Selasa, 30 Januari 2024

Walikota Manado Beberkan Optimalisasi Call Center 112 di Acara Podcast RRI Manado

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw hadir di RRI Manado untuk mengisi acara Podcast di Forum Kawanua yang dipandu oleh Stevie Kolibu terkait Optimalisasi Call Center 112 di Pemerintah Kota Manado. Selasa (30/01/2024).


Wali Kota Manado di dampingi  Kadis Kominfo Rein Heydemans mengatakan, call center 112 ini adalah untuk membangun komunikasi dengan warga. 


"Jadi kita berharap bisa berkomunikasi dengan masyarakat dan bisa menerima keluhan warga yang sifatnya emergency seperti kebakaran, gangguan kamtibmas, gangguan listrik, gangguan air bisa dilaporkan ke 112,"  jelas Wali Kota.


Alurnya adalah ke komen center dan pelayanan ini juga bisa dikoordinasikan dengan ketua-ketua lingkungan. Ketika ditanya Soal pembiayaan ke 112, Wali Kota mengatakan free atau gratis dan bebas pulsa.


"Personil  Call Centre 112 di Manado adalah para personilnya adalah profesional yang dilatih untuk operasionalisasi dari call centre itu sendiri," kata Walikota.


Bagi Wali Kota, Call Center 112 Kota Manado berkerjasama dengan berbagai pihak, seperti Polres, PLN, BPN, BPJS  Perbankan dll.


"Khusus Polres dan PLN mendapat apresiasi dari Pemkot karena responsif yang cukup tinggi dalam kaitan operasionalisasi Call Center 112," ucap Walikota Angouw.


Diingatkannya juga, kalau bukan hal penting atau emergency tidak perlu ke 112 tapi bisa dikomunikasikan ke Ketua-Ketua Lingkungan tapi juga pelayanan ambulance sering dilakukan lewat call centre 112 dan ini pelayanan kesehatan yang emergency, menurut Wali Kota.


"Dalam acara ini dibuka layanan dialog dengan warga. Pengembangan kedepan untuk call centre 112 adalah laporan yang bisa langsung ke Whatsapp jika terkendala lewat telepon," sebut Wali Kota. 


Lebih dalam, Wali Kota juga menjelasakan, ketika menerima beberapa pertanyaan warga sehubungan dengan pemanfaatan layanan call center 112 tentang berbagai keluhan warga.


"Ketika muncul keluhan warga bisa berkoordinasi dengan Ketua Lingkungan lewat Grup WA dengan Ketua-Ketua Lingkungan setempat," ujar Angouw.


Soal musik-musik ribut, sabung ayam, Masyarakat bisa memanfaatkan dan menghubungi WA grup Ketua-Ketua Lingkungan, untuk segera ditindak-lanjuti, yakni difollow-up dan berkerjasama dengan aparat kepolisian termasuk memanfaatkan tokoh-tokoh agama agar masyarakat diberikan pembinaan. 


"Soal laporan Warga di komunikasikan ke Ketua Lingkungan nanti akan dikoordinasikan ke tingkat kecamatan, tingkat SKPD/Dinas-Dinas hingga ke layanan informasi ke tingkat Pemerintah Kota," urai Wali Kota.


Untuk rewad and punishment kepada para pejabat dan pelaksana pemerintahan, tetap dijalankan dan diterapkan didalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.


Sebagai himbauan kepada masyarakat, Walikota berharap layanan 112 ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dan tolong gunakan layanan ini secara bertanggungjawab sebagaimana mestinya.


"Diluar 112 Wali Kota juga berharap bisa masuk dalam Whatsapp bersama Ketua-Ketua lingkungan setempat," kunci Wali Kota.


Diketahui, diakhir kegiatan itu juga, selesai mengisi acara, Wali Kota menerima penghargaan dari RRI Manado.


*Middle*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: