Rabu, 26 Juni 2024

DPC KKPP Manado Siap Dukung Program Kepemimpinan AARS

DPC KKPP Manado Siap Dukung Program Kepemimpinan AARS



MANADO, CARIKABAR.ID
- Rapat Konsultasi/Penjabaran Program Kerukunan Keluarga Pensiunan Pamong Praja KKPP) Kota Manado berlangsung hari ini Rabu 26 juni 2024 dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang di ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota. 


Usai membuka Wawali Kota Manado langsung memaparkan Capaian Visi Misi Walikota/Wakil Walikota Manado dalam 3 tahun Kepemimpinan, peserta dibuat terkesima dan kagum terhadap realisasi program yg banyak dinikmati dan dirasakan langsung warga kota Manado,



Wakil Walikota menjelaskan, masih ada program yg sedang dilaksanakan dan akan dilaksanakan, karena itu secara spontan para peserta pensiunan pemerintah kota dan instansi lainnya serentak meminta utk lanjutkan DUO Kepemimpinan AARS utk periode ke depan. 



Para peserta yg adalah Pengurus KKPP Kota dan KKPP sebelas kecamatan se-Kota Manado ingin bersama sama Andrei Angouw dan dr Richard Sualang untuk Tahun 2025 2030. 



Sementara itu, Ketua DPC KKPP Kota Manado Drs Josua Pangkerego MAP dalam laporannya  bangga sebab DPAC KKPP Kecamatan hadir  lengkap dan siap melaksanakan program untuk Tahun 2024.


"Kami siap merampungkan data jumlah pensiunan yg ada di Kota Manado tercinta," ucap Pangkerego.

 

 Turut menjadi nara sumber Ketua KKPP Provinsi Sulawesi Utara Drs Robby Mamuaja dgn materi Eksistensi dan Peran KKPP dalam membantu Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota se-Sulawesi Utara, acara di akhiri doa oleh Bonny Tooy ketua DPAC KKPP Kec Tikala.


(Middle)

Selasa, 25 Juni 2024

Sosialisasi BPJS Bangun Fondasi Ekonomi Kuat dan Perlindungan Kesehatan Merata

Sosialisasi BPJS Bangun Fondasi Ekonomi Kuat dan Perlindungan Kesehatan Merata


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka membangun fondasi ekonomi yang kuat dan meningkatkan perlindungan kesehatan yang merata bagi masyarakat Indonesia. BPJS Kesehatan dan Kementerian Keuangan menggelar acara sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 143 Tahun 2023 dan PMK Nomor 110 Tahun 2023, yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait. 


Deputi Direksi Bidang Manajemen Iuran BPJS Kesehatan, Agus Mustopa mengatakan sebagai negara dengan populasi besar dan keberagaman yang kaya, Indonesia terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Implementasi PMK Nomor 143 tahun 2023, yang mencakup regulasi terkait pemungutan, pemotongan, dan penyetoran pajak rokok untuk pembiayaan kesehatan, serta PMK Nomor 110 tahun 2023 yang mengatur indikator kinerja daerah, menjadi landasan penting bagi keberlangsungan program ini.


"PMK 143/2023 secara khusus mengatur mengenai pemungutan, pemotongan, dan penyetoran pajak rokok yang menjadi salah satu sumber pembiayaan penting bagi Program JKN. Pajak rokok sebagai sumber pendanaan untuk kesehatan bukan hanya memiliki tujuan fiskal, tetapi juga sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas," jelas Agus.


Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah dalam menjaga kelancaran Program JKN. Menurutnya, sinergi yang dibangun dengan lintas lembaga menjadi bukti keterlibatan negara dalam mendukung penyelenggaraan Program JKN.


“Keberhasilan Program JKN ini tidak terlepas dari kerjasama yang solid antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh pemangku kepentingan terkait," ungkap Agus.


Sementara itu, PMK Nomor 110 tahun 2023 memfokuskan pada pengaturan indikator kinerja daerah yang menjadi tolok ukur penting dalam evaluasi pelaksanaan Program JKN di tingkat lokal. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa setiap daerah memiliki standar pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.


Agus menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya menyamakan persepsi terkait ketentuan yang berlaku namun dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat kolaborasi antara berbagai pihak terkait. Kegiatan tersebut juga menegaskan komitmen bersama dalam menjaga dan meningkatkan efektivitas Program JKN.


Sementara itu, Direktur PDRD Kementerian Keuangan, Lidya Kurniawati turut menyuarakan pentingnya sektor kesehatan dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.


“Program JKN bukan hanya sebagai program pelayanan kesehatan, tetapi juga sebagai investasi strategis dalam pembangunan bangsa," tutur Lidya


Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk membahas berbagai tantangan yang dihadapi dalam implementasi Program JKN di daerah masing-masing. Beberapa tantangan utama meliputi masalah pembiayaan yang cukup kompleks, pengelolaan data yang akurat, serta upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan yang terus diperlukan.


Meskipun demikian, para peserta juga berbagi berbagai inisiatif dan praktik terbaik yang telah terbukti berhasil mengatasi tantangan tersebut. Hal ini mencerminkan semangat kolaboratif dan kesediaan untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dalam upaya meningkatkan efektivitas Program JKN secara keseluruhan.


Lidya menekankan bahwa keberhasilan Program JKN tidak hanya bergantung pada kebijakan pemerintah pusat, tetapi juga sangat tergantung pada implementasi yang baik di tingkat daerah.


“Sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan semua pemangku kepentingan diharapkan dapat terus ditingkatkan melalui berbagai forum seperti acara sosialisasi ini," tutup Lidya


Sebagai hasil dari acara sosialisasi dan diskusi yang intensif, para peserta sepakat untuk terus mendukung implementasi PMK 143/2023 dan PMK 110/2023. Mereka juga berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan berkoordinasi dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.


(Redaksi)

Wawali Richard Sualang Berharap Proses Coklit Berjalan Lancar

Wawali Richard Sualang Berharap Proses Coklit Berjalan Lancar


MANADO, CARIKABAR.ID
- Komisi Pemilihan Umum Kota Manado telah memulai Tahapan coklit menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sejak, Senin (24/6/2024).


Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mendatangi kediaman Wakil Walikota Manado, Selasa (25/06/24).


Wakil Walikota Manado Richard Sualang  sangat mudah melalui proses coklit. Hanya mencocokkan identitas keluarga dengan data yang dipegang petugas Pantarlih.


"Sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) dengan jumlah pemilih berjumlah empat orang  dan sudah dilaksanakan dengan lancar  dan tidak ada kendala. Terima kasih untuk KPU dan Bawaslu yang sudah memfasilitasi coklat ini," ucap Sualang.


"Sangat mudah sekali, kita cuma mencocokkan identitas kita. Kartu keluarga, KTP kita tunjukkan dan Pantarlih yang menuliskan, kita tinggal tanda tangan,” ujar Sualang kepada awak media.


Ichad memastikan akan menggunakan hak pilihnya bersama keluarga pada 27 November di Kota Manado.


Dengan pertama mengawali tahapan coklit, diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat Manado agar proses coklit bisa berjalan lancar.


Sualang juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Di antaranya adalah pencocokan dan penelitian (coklit) yang dimulai.


"Kami menghimbau masyarakat Kota Manado untuk bersama sama mensukseskan Pilkada ini yang sekarang tahapannya adalah coklat pemilih. Semoga tahapan ini berlangsung dengan lancar," ucap Sualang.


Diketahui saat Coklat Wawali Richard Sualang didampingi  Ketua KPUD Kota Manado Ferley Kaparang, SH Serta Ketua PPK Kecamatan Malalayang Lady Jane Ockta Bella Pondaag, SP. 


*Middle*

Senin, 24 Juni 2024

Kadiscapil Erwin Kontu: Tidak Perlu Lagi Legalisir Dokumen Semua Jenjang Pendidikan

Kadiscapil Erwin Kontu: Tidak Perlu Lagi Legalisir Dokumen Semua Jenjang Pendidikan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Permintaan untuk legalisir fotokopi dokumen kependudukan meningkat tajam sebagai salah satu syarat pendaftaran siswa baru, menjelang tahun ajaran baru bagi siswa-siswi PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA atau sederajat, permintaan untuk legalisir fotokopi dokumen kependudukan meningkat tajam sebagai salah satu syarat pendaftaran siswa baru.


Padahal, pemerintah telah menerapkan kebijakan baru yang memudahkan masyarakat, yaitu tidak memerlukan legalisir dokumen kependudukan yang sudah berformat digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Erwin Kontu, menegaskan kembali bahwa masyarakat yang mendaftarkan diri ke sekolah di semua jenjang pendidikan tidak perlu lagi melegalisir dokumen.


“Saat penerimaan siswa baru di semua jenjang pendidikan, terkait dengan legalisir, pemerintah sudah menerapkan kebijakan yang memudahkan masyarakat,” tegas erwin. “Untuk dokumen yang sudah menggunakan QR Code/Bar Code seperti Kartu Keluarga dan Akta Lahir, tidak perlu lagi dilegalisir, karena sudah dilengkapi tanda tangan elektronik,”


“Kebijakan ini sudah diatur dalam Permendagri Nomor 104 Tahun 2019.

Kemudahan ini dapat memudahkan masyarakat Kota Manado dalam berbagai layanan publik lainnya.


(Redaksi)

Minggu, 23 Juni 2024

Terkait Video MP Minta Maaf, Saikat:  Setelah Tercapai Kemauan Tinggal Minta Maaf?

Terkait Video MP Minta Maaf, Saikat: Setelah Tercapai Kemauan Tinggal Minta Maaf?


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Beredarnya video di media sosial sempat ramai beberapa waktu lalu dengan berbagai versi soal reklamasi di Boulevar 2 Manado dari hasil produksi dengan nama akun Manado Post.id.


Bunyi statement dalam salah satu postingan tertanggal 16 Mei 2024 berisi tentang dampak lingkungan yang akan terjadi apabila proyek reklamasi di Boulevard diteruskan. 


"Bagaimana Taman Laut Nasional Bunaken kita kedepannya? Banyak pihak akan kena dampak buruknya, banyak yang akan rugi. Sampai kapan kita diam saja? "Begitu tulisan yang disertakan pada postingan itu. 


Ulasa demi ulasan dikemukakan dalam video tersebut. Bahkan, dikatakan dalam narasi video tersebut bencana akan terjadi apabila proyek reklamasi itu diteruskan. Menariknya, dalam video tersebut juga menyinggung nama oknum dibalik proyek itu, yaitu Agus Elektrik Abidin.


"Apa keuntungan Manado. Manado akan punya mall raksasa milik Agus Elektrik Abidin," kata narasi video itu pada menit akhir, sambil mengatakan bahwa Agus Elektrik Abidin mempunyai rekam jejak yang buruk dan kebal hukum.


Herannya, pada postingan dengan nama akun yang sama, yaitu ManadoPost.id tertanggal Sabtu (22/06/2024) memuat hak jawab oleh PT Manado Utara Perkasa (MUP) selaku pengembang proyek reklamasi Boulevard 2 Manado, yang dilanjutkan dengan pernyataan permohonan maaf dari Manado post.id.


Kontan saja dengan permohonan maaf tersebut membuat heboh warga Manado, yang mengaku terheran heran dengan aksi ManadoPost.id yang dinilai tidak konsisten menggarap sebuah isu pemberitaan.


Abed Saikat, warga Tuminting salah satunya. Dia mempertanyakan pihak Manado Post (MP) yang menurutnya mudah menuduh, juga mudah minta maaf. 


"Kenapa MP mudah sekali membuat berita menuduh kemudian minta maaf? Apakah ada udang dibalik batu?" tanya Saikat. 

Ia juga menanyakan kenapa pihak Manado Post tidak memberitakan terlebih dahulu dua sisi berita baik pro dan kontra agar tidak terkesan ada maunya dibalik berita tersebut. 


"Setelah tercapai kemauan tinggal minta maaf? Kenapa dua sisi berita tidak diberitakan lebih dulu? Kenapa harus berita menyerang dahulu lalu minta maaf? Apakah ada harga dari maaf tersebut?, patut diduga," ujar Saikat. 


Saikat bahkan memberikan statement keras kepada Manado Post yang selalu mengangkat berita menyerang. 

"Jadi ngoni (MP) angkat pemberitaan menyerang lalu minta maaf, apakah ada kompensasi untuk permintaan maaf?, " tanyanya. 

*Redaksi*


Sabtu, 22 Juni 2024

Pemerintah Kota Manado Tidak Tinggal Diam Berantas Miskin Ekstrem

Pemerintah Kota Manado Tidak Tinggal Diam Berantas Miskin Ekstrem


MANADO, CARIKABAR.ID
  -   Pemerintahan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang, Kota Manado terus melakukan kerja-kerja pemberantasan miskin ekstrem.


Melalui instruksi Walikota tentang Percepatan Penghapusan Miskin Ekstrim Kota Manado dengan menugaskan beberapa perangkat daerah untuk masuk menjadi bagian tim.


Buktinya, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kota Manado Otniel Tewal mengatakan, sesuai instruksi walikota, pihaknya telah membentuk tim dalam rangka percepatan penghapusan miskin ekstrem di Kota Manado. 


"Menindaklanjuti instruksi Walikota Manado, maka terbitlah Surat Keputusan Walikota Manado Tim Koordinasi Percepatan Penghapusan Miskin Ekstrim Kota Manado yang terdiri dari SKPD terkait yang ketuanya adalah Sekretaris Daerah Kota Manado, Dr. Micler Lakat,” kata Tewal, pada Sabtu (22/06/2024). 


Pekerjaan Percepatan Penghapusan Miskin Ekstrem Manado oleh tim tersebut sudah dibuktikan dengan ditetapkannya sebanyak 474 warga Manado yang masuk kategori miskin ekstrem. 


"Kemudian tim melakukan verifikasi dan assesment. Dan menghasilkan 474 warga miskin ekstrem di Kota Manado yang ditetapkan melalui SK Walikota Manado, penetapan nama sasaran keluarga miskin penerima program percepatan penghapusan Warga Miskin Ekstrim Kota Manado," jelas Tewal. 


Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, maka nama warga-warga miskin ekstrem diatas berhak menerima bantuan. 


"Jadi berdasarkan surat keputusan walikota itu, pada tahun 2023, di Kota Manado 474 warga yang terdata masuk kategori miskin ekstrem berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah," lanjut Tewal.


Namun dari informasi yang didapatkan, pada tahun 2024 ini, miskin ekstrem di Kota Manado telah mengalami penurunan. 


"Tahun 2024 ini kota Manado hanya mendapatkan 316 warga miskin ekstrem. Dan dari data 316 warga miskin ekstrem itu sudah ditangani dan ada yang telah mendapatkan pekerjaan, perekonomian sudah meningkat, dan sudah meninggal. Artinya, dengan menggunakan analogi itu, artinya Kota Manado sudah bebas miskin ekstrem saat ini, karena ke 316 orang warga itu sudah ditangani dengan persuasif oleh pemerintah Kota Manado," jelasnya. 


Dari data yang didapatkan, bantuan untuk warga Kota Manado yang masuk dalam kategori miskin ekstrem berupa:


1.Fasilitas kesehatan. Yaitu visitasi oleh tenaga kesehatan Kota Manado secara berkala. 

2. ⁠Bantuan kepada warga kepada anak miskin ekstrem yang putus sekolah. Dengan memfasilitasi anak-anak putus sekolah dengan bersekolah kembali, berupa biaya sekolah dan peralatan sekolah. 

3. ⁠Bedah rumah/perbaikan rumah yang layak huni. 

4. ⁠Biaya Hidup untuk warga miskin ekstrem. 

5. ⁠Menfasilitasi warga miskin ekstrem yang produktif untuk bisa bekerja atau memberikan pekerjaan. 

5. ⁠Bantuan-bantuan lain yang menunjang warga miskin ekstrem. 

Ada 14 kriteria masyarakat miskin menurut standar Badan Pusat Statistik (BPS) Nasioanl, yang dipergunakan untuk menentukan keluarga atau rumah tangga yang dapat dikategorikan miskin, berikut penjelasannya:

1. Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8 m2 per orang

2. Jenis lantai tempat tinggal terbuat dari tanah/ bambu / kayu murahan

3. Jenis dinding tempat tinggal dari bambu / rumbia / kayu berkualitas rendah / tembok tanpa diplester

4. Tidak memiliki fasilitas buang air besar / bersama-sama dengan rumah tangga lain

5. Sumber penerangan rumah tangga tidak menggunakan listrik

6. Sumber air minum berasal dari sumur / mata air tidak terlindung / sungai /air hujan.

7. Bahan bakar untuk memasak sehari-hari adalah kayu bakar / arang / minyak tanah.

8. Hanya mengkonsumsi daging / susu / ayam satu kali dalam seminggu

9. Hanya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun.

10. Hanya sanggup makan sebanyak satu / dua kali dalam sehari

11. Tidak sanggup membayar biaya pengobatan di puskesmas / poliklinik

12. Sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah : petani dengan luas lahan 500 m2, buruh tani, nelayan, buruh bangunan, buruh perkebunan dan atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan dibawah Rp. 600.000,- per bulan.

13. Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga : tidak sekolah / tidak tamat SD/ hanya SD

14. Tidak memiliki tabungan / barang yang mudah dijual dengan minimal Rp. 500.000,- seperti sepeda motor kredit / non kredit, emas, ternak, kapal motor, atau barang modal lainnya.

Jika minimal 9 variabel terpenuhi maka suatu rumah tangga dikategorikan miskin.


Berdasarkan Bank Dunia, penduduk miskin ekstrem adalah penduduk yang memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari tidak lebih dari USD 1,9 PPP (Purchasing Power Parity), atau setara dengan Rp10.739/orang/hari atau Rp322.170/orang/bulan.



*Middle

Kamis, 20 Juni 2024

Pemkot Manado Gelar Ibadah Rutin ASN dan Syukuran HUT ke-51 Wakil Walikota dr Richard Sualang

Pemkot Manado Gelar Ibadah Rutin ASN dan Syukuran HUT ke-51 Wakil Walikota dr Richard Sualang


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menghadiri ibadah rutin Pemerintah Kota Manado sekaligus Ibadah Syukur HUT Ke 51 Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang yang dilaksanakan di Aula serbaguna Kantor Walikota, Kamis (20/06/2024)

Acara ibadah tersebut dipimpin Ketua Bamag Manado Pdt. Dr. Johan Manampiring M.Th dan dirangkaikan dengan Pelantikan Panitia Munas ke III Bamag LKK.


Dalam sambutannya, wali kota terlebih dahulu menyampaikan selamat kepada Wakil Wali Kota atas ketambahan usia hingga mencapai 51 tahun. 

"Pertama-tama saya bersama jajaran pemerintahan Kota Manado menyampaikan selamat HUT ke 51 Kepada Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang yang tepat hari ini. Ini 'lolita', lolos limapuluh tahun," gurau Wali Kota ketika menyampaikan selamat HUT. kepada Wakil Walikota.


Selanjutnya Walikota kepada Panitia Munas Bamag LKK berharap agar panitia dapat melaksanakan kegiatan LKK dengan baik dan menjadi tuan rumah yang baik. Walikota mengatakan agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat membawah dampak positif bagi kota Manado termasuk dampak positif dibidang ekonomi karena adanya perputaran ekomoni dengan kehadiran tamu-tamu pada kegiatan ini.

"Mereka tentunya nginap, makan dan lainnya disini sehingga dipastikan mereka mengeluarkan dana untuk hal tersebut," kata Wali Kota. 


Wali Kota menambahkan bahwa acara seperti ini harus disuport karena banyak manfaatnya bagi daerah dan masyarakat karena adanya multiplayer effect untuk kebaikan bagi daerah dan masyarakat.


Diakhir sambutan, sekali lagi Wali Kota menyampaikan banyak selamat kepada Wakil Wali Kota atas berkat Tuhan ketambahan usia pada hari ini. 


Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, para asisten, kepala SKPD, Kabag Kesra Drs. Otniel Tewal M.Si, Kabag Umum Yanti Mongkau S.E, staf khusus pimpinan Bamag Manado, Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol, tokoh-tokoh Agama dan para tamu lainnya.


*Middle*

Rabu, 19 Juni 2024

Aliansi Pers Manado Kembali Dinakhodai Steven Rondonuwu

Aliansi Pers Manado Kembali Dinakhodai Steven Rondonuwu


MANADO, CARIKABAR.ID
– Aliansi Pers Manado (APM) melaksanakan kegiatan rapat evaluasi dan pemilihan pengurus untuk Periode 2024-2027 di Aula Kantor BKPSDM Kota Manado, Rabu (19/06/2024).


Kegiatan rapat tersebut berlangsung dengan demokratis tersebut akhirnya menghasilkan Pengurus baru, diman Ketua Steven Rondonuwu terpilih kembali secara aklamasi.


Sedangkan untuk Sekretaris terpilih Donny Sumilat dan bendahara Gabby Rarumangkay sedangkan pengurus lainnya nanti ditentukan oleh Ketua, Sekretaris dan Bendahara.



Untuk terakhirnya terpilih setelah menjabat selama 3 tahun (2021 – 2024) sebagai Ketua Aliansi Pers Manado (APM), Steven Rondonuwu kembali terpilih sebagai Ketua APM masa bakti 2024 – 2027.


Steven Rondonuwu terpilih aklamasi sebagai ketua APM, setelah mendapatkan dukungan penuh dari anggota rapat yang hadir.


“Selamat kepada yang sudah terpilih, diharapkan untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab yang sudah dipercayakan,” tutur Rondonuwu.


Menutup kegiatan rapat tersebut, Steven Rondonuwu menyampaikan terimakasih kepada jurnalis APM Pemkot Manado yang telah hadir dalam pertemuan tersebut.


Diketahui, struktur pengurus yang baru APM periode 2024-2027 akan dilanjutkan dalam waktu dekat, dengan agenda pemilihan struktur bidangnya masing-masing.


*Middle*

Walikota Andrei Angouw Ingatkan Tokoh Agama Manado Soal Toleransi

Walikota Andrei Angouw Ingatkan Tokoh Agama Manado Soal Toleransi


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang menghadiri kegiatan Tatap Muka, BKSAUA Kota Manado dan Pemerintah Kota Manado Bersama Pimpinan Rumah Ibadah se-Kota Manado di Aula serbaguna Kantor Wali Kota, Rabu (19/06/2024).


Setelah Doa pembukaan oleh Rohaniawan Katolik disampaikan ucapan selamat datang oleh Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol.



Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini terutama dalam penanganan masalah-masalah sosial yang ada ditengah masyarakat.

"Agama dan pemerintah saling membutuhkan, saling mensuport apalagi di Negara kita NKRI," kata Wali Kota. 



Selanjutnya Wali Kota memaparkan hubungan negara dan agama, termasuk menyinggung sedikit soal negara sekuler. Indonesia yang memiliki Pancasila terutama sila pertama dimana kita warga negara yang beragama tapi bukan negara Agama.

 "Masyarakat adalah umat dimana menjadi urusan bersama antara pemerintah dan agama. Jadi torang harus bergandengan tangan sebab saling membutuhkan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu kita menuntun mereka masyarakat kejalan yang benar, sementara pemerintah berupaya mensejahterakan," sebut Wali Kota.



Masyarakat yang tidak sejahtera akan sulit dikendalikan apalagi jika mereka lapar sehingga selalu melakukan hal-hal yang menyimpang. Jika semua dijalankan dengan benar, maka mungkin tidak ada lagi kejahatan dan berharap kita berjalan bersama-sama. 


"Tugas kita sekarang adalah mencari masyarakat yang jauh dari hal-hal yang berhubungan dengan agama. Konstitusi juga mensyaratkan bahwa semua masyarakat harus beragama yang tentunya taat beribadah. Jika semua menjalankan ajaran agamanya dengan baik maka akan tercipta toleransi sehingga mampu bergerak dalam mensejahterakan masyarakat," ucap Walikota.



Bagi Wali kota, menyampaikan soal perekonomian terutama soal perputaran ekonomi yang baik karena didukung oleh kerja-kerja tokoh Agama. Masyarakat harus rajin dan kreatif sehingga tidak susah dan menjadi sukses. Hal ini harus didorong baik oleh pemerintah juga oleh masyarakat. 


"Saya berharap dengan adanya forum ini dapat  tercipta komunikasi yang baik dan bisa dilakukan dengan jemaat masing-masing. Wali Kota juga berharap bisa kerjasama dengan Ketua-Ketua lingkungan untuk memberantas masalah dimasyarakat termasuk kemiskinan ekstrim. 


Untuk hal ini Wali Kota tegas sebab kontitusi kita menyatakan bahwa fakir miskin dan anak terlantar ditanggung oleh negara. Jadi Walikota meminta agar soal ini diidentifikasi dimasyarakat siapa yang benar-benar memang masuk kategori miskin ekstrim.


Diakhir sambutan walikota menjelaskan pemanfaatan APBD terutama soal dana untuk kematian dan bantuan-bantuan sosial. Bagaimana APBD ini dialokasikan dengan baik agar pembangunan jalan dan masyarakat sejahtera. Wali Kota juga ikut menjelaskan perbedaan soal insentif seperti insentif kepada tokoh agama dan bansos.


"Demikian halnya sarana infrastruktur jalan, trotoar, saluran air yang memanfaatkan APBD adalah untuk kenyamanan warga termasuk kenyamanan bagi warga masyarakat seperti lansia," kunci Wali Kota.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan insentif triwulan II secara simbolis. Setelah sesi foto bersama, acara ditutup dengan ucapan terima kasih dan doa yang disampaikan oleh Ketua FKUB Kota Manado Pdt. Janni Lompoliu M.Th.


Acara ini, selain dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Walikota, juga hadir Sekretaris Pemerintah Kota Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Asisten I Julises Oechler S.H, Kabag Kesra Drs. Otniel Tewal M.Si, Kabag Protokol Gladly Taliawo S.IP, Para staf khusus Wali Kota, Ketua BKSAUA Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol dan jajaran pengurus, Ketua FKUB Kota Manado serta tokoh-tokoh Agama dan pimpinan rumah ibadah se-Kota Manado.


*Middle*

Jumat, 14 Juni 2024

Dihadiri Wali Kota Andrei Angouw SMP Negeri 10 Manado Gelar Penamatan 325 Siswa

Dihadiri Wali Kota Andrei Angouw SMP Negeri 10 Manado Gelar Penamatan 325 Siswa


MANADO, CARIKABAR.ID
- SMP Negeri 10 Manado menggelar kegiatan penamatan dan perpisahan siswa-siswi Kelas IX di hadiri Walikota Manado Andrei Angouw, bertempat di Ruang Serbaguna Pemerintah Kota Manado, Jumat (14/06/2024).


Dalam sambutannya, Wali Kota  menyampaikan selamat atas kelulusan dengan harapan teruslah belajar untuk kejenjang menengah atas dan berharap agar dilanjutkan ke menengah atas atau kejuruan. 


"Kita harus bersaing dengan bangsa lain dan tidak ada kata lain selain lewat pendidikan. Kejarlah ilmu untuk kepentingan masa depan dengan setiap hari harus mengasah ilmu. Kejarlah ilmu bukan kejar gelar dan menjadi yang terbaik nantinya di bidang masing-masing," ucap Walikota.


Walikota juga mengingatkan, Inilah kurikulum merdeka belajar dan mari asa terus dan kembangkan terus. Harus ulet, Etos kerja harus tinggi dan jangan cepat menyerah dan harus membentuk karakter yang baik. Tidak guna pinter tapi karakter tidak baik.


"Saya tentunya berpesan agar para siswa nantinya tidak melupakan guru-gurunya selain orang tua tentunya. Sekali lagi saya mengingatkan bahwa karakter harus baik," harap Walikota Angouw.



Selanjutnya, Kepala SMP Negeri 10 Manado Venny Margaretha Mononimbar, S.Pd, M.Pd menjelaskan, jumlah siswa-siswi Kelas IX Tahun Ajaran 2023-2024 yang lulus sebanyak 325 orang.


"Puji syukur kepada Tuhan, keberhasilan dari anak didik yang di tawarkan hari ini tentunya peran serta Dewan Guru dan Orang Tua Siswa-siswi serta upaya kerja keras anak didik kami juga," sebut Kepsek Mononimbar.

Di tempat terpisahkan, Jakson Wior, S.Pd saat di wawancarai awak media merasa bangga dengan keberhasil dari Siswa-siswi selama 3 tahun mengikuti proses belajar mengajar.


"Memang tidak bisa di pungkiri selamat masa belajar tentunya ada susah juga senang yang terlewati hingga selesai. Sebagai wali kelas tentunya berharap anak didik akan disuport penuh orang tua untuk melanjutkan ke jenjang atas hingga mencapai cita-citanya," terang Wior Guru Wali Kelas IX ini.


Selesai sambutan Wali Kota, acara dilanjutkan pengalungan tanda penamatan oleh Wali Kota dan Bunda Paud didampingi Kepala sekolah SMP Negeri 10 dan Ketua Komite Reza Rumambi S.E.


Hadir pada kegiatan ini Bunda Paud yang juga sebagai Ketua TP PKK Kota Manado Ibu Irene Golda Angouw Pinontoan, Ketua Komite SMP Neg. 10 Manado Reza Rumambi S.E, Guru-Guru SMPN 10 Manado dan orang tua murid dan tamu undangan lainnya.


*Middle*

Kamis, 13 Juni 2024

Dimulai Hari Ini Acara FBKM, Andrew Palit: Kita Gaungkan Sosok Bung Karno ke Masyarakat

Dimulai Hari Ini Acara FBKM, Andrew Palit: Kita Gaungkan Sosok Bung Karno ke Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kegiatan tahunan Festival Bung Karno Manado (FBKM) akan digelar mulai hari ini Jumat (14/06) sampai Sabtu (15/06),di Pasir Putih Boulevard Manado. 

Ketua Panitia Andrew Ignasius Palit mengatakan, semua persiapan kegiatan untuk pelaksanaan FBKM 2024 sudah rampung. 


“Benar, persiapan untuk kegiatan FBKM 2024 Sudah Rampung dilaksanakan panitia”, ucap Andrew. 


Palit mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dalam persiapan FBKM 2024.


"Kami sangat mengapresiasi seluruh teman-teman yang telah terlibat dalam persiapan ini. Tanpa bantuan dari banyak pihak, kami tidak akan ada dititik ini. Terutama Untuk Walikota Bapak Andrei Angouw dan Wakil Walikota Bapak Richard Sualang," tukasnya. 


Palit menjelaskan, kegiatan FBKM merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar.


"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang sudah 3 kali dilaksanakan," tambahnya. 


Diketahui, konsep acara FBKM 2024 dikemas  dengan semeriah mungkin. Panitia bahkan melibatkan perab serta masyarakat terutama para pegiat UMKM. 

"Tentunya, masyarakat Kota Manado kami libatkan, dengan menyiapkan stand untuk para pegiat UMKM," tukasnya. 


Tujuan dari diadakannya FBKM pada setiap tahunnya tak lain untuk menggaungkan kembali sosok Bung Karno kepada kalangan masyarakat. 


"Kegiatan ini dilakukan untuk menggaungkan kembali sosok Bung Karno dikalangan anak muda masa kini. Konsep acara FBKM 2024 akan merefleksikan berbagai aspek dari perjalanan hidup Bung Karno, dengan beragam kegiatan tentunya", kata Palit. 


Anggota DPRD Manado terpilih ini berharap, masyarakat Kota Manado bisa menghadiri langsung kegiatan FBKM yang dikemas spektakuler. 


“Tentunya, kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Manado untuk sama-sama mensukseskan acara ini. Sebelumnya, kami memohon maaf apabila pada saat kegiatan ini terjadi kemacetan, dan mengganggu perjalanan. Mudah-mudahan kegiatan kita ini sukses, aman dan lancar serta diberi keberkahan oleh yang Mahakuasa,” ucap Palit.


Panitia pelaksanaan FBKM 2024 dalam melakukan persiapan di lokasi Pasir Putih Boulevard mendapat kunjungan istimewa dari Walikota Manado Andrei Angouw. Dari pantauan media ini, Ketua Panitia FBKM Andrew Palit dan rekan sesama panitia Fanny Mantali mendengarkan arahan dan masukan dari walikota. 


Diketahui, opening FBKM 2024 akan dimulai pada pukul 18.00 WITA besok. Namun, perlombaan Line Dance sudah di mulai sejak pukul 07.00 WITA dilanjutkan dengan penampilan DJ Lofi Manado pada pukul 16.30 WITA. 



*Middle*


Selasa, 11 Juni 2024

Dinilai Tidak Profesional Media Online MP Terus Disorot

Dinilai Tidak Profesional Media Online MP Terus Disorot


MANADO, CARIKABAR.ID
- Staf khusus Walikota Felix Palenewen mengatakan, pemberitaan yang dilansir media online Manado Post dengan judul "MANADO Peringkat Tiga Miskin Ekstrim se-Sulut, AA: Pemkot Punya Data" yang diterbitkan tanggal 9 Juni 2024, ternyata tidak sesuai kode etik Jurnalistik no.40 tahun 1999 tentang PERS.


Hal itu terkait, tiga narasumber yang berbicara pada berita tersebut diduga kuat tidak pernah ada orangnya alias siluman. Terkuak dari penelusuran data di Pemkot Manado, Fredrik Lolong, SAB, Febrianto Cris dan David Purukan, MSi, tidak pernah ada identitas tersebut, dengan demikian bisa disimpulkan pemberitaan itu hanyalah opini wartawan penulis berita yang dibangun sendiri untuk menjatuhkan pemerintahan di Kota Manado, sehingga hal itu dianggap menabrak aturan yang berlaku dalam dunia jurnalistik.


Felix Palenewen, Staf Khusus Walikota Manado Bidang Pemberdayaan Komunikasi Publik, menyebut Pemkot Manado sebenarnya 'Bukan Anti Kritik' tapi 'Auto Kritik' sangat terbuka sebagai fungsi melayani masyarakat.


"Torang sama sama mengerti Kode Etik Jurnalistik. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Silahkan mengkritik pemerintah kota Manado tapi ada dasarnya dan COVER BOARD SIDE kwa, jangan bersifat 'Khayalan dan Ulasan'. Apalagi ada dugaan mencatut nama narasumber yang sebelumnya tidak dikonfirmasi atau dimintai wawancara/penjelasan, karena tidak ada orangnya," papar Felix, mantan Jurnalis Pacific TV dan SCTV ini.


Mantan Nyong Sulut ini pun secara tegas menyebut, Manado Post 'melanggar' kode etik Jurnalistik no.40 tahun 1999 tentang PERS, terutama Pasal 2 yang berbunyi, menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya. Rekayasa pengambilan dan pemuatan atau penyiaran gambar, foto, suara dilengkapi dengan keterangan tentang sumber dan ditampilkan secara berimbang.


"Ini harus digaris bawahi REKAYASA. Saya pikir sekelas MP tidak profesional dan tidak punya sopan santun sebagai bagian dari etika media terkait yang dijunjung tinggi oleh pekerja media lainnya. Intinya adalah, mencatut nama narasumber yang tidak pernah diwawancarai, menghasilkan berita rekayasa terkait Pemkot Manado.MP juga melanggar UU ITE, karena informasi ini menyebar di media elektronik dan sejenisnya," sebut Panelewen.


Bagi Felix, MP juga melanggar Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU 19/2016”) menyatakan, setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

 

"Perbuatan yang diatur dalam Pasal 28 ayat (1) UU ITE merupakan salah satu perbuatan yang dilarang dalam UU ITE, sehingga selain Somasi wajib dilakukan jika tidak diklarifikasi oleh Manado Post, ada ancaman hukuman juga yang bisa dijerat, yang berbunyi Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar)," terang Panelewen.


*Redaksi*

Kredibilitas Media MP Pakai Sumber Tidak Jelas, Dipertanyakan Ketua PWI Sulut

Kredibilitas Media MP Pakai Sumber Tidak Jelas, Dipertanyakan Ketua PWI Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Berita yang beredar belum lama ini, cukup menyorot perhatian bagi pembaca masyarakat Kota Manado. 

Dimana berita di muat di salah satu media terkemuka di Sulawesi Utara dengan judul "MANADO Peringkat Tiga Miskin Ekstrim se-Sulut, AA: Pemkot Punya Data" tertanggal 9 Juni 2024. 

Namun ada yang menarik dalam isi pemberitaan itu. Salah satu narasumber yang disebutkan dalam isi berita itu yang bernama Frederik Lolong setelah ditelusuri hanyalah nama yang di buat-buat. 

"Hallo Manado Post, coba kase lengkap Frederik siapa ini?," kata Gerdi Worang dalam WhatsApp Group Sulut Hebat Bersinergi. 

Terkait dugaan narasumber fiktif, Ketua PWI Sulut, Vocke Lontaan menganjurkan agar Pemkot Manado dapat melakukan proses pada oknum tersebut, bisa dengan cara dilaporkan ke dewan pers. 

Lagi, kata Lontaan kalaupun wartawan tersebut dan medianya sudah standar dewan pers harus dilihat apakah beritanya berimbang atau tidak, kalau beritanya tidak berimbang misalnya tidak ada konfirmasi itu berarti sudah menyalahi kode etik jurnalistik dan jalannya disomasi saja tidak apa apa walaupun media besar.

"Jadi somasi menyurat ke dewan pers kalau memang ada yang merasa keberatan atas pemberitaan tersebut, " kata Lontaan. 

Lontaan menyarankan agar somasinya lewat PWI Sulut, apakah mau menyurat atau datang langsung ke dewan pers. Menurutnya lebih baik langsung saja ke dewan pers agar prosesnya lebih cepat kalau menyurat butuh waktu agak lama . "Nanti PWI Sulut buat surat rekomendasi ke dewan pers, " jelas Lontaan.


*Redaksi

Senin, 10 Juni 2024

Wawali Sualang Hadir di Rapat Paripurna DPRD Kota Manado

Wawali Sualang Hadir di Rapat Paripurna DPRD Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID 
– Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dengan agenda penutupan masa persidangan pertama dan pembukaan masa persidangan kedua Tahun Sidang 2024. Serta pembicaraan tingkat I yang meliputi penyampaian penjelasan walikota Manado terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban APBD Kota Manado tahun anggaran 2023.


Agenda lainnya adalah penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban APBD Kota Manado tahun 2023 serta Ranperda tentang RPJMD Kota Manado tahun 2025- 2045 dan Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan.


Rapat yang digelar di Aula Kantor DPRD, Senin (10/06/24) ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Nortje Van Bone dan Wakil Ketua Audrei Laikun, Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, Jajaran Pemkot Manado, Anggota DPRD Manado, Staf khusus serta undangan lainnya.


Wali Kota Manado Andrei Angouw melalui Wakil Wali Kota dr Richard Sualang menyampaikan penjelasan pertanggungjawaban APBD Kota Manado Tahun Anggaran 2023, RPJMD Kota Manado Tahun 2025-2045 serta Ranperda tentang kearsipan.


Baca juga:  Sekda Micler Lakat Pembina Apel Peringatan HKB di Kota Manado

Pada kesempatan tersebut Wawali Richard Sualang  menyampaikan secara garis besar pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Manado TA 2023.


“Secara rincian dan perhitungan-perhitungan secata detail dapat di cermati pada dokumen-dokumen laporan keuangan yang telah disampaikan ke DPRD,” kata Sualang.


Secara singkat Wakil Wali Kota dr Richard Sualang menyampaikan gambaran umum realisasi APBD Tahun 2023.


A. PENDAPATAN

Target Pendapatan sebesar Rp1.658.241.332.385,00.


Realisasi sebesar Rp1.556.456.910.380,65  atau 93,86%.


Adapun sumber-sumber realisasi pendapatan tersebut terdiri dari :


I. Pendapatan Asli Daerah ditargetkan  Rp547.348.475.363,00 realisasi sebesar

Rp 408.408.994.078,65 atau 74,62%.


Pendapatan Asli Daerah imi terdiri atas :


1. Pajak daerah ditargetkan sebesar Rp 435.500.000.000,00

realisasi sebesar Rp 369.470.655.658,36 atau 84,84%.

2. Retribusi daerah ditargetkan sebesar Rp.30.200.000.000,00 realisasi sebesar Rp 18.981.775.388,00 atau 62,85%.

3) Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan ditargetkan sebesar Rp 4.970.605.466,00


Baca juga:  Sekda Micler Lakat Wakili AARS Hadiri Pembukaan Rakernas XVII APEKSI

realisasi sebesar Rp 4.970.605.466.00

atau  100%.

4) Lain Lain PAS yang sah ditargetkan sebesar Rp76.677.869.897,00 realisasi sebesar Rp 14.985.957.566,29 atau 19,54%.


II. Pendapatan transfer ditargetkan

Rp1.086.675.748.024,00 realisasi sebesar Rp1.126.380.335.360,00 atau

103,65%.


Pendapatan transfer ini terdiri atas:

1) Pendapatan transfer pemerintah pusat ditargetkan sebesar Rp 945.926.941.000,00


Sebesar realisasi Rp 989.947.263.026,00

atau 104,65%.


2 Pendapatan ditargetkan transfer antar daerah sebesar Rp140.748.807.024,00. Realisasi sebesar Rp 136.433.072.334.00 atau 96,93 %.


Lain -lain Pendapatan Daerah yang sah ditargetkan Rp 24.217.108.998.00 realisasi sebesar Rp 21.667.580.942.00 atau 89,47%.


“Berharap kiranya dewan yang terhormat berkenan melakukan pembahasan terhadap materi ini, melalui alat kelengkapan dewan dengan ketentuan yang berlaku,” harap Sualang.


*Middle*

245 Siswa SMPN 5 Manado Dinyatakan Lulus Ikut Acara Penamatan dan Perpisahan

245 Siswa SMPN 5 Manado Dinyatakan Lulus Ikut Acara Penamatan dan Perpisahan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sebanyak 245 siswa-siswi SMP Negeri 5 Kota Manado dinyatakan lulus, mengikuti acara penamatan dan perpisahan peserta didik Kelas lX.


Acara yang digelar sederhana namun penuh dengan kemeriahan antar siswa dan orang tua didik serta para dewan guru itu, bertempat di halaman upacara SMPN 5 Manado, Senin (10/06/2024).



Kepala Sekolah SMPN 5 Manado Theodora Louisa Uway, S.Pd.,M.Pdk mengatakan, keberhasilan anak didik, tidak lepas dari peran orang tua/wali.


"Kami bersyukur, dengan keberhasilan anak didik, selama 3 tahun mengikuti proses belajar mengajar, dan hari ini 245 siswa-siswi telah dinyatakan lulus dan telah ditamatkan pada hari ini, disaksikan langsung para orang tua wali masing-masing," ucap Kepsek Uway.



Theodora Uway yang baru menjabat lebih kurang dua bulan di SMPN 5 Manado itu menyampaikan, terimakasih kepada orang tu wali siswa-siswi atas dukungan serta support hingga akhir tahun ajaran 2023-2024 Kelas IX.


"Saya berharap komunikas dan kerjasama yang telah terbangun selama ini dengan antara orang tua dan pihak sekolah akan memacu semangat anak untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya. Ingat era persaingan sekarang ini sehingga anak perlu mendapatkan pendidikan yang memadai," harap mantan Kepsek SMPN 13 Manado ini.


Dari pantauan media@Carikabar.id di lokasi acara penamatan, betapa sukacita, kegembiraan antara orang tua dan anak tampak pada sesi pengambilan foto kelurga.


"Torang kasiang senang sekali lia anak boleh selesai/dialeg Manado (Kami sangat senang melihat anak kami boleh berhasil). Tentunya kami juga berterimakasih kepada Kepala Sekolah dan Dewan Guru, staf, tata usaha yang selama tiga tahun ada di lingkup SMPN 5 Manado," ucap oran tua siswa yang tak mau sebut namanya.



*Middle*

Jumat, 07 Juni 2024

 Jalin Kerjasama, Pemkab Bone Bolango Bersama Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas Manado

Jalin Kerjasama, Pemkab Bone Bolango Bersama Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Bupati Bone Bolango Merlan Uloli, bertindak atas nama Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama dengan Hotel Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas Manado, Jumat (07/06/2024).


Bupati Merlan Ulali menyampaikan apresiasi kepada pihak Manajemen Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas Manado atas penerimaan dan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango disaksikan SKPD yang turut hadir.


"Kami berharap dengan kerjasama ini dapat memberikan dampak yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango maupun pihak Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas Manado sendiri," ucap Bupati Merlan.



Dalam sambutannya, Rachel Wullur sebagai Marketing Coummunication Manager Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas menjelaskan, dengan kehadiran dan kerjasama Bupati Kabupaten Bone Bolango adalah suatu kebanggaan bagi pihak hotel.


"Untuk diketahui fasilitas yang tersedia di hotel di antaranya Meeting Room, Kamar, Kolam dan Area Parkir termasuk Restoran dan Mall. Tentunya dengan adanya MoU maka akan ada diskon khusus," terang Rachel.


Lanjut Wulur, kami pun mempersilahkan bagi instansi Pemerintah untuk dapat bekerjasama dengan pihak Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel dengan berbagai fasilitas yang memadai.


"Intinya fasilitas yang kami tawarkan akan memudahkan kenyamanan selama menggunakan kegiatan di hotel kami," ungkap Wullur.


Disela-sela peninjauan ruangan fasilitas hotel General Manager Grand Whiz dan Whiz Prime Hotel Megamas Manado Adri Yongki Wala mengatakan, kehadiran Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Bupati Merlan Uloli dan SKPD dalam rangka membangun serta mempererat hubungan kerjasama.


"Kami memberikan pelayanan terbaik lewat MoU bersama Bupati Bone Bolango dan memberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan berbagai kegiatan dan penginapan melalui fasilitas  Hotel kami," harap Adri.



*Middle*





Kamis, 06 Juni 2024

Penandatanganan Naskah Perjanjian Pemkot Manado, Kodim dan Polres Manado

Penandatanganan Naskah Perjanjian Pemkot Manado, Kodim dan Polres Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah Pemerintah Kota Manado dengan Komando Distrik Militer 1309 Manado dan Kepolisian Resort Manado, Jumat (07/06/2024).


Pada Perjanjian Hibah Daerah ini Wali Kota bertindak dalam jabatannya untuk dan atas nama Pemerintah Kota Manado sebagai Pemberi Hibah yang selanjutnya disebut PIHAK KESATU.


Hadir dan ikut menandatangani Hibah ini, Dandim Manado dan Kasie Keuangan Kodim Manado, Kapolres Manado dan Kasie Keuangan Polresta Manado serta Sekretaris Pemkot Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H.


Selain Dandim, Kapolres Manado, Sekot Pemerintah Kota Manado, hadir juga Asisten II Pemkot Manado Atto Bulo S.H,M.M, Kaban Kesbang Manado Ibu Meiske Conny Lantu S.E, serta para pejabat di bagian keuangan Kodim dan Polres Manado.

*Middle*

Selasa, 04 Juni 2024

Kaban BKAD Bart Assa: Tidak Ada Selisih Milyaran Rupiah Belanja Modal Buku Umum Dinas Perpustakaan

Kaban BKAD Bart Assa: Tidak Ada Selisih Milyaran Rupiah Belanja Modal Buku Umum Dinas Perpustakaan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Terkait pemberitaan akhir -akhir ini tentang selisih dalam penganggaran Belanja Modal Perpustakaan dan Kearsipan tahun anggaran 2024 oleh pemberitaan media, dimana pada ringkasan APBD tahun anggaran 2024, tercatat Belanja Modal Perpustakaan tercetak sebesar Rp. 3.069.173.653 dan di DPA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk belanja tersebut hanya tercatat sebesar Rp 100.000.000 dan lebih lanjut menyinggung tentang penganggaran Belanja Modal Buku Umum sebesar Rp 2,9 miliar. 

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado Karl Bart Assa menerangkan bahwa, Belanja Modal Bahan Perpustakaan, Belanja Modal Bahan Perpustakaan Tercetak, dan Belanja Modal Buku Umum adalah terpisah. 

"Jadi point (1) Belanja Modal Bahan Perpustakaan, (2) Belanja Modal Bahan Perpustakaan Tercetak, dan (3) Belanja Modal Buku Umum, itu merupakan hal yang terpisah. Belanja Modal Bahan Perpustakaan dianggarkan sebesar Rp 3.069.173.653, Belanja Modal Bahan Perpustakaan Tercetak Rp 3.069.173.653, dan Belanja Modal Buku Umum Rp 2.696.173.653," terang Assa, pada Selasa (04/06/2024). 

Pun demikian, kata Assa Belanja Modal Bahan Perpustakaan dianggarkan pada 2 perangkat daerah, yaitu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Manado. 

"Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan belanja tersebut tersebar pada 3 sub kegiatan pada Program Pengelolaan Pendidikan. Pada sub kegiatan pengelolaan Dana BOS Sekolah Dasar (SD) , dan pada Objek Belanja Modal Bahan Perpustakaan, ada sub rincian objek Belanja Modal Buku Umum yang dianggarkan sebesar Rp 1.432.650.853", kata Assa. 

Terang Assa kembali, untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada sub kegiatan pengelolaan Dana BOS Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Objek Belanja Modal Bahan Perpustakaan ada sub rincian Objek Belanja Buku Umum yang dianggarkan sebesar Rp 1.336.522.800.

"Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga pada sub kegiatan Pengadaan Perlengkapan PAUD, pada Objek Belanja Modal Bahan Perpustakaan ada sub rincian Objek Belanja Modal Buku Umum yang dianggarkan sebesar Rp 200.000.000," katanya kembali. 

Dengan begitu menurut Assa, angka Rp 2.969.173.653 tersebut merupakan total sub rincian Objek Belanja Modal Bahan Perpustakaan. 

"Dengan demikian, total sub rincian Objek Belanja Modal Buku Umum di Objek Belanja Modal Bahan Perpustakaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada APBD tahun anggaran 2024 adalah sebesar Rp 2.969.173.653," timpalnya. 

Assa berkelit, isu mengenai selisih pada Belanja Modal Bahan Perpustakaan itu tidaklah benar. 

"Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa isu yang diangkat terkait dengan adanya selisih pada Belanja Modal Bahan Perpustakaan di ringkasan APBD Kota Manado tahun anggaran 2024 dengan yang tertuang dalam DPA Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tahun anggaran 2024 tidak benar, " ujarnya. 

Menurut Assa dalam memahami substansi dokumen APBD tidaklah sulit. 

"Memahami substansi dokumen APBD itu tidaklah sulit. Pemerintah Kota Manado pun terbuka untuk dialog jika ada hal yang ingin di konfirmasi tentang APBD. Hal ini dipandang sebagai sinergitas dengan stakeholder untuk bersama-sama memastikan bahwa APBD berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan berpihak kepada kesejahteraan masyarakat," tukas Assa. 

Sejalan dengan itu, penganggaran Belanja Modal Bahan Perpustakaan di 2 SKPD itu merupakan bentuk sinergitas untuk mempercepat capaian target dan sasaran kinerja. 

"Penganggaran Belanja Modal Bahan Perpustakaan di 2 SKPD yaitu di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kearsipan merupakan bentuk sinergitas antar SKPD untuk mempercepat capaian target dan sasaran kinerja pemerintah daerah. Hal ini selaras dengan semangat dari KemenPAN dan RB yang senantiasa mempromosikan sinergitas lintas SKPD dalam bentuk croos-cutting kinerja untuk mewujudkan suatu sasaran pembangunan daerah yang telah ditetapkan, " tutupnya. 


*Middle*

Senin, 03 Juni 2024

Peringatan 15 Tahun CTI-CFF, Angouw: Jaga Laut, Jangan Buang Sampah di Sungai

Peringatan 15 Tahun CTI-CFF, Angouw: Jaga Laut, Jangan Buang Sampah di Sungai


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kota Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara merupakan Sekretariat Wilayah CTI - CFF di kawasan Indonesia menggelar kegiatan Beach Clean Up berlokasi di pesisir pantai Karangria, Kecamatan Tuminting, Selasa (04/06/2024).


Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) pada tanggal 9 Juni 2024 genap berusia 15 tahun.



Memperingati Segitiga Terumbu Karang yang diikuti oleh enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Soloman dan Timor Leste ini mengelar sejumlah kegiatan yang bertajuk Coral Triangle Day 2024.


Hadir langsung pada kegiatan tersebut Walikota Manado Andrei Angouw yang juga didampingi oleh Executive Director CTI-CFF Regional Secretariat Dr. Frank Griffin.



Dr. Frank Griffin dalam sambutannya mengatakan, pesisir pantai terancam oleh polusi dan sampah, namun kita bisa membuat perubahan pada isu ini.


"Apa yang kita kumpulkan saat ini mungkin bukan berasal dari sini, namun berasal dari berbagai tempat karena masih banyak yang membuang sampah di sungai dan badan - badan air dan berakhir di sini," ujar Griffin.



Dengan melakukan aksi bersih Pantai ini dirinya berharap kita telah menunjukkan sikap terhadap laut dan mahluk laut yang ada di dalamnya.


"Aksi ini bukan hanya dilakukan satu kali tapi merupakan komitmen kita terus melakukan aksi laut dengan mengurangi penggunaan plastik melalui dorongan disusunnya kebijakan - kebijakan untuk perlindungan laut, mengedukasi pihak - pihak lain tentang pentingnya konservasi. Mari kita bekerjasama, bersama - sama kita melakukan perubahan, sampah bisa kita atasi," tutupnya.


Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas partisipasinya pada kegiatan tersebut.

"Pesannya disini mari kita jaga laut kita, tidak membuang sampah di sungai, di saluran air, yang pada akhirnya sampah tersebut akan sampai disini, di laut," ungkap Angouw.


Walikota berharap agar masyarakat untuk bertanggung jawab pada diri masing - masing untuk menjaga lingkungan di sekitarnya.


Di kesempatan itu, Walikota berbaur bersama masyarakat dan para komunitas pecinta lingkungan melakukan bersih - bersih Pantai.


Hadir dalam kegiatan tersebut Deputy Executive Director for Corporate Servicenya Cahyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Supryatna, Kepala Dinas DPKP Kota Manado M Sofyan, Camat Tuminting Oktavianus Barahama, para Lurah serta aktivitas pecinta lingkungan.


*Middle*

Sesuai Data BPS, Cabe Merah Penyumbang Inflasi di Kota Manado

Sesuai Data BPS, Cabe Merah Penyumbang Inflasi di Kota Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kota Manado Akhir tahun 2023 atau bulan Desember, mengalami inflasi sebesar 0,68 persen. Angka inflasi ini menempati urutan ke-5 inflasi di Pulau Sulawesi, dan berada di urutan 11 secara nasional.

Adapun penyumbang inflasi terbesar pada bulan Desember 2023 yaitu cabai rawit merah atau rica sebesar 0,3500 persen.

Angka tersebut baru saja dirilis oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara (BPS Sulut) yang dipimpin langsung Kepala BPS Sulut, Asim Saputra, pada Januari lalu secara daring.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Asim Saputra, menjelaskan jika dari 11 kelompok pengeluaran di Kota Manado, secara year on year sepuluh kelompok pengeluaran mengalami peningkatan indeks.


Adapun kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks adalah:


Kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 6,94 persen


Kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 2,84 persen


Kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 1,92 persen


Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 1,72 persen


Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,70 persen


Kelompok transportasi sebesar 1,57 persen


Kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 1,22 persen


Kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,28 persen


Kelompok kesehatan sebesar 0,03 persen


Kelompok pendidikan sebesar 0,01 persen

"Satu kelompok lainnya mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,03 persen," ujar Asim. 


*Middle*

Minggu, 02 Juni 2024

Sukses Digelar, Final Remaja Teladan GMIM Rayon 2 Manadol

Sukses Digelar, Final Remaja Teladan GMIM Rayon 2 Manadol


MANADO, CARIKABAR.ID
- Malam Final Remaja Teladan (Retel) GMIM Rayon 2 Manado tahun 2024 sukses di gelar, bertempat di Aula Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (01/06/2024).

Kemeriahan terlihat ketika para finalis memperkenalkan diri satu persatu. Sorakan dan riuh tepuk tangan mewarnai jalannya sesi acara perkenalan para finalis. 

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan Ibadah pembukaan yang dipimpin Pdt Ny Julin Saisab-Rotty STh.  

Sambutan Gubernur dibacakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Rahel Rotinsulu, Gubernur Olly berharap  para remaja teladan ini nantinya bisa memajukan daerah Provinsi Sulawesi Utara. 

"Jadilah teladan, dan jadikan daerah kita ini maju. Semoga adik-adik remaja selalu menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Rotinsulu. 

Ia mengatakan, pemerintah akan terus mensupport kegiatan–kegiatan positif.

“Mereka akan menjadi pemimpin di masa yg akan datang. Itu yang menjadi harapan kami dan tentu kebanggaan dari para orang tua. Pasti akan diberkati Tuhan dan menghasilkan buah-buah yang baik,” tutur dia.

Selanjutnya dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh ketua panitia Keane Sualang, SH. Sualang mengatakan para finalis Remaja Teladan Rayon 2 Manado ini sudah melewati sejumlah tahapan penilaian. 

"Para remaja teladan di Rayon 2 Manado ini sudah melakukan sejumlah tahapan-tahapan penilaian. Dan malam ini merupakan malam finalis untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang," kata Keane. 

Ia pun mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah mensupport dan memberikan kontribusi kepada pihak panitia Remaja Teladan (Retel) GMIM Rayon Dua Manado tahun 2024,

“Ucapan terimakasih juga kepada Pemerintah Kota Manado yang selalu mensupport setiap kegiatan Pemilihan Remaja Teladan Sinode GMIM Rayon 2 Manado. Sungguh luar biasa perhatian pemerintah kepada para Tokoh-tokoh Agama dan para Pelayan Tuhan di Kota Manado, dan saat ini kami salah satu juga yg turut merasakan perhatian dari Bapak Walikota dan Wakil Walikota. Tak ada hal lain yang bisa kami berikan selain doa kepada Tuhan Yesus Kristus kiranya Bapak Walikota dan Wakil Walikota senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan serta hikmat dalam menjalankan tugas tanggung jawab sebagai pemerintah yang juga merupakan Wakil Allah di Dunia seperti kata Firman Tuhan dalam kitab Roma 13:1,” sambung dia.

Sambutan mewakili Pemerintah Kota Manado dibawakan Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang, dimana dalam sambutannya Ia mengapresiasi para panitia penyelenggara kegiatan. 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada komisi remaja sinode GMIM, para penatua dan panitia yang telah menyelenggarakan acara ini. Ini kegiatan yang sangat positif, terutama dalam berkehidupan di keluarga kristen, dalam sekolah, dalam berjemaat bisa menjadi teladan dan contoh. Kami sangat support kegiatan ini. dari tahun ketahun semakin baik," ujar Ka Ichad panggilan akrabnya.

Sebagai bagian dari pemerintah, Ka Ichad sangat mendukung kegiatan yang menyentuh para generasi muda. 

"Pemerintah bertanggung jawab dalam minat dan bakat para generasi muda, terutama generasi muda di Manado. Semoga kegiatan ini bisa menjadi berkat bagi pemerintah, gereja dan masyarakat. Salam hormat dari Walikota Andrei Angouw, semoga sukses dan mendapatkan yang terbaik," kunci Ka Ichad. 


Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kordinatorium Rayon 2 Manado Pnt Okstesi Runtu, Pnt Marlon Lontaan, Pnt Marlon Lumansik, Pnt Marcel Ratag dan Pnt Marsel Lasut.





Berikut daftar pemenang Remaja Teladan

(Retel) GMIM Rayon Dua tahun 2024.



Remaja Teladan Cinta Lingkungan : 

Putra : Winsulangi Salindeho

Putri : Syalom Sumual


Remaja Teladan Persahabatan :

Putra : Bastian Opit

Putri : Prisilia Tampenawas


Remaja Teladan Favorit :

Putra : Given Rondonuwu

Putri : Quinsha Pioh


Remaja Teladan Berbakat :

Putra : Tehilla Mamonto 

Putri : Jezaniah Rattu


Remaja Teladan Intelegensia :

Putra : Julio Mamahit

Putri : Christania Rondonuwu


Harapan III Remaja Teladan : 

Putra : Given Rondonuwu

Putri : Emmeline Egeten


Harapan II Remaja Teladan :

Putra : Winsulangi Salindeho

Putri : Afrilia Tangkau


Harapan I Remaja Teladan :

Putra : Julio Mamahit

Putri : Clarisa Tumimomor


Wakil II Remaja Teladan : 

Putra : Lionell Sumarauw

Putri : Quinsha Pioh


Wakil I Remaja Teladan :

Putra : Richard Reiner

Putri : Christania Rondonuwu


Putra/i Remaja Teladan :

Putra : Kent Tewal

Putri : Jezaniah Rattu


*Middle*

Sabtu, 01 Juni 2024

PDIP Tetap Konsisten, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

PDIP Tetap Konsisten, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila


MANADO, CARIKABAR.ID
- DPC PDI Perjuangan Kota Manado menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-78 Tahun, di kantor DPC PDI Perjuangan kota Manado. Sabtu (01/06/2024). 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan iProvinsi Sulut yang juga sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs.Steven O.E Kandouw menyampaikan tentang Partai PDI Perjuangan yang tetap konsisten dalam menjaga Pancasila. 

"Baik di struktur, di legislatif, dan di eksekutif. PDI Perjuangan tidak pernah melihat apa latarbelakang anda, selagi memiliki perasaan untuk sama-sama membangun," kata Kandouw. 

PDI Perjuangan menurut Kandouw merupakan partai yang selalu mendukung nilai-nilai Pancasila. 

"Di PDI Perjuangan tidak melihat apa Agama Anda, tidak dilihat warna kulit Anda, tidak melihat putih atau hitam, Lurus, keriting rambut anda. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah itulah nilai-nilai yang selalu kita junjung," ujar Kandouw. 

Menariknya, hanya PDI Perjuangan satu-satunya partai di Sulawesi Utara yang menggelar upacara lahirnya Pancasila yang selalu dilakukan tiap tanggal 1 Juni. 

Upacara diikuti oleh semua DPC, PAC 11 Kecamatan, KSB ranting kelurahan, sayap partai terdiri dari TMP, BMI, Bamusi, Repdem, Baguna se-kota Manado.

*Middle*