Senin, 12 Agustus 2024

Program JKN, Masyarakat Terjamin dan Merasa Terlundungi

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjamin semua masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan terjangkau tanpa khawatir tentang biaya yang tinggi. Kesehatan merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan pemerintah. Dengan capaian Universal Health Coverage (UHC), seluruh masyarakat terjamin dalam Program JKN, sehingga masyarakat merasa terlindungi.


Syully Tambayong (59), seorang peserta aktif JKN dari Kelurahan Batu Kota, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, merasakan manfaat dari Program JKN. Saat ditemui di daerah Batukota Lingkungan II pada Rabu (07/08), Syully menyampaikan bahwa dengan adanya Program JKN, akses dirinya dan keluarga untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah. Mereka tidak lagi merasa khawatir jika ada masalah kesehatan karena BPJS Kesehatan selalu siap membantu, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil.


Sebelum adanya Program JKN, Syully merasa tertekan oleh biaya pengobatan yang tinggi. Kini, dengan penjaminan dari JKN, ia merasa lebih tenang untuk melakukan pengecekan kesehatan tanpa harus memikirkan biaya. Program JKN tidak hanya membantu dalam hal pembiayaan, tetapi juga memberikan rasa aman dan kepastian bahwa ia mendapatkan perawatan yang sesuai.


Syully juga menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah yang telah mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN. Ia mengatakan bahwa dirinya bisa langsung ke fasilitas kesehatan tanpa takut biaya yang harus dikeluarkan.


"Ini benar-benar meringankan beban kami sebagai masyarakat karena membantu pengobatan ketika sakit. Program JKN dari BPJS Kesehatan sangat membantu banyak orang, memastikan tidak ada yang terpinggirkan dari akses layanan kesehatan yang penting untuk hidup sehat," ujarnya.


Ia menyadari bahwa Program JKN sangat membantu meringankan beban biaya kesehatan masyarakat, meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, dan memastikan bahwa semua orang, termasuk dirinya yang kurang mampu, mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan. Menurutnya, predikat UHC dalam Program JKN sangat penting, terutama di daerah dengan akses terbatas dan pendapatan rendah, karena memberikan jaminan kesehatan yang komprehensif bagi seluruh warga tanpa memandang status ekonomi.


"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan dan membantu mendaftarkan masyarakat di berbagai daerah. Melalui Program JKN, saya memperoleh semangat dan harapan untuk kembali menjalani aktivitas rutin saya sehari-hari. Pencapaian UHC dalam Program JKN sangat penting, karena dengan adanya pemerataan jaminan sosial, seluruh masyarakat dapat merasakan jaminan kesehatan," tambahnya.


Syully berharap agar Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dapat terus berlanjut dan berkembang sehingga dapat membantu masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan dalam hal jaminan kesehatan.


"Saya sangat berterima kasih dengan adanya program JKN yang memberikan layanan medis berkualitas tanpa biaya yang memberatkan. Program ini juga sangat membantu saya dan keluarga dalam mendapatkan perawatan medis yang kami butuhkan. Dengan adanya program ini, kami merasa lebih tenang karena adanya jaminan kesehatan. Dengan Gotong Royong Semua Tertolong, program JKN dapat berjalan dengan baik untuk Indonesia yang lebih sehat," tutupnya.


Dalam upaya mencapai pemerataan JKN ke seluruh lapisan masyarakat, penting untuk terus memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, penyedia layanan kesehatan, dan masyarakat. Dengan langkah-langkah seperti subsidi bagi yang kurang mampu, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan, edukasi yang berkelanjutan, serta dukungan lokal yang kuat, kita bisa mewujudkan sistem kesehatan yang inklusif dan merata. Selain itu, program JKN ini juga berhasil menciptakan rasa aman dan kepastian bagi setiap warganya, terutama mereka yang berasal dari kelompok rentan dan kurang mampu.

(*/Redaksi)

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: