Kamis, 30 Mei 2024

Wali Kota Andrei Angouw Ajak Jamaah Mushollah Nurul Jihad Ketang Baru Terus Bangun Komunikasi Bersama

Wali Kota Andrei Angouw Ajak Jamaah Mushollah Nurul Jihad Ketang Baru Terus Bangun Komunikasi Bersama


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi Mushollah Nurul Jihad di Kelurahan Ketang Baru, Kamis (30/05/2024).

Kehadiran Wali Kota di Mushollah Nurul Jihad dalam rangkah menghadiri acara Syukuran Milad Majelis Ta'Lim ibu-ibu Penyantun Nurul Jihad sekaligus Ifthor Akbar (buka puasa bersama).



Dalam sambutannya, Wali kota menyinggung  soal halal bi halal yang menurutnya bisa dilakukan setiap hari.


"Tentunya, saya berharap agar kita semua dapat menjaga hidup secara bersama dan dapat berkomunikasi sesama warga dengan baik," kata Walikota Angouw.



Bagi Walikota, kita semua sama-sama mengurus masyarakat yakni pemerintah bersama dengan tokoh-tokoh Agama. 


"Kita bukan negara Agama, tapi negara kita warganya harus beragama. Kita bukan negara atheis (tidak berTuhan)," ucap Wali Kota. 



Wali Kota juga, berterima kasih kepada para tokoh agama yang selama ini dapat menjaga suasana kondusif kota Manado dan telah berkontribusi terhadap keamanan dan kenyamanan warga di Kota Manado.



Hadir dalam acara ini Camat Singkil Fadly Kasim, staf khusus Wali Kota Rustam Hasan, tokoh Agama serta ibu-ibu Majelis Ta'Lim Nurul Jihad.


Kegiatan awal dipandu oleh Ustad Rizal Kasim M.Ag yang menyampaikan pengantar dan pandangan umum tentang kegiatan ini sekaligus memperkenalkan yang hadir.


Ustad Rizal Kasim melanjutkan pencerahannya soal puasa 9 hari yang sedang dilaksanakan saat ini hingga waktunya berbuka puasa yang ditandai dengan doa buka puasa.


*Middle*

AARS Berhasil Beri Inovasi Kenyamanan Masyarakat di 3 Tahun Kepemimpinan Kota Manado

AARS Berhasil Beri Inovasi Kenyamanan Masyarakat di 3 Tahun Kepemimpinan Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Tabea Manado yang digelar Pemerintah Kota Manado mungkin bisa tepat dikatakan Spektakuler acaranya dari gambaran situasi jalannya acara yang dikemas dengan menarik itu berlangsung di Manado Bay Kawasan Megamas, pada Rabu (29/05/2024). 

Acara yang digagas langsung Staf khusus Walikota Manado, Aliansi Pers Manado bersama Dinas Kominfo Manado itu dihadiri oleh ratusan lapisan masyarakat, disiarkan langsung oleh kanal Facebook Pemerintah Kota Manado dan di tonton oleh sekitar 6 ribuan akun. 

Tak hanya itu, secara detail berbagai aspirasi dan pertanyaan warga di media sosial di jawab secara lugas oleh Walikota Andrei Angouw (AA) dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang (RS) . 

Sejak mengawali pemerintahan di kota Manado pada tahun 2021, Visi dan Misi AARS untuk Manado Maju & Sejahtera sangat sejalan dengan sistem perencanaan Nasional  Berdasarkan Undang-Undang No 25 Tahun 2004.

"Fokus pembangunan kota dijabarkan melalui 15 rangkuman program prioritas yang didalamnya berisikan target dan indikator untuk pencapaian pembangunan," kata Walikota Andrei Angouw. 

Di awal pemerintahan sebagai Walikota & Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw dan Richard Sualang harus diperhadapkan dengan kondisi yang tidak mendukung, karena wabah COVID 19 masih terjadi yang mengakibatkan krisis dan refocusing anggaran sehingga AARS dituntut harus mengambil kebijakan tepat dalam pengalokasian anggaran sehingga pembangunan tetap berjalan.

"Kami ini pelayanan. Kami ditantang untuk menjadi inspiratif dan transformatif. Maka kami mulai membenahi infrastruktur mendasar yaitu jalan dan drainase," tambah walikota. 

Pemerintah Kota juga berhasil membuat inovasi-inovasi untuk kenyamanan masyarakat. 

Sebut saja, pembuatan jalur pejalan kaki sepanjang 2,4 Kilometer dan lebar 8 meter di sepanjang Jl Piere Tendean atau dikenal dengan pedestarian Boulevard. Pemerintah sudah membuat dan menata sebanyak 54 taman di kelurahan dan kecamatan 13 taman gantung dan 7 taman kota yang baru semuanya untuk keindahan dan kenyamanan kota. Sistem penerangan Jalan juga menjadi salah satu fokus AARS. Dari tahun 2021 hingga 2023 pemerintah telah menambah 8.800 lampu untuk mengganti dan menambah titik PJU di Kota Manado. 

Penanganan TPU Sumompo menjelang peralihan ke TPA terpadu Iloilo. 

menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 2021 hingga 2024. Dari tumpukan sampah menggunung, sejak awal masa pemerintahan, penataan TPA Sumompo telah dilakukan secara terpadu beberapa perangkat daerah dilibatkan seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, dan bersama Bapelitbangda yang melakukan penyemprotan ecoenzym. Dampak penggunaan ecoenzym telah secara signifikan mengurai konsentrasi metana, di mana jika sebelum penyemprotan berada pada skala 0, pasca penyemprotan menjadi lebih terurai dan berada pada skala 100,01 – 500.

Mall Pelayanan Publik adalah pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah serta swasta secara terpadu pada 1 (satu) tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan. Visi AARS adalah menjadikan tempat ini sebagai fungsi utama dari semua layanan publik pemerintah, sehingga cepat dan secara profesional dirasakan masyarakat. 

Pemerintah dibawah kepemimpinan Andrei Angouw dan Richard Sualang terus berinovasi dengan membuat program perlindungan kesehatan dan tenaga kerja bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). PBPU Pemkot Manado adalah peserta Jaminan Kesehatan Nasional/BPJS yang iurannya di bayarkan lewat APBD Kota Manado.

Dengan status Universal Health Coverage untuk Kota Manado sehingga masyarakat yang didaftarkan melalui pendataan pada Dinas Sosial Kota Manado ke BPJS Kesehatan dan dapat langsung aktif kepesertaannya di hari yang sama. 

Sejak tahun 2021 hingga per tanggal 30 April 2024, jumlah peserta PBPU yang di cover pemerintah Kota adalah sebanyak 24.568 jiwa. Program ini sangat membantu masyarakat dengan penggunaan anggaran yang terarah atau tepat sasaran. Hal ini yang membuat pemerintah kota Manado menerima penghargaan Universal Health Coverage Award 2023 dari BPJS Republik Indonesia sebagai Inovasi Terbaik dan menempatkan posisi kota Manado sebagai percontohan secara Nasional. 

Penyaluran dana Lansia dan insentif operasional Rohaniawan atau tokoh agama juga menjadi bagian dari program peningkatan kesejahteraan yang dilakukan pemerintah.

Tercatat untuk Penerima bantuan untuk Lanjut Usia yang terdaftar sebagai penerima layak adalah tahun 2022 sebanyak 2131, tahun 2023 sebanyak 1941 dan tahun 2024 sebanyak 2711.


Sedangkan untuk Insentif operasional tokoh agama, tahun 2021 berjumlah 170 orang, tahun 2022 berjumlah 1229 penerima, tahun 2023 sebanyak 1662 penerima, dan tahun 2024 triwulan pertama sebanyak 1.275 orang rohaniawan 

Demikian pun dengan bantuan kelengkapan duka bagi masyarakat yang mengalami kedukaan. Pemerintah kota Manado memberikan bantuan kelengkapan duka yang di khususkan bagi masyarakat yang masuk golongan kurang mampu atau miskin dan miskin ekstrim. 

Dalam rangka melaksanakan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim secara tepat sasaran, melalui strategi kebijakan yang meliputi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan jumlah kantong kantong kemiskinan. 

Pemerintah kota Manado mengeluarkan Surat Keputusan Walikota tentang penatapan nama sasaran keluarga miskin penerima program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim kota Manado. Sebanyak 474 keluarga miskin ekstrem sudah terdata dan berhak menerima bantuan yaitu: biaya hidup, renovasi rumah, memberikan pekerjaan/menfasilitasi anak putus sekolah dan bantuan fasilitas kesehatan. 

Program ini adalah inovasi ekstrem yang baru pertama kali diterapkan di Sulawesi Utara bahkan di Indonesia.

Tujuan utama adalah pemerataan keseimbangan sosial dan keseimbangan kesejahteraan. 

Kajian indikator Makro kota Manado dari tahun ke tahun menunjukkan trend positif dengan angka kenaikan 5-10 persen. 

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kota Manado pada tahun 2022 sebesar 43,9 trilyun rupiah, dan di tahun 2023 meningkat menjadi 48,54 trilliun rupiah.

Kota Manado menjadi daerah pembentuk terbesar atas PDRB Sulawesi Utara yaitu 28,24 persen. 

inflasi tetap terjaga pada tahun 2021: 2,65 persen, tahun 2022 : 4.00 persen dan tahun 2023 : 2,87 persen, yang merupakan rekor Inflasi terendah di Indonesia. 

Tingkat pengangguran terbuka menurun  pada 

tahun 2021 : 12,17 persen

tahun 2022 : 10,47 persen

tahun 2023 : 8,85 persen 

Hal ini mengartikan semakin banyak persentase penduduk angkatan kerja yang mendapatkan pekerjaan, angka kemiskinan pun menurun jauh. 

Jika pada tahun 2021 : 6,19 persen, tahun 2022 : 5,85 persen, sedangkan tahun 2023 : 5,79 persen yang merupakan terendah di Sulawesi Utara.

Menurunnya angka kemiskinan ini bermakna bahwa secara umum kondisi penduduk miskin Manado menunjukkan perbaikan. 

Indeks Pembangunan Manusia merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia terkait hasil pembangunan kota. 

Tahun 2021 : 79,20 

Tahun 2022 : 79,66

Tahun 2023 : 81,40 yang merupakan tertinggi di Sulawesi Utara dan Indonesia. 

Angka Indeks pembangunan manusia dapat mengukur kualitas hidup masyarakat/menentukan peringkat/level pembangunan dan sebagai alokator penentuan Dana Alokasi Umum //

Angka harapan hidup Kota Manado pun dari tahun ke tahun meningkat, yaitu : 

Tahun 2021 : 71,90

Tahun 2022 : 72,18

Tahun 2023 : 75,02 

Angka terakhir merupakan yang tertinggi di Sulawesi Utara dan Nasional. 

Revitalisasi sejumlah pasar khususnya Pasar Bersehati adalah cermin komitmen pemerintah untuk mendorong ekonomi rakyat dengan menjadikan pasar Bersehati dari konsep tradisional menjadi konsep modern berbasis wisata.

Pasar Bersehati kini menjadi layak, bersih, sehat, aman, tertib indah dan kebanggaan warga kota Manado.

Dengan luas 5 hektar, pasar ini memiliki kapasitas 1241 lapak 200 kios dan dapat menampung 1311 pedagang. 

Staf Khusus Walikota sekaligus pencetus acara Tabea Manado, Felix Palenewen mengatakan, untuk membangun daerah diperlukan inovasi dan kreativitas dari pemimpin itu sendiri. 

"Inovasi pembangunan terus dijalankan sebagai bagian penting dari integritas kepemimpinan AARS sebagai penggerak pembangunan dan pelayan publik. Menjadi role model atau teladan adalah bukan seperti melambaikan tangan saja, tetapi di balik itu ada sense of belonging, beban tanggungjawab dan kepekaan moral, sebagai pemimpin telah menjadi darah daging bagi Andrei Angouw dan Richard Sualang," kata Palenewen. 

Menurut Felix, pencapaian pembangunan selama 3 tahun terakhir ini merupakan awal perjuangan menuju Manado Maju dan Sejahtera. 

"Pencapaian Pembangunan selama 3 tahun bukanlah sebuah kebanggaan untuk mengangkat muka. Ini barulah awal dari perjuangan, karena tujuan Manado Maju dan Sejahtera masih ada di depan menunggu. Menunggu tangan dingin sang pemimpin AARS bersama jajaran pemerintah kota. Bahwa kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil, masyarakat pun telah menikmati pembangunan di kota tercinta ini. Akankah semua pergerakan dan realita pembangunan ini harus berakhir disini? ataukah kita akan mengubur impian seluruh masyarakat Manado / yang mendambakan kemajuan dan kesejahteraan? Pilihannya hanya satu 'LANJUTKAN!!', " tutup Felix. 


*Middle*

Senin, 27 Mei 2024

BPJS Luncurkan Program AMAN JKN, Masyarakat Tidak Perlu Nomor Antrean

BPJS Luncurkan Program AMAN JKN, Masyarakat Tidak Perlu Nomor Antrean


MANADO, CARIKABAR.ID
– BPJS Kesehatan Cabang Manado menghadirkan Anjungan Mandiri Jaminan Kesehatan Nasional (AMAN JKN), untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.


Engka Timpal (72), dari Wilayah Watutumou Jaga III, Kabupaten Minahasa Utara, sebagai masyarakat peserta BPJS mengapresiasi layanan tersebut.


"Layanan ini sangat praktis dan memudahkan peserta yang memiliki waktu terbatas untuk mengakses layanan administrasi program JKN dengan alur layanan yang dipersingkat, peserta tetap bisa mendapatkan informasi sesuai kebutuhan," kata Engka.


Bagi Engka Timpal, AMAN JKN merupakan terobosan terbaru yang disambut baik oleh peserta. Perangkat ini memungkinkan peserta mendapatkan informasi kepesertaan tanpa perlu mengambil nomor antrean. Langkah ini bertujuan untuk memastikan akses pelayanan kesehatan yang lebih luas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.


“Saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengecek status kepesertaan JKN anak saya. Satpam yang ramah mengarahkan saya ke layanan AMAN JKN tanpa perlu mengambil nomor antrean. Pelayanan yang efisien ini sangat memudahkan saya, sehingga saya bisa menghemat waktu lebih banyak,” ujarnya.


Lebih dalam, Engka juga menyatakan bahwa kehadiran AMAN JKN memberikan solusi kepada masyarakat dari berbagai lapisan, bukan hanya mereka yang akrab dengan teknologi. Engka mengajak masyarakat untuk mendukung Program JKN dan memanfaatkan inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh BPJS Kesehatan.


“AMAN JKN adalah bukti komitmen BPJS Kesehatan dalam menyediakan layanan yang terjangkau, efisien, dan inovatif bagi masyarakat. Ini sejalan dengan upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” tutur Engka.


Dia juga mendorong peserta JKN untuk memanfaatkan berbagai kanal layanan yang telah disediakan guna mempermudah akses terhadap layanan, termasuk administrasi peserta, informasi, dan keluhan seperti aplikasi Mobile JKN, Pandawa dan kanal lainnya.


“Program JKN semakin Mudah, Cepat, dan Setara. Saya berharap semua pihak, baik BPJS Kesehatan maupun fasilitas kesehatan, mampu bekerja sama untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya peserta JKN,” sebutnya.


Berdasarkan pengalamannya dalam menggunakan Program JKN, Engka menegaskan bahwa seluruh biaya pelayanan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Tak hanya itu, tidak ada perbedaan dalam layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan, baik kepada pasien yang merupakan peserta JKN maupun non-JKN. Dengan manfaat yang besar dari JKN, Engka mengajak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta untuk segera mendaftar, sambil menekankan pentingnya memiliki jaminan kesehatan.


“Saya mengimbau masyarakat untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN, bersama dengan seluruh anggota keluarga, ketika masih dalam keadaan sehat” Ungkap Engka


Inovasi dalam sistem kesehatan merupakan langkah penting untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Melalui AMAN JKN, BPJS Kesehatan menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi demi meningkatkan kepuasan peserta serta efisiensi dalam pengelolaan administrasi.


Terkait dengan langkah-langkah selanjutnya, BPJS Kesehatan berencana untuk mengembangkan lebih banyak inovasi seperti AMAN JKN untuk meningkatkan kualitas layanan. Dengan terus berinovasi, diharapkan semua peserta JKN dapat merasakan manfaat yang maksimal dari program ini.


Dalam rangka mendukung percepatan transformasi digital di sektor kesehatan, BPJS Kesehatan juga berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung layanan seperti AMAN JKN. Hal ini akan memastikan bahwa layanan kesehatan dapat diakses dengan mudah dan efisien oleh seluruh masyarakat Indonesia.


Sebagai salah satu tonggak utama dalam sistem jaminan kesehatan nasional, BPJS Kesehatan memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa setiap warga negara Indonesia dapat memperoleh akses terhadap pelayanan kesehatan yang mudah dan berkualitas.


*Middle*



Senin, 20 Mei 2024

Diterima Wawali Sualang, Para Atlit Karate Utusan Pemkot Manado

Diterima Wawali Sualang, Para Atlit Karate Utusan Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wakil Walikota manado dr.Richard Sualang menerima para atlet cabang olahraga Karate utusan Pemkot Manado yang mengikuti Kejuaran Nasional  Cabang Olah Raga Karate antar PPLP, PPLPD dan SKO pada tanggal 13 Mei - 17 Mei 2024 di Convention Hal Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulut, Selasa (21/05/2024).


Ada 6 atlet PPLPD (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah) kota Manado meraih 1 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.



Dari 27 kontingen yang se - Indonesia yang mengikuti kejurnas tersebut, Kota Manado menduduki peringkat ke 5.


Wakil Walikota dr. Richard Sualang dalam kesempatan itu atas nama Pemerintah Kota Manado, Walikota Manado Andrei Angouw menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para atlet. 


"Ini menjadi kebanggan kota Manado bahwa atlet kita yang merupakan pelajar, berprestasi di tingkat nasional," kata Wawali.


"Kalau ada atlet berprestasi, kita sangat berbangga karena program ini berhasil khususnya cabor karate," tambah Sualang.




Lebih lanjut Wakil Walkota berharap, agar prestasi yang diraih untuk terus ditingkatkan.


Tak lupa juga Wakil Walikota menyampaikan terimakasih kepada pelatih dan tim serta Dispora Manado yang telah memfasilitasi Kejurnas tersebut sehingga bisa membuahkan hasil yang baik.


"Ini pencapaian yang luar biasa, kita perlu senang, berbangga dan bahagia. Ini juga menjadi tanda bagi adik - adik untuk tetap meningkatkan prestasi," ucapnya.


"Sampaikan salam hormat kepada orang tua di rumah. Prestasi disekolah tetap dijaga," pesan Sualang.



Acara dilanjutkan dengan penyerahan medali dan bonus dari Pemerintah Kota Manado bagi para atlet yang diserahkan langsung oleh Wakil Walikota didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Pontowuisang Kakauhe.


Nama - pelajar utusan Pemkot Manado yang meraih medali


1. Medali emas  - Israel Cuervo Midras

2. Medali perak - Yosua Rodrigues Kakese

                           - Dava Christover                                                      Kathiandago

3. Medali perunggu - Israel Cuervo Midras

                                  - Bintang Alifah Saada.


*Redaksi*


Pemkot Manado Cegah Tawuran, Pelealu: Perlu Komitmen dan Dukungan Masyarakat

Pemkot Manado Cegah Tawuran, Pelealu: Perlu Komitmen dan Dukungan Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menyikapi persoalan tawuran antar kelompok yang terjadi di Kelurahan Banjer Kecamatan Tikala beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Manado, Lenda Pelealu mengatakan, pemerintah telah mendapati sejumlah solusi untuk meredam situasi dan kondisi di Kelurahan Banjer. 

Pemerintah Kota Manado pun melakukan pertemuan antara kedua pihak yang bertikai bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, di ruang Tolu kantor Walikota Manado, pada Senin (20/05/2024).

Dari pertemuan itu disepakati bahwa pemerintah Kota Manado akan memberikan support berupa bantuan alat olahraga bagi para anak muda di Kelurahan Banjer. 

"Dalam pertemuan disepakati hal hal sebagai berikut, titik CCTV akan dikoordinasikan dengan Dinas Kominfo Manado untuk diatur kembali. Dinas Pemuda dan Olahraga Manado akan support lewat alat-alat olahraga untuk anak-anak muda di Banjer dan DPPKB lewat kegiatan Bina Remaja dan kampung KB," kata Pelealu. 

Tambah Pelealu, bagi anak-anak yang terdata sebagai pelaku akan diberikan pembinaan khusus. 


"Orang Tua dari anak-anak yang terdata sebagai pelaku akan diberikan pembinaan khusus sambil patroli selalu dilakukan secara terpadu," tukas Lenda. 

Untuk menunjang rencana pemerintah diperlukan komitmen dan dukungan masyarakat setempat. 

"Komitmen dari semua tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk tidak melindungi warga yg terlibat dan menyerahkan urusan ini kepada yg berwajib yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan bersama," tutupnya.


*Redaksi*

Jumat, 17 Mei 2024

Pnt dr Richard Sualang Pantau, Peserta Retel GMIM Rayon 2 Masuk Tahapan Karantina

Pnt dr Richard Sualang Pantau, Peserta Retel GMIM Rayon 2 Masuk Tahapan Karantina


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM, telah mulai tahapan pemilihan Remaja Teladan (Retel) GMIM 2024 Rayon 2 Manado.

Para peserta Retel Rayon 2 Manado telah memasuki tahapan karantina yang dimulai pada Jumat (17/05) sampai dengan Minggu (19/05) di Gran Puri Hotel Manado. 

Ketua Panitia Pemilihan Retel Rayon 2 Manado, Keane Sualang mengatakan pihak panitia telah mempersiapkan segala sesuatu untuk kelancaran kegiatan karantina selama tiga hari. 

"Kami sudah mempersiapkan materi-materi untuk nanti disampaikan kepada peserta. Para juri dan pembicara telah siap untuk memberikan materi dan sekaligus menjadi penilai," jelas Sualang, yang saat itu didampingi Sekretaris Panitia Pnt Marlon Lumansik.

Kegiatan karantina di hari pertama ini juga dihadiri oleh Ketua Rayon Manado P/KB GMIM yang juga Wakil Walikota Manado, Pnt. dr. Richard Sualang. 

Dalam arahannya, Richard Sualang berharap kegiatan remaja teladan tersebut bisa berdampak positif bagi masyarakat. 

"Sebagai pemerintah Kota Manado, kami mengapresiasi kegiatan pemilihan remaja teladan Rayon Dua Manado ini. Kami harap, adik-adik yang juga warga Manado, bisa menjadi contoh dikalangan sendiri maupun di tengah masyarakat. Contohnya tidak membuang sampah sembarangan, contoh kecil, tapi kalau sudah dilakukan akan berdampak besar," kata Pena Icad sapaan akrabnya yang saat itu didampingi Pnt Steven Rondonuwu selaku Wakil Ketua Panitia serta Pnt Marlon Lontaan dan Pnt Ivan Tomigolung, selaku Kordinatorium Rayon 2 Manado.


Pena Icad berharap, para remaja teladan ini bisa  selalu membawa kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Kalian sebenarnya sudah menjadi remaja teladan semua. Oleh karena itu, jadilah influencer di tiap tempat kalian masing-masing, jadilah corong yang selalu membawa kebaikan. Selamat mengikuti seluruh proses remaja teladan ini, kegiatan ini akan menjadi berkat bagi kalian," tutupnya. 

Diketahui, materi pertama di hari pertama ini adalah Good Perfomance and Public Speaking, materi kedua Belajar Memimpin Acara Ibadah, materi ketiga Menghayati Hidup Baru Dalam Kristus, materi keempat Remaja GMIM (Menjadi Remaja GMIM Yang Berakar Bertumbuh dan Berbuah Dalam Kristus), materi kelima Teknologi Informasi Globalisasi (kawan atau lawan?), materi keenam Tourism dan Culture.


*Redaksi*


Wawali Richard Sualang Hadiri MTQ ke-30, Pemkot Manado Salurkan Dana Hibah Rp 300 juta

Wawali Richard Sualang Hadiri MTQ ke-30, Pemkot Manado Salurkan Dana Hibah Rp 300 juta


MANADO, CARIKABAR .ID
–  Kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXX (30), tingkat Kota Manado, Walikota Manado, Andrei Angouw melalui Wakil Walikota, dr Richard Sualang menghadiri sekaligus membuka  acara yang dilaksanakan dihalaman masjid Raya Ahmad Yani Kota Manado, Kamis (16/05/2024).


Kegiatan tersebut, diawali, melafazkan basmallah (Bismillahirrahmanirrahim) kegiatan di buka dan dilanjutkan dengan parade para peserta MTQ perwakilan dari 11 Kecamatan yang ada di Kota Manado.


Wakil Wali Kota Manado  dr Richard Sualang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan keagamaan harus ditingkatkan eksistensinya. 


"Kegiatan seperti ini akan membawa manfaat bagi kita secara kerohanian, dan mampu meningkatkan motivasi bagi pemerintah dan masyarakat Kota Manado. Melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an yang ke 30 ini semoga bisa membawa manfaat dalam membangun mental spiritual bagi masyarakat Kota Manado ke arah yang lebih baik lagi,” tuturnya. 


Dikesempatan itu, Sualang berharap, kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an tersebut bisa menjadi pedoman kehidupan para jemaah. 


"Kegiatan yang juga sebagai ibadah ini, saya berharap bisa diamalkan dalam kehidupan sehari – hari bagi umat muslim yang ada di Kota Manado. Khususnya para generasi muda agar dapat diamalkan dan terus dijaga, tentunya akan memberikan manfaat  bagi kita semua di Kota Manado,” ujar Wawali.


Sebelumnya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado, Hj Rogaya Udin dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Manado di bawah kepimpinan Wali Kota , Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr Richard Sualang.


“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemerintah Kota Manado yang sudah banyak membantu, mensupport seluruh kegiatan keagamaan dari semua agama,” ucapnya. 


Rogaya juga katakan, semenjak dirinya menjadi Kepala Kantor Kemenag Kota Manado, Walikota dan Wakil Walikota (AA-RS) banyak membantu kegiatan -kegiatan keagamaan.


“Untuk itu saya selaku Kepala Kemenag Kota Manado banyak berterima kasih dan mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Manado,” tukasnya


Ketua panitia yang juga anggota DPRD Kota Manado , Hj Nur Amalia dalam membacakan laporan kegiatan MTQ yang ke 30 tersebut menjelaskan bahwa, lomba MTQ nantinya akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 19 Mei 2024 di beberapa lokasi yakni, Masjid Raya Ahmad Yani, Sekolah Ilslamiq Senter Kota Manado, Kantor Kemenag  Kota Manado dan Universitas Muhamadiyah Kita Manado.


“Jadi ada 227 peserta yang berkontestasi dengan perwakilan dari 11 Kecamatan,” kata Amalia. 

Sementara pemerintah Kota Manado pun sudah menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 300 juta, dalam bentuk dana hibah. 


“Terima kasih atas support dana hibah yang sudah diberikan untuk digunakan sebagai hadiah uang cash dan pembiayaan – pembiayaan penting yang harus kami gunakan dengan baik dalam rangka jenjang lomba – lomba selanjutnya,” ungkap Amalia. 


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Manado, Hj Rogaya Udin, Ketua MUI Provinsi Sulawesi Utara, KH Abdul Wahab Abdul Gafur LC, Ketua MUI Kota Manado, KH Yaser Bacmid , Ketua BAZNAS Sulut, Hj Lutvia AlwiS.H.,M.H, Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.HI, Anggota DPRD Kota Manado selaku ketua panitia, Nur Amalia, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara juga sebagai Ketua LPTQ Kota Manado, Amir Liputp, Ayub Albugis, Kepal KUA se-Kota Manado, Kepala Badan Tamir Masjid Ahmad Yani dan tamu undaan lainnya.  


*Middle*

Rabu, 15 Mei 2024

Dibuka Wawali Sualang, PCK Manado Gelar Lomba Mobile Legends

Dibuka Wawali Sualang, PCK Manado Gelar Lomba Mobile Legends


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka meningkatkan gotong-royong antar sesama umat beragama, Pemuda Cinta Kerukunan (PCK) Kota Manado mengelar kegiatan lomba mobile Legends.


Lomba  (PCK) Kota Manado Cup E-Sports Competition dibuka langsung Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota, Rabu (15/05/24).


Wakil Walikota Richard Sualang dalam sambutannya mengatakan, dimana kegiatan ini selain berolahraga secara virtual esport, Pemerintah Kota Manado juga mengharapkan untuk para gamers, bisa juga menjadi agen kerukunan yaitu agen toleransi.

“Tentunya di manapun hari – hari gamers ini berada, baik di SMP/SMA ataupun mahasiswa – mahasiswi, jadilah agen kerukunan, jadilah agen toleransi. Supaya semua orang di Kota Manado saling baku – baku sayang, baku – baku bae, baku – baku jaga. Semoga adik – adik semua bisa berprestasi dalam esport ini,” kata Wawali Sualang.


Wawali Sualang pun mengharapkan, kalau mau jadi gamers profesional, jadilah gamers yang benar – benar menguasai teknik, menguasai skill.


“Kalau jadi gamers yang profesional, bukan saja lumayan tapi ya menghasilkan juga, orangnya banyak yang dibayar, ada potensi ekonomi,” ucap Sualang .


Lebih dalam Sualang berharap, kalau jadi harus gamers profesional itu yang terpenting harus jadi agen kerukunan, jadi agen toleransi. Ingat, tetap baku – baku sayang, baku – baku bae sehingga Kota Manado ini jadi tentram, nyaman.


"Sekali lagi selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas. Semoga Tuhan memberkati kita semua,” terang Sualang.


Sebelumnya, Ketua Harian PCK Kota Manado Keane Sualang saat menyampaikan laporan panitia mengatakan bahwa untuk penyelenggaraan lomba ini didasarkan atas filosofi PCK.


“Lomba ini dilaksanakan untuk meningkatkan gotong royong antar sesama umat beragama. Karena dalam olahraga beregu – beregu itu tidak memandang darimana yang penting mencapai satu tujuannya, kata Keane.


Lanjut Keane, lomba ini akan diselenggarakan selama tiga hari. Dan untuk PCK turnamen ini terdiri atas dua kategori yaitu SMP maupun umum.


“Untuk SMP dengan total peserta 43 orang, sebanyak 16 sekolah SMP di Kota Manado. Sedangkan untuk umum terdapat 32 tim yang datang dari berbagai Kota yang ada di Sulawesi Utara,” pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan, Asisten 1 Julises Oehlers, Kabag Kesra Otniel Tewal, Presidium BKSAUA Kota Manado Hj. Jafar Madiun, Staf Khusus Walikota Steven Rondonuwu, Vici Tenda, dan para peserta mobile Legends.


*Middle*


Selasa, 14 Mei 2024

Transaksi Terbanyak, Perumda Pasar Manado Terima Penghargaan dari Bank SulutGo (BSG)

Transaksi Terbanyak, Perumda Pasar Manado Terima Penghargaan dari Bank SulutGo (BSG)


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Perusahan Umum Daerah (Perumda) Pasar Manado  mendapat penghargaan dari Bank SulutGo ( BSG) sebagai institusi transaksi terbanyak BSG Direct.


Penghargaan tersebut di berikan pada saat acara Costumer Gathering BSG, yang di serahkan langsung  di rektur kepatuhan Bank SulutGo Machmud Turuis,  yang di terima langsung oleh  Direktur Utama PD Pasar Manado Lucky Sendukh, di Hotel Luwansa Manado, Senin, ( 13/5/2024).


Direktur Utama BSG Revino Pepah yang di wakili oleh Direktur Operasional  Loisa Parengkuan menyampaikan terima kasih kepada Nasabah BSG yang sudah hadir pada kegiatan BSG Direct Costumer Gathering.


Menurut Parengkuan, merupakan wadah bagi BSG dan Nasabah dari berbagai perusahaan untuk berkumpul pererat silaturami.


" Terima kasih, sudah mempercayakan layanan BSG dalam proses bertransaksi, tujuan kami memberikan rasa nyaman dan aman kepada nasabah,,"ucap Parengkuan.


Iapun berharap kegiatan ini bisa kembali merefresh pengetahuan seluruh nasabah terhadap fungsi dan cara menggunakan BSG Direct sehingga dapat membagikan pengalaman bertransaksi yang cepat, aman dan nyaman.


Sementara itu, Direktur Umum PD Pasar Manado, Lucky Sendukh menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi acara BSG Direct Constumer.


" terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini, BSG Direct sebagai bukti mampu memberikan layanan yang baik kepada nasabah BSG dan kami sangat mendukungnya,"kata Senduk.


Perlu di Ketahui 5 Institusi dengan total transaksi terbesar, Diantaranya,  BLUD RSUD RD Sam Ratulangi, PDAM Manado, PT Bohusami Sukses Global, Dana Pensiun BSG dan PD Pasar Manado.

*Middle*


SMK YPKM Manado Gelar Penamatan Siswa-siswi TA 2023-2024

SMK YPKM Manado Gelar Penamatan Siswa-siswi TA 2023-2024


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sekolah Menengah Kejuruan Keisten YPKM GMIM Manado menggelar kegiatan acara penamatan siswa, Tahun Ajaran 2023-2024, bertempat di Geand Twiz Manado, Selasa (14/02/2024).


Acara yang dikemas dengan tema Student Graduation Ceremoni tersebut di hadiri seluruh siswa-siswi kelas XII jurusan Pelayaran, Perhotelan dan Teknik Komunikasi Jaringan (TKJ)  SMK YPKM di dampingi orang tua.



Kepala Sekolah SMK YPKM GMIM Manado, melalui Wakil Kepala Sekolah  Dra Grety Kindangen, MA. Mengatakan, Jumlah siswa yang di taman melalui proses ujian akhir sekolah berjumlah 25 orang siswa.


"Semua siswa yang mengikuti ujian akhir dinyatakan lulus dengan nilai nilai yang sangat memuaskan dari tiga jurusan diantaranya Pelayaran, Pergotelan dan TKJ," kata Kindangen.


Kindangan menambahkan, keberhasilan dari anak-anak didik SMK YPKM, merupakan kerja keras dari pihak sekolah, orang tua/wali siswa juga siswa-siswi dalam proses belajar.


"Tentunya proses belajar kelas XII tahun ajaran 2023-2024 ini semua karna perrolongan Tuhan yang maha kuasa. Ini juga keberhasilan sekolah dan orang tua terhadap anak," ucap Waka Kindangen.


Lebih lanjut, Kindangen berharap siswa-siswi akan segerah menyesuaikan dengan mencara pekerja sesuai jurusan atau melanjutkan jenjang perkuliahan.


"Kami sangat berharap peran orang tua untuk mendorong anak dapat mencari pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Sebab ada yang sudah mendapat tawaran pekerjaan ketika melakukan magang," sebutnya.


Menurut Kindangen, sementara ini pihak SMK YPKM Manado sedang melaksanakan pembangunan Hotel, bekerja sama dengan Pihak GMIM dan Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara.


"Puji Tuhan, saat ini pihak sekolah sedang memulai pembangunan Hotel sebagai milik persekolahan pihak SMK YPKM Manado di kompleks sekolah," terang Kindangen.




Sementara itu, Josua Piri salah satu siswa ditamatkan, di wawancarai media Cari Kabar.id menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa dapat menyelesaikan studinya selama 3 tahun.


"Kita bersyukur boleh selesai studi di SMK YPKM Manado, memang banyak tantangan, mar kita boleh lewati samu itu deng bae (Saya boleh melewati semua itu dengan baik)," tutur Josua jurusan pelayaran, dengan dialeg Manado aslinya.



*Middle*


Senin, 13 Mei 2024

3 Tahun Kepemimpinan, Walikota Andrei Angouw dan Wawali dr Richard Sualang Didoakan Pdt Manampiring

3 Tahun Kepemimpinan, Walikota Andrei Angouw dan Wawali dr Richard Sualang Didoakan Pdt Manampiring


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam Rangka Tiga Tahun Kepemimpinan di Kota Manado, Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang di Doakan oleh Pdt. Dr. Johan Manampiring M.Th di ruang kerja Wali Kota, Senin (13/05/2024).


Doa ini dalam bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado yang lebih dikenal dengan AARS dapat melalui kepemimpinan di Kota Manado selama Tiga tahun dengan baik.


Acara sederhana dengan Kue HUT Ke-3 yang sudah disiapkan oleh Kabag Umum Ibu Yanti Mongkauw S.E dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Bpk. Gladly Taliawo S.IP mengejutkan AARS yang sedang ngobrol di ruangan Wali Kota.


Ikut bersyukur dalam kegiatan sederhana ini para sespri Wali Kota dan Wakil Wali Kota, ajudan, walpri, fotografer, patwal, dan orang-orang yang sehari-harinya berada dalam setiap giat AARS.


Semua bersyukur dan bergembira dalam kesederhanaan atas berkat Tuhan yang sudah diterima AARS selama 3 tahun memimpin Kota Manado.


*Middle*

Kamis, 09 Mei 2024

Dirut Pasar Manado Tegaskan Tidak  Pernah Ada Pelarangan Beribadah

Dirut Pasar Manado Tegaskan Tidak Pernah Ada Pelarangan Beribadah


MANADO, CARIKABAR.ID
- Terkait pelarangan kegiatan Tim Penginjilan Jalan Rajawali yang melakukan acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di depan Kantor Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Manado di seputaran New Bendar pasar 45, Rabu (08/05/2024) yang lalu.


Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Manado Lucky Senduk, membantah dirinya melakukan pelarangan saat Tim Penginjil Jalan Rajawali melakukan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).


Senduk menegaskan, sebagai pimpinan di Perumda Pasar dirinya tidak pernah mengeluarkan perintah untuk larangan kegiatan ibadah KKR oleh Tim Penginjil Jalan Rajawali.


“Saya tidak pernah melarang atau mengusir, pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan di seputaran New Bendar 45 oleh Tim Penginjil Jalan Rajawali. Diperbolehkan, tetapi harus sesuai prosedur. Bukan kita yang turun kong user, kita malahan mendapatkan laporan dari staff,” sebut Senduk.


Menurut Senduk, harusnya tim penginjil tersebut menjalankan prosedural administrasi kepada pihak Pasar Manado.


“Beberapa bulan lalu torang ijinkan dorang beking penginjilan di lokasi yang sama. Tetapi saat itu dorang menyurat memberikan informasi dan sesuai prosedur. Tanpa biaya admin, karena untuk pelayanan,” terang Senduk.


Hanya saja Dirut Senduk menyayangkan, ada sejumlah oknum yang menyebar luaskan masalah tersebut.


“Jangan sampai ada provokasi tentang agama , tidak sesuai fakta dan viral di beberapa media sosial. Jangan sampai yang membuat postingan itu dia oknum provokator menjadi pemecahan kerukunan di Manado, karena tidak tahu permasalahan langsung membuat postingan.” kata Senduk.


Sementara itu, Sekretaris Perumda Pasar Manado, Ferdinand Loho SH, menambahkan pihaknya telah menemui tim penginjil. Sangat disayangkan, tim tersebut tidak mempunyai surat izin.


“Kita langsung ketemu dengan salah satu tim pengurus kegiatan, dan meminta surat ijin, tetapi mereka tidak mempunyai surat tersebut, ” jelas Loho kepada wartawan saat diwawancara, pada Kamis (09/04/2024).


Bagi Loho yang juga seorang majelis gereja menerangkan, harusnya para penginjil tersebut membuat surat izin terlebih dahulu.


“Ini ibaratkan torang pinjam tempat lokasi untuk kegiatan. Pasti harus ada izin. Saya seorang pelayanan gereja juga, tidak mungkin melarang untuk melakukan penginjilan. Malahan ada pengurus mengatakan sudah ada MoU, surat itu tidak ada. Torang beking kegiatan pinjam tempat orang laeng nda melapor apakah itu salah atau benar,” kuncinya .

(Middle)

Rabu, 08 Mei 2024

Walikota Angouw Tinjau Aktifitas Bongkar Aduk Sampah

Walikota Angouw Tinjau Aktifitas Bongkar Aduk Sampah


MANADO, CARIKABAR.ID -
Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, didampingi Asisten II Atto Bulo S.H.,M.M melihat kondisi TPA Sumompo, Rabu (08/05/2024).



Wali Kota dan Tim aktifitas bongkar aduk  sampah dan memberikan saran serta memberikan masukan kepada Kadis DLH Supriyatna dan pejabat teknis lainnya di lokasi TPA tersebut.



Wali Kota berdialog dengan kadis DLH serta pejabat teknis yang ada, bagaimana mengefektifkan kerja-kerja tuntas di TPA.


Sementara itu, Walikota menyampaikan, kendala-kendala di TPA ikut ditanyakan Walikota supaya mendapat jalan keluar yang cepat, efisien dan efektif.



Kunjungan lapangan ini tentunya bukan sekedar melihat aktifitas bongkar aduk sampah di TPA. Ini juga dalam rangka evaluasi program dalam kaitan dengan kebersihan agar Manado terlihat bersih dan estetik.

*Middle

Selasa, 07 Mei 2024

Soal Laporan Polisi Oknum AM(Arthur), Angouw: Saya Tidak Kenal Dia, Bagaimana Menuduh?

Soal Laporan Polisi Oknum AM(Arthur), Angouw: Saya Tidak Kenal Dia, Bagaimana Menuduh?


MANADO, CARIKABAR
- Terkait laporan oknum inisial AM (Arthur) melayangkan laporan kepolisian dengan nomor LB/B/240/V/2024/SPKT/Polda Sulawesi Utara, bertanggal 7 Mei 2024. 

Surat laporan itu ditujukan kepada terlapor, Walikota Manado Andrei Angouw dengan laporan dugaan Tindak Pidana Penghinaan. 

Dalam uraian surat itu, Andrei Angouw cs, dilaporkan oknum AM itu karena keberatan atas tindakan terlapor yang telah memfitnah pelapor. 

"Pelapor sangat keberatan atas tindakan terlapor yang telah memfitnah pelapor dengan melakukan pernyataan di media dan mengatakan bahwa pelapor telah melakukan  pemerasan dan meminta ratusan juta uang kepada terlapor Walikota Manado Andrei Angouw, Michael Van Essen dan kontraktor pelaksana proyek stal kuda," demikian isi kutipan laporan pelapor AM kepada kepolisian.

Namun ketika dimintai tanggapan, Walikota Andrei Angouw dengan santai mengatakan tidak mengenal oknum tersebut

"Siapa itu Arthur Mumu?. Saya tidak kenal, bagaimana mau menuduh, kenal saja tidak," kata Angouw singkat pada Selasa (07/04/2024) sore. 


Diketahui, laporan tersebut dilayangkan Arthur berdasarkan pemberitaan beberapa media soal pembangunan proyek Stal Kuda oleh Pemerintah Kota Manado yang berada di Kelurahan Paniki II Kecamatan Mapanget.


Proyek itu rupanya telah dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dalam meraup keuntungan pribadi. 

Terbukti, pemasangan baliho penolakan pembangunan yang diduga dimotori lelaki bernama John dan AM alias Arthur, yang gencar membuat dan memviralkan berita tersebut ke media sosial, terinformasi dan diduga keduanya sering melakukan permintaan uang saat melancarkan aksi mereka. 


“Info yang kami terima diduga mereka minta uang hingga ratusan juta dengan modus kalau ingin baliho tersebut mau diturunkan dan berita tidak diviralkan,” ujar sumber yang meminta namanya disimpan.

Soal hal tersebut, Michael Van Essien selaku pemilik lahan membenarkan jika dia memang tidak pernah memerintahkan Arthur untuk memasang baliho di lokasi itu.

“Kita nda tau soal baliho itu dan kita nda pernah perintahkan dorang pasang baliho, ini John dengan Arthur pe permainan, dorang dua itu beking cerita macam macam padahal semuanya nda betul,” papar Van Essien.

*Middle*

Lanjutkan! Andrei Angouw Richard Sualang, Mandat PDIP Sulut

Lanjutkan! Andrei Angouw Richard Sualang, Mandat PDIP Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID -
Dalam rangka pengajuan bakal calon kepala daerah pada pertarungan di Pemilihan Kepala Daerah bulan November, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara menggelar pertemuan khusus dipimpin Olly Dondokambey.


Kepada awak media, usai pertemuan tersebut, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mengatakan, telah menyerahkan Surat Keputusan Partai kepada sejumlah bakal calon kepala daerah untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah pada November nanti.


Nama Andre Angouw dan Richard Sualang yang merupakan Walikota dan Wakil Walikota Manado saat ini disebutkan menerima mandat dari partai untuk melanjutkan tugas memimpin di Kota Manado.


"Tentunya kepala daerah yang berprestasi dan kinerja yang bagus di daerah pasti lanjutkan. ", sebut Dondokambey.


Menurut Olly, hasil pertemuan DPD PDI Perjuangan yang di gelar pada Selasa (07/05/2024) di kantor DPD PDIP Sulawesi Utara, kepala daerah incumbent yang sudah terbukti memajukan daerahnya dipastikan akan mendapatkan mandat.



"Pokoknya sudah jelas walikota dan wakil walikota/ bupati dan wakil bupati yang bagus kerjanya, tetap melanjutkan," kata OD panggilan akrabnya.



Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Manado, dr. Richard Sualang tak menampik bahwa dirinya akan diberikan tugas partai  untuk kesiapan kontestasi Pilwako pada bulan November nanti.


"Tentunya kami sangat siap melanjutkan kepemimpinan di Kota Manado dan kami harap kepercayaan partai ini bisa sejalan dengan dukungan dan kepercayaan masyarakat Kota Manado," terang Sualang.


*Middle*


Wakili Walikota Manado, Atto Bulo Sampaikan Sambutan HUT ke-40 GPdI Rhema Perumnas Paniki Dua

Wakili Walikota Manado, Atto Bulo Sampaikan Sambutan HUT ke-40 GPdI Rhema Perumnas Paniki Dua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Asisten II Sekretariat Daerah Kota Manado Atto Bulo menghadiri ibadah syukur HUT ke- 88 Pdt DR Fahrenheit Sualang, M.Th dan HUT ke-40 Jemaat GPdI Rhema Perum Paniki Dua, Wilayah Vll Mapanget Satu, Kota Manado, Selasa (07/05/2024).


Ibadah dipimpin Pdt Robert Longkutoy, M.Th, M.Pd, dalam khotbahnya di angkat dalam bacaan Alkitab dalam Ibrani 12 ayat 28, 'Kita menerima kerajaan yang tak tergoncangkan.'


"Ucapan syukur menguntungkan kita, sebab kita mendapatkan energi sorga, jangan menganggap ucapan syukur itu kerugian," sebut Pdt Longkutoy.


    Foto, Pdt DR Robert Longkuroy saat                  menyampaikan khotbah.


Sambutan Walikota Manado dibacakan Asisten II Atto Bulo mengatakan, debagai umat yang percaya kita bersyukur dalam ibadah ucapan syukur saat ini.


"Hari ini perayaan ketambahan setahun, ini adalah kasih Tuhan, namun di hari kegembiraan yang di peroleh dalam momen ucapan syukur kiranya jemaat GPdI Rhema dapat memberikan kontribusi bagi banyak orang," sebut Asisten II Setda Kota Manado.


    Foto, Pemasangan Lilin HUT ke-40 GPdI          Rhema dan HUT ke-88 Pdt DR Fahrenheit        Sualang, M.Th


Demikian juga Pdt DR Fahrenheit Sualang kiranya di usia yang ada sekarang ini untuk dapat membantu pemerintah Kota Manado dalam menerapkan program bagi jemaat dan masyarakat.


Lebih lanjut sebagi Pemerintah Kota Manado mari kita jaga kerukunan hidup dan toleransi masyarakat lewat perbutan kita.


Mari kita peduli kesehatan kita dengan menjaga kesehatan dan mari kita mengunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah akibat bencana erupsi letusan gunung.


    Foto, Pdt DR Fahrenheit Sualang, M.Th


Sementara itu, Pdt DR Fahrenheit Sualang dalam kesaksiannya mengungkapkan, rasa syukur yang besar kepada Tuhan yang telah berkenan memberikan umur setahun lagi hari ini.


""Terimakasih tentunya kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah menolong saya hingga boleh menikmati usia yang ke-88 dang dapat menikmati anugerah dalam pelayanan jemaat GPdI Rhema di usia yang ke-40," ungkap Pdt Sualang.


*Middle*


Kepsek Theodora Uway: 245 Siswa SMPN 5 Manado Sukses Ikut UAS

Kepsek Theodora Uway: 245 Siswa SMPN 5 Manado Sukses Ikut UAS


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sebanyak 245 Siswa kelas 9 SMP Negeri 5  Manado telah mengikuti ujian Akhir Sekolah (UAS) secara selama lima hari, mulai Senin-Jumat (22-26/04/2024).


Pelaksanaan ujian tersebut dilaksanakan secara serentak di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Manado.


Kepala  SMPN 5 Kota Manado, Theodora Louisa Uway, S.Pd, M.Pd menyatakan, ratusan siswa yang mengikuti UAS itu tersebar di 13 rombongan belajar (Rombel).

"Jadi untuk pelaksanaan UAS, menggunakan google from dan diawasi oleh pengawas internal dari sekolah dan sampai hari ketiga pelaksanaan UAS itu berjalan dengan lancar," kata Uway.

Menurut Theodora, sebelum pelaksanaan UAS, pihak sekolah melakukan Home Visit, untuk mengetahui dan mencari solusi terhadap persoalan yang dialami oleh sejumlah siswa.

"Kita tentunya berdoa supaya semua berjalan lancar dengan harapan ke depan, anak-anak didik bisa sukses,” ucap Uway.

Theodora juga menjelaskan, untuk sekolah yang dipimpinnya, ada 245 siswa yang ikut ujian berbasis android. Namun, ada beberapa siswa yang tak memiliki android.

"Hal ini dari pihak sekolah langsung mengantisipasi para siswa peserta disediakan peralatan ujian. Seperti laptop dan komputer yang langsung terhubung dengan system," sebut Theodora yang sebelumnya Kepsek SMPN 13 Manado.

Bahkan Uway mengatakan pula, jika siswa belum biasa menggunakan android, maka pihaknya menyediakan bahan dan materi ujian kertas.

"Intinya kami pihak sekolah berusaha memberikan yang terbaik bagi anak-anak didik untuk dapat menggapai cinta mereka dan menjadi kebanggaan orang tua, juga bagi bangsa," harap Kepsek Theodora saat di wawancarai media ini, Selasa (07/05/2024).

Dia menambahkan, saat ini kami tinggal menunggu arahan pimpinan untuk jadwal pengumuman kelulusan siswa.

"Intinya kami akan melaksanakan hal yang baik bagi siswa yang akan menyelesaikan masa pendidikan di SMPN 5 Manado ini," kuncinya.

*Middle*

Senin, 06 Mei 2024

Panitia Youth Teens Camp 2024 GPdI Sulut Gelar Rapat Teknis

Panitia Youth Teens Camp 2024 GPdI Sulut Gelar Rapat Teknis


MANADO, CARIKABAR.ID
- Panitia Pelaksana Perkemahan Pemuda dan Remaja Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara menggelar rapat teknis, bertempat di Yuta Hotel Manado, Senin (06/05/2024).


Ketua Komisi Daerah Pelayanan Pemuda Pantekosta (PELPAP) GPdI Sulawesi Utara Pdt Stephanus Sumolang, S.Th dalam arahannya, mengingatkan agenda kerja kolaborasi KD Pemuda dan KD Remaja tahun 2024 adalah gelaran, Youth Teens Camp, dengan tema "Be Holly".


"Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pembentukan karakter Kristus pemuda dan remaja, agar sesuai dengan kehendak yang Tuhan inginkan yaitu di Kudus oleh Tuhan Yesus Kristus," kata Pdt Stephanus.


Sementara itu, Ketua Panitia Youth Tens Camp 2024 Pdt Tonny Budiman, S.Th mengingatkan, untuk perkuat  sistem koordinasi yang baik sesama pengurus dan anggota panitia.


"Kita semua berharap kegiatan ini dapat berlangsung dengan maksimal, sehingga perlu kesungguhan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang masing-masing," harap Pdt Budiman.


Bagi Pdt Tonny Budiman yang juga menjabat Biro Diakonia MD GPdI Sulawesi Utara menekankan iven tahunan tersebut adalah proyeknya Tuhan.


"Intinya kegiatan ini sifatnya mulia, sehingga dibutuhkan keseriusan kerja dan tentunya juga ini tidak akan sia-sia pengorbanan dan perjuangan kita," terang Pdt Tonny yang juga sebagai gembala sidang GPdI Betania Perum Griya Paniki Indah (GPI) Manado.


Di kesempatan yang sama, Sekretaris Panitia Pdt Tommi Tendean, S.Th menjelaskan, terkait teknis pendaftaran dan ketentuan serta acara lomba itu telah di sosialisasikan lewat surat edaran dari panitia yang telah di sebarkan di sidang jemaat lokal.


"Kami ingatkan para peserta untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku di kegiatan yang dimaksud, untuk batas pendaftaran 31 Mei 2024," sebut Pdt Tommy.


Ini undangan dan ketentuan yang telah di edarkan terkait acara Youth Teens Camp 2024:






*Middle*






Minggu, 05 Mei 2024

Wawali Richard Sualang Pimpin Pelantikan Jabatan Fungsional Pegawai Pemkot Manado

Wawali Richard Sualang Pimpin Pelantikan Jabatan Fungsional Pegawai Pemkot Manado


MANADO, CARIKABAR.ID -
Pemerintah Kota Manado melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji dalam jabatan fungsional pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja tahun anggaran 2023, dipimpin Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang, bertempat di Gedung serbaguna. Senin, (06/5/2024).


Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang dalam sambutannya mengingatkan, bahwa selamat bergabung buat P3K, sialakan kerja sesuai program AARS, ” banyak selamat kepada P3K selamat bergabung dalam pemerintah Kota Manado, silakan bekerja sesuai program kerja AARS, karena tingkat pelayanan kepada masyarakat dan juga ada guru harus berprestasi. ” Kata Sualang.


Dijelaskan juga Wawali Sualang, tugas dan tanggung jawab ibaratkan superhero, semakin besar jabatan yang diberikan semakin besar juga tanggung jawab dijalankan. 


”Kalian tau superhero itu dimana tanggung jawab besar untuk menyelamatkan dunia, begitu juga kalian jika diberikan tugas dan tanggung jawab dalam dunia pekerjaan di bidang masing-masing, pasti ada tantangan.” sebut Ichat sapaan Wawali Manado ini.


Tak lupa juga Wawali Sualang pun mengingatkan untuk tingkatkan keamanan dalam lingkungan sekitar dan di tempat ibadah.


“Salam buat keluarga suami/istri anak maupun orang tua yang ada di rumah," tutur Sualang.


Turut Hadir Assisten I Julises Oehlers dan Assisten II Atto Bulo.


*Middle*

Jumat, 03 Mei 2024

Panitia Matangkan Persiapan Ibadah Agung GPdI Sulut, Pdt Jefrey Sumayku: Mohon Dukungan dan Doa Warga GPdI

Panitia Matangkan Persiapan Ibadah Agung GPdI Sulut, Pdt Jefrey Sumayku: Mohon Dukungan dan Doa Warga GPdI


MINUT, CARIKABAR.ID
- Majelis Daerah (MD) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Sulawesi Utara melalui Panitia Pelaksana Ibadah Agung Hari Pantekosta Tahun 2024 menyelenggarakan rapat lengkap, bertempat di Pantecostal Camping Ground Klabat Pinili, Kamis (02/05/2024).


Rapat dipimpin langsung Ketua Panitia Pdt dr Jefrey Sumayku, M.Th, D.Th didampingi Sekretaris Pdt Argemiro Rumimpunu, MA, M.Th dan Bendahara Pdt Robby Kusoy, S.Th.


Dalam arahannya Ketua Panitia Pdt dr Jefrey Sumayku mengatakan, semua komponen yang tergabung dalam pelaksanaan kegiatan tahunan GPdI Sulawesi Utara untuk terus serius mempersiapkan acara ini dengan baik.


"Saya berharap semua yang terlibat dalam iven mulia ini untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, apalagi waktu pelaksanaannya tinggal tiga  minggu lagi, sudah dekat hari pelaksanaannya," harap Pdt Jefrey.


    Foto Panitia meninjau lokasi acara ibadah      agung.


Sementara itu, Sekretaris Panitia Pdt Argemieo Manimpurung menabahkan, untuk suksesnya acara ini perlu adanya sinergitas sesama panitia sehingga semuanya akan lancar sampai pada hari pelaksanaan.


"Hal penting untuk diperhatikan besama dalam Suksesnya momentum ini sangatlah di tentukan kerja sama yang baik semua jajaran panitia dan tentunya tetap berkomunikasi dengan jajaran MD," sebut Pdt Argemiro.


Hal penting juga yang dibicarakan tentang kesiapan dana yang memadai sebagaiman di ungkapkan Bendara Pdt Robby Kusoy.


"Dari panitia mengharapakan upaya dana yang telah dilakukan oleh panitia untuk menjadi perhatian bagi seksi usaha dana yang tentunya di dukung oleh para gembala-gembala sidang dan warga jemaat GPdI se-Sulawesi Utara," ucap Pdt Kusoy.


Diketahui kegiatan ibadah Agung hari Pantekosta atau Bonsdag GPdI Sulawesi Utara pada Hari Senin,20 Mei 2024 ini, akan di hadiri langsung oleh Ketua Umum Majelis Pusat Pdt DR Johnny Weol, MM, M.Th.


Ini Undangannya yang di tandatangani Ketua dan Sekretaris MD GPdI Sulawesi Utara:



*Middle*


Kamis, 02 Mei 2024

Inovasi BPJS Kesehatan Mobile JKN, Fitur Membantu Memantau Kesehatan Diri

Inovasi BPJS Kesehatan Mobile JKN, Fitur Membantu Memantau Kesehatan Diri


MANADO, CARIKABAR.ID –
BPJS Kesehatan  terus berinovasi di era digital untuk memberikan pelayanan yang mudah dan praktis bagi pesertanya, melalui Aplikasi Mobile JKN.


Program itu, memungkinkan peserta mengelola kepesertaan dan mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan hanya dari smartphone. Begitu juga yang dirasakan oleh Monika (22),Warga Manado yang merupakan pengguna BPJS Kesehatan.


“Saya merasakan begitu mudahnya mengakses fasilitas kesehatan menggunakan fitur–fitur yang ada di aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN dalam kehidupan sehari-hari saya,” kata Monika.


Monika menceritakan bahwa pertama kali ia mengetahui Aplikasi Mobile JKN ketika mengunjungi salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang ada di Manado untuk berobat nenek nya. Saat menjalani rangkaian pengobatan, ia diarahkan oleh perawat yang ada di sana untuk mengambil antrean menggunakan Aplikasi Mobile JKN.


"Menurut saya, itu sangat membantu dalam melakukan antrean di tempat tersebut," sebut Monika. 


Bagi Monika mengatakan, bahwa menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN, mulai dari fitur skrining, mengubah data peserta, pendaftaran antrian serta dengan berita berita terkini yang ada di lingkungan kesehatan. Apalagi salah satu fitur yang terdapat dalam Mobile JKN, yaitu fitur Skrining Riwayat Kesehatan dapat membantu dalam memantau kesehatan dirinya.


“Saya rutin menggunakannya setahun sekali untuk mengetahui risiko-risiko penyakit yang ada dalam diri saya. Hasil skriningnya pun mudah dipahami dan membantu saya dalam mengambil langkah-langkah preventif untuk menghindari penyakit sedini mungkin. Contohnya, setelah mengetahui hasil skrining menunjukkan risiko diabetes yang tinggi, saya mulai mengubah pola makan dan berolahraga lebih rutin dan setelah beberapa bulan, hasil skrining berikutnya menunjukkan risiko diabetes saya menurun," ucapnya.


Selain itu, Monika juga menyebutkan kemudahannya dalam mengubah data peserta. Kala itu, Monika menyebut bahwa dirinya perlu mengubah data alamat tempat tinggal saya di kartu kepesertaannya karena sudah berbeda tempat tinggal.


"Saya senang sekali karena prosesnya bisa dilakukan dengan mudah melalui Mobile JKN. Hanya perlu beberapa langkah dan tidak lebih dari 10 menit, data saya sudah terubah otomatis. Hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan dengan harus datang ke kantor BPJS Kesehatan," jelas Monika.


Monika melanjutkan, fitur antrean online di Mobile JKN sangat membantu dirinya dalam menghindari antrean panjang di FKTP. Dirinya bisa mendaftar antrean poliklinik dari rumah dengan mudah dan cepat. Biasanya, ia melakukan pendaftaran antrean di malam hari sebelum besoknya berobat. Dengan begitu, ia bisa datang ke FKTP tepat waktu dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.


“Saya juga sering membaca berita dan informasi terbaru tentang program JKN di Aplikasi Mobile JKN. Informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya tentang Program JKN dan hak-hak saya sebagai peserta BPJS Kesehatan,” jelas Monika sambil menjelaskan fitur yang telah dia gunakan selama ini.


Monika berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan kualitasnya, khususnya Aplikasi Mobile JKN dan menjangkau lebih banyak peserta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia. Dengan begitu, Aplikasi Mobile JKN dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kepuasan peserta JKN.


“Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang bermanfaat bagi peserta JKN dalam mengelola kepesertaan dan mengakses layanan kesehatan. Dengan pengembangan fitur-fitur baru dan peningkatan sosialisasi, diharapkan Mobile JKN dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kepuasan peserta JKN,” tutup Monika.

*Middle*

Kisah Pasien Hemodialisis, Olvie Ganda: Program JKN Penopang Utama Pengobatan

Kisah Pasien Hemodialisis, Olvie Ganda: Program JKN Penopang Utama Pengobatan


MANADO, CARIKABAR.ID
Seorang pasien yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit Advent Manado Olvie Ganda, memiliki pengalaman yang menginspirasi tentang pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 


Olvie Ganda sebagai salah satu pasien yang mengandalkan perawatan kesehatan secara rutin, mengatakan pengalamannya dengan pelayanan JKN tidak hanya membanggakan, tetapi juga menggambarkan komitmen nyata dalam memberikan akses kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat, terlepas dari kondisi medis yang kompleks.


Dengan tulus Olvie saat ditemui sedang menjalani pengobatan, berbagi kisahnya tentang bagaimana Program JKN telah menjadi penopang utama dalam perjalanan pengobatannya.


"Saya ingin berbagi tentang pengalaman saya dengan pelayanan JKN selama menjalani hemodialisis. Tanpa bantuan dari Program JKN, perjalanan saya mungkin tidak akan sebaik ini," ucap Olvie.


Pasien hemodialisis tersebut  menyoroti pentingnya akses terhadap perawatan kesehatan yang berkelanjutan dan berkualitas. Dirinya mengakui telah menjalani hemodialisis selama beberapa bulan terakhir, dan Program JKN telah menjadi sandaran baginya.


"Tanpa Program JKN, biaya perawatan yang terkait dengan kondisi medis saya sangatlah mahal dan sulit dijangkau," sebut Olvie.


Bagi Olvie, salah satu aspek yang paling mempengaruhi dari pengalaman dengan Program JKN adalah kemudahan akses terhadap perawatan yang diperlukan. Menurutnya, dengan kehadiran Program JKN, dirinya dapat dengan mudah mengakses perawatan hemodialisis yang dibutuhkan tanpa harus khawatir tentang biaya yang terlalu tinggi.


"Ini memberikan saya kedamaian pikiran dan memungkinkan saya untuk fokus pada pemulihan saya," terang Olvie.


Tak hanya itu, Olvie juga menyoroti responsif petugas dalam menanggapi kebutuhan dan pertanyaannya. Dirinya sangat menghargai petugas ketika saya membutuhkan bantuan atau informasi tentang manfaat program, prosedur klaim, atau hal lainnya. Para petugas selalu siap membantu dengan ramah dan penuh perhatian.


Pengalaman positif Olvie juga menggarisbawahi pentingnya kejelasan informasi yang diberikan oleh petugas tentang hak-hak dan manfaat yang dimilikinya sebagai peserta. Petugas memberikan penjelasan yang sangat terperinci tentang apa yang ia dapatkan sebagai peserta JKN.


"Mereka membantu saya memahami secara lebih baik tentang layanan yang tersedia dan bagaimana cara memanfaatkannya. Bukan hanya itu, proses administrasinya sangat sederhana dan transparan. Saya merasa sangat lega karena tahu bahwa semua administrasi terkait dengan program JKN saya ditangani dengan baik oleh petugas JKN," katanya.


Lebih lanjut, Olvie juga mengungkapkan rasa syukurnya atas responsif petugas JKN dalam menanggapi kebutuhan dan pertanyaannya. Setiap kali dirinya memiliki pertanyaan tentang manfaat program atau prosedur administrasi, petugas JKN selalu siap membantu dengan ramah dan sabar. Mereka memberikan saya dukungan yang saya butuhkan dalam perjalanan pengobatan saya.


Pengalaman Olvie adalah cerminan dari komitmen Program JKN dalam menyediakan akses kesehatan yang berkualitas kepada semua warga, termasuk mereka yang memiliki kondisi medis yang kompleks seperti pasien hemodialisis. Testimoni positif ini tidak hanya mencerminkan kepuasan pribadi Olvie terhadap pelayanan JKN di rumah sakit, tetapi juga memberikan inspirasi kepada masyarakat lainnya tentang manfaat dan pentingnya memiliki akses terhadap perawatan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.


Dengan memperhatikan pengalaman Olvie, kita dapat mengambil pelajaran tentang bagaimana Program JKN dapat membuat perbedaan yang nyata dalam kehidupan individu dan keluarga mereka. Diharapkan, pemerintah dan semua pihak terkait terus berkomitmen untuk meningkatkan dan memperluas cakupan serta kualitas pelayanan Program JKN agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi semua warga Indonesia.

*Middle

Rabu, 01 Mei 2024

Upacara Hardiknas, Andrei Angouw: Fokus Peningkatan Kualitas Pendidikan Maka Masyarakat Sejahtera

Upacara Hardiknas, Andrei Angouw: Fokus Peningkatan Kualitas Pendidikan Maka Masyarakat Sejahtera


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintahan Kota Manado melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan Inspektur Upacara Walikota Manado Andrei Angouw, bertempat di aula Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Kamis (02/05/24).


Walikota Manado Andrei Angouw membacakan amanat Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek R.I. Nadiem Anwar Makarim.



Selanjutnya dalam sambutan Walikota,  menggunakan, bagaimana merefleksikan diri dalam kaitan dengan Hari Pendidikan Nasional ini dengan membandingkan dengan Pendidikan di Amerika Serikat.


"AS lebih dulu merdeka, tapi Indonesia lebih dulu memperingati Hari Pendidikan Nasional. Wali Kota selanjutkan mengatakan bahwa kita sudah harus sadar soal pendidikan sebab kita masih ketinggalan," kata Walikota Angouw.



Pada kegiatan tersebut,Wali Kota berharap agar kita memahami apa itu hari pendidikan nasional, apa semangatnya hari pendidikan nasional. Demikian juga dengan program merdeka belajar yang harus kita giatkan, tapi Wali Kota berharap agar Guru-guru juga harus merdeka dalam berbagai hal termasuk kesejahteraan.


“Tidak cara lain untuk sejahtera selain pendidikan. Jadi negara tidak akan sejahtera jika kualitas pendidikan rendah. Esensi ini yang harus dikembalikan,” jelas Wali Kota. 



Selesai penyerahan Penghargaan dan SK Pensiunan dilanjutkan dengan Pencanangan Bulan Merdeka Belajar yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren.


“Kita harus fokus meningkatkan pendidikan agar dapat memastikan daya saing bangsa kita,” kunci Wali Kota.



Hadir dalam Peringatan Hardiknas ini, Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan yang juga merupakan Bunda PAUD, Kadis Pendidikan Kota Manado Drs. Steven Tumiwa M.Pd yang bertindak sebagai penanggungjawab kegiatan Hardiknas ini, Kepala SKPD, para Camat, pejabat eselon lainya, para guru dan siswa yang mewakili SMP dan SD.


*Middle*