Senin, 03 Juni 2024

Peringatan 15 Tahun CTI-CFF, Angouw: Jaga Laut, Jangan Buang Sampah di Sungai

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kota Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara merupakan Sekretariat Wilayah CTI - CFF di kawasan Indonesia menggelar kegiatan Beach Clean Up berlokasi di pesisir pantai Karangria, Kecamatan Tuminting, Selasa (04/06/2024).


Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) pada tanggal 9 Juni 2024 genap berusia 15 tahun.



Memperingati Segitiga Terumbu Karang yang diikuti oleh enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Soloman dan Timor Leste ini mengelar sejumlah kegiatan yang bertajuk Coral Triangle Day 2024.


Hadir langsung pada kegiatan tersebut Walikota Manado Andrei Angouw yang juga didampingi oleh Executive Director CTI-CFF Regional Secretariat Dr. Frank Griffin.



Dr. Frank Griffin dalam sambutannya mengatakan, pesisir pantai terancam oleh polusi dan sampah, namun kita bisa membuat perubahan pada isu ini.


"Apa yang kita kumpulkan saat ini mungkin bukan berasal dari sini, namun berasal dari berbagai tempat karena masih banyak yang membuang sampah di sungai dan badan - badan air dan berakhir di sini," ujar Griffin.



Dengan melakukan aksi bersih Pantai ini dirinya berharap kita telah menunjukkan sikap terhadap laut dan mahluk laut yang ada di dalamnya.


"Aksi ini bukan hanya dilakukan satu kali tapi merupakan komitmen kita terus melakukan aksi laut dengan mengurangi penggunaan plastik melalui dorongan disusunnya kebijakan - kebijakan untuk perlindungan laut, mengedukasi pihak - pihak lain tentang pentingnya konservasi. Mari kita bekerjasama, bersama - sama kita melakukan perubahan, sampah bisa kita atasi," tutupnya.


Walikota Manado Andrei Angouw dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas partisipasinya pada kegiatan tersebut.

"Pesannya disini mari kita jaga laut kita, tidak membuang sampah di sungai, di saluran air, yang pada akhirnya sampah tersebut akan sampai disini, di laut," ungkap Angouw.


Walikota berharap agar masyarakat untuk bertanggung jawab pada diri masing - masing untuk menjaga lingkungan di sekitarnya.


Di kesempatan itu, Walikota berbaur bersama masyarakat dan para komunitas pecinta lingkungan melakukan bersih - bersih Pantai.


Hadir dalam kegiatan tersebut Deputy Executive Director for Corporate Servicenya Cahyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Supryatna, Kepala Dinas DPKP Kota Manado M Sofyan, Camat Tuminting Oktavianus Barahama, para Lurah serta aktivitas pecinta lingkungan.


*Middle*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: