Kamis, 28 Maret 2024

262 Calon Paskibraka  Kota Manado Ikut Tes Intelegensia, Lulus 249 Orang

262 Calon Paskibraka Kota Manado Ikut Tes Intelegensia, Lulus 249 Orang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Seleksi intelegensia umum pada 262 Calon Paskibraka (Capas) Kota Manado tahun 2024 yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Manado bertempat di Aula Serbaguna Pemerintah Kota Manado, Kamis (28/03/2024).


Kaban Kesbangpol Kota Manado Conny Merry Lantu melalui Sekretaris Dinas Rivobudiarto Koloaij mengatakan, dari 262 jumlah peserta calon Paskibraka ikut test, hasilnya yang lulus test intelegensia umum ada 249 orang.


"Yang tidak lulus ada 13 orang terdiri dari 5 orang Putera dan 8 orang Puteri," ucap Koloaij.


Koloaij menjelaskan, peserta yang lulus 249 orang akan lanjut ke tahapan selanjutnya yaitu seleksi kesehatan dan parade yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 2 April 2024 di Gedung Serbaguna Kantor Wali Kota Manado.

"Tetap semangat bagi yang lulus ujian maupun yang belum lulus," sebut Koloaij.


Diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membuka pendaftaran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 20234 Pasukan ini akan berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus nanti.


Paskibraka adalah sekelompok orang yang bertugas dalam agenda pengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih pada upacara kemerdekaan Indonesia tepatnya 17 Agustus. Paskibraka terdiri dari 68 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok, yakni Kelompok 17, Kelompok 8, dan Kelompok 45.


Anggota Paskibraka berasal dari siswa jenjang SMA/SMK di seluruh Indonesia. Calon anggota Paskibraka harus melalui seleksi dari tingkat sekolah hingga nasional.


Kegiatan ini dihadiri, unsur Panitia dari Badan Kesbangpol Kota Manado,  Sterry F. Andih, SH, MH (Tim Seleksi) M. Firman Mustika, SH, MH (Tim Seleksi), Steven Rondonuwu (Tim Seleksi) Unsur DPPI Kota Manado (Tim Seleski) Unsur TNI dan POLRI (Tim Seleksi).


*Middle* 


Rabu, 27 Maret 2024

Lanjutkan Dua Periode Pesan Amir Liputo, AARS Telah Berbuat Banyak Bagi Kota Manado

Lanjutkan Dua Periode Pesan Amir Liputo, AARS Telah Berbuat Banyak Bagi Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dua Kader PDI Perjuangan yang sedang memimpin Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang telah menunjukkan kemajuan besar bagi ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara.

Kendati massa periode kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Manado pilihan rakyat tersebut akan berakhir pada akhir tahun ini. Namun, sudah banyak dukungan yang datang kepada kedua kader yang merakyat ini. 


Kali ini dukungan datang dari Anggota DPRD Sulut, H. Amir Liputo, mengingatkan kepada warga Kota Manado, bahwa Walikota Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang sudah berbuat banyak di daerah ini. 


"Tak bisa dipungkiri, Kota Manado saat ini sudah banyak perubahan. Oleh karena itu kita harus dukung mereka untuk meneruskan kepimpinan di periode ke dua," kata Liputo dalam acara Safari Ramadhan, di Masjid Al Ikhwan Kelurahan Mahawu, Rabu (27/03/2024).


Tokoh Muslim Sulawesi Utara ini mengakui, melihat secara kasat mata kota Manado mengalami banyak kemajuan dari sebelumnya. Hampir seluruh jalan di kota Manado sudah diperbaiki , lampu lampu penerangan jalan sudah dipasang.

 ”Semalam saya menyusuri dari Mapanget sampai GPI, sampai di jalan boulevard, jalannya sudah terang benderang. Orang – orang ramai berjalan. Ini menandakan Kota Manado semakin aman dan kondusif,” tutur Liputo, saat diwawancarai media.


Bagi Liputo, kemajuan Kota Manado adalah berkat pemimpinnya, karena berhasil menggerakkan roda perekonomian sehingga menarik banyak investor.


"Saya kira wajarlah, keinginan banyak masyarakat mengharapkan program apa yang kurang saat ini akan diperbaiki periode kedua ke depan. Dan saya kira bila menilai orang hanya satu periode itu terlalu sempit, apalagi dipotong dengan berbagai aturan,” ucap Liputo.


Anggota DPRD Sulut dari PKS yang terpilih kembali ini juga menyinggung kegiatan Safari Ramadan ini banyak dihadiri masyarakat.

"Itu tandanya Pemimpin kota Manado saat ini banyak dicintai masyarakat,” terangnya.


*Middle*

Selasa, 26 Maret 2024

 Wawali dr Richard Sualang Sesalkan Pernyataan Hoax Oknum Legislator Manado

Wawali dr Richard Sualang Sesalkan Pernyataan Hoax Oknum Legislator Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang menegaskan Pemerintah Kota Manado sangat serius dalam menangani kemiskinan ekstrim dengan berbagai upaya bantuan langsung kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan, terkait penyataan anggota DPRD Kota Manado dr Suyanto Yusuf saat rapat paripurna mengatakan Pemkot Manado tidak pernah memberikan bantuan kepada masyarakat miskin ekstrim.


Kepada sejumlah wartawan orang nomor dua di Kota Manado tersebut menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado membantu dan memberikan perhatian bagi masyarakat dalam menangani kemiskinan ekstrim.


“Memang harus diakui di Kota Manado itu ada sekitar 400 orang yang dikategori miskin ekstrim. Jadi ada miskin, sangat miskin dan perlu diketahui dibawa miskin ada miskin ekstrim dan ini menurut Badan Pusat Statik (BPS) Kota Manado, jadi tidak ada itu miskin.absolut,” tegas Sualang.

Wawali Sualang juga menjelaskan, usai rapat paripurna di Kantor DPRD Manado, kepada sejumlah media, Selasa (26/03/2024, miskin ekstrim ini salah satu klasifikasinya adalah daya belinya kurang dari 300 ribu per bulan, jadi kira-kira 10 ribu per hari daya belinya. Dan itu salah satu kriteria dari miskin ekstrim.


“Dan kita berharap apa yang sudah dilaksanakan pemerintah karena ini sudah by name by address termasuk yang sudah disampaikan tadi oleh salah satu anggota dewan terhormat,” sebut Sualang.


Lebih dalam, Wawali Richard Sualang menegaskan yang bersangkutan sudah ada penanganan dari Pemerintah karena Pemkot punya data by name by addres bulan Mei 2023 lalu.

"Jadi, yang bersangkutan masuk dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dengan kondisi tersebut berarti yang bersangkutan menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) juga menerima bantuan dari Dinas Sosial," terang Sualang.


Pemkot Manado tidak perna membiarkan masyarakat yang miskin ekstrim tidak mendapat bantuan.

"Jadi apa yang dikatakan anggota dewan dr Suyanto tadi bisa dikatakan hoax. Sangat disayangkan ada anggota DPRD menyampaikan hoax, sebelum dia (dr Suyanto) selesai bicara saya sudah mengecek di lapangan itu seperti apa. Jadi sangat disesalkan ada respon seperti itu," kata Sualang.

*Middle*


Senin, 25 Maret 2024

Musrenbang Kota Manado, Walikota Angouw: APBD Jadi Panduan Pelaksanaan Kegiatan 2025

Musrenbang Kota Manado, Walikota Angouw: APBD Jadi Panduan Pelaksanaan Kegiatan 2025


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2025.


Kegiatan tersebut dibuka secara langsung Wali Kota Manado Andrei Angouw didampingi Wakil Wali Kota dr Richard Sualang bertempat di Aula Serbaguna Pemkot Manado, Selasa (26/03/2024).


Dalam sambutannya, Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatakan, RKPD 2025 Pemkot Manado sudah melakukan tahapan-tahapan mulai dari tingkat Kelurahan dan Kecamatan.


“Di Musrenbang tingkat kota, dari RKPD ini akan dibuatkan Rencana kerja pemerintah kota. Dari RKPD ini waktu kita membahas KUA-PPAS dan APBD dasarnya dari RKPD,” ucapa Angouw.


Orang nomor satu Kota Manado ini juga mengatakan, setelah jadi APBD itulah yang akan menjadi panduan dalam pelaksanaan kegiatan tahun 2025.



“Saya berharap ini dibahas dengan sebaik-baiknya karena ini akan menjadi panduan kita untuk 2025,” ucap Angouw.


Sementara itu, Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr Ir Liny Tambajong, ST.Msi mengatakan kegiatan ini merupakan forum penting dalam perumusan rencana pembangunan jangka menengah Kota Manado untuk periode 2025-2045.


“Pada pelaksanaan Musrenbang ini, berbagai stakeholder dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dan tokoh masyarakat, berkumpul untuk membahas visi, misi, serta strategi pembangunan yang akan dijalankan selama dua dekade ke depan,” ungkap Tambajong.


Tambajong mengatakan juga, kegiatan Musrenbang ini sekaligus juga dilaksanakan dengan Musrenbang Kota Manado dengan Narasumber Perencana Ahli Utama Provinsi Sulut, dan Kepala Bapelitbangda Kota Manado Dr Ir Linny Tambajong.



“Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat Kota Manado sangatlah penting dalam Musrenbang RPJDP,” terangnya.


Ditambahkannya pula bahwa, setiap pandangan, aspirasi, dan gagasan akan menjadi landasan dalam merumuskan prioritas pembangunan yang akan dijalankan oleh pemerintah daerah, dengan menggali beragam sudut pandang.


"Diharapkan rencana pembangunan yang disusun dapat mencakup berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat secara holistik dan kehadiran serta partisipasi Bapak, Ibu, Saudara-saudari sangat kami harapkan guna menciptakan perencanaan yang lebih inklusif dan sesuai dengan kebutuhan serta aspirasi masyarakat,” tutur Tambayong.


*Middle*



Sabtu, 23 Maret 2024

Banteng Manado Raih 16 Kursi Legislatif, Richard Sualang: Fraksi PDIP Harus Kedepankan Asas Kepentingan Masyarakat

Banteng Manado Raih 16 Kursi Legislatif, Richard Sualang: Fraksi PDIP Harus Kedepankan Asas Kepentingan Masyarakat


MANADO,CARIKABAR.ID
- Dari hasil rekapitulasi oleh KPU Manado, PDI Perjuangan dipastikan meraih kemenangan di Kota Manado. 

Partai berlambang banteng moncong putih ini meraih 95.905 suara dari total suara pemilih 353.325, dan berhasil meraih presentase 33,88 persen total suara. 

Kini, di periode 2024-2029, terjadi peningkatan drastis raihan suara oleh PDI Perjuangan. Kali ini, total 16 kursi berhasil direbut oleh banteng Manado dalam pertarungan Pemilihan Calon Legislatif 2024 (Pilcaleg).

Setelah dikonversi, raihan kursi para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Kota Manado naik drastis dari periode sebelumnya. 10 kursi diraih banteng Manado di periode 2019-2024. 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Manado, dr. Richard Sualang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang telah mempercayakan kembali  PDI Perjuangan sebagai partai yang mendominasi di dewan Manado. 

"Kami berterima kasih kepada 95.905 warga Manado so pilih PDI Perjuangan dalam Pemilu Legislatif DPRD Kota Manado di tahun 2024," sebut Sualang, Sabtu (23/03/2024). 

Kemenangan ini kata Sualang, dipersembahkan khusus kepada masyarakat Kota Manado. 

"Tentunya, kemenangan ini kami persembahkan untuk masyarakat Kota Manado. Kami berharap kerja-kerja para anggota dewan terpilih dari Fraksi PDI Perjuangan ini nanti harus mengedepankan asas kepentingan masyarakat," harap Sualang. 

Tambahnya, kepentingan masyarakat Kota Manado harus diutamakan, dalam hal RAPBD yang merupakan tugas pokok anggota DPRD. 

"Karena masyarakat telah mempercayakan suara mereka kepada 16 anggota DPRD Manado dari PDI Perjuangan, jadi kinerja mereka di dewan itu harus mengutamakan dan membela kepentingan rakyat," terang Sualang.

*Middle


Banmus DPRD Kota Manado Bahas Tentang LKPJ Walikota

Banmus DPRD Kota Manado Bahas Tentang LKPJ Walikota


MANADO, CARIKABAR.ID
- Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kota Manado melaksanakan rapat khusus, di ruang rapat Ketua DPRD, Senin (25/03/2024).


Rapat Banmus tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua I DPRD Manado Nortje Van Bone dan didampingi Wakil Ketua II, Adrey Laikun ST.



Sekretaris DPRD Manado, Heri Saptono mengatakan, rapat ini membahas agenda kegiatan DPRD Manado di tahun 2024.


“Pastinya, seputar kegiatan dewan dan persiapan paripurna LKPJ Walikota Manado 2023,” kata Saptono.



Diketahui, LKPJ Wali Kota harus dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan PP nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.


Dimana telah diatur bahwa LKPJ pemerintah daerah harus disampaikan pada DPRD satu tahun sekali.



Dan dalam pasal 19 menyebutkan bahwa DPRD harus membahas LKPJ paling lambat 30 hari.



Pada rapat Bamus itu, di hadiri para legislator seperti Jonas Makawata, Rosalita Manday, Christy Masengi, Lilly Walandha, Cicilia Longdong, Nur Amalia, Yanti Kumendong, Royke Anter, Refani Parasan, Fredrik Tangkau, Nanses Rakian, Conni Rares, Mona Kloer dan Herry Kolondam.


*Middle


Kamis, 21 Maret 2024

153 Pejabat Fungsional Diambil Sumpah, Sualang: Jabatan Fungsional adalah Jabatan Sesuai Keahlian

153 Pejabat Fungsional Diambil Sumpah, Sualang: Jabatan Fungsional adalah Jabatan Sesuai Keahlian


MANADO, CARIKABAR.ID
– Pengangkatan dan pengambilan Sumpah 153 Pejabat Fungsional tertentu dilingkup Pemerintah Kota Manado melalui Wakil Wali Kota dr Richard Sualang yang digelar di Aula Serbaguna, Kamus (21/03/2024).


Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota dr Richard Sualang diawal dengan menyampaikan ucapan selamat dari Pemkot Manado dalam hal ini Pak Wali Kota Andrei Angouw buat kawan-kawan yang baru dilantik dalam jabatan fungsional tertentu.


“Hal ini, merupakan suatu kebanggaan bagi kami  Pemkot Manado, saudara saudari yang sudah dilantik dalam jabatan fungsional yang baru, dan tentunya sudah resmi sudah berada dilingkup Pemkot Manado,” kata Sualang.


Sualang menjelaskan, jabatan fungsional ini perlu dipahami dan diresapi ini adalah jabatan yang sesuai dengan keahlian masing-masing.


“tentunya kita tau, jabatan struktural yaitu yang berada dalam organisasi pemerintahan, tentu ada hirarkinya, yang juga ada jabatan fungsional yang ada dilingkup Pemkot Manado yang dijabat oleh orang-orang yang punya keahlian,” terang Icad sapaan akrabnya.


Dia mengingatkan juga , seperti yang sering disampaikan pak Wali Kota Andrei Angouw, kita semua yang ada di Kota Manado termasuk saudara-saudari  sekalian harus meningkatkan skill dan kemampuan dan keahlian di bidangnya masing-masing seperti yang dilantik saat ini.


“Karena itu, jadilah ahli dalam jabatan yang saat ini saudara saudari emban. Tentunya ini akan membawa satu hal baik bagi kami dan yang diharapkan dari kami Pemkot Manado,” harap Sualang.


Lanjut Sualang, ingat dan resapi baik-baik menjadi ASN  atau P3K ini adalah hal yang patut disyukuri. 


"Banyak yang ingin dan bercita-cita untuk menjadi ASN atau P3K, namun saat dites tidak lulus. Untuk bersyukurlah atas jabatan yang ada sekarang," terangnya.

Wakil Wali Kota dr Richard Sualang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Micler C.S Lakat, SH.MH, Asiaten III, Harke Tulenan, Kaban BKPSDM Donald Supit.


*Middle*

Rabu, 20 Maret 2024

Tinjau Lokasi Kebakaran Bersama Wagub Kandouw, Sualang: Pemkot akan Berikan Bantuan

Tinjau Lokasi Kebakaran Bersama Wagub Kandouw, Sualang: Pemkot akan Berikan Bantuan


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Peristiwa kebakaran di Kampung Kodo Kelurahan Lawangirung mendapat perhatian khusus dari Pemerintah melalui Wakil Walikota Manado, dr Richard Sualang  bersama Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandou meninjau  langsung lokasi kebakaran, Rabu 20/03/2024).


Peristiwa itu mengundang keprihatinan yang mendalam bagi Wawali Sualang saat meninjau lokasi dan akan memberikan bantuan bagi masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran.


"Kami menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati- hati, agar tidak terjadi hal serupa," ucap Sualang.


Diketahui, kebakaran yang menghanguskan 4 Kios tersebut, terjadi sekitar pada selasa 19 maret 2024 malam pukul 20:00 Wita di mana masyarakat sedang melaksanakan ibadah sholat tarawih berjemaah.


Masyarakat kampung Kodo korban kebakaran menyampaikan terima kasih atas kunjungan  Wagub Kandou dan Wawali Sualang ini dan juga kepada semua masyarakat sekitarnya yang memberikan bantuannya berupa sandang dan pangan sejak kejadian subuh tadi.


*Middle*

Rolling Kepsek TK, SD, SMP Kota Manado, Sualang: Semua Pejabat di Evaluasi

Rolling Kepsek TK, SD, SMP Kota Manado, Sualang: Semua Pejabat di Evaluasi

 


MANADO, CARIKABAR.ID
 - Pemerintah Kota Manado kembali melakukan Rolling jabatan lewat Wakil Wali Kota dr Richard Sualang dalam pengambilan sumpah/janji dan pelantikan dalam jabatan manajerial dan penugasan guru sebagai Kepala sekolah di Ruang Serbaguna Pemkot Manado. Senin,(04/12/2024).


Wawali dr Richard Sualang dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, Pemerintah kota Manado sekarang melakukan perbaikan kemajuan pengelolaan administrasi peningkatan kinerja para pejabat di bidang pendidikan.


"Dalam pelantikan ini, tentunya pemerintah kota Manado sudah memberikan kepercayaan bagi yang telah dilantik adalah memiliki mempunyai kemampuan untuk bekerja dan penting untuk membangun hubungan antara kerabat kerja untuk saling mengenal," ucap Sualang.


Sualang mengharapkan semua pejabat agar tetap menjaga loyalitas sebagai ASN yang ada jangan sampai hilang, karena berpengaruh terhadap bapak atau ibu. Melalui pelayanan pengabdian saat melayani masyarakat.


"Kami ingatkan juga, pejabat yang baru dilantik dapat bekerja dengan baik untuk kemajuan pendidikan di Kota Manado dan bahwa evaluasi pejabat akan terus dilakukan, jika tidak sesuai standar kerja, akan diganti,” tegas Sulanag.


Turut hadir dalam acara pelantikan ini Staff Khusus Walikota , Kepala Dinas Pendidikan Steven Tumiwa dan jajaran serta keluarga pejabat yang baru dilantik.


Berikut daftar Pejabat yang baru dilantik:

Claudia Hadi Suwanto – Kasub di Inspektorat Kota Manado


SMP

Linda Kumayas – Kepala SMP Negeri 13 Manado Teodora – Kepala SMP Negeri 5 Manado

Imelda Kakomole – Kepala SMP Negeri 11 Manado Lidya Patimanu – Kepala SMP Negeri 10 Manado


SD

Inge Purmadi – Kepala SD Negeri 02

Masye Liow Kepala SD Negeri 103

Erni Sumarauw – Kepala SD Negeri 42

Merni Soleran – Kepala SD Negeri 67

Serli Aiba – Kepala SD Inpres 7 Batusaiki

Markus Darimin – Kepala SD Inpres 03 Paniki Bawah Lidia Worotikan – Kepala SD Negeri 50

Defris Ruus – Kepala SD Negeri 100

Nila Hamadi – Kepala SD Negeri 03

Sri Jamila – Kepala SD Negeri 07

Narce – Kepala SD Negeri 104

Sarlota Ansa – Kepala SD Negeri 19

Telly Rorintulus – Kepala SD Negeri 83

Lince Pele – Kepala SD Negeri 44

Anita Mingkit – Kepala SD Negeri 05 Manado

Marce Tumbel – Kepala SD Negeri 105 Manado


TK

Fianti Koloangan – Kepala TK Pembina Manado Maritje – Kepala TK 13 Manado


*Middle*

Senin, 18 Maret 2024

Tingkatkan Tali Silaturahmi, Walikota dan Wakil Walikota Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Kautsar Kairagi Dua

Tingkatkan Tali Silaturahmi, Walikota dan Wakil Walikota Buka Puasa Bersama di Masjid Al-Kautsar Kairagi Dua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka terus menjalin keharmonisan semua elemen dan komponen, Pemerintah Kota Manado Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr Richard Sualang mengikuti kegiatan safari Ramadhan 1445/ Buka Puasa Bersama dengan Jamaah Masjid Al-Kautsar Kelurahan Kairagi Dua Kecamatan Mapanget,  Senin (18/03/2024).


Di acara yang bertemakan 'Sambutlah Hari Kemenangan dan Raihlah Ketaqwaan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah itu, Wali Kota Manado Andrei Angouw menyampaikan, selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi Umat Muslim yang ada di Kota Manado khususnya lagi buat Jamaah Al-Kautsar Kairagi Dua.


“Tentunya saya sebagai Pemerintah Manado menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa semoga bisa sampai di hari kemenangan,” ucap Angouw.


Walikota Angouw mengatakan, dalam membentuk menyambut hari kemenangan maka umat dapat menjaga diri dengan baik sebagaimana tujuan bangsa kita menjadi masyarakat madani.


"Di bulan puasa ini kita mari kita jadikan momentum berharga dalam memperbaiki sikap dan tingkah laku yang baik," kata Angouw.


Lebih dalam, Angouw berharap kepada masyarakat dan Jamaah agar Move On dari Pemilu Pilpres, jangan ada lagi saling sikut satu sama lain cuma karena berbeda pilihan. Itu sudah lewat.


“Penting bagi kita sekarang adalah,mari bersama-sama  kita move on untuk menciptakan kerukunan, kedamaian dan kenyamanan di Kota Manado, bulan puasa ini menjadikan kita merefleksi apa yang sudah terjadi dalam kehidupan kita semua,” harap Walikota Angouw.

 

Turut hadir bersama, Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Micler C.S Lakat, SH.MH, Asisten II Ato Bulo, Kadis Perindag Hendrik Waroka, Kadis P3A Lenda Pelealu, Kadis Pangan Miesje Wollah, Kadis Pertanian dan Kelautan M.Sofyan, Kaban BKPSDM Donald Supit, Kasat Pol PP, Kabag Kesra Otniel Tewal serta undangan lainnya.


*Middle*

Jumat, 15 Maret 2024

Safari Ramadhan Pemkot Manado, Sualang: Puasa Mengingatkan Kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa

Safari Ramadhan Pemkot Manado, Sualang: Puasa Mengingatkan Kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kegiatan Safari Ramadhan atau buka puasa bersama di hari ke empat Pemerintah Kota (Pemko) Manado bertempat di Jamaah Masjid Nurul Jariah  Kelurahan Tikala Baru  Kecamatan, Tikala Rabu (14/03/2024).


Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota dr Richard Sualang menyampaikan, atas nama Wali Kota Andrei Angouw, Pemkot Manado mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa untuk Umat Muslim yang ada di Kota Manado, khususnya Jamaah Nurul Jariah Tikala Baru.


Dikatakan %Sualang, ibadah puasa mengingatkan kita akan beberapa hal. Pertama tentang kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa, kedua, tentang iman dan taqwa kepada Tuhan. Ketiga tentang hubungan sesama manusia, saling menghargai saling menghormati.


“Tentunya ini dilatih melalui kepekaan, disiplin, komitmen dan konsistensi umat dalam berpuasa,” ucap Sualang.


Tak lupa juga, Sualang mengajak agama lainnya agar mendukung saudara-saudara umat Muslim yang tengah berpuasa.


“Dari hal-hal inilah kita membangun toleransi dan kerukunan antar umat beragama,” harapnya.


Lanjut, sebagai Pemerintah Wakil Walikota dr Richard Sualang dengan sapaan akrab nya Ichad menyampaikan, program-program pembangunan yang dikerjakan  Pemkot Manado.


“Kami berharap agar infrastruktur ini dijaga, dipergunakan semaksimal mungkin oleh masyarakat. Kalaupun nanti dia rusak ya tentu akan pemerintah perbaiki tapi yang penting pakai dengan baik, bukan sengaja dirusak,” jelasnya.

 

Dia juga mengingatkan, soal kebersihan karena kebersihan adalah bagian dari iman untuk semua.


“Saya rasa juga semua sudah mengerti dan memahami. Karena kalau sampai kotor, orang sampai buang sampah sembarangan, kita semua akan dapat penyakit. Kalau kita dapat penyakit dan bencana tentu kita tidak bisa melakukan apa-apa, tidak bisa beraktivitas dan akan merugikan diri kita sendiri, ” pesan Sualang.


Wawali Sualang juga menyampaikan pesan-pesan Pak Wali Kota Andrei Angouw agar jangan ada yang memprovokasi dan menghasut.


“Masyarakat harus mengoreksi, harus menganjurkan yang baik dan tentu pemerintah berharap masyarakat melakukan hal-hal yang baik apalagi di bulan suci Ramadhani ini,” sebutnya.


Diketahui, rombongan Safari Ramadhan Pemkot Manado ini disambut Ketua MUI Manado Yaser Bin Salim bersama imam Masjid dan Jemaah Nurul Jariah.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota dr Richard Sualang  didampingi Asisten I Juleses Ohlers  SH, Sekretaris DPRD, Heri Saptono, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Steven Tumiwa, S.Pd. M.Pd, Kadis Perhubungan Jeffry Worang, Kadis Pertanian dan Kelautan M.Sofyan, Kadis Kominfo Rein Heydemans, Kabag Ekonomi, Kabag Hukum, Camat Tikala serta staf khusus.


*Middle*

Kamis, 14 Maret 2024

Sekitar 300san Peserta DOPEN Siap Ikut Kegiatan di Manado Bulan April

Sekitar 300san Peserta DOPEN Siap Ikut Kegiatan di Manado Bulan April


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komunitas Doa Puasa Ester Nasional (DOPEN) akan melaksanakan kegiatan pertemuan pengurus dan anggota se-Indonesia, bertempat di Sutan Raja Hotel Convention Center Maumbi, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.


Ketua DOPEN Pdt John Taengetan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka membangun silaturahmi sesama hamba Tuhan.


"Tentunya sebagai sesama hamba Tuhan, adalah sebuah kewajiban untuk saling mendukung dalam melaksanakan amanat agung mulia dari Tuhan Yesus," kata Pdt Taengetan.


    Foto, Pdt John Taengetan bersama Istri            bertemu langsung Ketua MD GPdI Sulut          Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu.


Pdt Taengetan juga menjelaskan, kegiatan rutin tahunan DOPEN dilaksanakan di berbagai tempat yang berbeda setiap tahun.


"Kami melaksanakan kegiatan secara bergilir di berbagai daerah di Indonesia, karena pengurus dan anggota tersebar di berbagai penjuru Indonesia", ucap Pdt John Taengetan.


    Foto, Rapat Panitia DOPEN Sulut


Lanjutnya, kegiatan utama DOPEN itu acara Doa Puasa 3 hari 3 Malam, wajib bagi semua peserta yang ikut.


"Tidak ada alasan bagi semua peserta yang mengikuti acara untuk tidak mengikuti Doa Puasa 3 kali 24 jam ful. Jadi kita bukan sekedar kegiatan pertemuan biasa namun benar" ada penyerahan diri total bagi Tuhan," terang Pdt John yang adalah suami tercinta Pdt Ike Tumbel.


Bagi Pdt John kegiatan DOPEN bukanlah sekedar kegiatan pertemuan namun memberikan donasi bagi hamba Tuhan di  tempat pelayanan yang mines.


"Ya, kami juga memberikan bantuan berupa sembako dan uang bagi hamba Tuhan yang benar-benar layak untuk di bantu," jelasnya.


Sebagaimana diketahui acara akan di gelar pada tanggal 23,24,25 dan 26 April 2024 di Sutan Raja Hotel Convention Hall Desa Maumbi, Kec Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Ini info kegiatan:



*Middle*


Rabu, 13 Maret 2024

Masyarakat Menikmati Banyak Manfaat Dampak Kenaikan Pendapatan Perkapita Kota Manado

Masyarakat Menikmati Banyak Manfaat Dampak Kenaikan Pendapatan Perkapita Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintahan Kota Manado dibawah kepemimpinan Andrei Angouw dan dr Richard Sualang mencapai presentasi pembangunan sesuai target sebagai dampak dari pendapatan perkapita mengalami kenaikan.


Mengacu dari data BPS Manado yang terkolerasi dengan data di Bapelitbangda Pemkot Manado, dalam kurun waktu 3 tahun ini, pertumbuhan ekonomi di kota Tinutuan ini mengalami peningkatan dan bergerak diangka yang sangat baik, terlepas dari tantangan berat pemerintah saat masa covid 19 yang melakukan refokusing anggaran (2021-2022) sehingga pemerintah harus mampu menciptakan strategi pemulihan ekonomi yang tepat dan cepat.


Staf khusus bidang pemberdayaan komunikasi public Walikota Manado, Felix Palenewen menjelaskan dengan rinci bahwa Pemerintah kota Manado dibawah kepemimpinan Andrei Angouw & dr Richard Sualang (AARS) sudah mencapai apa yang dinamakan Sustainable Development Goals (SDGs)


"Karena SDGs mencakup berbagai isu pembangunan sosial dan ekonomi, termasuk di dalamnya kemiskinan, kesehatan, pendidikan, perubahan iklim, air, sanitasi, energi, lingkungan, dan keadilan sosial. Dan 3 tahun memimpin bukanlah hal yang mudah bagi AARS untuk mewujudkan tujuan ini meskipun masih ada beberapa segmen Pembangunan yang perlu di push hingga mencapai persentasi pembangunan yang sesuai target," kata Palenewen, Rabu (13/03/2024). 

Sejak tahun 2021-2023 sejumlah indikator seperti ;

-Pertumbuhan ekonomi Manado di atas 5 %

-PDRB naik diatas 15 % 

-Angka Kemiskinan terendah di Sulut dengan angka penurunan 5,47 %

-Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi 81,40 %

-Inflasi per tahun di bawah 4 %

-Nilai investasi melampaui target BKPM yaitu 167 %

Palenewen menjelaskan, hampir semua program unggulan AA-RS mencapai angka yang signifikan. 

"Bahkan program-program unggulan pemerintah Kota Manado mencapai angka yang signifikan dan dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat. Diantaranya, menyediakan perumahan layak huni & terjangkau (3 unit Rusun), luas kawasan kumuh menurun hingga 25 %, penataan infrastruktur dan lingkungan (Pedestrian 4,1 km & 74 taman kota), pengelolaan pasar secara professional, penguatan sektor industri & UKM (pelatihan, promosi ekraf, ekspor UKM/IKM), optimalisasi penanganan sampah & pengelolaan TPA 85,78 %, memperkuat pendataan & pelayanan Masyarakat (KTP, perijinan, Mall pelayanan publik, layanan cepat 112), pelayanan air bersih, revitalisasi secara teknis & layanan cepat PDAM, peningkatan pelayanan & fasilitas Kesehatan (RSUD,RSKD, puskesmas, ambulance terapung), meningkatnya kualitas Pendidikan (penambahan sekolah baru, sertifikasi guru), Revitalisasi Infrastruktur (Jalan, drainase, penerangan umum, 707 lingkungan), penataan & pengelolaan pekuburan umum, insentif rohaniawan, bantuan sosial LANSIA dari keluarga tidak mampu, bantuan duka untuk keluarga tidak mampu, penataan angkutan umum ( interkoneksi & intermoda transport), pembangunan kepariwisataan (penataan objek wisata, pelatihan tenaga pariwisata, tingkat kunjungan wisata 76 %), sinergitas pembangunan pemerintah provinsi & pusat," urainya. 

Dari semua indikator dan pencapaian program unggulan pemerintah kota Manado, yang merupakan gambaran terwujudnya janji janji kampanye AARS. 

"Kita perlu meng underline point penting yaitu ; PDRB, investasi, angka kemiskinan dan indeks pembangunan manusia. Semua ini merupakan struktur yang terkoneksi dan penting dalam sebuah penilaian pembangunan suatu daerah. Dan kota Manado memiliki angka yang tinggi dalam pencapaiannya," terangnya. 

Mantan presenter TV Nasional ini menegaskan bahwa semua ini adalah signifikansi pergerakkan pembangunan AARS yang menjadikan perbedaan dan hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

"Memang tidak mudah mencapai indikator keberhasilan sebuah kota jika tidak juga didukung oleh perangkat pemerintahan dan terutama masyarakat sebagai objek pelayanan utama juga sebagai penerima manfaat Pembangunan," lanjutnya lagi. 


Palenewen mengakui kerja keras AARS dan jajaran pemerintah tidak akan pernah mengkhianati hasil akhir, dan menurutnya kepemimpinan ini harus dilanjutkan. 

"Untuk menuju Manado maju dan Sejahtera dalam konsep Pembangunan berkelanjutan, AARS memiliki prinsip bahwa ‘ tidak ada satupun yang tertinggal, no one left behind!’, " tutupnya.


Diketahui, salah satu manfaat yang dirasakan masyarakat ketika terjadi pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan dan pemerataan infrastruktur masyarakat dapat dilaksanakan secara cepat dikarenakan pendapatan per kapita mengalami kenaikan. Selain itu, bagi pelaku usaha, pertumbuhan ekonomi adalah langkah awal untuk merencanakan ekspansi bisnis dan pengembangan sumber daya secara berkelanjutan.


*Redaksi*

Minggu, 10 Maret 2024

Ini Penjelasan Pengamat Ekonomi Terkait Pertumbuhan Ekonomi Kota Manado

Ini Penjelasan Pengamat Ekonomi Terkait Pertumbuhan Ekonomi Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kota Manado  mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi (PE) tahun 2023 dibanding tahun 2022, secara umum dari 15 kabupaten Kota di Sulawesi Utara, berdasarkan rilis yang dikelurkan Badan Pusat Statistik (BPS).


Adapun 5 besar kabupaten kota yang tertinggi secara presentasi, Kota Bitung 5.66 persen, Kabupaten Minahasa 5.55 persen, Kabupaten Minahasa Selatan, 5.54 persen, Kota Manado 5.52 persen dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara 5.43 persen dan dari kelima daerah tersebut bisa kita lihat ada 4 daerah yang di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang tumbuh 5.48 persen. 


Pengamat ekonomi Sulut, Dr Joy Tulung mengatakan ada empat daerah yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Utara, salah satunya Kota Manado. 


"Bisa dikatakan ke empat daerah tersebut memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara tahun 2023. Kota Bitung  5.66 persen, Kota Manado 5.52 persen, Kota Kotamobagu 5.40 persen dan Kota Tomohon 5.32 persen," tukas Tulung yang juga diketahui sebagai Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Manado. 


Menurut Tulung, pertumbuhan ekonomi di Kota Manado, ada perlambatan 0,08 persen. Akan tetapi, perlambatan pertumbuhan ekonomi itu tidak signifikan. 


"Perlambatan pertumbuhan ekonomi di Kota Manado dalam angka 0,08 persen, masih dalam tahap wajar. Hal tersebut dikarenakan Kota Manado merupakan pusat perekonomian di provinsi Sulawesi Utara," ungkap Tulung.


Bagi Tulung, penurunan Itu wajar karena Kota Manado adalah ibukota provinsi dimana akan menjadi daya tarik bagi masyarakat Sulawesi Utara berbondong-bondong ke Kota Manado.

"Fenomena semakin terkonsentrasinya penduduk di kota tidak lepas dari ekonomi aglomerasi. Pemusatan kegiatan ekonomi di kota, menciptakan pekerjaan yang lebih banyak dibandingkan dengan di desa. Hal ini mendorong terjadinya migrasi penduduk desa ke kota," ucap Tulung.


Dikatakannya juga, permasalahannya adalah ketika tingkat migrasi desa ke kota melebihi jumlah lapangan kerja baru yang tersedia. Situasi ini dalam jangka panjang menyebabkan surplus tenaga kerja yang kronik di kota. Surplus tenaga kerja berarti tingkat pengangguran di kota cenderung tinggi dibandingkan di daerah pedesaan," urainya. 


"Jika dilihat dari data angka pengganguran dari tahun ke tahun, Kota Manado mengalami penurunan yang sangat signifikan. Pada tahun 2020, tingkat pengangguran di Kota Manado mencapai 13,88 persen, lalu turun tajam menjadi 12,17 persen di tahun 2021. Namun, yang paling menonjol adalah angka terbaru yang dirilis, dengan tingkat pengangguran hanya sebesar 10,47 persen di tahun 2022. Tahun 2023 angka pengganguran di Manado turun drastis menjadi 8,85 persen. Artinya, dalam tiga tahun terakhir Kota Manado mengalami penurunan tingkat pengangguran yang signifikan dari 12,17 menjadi 8,85," urai Tulung. 


Sementara itu, Astrid Kumentas, Staf Khusus Walikota Manado berpendapat, terlalu berlebihan mengatakan pertumbuhan ekonomi Manado paling lambat se Sulut.


"Betul Manado sedikit mengalami perlambatan 0.08% dari tahun sebelumnya tapi bukan berarti bisa dikatakan paling lambat. Apalagi pertumbuhan ekonomi kita masih menyentuh angka 5.52%," katanya.


Penurunan angka pertumbuhan ekonomi ini salah satu disebabkan oleh ditutupnya beberapa ritel nasional yang beroperasi di Manado. Dalam hal ini Pemkot Manado justru mampu menunjukan kepiawaiannya dalam menyiapkan lapangan kerja. Penutupan ritel-ritel skala besar ini justru berbanding terbalik dengan angka pengangguran yang justru mengalami penurunan," ucapnya.


Kebijakan pemerintah Kota Manado dalam membuka investasi dan menyiapkan lapangan pekerjaan terlihat mampu menekan angka kemiskinan di Kota Manado. 


"Saat ini investasi di Manado lagi naik dan angka kemiskinan turun sampai 8 persen. PDRB naik, pelayanan publik semakin maksimal, fasilitas publik semakin baik dan angka harapan hidup bertambah. Secara makro inilah indikator utama  pertumbuhan ekonomi, Manado yang semakin maju kotanya dan sejahtera warganya, " tutupnya. 


Diketahui, Jumlah pengangguran di Indonesia cenderung menurun dalam tiga tahun terakhir, semenjak mencapai puncak tertinggi di awal pandemi Covid-19. 

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta orang pada Agustus 2023. Jumlah ini berkurang sekitar 560 ribu orang atau 6,77% dibanding Agustus 2022.

*Redaksi*

Pemkot Manado Klarifikasi Terkait Berita Miring  Belanja Souvenir

Pemkot Manado Klarifikasi Terkait Berita Miring Belanja Souvenir


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui Kepala Inspektorat Judhy Eduard, ST., M.Ars., CGCAE, membantah tudingan pemberitaan oleh salah satu media online di Sulawesi Utara mengenai belanja cenderamata dan souvenir.

Hal ini disampaikan Eduard terkait, pemberitaan yang diterbitkan pada tanggal 8 Maret 2024 dengan judul "Pemerintah Kota Manado Banjir Kritik Gara-gara Borong Souvenir Cendramata Seharga 3,8 Miliar."

Dijelaskan Eduard pada media, Sabtu (09/03/2024, pemerintah Kota Manado tidak pernah menganggarkan belanja souvenir cendramata dengan nilai besaran seperti yang diberitakan media tersebut. 

"Tidak benar jika Pemerintah Kota Manado menganggarkan belanja souvenir cendramata sebesar Rp. 3,8 miliar dalam APBD 2024," sebut Edward. 

Lebih lanjut, Dia menjelaskan, anggaran belanja souvenir pemkot Manado tahun 2024 berjumlah Rp. 175.000.000 dan belanja cendramata berjumlah Rp.750.000.000.

"Bahwa dalam APBD Pemerintah Kota Manado Tahun 2024, belanja cendramata dianggarkan sebesar Rp 175.000.000, dan belanja souvenir dianggarkan sebesar Rp. 750.000.000," ungkap Eduard. 

Dia menambahkan, belanja cendramata dan souvenir dari Pemerintah Kota Manado merupakan salah satu dari implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Produk Dalam Negeri. Termasuk didalamnya Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi. 

"Belanja cendramata dan souvenir dari Pemerintah Kota Manado merupakan salah satu dari implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi. Hal ini dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. Sebab, cendramata dan souvenir yang diadakan oleh Pemerintah Kota Manado merupakan produk dalam negeri yang diproduksi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," urai Edward. 

Eduard pun berharap, redaksi media tersebut bisa memperhatikan setiap pemberitaan, agar tidak terkesan bias dimata masyarakat. 

"Setiap tahun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Manado yang didalamnya termasuk audit terhadap Belanja Cendramata dan Souvenir dari Pemerintah Kota Manado. Dan tidak didapati adanya temuan terhadap  akuntabilitas dari belanja tersebut. Kami harapkan kiranya editor media tersebut agar memperhatikannya," tukas Eduard. 


*Red*

Rabu, 06 Maret 2024

Wawali dr Richard Sualang Buka Secara Resmi Kejuaraan Panjat Tebing Nasional

Wawali dr Richard Sualang Buka Secara Resmi Kejuaraan Panjat Tebing Nasional


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Kegiatan Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional Piala Walikota Manado Tahun 2024, dibuka secara resmi Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang serta meresmikan Wall Climbing yang berada di lokasi Taman Berkat God Bless Park Manado, Rabu (06/03/2024).


Dalam laporannya, Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Manado Pontowuisang Kakauhe menyampaikan, kegiatan ini adalah program pengembangan kapasitas daya saing keolahragaan Pemerintah Kota Manado.


"Penyelenggaraan kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari yaitu tanggal 6-9 maret yang diikuti oleh 68 peserta dari 12 Provinsi seperti Provinsi Riau (1 orang), Bangka Belitung (1 orang), Kalimantan Selatan (1 orang), Jawa Timur (6 orang), Jawa Tengah (1 orang), Banten (1 orang), DKI Jakarta ( 3 orang), Sulawesi Selatan (11 orang), Sulawesi Tengah (12 orang), Gorontalo (1 orang), Papua (1 orang), dan Sulawesi Utara (29 orang),” sebut Kakauhe.


Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Manado dengan FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Sulawesi Utara dan FPTI Kota Manado. Tentunya ini untuk memberikan satu ajang berprestasi bagi atlet – atlet panjat tebing yang ada di seluruh Indonesia.



“Kita patut bersyukur karena banyak atlet – atlet Indonesia yang hadir. Ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi Kota Manado bahwa bisa melaksanakan kejuaraan ke tingkat Nasional dan diikuti oleh atlet – atlet yang berprestasi dan atlet – atlet Nasional dari berbagai daerah, ” ungkap Wawali Sualang.  


Lanjut, dijelaskan Wawali  yang juga sebagai Ketua Umum FPTI Sulut, tentunya Ini bisa menjadi pemacuh semangat bagi atlet – atlet tuan rumah, supaya bisa mengukur sejauh mana latihan yang sudah dijalankan dan tentu juga ini akan membawa semangat yang baru bagi seluruh penggiat panjat tebing yang ada di Sulawesi Utara termasuk juga yang ada di Kota/Kabupaten yang berada diluar Kota Manado.



“Kita akan memulai penggunaan fasilitas dinding panjat yang ada di taman berkat ini, tentunya ini dibangun oleh pemerintah Kota Manado, supaya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi panjat tebing yang ada di Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado. Ada banyak penggiat panjat tebing, banyak club – club, banyak perkumpulan yang ada di Kota Manado maupun di Kota/Kabupaten yang ada di Sulawesi Utara yang bisa memanfaatkan baik untuk latihan maupun juga untuk kompetisi,” terang Sualang.


Diketahui, ada 3 penghargaan juara yaitu Kategori Speed Classic PA/PI, Kategori Speed World Record PA/PI, dan Kategori Lead PA/PI dengan total hadiah sebesar RP. 90.000.000.


Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Kompetisi pengurus pusat FPTI Anugrah Agung Karo – Karo, Instruktur Climbing Rute Seter Kontinental FPTI Ronald Mamarimbing, Juri Nasional FPTI Sulawesi Selatan Asmar Situju, Para Atlet, Pelatih dan sponsor.


*Middle*

Jumat, 01 Maret 2024

Walikota Manado Serahkan 200 Sertifikat Tanah ke Masyarakat Bunaken

Walikota Manado Serahkan 200 Sertifikat Tanah ke Masyarakat Bunaken


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw, menyerahkan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Jumat (01/03/2024).


Kepala BPN Manado Drs Alexander Wowiling, M.Si menyampaikan, penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Bunaken yakni untuk 200 KK di Kelurahan Bunaken serta program pendampingan kepada masyarakat untuk peningkatan pendapatan kepada masyarakat pemilik tanah.

"Target kita di tahun 2024 ini, sebanyak 400 Keluarga akan menerima Sertifikat Tanah. Karena itu diharapkan Pemkot dapat melakukan pendampingan program peningkatan pendapatan Masyarakat Kota Manado," kata Wowiling.

Wali Kota Andrei Angouw menyampaikan, terimakasih kepada BPN atas terselenggaranya pembuatan sertifikat tanah untuk masyarakat di Kelurahan Bunaken. 


"Kami berharap masyarakat mengetahui  fungsi dan manfaat sertifikat ini dan berharap agar masyarakat tidak menjual tanahnya jika tidak terpaksa," ucap Walikota Angouw.


Lanjut,Walikota juga mengapresiasi, soal pendampingan yang dilakukan pihak BPN kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.


"Jadi sekali lagi kami berharap, agar sertifikat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras membuat semua ini bisa terlaksana dengan baik," kunci Angouw.


Hadir dalam acara ini Sekretaris Pemkot Dr. Mincler C.S. Lakat S.H.,M.H, Asisten II Atto Bulo S.H, M.M, Camat Kep. Bunaken Imanuel Mandak,S.H, staf khusus Wali Kota Ibu Corry Caroles, Lurah Bunaken dan pejabat teknis lainnya.


*Middle*