasi Beragama Tahun 2023.


“Atas nama Pemerintah Kota Manado menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh jajaran FKUB, BKSAUA dan seluruh panitia yg telah membuat acara sore hari ini bisa terlaksana dengan baik,” kata Wali Kota.


Acara yang melibatkan FKUB Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara itu, Wali Kota juga mengajak, kiranya harus selalu menempatkan Indonesia sebagai kesatuan Republik Indonesia.


“Saya berharap kita menempatkan Indonesia sebagai satu kesatuan, kesatuan Republik Indonesia. Etnis boleh berbeda, agama boleh berbeda tapi kita adalah satu kesatuan Republik Indonesia. Jadi harus berkomunikasi dengan baik, harus berteman, saling mengenal. 


Bagi Walikota, dengan kegiatan seperti ini hubungan antar masyarakat, antar agama bisa lebih erat. Dengan demikian kita bisa lebih kuat dalam menghadapi hoaks dan pemberitaan bohong.


"Saya berharap kota Manado menjadi contoh kerukunan di Indonesia,” ucap Walikota.


Hadir mendampingi Wali Kota, Kepala Kakanwil Kemenag Sulut, Ketua FKUB Kota Manado, Ketua BKSAUA Kota Manado serta jajaran Pemerintah Kota Manado.

*Middle*

Jumat, 22 September 2023

Didampingi Rio Dondokambey, Richard Sualang Buka Pekan Olahraga Pemuda GMIM

Didampingi Rio Dondokambey, Richard Sualang Buka Pekan Olahraga Pemuda GMIM


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka pembukaan kegiatan Pekan Olahraga Pemuda GMIM (POPG) tahun 2023, ribuan Pemuda GMIM memadati Lapangan Sparta Tikala Manado. Jumat (22/09/2023) sore.


Kegiatan yang dimulai dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 8 Oktober 2023 itu, diawali dengan acara Ibadah pembukaan, dilanjutkan dengan parade kontingen atlet dari seluruh Rayon Pemuda GMIM.



Ketua umum Panitia Richard Sualang dalam sambutannya mengucapkan selamat datang untuk seluruh kontingen yang terdiri dari atlet dan official. 


”POPG ini bertujuan juga untuk sportivitas serta mengembangkan minat bakat olahraga dari Pemuda GMIM,” ujar Wakil Walikota Manado ini.


Lanjut, Sualang mengharapkan agar seluruh peserta menjunjung tinggi sportifitas saat bertanding dan berlomba, sehingga lewat kegiatan bisa mempererat antar sesama pemuda GMIM.

 

"Hal ini merupakan program dari Pemuda GMIM yang bertujuan untuk mempererat serta memperkuat pemuda GMIM," harap Sualang.



Penatua Pemuda Sinode GMIM Rio Dondokambey, saat memberikan arahan menyampaikan bahwa kegiatan ini yang paling penting adalah mencari Tuhan. 

”tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan ini adalah bersekutu bersama dan memuliakan nama Tuhan. Beribadah dalam satu kegiatan Gereja untuk menumbuhkan iman kita sebagai bentuk mencari Tuhan,” ucap Rio.


Rio Dondokambey yang juga Caleg DPR Rl dari PDIP ini juga mengingatkan bahwa kegiatan ini ada yang menang dan kalah, untuk itu selalu menjunjung sportifitas, karena ini merupakan ajang persekutuan.


”Dalam acara ini, jangan jadikan ajang pertikaian. untuk itu saya mengajak semua berjanji menjadi anak Tuhan, berkomitmen menjunjung tinggi kedamaian dan menjadi saksi Kristus dalam kegiatan ini,” harap Rio.


Pada kesempatan itu pula, dr Richard Sualang di dampingi Rio Dondokambey secara langsung membuka secara resmi kegiatan POPG tahun 2023 di Wilayah Manado Selatan 1.

*Middle*

Dinakodai Sanfrancisco Manossoh, PD Pewarna Indonesia Sulut Sukses Gelar Rakerda ke-lV 2023

Dinakodai Sanfrancisco Manossoh, PD Pewarna Indonesia Sulut Sukses Gelar Rakerda ke-lV 2023


MANADO, CARIKABAR.ID
-Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani (PD Pewarna) Indonesia Sulawesi Utara mengelar agenda tahunan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-IV tahun 2023 bertempat di Glorious Rahvana Park Manado, Jumat (22/09/2023) sore.



Kegiatan itu, dibuka langsung Kepala Bidang Bimas Kristen Kanwil Sulawesi Utara diwakili Pdt Dr Sonia Tampanguma  dan diikuti Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Pewarna Indonesia melalui zoom meeting serta anggota PD Pewarna Indonesia Sulawesi Utara.



Acara diawali ucapan selamat datang  disampaikan Plt Sekretaris Daerah Pewarna Indonesia Sulawesi Utara Jefri Lengkong, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian Pdt Midle Onibala membawakan doa untuk membuka rangkaian kegiatan.


Sambutan Ketua Umum PP Pewarna Indonesia Yusuf Mudjiono yang di wakili Sekretaris Jenderal Pdt Ronald Stevly Onibala,MTh mengatakan, dalam dunia yang semakin kompleks dan serba cepat seperti saat ini, seringkali ditemui dengan berbagai godaan untuk menyebarluaskan berita palsu atau informasi yang tidak benar demi kepentingan pribadi atau kelompok.


"Sebagai jurnalis Kristiani, Saya harus mengingat bahwa kita bertanggung jawab kepada Tuhan dan kepada sesama manusia dan kita memiliki panggilan untuk mewartakan kebenaran, bahkan jika itu tidak selalu populer atau menguntungkan," kata Sekjen Ronald Onibala.



Menurut Sekjen Ronald Onibala, mewartakan kebenaran bukan hanya tentang menyampaikan fakta yang benar, tetapi juga tentang memberikan sudut pandang yang seimbang, menghormati hak asasi manusia, dan mempromosikan perdamaian serta keadilan.


"Dalam menjalankan tugas pemberitaan, harus memperhatikan nilai-nilai yang harus kita junjung tinggi dalam menjalani pekerjaan sebagai wartawan Kristiani,” kata Onibala.



Lebih dalam Onibala mengatakan, dalam acara ini, PP Pewarna berharap Pewarna Sulut dapat berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang bagaimana Jurnalis Kristiani dapat lebih efektif dalam mewartakan kebenaran, terutama dalam konteks Sulawesi Utara yang memiliki beragam tantangan dan peluang.



“Mari Pewarna Sulut bersama-sama mencari cara untuk menjalankan panggilan dengan integritas dan ketulusan dan akan merumuskan program-program yang akan memperkuat serta memajukan peran wartawan nasrani dalam melayani masyarakat untuk membawa suara kebenaran dalam pengembangan keterampilan, etika jurnalistik, dan kerja sama antar-anggota Pewarna Sulut,” terang Onibala.



Sementara itu, Kepala bidang Bimas Kristen Kanwil Sulut yang diwakili oleh Pdt Dr Sonia Tampanguma dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PD Pewarna Indonesia Sulawesi Utara yang terus bersinergi dengan Kanwil Agama Provinsi Sulut Bidang Bimas Kristen.


“Saya menghadiri kegiatan ini adalah yang ke empat kalinya, tentunya kami berharap ke depannya Pewarna Indonesia Sulut sebagai Jurnalis Kristen dapat memberitakan berita yang benar sehingga lewat pemberitaan yang benar masyarakat boleh memahami dan mengerti. Sama seperti tema kali ini yakni Suara Kebenaran untuk Kemuliaan Tuhan. Tema ini tentu mengandung arti yang sangat dalam,” terang Tampanguma.



Dia berharap, Pewarna Indonesia Sulawesi Utara terus maju dan memberitakan tentang kebenaran. “Dengan memanjatkan syukur kepada Tuhan acara Rakerda Ke-IV tahun 2023 Pewarna Indonesia Sulawesi Utara di buka dengan resmi,” ucapnya disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta Rakerda.


Ketua Pewarna Indonesia Sulawesi Utara Sanfransisco Manossoh menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan semua pihak dalam suksesnya kegiatan tersebut.


“Tentunya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kanwil Agama Provinsi Sulut melalui Kepala Bidang Bimas Kristen yang di wakili oleh Pdt Dr Sonia Tampanguma dan juga Ketua Umum Pengurus Pusat Pewarna Indonesia Yusuf Mudjiono dan Sekretaris Jendral Pdt Ronald Stevly Onibala, MTh dan Semua pihak yang turut membantu suksesnya acara Rakerda Ke-IV tahun 2023 Pengurus Daerah Pewarna Indonesia Sulawesi Utara.,” Tutup Manossoh.


Usai pembukaan kegiatan, dilanjutkan dengan Rakerda penyusunan program kerja untuk tahun 2024 sekaligus penyampaian agenda lainnya.


*Middle

Kamis, 21 September 2023

Dihadiri Wawali dr Richard Sualang, BKSAUA Gelar Sosialisasi Program Pemkot Manado di Kecamatan Mapanget

Dihadiri Wawali dr Richard Sualang, BKSAUA Gelar Sosialisasi Program Pemkot Manado di Kecamatan Mapanget


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui presidium Badan Kerjasama Antara Umat Beragama (BKSAUA) menggelar relly sosialisasi program dan kebijakan Pemerintah  Kecamatan se-Kota Manado, ini hari terakhir di Kecamatan Mapanget, bertempat di Kantor Kecamatan Mapanget, Jumat (22/09/2023).


Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang dalam sambutan dan arahannya, mengharapkan dengan dilaksnakan tatap muka dari presidium BKSAUA akan ada kerjasma dan komunikasi yang baik antar Rohaniawan dan Pemerintah Kota Manado.


"Kami mengaja para tokoh agama mengambil peran dalam menghadapi kondisi Kota Manado baik Kamtibmas maupun program infrastruktur di Kota Manado," ajak Sualang.


    Foto, Ketua BKSAUA Manado sedang                memberikan arahan.


Ketua presidium BKSAUA Pdt Juddy Tunari, M.Teol mengatakan pentingnya kerjasama Pemerintah dan Tokoh-tokoh agama dalam membangun Kota Manado lewat program Manado maju dan sejahtera.


"Pentingnya keharmonisan terintegrasi dengan 4 pilar kebangsaan, menjaga kerukunan antara sesama agama, menjaga kerukunan agama sendiri, menjaga kerukunan atau sinergitas agama dengan Pemerintah," kata Tunari.


    Foto, Camat Mapanget Robert Dauhan              menyampaikan ucapan selamat datang.


Lanjut Tunari, maksud sinegitas antar tokoh di antaranya agama terkait pembinaan umat yang di layani.


"Ketika terjadi pelanggaran Kamtibmas dan kemudian oknum terlibat adalah umat binaan itu akan terlihat saat dibuka data input yang di masukan oleh tokoh-tokoh agama ke Pemerintah. Karena itu diharapkan para tokoh agama untuk terus input data terbaru ke Pemkot manado melalui Bagian Kesra," harap Tunari.


Sementar itu, Camat Mapanget Robert Dauhan, S.STP menyapaikan selamat datang para pimpina presidium BKSAUA Kota Manado dan seluruh Tokoh-Tokoh agama se-Kecamatan Mapanget.


"Kami memberikan apresiasi terkait sosialisasi peogram Pemerintah Kota Manado dengan melibatkan para pimpinan-pimpinan agama di Kecamatan Mapanget. Kami berterimakasih dengan pertemuan ini akan mempererat kerja sama antara pimpinan agama dan pemerintah kecamatan mapanget," ucap Dauhan.


    Foto, suasana pertemuan.


Kepal Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkot Manado Otniel Tewal mengingatkan, hal positif dalam pertemuan-pertemuan seperti ini dalam rangka lebih mempererat hubungan antar para tokoh agama dan pemerintah.


"Sebagai partner pemerintah, para tokoh agama diharapkan bantuan pembinaan tingkat kriminalisme di tempat tugas pelayanan, di harapkan sosialisasi kepada umat yang dilayani tentang layanan Call Center 121, sebagai fasilitas informasi reaksi cepat penangana pelayan tindak kriminal masyarakat," terang Tewal.


Turut hadir dalam sosialisasi program ini, staf kantor Kecamatan Mapanget, Lurah se-Kecamatan Mapanget, Ketua-ketua Lingkungan Keluarahan se-Kecamatan Mapanget dan lebih kuran 150 tokoh agama se-Kecamatan Mapanget.


*Middle*

STT RMK Bitung Gelar Senat Terbuka, 51 Wisudawan Siap Kerja Dibidangnya

STT RMK Bitung Gelar Senat Terbuka, 51 Wisudawan Siap Kerja Dibidangnya


BITUNG, CARIKABAR.ID
- Sekolah Tinggi Teologi Rumah Murid Kristus (STT RMK) Bitung kembali menggelar Sidang Denat Terbuka Wisuda dan Diesnatalis ke-11 tahun 2023, bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota Bitung, Kamis (20/09/2023) siang.


Kegiatan diawali dengan ibadah di pimpin Kepal Sekolah Alkitab Langowan Pdt Miracle Awuy, S.Th, dengan mengambil dasar khotbah pada bacaan Alkitab dalam Bilangan 12 ayat 2, 7-8, 'Pikiran dan Perasaan Tuhan.'


"Kita harus tau tentang pikiran da perasaan Tuhan itu jelas dalam dua hal yaitu Firman dan Roh, sebab pikiran dan perasaan Tuhanlah yang membuat kita setia. Kepada wisudawan, puncak belajar kita adalah lemah lembut dan rendah hati, jadilah berkat dalam kesetiaan dimana berada," kata Pdt Miracle.


    Foto, Drs Benny K.W Lontoh, MA       .                menyapukan Sambutan Walikota Bitung

Acara  Wisuda dan Diesnatalis ke-11 itu dibuka secara langsung Ketua STT RMK Bitung Pdt DR David Livingstone Araro, M.Th di hadapan Orang tua/Wali dan tamu undangan serta para wisatawan-wisudawati yang hadir.


Ketua STT RMK Pdt DR David Araro, M.Th dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati.



Dia menambahkan, wisuda ini adalah perayaan akademik yang telah melalui proses dan keberhasilan yang panjang namun berhasil.


"Di STT RMK ini menggunakan pendekatan pembelajaran, pembinaan dan pelayanan semuanya lewat doa untuk menentukan keberhasilan nanti dalam pelayanan. Sesuai tema acara ini, 'Tetap Setia'." harap Pdt Araro.


Ketua Bidang LPMI STT RMK Pdt Fany Sondakh, M.Th membacakan Surat Keputusan lampiran 51 orang yang di wisuda baik secara Offline maupun beberapa yang online.



Walikota Bitung dalam sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Umum  Setda Kota Bitung Drs Benny K.W Lontoh, MA menyampaikan, banyak selamat bagi para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menempuh proses pembelajaran dengan baik.


"Keberhasilan ini tentunya membawa semangat dan antusiasme, motivasi dan kebanggaan orang tua lewak keberhasilan yang di raih saat ini," ucap Lontoh.


Lanjut Lontoh, Kemajuan teknologi dan informasi serta komunikasi menuntut semua pihak untuk bergerak cepat dalam menembangkan kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dunia sekarang.


"Oleh karena itu dengan keadaan tersebut pengetahuan teoritis yang sudah di terima bukan jaminan kesuksesan saudara, akan tetapi kami yakin bahwa wisudawan wisudawati STT RMK saat ini memiliki keunggulan yang dapat dibanggakan oleh civitas akademika maupun masyarakat," terang Lontoh.



Menarik, Lontoh dalam sambutan memuji salah satu program STT RMK satu tahun sebelum meyelesaikan target kurikulum melakukana magang mahasiswa di lokasi bakal tempat kerja.


"Kalau seperti ini programnya, berarti ini salah satu inovasi yang baik, maka bisa ditiru sekolah yang lain, ini berarti calon wisudawan itu bisa di jadikan jaminan untuk bekerja," puji Lontoh.


Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan kementerian Agama RI Prov Sulut, Mitra STT RMK, Ketua Pembina dan Ketua Yayasan Rumah Murid Kristus, Puket 1,2,3, para kepala Program Study, Direktur Pasca Sarjana dan Seluruh Dosen tetap dan dosen tamu STT RMK.


*Middle*




Rabu, 20 September 2023

Panitia Pelaksana Bersama Kabag Kesra Pemkot Bitung Gelar Rapat Matangkan Persiapan Acara HUT ke-70 Pelprip di Bitung

Panitia Pelaksana Bersama Kabag Kesra Pemkot Bitung Gelar Rapat Matangkan Persiapan Acara HUT ke-70 Pelprip di Bitung


BITUNG, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka memantapkan persiapan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip) tahun 2023, Panitia Pelaksana kembali melaksanakan rapat kerja, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Bitung, Rabu (20/09/2023) siang.


Ketua harian Panitia HUT ke-70 Pelprip Pdm Drs Meiki Onibla, M.Si dalam sambutan dan arahannya mengingatkan kerja sama yang baik dari Panitia Pelaksana dan semua yang terkait dalam iven berskala nasional untuk bekerja secara maksimal.


"Diharapkan adanya kordinasi sesama pelaksana untuk mempersiapkan sampaik hari pelaksanaan Hut ke-70 Pelprip, mari kita laksanakan kegiatan ini dengan baik, tentunya untuk kemuliaan Tuhan," ucap Onibala.


Sementara itu, Ketua Panitia Pdm Devie Barakati, ST, S.Th, M.Pd dalam penjelasannya bahwa, kegiatan yang dimaksud dilaksanakan mulai tanggal 23, 24 dan puncak ibadah agung 25 Oktober 2023.


"Peserta acara ini datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, yaitu Pimpinan pengurus Majelis Pusat GPdI, Komisi Pusat Pelprip, perwakilan pengurus Komisi Daerah Pelprip dan   seluruh anggota Pelprip se-Sulawesi Utara juga undangan lainnya," sebut Barakati.


Lebih lanjut, Barakati mengingatkan kegiatan ini di awali dengan berbagai lomba olahraga dan kesenian secara terbuka bagi warga GPdI Sulawesi Utara.


"Acar ini di meriahkan dengan berbagai lomba dengan memperebutkan bebagai hadia berupa tropi dan uang tunai dari Penitia Pelaksana," terang Barakati.


Kepala Bagian Kesejahteraan rakyat (Kabag Kesra) Pemkot Bitung Pdt Robby Kawengian, S.Th, S.Pd, MAP mengarahkan terkait penggunaan fasilitas kegiatan harus melalui pemberitahuan langsung kepada Walikota Bitung.


"Jadi untuk fasilitas berupa kendaraan dan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan pada acara nanti pasti akan di fasilitasi oleh Pemerintah dalam hal Ini Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM, termasuk juga permohonan bantuan keuangan tentunya harus melalui aruran dan ketentuan yang berlaku," jelas Kawengian.


Turut hadir dalam rapat ini, Kabid Dishub Bitung Royman M, Kabid Satpol-PP Edmond Rampengan, Dinas Perdagangan Fikson Lukas, staf Kesra Michael Samola, Pengurus KD Pelprip Sulawesi Utara.


*Middle"

Selasa, 19 September 2023

Astrid Kumentas Nilai Keliru Elly Lasut Sampaikan Data Polulasi Penduduk Daerahnya

Astrid Kumentas Nilai Keliru Elly Lasut Sampaikan Data Polulasi Penduduk Daerahnya


MANADO, CARIKABAR.ID
- Astrid Kumentas menilai Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut  keliru menyampaikan data populasi penduduk daerah yang dia pimpin. 


Penyampaian Elly Lasut tersebut, terungkap dalam sebuah sebuah momen wawancara video yang menghadirkan dirinya sebagai narasumber.


Pada video tersebut, terlihat Bupati Talaud mengatakan PDRB Talaud pada tahun 2022 sebesar Rp2,6 Trilliun. Dia juga menambahkan untuk pendapatan perkapita Talaud ada di angka Rp48 juta.


Staf Khusus Walikota Manado Bidang Pengkajian Pembangunan Astrid Kumentas, menegaskan apa yang dikatakan Bupati Talaud tersebut, jika dihitung 2,6 trilliun dibagi dengan 48 juta, berarti penduduk Talaud hanya 54.167 orang. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan hasil pendataan populasi penduduk Kabupaten Kepulauan Talaud oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut.


Dimana berdasarkan data BPS Sulut, populasi Kabupaten Kepulauan Talaud tahun 2022 berjumlah 95.545.


"Hal ini tentunya tidak sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Talaud yang menyebutkan pendapatan perkapita Talaud ada di angka Rp48 juta, dan hal itu bisa dipastikan tidak mendasar. Karena setelah hasil hitung-hitungan, hasilnya tidak sesuai dengan data yang disampaikan pihak BPS Sulut. Kalau 2,6 trilliun tsb dibagi dengan 95.545 maka PDRB perkapita Kabupaten Talaud sebesar 27,2jt," ucap Kumentas.


Lanjut Kumentas mengatakan dia, hal ini tentunya menandakan Bupati tidak tahu jumlah penduduk Talaud. Bupati mengira penduduknya 54.167 (2,6 trilliun dibagi 48jt), padahal menurut data BPS penduduk Talaud berjumlah 95.545.


"Pak Bupati harus lebih bijak lagi dalam memberikan pernyataan terutama dalam hal menyangkut data," sebutnya.

*Middle*

SMTK Berea Tondano Terima Bantuan Program PTJSL PLN Suluttenggo

SMTK Berea Tondano Terima Bantuan Program PTJSL PLN Suluttenggo




TONDANO/MINAHASA, CARIKABAR.ID
- PT PLN Unit Distributor Suluttenggo, menyerahkan bantuan sarana pendidikan, dalam rangka mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) Berea Tondano.


Penyerahan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan tersebut, diberikan secara simbolis oleh Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Revanny Yudhistira.



Bantuan itu, diterima Kepala Sekolah SMTK Berea Tondano Pdt Hanny Awuy, S.Th pada Rabu,(30/08/2023) disaksikan oleh perwakilan Pemerintah Daerah, Lantamal VIII Manado, Universitas Teknologi Sulawesi Utara, PT PLN Icon+, serta seluruh guru dan siswa.


Paket bantuan yang diberikan berupa, komputer dan internet hasil kolaborasi bersama PT PLN Icon+, pelatihan aplikasi pembelajaran siswa dan guru yang didukung oleh Universitas Teknologi Sulawesi Utara, serta penyediaan buku bacaan dan pojok baca siswa dengan bersinergi bersama Lantamal VIII Manado dan Gramedia.



Revanny Yudhistira dalam sambutannya menjelaskan, bahwa bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk komitmen PLN dalam peningkatan kualitas pendidikan dari segi teknologi informasi pelajar dengan penyediaan fasilitas internet pintar, learning management system (LMS), dan saran abaca untuk mendukung teknologi digital pelajar.


“Melalui bantuan ini kami berharap para siswa dapat lebih mudah dalam memahami berbagai ilmu pengetahuan serta teknologi yang berbasis komputerisasi, sehingga benar bantuan ini bermanfaat bagi peningkatan pendidikan,” sebut Yudhistira.


Dijelaskan Yudhistira juga, kegiatan itu bukan hanya memberikan bantuan saja, namun bagaimana kedepannya kita bisa lebih fokus pada pembangunan sosial dengan pendekatan pada kebutuhan yang mengutamakan potensi sumber daya manusia dalam proses pembangunan.


"Kami pun fokus pada pembangunan sosial terkait potensi sumber daya manusia, hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan,” ucap Yudhistira.



Ditempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, J.A. Ari Dartomo menekankan bahwa PLN bukan hanya sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik saja, namun dapat hadir juga ditengah masyarakat melalui program tanggung jawab sosial lingkungan, salah satunya program yang berfokus pada bidang pendidikan.


“Kiranya bantuan kali ini dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah karena kita ketahui bersama bahwa pendidikan menjadi dasar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkap Dartomo.


Sementara itu, Saat di wawancara awak media@Carikabar.id, Kepala sekolah SMTK Berea Tondano, Pdt. Hanny Awuy, S.Th mengakui, bantuan dari PLN ini sangat bermanfaat bagi para siswa dan membantu pihak sekolah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, sebab mata pelajaran yang diikuti para siswa rata-rata berbasis komputerisasi sehingga diperlukan sarana dan fasilitas pendukung. 


"Memang selama ini, kami sering melaksanakan ujian bagi para siswa di lokasi sekolah lain, karena keterbatasan perangkat komputer yang belum dapat kami penuhi, hal ini tentunya menjadi kendala yang mengganggu para siswa dalam proses pembelajaran,” jelas Pdt Hanny.


“Jadi dengan adanya kegiatan ini, kami berharap upaya PLN dalam membantu peningkatan kualitas pendidikan lewat bantuan sarana pendidikan seperti ini dapat diikuti oleh instansi lainnya sehingga kebutuhan mendasar terkait pendidikan bagi para siswa dapat terpenuhi,” ungkap Pdt Hanny Awuy yang juga menjabat Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara.


Sebagaimana diketahui, untuk kemudahan layanan, masyarakat dapat memanfaatkan Aplikasi PL Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Melalui aplikasi ini, semua layanan kelistrikan dapat dengan mudah diakses hanya dalam satu genggaman. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah.


*Middle*


Ketua TP-PKK Kota Manado Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kerja Sama Dinas Sosial Kota Manado

Ketua TP-PKK Kota Manado Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kerja Sama Dinas Sosial Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Irene Golda Angouw-Pinontoan membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Kota Manado tahun 2023,di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (18/09/2023) siang.


Kegiatan yang dihadiri sebanyak 120 peserta tersebut di selenggarakan Tim Penggerak PKK Kota Manado kerja sama dengan Dinas Sosial Kota Manado.



Rangkaian kegiatan ini diisi dengan pembagian bantuan sosial berupa Natura kepada 33 kader Posyandu Lansia dan sebanyak 87 kader Muda posyandu diseluruh Kecamatan oleh Ketua Tim PKK Manado serta materi tentang cara hidup sehat oleh Ketua Pokja 4 dr Mariny Kapoyos.


Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutan dan arahannya, disampaikan Kadis Sosial Rollies Rondonuwu mengatakan, selamat datang kepada seluruh kader PKK perutusan Kecamatan baik Lansia dan muda dan diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini akan ada kolaborasi antara kader Lansia dan kader muda. 


”kegiatan ini akan diisi dengan materi- materi tentang Posyandu dan diharapkan dapat terjadi kolaborasi antara kader lansia dan kader muda dimana pengalaman dan teori harus berjalan secara bersamaan,” ucap Rondonuwu.



Lebih lanjut,Kadis Sosial juga mengharapkan lewat kegiatan ini akan menuju masyarakat Kota Manado yang dikatakan sehat dan sejahtera lewat peran Tim PKK selaku kader Posyandu.


Setelah pembagian Sembako, kegiatan dilanjutkan dengam pemberian materi kesehatan oleh dr Mariny Kapoyos kepada seluruh peserta.


*Middle

Senin, 18 September 2023

Pria Berdarah Talaud Stenly Tamo Menyayangkan Penyampaian E2L di Medsos

Pria Berdarah Talaud Stenly Tamo Menyayangkan Penyampaian E2L di Medsos


MANADO, CARIKABAR.ID
- Staf khusus Pemerintah Kota Manado Stenly Tamo, SH menanggapi pernyataan Bupati Talaud Elly E Lasut (E2L) yang diunggah di media sosial dimana salah satu poinnya ialah meminta Walikota Manado Andrei Angouw (AA) untuk menyampaikan permohonan maaf ke warga Talaud, setelah viral soal Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Talaud, ditanggapi Stenly Tamo SH.

Staf Khusus Pemerintah Kota Manado ini menyebut pernyataan E2L yang ditujukan kepada Walikota Manado, salah alamat dan terkesan seperti memprovokasi warga.

"Kenapa minta klarifikasi pada Walikota Manado tentang itu, ini saja sudah keliru. Apa yang disampaikan Walikota Manado berdasarkan data yang dikeluarkan BPS," ujarnya.

Pria berdarah Talaud ini juga menyayangkan penyampaian E2L terkait PDRB ada jenis-jenisnya. Sebab, pernyataan itu dinilai hanya mengelabui saja.

Dia pun menjelaskan bahwa yang disampaikan Wali Kota Manado itu adalah PDRB per kapita.

"Dan bukan PDRB komponen yang lain seperti yang dijelaskan Bupati Talaud. Jadi, janganlah mengelabui. Kan data sudah ada. Saya juga orang Talaud. Statistik itu pasti tak berbohong dengan data," tandasnya.

Untuk itu, dirinya pun menyarankan Bupati Talaud meminta klarifikasi ke Badan Pusat Statistik (BPS). Bukan kepada Walikota Manado.

"Kan sebenarnya data yang dikeluarkan BPS ini sudah ada di masing-masing pemerintahan daerah. Masa BPS keluarkan data untuk menjatuhkan. Kan tak mungkin,
tapi malahan untuk menggenjot pembangunan ekonomi di daerah masing-masing," sebutnya.

Untuk itu ditambahkannya, tak masuk akal kalau meminta klarifikasi ke Walikota Manado soal PDRB tersebut. Malah dia menegaskan harusnya Bupati Talaud menjadikan hal ini sebagai sebuah pelajaran untuk melakukan pembenahan. 

"Mungkin musti harus lebih banyak belajar. Memangnya Pemerintah Manado yang buat data itu. Kan BPS yang buat. Jadi, Pemerintah Talaud baiknya berfokus saja untuk menggenjot pembangunan ekonomi," tutupnya. 

Walikota Manado Andrei Angouw sendiri sudah melakukan klarifikasi atas pernyataannya tersebut saat diundang Pengurus DPP Musyawah Kemasyarakatan Talaud (MUKAT). 

Pada kesempatan itu, dihadapan para pimpinan organisasi terbesar di Talaud Angouw menjelaskan tidak ada niat sedikitpun untuk melakukan penghinaan apalagi menyakiti perasaan warga Talaud, MUKAT sendiripun sudah mengeluarkan pendapat dimana menerima klarifikasi Walikota Manado dengan harapan untuk kebaikan Talaud kedepan.

*Middle*
Wawali Richard Sualang Buka Secara Resmi ANBK Tingkat SMP di SMP N 1 Manado

Wawali Richard Sualang Buka Secara Resmi ANBK Tingkat SMP di SMP N 1 Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Khusus Tingkat SMP Gelombang Pertama yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Manado, Senin (18/9/2023) pagi.


Dalam sambutannya, Sualang mengatakan dengan adanya program dari Pemerintah tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum Merdeka ini, bisa lebih menguatkan serta mengerti akan arti dari Pancasila.



“Dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kita bisa belajar makna dari Pancasila sejak di kelas VI ini. Saya berharap para siswa kelas VI di SMPN 1 Manado sudah hafal dengan lima sila yang ada di Pancasila. Karena itu, adalah dasar dari negara kita Indonesia,” tutur Wawali Richard.



Lanjut Wawali Sualang, dengan adanya materi suara demokrasi di mata pelajaran pendidikan Pancasila para siswa bisa belajar secara tekun agar bisa menjadi siswa yang Pancasilais.


“Dengan mengerti akan mata pelajaran pendidikan Pancasila, saya berharap, siswa SMPN 1 Kota Manado bisa menjadi yang Pancasilais. Saya berpesan, jika nanti adik-adik siswa menjadi orang besar, jangan lupa dengan dasar negara kita dimanapun kalian berada, harus menjadi warga negara yang Pancasilais,” terang Sualang.



Sementara itu, Kepala SMPN 1 Manado, Salmon Rosang mengatakan, ANBK merupakan program dari Kemendikbud untuk evaluasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan.



“ANBK 2023 dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan di era digital. Siswa dapat melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif melalui soal-soal ANBK 2023 yang bervariasi dan menantang,” sebutnya lagi.


Hadir dalam pembukaan ANBK Gelombang Pertama di SMP Negeri 1 Manado, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Triana Landria Almas, S.STP, M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan TK/PAUD, Piter A. Mauru M.Ap.

*Middle*