Rabu, 31 Januari 2024

Besok, Hajatan Rakyat Sulut, Wawali Sualang Minta Maaf Soal Kemacetan

Besok, Hajatan Rakyat Sulut, Wawali Sualang Minta Maaf Soal Kemacetan


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang menyampaikan memohon maaf kepada masyarakat pengguna jalan yang terkena imbas kemacetan saat pelaksanaan kegiatan Hajatan Rakyat Sulawesi Utara di Lapangan KONI Sario Manado, yang akan dilaksanakan Kamis (01/02/2024) besok.


Pemerintah diketahui terpaksa harus menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan untuk mengurangi kemacetan.


"Atas nama pemerintah Kota Manado, kami  memohon maaf kepada seluruh masyarakat yang melintas di lokasi pelaksanaan Hajatan Rakyat di Lapangan KONI Sario. Tentunya acara ini akan berdampak pada kemacetan dan ketidaknyamanan masyarakat yang akan melintas di lokasi tersebut," ujar Sualang, pada Rabu (31/01/2024). 


Sualang menyebutkan, pemerintah lewat Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Manado akan bekerja maksimal untuk bisa mengurai kemacetan. 


"Tentunya pemerintah akan bekerja maksimal untuk mengurangi kemacetan. Dinas LLAJ Manado akan kami kerahkan untuk bagaimana meminimalisir kemacetan, dengan melakukan rekayasa lalu lintas di seputaran pelaksanaan acara," ujar Sualang. 


Sebagai informasi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado, Jeffry Worang menjelaskan secara teknis alur rekayasa lalu lintas yang akan digunakan dalam acara tersebut. Pihaknya menyediakan parkir khusus VIP dan VVIP di seputaran Lapangan KONI dan kantor DPRD Manado.


"Untuk mengurangi kemacetan, kami menyediakan parkir khusus VIP dan VVIP di parkiran Lapangan KONI dan kantor DPRD Manado. Area parkir dari arah Minsel dan Bolmong, Tomohon, Minahasa kami sediakan tempat parkir di MCC, Taman Berkat, MPP, Mantos, dan kawasan Megamas," ucapa Worang. 


Dia mengajak kepada masyarakat yang akan menghadiri acara Hajatan Rakyat di KONI Sario untuk bisa mematuhi peraturan lalu lintas. 


"Kami sangat harapkan dukungan dan peran serta masyarakat yang akan datang ke acara ini agar selalu mematuhi dan menaati aturan berlalu lintas, jangan parkir kendaraan sembarangan parkirlah kendaraan ditempat yang telah disediakan," kata Worang. 


Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Manado Jeffry Polii mengatakan, pelaksanaan acara Hajatan Rakyat ini akan dimulai pada pukul 09.00 pagi, yang akan dimeriahkan sejumlah artis nasional seperti SLANK dan Once. 


"Kami memperkirakan sekitar 35 sampai 40 ribuan massa pendukung Ganjar Mahfud akan hadir pada Hajatan Rakyat esok," sebut Polii, yang menjadi bagian panitia pelaksana.


*Middle*


Selasa, 30 Januari 2024

Kini Kota Manado Kembali Raih Penghargaan Kota Toleransi se-Indonesia

Kini Kota Manado Kembali Raih Penghargaan Kota Toleransi se-Indonesia


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kota Manado kembali meraih penghargaan kota paling toleran se-Indonesia pada posisi ke 4 berdasarkan dari hasil penilaian indeks kota toleran yang dilaksanakan oleh Setara Institute.


Setara institut adalah organisasi perkumpulan yang didirikan dengan tujuan mewujudkan masyarakat setara plural dan bermartabat.


Hal itu, berdasarkan hasil kajian dan study kota toleran Setara Institut 2023, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara memperoleh peringkat 4 dengan nilai 6.400. Hal tersebut berubah jauh dibanding tahun 2022, untuk Kota Manado berada pada urutan peringk

Terdapat 10 kota dengan skor tertinggi yaitu Singkawang, Bekasi, Salatiga, Manado, Semarang, Magelang, Kediri, Sukabumi, Kupang dan Surakarta .


Pada studi IKT 2023 juga ada terdapat 10 kota dengan skor toleransi terendah yakni, Depok, Cilegon, Banda Aceh, Padang, Lhokseumawe, Mataram, Pekanbaru, Palembang dan Bandar Lampung.


Penghargaan untuk Kota Manado diserahkan kepada Walikota dan Wakil Walikota diwakili langsung, Kaban Kesbangpol, Meiske Conny Lantu, turut hadir di kesempatan Itu Ketua FKUB Kota Manado Pdt. Janny Lompoliu dan ketua BKSAUA Pdt. Juddy Tunari, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, pada Selasa, (30/01/2024).


    Foto, Penyerahan penghargaan


Sekretaris Kota Manado, Dr Micler Lakat, SH MH merasa bangga atas pencapaian Kota Manado yang masuk dalam 5 besar kota toleran.


“Banyak selamat dan sukses untuk Kota Manado yang masuk 5 besar, sebagai ranking 4 kota toleransi di Indonesia tahun 2023, yang penghargaannya baru diterima tadi sore di Jakarta,” ungkap Sekot Lakat.


Dikatakan Lakat, prestasi tersebut tidak lepas dari sinergitas yang tercipta di dalam pemerintahan Kota Manado.


“Terima kasih atas sinergitas dan kerjasamanya para dinas terkait, FKUB, BKSAUA, dan tentunya seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Kota Manado. Sehingga kita dari peringkat 8 tahun sebelumnya, dan tahun kemaren tahun 2023 kita masuk 5 Besar Indeks Kota Toleran di Indonesia dengan ranking 4,” terang Lakat.


Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Juddy Tunari menjelaskan, Setara Institute yang didirikan dengan tujuan mewujudkan masyarakat setara plural dan bermartabat.


“Indeks kota toleran yg disusun SETARA ini telah memasuki tahun ke 7 sejak dirilis tahun 2015. Indeks Kota Toleran (IKT) adalah studi pengukuran kinerja kota meliputi pemerintah kota dan elemen masyarakat dalam mengelola keberagaman, toleransi dan inklusi sosial. Pengukuran IKT mengombinasikan paradigma hak konstitusional warga sebagai jaminan konstitusi, hak asasi manusia sesuai standar hukum HAM international dan tata kelola pemerintahan yg inklusif,” terang Tunari.


Dia juga mengapresiasi setiap kebijakan dan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Manado, dibawah pimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang.


“Objek kajian IKT adalah 94 kota dari total 98 kota di indonesia. Dan Kota Manado mendapat penghargaan Kota yang paling toleran ke 4 di Indonesia tahun 2023. Dan ini tidak lepas dari inovasi dan terobosan bahkan kebijakan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang dalam kerja sinergitas bersama dangan para tokoh agama, FKUB dan BKSAUA tapi juga tokoh tokoh masyarakat dan semua lembaga sosial yang mencintai kerukunan dan toleransi,” kata Tunari.


Ini ranking dan hasil penilaian dirilis Setara Institut kota paling toleran di Indonesia tahun 2023, berdasarkan peringkat :

1. Kota Singkawang nilai 6.500
2. Kota Bekasi nilai 6.460
3. Kota Salatiga nilai 6.450
4.Kota Manado nilai 6.400.
5.Kota Semarang nilai 6 230
6 Kota Magelang 6.220
7.Kota Kediri 6.073
8.Kota Sukabumi 5.997
9. Kota Kupang 5.953 

10.Kota Surakarta 5.800

*Middle*


Walikota Manado Beberkan Optimalisasi Call Center 112 di Acara Podcast RRI Manado

Walikota Manado Beberkan Optimalisasi Call Center 112 di Acara Podcast RRI Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw hadir di RRI Manado untuk mengisi acara Podcast di Forum Kawanua yang dipandu oleh Stevie Kolibu terkait Optimalisasi Call Center 112 di Pemerintah Kota Manado. Selasa (30/01/2024).


Wali Kota Manado di dampingi  Kadis Kominfo Rein Heydemans mengatakan, call center 112 ini adalah untuk membangun komunikasi dengan warga. 


"Jadi kita berharap bisa berkomunikasi dengan masyarakat dan bisa menerima keluhan warga yang sifatnya emergency seperti kebakaran, gangguan kamtibmas, gangguan listrik, gangguan air bisa dilaporkan ke 112,"  jelas Wali Kota.


Alurnya adalah ke komen center dan pelayanan ini juga bisa dikoordinasikan dengan ketua-ketua lingkungan. Ketika ditanya Soal pembiayaan ke 112, Wali Kota mengatakan free atau gratis dan bebas pulsa.


"Personil  Call Centre 112 di Manado adalah para personilnya adalah profesional yang dilatih untuk operasionalisasi dari call centre itu sendiri," kata Walikota.


Bagi Wali Kota, Call Center 112 Kota Manado berkerjasama dengan berbagai pihak, seperti Polres, PLN, BPN, BPJS  Perbankan dll.


"Khusus Polres dan PLN mendapat apresiasi dari Pemkot karena responsif yang cukup tinggi dalam kaitan operasionalisasi Call Center 112," ucap Walikota Angouw.


Diingatkannya juga, kalau bukan hal penting atau emergency tidak perlu ke 112 tapi bisa dikomunikasikan ke Ketua-Ketua Lingkungan tapi juga pelayanan ambulance sering dilakukan lewat call centre 112 dan ini pelayanan kesehatan yang emergency, menurut Wali Kota.


"Dalam acara ini dibuka layanan dialog dengan warga. Pengembangan kedepan untuk call centre 112 adalah laporan yang bisa langsung ke Whatsapp jika terkendala lewat telepon," sebut Wali Kota. 


Lebih dalam, Wali Kota juga menjelasakan, ketika menerima beberapa pertanyaan warga sehubungan dengan pemanfaatan layanan call center 112 tentang berbagai keluhan warga.


"Ketika muncul keluhan warga bisa berkoordinasi dengan Ketua Lingkungan lewat Grup WA dengan Ketua-Ketua Lingkungan setempat," ujar Angouw.


Soal musik-musik ribut, sabung ayam, Masyarakat bisa memanfaatkan dan menghubungi WA grup Ketua-Ketua Lingkungan, untuk segera ditindak-lanjuti, yakni difollow-up dan berkerjasama dengan aparat kepolisian termasuk memanfaatkan tokoh-tokoh agama agar masyarakat diberikan pembinaan. 


"Soal laporan Warga di komunikasikan ke Ketua Lingkungan nanti akan dikoordinasikan ke tingkat kecamatan, tingkat SKPD/Dinas-Dinas hingga ke layanan informasi ke tingkat Pemerintah Kota," urai Wali Kota.


Untuk rewad and punishment kepada para pejabat dan pelaksana pemerintahan, tetap dijalankan dan diterapkan didalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.


Sebagai himbauan kepada masyarakat, Walikota berharap layanan 112 ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dan tolong gunakan layanan ini secara bertanggungjawab sebagaimana mestinya.


"Diluar 112 Wali Kota juga berharap bisa masuk dalam Whatsapp bersama Ketua-Ketua lingkungan setempat," kunci Wali Kota.


Diketahui, diakhir kegiatan itu juga, selesai mengisi acara, Wali Kota menerima penghargaan dari RRI Manado.


*Middle*

Senin, 29 Januari 2024

KPU Manado Bantah Tudingan Potong Upah KPPS

KPU Manado Bantah Tudingan Potong Upah KPPS


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado memastikan pembayaran upah KPPS sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan.

Ketua KPU Manado, Ferley B Kaparang SH MH didampingi salah satu Komisioner Ramly Pateda SH mengatakan, pembayaran upah ke anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu setelah ikut Bimbingan Teknis (Bimtek), dilakukan secara non-tunai sesuai petunjuk teknis (juknis).


“Seluruh pembayaran itu secara non-tunai jadi, dilakukan saat hari kerja, mengingat menyesuaikan dengan KPPN,” sebut Kaparang, Senin (29/01/2024).


Hal ini ditegaskan Kaparang, sekaligus membantah tudingan salah satu akun media sosial (medsos) yang menyebut KPU Manado melakukan pemotongan dan diketahui sudah menyebar luas di jaringan medsos padahal yang sebenarnya tidak demikian.


Lanjut kata Kaparang, akun itu diketahui atas nama Johanis Masalep. Dimana, dia menuliskan “KPU Kota Manado punya kerja memang benar-benar jago, selain menyusahkan penyelenggara kelurahan, sekarang potong uang duduk Bimtek KPPS, belum tanggal 14 Februari sudah banyak blunder, waduh,” tulis akun tersebut.


Berdasarkan hal itu, Pengacara muda ini menyampaikan, oknum tersebut kurang memiliki keakuratan data sehingga asalan menuliskannya karena itu bisa berdampak bagi kerja-kerja KPPS.


“Sangat disayangkan dan kami menguatirkan apa yang ditulis itu akan mempengaruhi KPPS dan membuat mereka mundur dan tak mau melaksanakan tugas pada 14 Februari nanti, padahal jadwal dan agenda KPU tak lagi berjalan tapi sudah jauh berlari,” tutur Kaparang.


Ia pun menyebut, pembayaran belum dilakukan hingga 29 Januari jadi sangat tidak beralasan jika sudah ada pemotongan.


"KPU Manado secara resmi tak pernah mengeluarkan pernyataan dalam bentuk edaran ke penyelenggara adhoc tentang pemotongan pembayaran," ucap Kaparang.


Ditegaskan Kaparang, sebaiknya yang bersangkutan segera melakukan klarifikasi dalam waktu satu kali 24 jam, sebab ini bagian dari fitnah ke KPU Manado.


"Jika tidak akan kami proses secara hukum, pelacakan terhadap pemilik akun tersebut sudah berjalan, meski penuding itu sudah terhapus dari medsos,” tegasnya.

*Redaksi*

Memastikan Sarana Infrastruktur, Wali Kota Manado Kunjungi Pasar Tematik Tongkaina

Memastikan Sarana Infrastruktur, Wali Kota Manado Kunjungi Pasar Tematik Tongkaina


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi Tongkaina, tepatnya di Kompleks Pasar Tematik, dalam rangka melihat sarana infrastruktur yang sedang dibangun dalam kaitan dengan pengembangan UMKM. Senin (29/01/2024) siang.


Wali Kota langsung disambut Kadis Perdagangan Hendrik Waroka, pejabat teknis serta pelaksana program dan kegiatan di lokasi. 


Selanjutnya, Walikota melihat alat-alat dan mesin untuk Program Pengembangan UMKM, sambil bertanya hal-hal penting berkaitan dengan program ini termasuk bagaimana mengoperasionalkan alat dan mesin tersebut. 


"Disini tersedia Mesin Jahit berbagai model dan tipe seperti termasuk mesin pasang kancing, mesin lobang kancing, mesin Obras, Sablon, Printing, Bording dll," kata Walikota. 


Untuk mesin berbagai model dan tipe ini sudah bisa membuat kaus dan kemeja sendiri dan tentunya akan lebih murah biayanya termasuk harga jualnya.


"Harus dilakukan pelatihan penggunaan alat-alat ini dan harus orang-orang yang tepat sasaran," sebut Angouw. 


Bagi Wali Kota bagaimana alat-alat ini harus termanfaatkan.


"Artinya yang akan memanfaatkan mesin-mesin adalah mereka-mereka yang sudah paham, sehingga mesin dan alat-alat ini bisa terjaga dengan baik," tambah Walikota.


Sementara itu, Kepada Kadis Perdagangan, Wali kota berharap menyiapkan sistem dalam rangka pengoperasionalan alat dan mesin, program training dan pelatihan serta program pengembangan UMKM.


*Middle*

Minggu, 28 Januari 2024

Pengamat Politik, Cuma PDIP Berani Kampanye Terbuka Umum

Pengamat Politik, Cuma PDIP Berani Kampanye Terbuka Umum


MANADO, CARIKABAR.ID
- Hanya Pantai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berani menggelar kampanye umum terbuka per Dapil di Kota Manado, jelang Pemilihan Umum tanggal 14 Februari 2024.


Hingga Sabtu 27 Januari, sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilahkan semua partai politik peserta Pemilu untuk melaksanakan kampanye terbuka di Kota Manado, baru PDI Perjuangan (PDIP) Kota Manado yang berani menggelar kampanye umum terbuka per Dapil. Sementara partai lain terlihat belum menunjukan tanda tanda bakal melaksanakan kampanye.


Pengamat Politik Manado Frederik Kaparang, SIp, saat diminta tanggap mengatakan, harusnya para kontestan pemilu memanfaatkan sebaik-baiknya saat waktu masa kampanye. 


"Kampanye hanya 75 hari dan pelaksanaan sudah dimulai pada 28 November 2003 dan berakhir 10 Februari 2024. Tapi banyak peserta yang belum memanfaatkan," kata Kaparang.


Menurutnya, jika saat ini di Manado baru PDIP yang berani kampanye umum secara terbuka bukanlah suatu yang mengagetkan karena memang infrastruktur partai ini sangat kuat dan mengakar. 


"Memang, PDIP punya pengurus dari pusat hingga di lingkungan yang namanya anak ranting, dan semuanya aktif," papar Kaparang.


Diapun membeberkan beberapa alasan sehingga ada parpol yang belum berani kampanye terbuka, salah satunya ialah finansial. 


"Kegiatan kampanye itu biayanya mahal, karena peserta kampanye harus dimobilisasi dan biasanya menggunakan transportasi motor dan mobil, itu ada konsekuensi biaya. Belum lagi konsumsi makan dan minum usai kampanye belum lagi atribut masing masing Caleg semua ada biayanya," sebut Kaparang.


Jika PDI Perjuangan Manado berani melaksanakan kampanye, Kaparang menilai selain partai ini sangat siap itu juga dikarenakan Caleg yang diusung PDI Perjuangan hampir semua mempunyai finansial yang mumpuni. 


"Sistem perekrutan caleg di PDIP itu seleksinya berjalan baik, kalau partai lain yang penting semua nomor urut terisi tak peduli latar belakang caleg tersebut, tapi kalau PDIP mekanismenya agak ketat, selain punya track record baik di masyarakat cost politik itu juga jadi salah satu pertimbangan. Makanya jangan heran jika kampanye umum per dapil bisa mereka lakukan. Saya pikir PDIP di Manado memang partai paling siap tempur saat ini," sebutnya.


Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado dr Richard Sualang, saat dikonfirmasi menyatakan kesiapan serta keseriusan partainya menghadapi Pemilu 2024 ini bisa dilihat dari antusiasnya kader dan simpatisan partai selama mengikuti kampanye di 5 Dapil yang baru dilaksanakan. 


"Kalau ukuran kesiapan, mungkin bisa anda lihat. PDI Perjuangan saat ini bisa dibilang yang paling siap di Kota Manado. Alasan kongkritnya itu kami boleh melaksanakan kampanye terbuka di 5 Dapil yang setiap kampanye ribuan pendukung hadir. Kami mendapat info dan sesuai data hingga hari ini baru PDI Perjuangan yang mampu melakukan kampanye umum terbuka, inikan sesuai data di lapangan," sebut Sualang.


Sehingga jika dilihat dari data tersebut, Wakil Walikota Manado ini meyakini PDI Perjuangan masih akan tetap dipercaya masyarakat di Kota Manado untuk terus melanjutkan kepemimpinan.


"Kenapa harus memilih PDI Perjuangan?  beberapa alasan, diantaranya karena PDI Perjuangan menegakkan Pancasila dan selalu membela NKRI, PDI Perjuangan pun memberikan kesempatan yang sama bagi para kadernya, tanpa peduli latar belakang," ucap Sualang. 


Wakil Walikota Manado ini mencontohkan seorang Ganjar Pranowo, kader PDI Perjuangan, yang memang terlahir dari kesederhanaan, dan mampu menjadi seorang pemimpin. 


"Pak Ganjar Pranowo yang merupakan anak pensiunan polisi. Beliau anak pensiunan polisi, bukan siapa-siapa. Tapi waktu menjadi Gubernur Jateng beliau berhasil membela dan membangun masyarakat. Hal itu menunjukkan bahwa PDI Perjuangan merupakan partai yang sejak lama pro pada rakyat kecil, " tambahnya. 


Meski begitu, Ia meminta semua kader dan simpatisan jangan terlena dengan kondisi saat ini, dia meminta semua tetap harus bekerja keras di sisa beberapa minggu kedepan sebelum tahapan pencoblosan.


"Terus bergerak dengan santun, sosialisasikan semua visi dan misi Caleg dan terpenting sampaikan ke masyarakat untuk memilih Ganjar Mahfud sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden, dengan program program unggulan diantaranya Internet gratis, KTP Sakti, 1 keluarga 1 sarjana hingga setiap desa punya 1 pusat kesehatan," papar Sualang.


Sementara itu, Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut Andrei Angouw, menegaskan, PDI Perjuangan harus menang di Manado.


"Torang musti rebut mulai dari Ketua DPR RI, Ketua DPR Provinsi, Ketua DPRD Manado, Presiden, Gubernur hingga Walikota. Tujuan berpolitik itu harus menang dan berkuasa, agar supaya pembangunan tetap berjalan. Ganjar Mahfud harus menang untuk menjaga NKRI untuk torang pe anak cucu ke depan. Untuk itu saya meminta semua kader dan simpatisan tetap berkomitmen memenangkan Ganjar Mahfud dan PDI Perjuangan pada tanggal 14 Februari nanti," ajak Walikota Manado ini.


*Middle*

Kampanye PDIP Manado, Ribuan Massa Pendukung Padati Lokasi Kalimas

Kampanye PDIP Manado, Ribuan Massa Pendukung Padati Lokasi Kalimas


MANADO, CARIKABAR.ID
- DPC PDI Perjuangan Kota Manado kembali melakukan kampanye terbuka khusus Daerah pemilihan (Dapil) Wenang-Wanea, dipadati Ribuan massa simpatisan dan kader PDI Perjuangan, bertempat di Kalimas Komplek Pasar Bersehati Manado, Sabtu (27/01/2024).


Adapun kegiatan tersebut, sesuai jadwal KPU Kota Manado sebagai kampanye terakhir PDI Perjuangan Kota Manado yang dihadiri para Caleg Dapil Wenang-Wanea dan Caleg DPRD Provinsi Dapil Kota Manado.


Para seluruh Caleg PDI Perjuangan yang  hadir masing-masing menyampaikan orasinya untuk menarik simpati konstituen yang hadir.


Ini daftar nama-nama Caleg PDIP Dapil Wenang-Wanea Kota Manado:


1. Hengky Noch Kawalo, SE.

2. Jimmy Fredy Davy Gosal

3. Llily Binti S.E

4. Franklyn  Clif Tamara

5. Marlon Benny Lasut Lumansik ST

6. Florens Susana Toosje Panungkelan.

7. Hamdan Paneo

8. Perisca Margareth Kawatak


Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado  dr Richard Sualang mampu membakar massa banteng moncong putih dengan tampil penuh semangat saat menyampaikan orasi.


Sualang, dihadapan ribuan kader dan simpatisan PDI Perjuangan, berkali-kali membakar semangat para kader untuk memilih Kader PDI Perjuangan di legislatif dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (GAMA).


“PDI Perjuangan adalah partai yang  sudah terbukti membela hak-hak wong cilik, serta memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata Sualang.


Dengan penuh harap, Sualang pun mengajak semua yang hadir di kampanye ini agar menenangkan Capres GAMA nomor urut 3, jangan jadi abu-abu, tegak lurus kita menangkan PDI Perjuangan.


“Jangan lupa kita menangkan juga caleg PDI Perjuangan Dapil Wenang-Wanea, Provinsi dan DPR RI, karena semua itu adalah kader-kader terbaik PDI Perjuangan,” ucap Ichad sapaan familiar Wakil Walikota Manado ini.


Dari pantauan media pada kegiatan ini, nampak hadir Bendahara DPD Sulut Andrei Angouw, Caleg DPR RI Rio Dondokambey, caleg Provinsi Sulut dan caleg DPRD Kota Manado.


*Middle*


Sabtu, 27 Januari 2024

Dihadiri Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, KD Pelprip GPdI Sulut Sukses Gelar  Rakerda

Dihadiri Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, KD Pelprip GPdI Sulut Sukses Gelar Rakerda


MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Komisi Daerah Pelayanan Pria Pantekosta (KD Pelprip) GPdI Sulawesi Utara menggelar kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di  hadiri Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, bertempat di Rumah Keluarga Onibala Sekoh, Tolok, Minahasa, Sabtu (27/01/2024).


Ketua MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu dalam arahannya melalui khotbahnya dalam bacaan Alkitab Roma 12 ayat 11,' jangan kendor kerajinan.'


Hal penting dalam kesuksesan dalam pelayanan adalah kerajinan yang terus menerus ada bagi pria pantekosta.


"Hendaknya di tahun pelayanan 2024 ini hendaknya terus setia dengan semangat kebersamaan untuk memenangkan jiwa bagi Tuhan dan unutuk kemajuan GPdI Sulawesi Utara," kata Pdt Yvonne.


Sambutan Penjabat Bupati Minahasa Pnt.  Dr. Jemmy Stani Kumendong, MSi dibacakan Kadis Pariwisata Pdt Dr Drs Dolfie Kuron, M.Th, MBA mengatakan, Rapat Kerja Daerah 

PELPRIP GPDI SULUT,  Merupakan wujud nyata dari komitmen kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan.


"Karena itu marilah kita apresiasi dan mengikuti dengan langkah kerja pelayanan yang semakin konstruksi ke depan, yakni bagaimana segenap komponen pelayanan mampu terus melembagakan persatuan yang telah di tunjukan," baca Pdt Kuron.


Sementara itu Ketua KD Pelprip Sulawesi Utara Pdm. Drs. Meiki Onibala, S.Th, M.Si menyampaikan, keberhasilan pelayanan pria di tentukan dengan kekompakan pengurus dan anggota.


"Saya tentunya bersyukur kepada Tuhan atas keberhasilan yang di capai sekarang ini dan kedepan ini juga kita harapkan terus di raih, semuanya untuk kemuliaan Tuhan. Pelprip maju dan trus bangkit," ucap Onibala.


Onibala juga menjelaskan, sejumlah agenda penting yang dibahas diantaranya, kegiatan, paskah, HUT Pelprip, Perayaan Natal 2024 dan strategi kemajuan pelayanan.


"Semua masukan dan saran pada ini akan diakomodir dalam acara Rakerda ini," jelasnya.


Turut hadir pada Rakerda ini, Wakil Ketua MD Sulut Pdt John Awuy, S.Th, Pdt Dr. Ir. Frangky Mewengkang, M.Th, Biro PWJ MD GPdI Sulut Pdt Lexy Karundeng, serta undangan lainnya.


*Middle*


 

Kamis, 25 Januari 2024

Pelepasan Peserta Diklat Pelayaran, Sualang: Jangan Sia-Siakan Kesempatan ini

Pelepasan Peserta Diklat Pelayaran, Sualang: Jangan Sia-Siakan Kesempatan ini


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kegiatan Pelepasan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Ilmu Pelayaran dihadiri Wakil Wali Kota dr Richard Sualang sekaligus membuka acara yang disponsori langsung oleh Politeknik Ilmu Pelayaran Sulawesi Utara Sulut, Jumat (26/01/2024).


Wakil Walikota dr Richard Sualang mengatakan, kegiatan Diklat adalah program pemberdayaan masyarakat bagi anak-anak muda di bidang pelayaran.


“Pendidikan dan pelatihan ( Diklat) tahun 2024 untuk anak-anak muda di Manado yang tertarik dalam bidang pelayaran,” kata Sualang.


Dikatakan Sualang, pendidikan dan latihan adalah modal untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pekerjaan ke jenjang yang lebih tinggi.


”Hal ini merupakan program yang diberikan dan difasilitasi oleh Pemprov Sulut untuk memberikan modal keahlian dalam pengembangan diri untuk bekerja nanti ,” sebut Wawali Sualang.

 

Lebih dalam Sualang juga menyampaikan, kalau modal keahlian sudah dimiliki, pasti tidak akan dibodohi.


"Modal doi orang dapat beking bodok, tapi kalau modal keahlian / skill, kita tidak dapat dibodohi. Bila keahlian kita diatas atau bertambah akan dihargai atau dibayar mahal,” ucapnya.


Program ini difasilitasi oleh Pemerintah dan bekerjasama dengan pihak pihak yang peduli dengan program pelatihan ini.


“Kepada peserta Diklat agar belajar baik- baik dalam pelatihan ini, karena ini program gratis, jangan sia -siakan kesempatan ini,” pesan Sualang.


Kegiatan pelepasan Diklat ini digelar di Tuminting di rumah Keluarga Kainage-Pandean yang juga merupakan sponsor untuk anak-anak muda yang ada di Kota Manado.


Diketahui, Peserta Diklat berasal dari Manado, Sangihe dan Sitaro yang berjumlah 254 orang yang pelaksanaannya sampai tanggal 8 februari 2024.


Turut hadir dalam kegiatan pelepasan peserta Diklat berlokasi berlokasi di rumah Selvi Pandean yang juga Caleg dari PDIP dapil Tuminting dan Bunaken, Abid Takalamingan ketua Baznas sulut, Ketua Brigade Nusa Utara Dr Krets Mamondol, Staf khusus Gubernur dr Makmun Jafara, Adri Lintjewas, Camat Tuminting, sejumlah Lurah.

*Redaksi*

Penyanyi Berdarah Sulut Once Mekel dan  Grup Band Slank akan Meriahkan Kampanye Ganjar di Sulut

Penyanyi Berdarah Sulut Once Mekel dan Grup Band Slank akan Meriahkan Kampanye Ganjar di Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ganjar Pranowo Capres no 3 direncanakan melakukan kampanye di Sulawesi Utara (Sulut) akan dimeriahkan Grup Band Legendaris Slank dan penyanyi berdarah Sulut Once Mekel pada hari, Kamis, 01 Februari 2024.


Bendahara Umum PDI Perjuangan Olly Dondokambey mengatakan, Ganjar Pranowo Capres no 3 direncanakan akan berkampanye di Sulawesi Utara.


"Ganjar direncanakan akan melakukan kampanye di Sulawesi Utara pada awal Februari ini," ucap Olly pada awak media di Lobby Kantor Gubernur, Kota Manado, Kamis (25/01/2024).


Lanjut, Olly mengatakan, meski Ganjar dijadwalkan akan berkampanye di Bumi Nyiur Melambai, namun tinggal menunggu kepastian dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.


“Sampai hari ini dari tim pemenangan nasional belum masuk ke tim pemenangan daerah. Mudah-mudahan ada kepastian dari pusat soal kedatangan. Tapi intinya jadwalnya tanggal 1 Pak Ganjar kampanye di sini bersama dengan Slank dan Once,” katanya.


Olly juga menghimbau masyarakat Sulawesi Utara agar menyukseskan pemilu di tahun 2024. Memilih pemimpin yang sesuai dengan hati nurani agar supaya pemimpin yang terpilih bertanggung jawab kepada yang memilih.


“Jangan iko tamang pilih tamang sana, pake hati nurani masing-masing kalau dia berbuat yang tidak sesuai berarti salah sendiri,” harap Olly yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut.


*Redaksi*


Rabu, 24 Januari 2024

Cegah Demam Berdarah, Sualang Ingatkan Masyarakat Jaga Lingkungan Bersih

Cegah Demam Berdarah, Sualang Ingatkan Masyarakat Jaga Lingkungan Bersih


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado menghimbau Masyarakat untuk waspada terjadinya kasus Demam Berdarah atau DBD pasca hujan yang mengguyur Kota Manado akhir-akhir ini.


Kepada sejumlah awak media, Wakil Wali Kota dr Richard Sualang mengatakan, ada beberapa kasus DBD yang sudah muncul di  beberapa kelurahan, dan itu cukup mengejutkan syukur dari Pemkot Manado sudah mengatasi masalah tersebut.


“Kami berharap,harusnya sudah tidak ada lagi DBD yang angkanya cukup signifikan, kalau hanya satu atau dua kasus masih bisa kita mengerti tapi ini sudah ada beberapa.” sebut Sualang di Pendopo Kantor Pemkot Manado, Rabu (24/01/2024).


Menurut Sualang, dari tahun 2023 Pemkot Manado melalui Dinas terkait, sudah mengindetifikasi jentik-jentik nyamuk bahkan sudah di sensus di setiap kelurahan dan itu sudah cukup mengurangi.


“Jadi, untuk mencegah agar kasus DBD tidak bertambah Pemkot Manado melakukan tindakan fogging, dan tentunya masyarakat juga jangan membiarkan ada air yang tergenang, air yang tertampung yang tak terpakai harus dibersihkan,” ucap Sualang.


Sualang mengharapkan, diawal tahun 2024 ini dengan perubahan cuaca yang cukup drastis tentu ada hal-hal yang terlupakan atau terlewatkan di masyarakat sehingga ada beberapa kasus DBD yang terjadi.


"Karena itu sebagai Pemerintah kami mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga lingkungan yang bersih agar bisa terhindar dari DBD,” pinta Sualang.

*Middle*

Selasa, 23 Januari 2024

Bersama Rakyat Kita Berjuang, Amey Yunita Luntungan Caleg DPRD Kota Manado Partai Hanura

Bersama Rakyat Kita Berjuang, Amey Yunita Luntungan Caleg DPRD Kota Manado Partai Hanura


MANADO, CARIKABAR.ID
- Amey Yunita Luntungan, SH, Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Manado Partai HANURA, nomor urut 5 Daerah pemilihan (Dapil) Tuminting-Bunaken-Bunaken Kepulauan, siap berjuang bersama Rakyat.


Sosok Muda dan peduli masyarakat Amy biasa dipanggil itu mengatakan, untuk maje sebagai Caleg tentunya telah mendapat dukung dari keluarga orang tua saya dan dukungan signifikan dari kalangan muda di masyarakat juga keagamaan sekitar wilayahnya.


"Saya bertekat maju sebagai caleg dari Partai HANURA karena desakan kuat dari kepedulian saya melihat kondisi masyarakat yang butuh kepedulian di erah persaingan yang ketat ini," kata Amey.


Putri sulung pasangan Pdt Dr Jootje Luntungan, M.Th dan Pdt Jetty Pelealu, SE ini pun menjelaskan keterpanggilan masuk ke kontestasi demokrasi politik semata karena dorongan hati nurani.


"Rasanya tidak mungkin pada awal saya untuk memutuskan maju sebagai calon wakil rakyat untuk Kota Manado, namun berkat suport dari orang saya sehingga beranikan diri mendaftar untuk merealisasikan keinginan saya untuk bekerja bagi rakyat," ucap Amey.


Dijelaskannya juga, Partai HANURA adalah salah satu partai koalisi mendukung Capres 2024 Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahdud MD.


"Jangan lupa pada tanggal 14 Februari 2024 pulih Caleg yang benar-benar berpihak pada rakyat dan saya Caleg DPRD Kota Manado dari Partai HANURA no 5 dan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD no 3," harap Amey.


*Redaksi*








Pdm Drs Meiki Onibala, S.Th, M.Si, Kini Jabat Ketua Kaum Bapa GPdI se-Indonesia dan Luar Negeri

Pdm Drs Meiki Onibala, S.Th, M.Si, Kini Jabat Ketua Kaum Bapa GPdI se-Indonesia dan Luar Negeri


JAKARTA, CARIKABAR.ID
- Drs Meiki Marthen Onibala, S.Th, M.Si, resmi dilantik Ketua Komisi Pusat Pelayanan Pria Pantekosta (KP Pelprip) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) bertempat di Aston Hotel Kemayoran Jakarta, Selasa (23/01/2024).


Pelantikan tersebut di laksanakan pada Rapat Pleno lengkap Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP GPdI) dipimpin Ketua Umum Pdt Dr Johnny Weol, MM, M.Th.


Ketua KP Pelprip Pdm. Drs. Meiki Onibala, mengatakan meski tanggung jawab ini berat, namun pihaknya berkomitmen membawa organisasi pelayanan itu semakin baik lagi.


"Saya bersyukur kepada Tuhan atas kepercayaan dari pimpinan pusat organisasi pada jabatan yang baru ini," ucap Onibala.


Dia pun menjelaskan, tugas ini tidak muda sebab wilayah luas, namun saya akan melakukan konsolidasi dengan setiap pengurus pelayanan Pria Kaum Bapa di semua daerah dan Mancanegara.


"Saya tentunya memohon topangan doa dalam tugas yang baru ini, sebab wilayah kerjanya mencakup 38 daerah Provinsi se-Indonesia juga di beberapa negara lainnya," ucap Onibala saat di konfirmasi media CariKabar.id.


    Foto, Pdm Drs Meiki Onibal dan Pdt John.      Awuy saat di doakan dan dilantik.


Informasi yang didapat, jabatan KP Pelprip dulunya di emban Pdt John Awuy, namun dengan berbagai pertimbangan sehingga Pdt John Awuy dipercayakan di Pengurus Departemen Pendidikan dan Pengajaran (Depdikjar).


Sebagaimana diketahui, Inspektur Kantor Inspektorat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Drs Meiki Onibala, saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komisi Daerah Pelayanan Pria Pantekosta (KD Pelprip) Sulawesi Utara.


"Saya juga masih menjabat Ketua KD Pelprip GPdI Sulawesi Utara, intinya apapun kepercayaan yang di beri itu, kita jalankan dengan sungguh-sungguh maka semuanya akan baik-baik saja karena melibatkan Tuhan," terang Suami tercinta Grace Sekoh.


*Middle*









Stefanus BAN Liow Calon DPD-RI  Bersyukur Didoakan dan Diutus BPMS GMIM

Stefanus BAN Liow Calon DPD-RI Bersyukur Didoakan dan Diutus BPMS GMIM


TOMOHON, CARIKABAR.ID - Calon Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Utara Stefanus BAN Liow  yang pernah menjadi Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM dan Anggota BPMS GMIM Periode 2014-2018  hadir dengan menggunakan kemeja warna ungu, didoakan dan diutus Ketua BPMS GMIM Pdt Dr.  Hein Arina dan jajarannya.


Ibadah pengutusan warga GMIM sebagai Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI berlangsung di Jemaat GMIM Inspirasi Tomohon, Rabu (23/1) dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt Dr. Hein Arina.


Stefanus BAN Liow, MAP Anggota DPD RI Dapil Sulut Nomor Urut 2, mengungkapkan puji syukur kepada Tuhan Allah dalam Yesus Kristus Kepala Gereja dan Tuhan Dunia, seraya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua BPMS GMIM Pdt Dr.  Hein Arina, bersama jajarannya didalamnya Ketua-Ketua BPMW yang memberikan penguatan Firman, Doa dan Mengutus.


"Inilah Aku, Utuslah Aku," jawab SBANL bersama ratusan Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI. 


Senator SBANL, mengungkapkan rasa salut, bangga dan berterima kasih kepada BPMS GMIM, Ketua-Ketua BPMW, BPMJ, Pelsus dan warga GMIM, bahkan tentunya juga dari denominasi gereja yang senantiasa memberikan dukungan doa dan penguatan dalam melayani dan mengabdi tanpa batas, termasuk pencalonan saat ini.


SBANL yang kini menjabat Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI bersyukur karena berjumpa dengan Caleg dari berbagai Partai dan Dapil.


"Torang boleh beda warna, calon dan tim sukses, tetapi suatu panggilan iman untuk menghadirkan keadilan, kebenaran dan kesejahteraan, menghindari hujat, fitnah dan hoax, melainkan mengedepankan persatuan, kesatuan dan kekeluargaan, merawat kebhinekaan dan kemajemukan bangsa, saling menghormati dan menghargai antar umat beragama, etnis dan sub etis. 


Pada akhirnya, SBANL mengajak seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk mendoakan dan mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024.


*Middle*

Senin, 22 Januari 2024

Musrenbang Kelurahan Paniki Dua, Sejumlah Usulan Disampaikan Masyarakat

Musrenbang Kelurahan Paniki Dua, Sejumlah Usulan Disampaikan Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kelurahan Paniki Dua melaksanakan kegiatan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kantor Kelurahan Paniki Dua, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Senin (22/01/2024).


Kegiatan Pemerintah Kota Manado  tahun 2024 itu melibatkan semua  SKPD di lingkup Pemkot dalam rangka untuk menyerap aspirasi warga demi memajukan dan kesejahteraan masyarakat.



Lurah Paniki Dua I Gusti Sudarmaja, S.STp, menyampaikan masih ada beberapa usulan masyarakat yang belum masuk dalam APBD 2024. Karenanya, diperlukan kegiatan musrenbang yang saat ini sedang bergulir.


"Saya tentunya berharap, dengan adanya musrenbang kelurahan ini, agar semua usulan dapat disampaikan sehingga tidak terlewat lagi," ucapnya.


Sudarmaja pun berharap, ada beberapa usulan masyarakat yang kemungkinan bisa dilaksanakan tahun ini. Yakni, program prioritas melalui Anggaran Keuangan Pemkot Manado 2024. 


" Diantaranya, fasilitas jalan dan pembuatan saluran air yang masuk di pemukiman penduduk. Hal ini darurat dan diupayakan masuk pada proyek pengerjaan yang dilaksanakan tahun ini," sebut Sudarmaja.


Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Manado melalu SKPD yang hadir diantaranya Dinas BAPELITBANGDA, PUPR, PERKIM, DP3A dan DINKES, masing-masing memaparkan sejumlah program dan harapan yang dilaksanakan. 


"Adapun sejumlah pembangunan yang akan dilakukan di antaranya perbaikan saluran air, pavingisasi, dan pemasangan PJU. Sehingga, diharapkan hasilnya semakin optimal dan memberdayakan masyarakat kelurahan setempat," terang Divia Rompas dari Bapelitbangda.


Sejumlah warga yang hadir mewakili masyarakat Paniki Dua menyampaikan usulannya dan berharap dapat diakomodir ke tingkat Kecamatan sampai pada tingkat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota. 


"Tentunya kami berharap semua usul yang telah di sampaikan tadi bisa di tetapkan sampai pada tingkatan Kota, sebab ada hal yang sifatnya mendesak," tutur Maryanto salah satu perwakilan masyarakat yang hadir.


Turut hadir pada kegiatan ini, Tokoh Agama, Kepala-Kepala Lingkungan, Pengurus LPM Kelurahan, Forum Pembauran Kebangsaan dan sejumlah undangan lainnya.


*Middle*

Sabtu, 20 Januari 2024

Andrew Palit Caleg DPRD Manado, Siap Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Andrew Palit Caleg DPRD Manado, Siap Perjuangkan Kepentingan Rakyat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Andrew Ignasius Palit Calon Legislatif PDI Perjuangan DPRD Kota Manado, Daerah Pemilihan (Dapil) Singkil-Mapanget menyatakan komitmennya mengutamakan kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi.


Hal itu dikatakan Palit dalam orasi politik di kampanye umum terbatas PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Singkil-Mapanget bertempat di Lapangan Ketang, Ternate Baru, Sabtu (20/01/2024).


Ditengah guyuran hujan deras, Andrew dengan berapi-api menyampaikan maksud dan tujuan ketika dipercayakan duduk di lembaga legislatif, tidak akan mementingkan pribadi.


"Sebagai petugas partai, saya berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, saya bukan tuan tetapi masyarakatlah yang jadi tuan," ucap Andrew.


Dia pun menegaskan akan memberikan nafas baru bagi PDI Perjuangan sebagai mana Ganjar Pranowo bekerja untuk rakyat.


"Karena itu jangan lupa pilih saya, Andrew Ignasius Palit nomor urut 7, siap bekerja memperjuangkan semua aspirasi rakyat sebab rakyat adalah tuan saya," terang Andrew mantan staf khusus Walikota Manado.


Andrew juga mengingatkan, masyarakat untuk tidak lupa memenangkan PDI Perjuangan melalui pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dan pemilihan Calon Legislatif RI dan Kabupaten/ Kota pada 14 Februari 2024.


"Kita patut bersyukur dengan adanya program utama Ganjar Mahfud diantaranya, Internet gratis dan HP, Satu keluarga 1 Sarjana yang dibiayai Pemerintah dan KTP Sakti, karena itu jangan lupa pilih Ganjar Mahfud nomor 3," terang Andrew disambut massa, siap menangkan Ganjar Mahfud.


*Middle*


Meski Ditengah Genangan Air Massa Peserta Kampanye PDIP Kota Manado Setia Ikut Orasi Politik.

Meski Ditengah Genangan Air Massa Peserta Kampanye PDIP Kota Manado Setia Ikut Orasi Politik.


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kampanye PDI Perjuangan Kota Manado yang ke empat kali, meski hujan deras, dipadati ribuan pendukung kader-kader dan simpatisan PDIP Daerah Pemilihan (Dapil) Singkil-Mapanget, tetap mengikuti dengan setia hingga akhir.


Akibat curah hujan tersebut lokasi Lapangan Ketang Ternate Baru terjadi genangan air, namun tak menyurutkan semangat massa yang telah datang sejak siang hari telah basah kuyup namun tetap setia mendengar orasi politik.


Secara bergilir sebanyak 8 anggota Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Utara Dapil Kota Manado menyampaikan perkenalan nama di hadapan massa yang terus riang gembira mengikut dengan baik.


Selanjutnya, 10 anggota Caleg DPRD Kota Manado Dapil Singkil- Mapanget secara bergilir menyampaikan pesan orasi politiknya dengan singkat dan jelas di akhiri dengan pesan pilih nomor urut mereka dan jangan lupa pilih Ganjar Purnomo -Mahfud MD dengan mencoblos nomor 3 pada Pemilu 14 Februari 2024.


    Foto, Genangan air di lokasi kampanye

 
Ketua DPC PDIP Kota Manado, di akhir acara kampanye itu mengingatkan pentingnya kekompakan berjuang untuk memenangkan Capres dan Cawapres PDI Perjuangan Ganjar-Mahfud.


"Jangan pernah ragu, kita harus kompak menangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dengan berbagai program yang menyentuh rakyat, menangkan PDI Perjuangan pada Pilpres serta Pilcaleg 2024," harap Sualang.


*Middle*


Diduga Tak Kantongi Izin, Kunjungan HBL Ditolak di Pasar Bersehati

Diduga Tak Kantongi Izin, Kunjungan HBL Ditolak di Pasar Bersehati


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kunjungan Hillary Brigita Lasut (HBL) bersama tim di Pasar dengan tajuk Kawanua Kawan Dua Maso Pasar diduga tidak mengantongi izin pada Sabtu (20/01/2023) pagi. 


Hal itu mendapat penolakan dari pihak PD Pasar Kota Manado sebagai pengelola resmi seluruh pasar yang ada di Kota Manado, saat rombongan mengunjungi pasar Bersehati Manado.


Menurut Kepala Bagian Umum PD Pasar Manado Deddy Loho mengatakan, penolakan tersebut dilakukan atas dasar aturan yang berlaku. 


"Jadi kita harus melihat, apakah kedatangan HBL ini dalam bentuk kunjungan biasa atau bentuk kampanye?, kan ada aturan-aturan yang berlaku soal itu, " tegasnya. 


Menurutnya, kegiatan kunjungan HBL  ke pasar tersebut merupakan agenda kampanye untuk memenangkan pasangan capres 02, tanpa ada surat izin dari pihak terkait.

 

"Kan ada aturan dalam PKPU no. 15 tahun 2023, bahwa harus ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian (STTP) tembusan KPU dan Bawaslu namun alasannya berbelanja di pasar tapi bagi-bagi alat peraga kampanye," terang Loho. 


Menurut Loho, bagi siapapun yang akan datang berkampanye di lokasi pasar di bawah naungan PD Pasar Manado harus disertai surat izin dan surat permohonan pemakaian lokasi. 


"Contohnya saat kedatangan Ibu Siti Atikoh beberapa waktu lalu, semua izin lengkap STTP ada. Tapi, kegiatan HBL ini, sampai pagi ini tidak ada permohonan pemakaian lokasi untuk kampanye tatap muka dari pihak paslon capres manapun, begitu juga partai dan caleg," jelasnya. 


Ia menjamin, pihaknya tidak bermaksud menghalangi siapapun yang akan melakukan aktivitas di pasar. 


"Yang jelas, kami tidak ada maksud menghalangi siapapun bisa beraktifitas di pasar, namun jika sudah menyalahi aturan pasti petugas kami akan menegur bahkan bisa membubarkan kegiatan tanpa ijin, " tuka Loho. 


Sementara itu, Ketua KPU Manado Ferley Bonifasius Kaparang saat dimintai keterangan, mengakui tidak mendapatkan informasi resmi terkait pelaksanaan kampanye salah satu Paslon Capres yang dipimpin oleh Hillary Brigitha Lasut (HBL) bersama relawan Bepro.


"Sampe sekarang nda ada pemberitahuan di kalo Manado bro," tulisnya lewat pesan WhatsApp, Sabtu (20/1/2024).


Demikian pula halnya,  Ketua Bawaslu Manado Briliant Maengko menyampaikan, tidak ada larangan untuk untuk berkunjung di pasar tradisional namun masalahnya yang hadir ini para Caleg, ketua relawan praka dengan bepro Sulut dan menggunakan atribut paslon.


"Pagi tadi ada jajaran kami yan hadir mengawasi disana, mereka mencatat kejadian yang ada dalam laporan pengawasan mereka," sebut maengko.


Bagi Maengko, berharap semua peserta Pemilu menaati aturan main dalam UU 7 Tahun 2017 dan PKPU 15 Tahun 2023.


"Yang pasti Bawaslu hadir disana kami mengawasi. Untuk selanjutnya kami akan berkonsultasi dengan pihak Bawaslu Provinsi terkait hal ini," harapnya.


Diketahui, aksi kampanye tersebut sempat mendapat penolakan dari pihak PD Pasar saat berada di Pasar Bersehati Kota Manado. Dimana, diketahui, PD Pasar merupakan pengelolah resmi seluruh pasar yang ada di Kota Manado. 


Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Manado Lucky Senduk, S.Ked, ketika dikonfirmasi membenarkan jika kegiatan tersebut memang tidak ada ijin resmi.


"Hingga jam dan saat ini tidak ada ijin resmi yang kami terima," sebut Senduk.


*Middle*


Jumat, 19 Januari 2024

Kampanye PDIP Manado, Sualang dan Angouw Bakar Semangat Ribuan Massa tak Beranjak Meski di Guyur Hujan

Kampanye PDIP Manado, Sualang dan Angouw Bakar Semangat Ribuan Massa tak Beranjak Meski di Guyur Hujan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Lokasi kampanye terbuka PDI Perjuangan di guyur hujan cukup deras, ribuan massa yang datang tetap setia mengikuti orasi politik Pengurus Partai dan para Caleg, bertempat di Lapangan Paving Tuminting, Jumat (19/01/2024) siang.


Meski terlihat basah kuyup, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado dr Richard Sualang, menyampaikan pidato politiknya   dengan tegas mengatakan, jika ingin memilih PDI Perjuangan dan Ganjar Mahfud, masyarakat yang hadir jangan perlu takut dan gentar.


"Pak Ganjar dan pak Mahfud, keduanya sudah teruji dan mampu membawa bangsa Indonesia semakin baik kedepan juga, torang pe Caleg Tuminting Bunaken bukan kaleng kaleng, semua so terbukti memberi pada masyarakat," teriak Sualang.



Pada kesempatan itu pula, semua kader Dapil Tuminting Bunaken terlihat hadir dengan mengerahkan massa pendukungnya masing-masing, Herry Kolondam, Fatma Bin Syech, Steiven Zeekeon,  Marco Tampi, Elryc Mosal, Selvy Pandean, Juddy Saerang dan Vanda Pinontoan.


Terpantau pula, beberapa Caleg Provinsi Sulut Dapil Manado seperti Roy Roring, Irene Golda Pinontoan, Donar Rompas, Jane Laluyan, Apriano Ade Saerang serta Novia Lambey, juga secara bergantian menyampaikan orasi politik.


Kampanye DPC PDIP Kota Manado di bagian akhir, Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut Andrei Angouw, menyampaikan pesan politiknya mengatakan, tujuan berpolitik ialah harus memimpin, kalo tidak menjadi pemimpin arisan namanya. 


"Jadi untuk menjadi pemimpin di negeri dan daerah ini kita harus menang, kita wajib pilih Ganjar Mahfud sebagai Presiden dan Wakil Presiden, serta pilih caleg caleg dari PDI Perjuangan, setuju?,” teriak Angouw di jawab ribuan massa setuju.


*Middle


Kamis, 18 Januari 2024

Ancaman Banjir Bisa Diminimalisir, Walikota Andrei  Angouw Terus Pantau Fasilitas Infrastruktur

Ancaman Banjir Bisa Diminimalisir, Walikota Andrei Angouw Terus Pantau Fasilitas Infrastruktur


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka memastikan kondisi Kota Manado dengan adanya curah hujan yang tinggi di beberapa hari ini, Wali Kota Manado Andrei Angouw mengawali aktifitasnya dengan mengunjungi beberapa lokasi untuk melihat berbagai fasilitas  infrastruktur di Kota Manado, Jumat (19/01/2024).


Wali Kota mengunjungi lokasi pertama yakni di kompleks stadion Klabat untuk melihat kondisi saluran air selanjutnya menuju Jalan Flamboyan Sario, juga melihat kondisi drainase dan saluran air. 


Selanjutnya, Wali Kota menuju Karame, tepatnya di lingkungan Satu dan lokasi teakhir adalah Kairagi Weru depan Taman Makam Pahlawan (TMP), juga melihat kondisi parit-parit yang tersumbat.


Di sana, Wali Kota melihat kondisi drainase dan parit-parit termasuk melihat sampah yang ada di parit-parit. Hal ini sebab adanya hujan beberapa hari terakhir. 


Dikatakan Walikota, tentunya situasi dan keadaan ini akan mempengaruhi kapasitas parit dan saluran air dalam menampung debet air yang besar yang ikut membawa sampah masuk kedalam parit dan saluran-saluran air. 

"Kondisi drainase dan saluran-saluran air ini tentunya dianalisa untuk pengambilan kebijakan dan program kedepan. Kendati demikian, walau hujan beberapa hari ini, ancaman banjir atau genangan air dijalan dan rumah-rumah penduduk bisa diminimalisir seminim mungkin," ucap Walikota Angouw 


Bagi Walikota, dibanding kondisi beberapa tahun lalu dimana banyaknya pemukiman tergenang air karena meluap dari sungai, anak sungai dan parit-parit ketika hujan deras, saat ini tidak terlihat lagi.


"Perbaikan infrastruktur termasuk perbaikan drainase, saluran air dan lain sebagainya diperuntukkan demi kenyamanan warga Manado," sebutnya.


Turut hadir mendampingi Wali Kota dilapangan Kadis PUPR Bpk. Jhonny Suwu S.T dan Kabid, Kadis Perkim Piter Eman S.T dan Kabid Novy Ponto, serta Camat Sario, Lurah dan Ketling dilokasi yang dikunjungi.

*Middle*

 Sukses Digelar Sarnas KP PELAHT Diakhiri Ibadah Perjamuan Tuhan

Sukses Digelar Sarnas KP PELAHT Diakhiri Ibadah Perjamuan Tuhan


MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Ibadah penutupan disertai perjamuan Tuhan Sarasehan Nasional Anak Hamba Tuhan yang diselenggarakan Komisi Pusat Pelayanan Anak Hamba Tuhan (KP PELAHT) GPdI di pimpin Pdt Rein Wotulo, S.Th.


Wakil Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Rein Wotulo dalam khotbah yang di dasarkan pada ayat bacaan Alkitab dalam Matius 20 ayat 1-2,'Diutus untuk menuai.'


    Suasana acara penutupan Sarnas


Pdt Rein Wotula menekankan pentingnya anak hamba Tuhan untuk tetap konsisten mempertahankan ajaran yang murni dalam melayani pekerjaan Tuhan.


"Apa yang kita nikmati sekarang dalam tugas pelayanan itu adalah hasil dari taburan orang tua kita," kata Pdt Rein.


Selanjutnya sakramen perjamuan Tuhan di pimpin Ketua KP PELAHT Pdt David Ch Wurangian menuntun semua peserta Sarnas sebelum makan Roti dan minum Anggur terlebih dahulu dihentar dengan bacaan Alkitab tentang tubuh dan darah Yesus.


Sambutan panitia disampaikan Ketua KD PELAHT Sulawesi Utara Pdt Loudewik Waworuntu, S.Th merasa sangat bersyukur atas terselenggaranya acara ini dengan baik.


"Tentunya kami berterima kasih dukungan penuh dari MP dan MD Sulawesi Utara dan KP PELAHT juga dukungan penuh dari semua panitia, segalah upaya pasti diberkati Tuhan," ucap Pdt Loudewik.


Sementara itu, Ketua umum MP GPdI Pdt Dr Johnny Weol melalui Ketua Departemen PWJ Pdt Ronny Luwuk, S.Th  dalam arahannya, mengingatkan kerja sama dalam komunikasi yang baik dalam setiap kegiatan.


"Majelis Pusat mengapresiasi kinerja pelayanan KP PELAHT dan kegiatan Sarasehan Nasional telah digelar hingga hari ini sehingga hasil yang di dapat itu akan berdampak baik bagi GPdI," harap Pdt Luwuk.


Diakhir acara Pdt David Wurangian pun memohon topangan doa untuk setiap agenda yang akan di gelar kedepan dari KP PELAHT.


"Ada pun rencana kita kedepan jika Tihan berkenan kita akan buat acara berskala Internasional, khususnya di USA dan juga India, ungkap Pdt Wurangian yang secara spontan dapat teriakan setuju dari seluruh peserta.


Turut hadir bersama pada sesi akhir Sarnas ini, Pdt Edwin Katuuk bersama istri Pdt Nova Katuuk-Yusuf.


*Middle

Rabu, 17 Januari 2024

Natal KP PELAHT, Pdt Simamora: Mandat Tuhan Membuat Berhasil

Natal KP PELAHT, Pdt Simamora: Mandat Tuhan Membuat Berhasil


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ibadah perayaan Natal Yesus Kristus 2023 Komisi Pusat Pelayana Anak Hamba Tuhan (KP PELAHT) di hadiri Sekretaris Majelis Pusat Gereja Pantekosta di Indonesia (MP GPdI) Pdt Dr Elim Simamora, bertempat di gedung GPdI Samrat Kota Manado, Rabu (17/01/2024) malam.


Pdt Elim Simamora dalam khotbah Natal mendasarkan pada bacaan Alkitab dalam kitab Nehemia 2 ayat 1-3,' Berdoa dan Berketetapan Hati.'


Buatlah sesuatu yang spektakuler sesuai Mandat (SK) dari Tuhan untuk supaya kita di catatan dalam sejarah, dimana Tuhan yang akan memberkati tugas yang di kerjakan.


"SK dari Tuhan jauh lebih penting dari mandat lainnya yang akan membuat berhasil dalam melayani, sebagaimana pengalaman Nehemia," ucap Pdt Elim.


Selanjutnya pelantikan susulan pengurus KP PELAHT di pimpin Sekretaris Umum MP Pdt Dr Elim Simamora.

Ibadah di tandai dengan pemasangan Lilin Natal secara bergilir dari semua unsur pengurus KP dan KD sebagai simbol terang Yesus.


Suasana ibadah Natal itu pun dimeriahkan oleh artis rohani anak hamba Tuhan dari USA Pdt Nova Katuuk-Yusuf dan Pdt Noldy Pangkey dari Kotamobagu, Sulawesi Utara.


Ketua Umum Panitia Sarasehan Nasional KP PELAHT Pdt John Awuy, S.Th dalam sambutannya mengatakan ibadah Natal ini dirangkaikan dengan Sarasehan.


"Dengan pelaksanaan Natal dan Sarasehan maka kita semua diberkati," sebut Pdt John Awuy.


Sambutan, Ketua KP PELAHT Pdt David Wurangian menyampaikan rasa syukur atas penyelenggaraan Sarasehan Nasional dan Ibadah Natal dapat terselenggara dengan baik.


"Ini adalah momentum yang luar biasa yang telah didukung oleh MP melalui usulan KP dan ini semua murni sumbangsih penuh dari KP PELAHT," tutur Pdt David.


Hadir pada acara ini, Ketua KP Pelayanan Pemuda Pdt Vera Siwi, KP PELAHT Pdt Refi Awondatu, Sekretaris KP4 Pdt Stenly Piri dan pengurus MD GPdI Sulawesi Utara dan undangan lainnya.


*Middle*

Di Manado, Siti Atikoh Istri  Capres Ganjar Pranowo Diburu Ribuan Massa Foto Bersama

Di Manado, Siti Atikoh Istri Capres Ganjar Pranowo Diburu Ribuan Massa Foto Bersama


MANADO, CARIKABAR.ID
- Istri Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyati di ajak bersalaman hingga foto bersama ribuan massa yang mengikuti jalan sehat dan senam ceria, dilaksanakan di kawasan megamas Kota Manado, Rabu (17/01/2024) pagi.



Terpantau, ribuan massa  antusias dan gembira mengikuti mengikuti senam ceria yang dipimpin Siti Atiqoh dan Istri Gubernur Sulut Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Istri Walikota Irene Golda Angouw -Pinontoan.


Teriakan pilih Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (GAMA) Presiden dan Wakil Presiden RI, bergema dari atas panggung saat Siti Atikoh membakar semangat kawula muda dan masa yang mengikuti senam dengan gerakan penuh energi.


Siti Atikoh dalam sambutannya,menyapa masyarakat Kota Manado, sambil memuji Kota Manado yang indah dan bersih.  


"Masyarakat Kota Manado adalah masyarakat yang Toleran dan sudah terkenal di seluruh Indonesia,” ucap Atikoh.



Perempuan energik ini pun mengajak masyarakat agar memilih Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pemilu 14 Februari 2024 yang akan datang. Dia juga membalas menebar senyuman kepada warga sambil senam ceria.


Selanjutnya, Siti Atiqoh  kemudian diarahkan melanjutkan agenda kunjungan ke Pasar Bersehati Kota Manado.


Hadir bersama pada momentum ini, Wali Kota Manado, Andre Angouw, Wakil Walikota dr Richard Sualang, Ketua TP-PKK Sulut, Rita Dondokambey-Tamuntuan, Irene Angouw-Pinontoan, Mery Sualang-Mawardi dan seluruh Kader PDIP Kabupaten/Kota.


*Middle


Selasa, 16 Januari 2024

Sarasehan Nasional KP PELAHT, Pdt Frangky Rewah: Anak Pdt Jangan Sombong

Sarasehan Nasional KP PELAHT, Pdt Frangky Rewah: Anak Pdt Jangan Sombong


TATELI/MINAHASA, CARIKABAR.ID
- Ibadah pembukaan Sarasehan Nasional Komisi Pusat Pelayanan Anak Hamba Tuhan (KP PELAHT) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) bertempat di Mercure Hotel & Convention, Selasa (16/01/2024).


Pdt Dr Frangky Rewah dalam khotbahnya yang didasarkan pada bacaan Alkitab dalam Imamat 16 ayat 2, Kuasa Tuhan Tetap ada di GPdI.


Anak Hamba Tuhan telah menerimah warisan api pantekosta sebagaimana mandat Tuhan bagi orang tua dahulu, itu tetap ada saat ini.


"Jadikan acara ini sebagai pijakan api kuasa Tuhan sehingga anak Hamba Tuhan dapat mendistibusikan api Tuhan bagi semua umat GPdI," kata Pdt Rewah.


Ketua MD GPdI Sulawesi Tenga Pdt Frangky Rewah pun mampu membakar semangat api Pantekosta bagi peserta Sarasehan dengan maksimal dalam melayani Tuhan. 


"Jangan tawar hati, jangan kuatir sebab ada kuasa Roh Kudus yang akan siap menolong kita umat Tuhan," ajak Pdt Rewah.


Sambutan Ketua MD GPdI Sulawesi Utara yang di bacakan Sekretaris Pdt Hanny Awuy, S.Th, M.Th bersyukur dan menyambut baik terselenggaranya Sarasehan Nasional.


"Kesempatan berharga ini harus dimanfaatkan dengan baik dan berdampak bagi pelayanan yang lebih maksimal," ucap Pdt Hanny.


Sementara itu KP PELAHT dalam sambutan yg di sampaikan Pdt Haesel Mandey merasa bangga dan bersyukur dan bangga dan antusias kehadiran anak hamba Tuhan dalam rangka mempererat kasih persaudaraan dan meningkatkan panggilan pelayana.


"Kita perlu bersatu dalam mempertahankan api pantekosta dalam tugas pelayanan sebagai anak hamba Tuhan dan acara ini mendatangkan berkat bagi kita semua," kata Pdt Mandey.


Majelis Pusat pada sambutan yang di sampaikan DPWJ Pdt Ronny Luwuk mengingatkan pentingnya kesatuan (Unity) bagi gereja.


"Hendaknya tema acara ini menjadi karakter GPdI  terlebih anak hamba Tuhan yang melaksanakan acara ini," tutur Pdt Luwuk.

Pembukaan Sarasehan Nasional itu di buka dan di tandai dengan pemukulan tetengkoren oleh Sekretaris Umum MP Pdt Dr Elim Simamora.

*Middle*


Senin, 15 Januari 2024

Besok Anak-Anak Hamba Tuhan GPdI Ikut Sarasehan

Besok Anak-Anak Hamba Tuhan GPdI Ikut Sarasehan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pemahaman pelayanan dalam tanggung jawab sebagai anak hamba Tuhan di lingkup GPdI maka Komisi Pusat Pelayanan Anak Hamba Tuhan (KP Pelhat) melaksanakan Sarasehan.


Ketua KD Pelhat GPdI Sulawesi Utara Pdt Loudewik Waworuntu, S.Th mengatakan, acara ini akan di gelar mulai 16, 17 dan 18 Januari 2024 bertempat di Mercure Hotel Convention Hall, Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa.


"Sebagai tuan rumah pelaksanaan acara, kami sunggu bersyukur dan berharap semua tahapan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tentunya denga kerja sama yang baik seluruh pengurus KD, KP serta Panitia," kata Pdt Loudewik.


Kegiatan yang mengusung tema 'Power of Unity' tersebut akan di hadiri semua unsur pengurus Komisi Pusat Pelayanan Anak Hamba Tuhan (KD Pelhat) dan Pengurus lengkap Komisi Daerah Pelhat Sulawesi Utara.


Sementara itu, Panitia Pelaksana melalui Sie Acara Pdt Yefta Wotulo, S.Th menjelaskan peserta yang akan hadir sebanyak 300 orang dan ibadah akan dipimpin Ketua Umum Majelis Pusat GPdl  Pdt Dr Johnny Weol, MM, M.Th.


"Intinya panitia pelaksana telah siap melaksanaka kegiatan sarasehan, sekretariat telah dibuka di lobby Hotel sejak 15 Januari 2024," ucapnya.


Dia menambahkan, para peserta yang dari luar daerah telah mulai  berdatangan.


"Kami telah siap menerimah tamu peserta dari yang lain," tutup Pdt Yefta.


*Middle*


Sabtu, 13 Januari 2024

Hari Libur Dinas Dukcapil Manado Tetap Buka Pelayanan Bagi Masyarakat

Hari Libur Dinas Dukcapil Manado Tetap Buka Pelayanan Bagi Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Manado tetap membuka pelayanan pada hari libur bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan.


Kepala Dinas Dukcapil Kota Manado, Erwin Kontu mengatakan, upaya pelayanan Dinas Dukcapil di hari lubur tersebut dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.


"Setiap hari Sabtu, Dinas Dukcapil Kota Manado akan membuka pelayanan bagi masyarakat, untuk kepengurusan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), rekam dan cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) bagi pemula dan layanan identitas kependudukan digital," ucap Kontu.


Dijelaskan Kontu, kegiatan ini akan dimulai pada Sabtu tanggal 13 Januari 2024. Kegiatan dilakukan untuk melakukan percepatan pelayanan kepada masyarakat.


"Jadi mulai saat ini setiap hari sabtu Dinas Dukcapil membuka pelayanan kepada masyarakat Kota Manado yang dilakukan di kantor Disdukcapil yang berlokasi di kantor Walikota Manado,” sebut Kontu.


Bagi Kontu hal itu dalam rangka memberi kemudahan dalam pelayanan khususnya yang sibuk di hari kerja, demi kepemilikan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk).


“Yang jelas di awal tahun ini, Disdukcapil kota Manado membuka layanan pada hari libur (Sabtu),” terangnya, saat diwawancarai, Jumat (12/1/2024).


*Middle*

Jumat, 12 Januari 2024

Target 4 Kursi dan Siap Menangkan Ganjar-Mahfud, Kampanye PDIP di Malalayang

Target 4 Kursi dan Siap Menangkan Ganjar-Mahfud, Kampanye PDIP di Malalayang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  Daerah Pemilihan (Dapil) Sario-Malalayang  menggelar kampanye, taget 4 kursi Legislatif dan menangkan Ganjar Mahfud di lapangan Bantik, Malalayang, Manado,Jumat (13/01/2024).

 

Politikus PDIP yang juga Ketua DPC PDIP Manado dr Richard Sualang dihadapan ribuan simpatisan dan kader menyampaikan orasi pemenangan PDI Perjuangan.


"Kita tau bahwa PDIP adalah partai wong cilik milik rakyat dan anak muda. Mari kita berjuang bersama, menangkan calon-calon PDIP di Kota Manado bahkan di seluruh Indonesia," ucap Sualang.


Tak lupa pula, Sualang mengajak, para kader dan simpatisan untuk konsisten menagkan para caleg-caleg, Capres-Cawapres PDIP Ganjar-Mahfud di TPS 14 Februari 2024 saat pemilu.


“Saya berharap ribuan massa dan simpatisan ini akan tetap konsisten memenangkan PDI Perjuangan, baik caleg dan capres-cawapres sehingga kita mampu mencetak tiga kali kemenangan untuk skala nasional,” 

harap Sualang.


Selanjutnya, satu per satu caleg di Dapil Sario-Malalayang berorasi bahkan, beberapa caleg PDI Perjuangan Dapil Manado ke DPRD Provinsi diberi kesempatan. Seperti Irene G Pinontoa, Apriano Ade Saerang, Jean Laluyan dan lainnya.


Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut Andrei Angouw mengingatkan, 33 hari lagi menuju Pemilu 2024 untuk memilih pemimpin dari kader PDIP.


"PDI Perjuangan harus menang, harus kompak untuk menjaga Pancasila dan NKRI," terang Angouw di penghujung kegiatan kampanye.


*Middle

Kamis, 11 Januari 2024

Terkait Perbaikan Infrastruktur, Wali Kota Rapat Teknis Dengan BWS Sulut

Terkait Perbaikan Infrastruktur, Wali Kota Rapat Teknis Dengan BWS Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima kunjungan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulut I Ir. Sugeng Harianto M.Si, M.T diruang kerjanya, Kamis (11/01/2023).


Pada pertemuan itu, dibahas beberapa hal teknis sehubungan dengan program BWS Sulut I terkait beberapa sungai yang ada di Kota Manado. Ini nantinya akan disinkronkan dengan program Pemerintah Kota terhadap perbaikan infrastruktur diseputaran sungai-sungai tersebut.


Walikota mengatakan, sungai-sungai yang mengairi Kota Manado adalah DAS Tondano, Sungai Sario, Sungai Tikala, Sungai Malalayang, sungai Mahawu dan lainnya. 


"Kami meminta untuk adanya pengerukan dibeberapa titik Sungai khususnya dimuara-muara seperti di kompleks pasar bersehati, muara sungai sario boulevard dll," sebut Walikota Angouw.


Selanjutnya, Wali Kota juga menanyakan soal pekerjaan di bantaran sungai di Pasar Bersehati yang menurut BWS rencananya akan mulai dilaksanakan awal Februari. 


"Tentunya kami juga menyampaikan, ke pihak BWS untuk dapat melihat landscapenya supaya sinkron dengan program penataan infrastruktur pemerintah kota yang akan dilaksanakan di lokasi ini," ucap Angouw.


Ditanyakan juga soal Waduk yang ada seperti di Banjer dan Pos Pantau di DAS Tondano ikut disampaikan kepihak BWS untuk bisa disinkronkan dengan program dan kebijakan lainnya.


"Apa yang akan dilakukan, dikoordinasikan demi kenyamanan masyarakat kota Manado, selain tentunya untuk menjadikan kota Manado lebih apik, estetik dan bersih," terang Walikota.


Turut hadir dalam pertemuan ini, Pejabat teknis BWS Sulut lainnya, Kadis PUPR Kota Manado Jhonny Suwu S.T dan juga pejabat teknis PUPR lainnya.


*Middle*

Walikota dan Wakil Walikota Manado Ingatkan SKPD Tentang Kemitraan dengan Media

Walikota dan Wakil Walikota Manado Ingatkan SKPD Tentang Kemitraan dengan Media


MANADO, CARIKABAR.ID - Dalam rangka memujudkan Kota Manado Maju dan sejahtera Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr Richard Sualang memaparkan sejumlah program yang berhasil dilaksanakan tahun 2023 dan yang akan dilaksanakan tahun 2024.


Hal tersebut disampaikan Walikota dan Wawali saat acara Konferensi Pers Pemerintah kota Manado melalui Dinas Kominfo di aula kantor BKPSDM Kota Manado, Kamis (11/01/2024).


Walikota mengatakan perlu adanya kemitraan dalam penyampaian informasi program pelayana ke masyakar melalui media.


"Jadi ini bukan puji-puji tapi bagaimana program pemerintah bisa terkomunikasi dengan baik kepada masyarakat," kata Wali Kota membuka pembicaraan dalam konferensi pers ini.


Dijelaskan Wali kota, berbagai program yang selama ini sedangkan digalakkan, seperti masalah kesehatan bagaimana kita menyikapinya dengan memperkuat puskesmas-puskesmas.


"Dibidang pendidikan adalah memperkuat kualitas pendidikan lewat anak didik termasuk membenahi fasilitas pendidikan serta peningkatan kualitas pendidikan lewat pelatihan-pelatihan," kata Walikota


Lanjut Walikota, prasarana dan sarana umum yang ada dilingkungan-lingkingan, bagi Wali Kota sedang dilakukan perbaikan. Fakir miskolin, anak terlantar, lansia yang susah sudah dibantu oleh pemerintah kota. Khusus Lansia, ada 1.941 lansia yang layak untuk dibantu sudah dilakukan. 


"Kalau kita bantu tidak tepat sasaran justru akan terjadi keributan ditengah masyaralat sebab akan terkesan tidak adil. Bantuan duka juga jalan sejak tahun 2022 dalam bentuk perlengkapan duka seperti kain kafan, peti mati dll yang tidak bisa diuangkan," ucap Walikota Angouw.


Sementara itu, Wakil Wali Kota dr Richard Sualang menambahkan soal bagaimana kita lebih memperkuat arah komunikasi antara kalangan pers dengan Pemerintah Kota.


"Arah Komunikasi antara pemerintah dengan pers ini harus berjalan dengan baik," sebut Wawali Sualang.


Soal program-program pemerintah yang harus disosialisasikan kepada masyarakat sambil menggaris-bawahi apa yang sudah disinggung oleh Wali Kota soal pemberitaan yang sifatnya edukasi kepada masyarakat. 


"Jadi informasi ini harus tersampaikan secara baik kepada masyarakat. Keluhan-keluhan yang ada ditengah masyarakat ketika akan diberitakan harus proporsional supaya ada keseimbangan," kata Wawali. 


Kepada dinas dan SKPD harus lebih responsif agar pelaksanaan program akan lebih baik ditengah masyarakat.

 

"Jadi soal kemitraan antara pemerintah dengan pers ini harus berjalan dengan baik dan jaga secara bersama-sama," kunci Wawali.


Hadir dalam acara yang dipandu dan dimoderatori oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimlinan Glad Taliawo S.IP, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Kepala SKPD, para camat dan pejabat Eselon lainnya Juga Ketua APM Manado Steven Rondonuwu serta anggota APM.


*Middle*

Rabu, 10 Januari 2024

Peringatan HUT Ke-51 PDI Perjuangan Diikuti Jajaran DPD Sulut dan DPC Kota Manado Dikantor DPC PDIP Kota Manado yang Baru

Peringatan HUT Ke-51 PDI Perjuangan Diikuti Jajaran DPD Sulut dan DPC Kota Manado Dikantor DPC PDIP Kota Manado yang Baru


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Ketua Bidang Politik DPD PDI Perjuangan Sulut Drs Steven O.E. Kandouw dan Jajaran pengurus PDI Perjuangan Sulawesi Utara dan DPC Kota Manado menghadiri kegiatan HUT Ke 51 PDI Perjuangan di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Manado di Jalan Ringroad GPI Kecamatan Mapanget Manado, Rabu (10/01/2024).


Kegiatan acara HUT ke 51 di laksanakan secara daring tersebut di ikuti juga, para caleg, pengurus dan anggota partai serta undangan mengikuti secara langsung acara seremonial HUT ke 51 PDI Perjuangan disiarkan dari tempat Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.


Kegiatan itu juga sekaligus mendengarkan arahan dan Pidato Politik Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Hj. Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri yang pada HUT Ke 51 kali ini mengangkat tema; “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang.”


Ikut memberikan sambutan pada HUT PDI Perjuangan ini adalah Capres Ganjar Pranowo serta Wakil Presiden Prof. Dr. Ma’ruf Amin.


Hadir dalam acara di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Manado ini, Wali Kota Manado Andrei Angouw yang juga sebagai Bendahara DPD PDI Perjuangan Sulut, Sekretaris DPD Reza Rumambi S.E, Wkl. Ketua DPD Joune Ganda yang juga sebagai Bupati Minut, Wakil Ketua DPD Wenny Lumentut, Wakil Ketua DPD Berti Kapoyos, Roy Roring, Anggota DPRD Provinsi Sulut Ir. Jems Tuuk, Vonny Paat, Sandra Rondonuwu, Stien Kambey dll,


Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado dr. Richard Sualang yang juga sebagai Wakil Wali Kota Manado, Caleg DPRD Sulut Dapil Manado Ibu Irene Golda Pinontoan, Ketua DPRD Kota Manado Ibu Altje Dondokambey, para anggota DPRD Kota Manado.


Usai makan siang, disela acara HUT ini PDI Perjuangan memberikan Apresiasi kepada petugas kebersihan di Kota Manado.


Apresiasi dilakukan dalam bentuk pemberian bantuan yang diserahkan secara simbolis disaksikan pengurus DPD PDI Perjuangan Sulut Joune Ganda dan Roy Roring serta Wakil Wali Kota Manado yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado dr. Richard Sualang.


*Middle*

STAK CBI Sukses Gelar Ibadah Perayaan Natal

STAK CBI Sukses Gelar Ibadah Perayaan Natal


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ibadah perayaan Natal Yesus Kristus Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sekolah Tinggi Agama Kristen Cahaya Bangsa Indonesia (STAK CBI), bertempat di Gratia Cafe & Bakery, Malalayang, Kota Manado, Rabu (10/01/2024) malam.


Ibadah dipimpin Kepala Bidang Urusan Agama Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Pdt Meidy Tasik, M.Pdk dengan mendasarkan khotbah renungan natal dalam bacaan Alkitab pada Yohanes 1 ayat 1-12, 'Natal yang memberkati.'


"Perayaan natal ini hendaknya menjadi berkat bagi banyak orang, seperti lilin yang dapat menjadi terang di tengah kegelapan dunia ini," sebut Pdt Tasik.


    Foto Pdt Meidy Tasik sedang khotbah


Sambutan Ketua Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sulawesi Utara Pdt Altje Tangkuman, M.Pdk menjelaskan, perayaan natal adalah momentum mengingat kasih Tuhan.


"Meski perayaan natal baru dibuat sekarang ini, namun tidak mengurangi arti natal yang mengingatkan pentingnya kasih dalam hidup kekristenan," ucap Pdt Altje.


Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya yang di sampaikan Kabid Pendidikan Pdt Dr Aneke Purukan, S.Th, M.Pdk mengajak untuk merayakan natal harus menjadi berkat bagi orang lain.


"Dalam perayaan natal ini diingatkan, sebagai lembaga pendidikan harus terus meningkatkan kualitas pendidikan juga yayasan untuk terus berbenah dan bangun komunikasi dengan lembaga yang terkait," kata Pdt Aneke.


    Foto Panitia Pelaksana, Pdt Ronald                    Pangerapan, Pdt Denny Tendean, Pdt                Teddy Lumenta.


Sementara itu Rektor STAK CBI Pdt Dr Moudy Watung, M.Th, M.Pdk dalam doanya mengapresiasi panitia natal alumni STAK CBI yang telah melaksanakan momentum tahunan umat kristiani.


"Segala jeri paya panitia dan seluruh alumni kiranya diberkati Tuhan bahkan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini juga duberkati Tuhan," ucap Pdt Moudy dalam doanya.


Sekretatis Panitia pelaksana Pdt Teddy Lumenta, S.Th, M.Th menyampaikan syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya acara natal STAK CBI.


"Tentunya dengan dukungan dan suport dari Pimpinan Yayasan dan lembaga pendidikan serta seluru panitia dan alumni STAK CBI, Tuhan Yesus Memberkati kita semua," tutur Pdt Teddy di amini Ketua Pdt Denny Tendean dan Bendahara Pdt Ronald Pangerapan.


*Middle*














STAK CBI Sukses Gelar Ibadah Perayaan Natal


MANADO, CARIKABAR.ID - Ibadah perayaan Natal Yesus Kristus Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sekolah Tinggi Agama Kristen Cahaya Bangsa Indonesia (STAK CBI), bertempat di Gratia Cafe & Bakery, Malalayang, Kota Manado, Rabu (10/01/2024) malam.


Ibadah dipimpin Kepala Bidang Urusan Agama Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Pdt Meidy Tasik, M.Pdk dengan mendasarkan khotbah renungan natal dalam bacaan Alkitab pada Yohanes 1 ayat 1-12, 'Natal yang memberkati.'


"Perayaan natal ini hendaknya menjadi berkat bagi banyak orang, seperti lilin yang dapat menjadi terang di tengah kegelapan dunia ini," sebut Pdt Tasik.


Sambutan Ketua Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sulawesi Utara Pdt Altje Tangkuman, M.Pdk menjelaskan, perayaan natal adalah momentum mengingat kasih Tuhan.


"Meski perayaan natal baru dibuat sekarang ini, namun tidak mengurangi arti natal yang mengingatkan pentingnya kasih dalam hidup kekristenan," ucap Pdt Altje.


Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya yang di sampaikan Kabid Pendidikan Pdt Dr Aneke Purukan, S.Th, M.Pdk mengajak untuk merayakan natal harus menjadi berkat bagi orang lain.


"Dalam perayaan natal ini diingatkan, sebagai lembaga pendidikan harus terus meningkatkan kualitas pendidikan juga yayasan untuk terus berbenah dan bangun komunikasi dengan lembaga yang terkait," kata Pdt Aneke.


Sementara itu Rektor STAK CBI Pdt Dr Moudy Watung, M.Th, M.Pdk dalam doanya mengapresiasi panitia natal alumni STAK CBI yang telah melaksanakan momentum tahunan umat kristiani.


"Segala jeri paya panitia dan seluruh alumni kiranya diberkati Tuhan bahkan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini juga duberkati Tuhan," ucap Pdt Moudy dalam doanya.


Sekretatis Panitia pelaksana Pdt Teddy Lumenta, S.Th, M.Th menyampaikan syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya acara natal STAK CBI.


"Tentunya dengan dukungan dan suport dari Pimpinan Yayasan dan lembaga pendidikan serta seluru panitia dan alumni STAK CBI, Tuhan Yesus Memberkati kita semua," tutur Pdt Teddy di amini Ketua Pdt Denny Tendean dan Bendahara Pdt Ronald Pangerapan.


*Middle*







STAK CBI Sukses Gelar Ibadah Perayaan Natal


MANADO, CARIKABAR.ID - Ibadah perayaan Natal Yesus Kristus Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sekolah Tinggi Agama Kristen Cahaya Bangsa Indonesia (STAK CBI), bertempat di Gratia Cafe & Bakery, Malalayang, Kota Manado, Rabu (10/01/2024) malam.


Ibadah dipimpin Kepala Bidang Urusan Agama Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Pdt Meidy Tasik, M.Pdk dengan mendasarkan khotbah renungan natal dalam bacaan Alkitab pada Yohanes 1 ayat 1-12, 'Natal yang memberkati.'


"Perayaan natal ini hendaknya menjadi berkat bagi banyak orang, seperti lilin yang dapat menjadi terang di tengah kegelapan dunia ini," sebut Pdt Tasik.


Sambutan Ketua Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sulawesi Utara Pdt Altje Tangkuman, M.Pdk menjelaskan, perayaan natal adalah momentum mengingat kasih Tuhan.


"Meski perayaan natal baru dibuat sekarang ini, namun tidak mengurangi arti natal yang mengingatkan pentingnya kasih dalam hidup kekristenan," ucap Pdt Altje.


Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya yang di sampaikan Kabid Pendidikan Pdt Dr Aneke Purukan, S.Th, M.Pdk mengajak untuk merayakan natal harus menjadi berkat bagi orang lain.


"Dalam perayaan natal ini diingatkan, sebagai lembaga pendidikan harus terus meningkatkan kualitas pendidikan juga yayasan untuk terus berbenah dan bangun komunikasi dengan lembaga yang terkait," kata Pdt Aneke.


Sementara itu Rektor STAK CBI Pdt Dr Moudy Watung, M.Th, M.Pdk dalam doanya mengapresiasi panitia natal alumni STAK CBI yang telah melaksanakan momentum tahunan umat kristiani.


"Segala jeri paya panitia dan seluruh alumni kiranya diberkati Tuhan bahkan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini juga duberkati Tuhan," ucap Pdt Moudy dalam doanya.


Sekretatis Panitia pelaksana Pdt Teddy Lumenta, S.Th, M.Th menyampaikan syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya acara natal STAK CBI.


"Tentunya dengan dukungan dan suport dari Pimpinan Yayasan dan lembaga pendidikan serta seluru panitia dan alumni STAK CBI, Tuhan Yesus Memberkati kita semua," tutur Pdt Teddy di amini Ketua Pdt Denny Tendean dan Bendahara Pdt Ronald Pangerapan.


*Middle*













STAK CBI Sukses Gelar Ibadah Perayaan Natal


MANADO, CARIKABAR.ID - Ibadah perayaan Natal Yesus Kristus Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sekolah Tinggi Agama Kristen Cahaya Bangsa Indonesia (STAK CBI), bertempat di Gratia Cafe & Bakery, Malalayang, Kota Manado, Rabu (10/01/2024) malam.


Ibadah dipimpin Kepala Bidang Urusan Agama Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Pdt Meidy Tasik, M.Pdk dengan mendasarkan khotbah renungan natal dalam bacaan Alkitab pada Yohanes 1 ayat 1-12, 'Natal yang memberkati.'


"Perayaan natal ini hendaknya menjadi berkat bagi banyak orang, seperti lilin yang dapat menjadi terang di tengah kegelapan dunia ini," sebut Pdt Tasik.


Sambutan Ketua Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sulawesi Utara Pdt Altje Tangkuman, M.Pdk menjelaskan, perayaan natal adalah momentum mengingat kasih Tuhan.


"Meski perayaan natal baru dibuat sekarang ini, namun tidak mengurangi arti natal yang mengingatkan pentingnya kasih dalam hidup kekristenan," ucap Pdt Altje.


Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya yang di sampaikan Kabid Pendidikan Pdt Dr Aneke Purukan, S.Th, M.Pdk mengajak untuk merayakan natal harus menjadi berkat bagi orang lain.


"Dalam perayaan natal ini diingatkan, sebagai lembaga pendidikan harus terus meningkatkan kualitas pendidikan juga yayasan untuk terus berbenah dan bangun komunikasi dengan lembaga yang terkait," kata Pdt Aneke.


Sementara itu Rektor STAK CBI Pdt Dr Moudy Watung, M.Th, M.Pdk dalam doanya mengapresiasi panitia natal alumni STAK CBI yang telah melaksanakan momentum tahunan umat kristiani.


"Segala jeri paya panitia dan seluruh alumni kiranya diberkati Tuhan bahkan semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini juga duberkati Tuhan," ucap Pdt Moudy dalam doanya.


Sekretatis Panitia pelaksana Pdt Teddy Lumenta, S.Th, M.Th menyampaikan syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya acara natal STAK CBI.


"Tentunya dengan dukungan dan suport dari Pimpinan Yayasan dan lembaga pendidikan serta seluru panitia dan alumni STAK CBI, Tuhan Yesus Memberkati kita semua," tutur Pdt Teddy di amini Ketua Pdt Denny Tendean dan Bendahara Pdt Ronald Pangerapan.


*Middle*