Rabu, 06 Maret 2024

Wawali dr Richard Sualang Buka Secara Resmi Kejuaraan Panjat Tebing Nasional

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Kegiatan Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Nasional Piala Walikota Manado Tahun 2024, dibuka secara resmi Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang serta meresmikan Wall Climbing yang berada di lokasi Taman Berkat God Bless Park Manado, Rabu (06/03/2024).


Dalam laporannya, Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Manado Pontowuisang Kakauhe menyampaikan, kegiatan ini adalah program pengembangan kapasitas daya saing keolahragaan Pemerintah Kota Manado.


"Penyelenggaraan kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari yaitu tanggal 6-9 maret yang diikuti oleh 68 peserta dari 12 Provinsi seperti Provinsi Riau (1 orang), Bangka Belitung (1 orang), Kalimantan Selatan (1 orang), Jawa Timur (6 orang), Jawa Tengah (1 orang), Banten (1 orang), DKI Jakarta ( 3 orang), Sulawesi Selatan (11 orang), Sulawesi Tengah (12 orang), Gorontalo (1 orang), Papua (1 orang), dan Sulawesi Utara (29 orang),” sebut Kakauhe.


Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Manado dengan FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Sulawesi Utara dan FPTI Kota Manado. Tentunya ini untuk memberikan satu ajang berprestasi bagi atlet – atlet panjat tebing yang ada di seluruh Indonesia.



“Kita patut bersyukur karena banyak atlet – atlet Indonesia yang hadir. Ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi Kota Manado bahwa bisa melaksanakan kejuaraan ke tingkat Nasional dan diikuti oleh atlet – atlet yang berprestasi dan atlet – atlet Nasional dari berbagai daerah, ” ungkap Wawali Sualang.  


Lanjut, dijelaskan Wawali  yang juga sebagai Ketua Umum FPTI Sulut, tentunya Ini bisa menjadi pemacuh semangat bagi atlet – atlet tuan rumah, supaya bisa mengukur sejauh mana latihan yang sudah dijalankan dan tentu juga ini akan membawa semangat yang baru bagi seluruh penggiat panjat tebing yang ada di Sulawesi Utara termasuk juga yang ada di Kota/Kabupaten yang berada diluar Kota Manado.



“Kita akan memulai penggunaan fasilitas dinding panjat yang ada di taman berkat ini, tentunya ini dibangun oleh pemerintah Kota Manado, supaya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi panjat tebing yang ada di Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado. Ada banyak penggiat panjat tebing, banyak club – club, banyak perkumpulan yang ada di Kota Manado maupun di Kota/Kabupaten yang ada di Sulawesi Utara yang bisa memanfaatkan baik untuk latihan maupun juga untuk kompetisi,” terang Sualang.


Diketahui, ada 3 penghargaan juara yaitu Kategori Speed Classic PA/PI, Kategori Speed World Record PA/PI, dan Kategori Lead PA/PI dengan total hadiah sebesar RP. 90.000.000.


Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Kompetisi pengurus pusat FPTI Anugrah Agung Karo – Karo, Instruktur Climbing Rute Seter Kontinental FPTI Ronald Mamarimbing, Juri Nasional FPTI Sulawesi Selatan Asmar Situju, Para Atlet, Pelatih dan sponsor.


*Middle*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: