Minggu, 06 Oktober 2024

Pemkot Manado Salurkan 13 Unit Armada Sampah di 7 Kecamatan

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
 – Pemerintah Kota Manado menyalurkan sekira 13 unit armada pengangkut sampah yang disebar ke tujuh kecamatan yang ada di Kota Manado, dalam rangka terus memaksimalkan pelayanan yang bermanfaat untuk masyarakat, bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado, Senin (07/10/2024).


Penyerahan Armada tersebut, sebagaimana Pemerintah Kota Manado pada tahun 2024 menganggarkan 41 unit motor sampah yang baru berjenis tiga roda. Ada yang 250cc dan 150cc, diserahkan secara bertahap.



“Pagi ini kita salurkan 12 unit secara simbolis dan pada sore nanti, satu unit. Jadi hari ini total 13 unit. Dan nanti ini akan disebar di tujuh kecamatan di Kota Manado. Sebelumnya juga sudah ada 9 unit yang kita serahkan,” kata Pjs Clay Dondokambey.


Bagi Dondokambey, masalah sampah di Kota Manado masih menjadi perhatian penting dari Pemerintah Kota Manado. Dimana, kronologi terjadinya genangan air di beberapa titik karena hujan lebat pekan lalu, faktor salah satunya masih masalah sampah.



“Dan mudah-mudahan ini bermanfaat. Karena kompleksitas masalah sampah di Kota Manado ini menjadi perhatian penting dari pemerintah kota. Sebagaimana kondisi di lapangan bahwa memang masyarakat terus mengeluhkan mudah-mudahan dengan ketambahan armada yang baru ini, lebih menjawab kebutuhan masyarakat,” jelasnya sembari menambahkan tentunya menuntaskan masalah sampah mungkin belum secara cepat tertangani tetapi minimal meminimalisir penanganan sampah.

“Saya juga mewakili Pemerintah Kota Manado memohon kerja sama dari masyarakat supaya pekerjaan kami optimal, tolong dibantu dengan doa dan supportnya. Khususnya agar tetap membuang sampah jangan sembarangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pontoh Wuisang menyampaikan unit yang diserahkan ini diperuntukkan untuk Kecamatan-kecamatan dengan harapan bisa memaksimalkan pelayanan terutama mekanisme penanganan sampah.

“Tentunya pelayanan kepada masyarakat adalah yang paling utama. Motor sampah ini, fungsinya untuk mengangkat sampah di setiap kelurahan yang kemudian dari situ, ada truk yang disiapkan untuk mengangkat sampah tersebut ke TPA,” katanya.

Mewakili kecamatan yang mendapat unit motor sampah, Camat Bunaken Immanuel Mandak menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Manado sebelumnya, kepada Wali Kota Manado Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr Richard Sualang yang telah menganggarkan untuk ketersediaan motor sampah dan telah diserahkan oleh Pjs Wali Kota Clay Dondokambey hari ini.

“Sekali lagi terimakasih. Dan di Kecamatan Bunaken Kepulauan motor sampah ini pasti sangat bermanfaat,” ungkapnya.
Penyerahan dihadiri juga Asisten II Atto Bulo, Struktural Dinas Lingkungan Hidup mulai dari Sekertaris Dinas, Kepala-Kepala Bidang, selain Camat Bunaken Kepulauan hadir pula Camat Tikala.


(***/Red)

SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: