Rabu, 01 Mei 2024

Gelendy Lumingkewas, KSPN Sulut Nyatakan Sikap Dukung Program Inovasi ODSK, PERKASA, PESONA

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Ribuan buruh yang tergabung dari enam serikat buruh yang ada di Sulawesi Utara memadati Pasar Bersehati Kota manado dalam rangka peringatan hari buruh internasional, Rabu (01/05/2024).


Masing-masing Serikat Buruh melalui perwakilan menyampaikan Aspirasi yang disaksikan langsung Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw dan Forkompinda Sulut dan Kota Manado.


Di antaranya, Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Wilayah Sulawesi Utara, yang disampaikan Sekretaris Wilayah, Gelendy Lumingkewas, SH, MH mengatakan, mencermati kondisi ketenagakerjaan di Sulut maka KSPN menyatakan sikap, Mengapresiasi kepemimpinan Pemerintahan ODSK yang dinilai mampu menyatukan berbagai komponen elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan stabilitas daerah sehingga tetap kondusif dan harmonis.


Selanjutnya, mendukung kebijakan Inovasi Program ODSK ttg Perlindungan utk PERKASA dan PESONA yang dinilai sebagai bentuk komitmen, kepedulian dan keberpihakan secara nyata bagi pekerja sosial.


Kemudian, meminta Pemprov  Sulut bersama Polda Sulut untuk membentuk adanya 'Desk Ketenagakerjaan' dalam menindaklanjuti permasalahan hukum yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, BPJS dan adanya pelarangan berserikat di tempat kerja. 


"Untuk itu diperlukan komitmen dan kerja nyata dari Disnakertrans Sulut sebagai instansi teknis dalam menginisiasi sekaligus merespon aspirasi yang sudah berkali-kali disampaikan Serikat Pekerja atau Buruh Sulut.


Lumingkewas juga, meminta Pemprov Sulut melalui Disnakertrans Sulut untuk meningkatkan pelayanan pengawasan ketenagakerjaan yang selama ini dinilai sangat lemah. 


"Tidak ada alasan kekurangan personil maupun anggaran pengawasan yang akhirnya dapat merugikan hak-hak pekerja atau buruh." sebut Lumingkewas.


Dia berharap pula, Pemprov Sulut dan BP2MI untuk profesional dan serius dalam monitoring dan evaluasi terhadap pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.


"Kami mendesak dilakukan penindakan hukum bagi perusahaan yang hanya mengeksploitasi pekerja semata." kunci Glen sapaannya.


Dari pantauan media, penyampaian aspirasi KSPN Wilayah Sulut besutan Tommy Sampelan, SE ini mendapat respon tepukan tangan dan teriakan yel yel hidup buru dari ribuan buruh yang ada di Food Court Pasar Bersehati Manado.



*Middle*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: