Sabtu, 05 Oktober 2024

Gerakan Prabowo 08 (GP 08) Siap Menangkan SK-DT Pilkada 2024

Gerakan Prabowo 08 (GP 08) Siap Menangkan SK-DT Pilkada 2024


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pasangan Steven Kandouw dan Denny Tuejeh (SK-DT) kembali mendapatkan dukungan  yang signifikan untuk memenangkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara pada November nanti. 

Sejalan dengan arah elektabilitas yang semakin meroket, pasangan Calon Gubernur Sulut nomor urut 3, yang diusung PDI Perjuangan ini mendapatkan sokongan dari DPP Gerakan Prabowo 08 (GP 08).

Namun menariknya, GP 08 sebelumnya menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Yulius Selfanus dan Victor Mailangkay (YSK – Victory). 

Ketua Umum DPP Gerakan Prabowo 08 (GP 08) Nancy Angela Hendriks mengumumkan keputusan untuk menarik dukungan dari paslon Yulius Selfanus dan Victor Mailangkay (YSK – Victoty) dan mengalihkan dukungan ke paslon Steven Kandou dan Denny Tuejeh (SK-DT).

Pengumuman pengalihan dukungan GP-08 diumumkan Nancy dalam jumpa pers yang diadakan di Warung Puncak, Kelurahan Winangun, Kecamatan Malalayang, Jumat (4/10/2024) malam.

Nancy mengatakan, relawan GP-08 selalu tegak lurus dengan keputusan Prabowo Subianto. 

Menurut Nancy Hendriks, Prabowo Subianto sangat anti dengan korupsi dan mantan narapidana. 

"Kami sebagai relawan Prabowo tetap tegak lurus dengan Pak Prabowo Subianto. Nanti akan ada kejutan dalam waktu dekat ini. Dimana, pesan Pak Prabowo dan perlu digaris bawahi adalah Pak Prabowo anti dengan korupsi, maka kami memberikan dukungan pasangan calon yang bukan koruptor dan bukan mantan narapidana. Dengan dasar itu, melalui hak yang kami miliki, maka kami pun mencabut dukungan kami kepada calon YS-Viktory dan memberikan dukungan kami kepada pasangan calon gubernur Steven Kandouw dan Denny Tuejeh dari partai PDI Perjuangan," sebut Nancy. 

Kata Nancy, keputusan itu diambil berdasarkan hasil Rakorda GP-08 yang dilaksanakan belum lama ini.

“Salah satu alasan GP-O8 mengalihkan dukungan dari paslon YSK-Victory ke paslon SK-DT adalah masalah mandeknya komunikasi dengan paslon cagub YSK Victory”, jelasnya.

Tak hanya mandeknya komunikasi, survei dari paslon YS-Viktory menjadi alasan peralihan dukungan GP-08.

“Kami juga memperhatikan survei YS-Victory yang stagnan bahkan turun meskipun ada banyak partai ada di dalam,” ungkap Nancy.

Keputusan tersebut diambil melihat realita politik nasional. Di mana PDIP merapat ke Prabowo Subianto sebagai Presiden RI terpilih.

Untuk diketahui, sebelumnya, GP-08 berada di barisan terdepan mendeklarasikan mendukung paslon YS-Victory.


(***/Red)

Jumat, 04 Oktober 2024

Dinilai Strategis, Manado Jadi Jalur Komunikasi Internasional Kedua

Dinilai Strategis, Manado Jadi Jalur Komunikasi Internasional Kedua


MANADO, CARIKABAR.ID
- Penandatangan Perjanjian Pemerintah Kota Manado bersama PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) tentang Sewa Sebagian Tanah Untuk Pembangunan Beach Man Hole (BMH).

Acara penandatanganan tersebut diadakan di ruang Toar Lumimuut (Tolu) kantor Walikota Manado, Jumat (04/10/2024).

Mewakili Pjs. Walikota Manado, dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kota Manado Dr. Micler Lakat SH.MH. 

Sekertaris Daerah Kota Manado Micler lakat dalam sambutannya mewakili Pemkot Manado mengatakan, hal ini merupakan langkah maju bagi pemerintah kota Manado bahkan juga pemerintah Provinsi Sulut.

“Bertepatan dengan kegiatan ini tentunya pemerintah Kota Manado pada prinsipnya setuju. Dan pemerintah Kota Manado juga berterimakasih kepada PT Telin yang sudah hadir di tengah – tengah kota Manado,” tutur Sekda Lakat.

Sementara itu, hadir dari PT Telin, Chief Finance and Risk Management Officer Doni Andriansyah. Andriansyah mengharapkan Kota Manado akan menjadi gerbang jalur komunikasi internasional kedua. 

“Harapannya, dengan adanya kabel laut yang nantinya akan masuk ke Kota Manado. Manado akan menjadi second gate way, jalur komunikasi internasional kedua,” ucapnya.

Dijelaskannya, selama ini arus internet dari luar  masuk melalui Batam.

“Jadi semua itu dari Singapura, baik dari US, Eropa atau dari manapun masuknya ke Singapura dulu baru masuk ke Batam. Kita akan coba pecah, jadi untuk kawasan Indonesia timur yang kita pilih sebagai gate way nya di Manado,” kata Adriansyah.

Menurutnya, posisi kota Manado dinilai sangat strategis yang diharapkan dapat mensupport pembangunan konetivitas di Indonesia timur.

“Jadi nanti harapannya, traffic nya yang tadinya tersentral di Singapura akan terpecah, masuk ke Manado. Harapannya juga selain ini dapat meningkatkan perekonomian di Manado, tapi juga membuka kawasan Indonesia timur untuk dapat dinikmati terutama dari sisi akses internet,” tutupnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pertukaran cenderamata. 


Turut hadir dari jajaran Pemerintah Kota Manado diantaranya, Asisten 1 Julises Oehlers, Asisten 2 Atto RM Bulo, Kepala BPN Kota Manado Alexander Wowiling, Kepala Dinas Pariwisata Esther Mamangkey, Kepala Bagian Hukum Eva Pandensolang, Kepala Bagian Kerjasama Yanti Mongkauw, Kepala Bagian Ekonomi David Kambey dan Kepala Bidang Aset BKAD Kota Manado Mekson Waney.

(***/Red)



Peluang Menang Pilkada 2024, Tingginya Dukungan Publik Kinerja Pemerintah, SKDT dan AARS

Peluang Menang Pilkada 2024, Tingginya Dukungan Publik Kinerja Pemerintah, SKDT dan AARS


MANADO, CARIKABAR
- Tren Elektabilitas Pasangan calon Steven Kandouw (SK) dan Denny Tuejeh (DT) terus mengalami peningkatan menjelang Pilkada 2024.


Hal ini didorong oleh tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur petahana, Olly Dondokambey, yang mencapai 75%.


Sebagai wakil Olly selama dua periode, Steven Kandouw dinilai mampu melanjutkan program-program strategis yang telah dirintis oleh gubernur petahana, terutama dalam bidang pembangunan infrastruktur, kesejahteraan sosial, dan peningkatan ekonomi lokal.


Tidak hanya itu, amunisi tambahan datang dari pencapaian Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS), yang mencatat elektabilitas sangat tinggi dalam Pilkada Manado. 


Berdasarkan hasil survey terakhir terkait kepuasan masyarakat, diperoleh data bahwa  81,6% masyarakat kota Manado puas terhadap Pemerintahan AARS. Tingginya dukungan publik terhadap AARS dinilai dapat memberikan tambahan dukungan kepada SK-DT di tingkat provinsi.


Juru Bicara AARS, Astrid Kumentas, yang juga adalah Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Manado, memprediksi bahwa selama tren positif ini terus dipertahankan, pasangan SK-DT memiliki peluang besar untuk mendominasi Pilkada Sulawesi Utara 2024 lebih khusus di wilayah Kota Manado dan sekitarnya.


Dengan kombinasi approval rate yang tinggi, Kumentas optimis SKDT dan AARS mampu memenangkan Pilkada 27 November 2024 mendatang.


(***/Red)



Hadiri Dies Natalis SMAN 9 Manado, Clay Dondokambey: Jadikan Pendidikan Pusat Inovasi, Kreatif, Prestasi dan Penuh Integritas

Hadiri Dies Natalis SMAN 9 Manado, Clay Dondokambey: Jadikan Pendidikan Pusat Inovasi, Kreatif, Prestasi dan Penuh Integritas


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pjs Walikota Manado Clay June Dondokambey menghadiri undangan acara Dies natalis SMA Negeri IX ke - 33, Jumat (4/10/2024). 

Dalam sambutannya, PJS Walikota Manado Clay Dondokambey yang adalah alumni SMA Negeri IX Manado mengucapkan puji syukur bisa hadir, mengatakan moment ini sangat istimewa karena mengingatkan kita bahwa waktu terus berjalan, kenangan dan kontribusi sekolah SMA Negeri 3 akan terus mengalir bagai sungai yang tak akan kering. 

Menurut Clay, Dies Natalis ini bukan sekedar perayaan, tetapi menjadi sebuah tonggak untuk menegaskan kembali komitmen kita dalam meningkatkan dunia pendidikan di Provinsi Sulawesi Utara khusus Kota Manado. Mari kita jadikan pendidikan menjadi pusat inovatif, kreatif, prestasi dan penuh integritas. 

"Teruslah mendulang prestasi, terus dijaga konsisten dan kepintaran, kepandaian keterampilan lewat akademik dan non akademik. Ekstrakurikuler adalah baik tapi lebih baik lagi kalau dilengkapi dengan moral dan karakter yang baik,"ucap Clay. 

Teruslah menatap masa depan dengan penuh optimis, karena cahaya harapan akan terus bersinar bagi mereka yang pantang menyerah, "kata Clay. 

"Jangan lupa kalau mau  belajar dan berprestasi tetap sertakan Tuhan menjadi yang pertama dan yang utama," Pesannya.  


(***/Red)

Dewan Pers Angkat Bicara Soal Pakai Narasumber Orang Mati

Dewan Pers Angkat Bicara Soal Pakai Narasumber Orang Mati


MANADO, CARIKABAR.ID
- Diduga menggunakan Narasumber Fiktif oleh salah-satu pemberitaan di media online, menuai kecaman organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut. 


Bukan hanya itu saja, PWI Sulut melalui Sekretaris Merson Simbolon menghimbau lakukan somasi jika ada yang merasa dirugikan dalam informasi tersebut.


“Kalau ada bukti, somasi. Bukti bahwa Narasumbernya Imajiner Fiktif,” tegas Simbolon.


Senada diungkapkan oleh Ahli Pers dari Dewan Pers Yoseph E. Ikanubun saat dihubungi media ini Jumat (04/10) di Manado.


Menurutnya, seorang wartawan pada dasarnya menulis berita tentu dengan dasar mematuhi kode etik yang ada, narasumber juga masuk didalamnya.


“Jadi wartawan dalam menulis berita harus mematuhi Kode Etik Jurnalistik, antara lain harus akurat termasuk narasumber yang digunakan dalam pemberitaan itu,” kata Ketua Osep sapaan akrabnya.


Lanjut kata mantan Ketua Aliansi Jurnalis Indobesia (AJI) itu, cover both side sangat penting untuk dipenuhi dalam setiap informasi ataupun berita yang akan disebarkan.


“Tak kalah penting melakukan cek dan ricek serta melakukan konfirmasi ke pihak-pihak yang diberitakan, agar memenuhi unsur keberimbangan atau coverboth side,” tegasnya.


Informasi fiktif yang menggunakan narasumber orang yang sudah meninggal itu mengkritik genangan air yang terjadi di sejumlah wilayah di kota Manado, yang menekankan soal kinerja pemerintah kota dalam menangani persoalan banjir.


Disitu disebutkan bahwa upaya pemerintah memperbaiki saluran air dinilai mubazir.


(***/Red)

Kamis, 03 Oktober 2024

Gelar Pasar Murah, Pjs Clay Dondokambey Menyapa Lansia yang Pantas Menerima Bantuan

Gelar Pasar Murah, Pjs Clay Dondokambey Menyapa Lansia yang Pantas Menerima Bantuan


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemkot Manado terus membantu masyarakat dengan program pasar murah dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan dan inflasi agar tetap terkendali.

Pantauan media ini, PJS Walikota Manado Clay Dondokambey turun langsung memantau pasar murah yang berlokasi di tiga titik, yaitu Masjid Al-Abrar Kelurahan Pakowa Lingkungan I, GMIM Jemaat Kanaan Kelurahan Ranotana Weru, GMIM Jemaat Ayalon Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV. 


Pjs. Wali Kota Manado Clay June Dondokambey menyapa, sekaligus menyerahkan langsung bantuan kepada lansia yang layak dan pantas untuk menerima.

“Masyarakat jangan malo-malo untuk menyampaikan permintaannya, kepada pala, lurah atau kepada camat, karena Pemkot Manado banyak menyediakan program untuk masyarakat miskin dan layak menerima, termasuk pendidikan, kesehatan," ucapnya.


"Terima kasih semoga bermanfaat bagi Jemaat, bagi masyarakat karena ini sudah diprogramkan oleh pemerintah kota Manado Pak Walikota dan Pak wakil walikota  Andrei Angouw dan dr  Richard Sualang, Kendati Mereka melaksanakan cuti karena mengikuti kampanye program ini tidak putus, harus berjalan terus supaya masyarakat terus terlayani, "tunas Clay. 


Clay berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat kota Manado.

 "Semoga membantu bagi keluarga keluarga yang berbelanja pangan murah juga bagi para keluarga dan lansia yang menjadi penerima bantuan dari Pemerintah Kota Manado," tutupnya. 


Hadir juga, Assisten II Atto Bulo, Kadis Perkumpulan, Camat Malalayang dan pejabat pemkot lainnya, juga Anggota DPRD Kota Manado Jimmy Gosal.


(***/Red)

Siap Tempur PDIP Manado Menangkan SKDT dan AARS

Siap Tempur PDIP Manado Menangkan SKDT dan AARS


MANADO, CARIKABAR.ID
– Ketua DPC PDIP Manado, dr Richard Sualang, menegaskan siap memenangkan SKDT dan AARS.

Hal ini dikatakannya dalam acara konsolidasi internal partai Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Wenang, Kamis (3/10/2024).

“Kita melaporkan ke pak Steven selaku wakil ketua DPD PDIP Sulut. Bahwa kami Pengurus DPC dan jajaran tingkat bawa siap menangkan SKDT gubernur-wagub dan AARS wali kota-wakil wali kota Manado,” kata Richard.

Ia mengatakan, pertempuran dalam Pilkada telah dimulai.

“Kita bertempur menangkan calon-calon dari PDIP. Mari kita semua jadi jurkam SKDT dan AARS. Masuk keluar lorong. Ketuk pintu-pintu masyarakat dan sampaikan bahwa cagub-cawagub dari PDIP adalah SKDT,” ujarnya.

Kalau ditanya, lanjutnya, kenapa harus menangkan SKDT, maka sampaikan bahwa mereka adalah kelanjutan dari Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK).

“Kalau pembangunan di Sulut berlanjut seperti yang sudah dilaksanakan ODSK, maka keberlanjutannya adalah SKDT. ODSK 2 periode maka periode ketiga ini adalah SKDT,” ucapnya.

Sebab itu, sambungnya, tugas semua sebagai struktural partai harus kerja. “Sambangi masyarakat dan sampaikan alasan mengapa harus pilih SKDT dan AARS,” katanya.

Pada kesempatan, calon wali kota  Manado, ,Andrei Angouw, memberikan motivasi kerja kepada pengurus kader di Kecamatan Wenang.

Bendahara DPD PDIP Sulut ini meminta agar pengurus ‘door to door’ dan sampaikan ke masyarakat kerja nyata yang telah dilakukan

“Kita punya argumen jelas. Kita punya bukti positif yaitu pembangunan. Jadi, mari kita semua bertempur,” ajak Angouw.


(***/Red)

Disdukcapil Manado Buat Laporan Pengaduan ke Polres Terkait Penipuan Identitas

Disdukcapil Manado Buat Laporan Pengaduan ke Polres Terkait Penipuan Identitas


MANADO, CARIKABAR.ID
Pemerintah Kota Manado melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado Erwin Kontu mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Manado, agar mewaspadai penipuan identitas kependudukan digital.

Menurut Kontu penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab, oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado tersebut telah mengambil langkah cepat dan tegas untuk mengantisipasi hal ini.

“Kami dengan resmi telah melaporkan kasus ini ke Polresta Manado, melalui Sekretaris Disdukcapil yang menerima kuasa langsung dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Laporan tersebut didaftarkan dengan Nomor Pengaduan: 1625/X/2024/SPKT/RESTA MDO. Langkah ini merupakan wujud nyata komitmen Disdukcapil dalam melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan data kependudukan digital,” tegas Kontu.

Dirinya memastikan segala pengurusan administrasi kependudukan dilakukan melalui jalur resmi yang disediakan oleh Disdukcapil Kota Manado dan seluruh pengurusan gratis.

“Mari bersama-sama kita ciptakan Kota Manado yang lebih aman dan terlindungi dari ancaman penipuan!,” ajaknya.

(***/Red)

Temui Warga, SK dan AA Serap Aspirasi Masyarakat

Temui Warga, SK dan AA Serap Aspirasi Masyarakat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Temui Pengurus Partai dan berdialog dengan Warga, Pagi ini (03 September 2024) Calon Gubernur Sulut Steven Kandouw dan Calon Walikota Manado Andrei Angouw Turun Lapangan (Turlap) Kunjungi Kelurahan Paal II dan Banjer Kecamatan Paal II Manado.


Masa Cuti selama 60 hari ini dimanfaatkan SK dan AARS menemui struktural partai ditingkat basis sekaligus bertemu dengan warga masyarakat dilapangan.


Kehadiran SK dan AA dilapangan disambut juga para tokoh masyarakat, tokoh agama dan Warga masyarakat. Warga begitu gembira ketika mengetahui SK dan AA hadir ditengah-tengah mereka sehingga mereka antusias mengajak berfoto dengan mereka.


Kepada masyarakat yang  ditemui dilapangan SK menyapa warga sementara AA menyampaikan berbagai program pembangunan yang sudah dan sementara dilakukan oleh Pemerintah Kota, seperti drainase dan saluran air, trotoar, lampu jalan, lorong-lorong paving dll. Bagi AA semua perbaikan infrastruktur ini untuk kenyamanan warga agar terhindar dari ancaman banjir, jalan gelap gulita, jalan berlobang yang membahayakan pejalan kaki dan ancaman lainnya. 


Kepada warga baik SK maupun AA menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan ini akan dilanjutkan jika masyarakat mempercayai mereka kembali memimpin Sulut dan Kota Manado periode 2025-2030. Makanya bagi SK maupun AA, mereka tidak dalam posisi berjanji tapi akan berbuat melanjutkan apa yang sudah dibuat sebelumnya.


Dalam kunjungan lapangan kali ini, SK dan AA berjalan kaki menyusuri lorong dan gang-gang melihat kondisi pemukiman serta berbagai infrastruktur dan fasilitas publik seperti drainase dan saluran air, gang-gang yang sudah dipaving, lampu jalan dll. 


SK dan AA bertegur sapa dan kadang berdialog dengan warga yang menyambut mereka di jalan ataupun didepan rumah.


(***/Red)

Pjs Walikota Manado Langsung Meninjau Lokasi Luapan Genangan Air

Pjs Walikota Manado Langsung Meninjau Lokasi Luapan Genangan Air


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pasca cuaca extreme curahan hujan pada 1 Oktober 2024 Kota Manado dilanda curahan hujan hingga terjadi luapan genangan air dibeberapa titik wilayah Kota Manado.

Pjs Wali Kota Manado, Clay Dondokambey mengambil langkah cepat turun lapangan  meninjau lokasi yang ada. Hingga langsung mengadakan rapat koordinasi dengan jajaran Pemkot Kota Manado.

Clay Dondokambey mengatakan, sesuai fakta yang ada, bahwa semua ini di akibatkan terjadinya sedimentasi penyumbatan drainase. 

"Didalam gorong-gorong juga terdapat sampah - sampah botol dan plastik hingga mengakibatkan terjadi genangan air yang hebat dibeberapa Wilayah Kota Manado," ujar Dondokambey, ketika ditemui awak media ketika memantau perbaikan saluran air di Jalan Sea Malalayang, Kamis (03/10/2024). 

Dia menjelaskan, walaupun curah hujan yang tinggi pada saat itu, namun air yang tergenang itu cepat surut. 

"Puji Tuhan tidak terlalu lama genangan air cepat surut. Adapun kami simpulkan itu, bukanlah banjir karena sungai tidak meluap, yang terjadi adalah keterlambatan penurunan debit air ke muara sampai ke arah laut," ucap Clay.

Clay Pjs Walikota, mengingatkan pada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, sembari mengingatkan jajarannya untuk terus mensosialisasikan kebersihan lingkungan kepada masyarakat. 

"Buanglah sampah pada tempatnya, sayangilah kota ini. Torang jaga lingkungan kita masing-masing," imbuhnya. 


(***/Red)

Rabu, 02 Oktober 2024

Pemkot Manado Terima SAKIP Award 2024, ASN  Berhasil Kerja Maksimal,

Pemkot Manado Terima SAKIP Award 2024, ASN Berhasil Kerja Maksimal,


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado rupanya berhasil mendorong Aparat Sipil Negara (ASN) untuk bekerja maksimal dalam mewujudkan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. 


Buktinya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam kegiatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan SAKIP Award 2024 menganugerahkan kepada Pemerintah Kota Manado berada di 20 besar pemerintah Kota terbaik dalam tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas kinerja dan untuk tingkat Provinsi Sulut Kota Manado berada di urutan pertama.


Kegiatan SAKIP Award 2024 mengangkat tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas Untuk Indonesia Maju”, dilaksanakan di hotel Bidakara Jakarta hari ini 02 Oktober 2024.


Pemerintah Kota diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Manado DR. Miclar C. S Lakat. SH. MH didampingi Kepala Inspektorat Judhy Rumagit, Kepala Bapelitbangda Liny Tambayong dan Kabag Organisasi Setda kota Manado Novli Siwy


Micler Lakat mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah melakukan serangkaian proses evaluasi kebijakan pada bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintahan di Kota Manado. 


"Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, telah melakukan serangkaian proses evaluasi kebijakan pada bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintahan, salah satunya pada bidang akuntabilitas kinerja. Hasil dari evaluasi tersebut kemudian akan disampaikan kepada masing-masing instansi pemerintah untuk ditindaklanjuti dalam rangka perbaikan pelaksanaan kedepannya," ujar Lakat. 


Dengan dasar tersebut, menurut Lakat Kementerian PANRB RI menyelenggarakan kegiatan SAKIP Award 2024.


"Atas dasar tersebut, kami menghadiri kegiatan dari Kementerian PANRB yang menyelenggarakan kegiatan SAKIP Award 2024 dengan tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas Untuk Indonesia Maju”, di hotel Bidakara Jakarta Rabu hari ini tgl 02 Oktober 2024," ujar Lakat. 


Diapun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan pemerintah Kota Manado yang telah bekerja dengan baik dalam mewujudkan tata kelolah pemerintahan dan akuntabilitas kinerja. 


"Pencapaian ini bukan hanya sebagai lewat begitu saja, tapi bagaimana kita kemudian mewujudkan tata kerja pemerintahan yang semakin baik terutama dalam sistem tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas kinerja. Puji Tuhan, tahun ini Kota Manado berhasil berada di 20 besar pemerintah Kota terbaik se Indonesia dalam tata kelola Pemerintahan dan akuntabilitas kinerja dan untuk tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado berada di urutan pertama," ucapnya.


Kegiatan pemberian penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, Azwar Anas. 


Pelaksanaan SAKIP award tahun 2024 ini diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemda dalam konsistensi dan komitmen walikota dan wakil walikota dan jajaran Pemkot Manado tentang pelaksanaan tata kelola pemerintahan dalam sistim akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dalam perencanaan, pelaporan, pengukuran kinerja serta evaluasi kinerja internal dalam instansi pemerintah. 


Kota Manado hasil evaluasi kemenpan RB RI secara akumulasi Pemda seluruh Indonesia masuk kategori Baik (BB) dan masuk 20 besar tingkat pemerintah kota dari 98 kota di Indonesia. Dan ditingkat propinsi menjadi satu-satunya pemerintah kota kategori BB diatas pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sulut.


(***/Red)


Masalah Genangan Air di Kota Manado, Perlunya Kesadaran Masyarakat Membuang Sampah pada Tempatnya,

Masalah Genangan Air di Kota Manado, Perlunya Kesadaran Masyarakat Membuang Sampah pada Tempatnya,


MANADO, CARIKABAR.ID
- Hujan deras yang mengguyur Kota Manado kemarin sore , selasa ( 02/10/24), mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami kebanjiran dan air tergenang, namun airnya cepat surut. Berdasarkan penelusuran, analisa dan telaah di lapangan oleh Pemerintah Kota Manado lewat Tim Dinas PUPR, menemukan sejumlah masalah sehingga menyebabkan air meluap kejalan dan kebanjiran. 


Menurut Kepala Dinas PUPR Kota Manado John Suwu menjelaskan, ada beberapa hal yang menyebabkannya, diperkirakan :

1. Intensitas curah hujan tinggi;

2. di daerah Malalayang rata-rata air meluap akibat penampang saluran tidak sanggup menampung volume air termasuk saluran jalan RW Monginsidi rata- rata sudah tidak sanggup menampung volume air 

3.Di daerah Sario genangan terjadi akibat meluapnya anak sungai Sario.

" jadi Solusinya , kami Akan melakukan  pengerukan Anak sungai yang ada di daerah malalayang serta di normalisasi, dan penataan saluran - saluran induk  dan anak- anak sungai yang ada untuk bisa meminimalisir dampak akibat curah hujan yang tinggi," ungkap Suwu kepada awak media disela turun lapangan melihat kondisi wilayah yang mengalami kebanjiran, rabu (03/10/24).



Selain itu, Suwu juga menjelaskan, berdasarkan hasil analisa dan ramalan BMKG Manado, bahwa pada hari kemarin  memang akan terjadi cuaca ekstrem, dimana akan terjadi hujan yang sangat deras. " sebelumnya sudah ada release dari BMKG kemarin, bahwa akan terjadi cuaca ekstrem disertai hujan yang sangat deras," jelas Suwu.   


Pada kesempatan itu, dari Balai Pelaksana Jalan Nasional ( BPJN) Wilayah Sulut  yang juga turun lapangan bersama Tim Pemkot Manado, lewat Wahyu Prasetio ST, menjelaskan sebab terjadinya banjir kemarin, dimana ada beberapa saluran air yang masih tersumbat di sepanjang jalan WR Monginsidi, dan itu perlu segera dikerjakan pembersihannya. " Saluran air  sepanjang ruas jalan RW Monginsidi merupakan tanggung jawab dari kami BPJN Wilayah Sulut untuk dilakukan pembersihan," sebut Perwakilan BPJN Sulut. 


Selain itu, lanjutnya, ada beberapa sedimen dari atas yang hanyut sehingga menimbun saluran air. " biasanya kami melakukan pembersihan saluran air disepanjang ruas jalan RW Monginsidi yaitu 3 bulan sekali," beber Prasetio. 


Atas kejadian banjir yang terjadi kemarin, yang perlu diketahui, semua kota di dunia tidak bisa menghilangkan banjir secara 100%, contohnya kota Japan yg secara teknologi lebih maju dari kita, tapi paling tidak selama kurun waktu 3 tahun ini pemkot manado sudah menekan jumlah wilayah yang terdampak banjir. 


Namun Hujan kemarin , justru daerah yang rawan banjir seperti tikala, Ternate tanjung, banjer, mahawu malahan tidak terdampak genangan air ataupun banjir. 

Jadi memang perlu penanganan banjir harus dilakukan secara komprehensif dan menjadi tangung jawab kita bersama. 


Masyarakat harus bersama sama menunjang pemerintah dengan membuang sampah pada tempatnya,serta tidak membuang sampah pada waktu musim hujan . Masalah banjir perlu keterlibatan seluruh stakeholder dan apa yang telah dilakukan pemerintah sekarang ini sudah pada konsep yang benar.


(***/Red)

Selasa, 01 Oktober 2024

Gerak Cepat, Camat Malalayang Kerahkan Tim Gorong-Gorong dan Kaling Tangani Genangan Air

Gerak Cepat, Camat Malalayang Kerahkan Tim Gorong-Gorong dan Kaling Tangani Genangan Air


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado melalui Camat Malalayang segera menindaklanjuti titik-titik yang terkena dampak cuaca ekstrim. Pada 02/10/2024, beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Malalayang melakukan kerja bakti di daerah mereka masing-masing. Kerja bakti meliputi pembersihan drainase hingga pengerukan selokan-selokan. 

Hal ini dibenarkan oleh Camat Malalayang, Yusuf Kapitoy yang dijumpai di SMP Negeri 8 Kota Manado. Dia mengatakan bahwa pihaknya telah mengarahkan tim gorong-gorong Kecamatan Malalayang dan ketua-ketua lingkungan untuk menindaklanjuti hal ini. 

"Saya telah mengerahkan tim gorong-gorong dan ketua lingkungan untuk membersihkan drainase dan pengerukan selokan di lingkungan masing-masing," katanya.  

Setidaknya ada dua sekolah yang terkena dampak dari cuaca ekstrim yaitu SMP Negeri 8 Kota Manado dan SMA Negeri 9 Kota Manado, mulai dilakukan pengerukan selokan. Kedua sekolah ini terkena genangan air karena kondisi bangunan kedua sekolah yang lebih rendah dari jalan raya. Selain itu, selokan dari kedua sekolah tersebut tidak berfungsi dengan baik. 

Untuk SMA Negeri 9 Kota Manado, pihak kelurahan setempat mendapati selokan yang tidak berfungsi dengan baik karena telah tertimbun oleh sedimen seperti tanah, pasir, dan batu sehingga air dengan mudah masuk ke dalam sekolah. 

Sementara itu, di kelurahan lainnya juga dilakukan pembersihan drainase. Di Kelurahan Bahu, terlihat Edgar Tambun selaku Lurah Bahu sedang memantau pengerukan oleh alat berat di depan Freshmart Bahu. Kemudian di Lingkungan V, Kompleks Kopergub, Kelurahan Malalayang Dua, sepanjang Jalan Wolter Mongonsidi dan lingkungan III, Kelurahan Malalayang Satu, Jalan Manibang, Kelurahan Malalayang Satu Barat. 

Camat Malalayang menambahkan bahwa pembersihan akan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan hingga selesai. Apalagi ditambah dengan kondisi cuaca yang masih berpotensi turunnya hujan.


(***/Red)
Pemberdayaan Melalui UMKM,Pemuda GMIM Rayon Manado Komitmen Bersinergi dengan SKDT - AARS

Pemberdayaan Melalui UMKM,Pemuda GMIM Rayon Manado Komitmen Bersinergi dengan SKDT - AARS


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pembangunan di Sulut selama beberapa tahun kepemimpinan Olly Dondokambey dan Pnt. Steven Kandouw sangat terlihat kemajuannya, di beberapa sektor infrastruktur dan pemberdayaan sangat jelas terlihat, infrastruktur seperti jalan dan bangunan kesehatan bagi masyarakat mengalami perubahan yang signifikan. 


Demikian halnya soal pemberdayaan Pemuda melalui UMKM dan lapangan pekerjaan contohnya Program Lulusan SMK yang di berangkatkan untuk bekerja di Jepang, menurut Pnt. Richard Kawahe, pemuda yang berprofesi sebagai pengacara, hal ini juga sebanding dengan perubahan Infrastruktur di Kota Manado yang dilakukan Andrei Angouw dan Pnt.dr Richard Sualang, yang memecahkan mitos bahwa Manado bagian hilir sulit bebas dari banjir, terbantahkan dengan 3 tahun lebih  kepemimpin mereka, banjir telah berkurang, pedestrian untuk pejalan kaki di bangun dan normalisasi gorong - gorong. 



Demikian beberapa catatan rangkuman saat pimpinan Pemuda GMIM Rayon Manado melakukan diskusi dengan Wakil Ketua BPMS GMIM Pnt Steven Kandouw.


"Bagian pemberdayaan pemuda melalui UMKM dan Job Fair bagi pencari kerja bukti nyata serta komitmen AARS membangun generasi muda," kata Pnt Richard.


Dalam diskusi tersebut, sejumlah Pemuda GMIM yang hadir diberikan bekal dan nasehat mengenai peran pemuda gereja, literasi ekonomi serta meningkatkan Intektuallitas dan Etikabilitas sebagai orang muda. 


"Saat ini Pnt. Steven Kandouw akan maju bersama Letjen.TNI Denny Tuejeh sebagai Cagub dan Cawagub Sulut terlihat banjir dukungan dari kaum millenial dan Gen Z, begitu juga  di Manado kepada AARS,

sinergitas SKDT - AARS harus dilanjutkan karena telah terbukti," pungkas Pnt. Nathan. 


Turut hadir dalam diskusi tersebut Pnt. Vici Tenda Wakil Ketua Komisi Pemuda GMIM, Pengurus Pemuda Rayon Manado Pnt. Bryan Tulungen, Pnt. Elryc Mosal dan Pnt. Chevy Kauntu 


"Dukungan Millenial Gen Z ini menjadi Semangat dan spirit bagi SKDT -  AARS untuk melanjutkan pemerintahannya," tutup Pnt. Elryc Mosal sekaligus Anggota DPRD Kota Manado.


(***/Red)

Pemkot Manado Gelar Pasar Murah di GMIM Abraham Banjer, Masjid Al Maghfirah dan GMIM Yarden Dendal

Pemkot Manado Gelar Pasar Murah di GMIM Abraham Banjer, Masjid Al Maghfirah dan GMIM Yarden Dendal


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui  BKSAUA Manado dibawah pimpinan Pdt. Judi Tunari M.Teol dan Bagian Kesra Setda Manado dibawah pimpinan Kabag Otniel Tewal melaksanakan kegiatan pasar murah yang dimana sudah bekerja sama dengan Perumda Pasar Manado.


Kegiatan pasar murah, Rabu (02/10/24) tersebut, digelar di Gereja GMIM Abraham Banjer Lingkungan III, Masjid Al Maghfirah Banjer Lingkungan VIIII, Gereja GMIM Yarden Kelurahan Dendengan Dalam Lingkungan IV.




Pasar murah ini dilaksanakan untuk membantu ketersediaan pangan bagi warga Manado, khususnya bagi warga yang kurang mampu. Untuk bahan yang disediakan di pasar murah adalah Beras Premium kemasan 5 Kg Rp. 55.000, Gula Rp.16.000/Kg, Minyak Goreng Rp.16.000/Liter dan Telur Rp.55.000/Baki.


Seperti di ketahui bahwa sekarang ini bahan dasar kebutuhan pokok dipasaran mengalami kenaikkan harga, maka dengan adanya pasar murah dengan harga yang selisih dari harga pasar, ini sangat membantu meringankan daya beli masyarakat yang kurang mampu.



Mewakili Imam Masjid Al Maghfirah, Hamzah Latif Abas saat di wawancarai awak media menyampaikan banyak terima kasih untuk program pasar murah yang sudah dilaksanakan oleh Pemkot Manado.


"Ya Alhamdulillah, program pasar murah Ini sudah sangat membantu masyarakat dan Jamaah Masjid Al Maghfirah khususnya. Sekali lagi terima kasih untuk Pemkot Manado, terima kasih Bapak Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang yang sudah menjalankan program pasar murah ini," ucap Abas.


Hadir dalam kegiatan pasar murah, Asisten I Julises Oehlers, Asisten II Atto Bulo, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Hendrik Warokka, Kaban BPBD Manado Donald Sambuaga, Kabag Ekonomi, Jajaran Perumda Pasar Manado, Camat Tikala Henry Kontu, Lurah Banjer Miskewati Mare, Ketua - Ketua Lingkungan, Tokoh agama, Tokoh masyarakat.

*Middle*

Pemkot Tetap Monitor, Daerah Rawan Banjir Minim Dampak Pasca Hujan Lebat

Pemkot Tetap Monitor, Daerah Rawan Banjir Minim Dampak Pasca Hujan Lebat


MANADO, CARIKABAR.ID
- Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Manado Selasa sore (1/10/2024). Terpantau sejumlah daerah tergenang saat dan pasca hujan terjadi, di antaranya ruas jalan Bahu di depan freshmart, beberapa titik di daerah Sario dan Malalayang juga di daerah Kampus Unsrat Manado bahkan ada beberapa sekolah juga terdampak hujan lebat sore tadi. 


Kepada media, Pjs. Walikota Manado, Clay Dondokambey mengungkap bahwa laporan kondisi wilayah terus terpantau dan dilaporkan jajaran Pemerintah Kota Manado secara berkala, bahkan aparat langsung turun di titik - titik terpantau adanya genangan air.


Mulai dari terindikasi akan terjadinya hujan dengan intensitas sedang sampai lebat sebagaimana peringatan dini dari BMKG yang disampaikan Ka. BPBD Kota Manado, kami langsung menginstruksikan Jajaran terkait untuk segera turun lapangan, terutama Para Camat dan Lurah sampai kepala lingkungan untuk meng-update informasi wilayah masing - masing yang terdampak hujan lebat sampai terjadinya genangan air.

Puji TUHAN, hujan cepat reda sehingga genangan air di beberapa titik pun segera surut, ungkapnya.


Daerah paling terdampak adalah daerah Kecamatan Sario dan Kecamatan Malalayang, beberapa titik tergenang air sampai di lutut orang dewasa. Bahkan di Kampus Unsrat Manado terpantau ada titik yang terendam sampai ukuran pinggang orang dewasa. Karenanya daerah - daerah tersebut akan mendapatkan perhatian khusus untuk penanganan lebih lanjut.

Khusus di area Unsrat sendiri akan di bicarakan dengan pihak Rektorat untuk langka mitigasi dan rehabilitasi; demikian disampaikan Pjs. Walikota yang turut dibenarkan Sekda Kota Manado Micler Lakat. 



Lagi tambah Micler, kita patut bersyukur beberapa titik rawan genangan dan rawan banjir seperti daerah Manado bagian Utara, Paal 2 dan Tikala terpantau minim dampak dari hujan lebat sore ini, kami yakin ada hasil positif dari upaya dan usaha Pemkot Manado selama ini untuk memitigasi dan meminimalisir dampak hujan yang dapat mengakibatkan banjir di Kota Manado. Karenanya kami pun butuh dukungan semua pihak termasuk masyarakat untuk membantu, wujudnya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sembarangan apalagi di got atau saluran air.

Pasca hujan lebat, aparat Pemkot tetap memonitor wilayah kerja masing - masing bahkan unsur Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Polisi Lalu Lintas juga terpantau mengurai kemacetan kendaraan di beberapa ruas jalan utama di Kota Manado, juga penanganan pohon tumbang langsung di tindak lanjuti unsur BPBD Kota Manado bersama unsur terkait, jelas Micler.


Friska Putrima, warga Paal 2 Lingk. 8 mengapresiasi kerja Pemkot Manado dibawah Kepemimpinan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr. Richard Sualang yang berkomitmen untuk mengurangi dampak banjir yang menjadi momok bagi Masyarakat Kota Manado; saat ini banyak lokasi yang sering terjadi banjir saat hujan lebat mulai berkurang dampaknya, semoga kedepan juga lebih baik, ungkap Friska.


(***/Red)

Pemkot Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Pemkot Manado Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Lapangan Sparta Tikala Manado, Selasa (01/10/2024).

Upacara tersebut di hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Dr. Micler Lakat SH.MH, bertindak sebagai inspektur upacara.


Tema dari peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan surat keputusan Walikota Manado tentang pemberian kenaikan pangkat, pemberhentian dan pemberian pensiun Pegawai Negeri Sipil yang mencapai batas usia pensiun dilingkungan Pemerintah Kota Manado.

Berikut nama – nama pegawai yang menerima SK Pensiun :

1. Handri Jouke Lasut SE, Camat Sario

 

2. Boyke Pandean S.Sos, Camat Bunaken

 

3. Oktavianus Barahama S.Sos, Camat Tuminting.

Turut hadir, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Staf Ahli, Camat dan ASN di jajaran Pemkot Manado.

*Middle*

Pemkot Manado Respon Cepat Atasi Keluhan Kondisi Jalan Malalayang Satu Ling 10

Pemkot Manado Respon Cepat Atasi Keluhan Kondisi Jalan Malalayang Satu Ling 10


MANADO, CARIKABAR.ID
- Hujan yang menguyur Kota Manado pada Senin (30/09) lalu membuat sejumlah saluran air tersumbat oleh sampah dan sedimen dan mengakibatkan air meluap sampai ke jalan. 

Begitu yang terjadi di seputaran GMIM Kalvari Malalayang Satu Lingkungan 10. Kondisi jalan di sekitar gereja tersebut pun langsung dipenuhi oleh air yang meluap, sehingga masyarakat pun langsung melaporkan kepada dinas terkait untuk dilakukan pembenahan. 

"Terjadi banjir di depan gereja GMIM Kalvari Malalayang 1 pasca hujan lebat, Senin 30 Sept 2024 siang, mohon bantuan disampaikan ke pak Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS), atau juga ke Pjs Walikota," begitu bunyi pesan Whatsapp Dannie Oroh, salah satu warga kepada Staf Khusus Walikota Manado Steven Rondonuwu.



Permohonan tersebut kemudian langsung diteruskan Steven Rondonuwu kepada AARS dan Pjs Walikota.


Tak hitung lama, Selasa (1/10) siang oleh Pemerintah Kota Manado melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU) Jhon Suwu dan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Peter Eman, langsung turun ke lokasi yang dimaksud untuk menanggapi laporan tersebut.



Kepala Dinas PUPR Manado, Jhon Suwu mengatakan pihaknya sudah melakukan pengukuran saluran air dan akan langsung mengerjakan. 

"Iya kami sudah melakukan pengukuran tadi dan akan langsung mengerjakan pembuatan drainase," ucap Suwu, pada Selasa (01/10). 

Suwu berujar, kondisi air yang meluap sampai ke jalan itu diakibatkan endapan lumpur yang sudah tinggi dan tersumbatnya saluran air akibat sampah. 

"Air yang meluap itu diakibatkan oleh sedimen atau endapan lumpur yang sudah tinggi, ditambah lagi dengan tumpukan sampah di saluran air yang memperburuk kondisi," ujar Suwu. 

Warga pun berterimakasih kepada pemerintah Kota Manado yang telah bergerak cepat mengatasi masalah banjir di Kota Manado. 

"Terima kasih kepada Bapak Andrei Angouw, Bapak dr. Richard Sualang dan kepada Pejabat Walikota Bapak Clay Dondokambey yang telah mengatasi dampak banjir di lingkungan 10 Kelurahan Malalayang 1, sekaligus mensupprot GMIM Kalvari Malalayang sebagai panitia Small choir seri A dalam rangka HUT PKB GMIM ke- 62," kata Ketua BPMJ GMIM Kalvari Malalayang Satu Pdt.Mayssri Wawointana-Sundah, didampingi Sekertaris panitia lokal Small choir seri A, Pnt Ronny Sumendap. 


Nampak yang turun lokasi para kepala bidang dinas PUPR dan Perkim Manado, Camat Malalayang Yusuf Kopitoy, Ketua BPMJ GMIM Kalvari Malalayang, Pdt Mayssri Sundah, Ketua Komisi PKB GMIM Kalvari Pnt. Rico Ferdinandus, dan para jemaat Kalvari Malalayang.


*Middle*