Kamis, 29 Februari 2024

Walikota Manado Andrei Angouw Terima Kunker Pj Walikota Pangkal Pinang di Ruang Kerjanya

Walikota Manado Andrei Angouw Terima Kunker Pj Walikota Pangkal Pinang di Ruang Kerjanya


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima kunjungan kerja Penjabat Wali Kota Pangkal Pinang diruang kerjanya, Kamis (29/02/2024).


Kunjungan kerja Wali Kota Pangkal Pinang Dra. Lusje Anneke Tabalujan, M.Pd. dalam rangka tukar informasi sehubungan dengan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. 

"Secara spesifik kehadiran kami adalah, dalam rangka Pengendalian Kegiatan Strategis untuk Optimalisasi Penyerapan Anggaran. Ikut dibicarakan situasi dan kondisi wilayah, kependudukan, soal ekonomi, APBD, PDRB, PDAM dan lain sebagainnya," sebut Tabalujan.


Kemudian, acara dilanjutkan dengan pertemuan di Aula Serbaguna. 


Wali Kota Manado menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus menyampaikan selayang pandang tentang Kota Manado dan ikut menyampaikan kondisi Kota Manado sebagai Kota Jasa, sebagai ibukota Provinsi.


"Soal pariwisata termasuk kondisi Bandara Internasional Sam Ratulangi yang ikut membuka penerbangan ke China, Jepang, Singapura, dan Korea, soal sektor ekonomi di Kota Manado serta program-program lainnya sedang dikembangkan," jelas Walikota Angouw.


Hadir dalam Kunjungan ini Penjabat Wali Kota Pangkal Pinang, Kejari Pangkal Pinang, para pejabat seperti Asisten, Direktur PDAM Pangkal Pinang dan staf lainnya. 


Sementara itu, hadir mendampingi Wali Kota Manado Sekretaris Kota Manado Dr. Mincler C.S. Lakat S.H.,M.H, Asisten II Atto Bulo S.H.,M.M, Kadis PUPR John Suwu S.T, Kadis Kesehatan dr. Steaven Dandel M.Ph, Kadisnaker Paul Sualang S.H dan pejabat lainnya.


*Middle*


Rabu, 28 Februari 2024

Pemerintahan AARS, Bantuan Duka Terus Bergulir dan Tepat Sasaran

Pemerintahan AARS, Bantuan Duka Terus Bergulir dan Tepat Sasaran


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado benar-benar komitmen dalam hal memberi bantuan bagi masyarakat yang berduka dengan mengeluarkan program Bantuan Duka untuk tujuan menyasar kepada warga yang kurang mampu.


Program Bantuan Duka tersebut sudah dijalankan pemerintahan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang sejak awal tahun 2023.


Sebagaimana, data yang didapat dari Dinas Sosial Kota Manado, paket Bantuan Duka yang diserahkan kepada masyarakat itu ialah peti mati, kain kafan, dan perlengkapan duka lainnya. 


Dikatakan, Kepala Dinas Sosial Kota Manado, Rollies Rondonuwu, masyarakat penerima bantuan paket duka tersebut adalah warga yang terdaftar dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


“Jadi yang menerima bantuan paket duka tersebut adalah warga yang ber KTP Manado, dan yang terdaftar di sistem DTKS dengan beberapa kategori masyarakat yang berhak mendapatkan Bantuan Duka tersebut yaitu masyarakat yang kurang mampu, miskin, dan sangat miskin," ucap Rondonuwu.


Lanjut, Rondonuwu membeberkan untuk data paket yang telah direalisasikan sejak awal tahun 2024 sampai saat ini sudah mencapai 822 paket duka. Bantuan Duka Pemerintah Kota Manado, dalam bentuk Kelengkapan Jenasah, yg diberikan kepada Masyarakat Kota Manado, yg tersensus oleh Ketua Lingkungan dgn strata sosial ; Kurang Mampu, Miskin, Sangat Miskin.

"Tahun anggaran 2023 paket jenasah dan kelengkapannya berjumlah 533 paket yang diserahkan pemerintah kota. Untuk kain kafan dan kelengkapannya berjumlah 87 paket. Tahun 2024 di bulan Januari dan Februari sementara berjalan ini sudah 181 paket peti jenasah dan kelengkapannya dan 21 paket kain kafan dan kelengkapannya," terang Rondonuwu. 


Sementara itu, Walikota Andrei Angouw menjelaskan, program dana duka tersebut memang tidak ada dalam visi dan misi pemerintahan saat ini. Namun menurutnya, pemerintah perlu membantu orang yang sedang berduka. 


"Dana duka itu tidak ada dalam visi dan misi Andrei Angouw dan Richard Sualang. Tapi sambil berjalan, kita (pemkot) merasa masyarakat yang berduka itu perlu dibantu yang berduka dan orang susah," jelas Walikota Angouw.


Menurut, Angouw Pemerintah saat ini menganti program dana duka dengan program Bantuan Duka, dan menurutnya program itu sudah berjalan selama setahun itu tidak dalam bentuk dana. 


"Sudah setahun ini, dari awal tahun 2023, pemerintah Kota Manado mempunyai program. Namanya program Bantuan Duka. Program ini tidak dalam bentuk dana. Tujuannya untuk meminimalisir penyalahgunaan dana," ungkapnya.


Diketahui, selain menyalurkan Bantuan Duka, pemerintah Kota Manado juga menyediakan lahan pekuburan, termasuk  pembuatan bak dan penutup lubang kubur dari beton dan pelayanan ambulans, semuanya diberikan secara gratis bagi warga Kota Manado yang kurang mampu.

*Middle*

Senin, 26 Februari 2024

Sejak Awal 2023 Pemkot Manado Memberikan Bantuan Duka dan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Masyarakat

Sejak Awal 2023 Pemkot Manado Memberikan Bantuan Duka dan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado, saat ini menganti program dana duka itu dengan program Bantuan Duka. Menurut walikota, program yang sudah berjalan selama setahun itu tidak dalam bentuk dana. 


Walikota Manado Andrei Angouw menanggapi kisruh yang beredar di media sosial saat ini, yaitu terkait dana duka. Program dana duka tersebut tidak ada dalam visi dan misi pemerintahan saat ini, Namun, pemerintah perlu membantu orang yang sedang berduka. 


"Dana duka itu tidak dalam visi dan misi Andrei Angouw dan Richard Sualang. Tapi sambil berjalan, kita (pemkot) merasa masyarakat yang berduka itu perlu di bantu yang berduka yang orang susah," ujar Angouw.


Dikatakan, Walikota Angouw, kepada media pada Senin (26/02/2024), Pemerintah Kota Manado mempunyai program Bantuan Duka namun tidak dalam bentuk Dana.


"Sudah setahun ini, dari awal tahun 2023, pemerintah Kota Manado mempunyai program. Namanya program Bantuan Duka. Program ini tidak dalam bentuk dana. Tujuannya untuk meminimalisir penyalahgunaan tentunya," sebutnya. 


Menurut Walikota, Program Bantuan Duka tersebut diberikan kepada warga yang tergolong tidak mampu, yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

"Bantuan duka itu berupa peti mati, perlengkapan duka, dan kain kafan. Sampai saat ini, rata-rata perbulan itu sekitar 70 peti mati dan sekitar 20 kain kafan yang diberikan Pemkot Manado kepada warga yang susah," sebut Angouw. 

Lanjut, bagi Walikota Andrei Angouw tak hanya itu, pemerintah juga memberikan BPJS ketenagakerjaan kepada warga Kota Manado yang merupakan pekerja rentan. 

"Disamping itu, Pemkot Manado juga memberikan BPJS tenaga kerja, untuk masyarakat Kota Manado yang pekerja rentan. Pekerja informal, dan UMKM itu ada sekitar 30.000 warga Kota Manado yang ter cover BPJS Ketenagakerjaan dan itu dibayarkan oleh Pemkot Manado. Itu mendapatkan 42 juta. Tentu itu dipakai untuk penguburan juga, dan juga dipakai untuk kelangsungan hidup dari keluarga, anak sekolah dan lain sebagainya," terang Walikota.


*Middle*

Minggu, 25 Februari 2024

Dibuka Pendaftaran Paskibraka 2024 Kota Manado

Dibuka Pendaftaran Paskibraka 2024 Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka  HUT ke-79 RI tahun 2024 ini, Pemerintah Kota Manado telah membuka tahapan pendaftaran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024. 

Sekretaris Daerah Kota Manado, Dr. Micler Lakat, SH MH mengatakan rekrutmen dan seleksi, Pasukan yang akan berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus dilakukan dengan ketat. 


"Tahapan rekrutmen dan seleksi untuk calon paskibraka di Kota Manado telah dibuka. Pasti seleksi yang kami lakukan untuk calon paskibraka objektif dengan berbagai parameter penilaian," ujar Lakat. 


Menurut Sekor Lakat yang didampingi Kaban Kesbangpol Conny M Lantu, pada Senin (26/02/2024) menjelaskan, Sesuai surat edaran nomor 200.1/B.05/2024 oleh sekretariat daerah Kota Manado, para calon paskibraka diharuskan mendaftarkan diri sesuai tanggal yang telah ditentukan. 


"Jadi untuk tanggal pendaftaran calon paskibraka Kota Manado yaitu 28 Februari - 13 Maret 2024. Kita buka secara online di website https://paskibraka.bpip.go.id. Para peserta dari SMA/SMK/MA sederajat yang ada di wilayah administrasi Kota Manado," sebut Lakat. 


Sekot Lakat pun berharap,  proses seleksi paskibraka ini bisa dilakukan dengan baik dan sesuai aturan. 

"Proses seleksi ini tentunya harus dilakukan dengan berpegang pada norma dan aturan yang berlaku. Agar supaya, tidak ada lagi masalah-masalah ke depannya, para siswa harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang sudah di sosialisasikan, " kunci Lakat.

*Middle*


Sabtu, 24 Februari 2024

Ribuan Masyarakat Saksikan Ritual Cap Go Meh Kompleks Klenteng Ban Hing Kiong Manado

Ribuan Masyarakat Saksikan Ritual Cap Go Meh Kompleks Klenteng Ban Hing Kiong Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Umat Tridharma Kota Manado melaksanakan kegiatan prosesi Goan Siau ritual Cap Go Meh Imlek 2575 dengan penuh meriah, Sabtu (24/02/2024).


Acara tersebut di buka secara langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw di dampingi Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang.


Wagub Steven Kandouw mengatakan, perayaan Cap Go Meh merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat Sulawesi Utara terlebih Kota Manado untuk di jaga dan dilestarikan.


"Hal ini bukan hanya ritual keagamaan tapi suatu pesta budaya atau tradisi yang harus kita rawat sesuai dengan baik dan sebagai Pemerintah kami mengapresiasi panitia yang menyelenggarakan kegiatan ini," kata Kandouw.


    Foto, para tamu undangan di panggung          utama.


Sementara itu, Walikota Manado Andrei Angouw menyampaikan, acara ritual keagamaan ini di dukung oleh pemerintah Kota Manado sebagain bukti Kota Toleransi beragama.


"Kegiatan ini juga di jadikan agenda pariwisata Kota Manado untuk dapat di promosikan, sehingga di harapkan acara dapat berlangsung dengan baik seperti sekarang yang disaksikan langsung oleh masyarakat Kota Manado maupun dari luar," ucap Angouw.


    Foto Panitia Pelaksana, Ridwan.


Ditempat lain, Panitia penyelenggara Ridwan mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan yang di pusatkan di Klenteng Ban Hing Kiong.


"Tentunya keberhasilan acara suci ini tidak lepas dari kerja sama seluruh panitia dan pengurus klenteng dan dukungan pemerintah dan aparat keamanan serta dukungan keikut sertaan organisasi Adat Minahasa juga pihak sponsor lainnya," ungkap ko Ridwan.


Seperti diketahui, Belasan Tangsin dari Sembilan Klenteng ikut dalam prosesi yang mengambil rute dimulai dari samping Kelenteng Ban Hing Kiong, lurus ke arah jalan DI Panjaitan melewati panggung utama ke jalan Sisinga Mangaraja, lurus sampai ke jembatan Megawati, kemudian belok ke arah jalan Sasuit Tambun sampai jalan DR Soetomo.


Kemudian peserta pawai, masuk ke jalan Walanda Maramis lurus ke jalan Siswomiharjo dan kembali ke jalan DI Panjaitan sebelum finis kembali ke Klenteng Ban Hing Kiong.


Dari pantauan Media, barisan non ritual akan dibuka dengan Kabasaran, Paskibraka, drum band dan beberapa partisipan lainnya.


Parade utama yakni barisan ritual. Dimulai dengan gong pembuka, kemudian 36 bendera, kuda Locia pasukan langit, 8 petugas sembahyang, ada naga dan barongsai serta musik bambu, Kereta hias, barisan tujuh setiap tempat ibadah Tridharma yang direstui bersama usungan Kio dan Tang Sin.


Hadir bersama pada acara ini, Pj Gubernur Papua Barat Bernard Rondonuwu, Ketua TP PKK Kota Manado  Irene Golda Angouw-Pinontoan, Kapolres Manado Kombes Pol Julianto Sirait, Ketua BKSAUA Manado Pdt Juddi Tunari, serta Undangan lainnya.


*Middle*

Selasa, 20 Februari 2024

Pleno MD GPdI Sulut Lantik Pdt Ferry Rumenser Ketua KDP3

Pleno MD GPdI Sulut Lantik Pdt Ferry Rumenser Ketua KDP3


MANADO, CARIKABAR.ID
- Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara melantik Ketua Komisi Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KDP3) Pdt Ferry Rumenser, M.Th, M.Pd.


Acara pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) tersebut dilaksanakan pada Rapat Pleno lengkap MD GPdI Sulawesi Utara yang di hadiri Ketua MD Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu, Sekretaris Pdt Hanny Awuy, S.Th, M.Th dan Bendahara Pdt Dr Paul Saerang. Selasa (20/02/2024).


Ketua MD Pdt Yvonne Awuy-lantu melalui Sekretaris Pdt Hanny Awuy mengatakan, dalam rangka memaksimalkan pelayanan maka dilakukan pergantian antar waktu (PAW) sebagaimana visi misi MD GPdI Sulawesi Utara.


"Dalam melaksanakan tugas organisasi, dibutuhkan kerja yang optimal, sehingga tugas pelayanan penginjilan akan memberi manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan jemaat di lingkup GPdI Sulawesi Utara," kata Pdt Hanny.


Pdt Hanny Awuy juga, mengingatkan Pimpinan yang baru dilantik untuk segera melakukan konsolidasi dengan pengurus-pengurus yang terkait, sampai di tingkat Komisariat.


"Kamin berharap, agar sinergitas sesama pengurus dapat dijaga dengan baik, mulai dari tingkat Daerah sampai Komisariat Kabupaten/Kota, sehingga berdampak bagi jiwa-jiwa yang perlu di selamatkan," harap Pdt Hanny yang juga sebagai Gembala GPdI Imanuel Citraland Manado.


Biro Penginjilan MD GPdI Sulawesi Utara Pdt Jems Tombeng, S.Th mengapresiasi langka yang di ambil Ketua MD untuk pergantian antar waktu di jajaran Komisi Penginjilan.


"Saya berharap dengan adanya Ketua KD Penginjilan yang baru, semua program dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggu jawab," ucap Pdt Tombeng.


Selanjutnya, Pdt Ferry Rumenser, menerima baik tanggung jawab baru yang dimandatkan Pimpinan MD GPdI Sulawesi Utara untuk kemajuan pelayanan di bidang penginjilan.


"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan lewat kepercayaan tugas pelayanan yang baru ini, dan berterima kasih kepada pimpinan. Tentunya mandat ini saya akan laksanakan dengan penuh tanggung jawab," sebut Pdt Rumenser.


Sebagaimana di ketahui jabatan Ketua Komisi Daerah Pelayanan Penginjilan Pantekosta (KDP3) GPdI Sulawesi Utara di jabat Pdt Oyke Woran, S.Th dan terhitung mulai hari ini, Selasa (20/02/2024) Ketua KDP3 GPdI Sulawesi Utara yang baru yakni Pdt Ferry Rumenser, M.Th, M.Pd yang juga sebagai Gembala GPdI Tanggari.


*Middle*


Senin, 19 Februari 2024

Dihadiri Walikota, PDAM Manado Gelar Sosialisasi Penyambungan Air Bersih Gratis

Dihadiri Walikota, PDAM Manado Gelar Sosialisasi Penyambungan Air Bersih Gratis


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wanua Wenang Manado melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyambungan Air Bersih Gratis, di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (19/02/2024).


Kegiatan tersebut di hadiri langsung, Wali Kota Andrei Angouw di dampingi Sekretaris Daerah Micler Lakat dan Dirut PDAM Meiky Taliwuna.

 

Walikota Manado dalam sambutannya, mengajak menjaga kesatuan dan tetap melaksanakan pekerjaan masing-masing dan berterima kasih sebab pilpres dan Pileg di kota Manado sudah berjalan dengan baik.


Selanjutnya, Wali Kota mengatakan, pengelolaan air bersih adalah tugas jajaran Pemkot Manado dan merupakan salah satu bidang yang masih ketinggalan sebab beberapa tahun sebelumnya begitu banyak menghadapi kendala.


"Sehingga membutuhkan penataan manajemen, dan sarana gedung kantor serta peningkatan pelayanan," kata Angouw.


Menurut Angouw, sambungan sekarang baru sekitar 20 persen yang menurut Walikota akan digenjot bersama-sama yakni genjot untuk penambahan sambungan dan genjot pelayanan. 


"Kita harus bekerja bersama-sama untuk pelayanan air bersih kepada masyarakat. Ketua-ketua lingkungan harus membantu PDAM agar dapat terlaksana pelayanan air bersih yang baik kepada Masyarakat," terang Walikota.


Walikota juga meminta pihak PDAM agar mensosialisasi dengan baik program ini agar supaya program-program ini bisa lancar. Demikian halnya soal pencurian air lewat jaringan PDAM juga menjadi perhatian Walikota untuk disikapi. 


"Kami berharap, semoga pertemuan ini membawa hasil yang baik untuk pembangunan Kota Manado terutama soal pelayanan air bersih kepada masyarakat di Kota Manado," kunci Walikota.


Turut hadir dalam pertemuan ini, Asisten II Atto Bulo, S.H, M.M, para Direksi dan Pimpinan PDAM Wanua Wenang Manado, Kepala SKPD, Kabag Ekonomi David Kambey S.E. M.Si, Kabag Protokol Gladly Taliawo S.IP  Para Camat, Lurah dan Ketua-Ketua Lingkungan se-Kota Manado.


*Middle*

Sabtu, 17 Februari 2024

PDI-P Pastikan 18 Kursi DPRD Kota Manado

PDI-P Pastikan 18 Kursi DPRD Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- PDI Perjuangan Kota Manado dapat dipastikan lolos 18 kursi melampaui target awal jatah 16 kursi untuk Calong Legislatif pada kontestasi pemilihan anggota DPRD yang digelar, Rabu (14/02/2024).

Ketua DPC PDI-P Manado dr Richard Sualang mengatakan, Buktinya, Banteng moncong putih, masih terlalu tangguh untuk dikalahkan di Kota Manado. 

"Dalam hitungan internal partai telah melampaui para partai pesaing lainnya, yaitu telah mencapai 18 kursi. Kini dari 10 kursi yang ada, Banteng ketambahan 8 amunisi," kata Sualang.

Pencapaian tersebut tentunya menuai apresiasi dari masyarakat dan para petinggi partai moncong Putih di Sulawesi Utara. 

Menurut Wakil Ketua PDI-P Manado, Astrid Kumentas pada, Sabtu (17/02/2024). menyampaikan, khusus di Kota Manado, kemenangan itu menjadi kebanggaan sendiri. Dikarenakan, PDI Perjuangan Manado untuk yang kedua kalinya memenangkan pertarungan untuk Pilcaleg.


"Kami telah melakukan penghitungan dari C1 yang masuk dari saksi saksi kami di TPS. Dari hitung cepat ini dipastikan PDI Perjuangan masih menjadi pilihan utama rakyat Manado dengan berhasil meraih 18 kursi dari 40 kursi di DPRD Kota Manado," ucap Kumentas.


Sementara itu, di tempat yang sama, Jeffry Polii selaku Wakil ketua DPC PDI Bidang Kaderisasi PDI Perjuangan Kota Manado, mengatakan kemenangan PDI Perjuangan di Kota Manado merupakan kemenangan seluruh elemen masyarakat.


"Kemenangan spektakuler ini tentunya bukan hanya kemenangan PDI Perjuangan Manado, tapi kemenangan seluruh masyarakat Kota Manado," sebut Polii.

Kami akan bekerja keras untuk memenuhi aspirasi dan kepentingan masyarakat kota Manado sesuai dengan visi dan misi PDI Perjuangan. Atas nama DPC partai, kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan pilihan masyarakat Kota Manado. 

"Amanah ini akan kami jaga dengan penuh tanggung jawab untuk membangun Manado yang lebih maju dan sejahtera," kunci Polii yang kerap disapa bung Topa. 


Seperti diketahui, suara PDI Perjuangan untuk pemilihan legislatif di 5 daerah pemilihan (dapil) cukup signifikan, hal itu setelah dijumlahkan mencapai 92.279, hampir mencapai 100.000 total suara.


Ini capaian suara sementara PDI Perjuangan di setiap dapil:

Wenang - Wanea = 19.171

Tuminting - Bunaken = 15.007

Singkil - Mapanget = 25.417

Tikala - Paal 2 = 10.875

Sario Malalayang = 21.809


*Middle*

Jumat, 16 Februari 2024

Mendekati 16 Ribu Suara, PDIP Manado Raih 3 Kursi Legislatif Dapil Tuminting-Bunaken-Bunaken Kepulauan

Mendekati 16 Ribu Suara, PDIP Manado Raih 3 Kursi Legislatif Dapil Tuminting-Bunaken-Bunaken Kepulauan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Setelah beberapa Dapil meraup suara signifikan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Manado terus memperlihatkan juga dominasinya. Kini Dapil Tuminting - Bunaken - Bunaken Kepulauan, juga tak mau kalah.


Berdasarkan data C1 Jumat (16/02) malam, Moncong Putih sudah berhasil meraup suara lebih dari 15.000 bahkan telah  mendekati angka 16.000 suara. 


Ketua Ranting PDIP Kelurahan Molas Ferdinando Pahinseke mengatakan, perolehan suara tertinggi saat ini adalah Caleg Elryc Milano Mosal disusul Herrry Kolondam. 


"Mosal meraih suara saat ini 3.200 lebih, sementara Herko mencapai 3.000 suara, menyusul Selvy Pandean dan Vanda Pinontoan dengan capaian suara hampir berimbang di kisaran 2000-an, selanjutnya Steiven Zeekeon, Juddy Saerang dan Marko Tampi masing-masing ada di angka 1000-an," terang Pahinseke.


Sementara itu, Ferdinand 'Dedylove' Loho, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tuminting mengatakan, saat ini sesuai dengan perhitungan dan skenario dapil Tuminting, Bunaken dan Bunaken Kepulauan sudah menyegel dua kursi atas nama Elryc Mosal dan Herry Kolondam.


"Jika dihitung-hitung kami bisa menambah lagi satu kursi dan itu sementara diperebutkan Vanda Pinontoan dan Selvy Pandean, keduanya kini sedang kejar kejaran dalam pengumpulan suara. Yang pasti kami optimis tiga kursi," sebut Loho.


Selanjutnya, Deni Nongka salah satu perwakilan saksi partai menjelaskan, saat ini capaian suara yang diraih PDI Perjuangan di Dapil Tuminting, Bunaken dan Bunaken Kepulauan telah mendekati 16.000 suara, dipastikan sudah meraih 3 kursi Dewan. 


"Suara- suara yang masuk di pusat tabulasi data, masih sangat banyak, jadi peluang untuk meraih 4 kursi masih sangat besar," tutur Nongka.


*Middle*


Kamis, 15 Februari 2024

Raup 20.000 Suara, PDI-P Unggul Di Dapil Sario Malalayang

Raup 20.000 Suara, PDI-P Unggul Di Dapil Sario Malalayang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kali ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  optimis bisa menambah tiga sampai empat  kursi di Dapil Sario Malalayang, Kota Manado yang sehari sebelumnya telah memastikan dua kursi di Dapil Sario Malalayang disusul Franko Wangko dan Natanael Pepah.


Disebut-sebut, bisa melenggang ke Kantor DRPD Kota Manado diantaranya Venny Nangka, Jeane Sumilat, Robert Tambuwun hingga Cristy Masengie, menyusul Wangko dan Pepah.


Sementara itu, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Sario Ferdinan Tumober  mengatakan, data sementara yang berhasil dirangkum menyebutkan total posisi suara sudah menyentuh 20.000, artinya kans 6 kursi bisa didapat. 


"Sesuai data yang diperoleh, Franko sudah lebih 5000, Natan lebih 4000, Venny 3200, Jeane Sumilat hampir 3000, Robert 2700, Christy 1000 lebih, Deddy 500 lebih, dan kami yakin ini akan terus bergerak," ungkap Tumober.


Pengamat Politik Sulut Frederik Kaparang SIp, saat diminta tanggapan mencoba melakukan perhitungan sekaligus analisa, jika suara telah capai diatas 20.000.


"Jika dilakukan pembagian kursi pertama di bagi 20.0000 otomatis itu sudah milik PDIP, kemudian dibagi 3 untuk kursi kedua 20.000 : 3 = 6.666 juga masih milik PDIP, nah kursi ke tiga bisa jatuh ke Demokrat dengan total 5000 suara. Sedangkan kursi ke empat dengan pembagian 5 dari 20.000 = 4000 masih juga milik PDIP, lanjut kursi ke lima dengan pembagian 7 dari 20.000 suara = 2.857 masih juga milik PDIP, pembagian 9 untuk kursi ke enam, 20.000 : 9 = 2.222 ini masih juga milik PDIP sedangkan kursi terakhir 20.000 : 11 = 1.818 PDIP juga masih berpeluang. Tentu dengan hitungan partai Golkar hanya 1.750, sedangkan Demokrat , 5.000 : 3 hanya 1.666. Infonya dua partai itu yang punya suara signifikan dibanding partai lain di Sario Malalayang," terang Kaparang.


Bagi Kaparang, meski masih analisa karena data masih belum masuk 100 persen, namun Kaparang meyakini jikapun berubah 4 kursi bisa dikunci di Dapil Sario Malalayang. 


"Hitungan ini bisa tepat jika partai di bawah PDI Perjuangan paling tinggi dapat 5.000 suara selanjutnya tidak mencapai 1.700 suara," ulas Kaparang.


Dia menambahkan, memang dari informasi yang diterima ada beberapa partai yang suaranya hanya di kisaran 1500. Dasar itulah yang membuat PDIP bisa banyak merebut kursi.


"Jika dilihat dari line up caleg, PDIP memang paling hebat di dapil ini karena rata rata caleg nya melakukan pergerakan yang luar biasa sehingga mampu meraup banyak suara. Beda dengan partai lain yang hanya mengandalkan satu dua orang caleg untuk meraup suara, nah ini berimbas ke pembagian suara ke kursi di bagian akhir," kunci Kaparang.

*Middle*

PDI-P Masih Perkasa, Tertinggi Perolehan Suara Legislatif

PDI-P Masih Perkasa, Tertinggi Perolehan Suara Legislatif


MANADO, CARIKABAR.ID
- PDI Perjuangan Kota Manado sementara berada di posisi tertinggi dari data yang dikumpul untuk perolehan suara pada Pemilihan legislatif (pileg) yang telah  digelar kemarin, Rabu (14/02/2024). 

Tak hanya di kota Manado, suara untuk legislatif, baik di tingkat kabupaten dan kota, provinsi dan pusat untuk PDI Perjuangan juga paling tertinggi.

Dari 18 parpol nasional, 9 diantaranya sudah mencapai ambang batas parlemen sebesar 4%, dengan partai PDI-Perjuangan (PDIP) unggul di sejumlah poling hitung cepat atau quick count.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado, dr. Richard Sualang mengungkapkan data yang didapat dari tim perhitungan cepat internal partai, suara untuk legislatif di Kota Manado, PDI Perjuangan berada pada posisi puncak. 

"Jadi untuk Kota Manado, dari total 30.070 suara, PDI Perjuangan mendapatkan suara 19.456," kata Sualang.

Tak lupa, Sualang memberi apresiasi atas keterlibatan masyarakat yang telah menggunakan hak miliknya di bilik suara. 

"Tentunya, atas nama pimpinan partai PDI Perjuangan Kota Manado, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan hak pilih pada pemilu di tahun 2024 ini," ucap Sualang pada Media, Kamis (15/02/2024). 

Diketahui, ada 24 partai politik (parpol) yang mengikuti pileg 2024, termasuk 6 parpol lokal. Sebanyak 204 juta lebih pemilih sudah menentukan pilihan yang tersebar di 38 provinsi, 514 kabupaten/kota, 7.277 kecamatan, 83.771 desa.

*Middle*

Andrew Ignasius Palit Dapat Dipastikan Lolos Anggota DPRD Kota Manado

Andrew Ignasius Palit Dapat Dipastikan Lolos Anggota DPRD Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Andrew Ignasius Palit,Calon Anggota DPRD Kota Manado ,dari PDI Perjuangan dapat di pastikan lolos ke gedung Rakyat DPRD Kota Manado dalam pemilu legislatif 2024 yang berlangsung secara serentak pada Rabu (14/02/2024) kemarin.


Pasalnya Pengusaha Muda Andrew Palit itu Caleg untuk daerah pemilihan (Dapil) lV Kota Manado meliput Kecamatan Singkil dan Kecamatan Mapanget untuk sementara mampu meraup suara sesuai target.


Dari hasil perhitungan sementara yang didapat dari media CariKabar.id sampai dengan hari ini Kamis (15/02/2024)), Andrew Palit Caleg dari PDI-P dengan Nomor Urut 7, berhasil  mengantongi suara sementara sebanyak 4.140.


Perolehan suara tersebut dalam beberapa hari ke depan tentu akan mengalami banyak perubahan, mengingat jumlah suara ada masih sangat kecil.


Hal tersebut dapat dipastikan Andrew berpeluang besar duduk sebagai Anggota DPRD Kota Manado.


Diketahui Andre bersama keluarga menggunakan hak suaranya di TPS 14 Kelurahan Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget, Kota Manado.


"Untuk sementara ini jumlah suara saya 4.160, masih banyak TPS di beberapa kelurahan yang belum kami dapat datanya dari saksi internal," ucap Palit saat dihubungi via ponselnya.


*Middle*

Selasa, 13 Februari 2024

Gunakan Hak Pilih di TPS 6, Wawali Sualang: Mari Ikuti Pesta Demarkasi dengan Senang Hati

Gunakan Hak Pilih di TPS 6, Wawali Sualang: Mari Ikuti Pesta Demarkasi dengan Senang Hati


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Wali Kota Manado dr Richard Henry Marten Sualang menggunakan hak pilihnya di TPS 6 samping gereja GMIM Musafir, Kelurahan Kleak, Kota Manado, Rabu (14/02/2024).


Richard Sualang datang didampingi istri tercinta Sekretaris TP PKK Kota Manado dr Merry Sualang Mawardi yang juga sebagai  Sekretaris TP PKK Kota Manado datang lebih awal di lokasi TPS.


Dari pantauan media, Wawali bersama keluarga nampak kompak mengenakan busana hitam-hitam. Tiba di TPS, Keluarga Wawali langsung mengikuti tahapan sesuai prosedur pemilihan di TPS.


Kemudian, Wawali menyapa warga setempat yang kebetulan sudah ada di TPS untuk menggunakan hak pilih.



"Meski hujan, kami harapkan seluruh masyarakat Kota Manado untuk dapat datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya di masing-masing TPS,” kata Wawali Sualang.


Tak lupa, Sualang juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Manado, agar bisa mengikuti pesta demokrasi ini dengan bahagia dan senang.


“Hal ini dapat dijaga, sehingga pemilihan dapat berjalan dengan aman, nyaman dan tertib. Mari ikuti pesta demokrasi ini dengan hati yang senang. Kita jaga kondusifitas yang ada," harap Sualang.



*Middle*

Senin, 12 Februari 2024

DPRD Kota Manado Gelar Paripurna Penyampaian Walikota Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

DPRD Kota Manado Gelar Paripurna Penyampaian Walikota Rancangan Awal RPJPD 2025-2045


MANADO, CARIKABAR.ID
–  DPRD Kota Manado melaksanakan Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Manado Dra Aaltje Dondokambey di hadiri Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang, bertempat di Kantor DPRD Jalan Pemuda, Sario Utara Manado. Selasa (13/02/2024).


Agenda Rapat Paripurna tersebut, tentang Penetapan Rencana Kerja Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado tahun 2024, Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah tahun 2024, Penyampaian Wali Kota Atas Rancangan Awal RPJPD tahun 2025-2045, Pembicaraan Tingkat II Atas dan Pendapat Akhir Wali Kota Atas Ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Manado dan Ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah  PDAM Wanua Wenang Kota Manado.



Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes.,APT, saat memimpin Rapat Paripurna itu didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Manado Andrei Laykun S.T, Unsur pimpinan Dewan dan Anggota DPRD Kota Manado.



Sekretaris Dewan menyampaikan surat-surat masuk. Acara dilanjutkan dengan Laporan Bapemperda tentang hasil pembahasan bersama eksekutif tentang program Pembentukan Perda tahun 2024 yang disampaikan Benny Parasan S.H.




Selanjutnya, Penyampaian Panitia Khusus atas Ranperda tentang Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Manado yang disampaikan oleh anggota Dewan terhormat Hengky Kawalo dan Laporan  Pansus Hasil Pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Derah Perusahan Umum PDAM Wanua Wenang Manado yang disampaikan oleh anggota Dewan terhormat Ir. Jean Sumilat.



Selesai Pembacaan laporan Pansus dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama dan Surat Keputusan oleh Pemerintah Kota dan DPRD Kota Manado yang dilanjutkan dengan penyerahan surat keputusan DPRD oleh Ketua DPRD kepada Wali Kota Manado.




Acara dilanjutkan dengan Penyampaian Walikota Manado atas Rancangan Awal Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045. Wali Kota ketika menyampaikan Rencana Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2024-2045 memberikan gambaran soal dokumen perencanaan 20 tahun kedepan. “Didalam RPJPD ada visi, misi, program dan arah pembangunan Kedepan, kata Wali Kota.”



Walikota selanjutkan menyampaikan tentang Visi dan Misi AARS yang akan diakomodir dalam program pembangunan kedepan dan berharap agar rancangan awal ini segera dibahas bersama dengan DPRD Kota Manado.



*Middle*




Jumat, 09 Februari 2024

Pengamat Kepemiluan, Desak Bawaslu Manado Segera Proses Indikasi Pelanggaran Kampanye Capres Prabowo di KONI

Pengamat Kepemiluan, Desak Bawaslu Manado Segera Proses Indikasi Pelanggaran Kampanye Capres Prabowo di KONI


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Kampanye capres 02 Prabowo Subianto di Lapangan KONI Manado beberapa waktu yang lalu,dikatakan Dosen kepemiluan Fisip Unsrat, Ferry Daud Liando, kinerja Bawaslu Manado mengindikasikan berjalan dengan baik. 

Bagi Liando, sikap Bawaslu Manado yang melaporkan adanya pelanggaran dalam kampanye tersebut memastikan pemilu berjalan dengan jujur dan adil

"Tindakan Bawaslu Manado perlu diapresiasi. Karena, lembaga itu dibentuk untuk memastikan pemilu itu berjalan jujur dan adil tanpa menyimpang dari aturan yang telah disepakati," kata Liando.

Liando saat dihubungi media pada, Rabu (07/02/2024) menyebutkan, apabila Bawaslu mendapatkan indikasi pelanggaran kampanye capres 02, artinya pihak Bawaslu telah memegang data untuk pembuktian. 

"Adanya indikasi pelanggaran kampanye Prabowo itu pertanda Bawaslu telah menemukan unsur-unsur yang kuat di lokasi kampanye sehingga dapat di sebut status indikasi," mner Liando sapaan akrabnya. 

Lebih lanjut, mner Liando menyebut, indikasi tersebut belum bisa dikatakan pelanggaran kampanye. Namun status indikasi pelanggaran belumlah dapat disebut menjadi pelanggaran kampanye. 

"Untuk memutuskan benar atau tidaknya pelanggaran kampanye, Bawaslu masih harus membuktikannya dengan mencari keterangan-keterangan tambahan, baik saksi, barang bukti serta informasi-informasi yang bisa digunakan untuk memperkuat temuan tersebut," Sebutnya.

Bawaslu masih harus membahasanya bersama polisi dan jaksa dalam forum sentra Gakkumdu dan untuk berbicara mengenai sanksi, menurut Liando harus memenuhi sejumlah unsur. 


"Jika memang unsurnya lengkap dan terpenuhi maka bawaslu bersama gakkumdu harus membuat kesepakatan tegas untuk menerapkan sanksi. Jika ternyata terbukti maka sanksi itu wajib diberlakukan untuk kepentingan sejumlah hal," jelas Liando. 

Beberapa unsur tersebut adalah untuk memenuhi keadilan pemilu, untuk menjamin kepastian hukum dan legitimasi pemilu.

"Peserta yang lain dilarang melakukan kampanye diluar jam yang ditentukan maka peserta yang lain juga harus harus diperlakukan sama. Sebab salah satu asas pemilu adalah adil dan salah satu prinsip penyelenggara pemilu adalah memperlakukan semua peserta pemilu setara," tutur Liando.

Untuk menjamin adanya kepastian hukum pemilu lalu kemudian terbukti ada peserta yang melanggar maka wajib ada hukumannya. 

"Jika hukumannya tidak di terapkan maka akan melahirkan ketidakpastian hukum. Ketiga untuk legitimasi pemilu. Membiarkan peserta pemilu melakukan pelanggaran tentu akan mendelegitimasi pemilu itu sendiri," pungkasnya. 

Sebelumnya, pengamat politik Sulut Taufik Tumbelaka menyebut Bawaslu kecolongan dalam hal melakukan pengawasan serta penindakan saat kampanye Prabowo di lapangan KONI Manado, dimana kampanye tersebut melewati ijin yang dikeluarkan dalam hal waktu kampanye.

Sementara Heard Runtuwene, selaku Komisioner Bawaslu Manado mengatakan pihaknya telah melakukan tindakan saat kampanye bahkan sempat naik ke panggung untuk menghentikan dengan alasan telah lewat waktu. "Kami sudah lakukan pencegahan ada videonya kami naik ke atas panggung," tutur Heard.

Atas pelanggaran itu dia menyebut telah menyampaikan semua laporan dan bukti bukti ke KPU serta Bawaslu pusat.


*Middle*


Kamis, 08 Februari 2024

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Yayasan CBI dan Kampus STAK CBI

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Yayasan CBI dan Kampus STAK CBI


TOMOHON, CARIKABAR.ID
- Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Sulawesi Utara melaksanakan Pembangunan gedung Kantor dan Kampus Sekolah Tinggi Agama Kristen di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kota Tomohon, Kab Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa (06/02/2024).


Walikota Tomohon Caroll Senduk, SH dalam Sambutan yang di bacakan Lurah Kakaskasen Dua Meidi Jefri Simboh, SH menyampaikan banyak selamat telah dimulainya pembangunan Kantor Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia dan Kampus Sekolah Tinggi Agama Kristen Cahaya Bangsa Indonesia (STAK CBI).


"Kami tentunya mengapresiasi semua pihak terkait dimulainya pembangunan ini dan harapan kami dengan adanya pembangunan ini sebagai langka maju dalam pendidikan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia yang unggul," ucap Simboh.


    Foto bersama pengurus yayasan dan                tamu undangan.


Selanjutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon, Pdt. Olva Mervy Moningka, S.PAK., M.Th. mengatakan pada sambutannya, kita patut bersyukur dengan adanya pembangunan kantor yayasan dan pendidikan keagamaan di wilayah Kota Tomohon.


"Dengan adanya pembangunan yayasan dan lembaga pendidikan yayasan Cahaya Bangsa Indonesia akan berkolaborasi dengan Pemerintah dan khususnya dengan lembaga keagamaan dalam membentuk pendidikan karakter hidup anak bangsa," kata Moningka.


Sementara itu, Ketua Yayasan Cahaya Bangsa Indonesia (CBI) Pdt Altje Tangkuman, M.Pdk menyampaikan, dalam rangka peningkatan dan kemajuan  administrasi maka dimulainya pembangunan kantor dan lembaga pendidikan.


"Tujuan utama pembangunan ini adalah untuk kelancaran semua proses yang berkaitan dengan administrasi dan legalitas pengelolaan yayasan sehingga kami segerah memulai fasilitas pembangunan yayasan," terang Tangkuman.


Pada acara yang diawali ibadah yang di pimpin Pdt Dr Robert Longkutoy, M.Th, M.Pdk tersebut di hadiri juga Kabid Pendidikan Agama Kristen Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Utara Pdt Dr Anneke Purukan, M.Pdk dan Ketua DPD PGPI Sulawesi Utara Pdt Stefanus Sumolang, S.Th.


Diakhir acara, Rektor STAK CBI Pdt Mouddy Watung, M.Th, M.Pdk mengungkapkan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas dimulainya pembangunan kantar yayasan.


"Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan segenap pengurus yayasan dan civitas akademika STAK CBI untuk kelanjutan pembangunan ini," harap Watung.


Diketahui, Yayasan dan Kampus  STAK CBI akan memulai kegiatan program perkuliahan tahun akademi 2024 baik memalui kegiatan Kampus dan diluar kampus (sistem Online/Zoom Meeting).



*Middle*

Rabu, 07 Februari 2024

Penghargaan Manado Kota Toleransi,Walikota Andrei Angouw Sampaikan Terima Kasih Para Tokoh-Tokoh Agama se-Kota Manado :

Penghargaan Manado Kota Toleransi,Walikota Andrei Angouw Sampaikan Terima Kasih Para Tokoh-Tokoh Agama se-Kota Manado :


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Walikota dr. Richard Sualang melakukan tatap muka triwulan pertama di tahun 2024 dengan BKSAUA dan Pimpinan Rumah Ibadah se Kota Manado di aula serbaguna Kantor Wali Kota, Rabu (07/02/2024).


Kegiatan itu, di awali doa dari tokoh Muslim, disampaikan pengantar umum, laporan kegiatan sekaligus ucapan selamat datang oleh Ketua Presidium BKSAUA Kota Manado Pdt. Yudi Tunari M.Teol. Ikut disampaikan bahwa Kota Manado telah ditetapkan sebagai peringkat ke 4 Kota yang toleran di Indonesia oleh Setara Institute.


Wali Kota dalam sambutan menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada para tokoh agama se Kota Manado, termasuk soal Kota Toleransi ke 4 yang menurut Wali Kota karena bapak ibu saudara sekalian para tokoh agama.


"Soal kerawanan kamtibmas yang ikut berperan dan menekan, oleh karena adanya peran aktif para tokoh agama. Wali Kota menguraikan soal kehidupan kita semua karena Tuhan punya dan selanjutnya negara punya," ucap Angouw.


Bagi Walikota, keberlangsungan negara ini ada ditengah masyarakat, bagaimana kita hidup bersama berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang kita anut. Contohnya, beberapa negara yang mengatur masyarakatnya termasuk keikutsertaan dalam perang, seperti di Rusia, Wajib Militer di Singapura, Korea Utara dll. 


"Karena itu, saya mengajak untuk kita semua bekerja bersama-sama untuk kepentingan bersama. Kita adalah negara berketuhanan, sehingga harus kita ayomi secara bersama sebagaiman, uraiannya pada sila-sila selanjutnya untuk penerapannya ditengah masyarakat," terang Walikota.


Tak lupa juga, Wali Kota menyinggung beberapa program yang bersentuhan dengan nilai-nilai yang baik yang harus dipromosikan kepada masyarakat. Hal-hal tersebut antara lain soal kebersihan.

"Diharapakan masyarakat mengetahui dengan baik, bagaimana untuk tidak membuang sampah sembarangan," harap Walikota di hadapan para tokoh-tokoh agama. 


Ditambahkannya pula, Pemilu damai harus dipromosikan ditengah masyarakat sambil memberikan gambaran soal konstelasi politik menghadapi Pilpres. 

"Yang paling penting menjaga kerukunan dan siapa pun yang menang kita harus bersatu kembali dari perbedaan-perbedaan yang terjadi sebelumnya," tegas Wali Kota.


Kegiatan ditutup dengan doa penutup yang disampaikan oleh Ketua FKUB Kota Manado Pdt. Yanni Lompoliu M.Teol.


Turut hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Pemerintah Kota Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Ketua MUI Sulut, Ketua FKUB Manado, para tokoh agama se Kota Manado dan Kabag Kesra Setda Kota Bpk. Drs. Otniel M.Si.


*Middle*

Kampanye Capres Prabowo Lewat Batas Waktu, Pengamat Politik Taufik Tumbelaka Soroti Kinerja Bawaslu Manado

Kampanye Capres Prabowo Lewat Batas Waktu, Pengamat Politik Taufik Tumbelaka Soroti Kinerja Bawaslu Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pengamat politik Sulawesi Utara, Taufik Tumbelaka menyoroti kinerja Bawaslu Kota Manado terkait kegiatan kampanye dari capres 02 di Lapangan KONI beberapa waktu lalu, terindikasi melanggar aturan waktu yang telah ditetapkan. 

Hal ini dikatakan Tumbelaka, kesigapan pihak Bawaslu dalam mengantisipasi kampanye harus ditingkatkan. 

"Bawaslu harus mengantisipasi ini, jangan akan menjadi preseden buruk ke depan. Ini menjadi catatan tersendiri diantisipasi Bawaslu. Nanti pelanggaran seperti itu akan menjadi suatu yang lumrah ke depan," kata Tumbelaka.

Kepada awak media, Rabu (07/02/2024), Tumbelaka mengatakan, Bawaslu harusnya mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi di lapangan. 

"Ini menjadi catatan kritis kami untuk pihak Bawaslu. Jangan sampai melanggar aturan waktu kampanye menjadi suatu yang biasa saja. Harusnya Bawaslu merencanakan sejak awal, jangan seperti kejadian itu, " terangnya. 

Lebih lanjut, Tumbelaka juga berujar, Bawaslu terkesan kecolongan dalam kampanye tersebut. 

"Ini sudah terjadi, jangan sampai hal ini terjadi lagi ke depan.Ini Artinya Bawaslu kurang mengantisipasi hal tersebut terjadi. Dan yang pasti Bawaslu itu kecolongan," ucap Tumbelaka. 

Diketahui, Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye Prabowo yang dikeluarkan kepolisian menyebut bahwa waktu penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu pukul 13.00-17.30 WITA. Hanya saja belakangan terinformasi kegiatan tersebut melewati batas waktu sesuai STTP.


*Middle*


Selasa, 06 Februari 2024

Bawaslu Manado Selidiki Dugaan Pelanggaran Kampanye Capres Prabowo Subianto

Bawaslu Manado Selidiki Dugaan Pelanggaran Kampanye Capres Prabowo Subianto

 


MANADO, CARIKABAR.ID
 - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado mengatakan Tim Kampanye 02 jelas menyalahi aturan  pelanggaran jam kampanye saat kedatangan calon presiden 02, Prabowo Subianto di Lapangan KONI Sario, Manado, pada Senin (05/02/2024) kemarin. 


Hal itu dikatakan, Komisioner Bawaslu Manado Heard Runtuwene,  mengatakan Tim Kampanye dari capres 02 jelas menyalahi aturan pada diskusi bersama awak media di Rogers Hotel Manado, Selasa (06/02/2024).

"Kami sudah memberitahukan kepada pihak tim kampanye dari capres 02 saat berada di lapangan KONI, bahwa waktu untuk kampanye sudah melewati batas," ungkap Runtuwene.


Lebih dalam dikatakan lagi, dirinya didampingi tim Panwas Kecamatan Sario sempat naik ke atas panggung untuk menghentikan acara tersebut. 


"Yang pasti sebutnya selaku pihak pengawas pemilu mereka sudah melakukan tugasnya. Ada videonya saya naik ke atas panggung menghentikan kegiatan karena memang sudah melewati aturan. Disepakati beberapa sambutan dan acara lainnya dihapus," jelasnya.


Bahkan, Runtuwene menambahkan, indikasi pelanggaran waktu kampanye oleh capres 02 di Lapangan KONI itu sedang berproses. 

"Memang kegiatan tersebut terindikasi ada pelanggaran, dan prosesnya sedang kami lakukan. Yang melapor itu dari Bawaslu tingkat kecamatan kepada kami, kita akan kaji dulu untuk kita lihat, ada pelanggaran apa yang terjadi," terang Runtuwene. 


Runtuwene yang merupakan Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Manado menegaskan, pihak Bawaslu Manado pun berjanji, kajian yang dilakukan oleh pihaknya akan segera dilaporkan ke KPU. 


"Kami pihak Bawaslu Kota Manado melalui kajian kami akan melanjutkannya dengan melaporkan kepada KPU. KPU yang akan memberikan sanksi sesuai kajian kami. Kalau masalah ini terindikasi pidana itu akan kami serahkan ke Gakkumdu akan nanti sampai pengadilan," tutur Runtuwene.


Diketahui, Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye Prabowo yang dikeluarkan kepolisian menyebut bahwa waktu penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu pukul 13.00-17.30 WITA. Hanya saja belakangan terinformasi kegiatan tersebut melewati batas waktu sesuai STTP.


*Middle

 

Kamis, 01 Februari 2024

Ganjar Optimis Menang Satu Putaran Dihadapan Puluhan Ribu Massa Kampanye di Manado

Ganjar Optimis Menang Satu Putaran Dihadapan Puluhan Ribu Massa Kampanye di Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo optimis aura kemenangan terlihat hari ini di Manado Sulawesi Utara, pada kampanye akbar yang bertajuk Hajatan Rakyat di Lapangan KONI Sario Manado.


Hal itu dikatakan di hadapan puluhan ribu massa pendukung dan simpatisan Capres Ganjar Pranowo dan Wapres Mahfud MD yang di usung PDI Perjuangan, yang memadati lokasi lapangan KONI Sario, Kota Manado, Kamis (01/02/2024).


"Hari ini, kalau diantara kita sudah  sepakat, kalau diantara kita sudah sehati, maka Kungkungan masyarakat Sulawesi Utara, dimana kita berkumpul hari ini, sudah terdengar dan  terasakan gelombang kemenangan mutlak satu putaran," sebut Ganjar, spontan disambut teriakan merdeka.


Ganjar Pranowo dalam kampanye ke 66 ini pun memuji kondusifitas Masyarakat Sulawesi Utara di tengah keberagaman suku dan etnis.


"Hal yang saya  sangat hormati bagi Masyarakat Sulawesi Utara adalah masyarakatnya yang sangat toleran, yang sangat rukun, yang sangat menghormati antar sesama, sehingga kehidupan menjadi terlihat bahagia," puji Capres nomor 3 ini.


Dari pantauan media, Ganjar Pranowo bersama rombongan tiba di lokasi pukul 13.00 wita, bersama Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa bersama istri.


Pada orasi politiknya juga, Ganjar Pranowo mengatakan jika terpilih nanti menjadi Presiden RI, ia dan Prof Mahfud MD akan konsisten mengawal pemerintahan yang bebas dari KKN.


“Apa yang diharapkan masyarakat? Pemerintahan yang bersih anti korupsi, kolusi dan nepotisme, dan pemerintah yang melayani masyarakat dengan gampang diakses,” kata Ganjar.


Lebih dalam, Ganjar mampu membakar semangat masyarakat yang hadir dengan mengatakan, kejadian yang viral beberapa waktu lalu. Yaitu aksi seorang perempuan bernama Endah Subekti Kuntariningsih, Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, yang terlibat perselisihan dengan aparat kepolisian.


“Saya mengapresiasi, ada kejadian beberapa hari ini yang viral. Ada seorang perempuan yang hebat yang mempertahankan harga diri karena membela rakyat. Ia adalah kader PDI Perjuangan terbaik ia adalah Endah Subekti Kuntariningsih dari Gunung Kidul,” ungkap Ganjar di sambut riuh masyarakat.


Menambah kemeriahan Hajatan Rakyat yang dipadati massa yang datang berkumpul sejak pagi hari hingga sore hari sesuai waktu yang ditetapkan oleh penyelenggara Pemilihan Umum yaitu dengan adanya penampilan dari Grup Band Slank dan Vokalis Once.


Sebagaimana diketahui massa yang datang pada kampanye Ganjar Pranowo ke 66 tersebut banyak rombongan yang tidak lagi bisa masu ke dalam lokasi lapangan KONI karena telah padat.


"Kita tidak bisa lagi masuk di dalam lapangan, karena telah padat, torang pe rombongan kwa kurang sampe disini so siang ne so nda ta maso di dalam lapangan (rombongan kami baru tibah siang hari, jadi tidak bisa masuk lagi) tutur seorang bapak dengan dialeg asalnya.


*Middle*