Kamis, 29 Agustus 2024

Walikota Angouw Terus Memantau Kondisi Masyarakat dan Infrastruktur di Tuna Wawonasa

Walikota Angouw Terus Memantau Kondisi Masyarakat dan Infrastruktur di Tuna Wawonasa


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi Kelurahan Wawonasa Kecamatan Singkil, Jumat (30/08/2024).


Seperti biasa kehadiran Walikota setiap pagi di lapangan dalam rangka melihat kondisi pemukiman dan fasilitas publik yang ada.



Walikota tibah Tuna Wawonasa disambut Camat Singkil Fadly Kasim, Lurah Wawonasa dan Ketua-Ketua Lingkungan. Hadir juga di lapangan Kadis PUPR John Suwu, Kadis Sosial Rollies Rondonuwu, Kadis Perkim Peter Eman, Dirut PD Pasar Manado Lucky Senduk, Dirum Jeffrey Salilo, Kabag Kesra Otniel Tewal, Kabag Ekonomi David Kambey, Yohanis Chris Taniowas Kepala Divisi Umum & Keuangan PDAM Wanua Wenang Manado, para Kabid Perkim dan PUPR dan pejabat teknis lainnya.



Kehadiran Wali Kota di Wawonasa disambut Warga masyarakat dan seperti biasa, sebelum beraktifitas Walikota berdiskusi beberapa hal dengan Camat, Lurah dan Ketua-Ketua Lingkungan.


Selanjutnya, Wali Kota didampingi para pejabat dan kabid Perkim Novy Poli, Kabid P. Titirlolobi dari PUPR dan Kabid lainnya menyusuri setiap lingkungan dan lorong. Dilokasi baik jalan maupun lorong terlihat sangat baik, termasuk parit dan saluran air kendati ada sebagian yang tersumbat. 



Menjadi perhatian langsung Walikota terhadap kondisi Parit dan saluran air yang tersumbat.


"Saya meminta Camat, Lurah dan Ketua Lingkungan untuk segera dibersihkan dari sedimen dan sampah-sampah. Soal fasilitas distribusi air lewat pipa-pipa PDAM cukup baik sebab tidak ada yang rusak atau bocor," kata Walikota AA.


Dalam kunjungan ini juga, Walikota singgah dibeberapa rumah warga yang terdapat orang-tua dan orang yang sakit. 


Walikota juga menemui masyarakat serta berdialog dengan pejabat teknis termasuk berdialog dengan warga yang ditemui. Di Tuna Wawonasa ini, Walikota juga melihat jalan setapak yang kondisinya sangat membahayakan warga yang berjalan kaki sebab tidak memiliki penyangga atau pegangan tangan. 


"Semua yang dilihat di lapangan tentunya dianalisis untuk pengambilan kebijakan selanjutnya," sebut Angouw.


*Middle*

AARS Terus Tuai Dukungan, Kini Datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

AARS Terus Tuai Dukungan, Kini Datang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)


MANADO, CARIKABAR.ID
- DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Manado  mendukung penuh Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan  yang mendaftarkan diri di Kantor KPU Manado pada Rabu (28/08/24).


Menurut Ketua DPC PKS Kota Manado Abu Hasan Syafii, terkait  pemilihan calon Walikota dan Wakil Wali Kota Manado, PKS Manado sendiri telah mengambil sikap untuk memberikan dukungan pada Pasangan Calon AA-RS, Abu Hasan juga menjelaskan sikap dukungan  tersebut telah di sepakati lewat mekanisme partai.

"PKS Manado sudah mengambil sikap untuk mendukung pasangan AA-RS lewat mekanisme partai  bahkan kami telah menunjuk panglima  di lapangan nanti yakni Pak Rachman Kodu kebetulan beliau baru terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Manado dapil Tuminting- Bunaken," kata Abu Hasan.


Dijelaskan juga, Abu Hasan, hasil kesepakan ini sudah di sampaikan kepada seluruh pengurus, kader  dan simpatisan partai PKS Manado.


"Kami akan All All out memenangkan pasangan AARS di kota Manado," ucapnya.


Diketahui, setelah Partai Perindo, PBB, Hanura,Gelora, Partai Umat dan kali ini datang dari PKS mendeklarasikan diri untuk memberi dukungan pada pasangan AA-RS.


(**Redaksi)

Rabu, 28 Agustus 2024

Partai Hanura Resmi Nyatakan Dukungan ke Andrei Angouw-Ricard Sualang di Pilwako Manado

Partai Hanura Resmi Nyatakan Dukungan ke Andrei Angouw-Ricard Sualang di Pilwako Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Manado telah menyatakan mendukung Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS) sebagai pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado Periode 2024-2029.



Hal ini dibuktikan dengan di serahkannya surat berbentuk formulir model B1-KWK kepada pasangan Andrei Angouw dan Richard Sualang, pada saat akan menuju ke KPU Kota Manado untuk mendaftar.



Sekretaris DPC Partai Hanura Kota Manado, Rivo Raymon Abuno mengatakan, mendukung penuh Andrei Angouw dan Richard Sualang sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2024-2029.



"Kami akan siap menangkan AARS sebagai walikota dan wakil walikota, untuk Manado maju dan sejahtra. Intinya partai Hanura kota Manado akan mengerahkan semua kader untuk memenangkan AARS pada Pilwako 29 November 2024 nanti," kata Rivo.



Dikatakannya juga, kepemimpinan AARS yang di usung PDI Perjuangan, selama 3 tahun telah memberikan banyak perubahan di kota Manado.



"Kami sangat mengapresiasi pembangunan infrastruktur, dan pengembangan UMKM yang masif yang dilakukan pasangan AARS dalam kepemimpinan sampai saat ini," ucap Rivo.



Sementara itu, Gland Langi sebagai salah satu pengurus DPD Partai Hanura Sulawesi Utara  berharap juga, dengan banyak kemajuan dan perubahan di kota Manado termasuk Toleransi antar umat beragama dan pelestarian budaya di Kota Manado.



"Karena itu, marilah bersatu kita menangkan Andrei Angouw dan Richard Sualang sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2024-2029," kata  Gland saat mendampingi DPC Hanura menyerahkan surat bentuk dukungan di panggung orasi Lapangan Sparta Tikala, Rabu (28/08/2024).



*Middle*


Selasa, 27 Agustus 2024

Manado Lautan Merah, Ribuan Massa Hentar Pasangan Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) Mendaftar di KPU

Manado Lautan Merah, Ribuan Massa Hentar Pasangan Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) Mendaftar di KPU


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) resmi mendaftar ke KPU Kota Manado, Rabu (28/08/2024).


Terlihat keduanya kompak mengenakan kemeja warna putih lengan panjang di dampingi istri masing-masing, di kawal ribuan massa simpatisan, relawan dan kader partai moncong putih.



Bak lautan berwarna merah, pendukung AARS mengantarkan calon dari PDI Perjuangan dengan berjalan kaki dari lapangan Sparta Tikala.


Sementara itu, digelaran konferensi pers, Angouw sampaikan kalau mereka hadir mendaftar di KPU Manado untuk pencalonan Walikota dan Wakil Walikota 2024-2029


“Kami berharap, dukungan dan doa dari masyarakat agar semua bisa berjalan lancar terutama agar proses demokrasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Angouw.


Menariknya, ketika hadir mendaftar, terdapat iring-iringan budaya yang itu disampaikan sebagai bentuk parade budaya.


Angouw menyebutkan pula, kalau parade itu bagian promosi budaya dari keberagaman adat, sebagai cita-cita pendiri bangsa Indonesia


Tak lupa keduanya berterima kasih ke KPU Manado yang sudah menerima mereka dengan baik.


"Selepas pendataran ini kami pasti kembali bekerja sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado sekarang," pungkasnya. 


Iring-iringan seusai itu, langsung menuju Lapangan Sparta Tikala mensyukuri proses pendaftaran yang sudah terlaksana dengan baik dan lancar.


Sebelumnya diberitakan, sejumlah partai Perindo dan PBB yang telah menyatakan dukungan mereka kepada AARS dengan menyerahkan formulir B1KWK.


Adapun informasi yang beredar bahwa partai Hanura, Partai Gelora dan Partai Ummat, akan menyatakan dukungan kepada AARS. 


"Iya untuk Perindo dan PBB sudah menyerahkan formulir B1KWK untuk mendukung Andrei Angouw dan Richard Sualang pada pemilihan walikota nanti," kata sekretaris DPC PDI Perjuangan, Jeffry Polii SH, Selasa (27/08/2024). 


Polli tak menampik, dukungan kepada AARS terus mengalir dikarenakan calon incumbent ini telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam membangun Kota Manado. 


"Hanura, Partai Ummat dan Gelora sedang dalam proses untuk memberikan dukungan kepada AARS. Hal ini patut kita syukuri dan kita hormati, terima kasih banyak atas kepercayaannya, kita sama-sama mendukung dan bekerja untuk kemenangan AARS," jelas Polii.


(Middle)


Arus Dukungan Terus Mengalir Jelang AARS Mendaftar Besok Hari

Arus Dukungan Terus Mengalir Jelang AARS Mendaftar Besok Hari


MANADO, CARIKABAR.ID
- Bakal calon walikota dan wakil walikota Manado, Andrei Angouw (AA) dan dr. Richard Sualang (RS) rupanya mempunyai magnet tersendiri bagi partai lain. 


Buktinya, menjelang pendaftaran ke KPUD Manado Rabu (28/8) besok hari, sejumlah partai memberikan dukungannya untuk memenangkan AARS pada konstelasi pemilihan walikota dan wakil walikota pada November nanti. 


Sebut saja partai Perindo dan PBB yang telah menyatakan dukungan mereka kepada AARS dengan menyerahkan formulir B1KWK.


Adapun informasi yang beredar bahwa partai Hanura, Partai Gelora dan Partai Ummat, akan menyatakan dukungan kepada AARS. 


"Iya untuk Perindo dan PBB sudah menyerahkan formulir B1KWK untuk mendukung Andrei Angouw dan Richard Sualang pada pemilihan walikota nanti," kata sekretaris DPC PDI Perjuangan, Jeffry Polii, Selasa (27/08/2024). 


Polii tak menampik, dukungan kepada AARS terus mengalir dikarenakan calon incumbent ini telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam membangun Kota Manado. 


"Hanura, Partai Ummat dan Gelora sedang dalam proses untuk memberikan dukungan kepada AARS. Hal ini patut kita syukuri dan kita hormati, terima kasih banyak atas kepercayaannya, kita sama-sama mendukung dan bekerja untuk kemenangan AARS," tutup Topa, sebutan akrabnya.


Sementara itu dari informasi yang diterima media, AARS dan pendukung akan mengambil titik kumpul di lapangan Tikala mulai pukul 07.30 yang akan diawali doa bersama oleh tokoh lintas agama, kemudian berjalan menuju kantor KPU Manado dengan kirab budaya. 


Usai mendaftar kedua pasangan ini akan kembali ke lapangan Tikala untuk menyampaikan pidato politik dihadapan para pendukungnya.


*Middle*

Pasangan Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) Didukung Partai Perindo

Pasangan Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) Didukung Partai Perindo


MANADO, CARIKABAR.ID
- Andrei Angouw bersama dr. Richard Sualang mengunjungi Kantor Sekretariat Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di Kompleks Stadion Klabat Ranotana Manado, Selasa (27/08/2024).


Kehadiran AARS di Sekretariat Perindo adalah untuk menerima B1KWK dari DPP Partai Perindo untuk pencalonan AARS pada Pilkada Manado  27 November mendatang.



Seperti diketahui, B1 KWK adalah salah satu surat penting dalam proses pencalonan kepala daerah di Indonesia.


Surat ini merupakan rekomendasi dari partai politik yang menyatakan dukungan resmi mereka kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati, gubernur dan wakil gubernur, atau wali kota dan wakil wali kota. Tanpa surat B1 KWK, pasangan calon tidak bisa mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk ikut serta dalam pemilihan.



Partai Perindo Manado dalam hal ini ikut berpartisipasi dalam Pilkada Kota Manado sebagai pendukung dalam pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang diusung oleh PDI Perjuangan yakni Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang.


Setelah doa pembukaan disampaikan sambutan oleh Ketua DPD Perindo Kota Manado Rivani Parasan yang memberikan gambaran mengapa ikut bersama PDI Perjuangan dalam pencalonan AARS pada Pilkada Manado.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian DPP Partai Perindo oleh Tama S. Langkun yang memberikan gambaran umum kenapa Partai Perindo mendukung pencalonan AARS pada pilkada di Kota Manado. 



Selesai sambutan acara dilanjutkan dengan penyerahan B1KWK oleh Ketua DPW Partai Perindo Sulut Jacklyn Koloay didampingi DPP kepada AARS.


"Semua pengurus struktur partai, anggota, simpatisan dan segalah sumberdaya partai dikerahkan untuk mendukung sepenuhnya pencalonan AARS dalam Pilkada 27 November 2024," ucap Koloay. 


Andrei Angouw ketika diberikan kesempatan menyampaikan sambutan berterima-kasih atas kepercayaan ini sebagai amanah sehingga harus diperjuangkan agar mampu memenangkan pertarungan politik. 


"Kami juga berharap kerjasama antar kedua partai dapat berjalan dengan baik, bahkan siap menerima masukan Perindo untuk jalannya pemerintahan supaya dapat bersama-sama mensejahterakan masyarakat Kota Manado," kata Angouw yang adalah Walikota Manado.


Acara diakhiri dengan foto bersama AARS dengan jajaran pengurus Partai Perindo, baik dari DPP, DPW Sulut dan DPD Manado.


Hadir dalam acara ini Pengurus DPP Perindo Tama S. Langkun, Ketua DPW Perindo Sulut Jacklyn Koloay, Ketua DPD Perindo Manado Revani Parasan, Pengurus Perindo Sulut dan Manado, beberapa Pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Manado.



*Middle*

Struktur Pengurus DPC PDIP Manado Berubah Jelang Pilkada

Struktur Pengurus DPC PDIP Manado Berubah Jelang Pilkada


MANADO, CARIKABAR.ID
- Postur organisasi, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Manado berubah, menjelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado.


Ketua Umum Megawati Soekarnoputri masih mempercayakan dr. Richard Sualang sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado. 


Namun di bagian sekretaris terjadi perubahan. Sebelumnya, posisi sekretaris dijabat oleh Alm. Tonny Rawung, saat ini posisi strategis itu dipegang oleh Jeffry Polii (Topa). 


Topa yang sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua itu mengatakan akan siap menjalankan tugas yang sudah diemban, sambil memohon kerja sama yang baik antar pengurus partai. 


"Tentunya saya siap menjalankan tugas, dan mohon bantuan kawan-kawan se perjuangan dan rekan-rekan media untuk bisa bersinergi dengan kami. Ini semua dalam rangka untuk terus membesarkan nama PDI Perjuangan di Kota Manado," kata Topa, Selasa (27/08/2024). 


Topa juga mengharapkan kerja sama yang baik antar petugas partai dalam rangka memenangkan AARS di konstelasi pilkada November nanti. 


"Banyak tahapan dan tugas menanti tetap fokus membesarkan partai. Kepada para petugas partai dari ranting, anak ranting sampai DPC kiranya kita bisa bersama-sama bekerja, bergotong-royong, bahu membahu menangkan Andrei Angouw - dr. Richard Sualang dan Steven Kandouw - Letjen Denny Tuejeh sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara pada November nanti. Satukan hati, bekerja, pasti kita menang, merdeka!!," tutupnya. 


(**Mid)

Senin, 26 Agustus 2024

Pastikan Proyek Infrastruktur Baik, Wali Kota Turlap di Kelurahan Perkamil

Pastikan Proyek Infrastruktur Baik, Wali Kota Turlap di Kelurahan Perkamil


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan peninjauan lapangan melihat berbagai fasilitas kota yang sedang dikerjakan, Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Jalan Lengkong Wuaya Perkamil, Senin (26/08/2024).


Wali Kota berdialog dengan warga sekitar tentang kondisi lingkungan, keadaan drainase dan saluran air serta dampak yang ditimbulkan jika hujan lebat. 



Dari masukan warga ini tentunya akan dianalisis untuk dijadikan bahan kajian dalam rangka pengambilan kebijakan selanjutnya.


Selesai dari Jalan Lengkong Wuaya  Wali Kota dan Tim menuju Jalan Nusantara Kompleks Pasar Bersehati Manado. Jalan Nusantara ini merupakan jalan atau jalur keluar dari Pasar Bersehati. Di lokasi ini sedang ditata pedestrian untuk pejalan kaki sekaligus menjadi lokasi tempat istirahat warga.



Dari jalan Nusantara Wali Kota menuju Kampung Islam Tuminting melihat perbaikan drainase dan saluran air. Di lokasi ini, setingan drainase untuk mengurai debet air jika hujan lebat sedang dilakukan. Secara teknis perbaikan infrastruktur disini adalah pelebaran drainase dan saluran air yang dibuat lebih dalam agar dapat meminimalisir ancaman banjir jika hujan berkepanjangan datang. 



Sebelumnya lokasi ini menjadi langganan banjir sebab debet air yang besar tidak mendapat jalan keluarnya sehingga sering menggenangi pemukiman warga dan jalan-jalan.


Antisipasi untuk tidak membuang sampah sembarangan di saluran air juga menjadi konsentrasi Walikota yang meminta aparat kelurahan dan ketua-ketua lingkungan untuk disosialisasikan kepada masyarakat. 



Harapan Walikota, harus ada pesan dan motivasi kepada warga bahwa membuang sampah sembarangan apalagi membuangnya disaluran air akan berakibat fatal dan merugikan masyarakat itu sendiri.


Dalam kunjungan Walikota itu, didampingi Kadis PUPR John Suwu, Lurah Perkamil dan aparat Kelurahan serta Ketua lingkungan melihat perbaikan drainase dan saluran air.


*Middle*

Kamis, 22 Agustus 2024

Untuk Manado, Duet Angouw-Sualang (AARS) Sangat Siap Mendaftar

Untuk Manado, Duet Angouw-Sualang (AARS) Sangat Siap Mendaftar


MANADO, CARIKABAR.ID
-  Andrei Angouw (AA) dan dr. Richard Sualang (RS) rupanya bakal menjadi calon yang paling siap dalam pertarungan pemilihan walikota dan wakil walikota Manado pada November nanti. 


Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan Richard Sualang saat ditemui awak media di kantor walikota, pada Kamis (22/08/2024). 


Wakil Walikota ini menyatakan, AARS akan mendaftarkan diri pada KPU pada 27 Agustus nanti, atau di hari pertama tahapan pendaftaran calon kepala daerah. 


"Kita (AARS) akan mendaftarkan diri ke KPU Kota Manado 27 Agustus nanti, atau pada hari pertama dibukanya pendaftaran di KPU," kata ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Manado ini. 


Diungkapkannya, dirinya dan Andrei Angouw tengah mempersiapkan berkas yang diperlukan dalam rangka pendaftaran calon kepala daerah. 


"Dalam rangka persiapan pendaftaran kami sudah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan nanti, pengesahan dalam pengadilan, SKCK," bebernya.


Sualang pun membeberkan alasan AARS mendaftarkan diri pada hari pertama di KPU. 


"Ya kan kita masih menjabat juga, supaya langsung bekerja lagi," ucapnya singkat.


(**/Mid)

Cek Infrastruktur di Batusaiki Molas Walikota Angouw Temui Warga yang Sakit dan Orang-Orang Tua

Cek Infrastruktur di Batusaiki Molas Walikota Angouw Temui Warga yang Sakit dan Orang-Orang Tua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota mengunjungi Kelurahan Molas Kecamatan Bunaken, tepat nya Di Batusaiki Molas Walikota Angouw Temui Warga yang Sakit dan Orang-Orang Tua Batusaiki. Di Batusaiki Wali Kota berjalan kaki menyusuri lorong-lorong dan gang melihat kondisi pemukiman warga sekaligus melihat berbagai infrastruktur Kota, Kamis (22/08/2024).



Di lapangan Wali Kota dan tim melihat jalan paving yang sebagian besar sudah tersedia dengan baik, kondisi drainase dan saluran air yang tersumbat supaya dibersihkan, titik tertentu yang akan dipasang lampu jalan dan fasilitas lainnya.


Wali Kota juga ketemu dengan warga yang sedang sakit, orang-orang tua sambil menanyakan keadaan mereka.



Warga sangat bahagia bisa bertemu dan berdialog dengan Walikota. Walikota mendengarkan berbagai keluhan warga, unek-unek dan keinginan warga yang sebagian besar berkaitan dengan kondisi lingkungan mereka supaya tersedia fasilitas memadai seperti jalan setapak yang baik, saluran air dan lampu jalan.



Bagi Walikota kunjungan lapangan seperti ini untuk memastikan bahwa program pemerintah khususnya perbaikan infrastruktur sudah berjalan dengan baik sambil melihat kendala dan masalah yang ada untuk dianalisis agar bisa diambil kebijakan selanjutnya.


Di lapangan juga, Walikota dapat merekam aspirasi dan keinginan warga untuk disesuaikan dengan program pembangunan yang ada. 



Inilah kepekaan Walikota dalam mengkolaborasi perencanaan, program dan aspirasi masyarakat menjadi suatu kebijakan dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kota Manado.


Hadir dilapangan Kadis Perkim Peter Eman, Kadis Sosial Rollies Rondonuwu, Dirut PD Pasar Lucky Senduk, Anggota DPRD Manado Elryc Mosal, Camat Bunaken Boy Pandean, Staf Khusus Wali Kota Janni Kopalit dkk, Kabid Perkim Novy Ponto, pejabat teknis lainny, Kabag Kesra Otniel Tewal dan Kabag Ekonomi David Kambey, Lurah Bailang dan para Ketua-Ketua Lingkungan, Ketua BKSAUA Manado Pdt. Judi Tunari M. Teol, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan staf pribadi Walikota Paulus A. Sembel.


*Middle*

Rabu, 21 Agustus 2024

Wali Kota Cek Infrastruktur di Karame dan Sempatkan Kunjungi Pasar Murah dan Vaksin Polio

Wali Kota Cek Infrastruktur di Karame dan Sempatkan Kunjungi Pasar Murah dan Vaksin Polio


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw kembali melihat infrastruktur Kota dan kali ini menuju Kelurahan Karame Kecamatan Singkil, Rabu (22/08/2024).


Dalam kunjungan itu, Wali Kota mampir di Pasar Murah serta melihat penetesan vaksin Polio kepada anak-anak. 



Wali kota dan tim langsung berjalan kaki menyusuri lorong dan gang melihat berbagai fasilitas kota mulai dari kondisi pemukiman, jalan setapak paving, gorong-gorong, drainase dan saluran air, lampu jalan dan lain-lain.



Seperti biasanya Wali Kota didampingi Kabid Perkim Novy Ponto menyusuri beberapa lorong dan gang melihat situasi pemukiman, melihat parit dan saluran air apakah berfungsi dengan baik atau tidak.



Parit dan saluran air yang tersumbat terutama adanya sampah disitu langsung menjadi perhatian Wali Kota. 


Bagi Wali kota hal-hal seperti ini harus menjadi perhatian bersama baik pemerintah sampai ketingkat lingkungan dan juga masyarakat.


"Semua ini sebagai antisipasi awal jika hujan lebat agar kita semua terhindar dari ancaman banjir karena air tidak bisa lagi mengaliri sungai, parit dan saluran-saluran air karena tersumbat dengan sampah,"kata Wali Kota.



Lokasi ditemui banyaknya sampah di gorong-gorong dan saluran air. Beberapa mata lampu dilingkungan VI juga tidak menyala sudah cukup lama. 


Di lokasi ini rawan kamtibmas sebab sering terjadi keributan sebab tempat berkumpulnya anak muda. Wali Kota meminta hal ini untuk diperhatikan dan aparat baik Ketua Lingkungan, Lurah hingga Camat selalu berkoordinasi agar masalah yang muncul cepat diantisipasi.


Dalam survei lapangan yang dilakukan Wali Kota dan tim, masalah seperti ini selalu ditemui di lapangan sehingga perlu kepekaan dari warga kalau bicara soal sampah untuk tidak membuangnya sembarangan, apalagi membuangnya di parit dan saluran-saluran air.


Selain melihat infrastruktur yang ada, Wali Kota juga berdialog dengan warga yang ada di lapangan. Ketika ketemu dengan warga apalagi warga yang sudah tua, Wali Kota selalu menanyakan keadaan mereka dan berharap jaga kesehatan dan tetap semangat.


Setelah berjalan kaki melihat kondisi pemukiman dan lingkungan, Wali Kota menyusuri bantaran sungai menuju Rusunawa Karame untuk melihat keadaan Rusunawa sekaligus berdialog dengan warga yang tinggal disitu.


Warga bahagia melihat kehadiran Wali Kota di lokasi mereka dan selalu menyapa, bahkan antusias mengajak berfoto dengan Wali Kota.


Kegiatan temu warga Wali Kota serta melihat kondisi pemukiman dan infrastruktur kota ini dimaksudkan untuk menganalisis permasalahan pembangunan dan sosial kemasyarakatan agar dapat dikaji untuk pembuatan program selanjutnya ke depan.


Hadir dalam kunjungan lapangan Wali Kota, Kadis Sosial Rollies Rondonuwu, Dirut PD Pasar Manado Lucky Senduk, Banwas PD Pasar Novie Lumowa dan pimpinan PD Pasar lainnya, Kabag Ekonomi David Kambey, Kabag Kesra Otniel Tewal, Camat Singkil Fadly Kasim, Ketua BKSAUA Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat, Staf Wali Kota Drs. Paulus Adrian Sembel MAP, Lurah Karame, Lurah Ketang Baru, dan para Ketua-Ketua Lingkungan. 


*Middle*

Selasa, 20 Agustus 2024

Pemkot Miyako Jepang Lakukan Kerjasama dengan Pemkot Manado

Pemkot Miyako Jepang Lakukan Kerjasama dengan Pemkot Manado



MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima kunjungan Wali Kota Miyako Jepang Masanori Yamamoto dan rombongan dalam rangka Penandatanganan Letter Of Intent (LOI) Antara Pemerintah Kota Miyako Jepang dan Pemerintah Kota Manado Indonesia, Rabu (21/08/2024).


Rombongan Walikota Miyako dan rombongan disambut Wali Kota Manado diruang kerjanya. 



Di ruang kerjanya, Walikota Miyako menceritakan bahwa sejak di Bandara sampai pada penginapan merasa senang dan bahagia sebab mendapat penyambutan yang luar biasa. 



Walikota Miyako juga melihat Kota Manado sangat indah dan maju pesat serta makanannya enak-enak. Walikota Miyako dan rombongan menceritakan ketika mereka makan Tinutuan (bubur Manado) dan nasi jahe (nasi jaha) yang enak sekali.



Selesai salam perkenalan dan cerita singkat, Walikota Miyako dan rombongan diajak Walikota Manado menuju ruang Toar Lumimuut untuk pelaksanaan Penandatanganan Letter Of Intent (LOI) Antara Pemerintah Kota Miyako Jepang dan Pemerintah Kota Manado Indonesia.


Setelah acara pembukaan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Kebangsaan Jepang, langsung dilaksanakan Penandatanganan Letter Of Intent (LOI) Antara Pemerintah Kota Miyako Jepang dan Pemerintah Kota Manado Indonesia.



Wali Kota Manado dalam sambutannya yang langsung di translate kedalam Bahasa Jepang oleh penterjemah, pertama-tama berterima kasih atas kedatangan Wali Kota Miyako ke Manado. 


"Saya berharap bisa menikmati kota Manado dan membawa kesan yang baik untuk Manado. Saya juga mengapresiasi atas penandatanganan LOI ini dan berharap apa yang kita sepakati bersama ini secepatnya ditindaklanjuti," kata Wali Kota Manado. 


Walikota juga berharap agar tenaga kerja dari Manado bisa berkontribusi positif di Miyako serta mereka di sana bisa dijaga dan diperhatikan oleh pemerintah Kota Miyako. Demikian ketika mereka selesai bekerja di sana bisa kembali ke Manado dengan pengalaman kerja dan keahlian yang lebih baik, terutama budaya bersih dan semangat kerja yang tinggi yang didapat di Miyako


Wali Kota Miyako Mr. Masanori Yamamoto dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih atas penandatanganan LOI antara Miyako Jepang dan Manado Indonesia.


"Kota Miyako banyak pekerja Indonesia termasuk dari Manado yang dari tahun ke tahun semakin meningkat," kata Yamamoto.  


Bagi Yamamoto yakin penandatanganan hari ini akan membangun kerjasama yang baik bagi pengembangan kedua kota ini. Dia juga bersedia menjawab harapan Walikota Manado untuk memperhatikan fasilitas pekerja dari Manado serta perlindungan tenaga kerja akan dilakukan dengan baik. 


Bahkan bagi Walikota Miyako, Penandatanganan ini bukan hanya di bidang tenaga kerja tetapi akan berlanjut juga diberbagai bidang termasuk di bidang pariwisata, ekonomi dan lainnya untuk Miyako dan Manado. 


Saya juga berharap agar Walikota Manado berkunjung ke Miyako. Saya berharap hubungan persahabatan ini terus lebih erat bagi kedua Kota ini.


Selesai sambutan Walikota Miyako, acara dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata antara Walikota Manado dan Walikota Miyako didampingi Ketua DPRD masing-masing.


Dalam konferensi pers Walikota Miyako sangat senang atas sambutan yang diberikan dan mengapresiasi kerjasama ini bukan hanya di bidang tenaga kerja tapi lebih luas untuk hal-hal lain seperti pariwisata dan masalah ekonomi. 


Soal pendapatnya tentang kondisi Kota Manado, Yamamoto mengatakan bahwa sangat baik perkembangannya dan warganya sangat ramah bahkan karakter orang Manado sama dengan warga Jepang pada umumnya, kata Yamamoto.


Dalam kunjungan ini, Wali Kota Miyako didampingi Ketua DPRD Miyako, Sekretaris Kota Miyako, pejabat lainnya serta unsur pengusaha. Sementara Walikota Manado didampingi Ketua DPRD Dra. Altje Dondokambey M.Kes,Apt., Sekot Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, kepala SKPD dan seluruh Camat se Kota Manado.


*Middle*

KKN UGM di Manado, Angouw: Semoga Kota Manado dan Pulau Bunaken ada di Hati Anda

KKN UGM di Manado, Angouw: Semoga Kota Manado dan Pulau Bunaken ada di Hati Anda


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw menerima adik-adik Mahasiswa KKN UGM di Aula serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Selasa (20/07/2024).



Mahasiswa KKN UGM ini telah melaksanakan KKN selama 50 hari di Kecamatan Bunaken Kepulauan Kota Manado. Acara ini adalah penyampaian  Laporan Hasil Kegiatan KKN-PPM UGM Seri Bunaken Periode II Tahun 2024 Universitas Gajah Mada.


" Terima kasih, Mahasiswa KKN UGM sebab sudah memilih dan melaksanakan KKN di Kota Manado khususnya di Kecamatan Bunaken Kepulauan," kata Walikota Angouw.



Wali kota berharap ada rekomendasi-rekomendasi yang bisa diberikan kepada pemerintah Kota Manado.


"Semoga Kota Manado dan Pulau Bunaken ada di hati adik-adik sekalian," Kunci Wali Kota.



Acara dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dari Ketua Tim KKN kepada Wali Kota dan sebaliknya dari Wali Kota kepada perwakilan KKN.


Pada Kegiatan ini Wali Kota didampingi oleh Camat Kepulauan Bunaken Imanuel Mandak S.H. Acara diakhiri dengan foto bersama adik-adik Mahasiswa KKN UGM.


*Middle*

Minggu, 18 Agustus 2024

Semarak HUT RI ke 79, Bunda Irene Angouw-Pinontoan lkut Lomba Makan Kerupuk

Semarak HUT RI ke 79, Bunda Irene Angouw-Pinontoan lkut Lomba Makan Kerupuk


MANADO, CARIKABAR.ID
- Semarak HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke- 97 dirayakan seluruh warga Indonesia tak terkecuali di Kota Manado.


Seperti yang terpantau Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ny. Irene Golda Angouw  Pinontoan (IGP) merayakan HUT RI bersama ibu- ibu yang tergabung dalam wadah komunitas Sahabat Bunda dan Lovely moms pada munggu (18/08/24) di Teras Sparta Manado.



Nampak Istri tercinta Walikota Andrei Angouw (AA) ikut bermain dalam lomba makan kerupuk bersama ibu-ibu komunitas. IGP terlihat begitu semangat melahap kerupuk yang tergantung sambil di iringi lagu hari merdeka yang di bawakan grup  band coklat.


Menurut IGP sendiri dalam rangka merayakan HUT RI ke-97 saya melihat hampir disetiap tempat masyarakat kota Manado dengan senang hati mengadakan  kegiatan termasuk lomba, yang sudah menjadi tradisi di negara kita yang maknanya untuk  menjaga kekompakan  silaturahmi, serta melestarikan budaya yang ada.



Di tempat yang sama Ketua komunitas Susan Basuki mengatakan, tradisi lomba seperti ini hampir setiap tahun kita adakan di setiap perayaan 17 Agustus, baik itu lomba Balon Dangdut, makan kerupuk, lomba lagu perjuangan, lomba busana Merah Putih, berebut kursi, memisahkan air, lari bebek dengan berbagi hadiah menarik.



Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Pertanian,Kelautan dan Perikanan Kota Manado, M Sofian, Ketua Hijaber Sulut Fauzia  Stelah Paja, Ketua MT.Nurul Syifa, Nona Paransa.


(**/Middle)

Warga Senang dan Berdialog Langsung dengan Walikota Angouw Saat Kunjungi Pemukiman Titiwungen,

Warga Senang dan Berdialog Langsung dengan Walikota Angouw Saat Kunjungi Pemukiman Titiwungen,


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw mengunjungi Kelurahan Titiwungen Kecamatan Sario, Senin (19/08/2024).


Wali Kota  didampingi Kabid Perkim Novy Ponto, usai sarapan pagi bersama masyarakat, langsung menyusuri pemukiman dan menyusuri hampir semua lingkungan yang ada di Kelurahan Titiwungen ini.



Di lokasi, Wali Kota melihat kondisi pemukiman warga, keluar masuk gang dan sesekali berdialog dengan warga yang ditemui. 



Masyarakat terlihat senang melihat  Wali Kota yang menyapa orang-orang tua lanjut usia bertanya keadaan mereka termasuk yang lagi sakit, mereka senang dan bahagia disapa Wali Kota dan diajak bercerita. 



Wali Kota berpesan kepada orang-orang tua yang ditemui agar tetap semangat dan jaga kesehatan. Warga antusias memanfaatkan kunjungan Wali Kota ini untuk meminta pak wali kota berfoto dengan mereka.



Sambil berjalan kaki memasuki lorong-lorong yang ada, Wali Kota juga melihat kebersihan lingkungan dan rumah warga. Konsisi parit dan saluran air yang tersumbat atau sampah-sampah yang berserakan di parit dan saluran air mendapat perhatian serius dari Wali Kota. 



Dari amatan di lapangan ini, Wali Kota langsung cros cek dengan Ketua Lingkungan sekaligus meminta penjelasan apabila ada hal-hal yang ingin diketahui Wali Kota. Wali Kota berharap agar hal ini menjadi perhatian setiap Ketua Lingkungan karena semua ini demi kenyamanan warga, juga meminimalisir adanya ancaman terhadap kesehatan warga karena lingkungan kotor.



Hal lain yang ikut dicek walikota adalah lampu penerangan yang ada di lorong dan gang-gang apakah berfungsi dengan baik atau tidak.


Hasil amatan di lapangan ini tentunya menjadi bahan untuk dianalisis dan selanjutnya dijadikan bahan untuk pengambilan kebijakan dikemudian hari. Wali kota berharap, apa yang ditemui di lapangan menjadi perhatian bersama baik dari warga sendiri, ketua-ketua lingkungan, Lurah, Camat dan instansi teknis di Pemerintah Kota yang berkenaan dengan hal tersebut.


Hadir dalam kunjungan Wali Kota Manado di Titiwungen ini, Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt. Judi Tunari M.Teol, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Anggota DPRD Kota Manado Venny Nangka, Dirut PD Pasar Manado Lucky Senduk, Kabag Umum Yanti Mongkauw, Kabag Ekonomi David Kambey, Kabag Kesra Otniel Tewal, Camat Sario, Para Lurah Se Kecamatan Sario serta Ketua-Ketua Lingkungan dari Kelurahan Titiwungen.


*Middle*

Jumat, 16 Agustus 2024

Sambut HUT ke-79 RI, Walikota & Wakil Walikota Manado Ziarah di TMP Kairagi

Sambut HUT ke-79 RI, Walikota & Wakil Walikota Manado Ziarah di TMP Kairagi


MANADO, CARIKABAR.ID
- Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw bersama dr. Richard Sualang  Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Jumat (16/08/2024).



Kegiatan ini merupakan Ziarah Nasional Memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan R.I dan Walikota bertindak sebagai Pimpinan Ziarah/Inspektur Upacara.



Dalam acara awal, setelah laporan dan hening cipta, Walikota sebagai Pemimpin ziarah melakukan peletakan karangan bunga di Monumen TMP dilanjutkan dengan Doa Ziarah.


Setelah acara pembukaan dilaksanakan penaburan bunga oleh pemimpin upacara diikuti para peserta upacara. Walikota melakukan tabur bunga di pusara Kolonel (Purn) Frans W. Kapojos yang merupakan Opa dari Ibu Walikota Irene Pinontoan serta pusara-pusara lainnya.



Kegiatan terakhir adalah Walikota dan Wakil Walikota Manado, Ketua DPRD Manado, Forkopimda Manado, Sekretaris Kota, Kepala SKPD dan pejabat lainnya melaksanakan sesi foto bersama di Monumen TMP. Sebelum beranjak keluar dari TMP, Walikota sebagai pemimpin ziarah menandatangani Buku Tamu.


Hadir pada Upacara Ziarah ini Ketua DPRD Kota Manado Ibu Dra. Aaltje Dondokambey M Kes.,Apt., Sekretaris Pemerintah Kota Manado Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, Forkopimda Kota Manado, Anggota DPRD Kota Manado., pejabat TNI Polri, kepala SKPD, Kabag Setda Kota Manado, Camat se-Kota Manado dan pejabat eselon Kota Manado lainnya.


*Middle*