Selasa, 30 April 2024

Peringatan Hari Buruh, Wagub Kandouw: Kami akan Bahas Tuntas Aspirasi Serikat Buruh Sulut.

Peringatan Hari Buruh, Wagub Kandouw: Kami akan Bahas Tuntas Aspirasi Serikat Buruh Sulut.


MANADO, CARIKABAR.ID
- Peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mai setiap tahun di rayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.


Kali ini, momentum para buruh yang tergabung dari berbagai serikat, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado melaksanakan kegiatan peringatan hari buruh internasional, di Food Court Pasar Bersehati Manado, Rabu (01/05/2024).


Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw dalam sambutannya di hadapan para pengurus dan anggota dari berbagai serikat buruh yang hadir mengapresiasi penyampaian aspirasi.


"Tentunya kami akan menindaklanjuti dengan membahas sampai tuntas, tuntutan yang penyampaiannya sangat deduktif, induktif dan deskriptif," ucapa Kandouw.



Lanjut, Wagub Steven juga berjanji akan membahas tuntutan para buruh bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Forkopimda dan yang terkait.


"Kami juga, akan melakukan monitoring terhadap perusahaan yang tidak bayar gaji sesuai UMP. Kita akan door to door ke Perusahaan," kata Kandouw.


Bagi Wagub Steven, masalah buruh  sangat kompleks, sehingga penyelesaiannya butuh pendekatan pentahelix.


" Intinya, pelaksanaan hari buruh di Sulut berlangsung aman, damai dan menghasilkan sesuatu yang baik.

Buruh dan perwakilannya dapat menyampaikan aspirasi langsung ke pimpinan daerah." kunci Wagub yang akan mengakhiri masa dua periode ini.


Hadir pada acara ini, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya yang diwakili Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Syarifudin, Sekprov Stive Kepel, Kadis Perikanan dan kelautan Tineke Adam, Kadis Tenaga Kerja Manado Paul Sualang dan para sejumlah pejabat Pemprov Sulut dan Kota Manado lainnya.


*Middle*



Rabu, 24 April 2024

Halal Bi Halal Masjid Uswatun Hasanah, Andrei Angouw: Setiap Saat Kita Saling Maaf Memaafkan

Halal Bi Halal Masjid Uswatun Hasanah, Andrei Angouw: Setiap Saat Kita Saling Maaf Memaafkan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri acara Halal Bi Hahal di Masjid Uswatun Hasanah Lingkungan V Kelurahan Banjer Manado. Rabu (24/04/2024).


Wali Kota dalam sambutannya  menyampaikan, selamat Idul Fitri Mohon maaf lahir dan batin. 


Selanjutnya, Wali Kota mengatakan bahwa Halal Bi Halal ini cuma ada di Indonesia. Kita harus bangga dan ini harus  kita pelihara terus sehingga setiap saat kita harus berhalal bi halal dan saling bersilaturahmi dan saling maaf memaafkan.

"Saya berharap halal bi halal kita pelihara bahkan kita tingkatkan dan mari kita berpikir untuk lebih jauh ke depan soal kebersamaan dan saling memaafkan," sebut Walikota.



Lebih dalam, Walikota menyampaikan cerita sebagai ilustrasi dalam kaitan bagaimana untuk membangun kebersamaan. Dari cerita ini berbagai hal positif bisa dipetik untuk bagimana agar kita harus lebih peduli dengan sekitar kita termasuk untuk tidak membuang sampah sembarangan. 


"Jadi tingkatkan pemahaman kita soal sampah dan kebersihan. Mari kita jaga silaturahmi, berteman dengan semua masyarakat dan perbedaan jangan dibicarakan ditengah masyarakat agar suasana kondusif selalu tercipta ditengah masyarakat," sebut Walikota Angouw.


Pada acara tersebut, Pembawa Hikmah Halal Bi Halal pada acara yang mengambil tema "Tingkatkan Ketaqwaan dengan Membangun Kebersamaan dan saling Memaafkan" ini yakni Faisal Abdi Sabaya, S.Ag., M.Pd.


Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dan Doa penutup yang disampaikan oleh Imam Masjid Uswatun Hasanah Irwan Ishak Pakaya S.Sos.


Hadir pada acara ini Sekot Dr. Micler C.S. Lakat S.H, M.H, Assisten I Julises Oechlers S.H, Kapolres Manado Kombes. Julianto Sirait S.H, SIK, Imam Masdjid Uswatun Hasanah Bpk. Irwan Ishak Pakaya, S. Sos, Ibu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado, Hj. Rogaya Udin, M.Pd., Ketua MUI Manado Ustad H. Yasser Bachmid, Ketua Umum BKSAUA Kota Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol dan pengurus, Ketua Umum FKUB Manado Pdt. Janni Lompoliu M.Th dan pengurus, Kabag Kesra Setda Manado Bpk. Drs. Otniel Tewal, Camat Tikala Bpk. Henry Kontu, Kapolsek, Daramil, Staf Khusus Walikota Bpk. Rustam Hasan, Babinsa para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.


*Mid*

Selasa, 23 April 2024

KKR DOPEN, Pdt John Tiwa: Puasa itu Konsentrasi pada Dimensi Ilahi

KKR DOPEN, Pdt John Tiwa: Puasa itu Konsentrasi pada Dimensi Ilahi


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komunitas Doa Puasa Ester Nasional (DOPEN) melaksanakan kegiatan acara doa dan puasa tiga hari tiga malam (3x24 jam) bertempat di Sutan Raja Hotel Maumbi, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa-Jumat (23-26 April 2024).

Acara diawali dengan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) dengan pelayanan Firman Tuhan Gembala GPdI Melkisedek Tokin, Minahasa Selatan, Pdt John Tiwa, S.Th, M.Th, M.Si.

Uraian Firman Tuhan didasarkan pada bacaan Alkitab dalam Yoel 1 ayat 14, "Adakanlah Puasa yang Kudus."

"Puasa adalah kita sedang menyiksa diri dengan konsentrasi pada dimensi Ilahi," ucapan Pdt John.


Bagi Pdt John Tiwa yang juga sebagai Dosen STT RMK Bitung mengatakan Puasa itu bukan sekedar menyiksa diri tetapi lebih pada kualitas konsentrasi llahi.

"Doa puasa itu harus punya tujuan yang jelas berdasarkan Firman Tuhan. Sebab keberhasilan pelayanan sangat di tentukan pada mutu doa puasa. Puasa harus fokus pada satu tujuan," tandas Pdt John yang juga anggota Depdikjar MP GPdI.

Lanjutnya, berdasar pada beberapa tokoh dalam Alkitab menjelaskan dalam melaksnakan doa puasa harus fokus pada satu permintaan kebutuhan.

"Seperti Yosafat hanya meminta pembelaan Tuhan terhadap musuh, Ester meminta supaya bisa bertemu raja, jadi harus jelas permintaan ketika berpuasa. Ingat bagi Tuhan tidak ada yang mustahil," tandas Pdt John Tiwa suami tercinta Pdm Grace Pantouw, S.Th.

Diketahui Komunitas besutan Pdt John Taengetan bersama Istrinya Pdt Ike Tumbel ini,di hadiri lebih dari 300 orang peserta dari bebagai daerah di Indonesia.

*Middle*
Bunaken Kepulauan Dapat Kunjungan Pertama Tim Lomba Evaluasi Kelurahan Tingkat Kota Manado

Bunaken Kepulauan Dapat Kunjungan Pertama Tim Lomba Evaluasi Kelurahan Tingkat Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
– Dalam rangka efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.


Tim penilai lomba evaluasi perkembangan Kelurahan tingkat Kota Manado tahun 2024 tim penilai tertib administrasi PKK mengunjungi Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan, Selasa (23/04/24).


Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado Rollies Rondonuwu diwakili Kabid Pemberdayaan Meski Sekoh, SH membuka kegiatan tersebut.


Meiske Sekoh mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tetap nasional mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kab/Kota, Provinsi hingga ke tingkat nasional

dan untuk kecamatan Kelurahan Bunaken adalah tempat  yang  pertama dikunjungi.


Dijelaskan Sekoh, kegiatan ini sesuai dengan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa/kelurahan dan berlaku ditingkat desa, kelurahan, kab/kota dan Provinsi.


"Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, " terang Sekoh.


Lanjut Sekoh, untuk maksud dan tujuannya adalah untuk mengetahui status tertentu

dari capaian hasil perkembangan sebuah Kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.


Serta untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan serta perkembangan Kelurahan.


Lagi kata Sekoh, Untuk Peserta Lomba adalah 11 (sebelas) Kelurahan dengan instrumen Penilaian Lomba terdiri dari 3 bidang utama yaitu, Bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan

Kemasyarakatan dengan jumlah indikator 66 dan 163 sub indikator penilaian.


Sementara itu tim penilai Administrasi PKK Kota Manado juga melakukan kunjungan ke kelurahan Bunaken dan  Manado tua dua Kecamatan untuk melakukan penilaian administrasi.


Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Bunaken Grace F Mandak - Tumbel, penilaian administrasi ini bertujuan agar masyarakat terus aktif dalam setiap kegiatan yang ada,.

Terutama mewujudkan 10 program pokok PKK yang telah di canangkan, yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.


"Dengan harapan kegiatan ini membawa manfaat dan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh ibu-ibu PKK kelurahan di Kecamatan Bunaken Kepulauan untuk meningkatkan kreativitas sehingga mampu menunjang peningkatan taraf kehidupan keluarga menjadi lebih baik lagi,” harap Grace.


"Bunaken Kepulauan satu-satunya yang berani membawa dua kelurahan untuk ikut lomba tertib adminstrasi PKK kelurahan," ungkap Grace.

“Saya mengajak kepada seluruh ibu-ibu agar dapat terus aktif, kreatif dan inovatif dalam kegiatan PKK,” ajaknya.


Hadir sebagai Tim Penilai, dari Dinsos diantaranya Meiske Sekoh, Paulus Suatan, Natasha Raintung, Christi Tatuh Felix Tamah.


Dari bidang Pembangunan Vera Kereh, dari Pemerintahan Jeane Atile, dari Dinas Kesehatan Mesery, dari unsur media Steven Rondonuwu, dari Kecamatan Samuel Kurnia dari Dinas Pendidikan Margaretha.


*Redaksi*

Senin, 22 April 2024

Pdt Modi Pinontoan Sebut dr Fransiscus Andi Silangen Layak Jadi Gubernur Sulut

Pdt Modi Pinontoan Sebut dr Fransiscus Andi Silangen Layak Jadi Gubernur Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tinggal menghitung bulan. Sejumlah figur calon gubernur Sulawesi Utara (Sulut), pada Pilgub Sulut 2024 mulai bermunculan di kalangan masyarakat.


Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Pdt dr Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD, salah satu dari sejumlah figur calon gubernur Sulawesi Utara (Sulut), pada Pilgub Sulut 2024.



    Foto Pdt Dr Modi Pinontoan 


Sekretaris DPD Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Sulawesi Utara, Pdt Dr Modi Pinontoan, S.Pi, MA, M.Pd menilai pentingnya figur Gubernur Sulawesi Utara yang memahami setiap persoalan yang ada Sulawesi Utara.


" Yang pertama-tama, harus mengerti persoalan daerah di Sulawesi Utara, dan punya konsep yang tepat kesejahteraan Masyarakat," ucap Pinontoan kepada media Carikabar.id, Minggu (22/04/2024).


Bagi Pinontoan, hal lain yang dibutuhkan adalah  pengalaman dalam menyelesaikan masalah pemberdayaan  kesejahteraan ekonomi masyarakat yang baik untuk bisa menjadi Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. 


"Sosok Pdt Franciskus Andi Silangen adalah salah satu figur yang cocok didukung masyarakat," sebut Pdt Modi Pinontoan yang juga sebagai Sekretaris LPM Sulawesi Utara.


Lanjut Pinontoan, trek record dr Silangen,  dapat dipastikan mampu mempersatukan semua elemen masyarakat yang ada di Sulawesi Utara.


"Sulawesi Utara adalah barometer dari kerukunan antar umat beragama di Indonesia, hal ini tentunya tidak lepas dari peran pak dr Andi Silangen sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi," terang Pdt Modi yang juga menjabat Rektor STT Maranatha.


    Foto, Pdt Dr Robert Ratu


Sementara Ketua FOCIM Manado Pdt Dr Robert Ratu, M.Th, M.Pdk mengatakan, figur dr Franciskus Andi Silangen adalah sosok pemimpin yang familiar.


"Ini dibuktikan dengan kegiatan pak Andi yang cenderung melihat langsung kondisi masyarakat dengan pendekatan religius. Beliau banyak di undang dalam pelayanan gerejani," kata Pdt Robert.



*Middle*







Minggu, 21 April 2024

Buka Posko dan Dapur Umum, PDI Perjuangan Sulut Bantu Pengungsi Gunung Ruang

Buka Posko dan Dapur Umum, PDI Perjuangan Sulut Bantu Pengungsi Gunung Ruang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dampak erupsi Gunung Ruang di Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro menyebabkan sebagian warga mulai dievakuasi. Salah satu yang menjadi lokasi tujuan adalah Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Sejak Jumat (19/4/2024), sejumlah warga Sitaro diungsikan melalui Pelabuhan Munte, Kecamatan Likupang Barat.  


Merespon hal tersebut, PDI Perjuangan membuka Posko Bantuan dan Dapur Umum di Kompleks Pelabuhan Munte, Likupang Barat.


Posko dan Dapur Umum tersebut dibuka untuk membantu para masyarakat yang mengungsi. PDI Perjuangan memberikan bantuan berupa makanan siap saji dan bahan makanan.


Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara, Reza Rumambi mengungkapkan bahwa Posko dan Dapur Umum tersebut dibuka atas instruksi Ibu Megawati dan Pak Olly Dondokambey.


“Seperti biasa, PDI Perjuangan selalu diingatkan untuk cepat tanggap membantu masyarakat apabila terjadi bencana. Selain melayani pengungsi yang datang melalui Pelabuhan Munte, PDI Perjuangan juga bergerak cepat melalui kader-kadernya dengan memberikan dan mengantar langsung bantuan ke Tagulandang,” ungkapnya.


Ia berharap  bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan meringankan beban saudara-saudara yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang.

*Redaksi*


Sabtu, 20 April 2024

Penutupan Sementara Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Dilakukan Hingga Senin Besok

Penutupan Sementara Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Dilakukan Hingga Senin Besok


MANADO, CARIKABAR.ID
- Penutup sementara operasional Bandara Sam Ratulangi Manado, kembali diperpanjang sampai Senin (22/04/2024) pukul 12.00 WITA, berdasarkan NOTAM: A1041/24 NOTAMR A1021/24.


Hal itu, ditegaskan Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono, Minggu (21/04/2024).


Dikatakan Pramono, langkah tersebut masih harus dilakukan karena situasi dan kondisi yang belum kondusif dan aman untuk melakukan penerbangan akibat erupsi Gunung Ruang di Tagulandang.


Hal ini tambahnya dilakukan demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.


*Redaksi*

Strong Family" Tema Seminar MW ll GPdI Sario-Wanea

Strong Family" Tema Seminar MW ll GPdI Sario-Wanea


MANADO, CARIKABAR.ID
- Majelis Wilayah ll Sario-Wanea melalui Komisi Wilayah Pelayanan Pria Pantekosta (Pelprip) melaksanakan kegiatan KKR dan Seminar Keluarga, bertempat di@ Hotel Yuta Manado, Sabtu (20/04/2024).


Acara tersebut diawali dengan ibadah dipimpin Sekretaris Wilayah ll GPdI Sario Wanea Pdt Semuel Limpulus, S.Th, dengan dasar pelayanan Firman Tuhan pada bacaan Alkitab dalam Ulangan 28 ayat 6, "Diberkati untuk Menjadi Berkat."



"Penting dalam kehidupan orang percaya kepada Tuhan untuk melakukan kehendak Tuhan melalui Firman Tuhan sehingga hidup kita dapat menikmati janji  Tuhan," ucap Pdt Limpulus.


    Foto Pdt Ishak Tulus mendoakan para              peserta seminar 


Ketua Majelis Wilayah ll Sario-Wanea Pdt Stefanus Sumolang, S.Th mengatakan kegiatan ini dilaksanakan Komisi Wilayah Pelprip dalam rangka penguatan iman bagi keluarga pelayan Tuhan.


"Seminar ini, dalam rangka memperkokoh iman keluarga Kristen dalam pelayanan pekerjaan Tuhan di pelayan gereja lokal, khususnya di Wilayah ll Sario-Wanea," harap Pdt Sumolang.


Narasumber Pdt Ishak Tulus dalam paparan materinya dengan tema, Strong Family menekankan pentingnya membangun kehidupan keluarga berdasarkan pola kebenaran Firman Tuhan.



"Intinya, keluarga kuat pasti pelayan dan bisnis serta apapun usaha kerja pasti diberkati oleh Tuhan," kata Pdt Ishak.



Dijelaskan Pdt Ishak Tulus, keberhasilan keluarga kristen sangat di tentukan sikap ketundukan dan kehormatan antara suami dan istri.



"Peran suami dan istri penting dalam membangun keharmonisan rumah tangga kristen berdasarkan kebenaran Firman Tuhan dalam 1 Petrus 3 ayat 1-7," jelas Pdt Ishak.



Sementara itu, Ketua Komisi Pelprip Wilayah ll Sario-Wanea Dr Alfon Kimbal, M.Si menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperlengkapi keluarga Kristen dalam membangun rumah tangga.



"Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian komisi wilayah Pelprip dalam membangun keluarga yang sukses, dengan melihat pentingnya peran Pria sebagai kepala keluarga atau imam dalam keluarga kristen," tutur Kimbal.



Dari pantauan media @Carikabar.id, para peserta yang hadir begitu antusias mengikuti uraian materi.



*Middle*



Senin, 15 April 2024

Seminar KP Pelprip Zona Sulawesi, Meiki Onibala: Momentum Penting Edukasi Pelayanan

Seminar KP Pelprip Zona Sulawesi, Meiki Onibala: Momentum Penting Edukasi Pelayanan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Pusat Pelayanan Pria Pantekosta (KP Pelprip) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) melalui KP Pelprip Zona Sulawesi, akang menyelenggarakan kegiatan seminar dan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).


Ketua KP Pelprip GPdI Pdm Meiki Onibala, S.Th, M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan etos kerja pelayanan.


"Intinya kegiatan ini bertujuan, membentuk dan memperlengkapi para Hamba-hamba Tuhan yang mampu berperan sebagai pelayan yang memiliki integritas kuat," kata Meiki Onibala kepada media @carikabar id@gmail.com, Minggu, (14/04/2024).


Ditambahkan Onibala, momentum ini penting bagi setiap personil Pelprip yang harus dimanfaatkan lewat kehadiran.


"Ia, sebab pada acara itu akan di isi dengan materi dari para narasumber yang berkompeten. Saya tentunya berharap kehadiran dari semua pengurus Pelprip di area cakupan pelayanan KP Pelprip Zona Sulawesi," harap Onibala yang juga menjabat KD Pelprip Sulawesi Utara ini.


Sementara itu, Panitia Pelaksana menjelaskan, pelaksanaan seminar dan KKR tersebut adalah program kerja KP Pelprip Zona Sulawesi yang meliputi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara dan Gorontalo.


"Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, 1-2 Mei 2024 yang bertempat di gedung GPdI Kota Palu, Jl Gajah Mada no. 4 Palu dan Mery Glow Lt. 1, Jl Pattimura Palu," penjelasan surat undangan yang di tandatangani panitia pelaksanan masing-masing, Ketua Pdt Yan Topile, S.Th dan Sekretaris Pdt Alwin Titaheluw.


Ini undangannya,





*Middle*


Panitia Seminar Pasutri KD Pelwap GPdI Sulut Gelar Rapat Terbatas

Panitia Seminar Pasutri KD Pelwap GPdI Sulut Gelar Rapat Terbatas


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Daerah GPdI Sulawesi Utara akan menggelar seminar pasangan suami-istri gembala GPdI se-Sulawesi Utara melalui panitia pelaksana, menggelar Rapat Terbatas, Senin (15/04/2024).

Rapat yang di hadiri Ketua KD Pelwap Pdt Fike Kesek-Pelealu tersebut bertempat di MM Juice, Kawasan Megamas, dalam rangka mengecek persiapan kegiatan program KD Pelwap.

"Ini merupakan rapat awal terkait persiapan kegiatan, mengatakan perlu pembahasan terkait rencana dan terhadap hal teknis dari semua tugas dang tanggung jawab panitia," kata Pdt Fike Pelealu yang adalah istri Pdt Julianus Kesek.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pdt Jetty Kumendong-Waani, mengatakan pada rapat terbatas ini hanya membahas hal-hal pokok pada persiapan awal kegiatan seminar pasutri nanti.

"Ini masih rapat terbatas yang hanya dihadiri panitia inti dan Komisi Daerah dimana membahas tujuan dan waktu pelaksanaan yang efektif," ucap Pdt Jetty.

Terpantau dari pembahasan pada rapat, Sekretaris Paniti Pdt Baby Awuy-Sumanti  mengingatkan perlunya peran aktif dari semua pengurus dan anggota panitia dalam mensukseskan acara yang di dukung penuh MD GPdI Sulawesi Utara.

"Acara direncanakan pada bulan Juni 2024 dengan jumlah peserta kurang lebih 500 orang dengan menghadirkan para narasumber yang punya pengalaman dan kemampuan di bidang masing-masing," sebut Pdt Beby.

*Middle*


Minggu, 14 April 2024

Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu Lantik Panitia HUT Pelprip Ke-71 Didampingi Ketua KD Pelprip Pdm Meiki Onibala

Ketua MD GPdI Sulut Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu Lantik Panitia HUT Pelprip Ke-71 Didampingi Ketua KD Pelprip Pdm Meiki Onibala


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ketua Majelis Daerah Gereja Pantekosta di Indonesia (MD GPdI) Sulawesi Utara Pdt Yvonne Indria Awuy-Lantu melantik Pantia HUT Pelprip GPdI Sulawesi Utara ke-71 pada ibadah yang ke-7 di GPdI Samrat 38, Kota Manado, Minggu (14/04/2024)malam.


    Foto, Pdt Miracle Awuy sedang                          berkhotbah pada ibadah ke-7 GPdI                    Samrat 38 Manado sekaligus pelantikan          panitia HUT Pelprip Sulut.


Acara ibadah dan pelantikan tersebut didasarkan pada khotbah yang disampaikan Kepala Sekolah Alkitab Langowan (SAL) Pdt Miracle Awuy, S.Th dengan mengambil Nats bacaan Alkitab dalam Wahyu 17 ayat 14, "Terpanggil, Terpilih dan Setia."


"Kita dipanggil oleh Tuhan untuk menjadi saksi dan dipanggil untuk melakukan kebenaran juga setia melakukan apa firman kan Tuhan bagi kita orang percaya," kata Pdt Eky sapaan akrabnya yang menjabat gembala GPdI Berea Perkamil Manado ini.


    Foto Ketua Panitia HUT Pelprip Sulut                ke-71, Pdt Rendy Sanger, M.Th


Usai ibadah dan pelantikan, Ketua KD Pelprip Sulawesi Utara Pdm Meiki Onibala, S.Th, M.Si yang juga menjabat KP Pelprip GPdI mengatakan, Panitia yang baru dilantik dapat mempersiapkan dengan baik momentum tahunan ini dengan baik.


"Tentunya kami berharap adanya sinergitas yang naik semua panitia,sehingga acara Hut Pelprip tahun ini dapat berlangsung dengan baik untuk kemuliaan Tuhan," ucap Onibala.


Sementara itu, Ketua Panitia Pdt Rendy Sanger, S.Pt, M.Th menyampaikan terima kasih untuk kepercayaan yang di berikan oleh MD GPdI Sulut melalui KD Pelprip.


"Yang pasti kami panitia akan terus intens dalam mempersiapkan acara mulia ini. Intinya saya sebagai ketua tentunya akan terus berkoordinasi dengan semua yang terkait untuk suksesnya perayaan Hut Pelprip ke-71 yang bertempat di Tanah Totabuan," sebut Pdt Rendy.


Diketahui acara pelantikan ini, di hadiri Wakil Ketua KD Pelprip Sulut, Drs Ferry Sendouw, Sekretaris Drs Max Raintung, S.Th, M.Si, dan pengurus KD lain juga Pengurus Komisariat.


*Middle*


Sabtu, 06 April 2024

Pewarna Sulut Maknai Paskah Bersama Anak-Anak Pesisir Pantai Kampung Bahowo

Pewarna Sulut Maknai Paskah Bersama Anak-Anak Pesisir Pantai Kampung Bahowo


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani (PD Pewarna) Indonesia Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan perayaan Ibadah Paskah dalam rangka memaknai atas kebangkitan Yesus Kristus yang terjadi pada hari ketiga setelah peristiwa penyalibanNya.


Ketua PD Pewarna Indonesia Sulawesi Utara Sanfransisco Manossoh mengatakan, kegiatan ibadah Paskah disertai lomba tersebut sudah menjadi agenda tahunan yang wajib dilaksanakan sebagai organisasi profesi jurnalis Nasrani.


"Tentunya sebagai pekerja pers kristiani harus memaknai, peristiwa kematian Tuhan Yesus Kristus atau disebut Jumat Agung. Jumat Agung menandai penyaliban Yesus Kristus di Bukit Golgota. Peristiwa Jumat Agung terjadi sebelum perayaan Paskah," ucap Manossoh.


Manossoh sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Penasehat Pewarna Indonesia Sulut dan donatur lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.


 "Terimakasih yang tak terhingga kepada bapak dan ibu penasehat pewarna Sulut dan para donatur yang sudah membantu kami, sehingga acara ibadah dan kegiatan lomba dapat berjalan dengan segala baik," ungkap Manossoh.


Selain itu, Manossoh juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran anggota pewarna Indonesia Sulut pada kegiatan ini. 


"Saya juga sangat menghargai, mengapresiasi dan berterimakasih kepada teman-teman anggota pewarna Indonesia Sulut yang sudah mendukung dan hadir pada kegiatan paskah Ceria 2024 ini,"terangnya.


Sementara itu, Sekretaris PD Pewarna Indonesia Sulawesi Utara Pdt Middle Onibala menjelaskan, perayaan Paskah merupakan kemenangan Tuhan Yesus Kristus atas maut. Tuhan Yesus Kristus bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.


"Intinya, peristiwa paskah ini, memotivasi kita umat-Nya untuk tetap setia dalam menjalankan visi dan misi Kristus yang akan berdampak bagi transformasi rohani untuk kehidupan yang kekal nanti," sebut Onibala.


Kegiatan yang mengambil tempat di kompleks Dermaga Mangrove Park Bahowo, Kampung Bahowo Kelurahan Tongkaina itu di meriahkan dengan berbagai lomba yang melibatkan para anak sekolah Minggu dari denominasi gereja di kampung Bahowo, pada Sabtu (06/04/2024) sore.


Peserta lomba yakni anak-anak pesisir di kampung Bahowo usia 6 sampai 10 tahun. Adapun lomba yang di laksanakan antara lain Cerdas Cermat Alkitab (CCA) dan Lomba Mengupas telur tercepat dan selanjutnya penyerahan bingkisan kepada seluruh peserta lomba sebanyak 18 orang anak.


Diketahui, acara ibadah dan lomba yang bertajuk "Paskah Ceria 2024" Pewarna Indonesia Sulut di pandu oleh Pdt Deiby Malongkade dan di hadiri oleh anggota pewarna Sulut dan juga orang tua peserta.


Ini susunan panitia Paskah Ceria  tahun 2024 PD Pewarna Indonesia Sulut.

-Koordinator lapangan : Ronal A Rewah 

-Penanggungjawab lomba : Yusak Poludu, Hemsi Piters, Iwan Suma, Verry Tumimomor, Feicy Tatilu, Friska Tewu, Jelina Najoan, Dewi Suprobowati


*Redaksi*


Jumat, 05 April 2024

Semangat Berbuat Kebajikan, Aliansi Pers Manado (APM) Berbagi Takjil Gratis

Semangat Berbuat Kebajikan, Aliansi Pers Manado (APM) Berbagi Takjil Gratis


MANADO, CARIKABAR.ID
- Para pekerjaan pers yang tergabung dalam Aliansi Pers Manado (APM) dengan semangat untuk berbuat kebaikan yang sudah terjalin tersebut dituangkan dalam aksi sosial dengan membagikan takjil gratis kepada warga Kota Manado. 


Kegiatan personil APM di bawah pimpinan Ketua Steven Rondonuwu bahu membahu menyiapkan sekaligus membagikan takjil kepada warga yang berpuasa yang melintas, bertempat di depan Kantor Walikota Manado, Jumat (05/04/2024).


Ketua APM Steven Rondonuwu dalam keterangannya, mengapresiasi keterlibatan anggota APM dalam rangka pembagian takjil gratis di bulan suci Ramadhan itu.


"Kegiatan pembagian takjil gratis ini merupakan rangkaian dari kegiatan kemarin yang sudah kami dilakukan, yaitu buka puasa bersama di kawasan Megamas. Sampai kegiatan pembagian takjil ini, keterlibatan para personil APM patut di apresiasi," ujar Rondonuwu. 


Terpantau Wakil Bendahara APM Lusy Dien dan para personil APM bahu membahu membagikan takjil sambil menyapa para warga. 


"Tujuan kegiatan ini untuk meraih berkah pada bulan Ramadhan, antar sesama jurnalis yang beragama muslim. Komitmen kami adalah kebersamaan dalam melakukan pekerjaan aktivitas sehari-hari di kantor Walikota Manado” ucap Rondonuwu.


*Middle*

Buka Puasa Bersama DPC PDI-P Manado, Sualang: Bulan Ramadhan adalah Momentum Menyejukkan

Buka Puasa Bersama DPC PDI-P Manado, Sualang: Bulan Ramadhan adalah Momentum Menyejukkan


MANADO, CARIKABAR.ID
-  DPC PDI-Perjuangan Kota Manado, sebagai Partai nasionalis yang mengakomodir dan mewadahi semua agama dalam melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama   kader dan simpatisan yang beragama Muslim. 


Acara Buka puasa bersama tersebut, di hadiri langsung Ketua DPC PDI-P Kota Manado dr Richard Sualang yang dilaksanakan di Kantor DPC PDIP Kota Manado, jumat (05/04/2024).


Dalam sambutan pesan Ramadhannya, Ketua DPC PDI Kota Manado dr Richard Sualang  menyampaikan, bahwa kita semua baru melewati momen perjuangan yang melelahkan yaitu Pilcaleg dan Pilpres. namun sekarang kita memasuki momen yang menyejukkan yaitu bulan Ramadan. 


"Melihat kembali jati diri kita sebagai kader PDIP yang juga sebagai seorang Muslimin dan muslimat dan menjalankan ajaran agama," ucap Sualang.


Lanjut Sualang, bulan puasa merupakan  momen merajut kembali tali silahturahmi akibat berbeda pilihan Caleg pada waktu lalu.


"Mari kita bersatu kembali, mengingat momen Pilkada sudah dekat," harap Sualang.


Sualang juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat menyambut hari raya Idul Fitri. 


Dikesempatan itu pula, setelah ada Siraman rohani dari ketua MUI Manado dan pembagian bingkisan Lebaran untuk kader dan simpatisan PDIP Kota Manado.


Turut hadir dalam kegiatan ini, ketua MUI Kota Manado Ustad Yaser bin Smith, Fani Mantali, Hamdan Poneo ,  Samsudin Masloman sekretaris Parmusi Sulut, Sofianti Husain, dan pengurus PAC, Ranting dan anak ranting yang beragama muslim se Kota Manado.  


*Middle*

Besok, Puluhan Ribu Remaja GMIM Turun Manado Ikut Selebrasi Paskah 2024

Besok, Puluhan Ribu Remaja GMIM Turun Manado Ikut Selebrasi Paskah 2024


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kota Manado menjadi tuan rumah Kegiatan Selebrasi Remaja se-Sinode GMIM 2024 pada besok hari, Sabtu (06/04/2024, bertempat di Stadion Klabat Manado.


Diperkirakan Ribuan Remaja se-Sinode GMIM akan membanjiri area Stadion Klabat dan sekitarnya dalam kegiatan tahunan Remaja GMIM itu.


Ketua Umum Panitia Pelaksana dr. Richard Sualang menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Kota Manado yang secara tidak langsung akan mengalami dampak dari kegiatan ini. 


"Kami panitia dan juga selaku Pemerintah Kota Manado menghaturkan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Manado yang akan melintas di seputaran Stadion Klabat dan sekitarnya. Diperkirakan, kegiatan ini akan berdampak langsung kepada masyarakat pengguna kendaraan yang melintas dan efeknya akan mengalami kemacetan," kata Sualang, Jumat (05/04/2024), didampingi Bart Assa, selaku Ketua Harian Panitia.


Wakil Walikota ini menyebutkan, pemerintah lewat Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Manado akan bekerja maksimal untuk bisa mengurai kemacetan.


“Tentunya pemerintah akan bekerja maksimal untuk mengurangi kemacetan. Dinas LLAJ Manado akan kami kerahkan untuk bagaimana meminimalisir kemacetan, dengan melakukan rekayasa lalu lintas di seputaran pelaksanaan acara,” ujar Ketua Rayon Manado P/KB GMIM ini. 


Sualang pun mengajak kepada peserta selebrasi untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam mengikuti kegiatan ini. 


"Kepada adik-adik remaja yang akan mengikuti kegiatan ini agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Jaga kesehatan dan stamina, kalau bisa bawah baju ganti, karena diperkirakan besok akan turun hujan di Kota Manado," ucapnya. 


Berikut ini informasi lalu lintas kegiatan Selebrasi Remaja se-Sinode GMIM 2024.


- Penatua remaja masing-masing jemaat dapat mematuhi dan mengarahkan kendaraan dari jemaat untuk mengikuti instruksi yang sudah diatur oleh panitia agar tidak terjadi kemacetan.


- Kendaraan peserta tidak diperkenankan parkir untuk masuk dan melakukan drop off di area Stadion Klabat. 


- Semua peserta di selebrasi diharapkan membawa kartu BPJS Kesehatan dan Kartu Keluarga (digital) hal ini untuk mempermudah saat peserta mengalami sakit dan harus melakukan perawatan di rumah sakit. 


- Tanda masuk drop off/stiker kendaraan peserta dapat diambil di tiga titik yang sudah ditentukan panitia, dengan harga Rp. 10.000/Pcs.


Berikut pembagian titik masuk Rayon Minsela, Minsel, Manado 2 (sebagian) Tomohon (sebagian) 


- Titik pos pengambilan stiker kendaraan di Malalayang (Dekat gereja Advent) 


- Drop off peserta di depan sekolah Aquino,  setelah melakukan drop off kendaraan peserta langsung mengarah ke Lokasi Parkir yaitu Megamas, area Manado Town Square, God Bless Park, dan Marina Plaza lurus ke arah Kampus Unsrat.


Titik masuk rayon Mitra, Langowan, Minahasa 1 dan 2, Tomohon


- Titik pos sekretariat pengambilan stiker kendaraan di Winangun (depan pekuburan setelah dealer Daihatsu) 


- Setelah drop off, kendaraan peserta langsung mengarah ke lokasi parkir yaitu Megamas, area Mantos, God Bless Park, dan Marina Plaza melewati Jalan Bethesda.


Titik pintu masuk Rayon Bitung, Minut 1 dan 2, Manado 1 dan 2 (GMIM Imanuel Wanea).


- Titik pos sekretariat pengambilan stiker kendaraan di GMIM Imanuel Wanea- Drop off peserta di area SMK Negeri 1 Manado,  dan samping Gedung Keuangan Negara. Setelah drop off peserta, kendaraan peserta langsung mengarah ke lokasi parkir di Megamas, Area Mantos, God Bless Park, Marina Plaza melewati Jalan Siswa. Peserta dari Rayon Bitung, Minut 1 dan 2, Manado 1 dan 2 yang akan melewati ringroad  Tidak Diperkenankan melewati jalan Citraland, melainkan setelah melewati terowongan ringroad belok kanan ke arah Taman Budaya kemudian lurus ke arah lampu merah Rike kemudian kiri ke arah Manado Post.


*Middle*

Kamis, 04 April 2024

Pekerja Pers Muslim & Kristen Membaur Bersama, Buka Puasa Bersama Pemkot Manado dan APM

Pekerja Pers Muslim & Kristen Membaur Bersama, Buka Puasa Bersama Pemkot Manado dan APM


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka menjalin tali silaturahmi, Pemerintah Kota Manado dan Aliansi Pers Manado (APM) menggelar buka puasa bersama dengan sahabat sesama jurnalis muslim.


Kegiatan yang berlokasi di lapangan Basket Megamas Manado itu, dihadiri Wakil Walikota dr Richard Sualang didampingi Sekretaris Kota Manado Micler Lakat juga Ketua TP PKK Irene Golda Angouw-Pinontoan, berlangsung penuh kekeluargaan, Kamis (05/04/2024).


Pada momentum bulan suci Ramadhan para pekerja Pers di Kota Manado, baik yang beragama Muslim maupun Kristen membaur bersama penuh kebersamaan tersebut, bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar pekerja pers dan Pemerintah.


Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengajak kepada seluruh pekerja pers di Kota Manado agar selalu menjaga kerukunan dan kedamaian di bula suci Ramadhan ini. 


"Semoga dengan kegiatan ini bisa mempererat hubungan tali silaturahmi sesama pekerja pers di Kota Manado, juga antar instansi pemerintah," kata Sualang. 


Pada kesempatan itu, Ketua APM, Steven Rondonuwu mengatakan kegiatan buka puasa bersama pemerintah Kota Manado dan APM dilaksanakan setiap tahun. 


"Jadi kegiatan buka puasa bersama Pemerintah Kota Manado sudah menjadi agenda tahunan dari Aliansi Pers Manado yang rutin dilakukan," sebut Rondonuwu. 


Lanjut Rondonuwu, buka puasa bersama tersebut juga menjadi ajang silaturahmi para pekerja pers di Kota Manado dan instansi pemerintah.


"Kebersamaan dan kerukunan merupakan tujuan dari kegiatan ini. Para pekerja pers di Kota Manado datang dari berbagai ras dan agama. Kami harapkan, dengan kegiatan ini bisa menjadikan ajang silaturahmi antar sesama wartawan," haranya.

*Middle*

Rabu, 03 April 2024

Dalam Rangka Percepatan Pelayanan, Kadis Erwin Kontu Hadiri MoU Disdukcapil Bersama PN Manado

Dalam Rangka Percepatan Pelayanan, Kadis Erwin Kontu Hadiri MoU Disdukcapil Bersama PN Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Manado Erwin Kontu menghadiri kegiatan penandatanganan kerjasama (MoU) antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama Pengadilan Negeri Manado.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk pemenuhan persyaratan pelayanan pencatatan sipil melalui putusan Pengadilan Negeri.


"Hari ini kami melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PN Manado. Ini adalah bentuk kerja sama pelayanan terbaik dari kami dan PN Manado” jelas Kontu, Kamis (04/04/2024).


Dikatakannya, nota kesepakatan ini dalam rangka percepatan pelayanan khususnya di bidang administrasi kependudukan Kota Magelang. Sehingga, pelayanan lebih efektif dan efisien.


Ia menjelaskan, MoU ini akan memudahkan warga yang tengah menjalani sidang perkara di PN Manado. Nanti hasil putusannya langsung dikirim ke Disdukcapil untuk kemudian dilakukan perubahan pada dokumen kependudukan dari warga tersebut.


Adapun kerjasama ini berlaku untuk jangka waktu 1 tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani oleh para pihak.



Penandatanganan MoU oleh Ketua Pengadilan Negeri Manado Indrawan SH.MH. bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota m Erwin Kontu SH.


*Middle*

Pemkot Manado Bersama BAZNAS Gelar Buka Puasa

Pemkot Manado Bersama BAZNAS Gelar Buka Puasa


MANADO, CARIKABAR.ID
- Momentum bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Manado melaksanakan buka puasa bersama, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Rabu (03/04/2024).


Kegiatan itu juga sekaligus memberikan penghargaan kepada Muzaki dan UPZ aktif serta distribusi paket Ramadhan.


Walikota Manado dalam sambutan yang di bacakan Asisten III Kota Manado, Harke Tulenan menyampaikan, puji dan syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa sehingga bisa mengikuti buka puasa bersama pimpinan Baznas Kota Manado yang dirangkaikan dengan penyaluran zakat.


    “Bulan Suci Ramadhan ini merupakan bulan yang begitu istimewa bagi umat Islam sehingga harus diisi dengan amalan yang benar – benar mencerminkan jati diri sebagai umat Islam serta menumbuhkan rasa empati dan peduli kepada orang lain,” sebut Tulenan.


Dia pun mengingatkan, segala sesuatu yang baik berasal dari kepedulian. Satu hal kecil yang tumbuh dari kepedulian niscaya membawakan kebaikan dan satu kebaikan kecil dari satu orang mungkin dapat menolong hidup seseorang.


“Berbagi kepedulian ini penting sebagai pendorong semangat dan sebagai teladan bagi kita sekalian untuk senantiasa berbuat kebaikan. Karena satu kebaikan kecil dari satu orang dapat menyegarkan bahkan menyelamatkan hidup seseorang dan pada gilirannya berbuahkan kebaikan bagi masyarakat bahkan bangsa dan negara,” ucap Tulenan.


Lanjutnya, di bulan Suci Ramadhan ini, momentum untuk saling berkokoh, bersilaturahmi dalam merangkul persatuan untuk sukses membangun Kota Manado yang maju dan sejahtera. Jadikan hidup itu berguna bagi diri dan sesama manusia.


“Mari membangun kerukunan dan toleransi antar umat beragama, mari jaga keamanan dan ketertiban bersama, saling menerima dan berbagi melalui dialog kerjasama dan sinergi untuk Manado aman, rakyat tenang. Jadi pelindung dan pelestari alam. Mulailah dari memelihara kebersihan rumah dan lingkungan maka Manado akan bersih dan nyaman maka masyarakat pun sehat dan sejahtera,” jelasnya.


Sekali lagi mewakili Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1445 H semoga Allah Tuhan yang maha kuasa menerima seluruh amal ibadah kita dan melimpahkan rahmat dan hidayahnya serta menyertai kita semua.


Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Manado Taufiq Permata mengatakan dimana kegiatan buka puasa bersama ini sekaligus memberikan penghargaan dan pemberian santunan atau zakat yang berasal dari ASN Pemkot Manado.


“Ini adalah acara penyaluran distribusi dimana berbeda dengan acara seremonial. Kita menyalurkan zakat, infaq dan sedekah yang dikumpulkan oleh Baznas yang sumbernya dari ASN Pemkot Manado yang beragama muslim di lingkungan Pemerintah Kota Manado,” ucap Taufiq.


Menurut Taufiq, Baznas itu ada nomenklaturnya untuk mengeluarkan penyaluran zakat, minimal dia harus masuk asnaf atau disebut dengan penerima manfaat (Mutahik).


“Terima kasih atas bantuan dari Pemkot Manado khususnya ASN, kiranya dapat termotivasi bagi kami. Baznas ini harus dibicarakan tentang penarikan zakat di lingkungan Pemkot Manado karena zakat ini adalah lembaga yang batas. Kita mengelolah zakat, bukan ormas karena ini lembaga negara yang ditugaskan untuk mengumpulkan zakat yang ada di Kota Manado. Baznas ini bukan karena semata – mata kelembagaan tapi semata – mata adalah bagaimana kita meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Manado,” pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan buka puasa bersama, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Manado M.Sofyan, Pimpinan Baznas Provinsi Sulut Hj. Agus Budiarso, Mewakili Kementerian Agama, Staf Khusus Walikota, Pengurus Baznas Kota Manado dan undangan lainnya.


*Middle*

Bentuk Kepedulian AARS, se-Jumlah Tunjangan dan Gaji ASN Pemkot Manado Dibayarkan

Bentuk Kepedulian AARS, se-Jumlah Tunjangan dan Gaji ASN Pemkot Manado Dibayarkan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado dalam kepemimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang segera membayar kewajiban sejumlah tunjangan dan gaji ASN.


Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado Bart Assa mengatakan, pembayaran itu, sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk kesejahteraan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Manado.


"Sejumlah tunjangan yang dimaksud tersebut adalah,  TPP 2 bulan setengah, gaji pokok April, dan gaji 14 (THR), " kata Bart.


Lanjut Bart, persetujuan pembayaran itu berdasarkan Kemendagri telah menyetujui pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN di lingkungan Pemkot Manado.


"Kemendagri telah menyetujui pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN di lingkungan Pemkot Manado," ucapnya.


Bart Assa juga menyampaikan, keterlambatan pembayaran TPP dikarenakan adanya perubahan/penyesuaian dengan ketentuan – ketentuan yang baru sehingga perlu dilakukan permohonan ijin pembayaran kepada Kementrian Dalam Negeri.


“Kita nanti baru bisa membayar ketika ijin atau rekomendasi dari kementrian dalam negeri dan kementrian keuangan terbit. Kebetulan izin sudah terbit, tetapi baru kemarin. Sehingga hari ini saya perintahkan untuk TPP bulan Februari dan Maret sudah mulai bisa dibayarkan hari ini," sebutnya.


Didampingi Kabag Organisasi Pemerintah Kota Manado, Novly Siwi, Bart juga menambahkan, ini juga merupakan permintaan langsung dari pak Walikota dan Wakil Walikota pada kami untuk segera memproses semua pembayaran.


"Untuk diketahui, anggaran pembayaran secara keseluruhan tunjangan dan gaji tersebut berjumlah Rp 30 miliar," kuncinya.


*Middle*


Selasa, 02 April 2024

Memastikan Fasilitas Baik dan Bersih, Walikota dan Tim Cek Langsung

Memastikan Fasilitas Baik dan Bersih, Walikota dan Tim Cek Langsung


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota Manado Andrei Angouw melakukan kunjungan di Pasar Bersehati Manado dalam rangka meninjau berbagai fasilitas umum, Selasa (02/04-2024).


Pada kunjungan tersebut, Walikota Angouw melihat langsung beberapa fasilitas yang ada, seperti; tanggul pemecah ombak, dermaga, taman, pedestrian dan lain-lain.


Walikota mencek berbagai fasilitas yang belum lama dikerjakan ini untuk memastikan bahwa fasilitas untuk publik ini baik dan bersih. 


"Fasilitas ini dibuat sedemikian rupa untuk kenyamanan warga serta demi estetika kota khususnya di kompleks Pasar Bersehati," kata Walikota.


Di Kesempatan itu pula, Walikota terlihat melakukan pembicaraan serius dengan pihak BWS Sulut, KPLP, Asisten II, Kadis Perhubungan, Kadis PUPR, Camat dan lainnya. 


"Ada program pembangunan yang sedang dikoordinasikan untuk pelaksanaan penataan muara sungai, bahkan untuk pelabuhan Manado agar lokasi ini lebih indah," ucap sumber di lokasi.


Diketahui, Walikota dan tim disambut Asisten II Atto Bulo S.H.,M.M, Kadis Perhubungan Drs. Jeffry Worang M.Si, Kadis PUPR Jhonny Suwu S.T, Dirut PD Pasar dr. Lucky Senduk, Dirops PD Pasar Irvin Biki, KPLP Kota Manado, BWS Sulut, Camat Wenang Bonix Saweho S.E, Lurah Calaca dan pejabat teknis lainnya serta pengusaha Mario.


*Middle*

Senin, 01 April 2024

Stadion Klabat akan Dipadati Puluhan Ribu Remaja GMIM, Richard Sualang Optimis Acara Berlangsung Penuh Sukacita

Stadion Klabat akan Dipadati Puluhan Ribu Remaja GMIM, Richard Sualang Optimis Acara Berlangsung Penuh Sukacita


MANADO, CARIKABAR.ID
- Remaja Sinode GMIM melalui Panitia pelaksana kegiatan Selebrasi Paskah tahun 2024, sementara merampungkan hal-hal teknis untuk kelancaran acara yang dihelat setiap tahun. 


Kegiatan yang akan di awali dengan ibadah pada Pukul 09:00 Wita tersebut, rencananya digelar di wilayah Manado Selatan I dan dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (06/04/2024) di Stadion Klabat Manado. 


Panitia kegiatan dibawah pimpinan Ketua Umum dr. Richard Sualang, mengatakan persiapan sudah hampir rampung. Puluhan Ribu remaja GMIM diperkirakan akan membanjiri kawasan Stadion Klabat Manado akhir pekan ini. 


"Iya nantinya Selebrasi Remaja se-Sinode GMIM 2024 ini akan dikemas dengan spektakuler. Kami perkirakan, puluhan ribu remaja akan membanjiri Stadion Klabat Manado," kata Sualang. 


Kepada media, Senin (01/04/2024), Sualang sangat optimis, di hari pelaksanaan nanti seluruh remaja se-Sinode GMIM dapat mengikuti Selebrasi Paskah ini dengan penuh sukacita. 


"Tentunya, kami panitia berharap jajaran Pemkot Manado untuk secara maksimal mendukung penuh panitia pelaksana dalam menyukseskan acara ini sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sudah barang tentu, kegiatan ini persiapkan dengan baik, agar para adik-adik remaja mengikuti ibadah dengan sukacita iman, "ucap  Wakil Walikota Manado ini. 


Dikatakan Sualang, sebagai tuan rumah, sudah sepantasnya masyarakat Kota Manado mendukung kegiatan remaja sinode GMIM ini. 


“Saya juga menghimbau agar masyarakat Manado, khususnya di sekitar lokasi acara menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik. Juga kepada adik-adik remaja dan pembina saya mengajak untuk datang dan meramaikan selebrasi paskah ini karena panitia pelaksana akan menyambut dengan sukacita dan ingat berselebrasi dengan baik dan sesuai aturan,” ungkapnya.


dr Richard Sualang yang juga Ketua Rayon Manado P/KB GMIM berharap, para remaja yang akan menghadiri kegiatan ini agar menjaga stamina dan kesehatan dengan baik. 


"Diharapkan, adik-adik yang akan menghadiri kegiatan ini harus menjaga kesehatan dan stamina. Namun, kami selaki panitia sudah mengantisipasi segala hal terkait kelancaran acara. Kesiapan pemimpin ibadah dan acara kreativitas, pengaturan keluar masuk lokasi ibadah, rekayasa lalulintas serta tim kesehatan telah diatur oleh panitia pelaksana," kuncinya.


*Middle*