Selasa, 17 September 2024

Terkait Demo, Dirut PD Pasar Lucky Senduk: Sudah 2 Tahun Beroperasi Kenapa Baru Keberatan, Apakah Karena Menjelang Pilkada

Terkait Demo, Dirut PD Pasar Lucky Senduk: Sudah 2 Tahun Beroperasi Kenapa Baru Keberatan, Apakah Karena Menjelang Pilkada


MANADO, CARIKABAR.ID
– Sejumlah pedagang yang menyebutkan diri mereka Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Tradisional Kota Manado telah melakukan unjuk rasa di depan kantor Wali Kota Manado, Selasa (17/9/2024) pagi.


Ada 11 tuntutan yang disampaikan oleh para pengunjuk rasa yaitu,


1. Ijin lahan


2. Retribusi terlalu besar


3. Portal harus dihilangkan


4. Pembatasan aktivitas jual beli dalam pasar


5. Penagihan retribusi pedagang bongkar muat dalam mobil


6. Retribusi yang dikenakan mobil yang datamg berbelanja


7. Retribusi yang dikenakan bagi pedagang motor keliling


8. Es balok yang dikelola oleh petugas


9. Wc umum yang dikelola oleh petugas


10. Tidak ada perda pernyataan modal


11. Cabut ijin operasi Indomart dalam kompleks Pasar.


Direktur Utama PD Pasar Manado Lucky Senduk saat dimintai tanggapan mengatakan, para peserta demo yang mengatasnamakan pedagang pasar tidak memiliki izin lahan di Pasar Jengky Bersehati.


“Pedagang di Pasar Jengki Bersehati semua memiliki izin lahan dan iuran sudah berlaku sejak selesai revitalisasi yakni sejak tanggal 17 Oktober 2022,” jelas Senduk.


Ia menegaskan, semua iuran pasar berdasarkan Perdis yang merupakan turunan dari Perda.


Terkait portal parkir yang dinilai memberatkan para pedagang, Senduk mengatakan, Portal Parkir sudah dimulai sejak bulan November 2022 dan sangat jelas kontribusi ke PAD.


Pun diketahui, hingga tahun ini PD Pasar telah berkontribusi dengan menyumbang PAD melalui portal parkir hingga 3 Milyar.


“Kenapa harus pakai portal untuk peningkatan  PAD, diperjelas pendapatannya dan pungli kita hilangkan,”jelasnya


Pasalnya dia melihat dalam penagihan manual ada peluang dari pegawai melakukan pungli.


“Dan ini salah satu komitmen kami untuk memberantas pungli di PD Pasar,” tambahnya.


Selain itu, terkait pembatasan jam operasional di Pasar, Lucky Senduk menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area Pasar.


“Kalau tidak ada jam operasional maka Pasar akan dijadikan tempat tinggal, hal tersebut dilakukan agar pasar ini tertata dengan baik, masyarakat yang datang berbelanja juga merasa nyaman,” paparnya.


Menanggapi soal retribusi bagi pedagang motor keliling, Dirut menyampaikan bahwa para pedagang keliling hanya dibebani iuran kebersihan.


Lucky Senduk menyayangkan adanya aksi demo tersebut.


“Pertanyaannya kenapa sudah 2 tahun beroperasi dengan aturan yang ada, dan baru saat ini ada keberatan dari pedagang yang tidak mempunyai izin lahan? Apa karena menjelang Pilkada?” tukasnya,” karena diduga demo tersebut dimotori pendukung salah satu Paslon Pilkada Manado 2024.


Aksi demo di pendopo kantor Walikota diterima oleh Asisten 2  Atto RM Bulo SH MH bersama Kepala Badan Kesbangpol Kota Manado Conny Lantu.


Asisten 2 Atto RM Bullo saat dimintai tanggapan, membantah terkait tidak adanya Perda Penyertaan Modal.


“Ini tuh perda penyertaan modal,” ujar Asisten sambil memperlihatkan Perda tersebut.


Diketahui, Wali Kota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Walikota Manado Richard Sualang sedang berada di luar daerah.


(***Red)


Respon Cepat, Reza Rumambi Langsung Tinjau Lokasi Kecelakaan Mobil antar Jemput Sekolah dan Beri Solusi

Respon Cepat, Reza Rumambi Langsung Tinjau Lokasi Kecelakaan Mobil antar Jemput Sekolah dan Beri Solusi


MANADO, CARIKABAR.ID
- Kecelakaan Bus antar jemput sekolah di jalur jalan Ring Road II menuju Perum GPI Buha, langsung mendapat perhatian dari Anggota DPRD Kota Manado Reza Rumambi.

Reza Rumambi langsung meninjau lokasi kecelakaan yang mengakibatkan dua orang siswa SD tewas di lokasi kejadian, sementara tuju orang siswa lainnya mengalami luka-luka pada peristiwa, Selasa (17/09/2024) pagi itu.




Kepada media, Reza mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian, Pemerintah Kota Manado untuk melakukan kajian kembali di lokasi kecelakaan.

Dikatakannya, lokasi tersebut memang rawan kecelakaan, karena memiliki tikungan yang tajam dengan jalanan yang sedikit menurun.

"Tentunya hal ini, perlu untuk dilihat lagi bagaimana posisi jalan ini, dan itu perlu koordinasi bersama dengan pihak terkait," ucap Reza..

Bagi Reza,  solusi pertama adalah dengan menambah marka kejut untuk mengantisipasi, agar kendaraan akan mengurangi kecepatan saat akan memasuki jalan tikungan tajam tersebut.

"Jadi harus dibuat marka kejut di dua sisi jalan berlawanan, seperti yang dibuat di area zona selamat sekolah, agar kecelakaan yang tak diharapkan bisa dihindari, karena para pengendara sudah diberikan peringatan terlebih dahulu," ucap Anggota DPRD Manado dapil Singkil-Mapanget.



Selain itu, Reza mengaku akan membuat baliho peringatan yang akan dipasang di sisi jalan, agar memberikan tanda awas kepada para pengemudi untuk memelankan kendaraan ketika melintas di lokasi rawan kecelakaan tersebut.


"Hal ini hanya untuk memberikan peringatan agar pengemudi lebih berhati-hati. Tentunya tak hanya di sini saja yang harus hati-hati, tapi karena di ruas jalan ini sering terjadi kecelakaan, maka saya akan inisiatif memasang penanda itu," terang Reza..

Informasi yang dirangkum, tujuh orang siswa lainnya yang ada di dalam mobil tersebut, alami luka-luka dan juga ada yang syok.

Sementara itu, situasi di sekolah dimana para siswa korban kecelakaan Bus Pengangkut sekolah menuntut ilmu, tidak ada aktivitas belajar mengajar.

"Semua tenaga guru dan Kepala Sekolah berada di Rumah Sakit tempat siswa yang mengalami kecelakan di rawat, jadi tidak ada aktivitas di sekolah ini," ucap seorang Staf yang berjaga di sekolah.

(Middle)



Senin, 16 September 2024

Kontribusi Pemkot Manado Sangat Signifikan, Wagub Kandouw: Menjadikan Fokus Pemprov Sebagai Contoh bagi Kota Lain

Kontribusi Pemkot Manado Sangat Signifikan, Wagub Kandouw: Menjadikan Fokus Pemprov Sebagai Contoh bagi Kota Lain


MANADO, CARIKABAR.ID
– Kinerja Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang (AARS) diapresiasi Wakil Gubernur Steven Kandouw.


Salah satu prestasi terbesar mereka adalah sumbangan 30% PDRB Sulawesi Utara yang berasal dari Kota Manado.


Kontribusi Kota Manado sangat signifikan, menjadikannya fokus perhatian Pemerintah Provinsi sebagai contoh bagi kota lain.


Wakil Gubernur menyoroti pentingnya berkerja dengan baik meskipun ada orang yang tidak senang dengan prestasi yang dicapai, seperti “toxic people” yang melihat segala hal dengan iri hati.


Dia mendorong untuk melawan sikap negatif ini. Wagub juga menekankan pentingnya mindset untuk terus meningkatkan kualitas di masa depan, dengan moto “hari ini harus lebih baik dari hari kemarin”.


Sementara itu Walikota Andrei Angouw menegaskan tetap akan fokus pada pelayanan kepada masyarakat.


Dia mengingatkan bahwa pembangunan harus berjalan lancar demi kesejahteraan warga, dengan IPM dan PDRB Kota Manado yang cukup tinggi.


Angouw juga membahas hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Pemerintah AARS yang sebagian besar positif.


“Tugas semua pihak, termasuk kepala lingkungan, adalah melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas hidup masyarakat," ujar AA.


(***Red)

Kamis, 12 September 2024

Makin Kuat, AARS Dapat Dukungan PKS  untuk Pilwako Manado

Makin Kuat, AARS Dapat Dukungan PKS untuk Pilwako Manado


MANADO, CARIKABAR.ID
- Arus dukungan bagi Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS) makin kuat untuk maju sebagi Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2024-2029.



Hal ini dibuktikan dengan, pernyataan dukungan melalui Penyerahan Surat Dukungan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado oleh DPD PKS Kota Manado yang diterima oleh Andrei Angouw di Hotel Grand Puri Manado,  Kamis (12/08/2024).




Hadir Ketua DPW PKS Sulut Ust. Iswan Dama S.Pd.I, Ketua Dewan Syariah PKS Sulut H. Ramli Abas, Sekretaris PKS Sulut H. Amir Liputo S.H, Ketua DPD PKS Kota Manado Abdul Hasan Safi'i S.T, Ketua Dewan Pertimbangan Daerah serta anggota DPRD Kota Manado, Ketua-Ketua DPC serta Pengurus PKS Kecamatan se-Kota Manado.



Setelah acara pembukaan disampaikan laporan tentang acara ini yang disampaikan oleh H. Amir Liputo. Ikut disampaikan pengantar umum dan maksud pertemuan ini.



Sambutan dan ucapan selamat datang disampaikan oleh Ketua DPD PKS Kota Manado Abdul Hasan Syafi'i S.T yang menyampaikan mekanisme dukungan bahwa hal ini bukan perorangan tapi keputusan bersama dengan kebulatan tekad mendukung AARS pada Pilkada 27 November 2024 nanti. 




Arahan selanjutnya disampaikan Ketua DPW PKS Sulut Ust. Iswan Dama S.Pd.I yang intinya juga memberikan dukungan kepada pencalonan AARS dalam pilkada Kota Manado.



Acara selanjutnya adalah Pernyataan dan Penyerahan dukungan kepada AARS yang dipandu oleh Ketua DPD PKS, sementara pernyataan sikap dibacakan oleh Rahman Kodu, Anggota DPRD Kota Manado dari PKS. 



Penyerahan Surat Pernyataan Dukungan kepada AARS pada Pemilu Kada 2024 dilakukan oleh Ketua DPD PKS Manado. Acara dukungan lainnya adalah dari Komunitas dan Paguyuban yang menyatakan dukungan kepada AARS.



Wali Kota Andrei Angouw dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada AARS untuk melanjutkan kepemimpinan di Kota Manado. 



Dikatakan Walikota, kondisi politik terutama dalam menghadapi pilkada agar dapat berjalan kondusif supaya dapat bersama-sama mensejahterahkan masyarakat. 



"Parpol ada untuk berkuasa, tapi berkuasa demi membawa kebaikan dan kesejahteraan masyarakat," kata Angouw. 


Bagi Walikota dikatakannya, selama memimpin tiga tahun lebih sudah ada yang dilakukan dan yang belum dilakukan tentunya akan dilakukan dalam pemerintahan selanjutnya.



(***Red)

Dihadiri Walikota dan Wawali Manado AARS, Pelantikan Unsur Pimpinan DPRD Manado Periode 2024-2029

Dihadiri Walikota dan Wawali Manado AARS, Pelantikan Unsur Pimpinan DPRD Manado Periode 2024-2029


MANADO, CARIKABAR.ID
  – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang (AARS) menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka pengucapan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Kota Manado, Kamis (12/09/2024).



Agenda Rapat Paripurna  Pengucapan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Kota Manado Periode 2024-2029 tersebut, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Manado, Jalan Pemuda Sario Utara.



Hadir dalam Rapat Paripurna ini, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Manado, Sekretaris Pemkot Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H.,M.H, para kepala SKPD, Pimpinan BUMD Kota Manado baik dari PDAM Wanua Wenang dan Perumda Pasar Manado, para Camat, Staf Khusus Walikota dan undangan lainnya.


Acara diawali dengan Pembukaan dan menyanyi Lagu Indonesia Raya, setelah itu pimpinan sidang diambil alih oleh Ketua DPRD sementara Ibu Dra. Aaltje Dondokambey M.Kes, Apt. Ketua DPRD sementara langsung membuka sidang secara resmi dan setelah berdoa, dilanjutkan dengan penyampaian secara umum landasan dilaksanakan Paripurna ini berdasarkan ketentuan yang ada.



Sebelum acara Pengucapan Sumpahj  janji, Sekwan Steven Rende Dr SH. MH membacakan Surat masuk tentang penetapan Ibu Altje Dondokambey sebagai Ketua DPRD dan Mona Cloer sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Manado yang dilanjutkan dengan Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Manado dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Manado Indrawan S.H.,M.H.


Acara selanjutnya adalah penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji oleh Ibu Aaltje Dondokambey dan Ibu Mona Cloer, Rohaniawan Pdt. Andre Kandouw S.Th. serta Ketua Pengadilan Negeri Manado. Selesai pengucapan sumpah/janji, acara diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Manado Ibu Dra. Aaltje Dondokambey M.Kes, Apt. selaku pimpinan rapat.


Wali Kota Manado ketika diberikan kesempatan memberikan sambutan mengucapkan selamat kepada anggota yang sudah terpilih dan sekaligus selamat kepada pimpinan DPRD yang baru saja mengucapkan sumpah janji.



Walikota mengatakan bahwa DPRD adalah mitra kerja Pemerintah Kota Manado dan berharap

kerja bersama nantinya semakin baik kedepannya.Rapat paripurna ditutup dengan Doa Penutup oleh Pdt. Andre Kandouw S.Th.


Sebelum bubar Wali Kota dan Wakil Walikota Manado menyerahkan bunga tangan kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Manado serta diakhiri dengan foto bersama. 



(***Redaksi)




Pengukuhan Dan Rakor Bapak dan Bunda Asih Anak Stunting (BAAS), Angouw: Kita Harus Harus Sehat agar Bisak Bersaing

Pengukuhan Dan Rakor Bapak dan Bunda Asih Anak Stunting (BAAS), Angouw: Kita Harus Harus Sehat agar Bisak Bersaing


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Andrei Angouw dan dr. Richard Sualang hadiri Pengukuhan dan Rapat Koordinasi Bapak/Bunda Asih Anak Stunting (BAAS) Kota Manado yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, Kamis (12/09/2024).


Hadir pada kegiatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Ir. Tino Tandayu MBA, Forkopimda Manado, Asisten II Ato Bulo S.H, M.M, Kepala SKPD, Para Camat dan Lurah se-Kota Manado, penyuluh KB se-Kota Manado serta perwakilan beberapa anak stunting dari setiap Kecamatan di Kota Manado.  



Setelah acara pembukaan, laporan kegiatan  yang disampaikan oleh Kepala dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Manado Ir. Mecky Gosal M.Si.


Selesai laporan kegiatan dibacakan Surat Keputusan Wali Kota Manado tentang Penetapan Bapak Bunda Asu Anak Stunting Kota Manado disetiap Kecamatan.



Selanjutnya Pengukuhan oleh Walikota Manado kepada Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting.



Kota Manado selaku Ketua Tim Pengarah berdasarkan Keputusan Wali kota Manado nomor 250 tahun 2024 dilanjutkan Penyerahan bantuan secara simbolis kepada anak-anak Stunting di Kota Manado. Wali Kota, Wakil Walikota, Kepala BKKBN Sulut melakukan foto bersama dengan anak-anak stunting.


Walikota dalam sambutannya, pertama-tama memberi apresiasi untuk kesediaan menjadi Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting.


Walikota berharap stunting ini nol baik untuk Indonesia dan juga untuk Kota Manado. Kita harus sehat agar kita bisa bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia. 

 

Jika stunting kita nol maka kita memiliki masyarakat yang sehat dan unggul kedepannya. Anak-anak yang masuk kategori stunting agar dikeluarkan dari kategori ini. 


"Kita berharap dapat data yang jelas tentang anak stunting supaya kita tangani," tegas Walikota.


(**Middle)

Selasa, 10 September 2024

Matangkan Terus Persiapan, Panitia Pelaksana Kegiatan HUT Pria Kaum Bapa Sinode (P/KB) GMIM ke-62  Gekar Temu Teknis

Matangkan Terus Persiapan, Panitia Pelaksana Kegiatan HUT Pria Kaum Bapa Sinode (P/KB) GMIM ke-62 Gekar Temu Teknis


MANADO, CARIKABAR.ID
- Bidang IT dan Multimedia dan panitia lokal kegiatan dan Panitia pelaksana kegiatan HUT Pria Kaum Bapa Sinode (P/KB) GMIM ke-62 terus mematangkan persiapan kegiatan, bertempat di aula serbaguna kantor walikota Manado, pada Selasa (10/09/2024).


Dalam penjelasannya, Sekretaris Umum Panitia Pelaksana, Franky Mocodompis menjelaskan pokok pembahasan dalam rapat tersebut, yaitu untuk mematangkan persiapan kegiatan bersama panitia lokal. 


"Dalam rangka menghadapi kegiatan perlombaan dalam rangka HUT Pria Kaum Bapa Sinode GMIM ke-62, kami panitia inti mengadakan pertemuan bersama seksi multimedia dan dokumentasi. Hal ini diperlukan untuk mematangkan lagi segala sesuatu untuk kelancaran kegiatan terutama di bidang dokumentasi dan multimedia," kata Mocodompis. 



Dalam rapat ini turut dihadiri oleh sejumlah panitia lokal (panlok) yang menjadi tuan rumah perlombaan. Menurut Mocodompis, keterlibatan panitia lokal dalam kegiatan tingkat sinode ini sangat diperlukan. 


"Panitia lokal kami selalu berkoordinasi, kami libatkan. Hal ini diperlukan, dengan tujuan mensinergikan program kegiatan HUT P/KB ke-62 ini sampai hari H nanti. Tentunya dengan harapan, kegiatan, ini bisa berjalan lancar, aman, dan sukses," ujar FM panggilan akrabnya. 


Turut hadir dalam rapat koordinasi ini adalah ketua harian HUT P/KB ke-62, Julises Ohlers, para panitia inti, vendor, dan panitia lokal.


Diketahui, HUT ke-62 Pria/Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM dijadwalkan akan digelar pada 18-20 Oktober 2024 di 4 wilayah pelayanan GMIM yakni Manado Barat Daya, Manado Malalayang, Manado Malalayang Timur, dan Manado Malalayang Barat.


*Middle*

Jumat, 06 September 2024

Ketua BULD DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, Pimpin Dialog Bahasa Pariwisata di Sulut

Ketua BULD DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, Pimpin Dialog Bahasa Pariwisata di Sulut


MANADO, CARIKABAR.ID
- Dalam rangka pemantauan dan evaluasi, Ranperda dan Perda terkait Pariwisata, Badan Urusan Legislasi Daerah Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BULD DPD RI) mengadakan Dialog Komunikasi, di Universitas De La Salle, Manado, Jumat (06/09/2024).


Dialog ini dihadiri oleh pimpinan dan anggota BULD, dengan mengundang narasumber   Prof Dr. Ir. Rene Charles Kepel, DEA, Roy Saroinsong, SH dan Hartini Mokhtar, SE. 


Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr Joseph Richard Rato mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang diadakan oleh BULD DPD RI, terutama dikaitkan dengan keberadaan Fakultas Pariwisata di Universitas De La Salle dan perkembangan kepariwisataan di Sulawesi Utara pada umumnya. 


BULD DPD RI dalam dialog tersebut, memperoleh masukan yang cukup siginifikan, sebagaimana disampaikan oleh Ketua BULD DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP bahwa secara kelembagaan setiap daerah harus memiliki Perda terkait pariwisata, yang secara substantif harus disesuaikan dengan Ripparnas dan Ripparda.  Terhadap UU No.10 Tahun 2009 tentang Pariwisata juga perlu dilakukan perubahan yang sesuai dengan Ripparnas. 


Dengan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara, seperti KEK Bitung dan Likupang, serta DPP, KSPP dan KPPP yang yang meliputi berbagai jenis destinasi wisata, maka upaya pembangunan sektor pariwisata di Sulawesi perlu didukung regulasi baik di tingkat pusat maupun daerah. 


Secara spesifik,  Desa Wisata  sangat penting untuk dikembangkan untuk menciptakan ekonomi baru, menjaga ekosistem pedesaan, menekan angka urbanisasi, pemberdayaan masyarakat, meningkatkan pendidikan dan pengentasan kemiskinan.


Seperti halnya daerah-daerah lainnya, permasalahan terkait pariwisata di Sulawesi Utara adalah berkaitan dengan masih rendahnya kompetensi SDM unggul masih rendah, infrastruktur dan fasilitas pendukung masih minim, dan sarana pendukung teknologi yang mendukung pariwisata secara digital.Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Pemerintah diharapkan memberikan dukungan anggaran.


(***Redaksi)

Kamis, 05 September 2024

Walikota Manado Andrei Angouw: Pengorbanan Robert Wolter Monginsidi Harus Jadi Inspirasi Generasi Muda

Walikota Manado Andrei Angouw: Pengorbanan Robert Wolter Monginsidi Harus Jadi Inspirasi Generasi Muda


MANADO,CARIKABAR.ID
- Walikota Manado, Andrei Angouw menekankan pentingnya mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia, khususnya putra Sulawesi Utara, Robert Wolter Monginsidi. 


Hal tersebut dikatakan, Andrei Angouw saat menghadiri Festival Seni Budaya dan Peringatan 75 Tahun Gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Monginsidi yang dihadiri juga Wakil Walikota dr Richard Sualang, digelar di Lapangan Bantik, Malalayang, Kamis (05/09/2024).



Bagi Walikota Angouw, dia  juga menyatakan bahwa pengorbanan Monginsidi harus menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus menjaga semangat nasionalisme dan cinta tanah air khususnya dalam pembangunan daerah.


"Robert Wolter Monginsidi bukan hanya pahlawan bagi Sulawesi Utara, tetapi juga simbol keberanian dan pengorbanan tanpa pamrih untuk kemerdekaan bangsa. Sebagai penerus, kita wajib meneruskan perjuangan beliau dengan menjaga persatuan dan membangun daerah kita dengan semangat yang sama," terang Walikota.



Pemerintah Kota Manado, kata dia, tentunya mendukung penuh kegiatan ini setiap tahunnya. Maksudnya, kegiatan ini terus dilaksanakan agar budaya di Kota Manado tetap terawat dan ada seiring kecepatan teknologi di zaman sekarang. 


"Sudah tentu kita harus selalu menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Manado termasuk budaya bantik. Kami (pemerintah) tentu mensupport penuh festival kebudayaan termasuk peringatan dari gugurnya pahlawan kita ini setiap tahun. Kita mengharapkan mengedepankan kebudayaan kita. Tidak apa walaupun teknologi masuk. Tapi jangan tinggalkan kebudayaan kita," ucap Angouw diiringi tepuk tangan para tamu.



Dia berharap agar pagelaran tersebut menjadi peringatan untuk mengingat kembali perjuangan para pejuang bangsa. Andrei mengakhiri sambutan dengan cerita pendek detik-detik kematian Robert Wolter Monginsidi. "Pahlawan kita (Robert Wolter Monginsidi) waktu ditembak tidak pakai penutup mata. Tangan kiri pegang alkitab dan tangan kanan diangkat sambil mengepalkan tangan. Ini tanda keberanian yang harus kita panuti. Sekarang kalau kita penakut dan malas itu sama dengan pengkhianatan kepada beliau," pungkasnya.


Selain peringatan sejarah, festival ini juga menampilkan beragam kegiatan seni dan budaya yang menonjolkan kekayaan tradisi lokal Sulawesi Utara, seperti tari-tarian tradisional, musik daerah, teater perjuangan serta penampilan dari TNI.


Suksesnya kegiatan ini dapat memperkuat identitas budaya dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya melestarikan warisan leluhur. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, perwakilan pemerintah, serta pelajar yang turut ambil bagian dalam rangkaian kegiatan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan nasional.


*Middle*



Senin, 02 September 2024

Pimpin Apel Awal Bulan, Wawali Sualang Ingatkan Disiplin dan Pertahankan Prestasi Kerja

Pimpin Apel Awal Bulan, Wawali Sualang Ingatkan Disiplin dan Pertahankan Prestasi Kerja


MANADO, CARIKABAR.ID
- Memasuki hari kerja awal bulan september,Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang memimpin Apel pagi bersama Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Manado, dilaksanakan di lapangan Sparta Tikala Manado, Senin (02/09/2024).



Dalam amanatnya, Wakil Walikota mengingatkan bagi para ASN Pemkot tetap disiplin dalam menjalankan tugas serta mempertahankan prestasi yang telah dicapai.



"Saya mintakan untuk tetap melaksanakan tugas sebaik-baiknya, tetap disiplin tetap pertahankan prestasi dan kinerja. Parameter angka-angka yang menjadi target sasaran kita agar bisa dipenuhi di akhir tahun ini. Saya yakin dan percaya kawan-kawan semua mampu karena semua jajaran pemerintah kota manado yang terbaik di sulawesi utara," ucap Wawali. 



Selanjutnya, Wakil Walikota juga mengingatkan terkait pelayanan kebersihan, keamanan dan ketertiban serta pelayanan adminstrasi untuk masyarakat di laksanakan sebaik - baiknya dan tidak dipersulit.


"Saya ingatkan pada kawan-kawan yang ada di wilayah untuk mempertahankan kondisi dalam pelayanan kepada masyarakat hal kebersihan hal ketertiban dan keamanan, saya kira ini sudah menjadi otomatis bagi kawan-kawan yang ada di wilayah untuk melaksanakan termasuk pelayanan administrasi kepada masyarakat tolong supaya ini dilaksanakan sebaik-baiknya," ucap Sualang.



Kepada ASN di lingkup Pemkot Manado, Wawali Sualang berharap, Kawan-kawan juga yang melayani kepentingan-kepentingan publik administrasi kependudukan harus juga melihat itu sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat tidak ada lagi yang dipersulit tidak ada lagi yang menunda-nunda," tegasnya.


Pelayanan pendidikan dan pelayanan kesehatan turut menjadi perhatian dari Wakil Walikota.



Pada apel tersebut juga diserahkan SK Pensiun untuk para ASN yang telah memasuki masa pensiun, penyerahan tanda kehormatan dan piagam penghargaan satya lencana karya satya serta penyerahan piagam pemenang duta agen perubahan kota manado.


"Saya kira ini menjadi contoh bagi kita semua termasuk yang sementara bertugas yang mendapatkan penghargaan sebagai agen perubahan ini harus jadi motivasi bahwa bukan mereka saja yang menjadi agen perubahan tapi apa yang mereka dapatkan ini menjadi motivasi bagi kita semua," harap Sualang.



Hari ini juga, Wawali Sualang  menyerahkan penghargaan dan surat keputusan bagi mereka yang mengakhiri masa bakti sebagai ASN.


 "Ini juga bisa jadi motivasi bagi kita semua bahwa mereka para pejabat-pejabat ini mengakhiri masa tugas mereka dengan penuh prestasi dengan penuh pengabdian dan tentunya mengakhiri dengan baik masa pengabdian sebagai aparatur sipil negara yang melayani masyarakat, yang mengayomi masyarakat juga mengabdi kepada pemerintah republik Indonesia," tutupnya.


*Middle*

Minggu, 01 September 2024

Tindak Lanjut Info Ketling, Wali Kota Tinjau Karombasan Utara dan Dendengan Dalam

Tindak Lanjut Info Ketling, Wali Kota Tinjau Karombasan Utara dan Dendengan Dalam


MANADO, CARIKABAR.ID
- Wali Kota Manado Andrei Angouw terus melakukan survei lapangan dalam rangka melihat kondisi pemukiman dan fasilitas publik yang ada.


Hal ini terkait, menindak lanjuti informasi dari Ketua-Ketua Lingkungan, setelah sarapan bersama warga, Wali Kota langsung menyusuri lingkungan-lingkungan yang ada di Kelurahan Karombasan Utara. 



Wali Kota melakukan penyusuran lewat gang-gang sempit, menanjak dan menurun yang seluruhnya sudah dipaving. Lampu jalan dan saluran air, juga menjadi perhatian. 



Mengetahui munculnya kendala dalam kaitan dengan fasilitas publik ini diperoleh informasi lewat ketua-ketua lingkungan. 


Wali Kota bertanya soal manfaat dari setiap saluran yang ada terutama dalam menghadapi debet air yang besar jika hujan lebat. Jawaban setiap Ketua lingkungan tentunya menjadi bahan untuk dianalisis dan diambil kebijakan untuk perbaikan selanjutnya.



Dalam menelusuri situasi pemukiman di Karombasan, Walikota didampingi Kadis PUPR Johny Suwu, Kadis Perkim Peter Eman, Kadis Sosial Rollies Rondonuwu, Dirut PD Pasar Lucky Senduk, Dirum PD Pasar Jeffrey Salilo, pejabat teknis PD Pasar, Camat Wanea Deasy Kalalo, Kabag Kesra Otniel Tewal, Kabag Umum Yanti Mongkauw, Kabag Ekonomi David Kambey,  Para kabid seperti Kabid Novy Ponto, Kabid P. Titirlolobi, Kabid Reiner Pangemanan. dan pejabat teknis lainnya.



Selesai dari Karombasan, Walikota menuju Kelurahan Dendengan Dalam. Walikota di terima Camat Paal II Glen Kowaas, Lurah dan Ketua-Ketua lingkungan serta disambut oleh tokoh-tokoh masyarakat. 



Seperti biasa, di lapangan Walikota menyusuri beberapa lingkungan untuk melihat fasilitas publik terutama saluran air dan lampu jalan. 


Di Dendengan Dalam hadir juga Dewas PD Novie Lumowa, Dirops PD Pasar Irving Biki, staf khusus dan FKDM serta tokoh-tokoh masyarakat.


*Middle*