Senin, 18 September 2023

Wawali Richard Sualang Buka Secara Resmi ANBK Tingkat SMP di SMP N 1 Manado

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang hadir sekaligus membuka secara resmi kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Khusus Tingkat SMP Gelombang Pertama yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Manado, Senin (18/9/2023) pagi.


Dalam sambutannya, Sualang mengatakan dengan adanya program dari Pemerintah tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum Merdeka ini, bisa lebih menguatkan serta mengerti akan arti dari Pancasila.



“Dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kita bisa belajar makna dari Pancasila sejak di kelas VI ini. Saya berharap para siswa kelas VI di SMPN 1 Manado sudah hafal dengan lima sila yang ada di Pancasila. Karena itu, adalah dasar dari negara kita Indonesia,” tutur Wawali Richard.



Lanjut Wawali Sualang, dengan adanya materi suara demokrasi di mata pelajaran pendidikan Pancasila para siswa bisa belajar secara tekun agar bisa menjadi siswa yang Pancasilais.


“Dengan mengerti akan mata pelajaran pendidikan Pancasila, saya berharap, siswa SMPN 1 Kota Manado bisa menjadi yang Pancasilais. Saya berpesan, jika nanti adik-adik siswa menjadi orang besar, jangan lupa dengan dasar negara kita dimanapun kalian berada, harus menjadi warga negara yang Pancasilais,” terang Sualang.



Sementara itu, Kepala SMPN 1 Manado, Salmon Rosang mengatakan, ANBK merupakan program dari Kemendikbud untuk evaluasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan.



“ANBK 2023 dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan di era digital. Siswa dapat melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif melalui soal-soal ANBK 2023 yang bervariasi dan menantang,” sebutnya lagi.


Hadir dalam pembukaan ANBK Gelombang Pertama di SMP Negeri 1 Manado, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Triana Landria Almas, S.STP, M.Si dan Kepala Bidang Pembinaan TK/PAUD, Piter A. Mauru M.Ap.

*Middle*


SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: