Minggu, 21 Juli 2024

Upacara Pusdiklat Calon Paskibraka Manado 2024, Lakat: Jaga Disiplin dan Stamina Kesehatan

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Sekretaris Daerah (Sekda) Dr Micler C. S Lakat, SH. MH, bertindak selaku Inspektur Upacara membuka Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Calon Paskibraka Kota Manado tahun 2024 yang digelar di Lapangan Sparta Tikala, Senin (22/07/24).


Micler Lakat dalam arahannya mengatakan hal yang paling penting disini bagaimana menjaga disiplin dan stamina kesehatan.



Lakat juga menyampaikan beberapa arahan kepada para Calon Paskibraka yang sudah di pilih menjadi duta dan perwakilan dari sekian ribu siswa yang ada di Kota Manado untuk menjadi Paskibraka.


"Itu sebabnya banyak yang terpanggil namun hanya 60 yang terpilih, waktu kemarin saat tes awal ada 200 lebih diseleksi menjadi 100 lebih dan terakhir anda-andalah yang terpilih 60 orang," terang Lakat.



Lagi kata Lakat, saat ini harus konsentrasi penuh disamping disiplin mengikuti petunjuk para pelatih dan instruktur, juga tetap menjaga stamina dan kesehatan masing-masing.


"Yang tak kalah penting juga bagaimana soal keterbukaan dan integritas," ujar Lakat.


Terkait nanti saat hari H, Lakat yang juga adalah Sekda Kota Manado ini mengatakan saat berada di hotel makanlah yang secukupnya nanti Panitia akan disiapkan makanan, karena ada waktu sekitar 15 menit jadi harus makan yang secukupnya karena akan bertugas.


"Jadi nanti di hari H diperhatikan baik-baik hal tersebut, karena saat hari H tiba tanggal 17 malamnya jangan tidur larut, usahakan tidur paling sedikit 7 jam atau paling tidak jam 23 kalau perlu jam 22 sudah tidur," tutur Lakat.



Sebelumnya, Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kota Manado dalam laporannya mengatakan tahapan pemusatan pendidikan dan pelatihan calon Paskibraka tingkat Kota Manado tahun 2024 akan berlangsung selama 20 hari mulai 22 Juli -14 Agustus 2024.


Sedangkan pengukuhan Paskibraka Kota Manado tahun 2024  direncanakan pada 14 Agustus dan akan dilanjutkan dengan masa karantina 15-17 Agustus 2024.


Dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan pelaksana bertugas sebagai instruktur/pelatih berjumlah 15 orang yang terdiri dari unsur pemerintah Kota Manado, DPPI Kota Manado, TNI/POLRI.


"Pusdiklat ini akan diikuti oleh calon Paskibraka Kota Manado tahun 2024 yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari 30 orang putra dan 70 putri yang berasal dari 13 sekolah SMA/ SMK/MAN yang berada di wilayah Kota Manado," terangnya.


Pembina upacara Micler Lakat pada kesempatan tersebut menyematkan tanda peserta perwakilan.


Nampak hadir Asisten I julesses Ohlers, SH, Kaban Kesbangpol Conni Lantu, Sekretaris Badan Kesbangpol Rivo Koloay, dari unsur AD, TNI AU dan dari Kepolisian serta dari Purna Paskibraka.

*Middle*

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: