Selasa, 11 Juni 2024

Kredibilitas Media MP Pakai Sumber Tidak Jelas, Dipertanyakan Ketua PWI Sulut

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Berita yang beredar belum lama ini, cukup menyorot perhatian bagi pembaca masyarakat Kota Manado. 

Dimana berita di muat di salah satu media terkemuka di Sulawesi Utara dengan judul "MANADO Peringkat Tiga Miskin Ekstrim se-Sulut, AA: Pemkot Punya Data" tertanggal 9 Juni 2024. 

Namun ada yang menarik dalam isi pemberitaan itu. Salah satu narasumber yang disebutkan dalam isi berita itu yang bernama Frederik Lolong setelah ditelusuri hanyalah nama yang di buat-buat. 

"Hallo Manado Post, coba kase lengkap Frederik siapa ini?," kata Gerdi Worang dalam WhatsApp Group Sulut Hebat Bersinergi. 

Terkait dugaan narasumber fiktif, Ketua PWI Sulut, Vocke Lontaan menganjurkan agar Pemkot Manado dapat melakukan proses pada oknum tersebut, bisa dengan cara dilaporkan ke dewan pers. 

Lagi, kata Lontaan kalaupun wartawan tersebut dan medianya sudah standar dewan pers harus dilihat apakah beritanya berimbang atau tidak, kalau beritanya tidak berimbang misalnya tidak ada konfirmasi itu berarti sudah menyalahi kode etik jurnalistik dan jalannya disomasi saja tidak apa apa walaupun media besar.

"Jadi somasi menyurat ke dewan pers kalau memang ada yang merasa keberatan atas pemberitaan tersebut, " kata Lontaan. 

Lontaan menyarankan agar somasinya lewat PWI Sulut, apakah mau menyurat atau datang langsung ke dewan pers. Menurutnya lebih baik langsung saja ke dewan pers agar prosesnya lebih cepat kalau menyurat butuh waktu agak lama . "Nanti PWI Sulut buat surat rekomendasi ke dewan pers, " jelas Lontaan.


*Redaksi

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: