Senin, 24 Juni 2024

Kadiscapil Erwin Kontu: Tidak Perlu Lagi Legalisir Dokumen Semua Jenjang Pendidikan

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Permintaan untuk legalisir fotokopi dokumen kependudukan meningkat tajam sebagai salah satu syarat pendaftaran siswa baru, menjelang tahun ajaran baru bagi siswa-siswi PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA atau sederajat, permintaan untuk legalisir fotokopi dokumen kependudukan meningkat tajam sebagai salah satu syarat pendaftaran siswa baru.


Padahal, pemerintah telah menerapkan kebijakan baru yang memudahkan masyarakat, yaitu tidak memerlukan legalisir dokumen kependudukan yang sudah berformat digital.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Erwin Kontu, menegaskan kembali bahwa masyarakat yang mendaftarkan diri ke sekolah di semua jenjang pendidikan tidak perlu lagi melegalisir dokumen.


“Saat penerimaan siswa baru di semua jenjang pendidikan, terkait dengan legalisir, pemerintah sudah menerapkan kebijakan yang memudahkan masyarakat,” tegas erwin. “Untuk dokumen yang sudah menggunakan QR Code/Bar Code seperti Kartu Keluarga dan Akta Lahir, tidak perlu lagi dilegalisir, karena sudah dilengkapi tanda tangan elektronik,”


“Kebijakan ini sudah diatur dalam Permendagri Nomor 104 Tahun 2019.

Kemudahan ini dapat memudahkan masyarakat Kota Manado dalam berbagai layanan publik lainnya.


(Redaksi)

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: