Jumat, 29 Desember 2023

BAMAG Passo Gelar Ibadah Natal Dipimpin Sek MD GPdI Pdt Hanny Awuy Dihadiri Pj Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong

BAMAG Passo Gelar Ibadah Natal Dipimpin Sek MD GPdI Pdt Hanny Awuy Dihadiri Pj Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong


PASSO/MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Badan Musyawarah Antar Gereja dan Pemerintah Desa Passo melaksanakan acara ibadah Natal Yesus Kristus 2023, bertempat di gedung GPdI Filadelfia Passo, Wilayah Kakas Barat, Jumat (29/12/2023) sore.


Acara ibadah Natal tersebut di hadiri Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Hanny Awuy, S.Th, M.Th dan Pj Bupati Minahasa Dr Jemmy S Kumendong, M.Si.


Pdt Hanny Awuy dalam penyampaian  berita Naatal mendasarkan pada bacaan Alkitab pada 1 Petrus 1 ayat 8-9, 'Natal bukan hanya berbicara kemeriahan materi.'


"Natal berbicara mengenai keselamatan dan merupakan titik balik melihat peristiwa kehinaan Yesus untuk supaya kita selamat. Jangan mengecilkan Natal sebab kita telah menerima penebusan dari Yesus Kristus," ucap Pdt Hanny.


    Foto bersama pengurus BAMAG Desa              Passo bersama Bupati Minahasa


Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong dalam sambutannya mengatakan, sejatinya natal itu bicara damai sejahtera.


"Mohon dukungan masyarakat passo dalam setiap tugas dan tanggung jawab sebagai pemerintah kabupaten Minahasa," sebut Kumendong.


    Ketua Panitia Pdt Hanny Tumbelaka saat        menyampaikan ucapan terima kasih


Hari-hari ini masyarakat di perhadapkan dengan kenaikan harga bahan pokok, mari kita hadapi dengan bijaksana.


"Terkait dengan BAMAG bahwa kita tau bersama Sulawesi Utara ini dikenal dengan saling menhargai perbedaa terlebih di Minahasa dan tidak lepas peran dari tokoh-tokoh agama," kata Kumendong.


Kita juga akan menghadapi pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 nanti kita tetap menjaga kondusifitas keamana.


"Akhirnya atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa mengucapkan selamat merayakan Natal dan menyongsong Tahun Baru 01 Januari 2024, Tuhan memberkati kita semua," sebut Kumendong.


Selanjutnya Sambutan Ketua BAMAG Pdt Johan Manampiring, M.Th mengajak dalam perayaan natal harus di warnai dengan sukacita.


"Hendaknya sukacita tetap ada meski ditengah perbedaan apalagi kita menghadapi Pemilu, kita tetap jaga persatuan," tutur Pdt Manampiring.


Pdt Hanny Tumbelaka, S.Th  dalam ucapan terimakasih sebagai kerua panitia pelaksanan menunfkapkan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah berkenan menolong acara ini, hingga berakhir dengan baik.


"Tentunya semuanya ini terlaksana berkat kerjasama seluruh panitia dan pengurus BAMAG Passo dan Pemerintah Desa Passo, Kecamatan Kakas Barat, Tuhan Yesus Kristus memberkati semua," ungkap Pdt Hanny Tumbelaka.


*Middle

Kamis, 28 Desember 2023

KP3 Komisariat Manado Gelar Ibadah Perayaan Natal Yesus Kristus

KP3 Komisariat Manado Gelar Ibadah Perayaan Natal Yesus Kristus


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KP3) GPdI Komisariat Manado melaksanakan kegiatan acara ibadah Natal Yesus Kristus, bertempat di Providensia Nasional Plus School Manado, Kamis (28/12/2023) malam.

Pelayana khotbah renungan Natal pada ibadah itu dipimpin Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Hanny Awuy, S.Th, M.Th dengan bacaan Alkitab dalam Yohanes 1 ayat 1-5, 'Manusia hina menjadi mulia dihadapan Tuhan.'

    Pdt Hanny Awuy sedang menyampaikan.        khotbah Natal

Seharusnya Natal ini menjadi momentum untuk memberitakan ijin keselamatan dalam tugas pelayanan penginjilan untuk memenangkan jiwa bagi Tuhan.

"Mari dalam perayaan natal ini kita merefresh pelayanan kita. Kita harus beritakan injil dengan semangat yang di kerjakan oleh Roh Kudus," ucap Pdt Hanny.

   Foto kemeriahan pertukaran bingkisan           Natal sesama pengurus dan anggota KP3

Sambutan Natal Yongki Lumen mengatakan para pelayan pantekosta teruji dalam banyak hal.

"Hendaknya momentum ini dapat mempererat persaudaraan kita dalam kepedulian sesama anggota dalam pelayanan," sebut Limen.

    Ketua KP3 Sedang memasang lilin Natal

Ketua KP3 Komisaris Manado Pdt Ir Benny Narasiang, ST, M.Th kepada media CariKabar.id perayaan natal ini merupakan program rutin tahunan dalam rangka mempererat kebersamaan sesama penginjil.

"Dengan perayaan natal ini kita diingatkan untuk terus bersemangat dalam rangka memenangkan jiwa sebanyak mungkin untuk Tuhan," ungkap Pdt Narasiang.

    Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara.         Yongki Limen memberikan sambutan              mewakili undangan

Ucapan terima kasih Sekretaris KDP3 Komisariat Manado Pdt Maykel Tumbelaka menyampaikan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas terlaksananya acara ini, kehadiran semua anggota dan pengurus KP3 Komisariat Manado serta undangan lainnya.

*Middle*

Rabu, 27 Desember 2023

KKR Natal, Pdt Hanny Awuy Ajak Anak Muda Jangkau Jiwa Bagi Tuhan

KKR Natal, Pdt Hanny Awuy Ajak Anak Muda Jangkau Jiwa Bagi Tuhan


KALAWAT/MINUT, CARIKABAR.ID
- Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Komisariat Minahasa Utara Unity bertempat di gedung GPdI Sola Gratia Kalawat, Rabu (27/12/2023) malam.


Ibadah dipimpin Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Hanny Awuy, S.Th, M.Th dengan renungan Natal dalam bacaan Alkitab pada Mazmur 133 ayat 1, 'Indahnya diam bersama dengan rukun.'


Perlu adanya keselarasan satu sama yang lain yang di sebut harmoni dalam merayakan natal. Natal seharusnya mendatangkan kedamaian karena natal juga 


"Hendaknya Natal ini di jadikan momentum dalam menata pelayanan untuk memenangkan jiwa bagi Tuhan, bangun komitmen untuk keselarasan untuk menjadi saksi bagi banyak orang," kata Pdt Hanny.


    Foto, Ketua, Sekretaris dan Bendahara            Panitia pelaksana KKR Natal


Diketahui ibadah disponsori, Komisariat Pelpap, Pelrap, Pelaht, Remaja Kreatif, Peltap, Taners, CGS Minahasa Utara mengambil tema Together In Unity.


Sambutan FKUB Minahasa Utara Pdt Nelly Sompie, M.Th menyampaikan natal mengingatkan kita pada kelahiran Yesus juru selamat kita.


"Pentingnya memahami kelahiran kristus setiap saat, mulai hari ini, akhirnya selamat natal dan menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2023, Tuhan Yesus Kristus Memberkati," ucap Pdt Nelly.


    Foto bersama Panitiabdan pelayan Altar


Kemeriahan acara tersebut ketika panitia memberikan hadia para gembala-gembala yang hadir dan dorpirise bagi hadirin yang hadir. Hadia diserakang Pdt Alfian Rondonuwu, Sekretaris Panitia Pdt Bobby Pontolaeng dan Bendahara Pdt Meitha Lumentut.


    Suasana acara ibadah


Ketua Panitia pelaksana Rolando Ch Tengker, SE mengucapkan syukur kepada Tuhan yang telah menolong semua panitia dalam melaksanakan tugas sehingga acara ini boleh terlaksana dengan baik.


"Atas nama panitia menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara Denny Lolong dan suport penuh dari ke-7 wadah pelayanan Komisaris Minahasa Utara, pasti semua diberkati Tuhan," sebut Tengker.


*Middle*

 



Sabtu, 23 Desember 2023

GPdI Tikala Rayakan Natal dan HUT Gembala Pdt Lodewyk Pandelaki

GPdI Tikala Rayakan Natal dan HUT Gembala Pdt Lodewyk Pandelaki


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ibadah perayaan Natal Yesus Kristus dan HUT ke-50 Gembala GPdI Tikala Manado Pdt Lodewyk Pandelaki, bertempat di Manado Convention Center Hall (MCC) Manado, Jl Boulevard  Kota Manado, Sabtu (23/12/2023) malam.


Ibadah di pimpin langsung Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, dengan mengajak, mari kita rayakan Yesus yang lahir di tempat hina namun karena relah menyelamatkan umat manusia.


"Persembahakanlah yang terbaik bagi Tuhan sebagaimana yang dilakukan para gembala-gembala kepada Yesus," kata Pdt Yvonne.


    Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu                          mendoakan Pdt Lodewyk Pandelaki                bersama keluarga.


Pdt Lodewyk Abraham Pandelaki dalam kesaksiannya, mengatakan umur yang diberikan Tuhan adalah hal yang luar biasa untuk di hargai dan di syukuri.


"Hidup yang dinikmati sekarang di usia yang ke-50 adalah anugerah yang terindah dari Tuhan bagi saya, keluarga dan jemaat GPdI Tikala-Manado yang harus disyukuri bersama," ucap Pdt Lodewyk.


    Foto suasan acara ibadah Natal dan HUT        ke-50 


Kemeriahan acara tersebut ketika penyalaan lilin natal dan penyalaan dan peniupan lilin HUT ke-50 Pdt Lodewyk Pandelaki di dampingi istri tercinta Pdm Nova Tandayu dan anak-anak.



Ketua Panitia Hut gembala, Dr Ronald Lumbuun, SH, MH menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menunjang terlaksananya acara ini.


"Tentunya ini kerja keras seluruh panitia dan jemaat juga topangan keluarga gembala segingga acara ini dapat dilaksanakan," sebut Lumbuun.


Acara ini dihadiri keluarga besar Pandelaki-Tendean, Pengurus Wilayah l GPdI Wenang Tikala serta gembala-gembala dan undangan lainnya.

*Middle*

Kamis, 21 Desember 2023

Ibadah Natal Dinas Kominfo Dihadiri Wawali dr Richard Sualang dan Ketua TP PKK Irene Golda Angouw-Pinontoan

Ibadah Natal Dinas Kominfo Dihadiri Wawali dr Richard Sualang dan Ketua TP PKK Irene Golda Angouw-Pinontoan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ibadah Perayaan Natal Yesus Kristus Keluarga Besar Dinas Komunikasi dan lnformatika Kota Manado dihadiri langsung Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang, bertempat di gedung GMIM Sentrum Manado, Kamis (21/12/2023) siang.


Ibadah dipimpin Pdt. Florence Monigir-Laoh, M.Th  dengan mengangkat bacaan Alkitab pada Matius 1 ayat 18-25.



Wakil Walikota Manado, dr Richard Sualang dalam sambutannya mengatakan, brita natal merupakan pengharapan ketika Yesus Kristus lahir sebagai juruslamat. 


"Kita samua sangat berterima kasih karna sudah mendengar kabar natal," kata Sualang.



Bagi Sualang,  Dinas Kominfo kota Manado adalah lahan corong dan telinga bagi masyarakat Manado yang harus menyebarkan berita yang benar dan mengedukasi masyarakat.


”Termasuk informasi kerja pemerintah Kota Manado untuk diketahui Masyarakat Manado, sehingga kinerja Pemerintah tersampaikan secara positif, tepat dan jelas," sebut Sualang.


Lebih dalam, Wawali juga mengingatkan pentingnya kemitraan dengan insan pers harus tetap terjaga. kita harus membina apa yg di sampaikan tersampaikan dengan baik kepada maayarakat.


“Pentingnya komunikasi dengan mitra kerja harus berjalan dengan baik, sehingga informasi yang di sampaikan menjadi satu hal yang baik bagi masyarakat,” kunci Wawali Sualang.


Hadir dalam perayaan natal Dinas Kominfo Kota Manado, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Irene Golda Pinontoan.


*Middle*


Rabu, 20 Desember 2023

Ibadah Natal P/KB GMIM Rayon Manado, Pdt Tunari: Kasih Kristus Mempersatukan

Ibadah Natal P/KB GMIM Rayon Manado, Pdt Tunari: Kasih Kristus Mempersatukan


MANADO, CARIKABAR.ID
 - Pria Kaum Bapa (P/KB) Rayon Manado melaksanakan Ibadah Perayaan Natal Yesus Kristus dalam rangkaian Christmas Festival 2023 Pemerintah Provinsi Sulut, berlangsung hikmat dan sukacita.

Ibadah Natal tersebut mengambil tema 'Kasih Merangkai Keberagaman', dipimpin Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Yudi Tunari MTh dengan mengambil pembacaan Alkitab dalam Yohanes 3:16. 

"Walaupun kita berbeda tapi kasih Kristus mengikat kita semua. Kasih merangkai keberagaman dan diikat  dalam satu kasih Kristus," sebut Pdt Tunari.

    Pnt dr Richard Sualang saat                                menyampaikan ucapan selamat datang          beribadah


Pnt dr Richard Sualang, yang juga Ketua P/KB GMIM Rayon Manado menyampaikan selamat datang dan selamat mengikuti ibadah bagi semua P/KB yang hadir. 

"Biarlah lewat ibadah perayaan Natal malam ini kedamaian akan selalu dirasakan sehingga makna Natal akan sama sama kita semua peroleh," ucap Wakil Walikota Manado ini.

Usai Ibadah dilanjutkan dengan sambutan yang pertama disampaikan, Pnt Maurits Mantiri. Dia mengatakan mari torang saling memaafkan satu dengan yang lain memasuki Natal ini. Selamat menyosong Natal bagi kita semua. Syaloom," ucap Mantiri.

Gubernur Sulut diwakili Assiten 1 DR Denny Mangala Msi, dalam sambutannya menyampaikan damai Natal hendaknya selalu beserta kita sekalian.

Ibadah ini dihadiri Ketua P/KB Sinode GMIM Pnt Maurits Mantiri, Ketua P/KB Rayon Manado, Pnt dr Richard Sualang, Gubernur Sulut diwakili Assiten 1 DR Denny Mangala Msi, Kepala BNN Sulut, Brigjen Pitra Ratulangi, Forkopimda, Ketua Panji Yosua Rayon Manado, Pnt Franklin Tamara dan sejumlah Ketua P/KB Wilayah dan Jemaat di Manado.

*Middle*

 Ibadah Natal Peltap Sulut, Pdt Argemiro: Lakukan Penyembahan dengan Kekaguman dan Sikap Hati pada Kristus

Ibadah Natal Peltap Sulut, Pdt Argemiro: Lakukan Penyembahan dengan Kekaguman dan Sikap Hati pada Kristus


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pengurus Pelayanan Altar Pantekosta (Peltap) GPdI Sulawesi Utara melaksanakan ibadah Natal Yesus Kristus 2023 bertempat di gedung GPdI Jl Sam Ratulangi-Boulevard Kota Manado, Rabu (20/12/2023).


Ibadah dipimpin Ketua Badan Musik Seni Kreatif (BMSK) MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Argemiro Manimpurung, S.Th, MA dengan bacaan Alkitab dalam Injil

Yohanes 4 ayat 23, "Penyembah yang sesungguhnya."


"Penyembahan kita harus didasarkan pada Kristus dan karya-Nya dengan kekaguman serta sikap hati seorang penyembah," kata Pdt Argemiro.



Lanjut, Pdt Argemiro menyampaikan seorang penyembah adalah seorang imam yang telah melalui pembenaran.


"Seorang penyembah harus sadar bahwa dia seorang imam yang harus membawah Tuhan kepada orang lain untuk dapat menikmati hadirat-Nya dalam menyembah," ucap Pdt Argemiro Manimpurung yang juga gembala sidang GPdI Pniel Titiwungan.



Ketua Peltap Sulawesi Utara Geryl Besouw dalam sambutannya, jadikan natal sebagai bahan introspeksi diri.


"Mari kita terus berbenah diri dalam pelayana altar untuk kemuliaan Tuhan dan apresiasi bagi semua pengurus Peltap dalam kegiatan ibadah natal ini," tutur Geryl.


Ucapan Terimakasih KetuaPanitia perayaan Natal Merryane Rumerung     kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik karena pertolongan Tuhan.


"Atas kehadiran dari semua pengurus pelayana Altar dan kerja sama antar seluruh panitia penyelenggara dan suport dari pengurus Peltap Sulawesi Utara di ucapkan terimakasih Tuhan Yesus memberkati kita semua dan juga Gembala GPdI Samrat Kota Manado," ungkap Merryane.


Hadir bersama dalam ibadah natal ini, Sekretaris Peltap Sulut Pdt David Wotulo dan Sekretaris Pdt Reagen Pantow, pengurus Musisi Pantekosta, jajaran pengurus komisariat Kabupaten Kota se- Sulawesi Utara Pelayana Altar Pantekosta (Peltap).


*Middle*

Selasa, 19 Desember 2023

Ibadah Natal Dinas Dikbud, Sualang Ingatkan Tenaga Pendidik Maknai Natal dengan Semangat Kerja

Ibadah Natal Dinas Dikbud, Sualang Ingatkan Tenaga Pendidik Maknai Natal dengan Semangat Kerja


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang, Ketua TP PKK Kota Manado Ny Irene Golda Angouw -Pinontoan di dampingi Kadis Dikbud Steven Tumiwa, S.Pd, M.Pd menghadiri ibadah Natal Kepala Satuan Pendidikan TK/Paud, SD dan SMP se-Kota Manado, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota, Selasa (19/12/2023).


Ibadah yang dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Efrata Paal Dua  Manado,Pendeta Erni Rumondor-Untu, M.Th.


Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang saat menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa menjadi seorang pemimpin itu kita harus memiliki kasih, baik dalam cara memimpin termasuk bagaimana menjaga dan membina orang yang kita pimipin.


“Jadi pemimpin di sekolah kita harus mengelolah sekolah. Tentu kalau soal sistem belajar mengajar semua lebih tau dan mengusai lewat bidangnya masing – masing, tanggung jawab harus di kelola dengan baik,” kata Sualang.


Selanjutnya, Wawali juga mengatakan dimana Visi dan Misi dari Pemerintah Kota Manado adalah untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Manado.


“Prgram kerja menyasar yang utamanya di bidang pendidikan. Kita harus mengimplementasikan dengan penguatan organisasi kependidikan dengan tempatkan orang-orang yang tepat di bidangnya masing-masing,” ucap Sualang.


Lebih lanjut, Wawali Sualang juga berharap akan peningkatan prestasi dari anak – anak didik.Tentu ini akan menjadi prestasi bagi Kota Manado juga. Harus memperhatikan juga kesejahteraan dari tenaga – tenaga pendidik yang ada di Kota Manado. Karena semua tidak lepas akan kerjasama dan kerja keras sebagai kepala satuan pendidikan di Kota Manado.


“Pak Walikota Manado Andrei Angouw dan saya berharap agar kepemimpinan ini harus dijaga terus, supaya ini boleh menjadi satu kesatuan yang akan menjalankan Visi dan Misi dari Pemerintah Kota Manado,” sebutnya.


Dirinya juga mengingatkan, makna natal ini memberi semangat bagi kita semua bagaimana menjalankan tugas dan fungsi kita sebagai abdi negara di bidang pendidikan.


“Semoga natal ini dan tahun baru nanti terus membawa semangat baru dan boleh menjadi tahun yang penuh berkat. Sekali lagi Pak Walikota Manado Andrei Angouw dan saya mengucapkan selamat menyambut natal Yesus Kristus 25 Desember tahun 2023 dan selamat menyongsong Tahun baru 1 Januari 2024 .Semoga Tuhan Yesus memberkati kita semua,” tutupnya.


Ibadah natal dihadiri oleh Staf Dinas Pendidikan, Kepala-kepala sekolah dan guru TK/Paud, SD dan SMP se-Kota Manado dan undangan lainnya.

*Middle*


Senin, 18 Desember 2023

Ganjar Pranowo Unggul Hasil Jajak Pendapat Terbaru Pilpres 2024

Ganjar Pranowo Unggul Hasil Jajak Pendapat Terbaru Pilpres 2024


MANADO, CARIKABAR.ID
- Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo unggul dalam jajak pendapat terbaru Pilpres Indonesia 2024 yang digelar lembaga riset internasional Roy Morgan. Perolehan suara Ganjar Pranowo mencapai 38 persen.


Perwakilan Tim Pemenangan Ganjar - Mahfud Sulawesi Utara, Astrid Kumentas memandang positif hasil dari survei Roy Morgan tersebut. Sebutnya, track record Roy Morgan sebagai lembaga research no. 1 di Australia tidak perlu diragukan lagi. 


"Melihat kredibilitas dan track record Roy Morgan sebagai lembaga research no. 1 di Australia yang mampu menjaga reputasi dan independensi riset nya selama 80 tahun terakhir, tentu hasil dari survey terkait elektabilitas Ganjar-Mahfud ini sebagai panduan dan penambah semangat untuk terus bergerak mengawal dan memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 ini berjalan jujur dan adil", kata Kumentas, saat dihubungi pada Senin (18/12/2023) . 


Bagi Kumentas mengharapkan, lembaga survei di tingkat nasional bisa menjaga integritas dalam iklim demokrasi di Indonesia. 


"Diskrepansi hasil antara Roy Morgan dan beberapa lembaga riset lokal tidak hanya mencerminkan popularitas Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang unggul, tetapi juga menyoroti tantangan dan tanggung jawab masyarakat dalam menjaga integritas dan kejujuran dalam proses demokrasi di Indonesia," sebut Kumentas. 

Namun begitu, Kumentas meyakini lepas dari hasil semua lembaga survei  tersebut, untuk terus bergerak ke masyarakat, pasangan Calon Presiden Ganjar - Mahfud bisa meraih kemenangan. 

"Dari hasil survey yang memprediksi kemenangan Ganjar-Mahfud, kami tentu tetap berpedoman bahwa kunci kemenangan adalah dengan terus bergerak kebawah turun langsung menyapa rakyat serta menyiapkan para saksi yang mumpuni untuk mengawal suara di TPS nanti, " ucap Wakil Ketua Relawan Perempuan Ganjar - Mahfud Sulut. 

Lanjut Kumentas optimis, dengan mengerahkan ribuan saksi saat pemilu nanti, suara Ganjar - Mahfud di provinsi Sulawesi Utara bisa mengalahkan pasangan capres lainnya. 


"Di kota Manado saat ini ada 2742 orang saksi saksi TPS tengah digembleng dalam pelatiham khusus untuk penguatan ideologi dan teknis kepemiluan. Sementara para kader, simpatisan dan relawan terus bergerak. Kami optimis Ganjar Mahfud akan menang spektakuler dan Sulawesi Utara khususnya Kota Manado akan berkontribusi besar dalam memenangkan Ganjar Mahfud, " kunci Kumentas.


Diketahui, Roy Morgan Poll, lembaga riset asal Australia yang sudah berdiri selama 80 tahun, merilis survei yang hasilnya bisa dibilang berbeda dengan kebanyak lembaga survei di Indonesia. Survei yang diunggah di laman resminya, Roy Morgan Poll merilis hasil risetnya yang menempatkan elektabilitas Ganjar Pranowo unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan.

Prabowo Subianto menempati urutan kedua dengan 30 persen sementara Anies Rasyid Baswedan di posisi bontot dengan 25 persen.

"Ganjar mencalonkan diri bersama Menko Polhukam Mahfud MD, Anies mencalonkan diri bersama Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, dan yang paling menarik, Prabowo mencalonkan diri bersama Gibran Rakabuming, Wali Kota Surakarta dan putra Presiden Jokowi saat ini," ujar Chief Executive Officer Roy Morgan Poll, Michele Levine lewat keterangannya.

Pada medio Desember 2022, Ganjar yang teratas dengan elektabilitas sebesar 27 persen. Prabowo dan Anies memiliki angka yang sama dengan 17 persen, sedangkan 39 persennya menyatakan "yang lain (others)".

Selanjutnya pada Maret 2023, mantan gubernur Jawa Tengah itu masih yang teratas dengan angka 28 persen. Di bawahnya adalah Prabowo (17 persen) dan Anies (15 persen). Namun yang menyatakan "yang lainnya" adalah 40 persen.

Lalu pada Juni 2023 terdapat sejumlah perubahan angka dan posisi. Ganjar (29 persen), Anies (19 persen), dan Prabowo (17 persen). Kendati demikian, angka yang menyatakan "yang lainnya" menurun, menjadi 35 persen.

Terakhir pada September 2023, calon presiden (capres) nomor urut 3 itu tetap yang teratas dengan 38 persen. Prabowo (30 persen) dan Anies (25 persen). Pada bulan ini, hanya 7 persen yang menyatakan "yang lainnya".

"Hasil jajak pendapat yang dilakukan Roy Morgan menunjukkan bahwa kebijakan Presiden Joko Widodo saat ini akan dilanjutkan dan partainya, PDIP, akan menjadi pemenang besar pada pemilu tahun depan," ujar Michele Levine.

Roy Morgan Poll melakukan survei pada April hingga Juni 2023 dengan jumlah responden sebanyak 2.635 orang. Sedangkan pada Juli sampai September 2023 dengan 2.630 orang. Responden merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia 17 tahun ke atas.

Wawancara tatap muka dilakukan di 17 provinsi dan memastikan sampel yang dipilih telah mewakili secara geografis dan demografis. Pertanyaan yang diajukan kepada responden adalah, "Saya akan menunjukkan kepada Anda daftar calon presiden dan wakil presiden. Manakah yang paling mungkin Anda pilih sebagai presiden dan wakil presiden pada pemilu mendatang?".

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyindir hasil sejumlah lembaga survei di Indonesia yang cenderung digunakan untuk memenangkan sosok tertentu. Namun lembaga riset dari Australia, Roy Morgan Poll yang justru menunjukkan, Ganjar Pranowo unggul dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan.


"Kita lihat survei bisa menjadi alat pemenangan dari begitu banyak lembaga survei itu kan cenderung memenangkan pihak tertentu," ujar Hasto usai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (Pijar), di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (16/12/2023) lalu.

"Sehingga dengan Roy Morgan ini memberikan opsi bahwa memang ada survei-survei yang dilaksanakan dengan metodologi yang benar, tetapi hasilnya ternyata berbeda jauh dengan apa yang selama ini mencoba dibangun," sambungnya.

*Red*

Kamis, 14 Desember 2023

Wali Kota Andrei Angouw Hadiri Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Pemkot Manado

Wali Kota Andrei Angouw Hadiri Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III dan Golongan II di Aula BPKSDM Kota Manado, Jumat (15/12/2023).


Wali Kota dalam sambutannya, mengapresiasi kepada BKPSDM Sulut yang telah berkenan memberikan pelatihan pada kegiatan ini. 


"Ini adalah keseriusan kita untuk mengembangkan diri, meningkatkan keahlian kita dalam melayani masyarakat Kota Manado," kata Wali Kota. 


Selanjutnya, Wali Kota berharap kepada peserta agar menjadi ahli dibidang masing-masing dan meminta untuk fokus dalam kinerja demi kepentingan masyarakat. 


"Ini merupakan pendidikan formal yang harus kita terapkan ditengah pekerjaan dan ditengah masyarakat," ucap Wali Kota. 


Lebih dalam, Wali Kota juga meminta agar dalam mengembangkan diri bisa juga membaca buku-buku yang berkenaan dengan pengembangan diri.


"Sudara-saudara akan menjadi panutan ditengah masyarakat, sehingga anda harus memberikan contoh, misalnya soal menjaga kebersihan, soal membuang sampah dll. Ini kepemimpinan yang harus menjadi contoh ditengah masyarakat," harap Wali Kota.


Kepada CPNS yang mengikuti pelatihan ini, Wali Kota mengingatkan soal bagaimana mengatur keuangan dan jangan sampai terjebak pada pinjaman Bank atau mengutang.


"Bedakan kebutuhan dan keinginan, soal kebutuhan pembiayaan yang sudah difasilitasi pemerintah seperti soal Kebutuhan Kesehatan lewat BPJS. Jadi harus belajar dari sekarang untuk mendisiplinkan diri. Jangan besar pasak dari pada tiang," sentil Wali Kota. 


Bagi Wali Kota, kita harus berinovasi, kerja efisien dan bertanya pada diri kita soal apa nilai tambah daripada perkerjaan yang kita lakukan sehari-hari. 


"Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitan dengan pekerjaan para peserta diklat. Misalnya soal pekerjaan dibidang Kesejatan bagi para dokter, perawat dan petugas kesehatan yang bisa berdampak buruk jika kita salah melaksanakan pekerjaan, tutur Walikota.


Hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan BKPSDM Provinsi Sulut ini, Kepala BKPSDM Kota Manado, Donal Supit S.H.,M.H, Sekretaris serta jajaran pimpinan BKPSDM Manado, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Manado Gladly Taliawo S.IP, serta para peserta yang terdiri dari pejabat pengawas, pejabat fungsional dan para CPNS yang memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan ini. Setelah acara pembukaan disampaikan laporan pelaksanaan kegiatan.


*Middle*

Andrew Ignasius Palit Hadiri Undangan Ibadah Natal GPdI Rhema Paniki Dua

Andrew Ignasius Palit Hadiri Undangan Ibadah Natal GPdI Rhema Paniki Dua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua UMKM Kota Manado Andrew Ignasius Palit dan Edbert Mirah menghadiri ibadah Natal Jemaat GPdI Rhema Paniki Dua, Wilayah Vll Mapanget Satu, Kota Manado, Kamis (14/12/2023) malam.


Ibadah dipimpin Sekretaris Majelis Wilayah Vll Mapanget Satu Pdt Ambeosius Lomban, S.Th dengan mengambil dasar khotbahnya pada bacaan Alkitab dalam Matius 2 ayat 10, 'Sukacita Natal.'


Andrew Palit dalam sambutannya mengatakan, Natal merupakan cara umat manusia mengerti akan kasih dari Tuhan bagi umatnya.


"Ada mungkin yang sedang merayakan natal dalam kondisi saki atau di saat ujian hidup dengan masalah namun bagi saya kita harus bersukacita dalam merayakan natal ini," kata Staf khusus Walikota Manado.


    Foto, Andrew Ignatius Palit di apit Pdt Dr          Fahrenheit Sualang, M.Th dan Edbert              Mirah


Lebih dalam, dikatakan Andrew Palit sesulit apapun keadaan kita menghadapi natal, maka kita harus melihat sudut pandang kasih Tuhan.


"Bagi saya hal yang terpenting adalah iman, pengharapan dan kasih sebagai mana tema dari perayaan natal ini," ucap Andrew.


Diakhir sambutannya, Andre Palit yang juga Caleg DPRD Kota Manado Dapil Singkil-Mapanget menyampaikan selamat merayakan Natal 25 Desember 2023 dan menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2024.


"Semoga natal membawa damai, kasih dan sukacita bagi hadirin sekalian baik gembala dan seluruh jemaat GPdI Rhema Paniki Dua, Tuhan Yesus memberkati," sebut Andrew.


Hadir dalam acara ini, Edbert Mirah, Pengurus Wilayah Vll Mapanget Satu masing-masing Ketua Pdt Denny Momongan, MA, M.Th, Sekretaris Pdt Ambrosius Lomban, S.Th dan Gembala-Gembala se-Wilayah Vll, Ketua-ketua Lingkungan Kelurahan Paniki Dua serta undangan lainnya.


*Middle*

Selasa, 12 Desember 2023

Jemaat GPdI Winangun Gelar Ibadah Natal dan HUT ke-4 Penggembalaan Pdt Edvarsen Mamahani

Jemaat GPdI Winangun Gelar Ibadah Natal dan HUT ke-4 Penggembalaan Pdt Edvarsen Mamahani


MANADO, CARIKABAR.ID
- Jemaat GPdI Winangun Manado penggembalaan Pdt Edvarsen Mamahani menggelar ibadah perayaan Natal Yesus Kristus 2023, Selasa (12/12/2023) malam.


Khotbah pada ibadah tersebut di pimpin Ketua Harian Sekolah Alkitab Beji Batu-Malang Pdt Daniel Rahardjo, S.Th, dengan bacaan Alkitab dalam Lukas 1 ayat 25, 'Aib dihilangkan.'


    Pemasangan Lilin HUT ke-4                                Penggembalaan Pdt Edvarsen Mamahani        bersama Istri di dampingi Majelis Jemaat 


Pdt Rahardjo mengingatkan, pentingnya orang percaya untuk menghasilkan buah-buah pertobatan, buah Roh Kudus, pelayanan, jiwa-jiwa yang dimenangkan.


"Natal adalah berbuah, seperti dalam injil Lukas 2 ayat 26 sampai 40, jadilah padaku menurut kehendak Mu. Kalau kita berbuah maka akan ada janji dari Tuhan bagi kita orang percaya," kata Pdt Daniel.


   Foto bersama Panitia Pelaksana


Acara itu juga di rangkaikan HUT ke-4 penggembalan Pdt Edvarsen Mamahani bersama istri, dalam kesaksiannya, mengucap syukur kepada Tuhan yang terus menolong dalam tugas pelayanan penggembalan.


"Semua dapat di jalani dalam tugas pelayani ini karena topangan pelayan-pelayan dan jemaat serta dukungan  penuh dari istri dan anak kami," ungkap Pdt Edvarsen.


Sambutan tunggal, disampaikan Pdt Frans Wuysan mengatakan bagaimana kita harus berbicara untuk menghasilkan buah.


"Dalam pelaksanaan ibadah natal hari-hari ini, hendaknya kita harus menghasilkan buah bagi kemuliaan Tuhan," ucap Pdt Wuysan.


Ucapan terimakasih, Ketua Panitia Yuliana Lumentut mengucap syukur buat penyertaan Tuhan sehingga acara ini dapat terselenggara.


"Tentunya semuanya ini berkat topangan dan kerja sama yang baik semua panitia serta topangan gembala dan majelis jemaat serta seluruh jemaat," sebut Ibu Yuliana.



*Middle*

GPdI Eklesia Langowan Rayakan HUT ke-33 dan Ibadah Natal 2023

GPdI Eklesia Langowan Rayakan HUT ke-33 dan Ibadah Natal 2023


LANGOWAN, CARIKABAR.ID
- Jemaat GPdI Eklesia Langowan penggembalaan Pdt Rein Wotulo, S.Th bersama istri Pdt Debby Runtuwene, menggelar acara ibadah Syukuran HUT ke-33 dan perayaan Natal Yesus Kristus 2023, Selasa (12/12/2023) siang.


Ibadah di pimpin Pdt Daniel Raharjo dengan dasar khotbah pada bacaan Alkitab dalam 1 Tawarik 14 ayat 11,' seperti air.'


    Persembahan pujian dari gembala dan            jemaat GPdI Eklesia Langowan


Dalam khotbahnya Pdt Daniel Raharjo mengatakan, Air melambangkan Firman Allah yang membersihkan hidup kita seperti yang yang Tuhan mau.


"Air melambangkan pengetahuan tentang Alllah, jadilah anak Tuhan yang makin mengerti kehendak Tuhan," kata Pdt Daniel.



Selanjutnya, Sekretaris Jemaat  Max Laluyan, S.Pd membacakan riwayat berdirinya gereja GPdI Eklesia Langowan.


Semaraknya acara ketika di tandai dengan pemasangan 


    Pujian dari Vokal grup Pelaht Sulut


MD GPdI Sulut dalam sambutan yang disampaikan Pdt Erwin Sumilat, M.Th menyampaikan, Perayaan Natal dan Syukuran HUT jemaat dapat berdampak bagi orang lain.


"Hendaknya api Kristus terus menyala di jemaat GPdI Eklesia Langowan, pergerakan pelayanan dapat berdampak bagi kamajuan pelayanan untuk kemuliaan Tuhan," ucap Pdt Sumilat.


Sambutan Pemerintah Kabupaten Minahasa dibacakan Kadis Pariwisata Pdt Dr Drs Dolfie Kuron, MBA, M.Th mengingatkan momentum Natal yang membawa damai sejahtera bagi umat kristen.


"Perayaan Natal mengingatkan kita tentang saling mengasihi dan mewartakan kebaikan, peristiwa natal ini dan perayaan ulang tahun jemaat untuk memupuk kebersamaan dan mempererat persahabatan sesama manusia," sebut Kadis Dolfie Kuron.


Ucapan terima kasih oleh Ketua Panitia Pdt Michael Sumigar, S.Th mengucap syukur kepada Tuhan sehingga acara ibadah syukur HUT jemaat dan ibadah Natal dapat diselenggarakan dengan baik.


Hadir dalam kegiatan ibadah ini, Kadis Pariwisata Kabupaten Minahasa, Camat Langowan Selatan, Kapolsek Langowan, Hukum Tua Desa Koyawas, Pengurus MD GPdI Sulut dan KD Pelwap, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Novita Rewah dan undangan lainnya.


*Middle*

Jumat, 01 Desember 2023

STA Ginosko Airmadidi Lepas 10 Wisudawan Magister Teologi S2 (M.Th)

STA Ginosko Airmadidi Lepas 10 Wisudawan Magister Teologi S2 (M.Th)


ARMADIDI/MINUT, CARIKABAR.ID
- Sekolah Tinggi Alkitab (STA) Ginosko Airmadidi melaksanakan kegiatan acara Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Studi S2 Magister Teologi (M.Th) bertempat di Aula STA Ginosko, Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu (02/12/2023).


Acara di awali ibadah yang dipimpin Ketua STA Ginosko Pdt Dr Johanes F Kaawoan, M.Th dengan mengambil dasar Khotbah dalam Yohanes 21 ayat 16, 'Tanggung jawab pelayanan.'


"Pentingnya tanggung jawab pelayanan bagi wisudawan-wisudawi untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," kata Pdt Kaawoan.


Selanjutnya, Orasi Ilmia Kepala Depatemen Pendidikan dan Pengajaran (Depdikjar) Majelis Pusat GPdI Pdt Dr Jantje Robert Makal, M.Th, M.Th. mengulas perkembangan dunia pendidikan di era kemajuan teknologi untuk dimbagi lembaga pendidika teologi.


"Kita harus mampuh bersaing di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi khusunya di bidang pendidikan kristen," terang Pdt Makal.


Sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara Pdt EM Cynthia Sepang, S.Pak, M.Si mengajak Civitas Akademi STA Ginosko untuk terus berbenah untuk kemajuan pendidikan.


"Banyak selamat bagi para wisudawan dan buktikan lewat pikiran serta mutu dalam tugas pelayanan, selanjutnya haran kiranya STA Ginosko akan lebih menunjukan kualitas pendidika," harap Pdt Sepang.


Sambutan Pembina Yayasan Johanes Kaawoan, Pdt Dr David Araro, M.Th mengatakan, Iman dan Pengetahuan mengandung metode Holostik,


"Dalam kekristenan bukan sekedar mengetahui tapi juga harus mengajar,  pembelajaran kristen bukan sekedar ada murid tetapi guru, dimana ada iteraksi antara mudir, guru dan Tuhan," ucap Pdt Araro.


Dosen Pasca Sarjana, Pdt Dr R. Hendri Simamora, MA, M.Th dalam sambutannya mengingatkan peristiwa hari ini adalah atas arahan dari Ketua STA Ginosko, tentunya ada kisah dalam persiapan sebelum wisuda, hal penting yang di pastikan bahwa tidak ada tesis dari mahasiswa adalah murni hasil karya sendiri.


"Kami bangga dengan hasil penelitian yang di hasilkan para wisudawan, meski mungkin masih ada yang kurang, namun dipastikan semua tesis itu hasil sendiri bukan milik orang lain," terang Simamora.


Kesan dan pesan wisudawan Pdm Meita Senduk, M.Th menyatakan hasil tidak akan menghianati proses.


"Kesan yang mengharukan wisudawan ketika masa-masa sulit di akhir dalam menyelesaikan tugas, namun semua dapat di lalui atas pertolongan Tuhan," tutur Pdm Meita.


Sebagaiman di ketahui para wisudawan yang di yang berhak menyandang Master Teologi (M.Th) sebanyak 10 orang.


Ucapan terima kasih Kaprodi PAK Pdt  Hernny Tanod, M.Th, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini.


*Middle*