Rabu, 02 Oktober 2024

Pemkot Manado Terima SAKIP Award 2024, ASN Berhasil Kerja Maksimal,

SHARE


MANADO, CARIKABAR.ID
- Pemerintah Kota Manado rupanya berhasil mendorong Aparat Sipil Negara (ASN) untuk bekerja maksimal dalam mewujudkan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. 


Buktinya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam kegiatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan SAKIP Award 2024 menganugerahkan kepada Pemerintah Kota Manado berada di 20 besar pemerintah Kota terbaik dalam tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas kinerja dan untuk tingkat Provinsi Sulut Kota Manado berada di urutan pertama.


Kegiatan SAKIP Award 2024 mengangkat tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas Untuk Indonesia Maju”, dilaksanakan di hotel Bidakara Jakarta hari ini 02 Oktober 2024.


Pemerintah Kota diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Manado DR. Miclar C. S Lakat. SH. MH didampingi Kepala Inspektorat Judhy Rumagit, Kepala Bapelitbangda Liny Tambayong dan Kabag Organisasi Setda kota Manado Novli Siwy


Micler Lakat mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah melakukan serangkaian proses evaluasi kebijakan pada bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintahan di Kota Manado. 


"Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, telah melakukan serangkaian proses evaluasi kebijakan pada bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintahan, salah satunya pada bidang akuntabilitas kinerja. Hasil dari evaluasi tersebut kemudian akan disampaikan kepada masing-masing instansi pemerintah untuk ditindaklanjuti dalam rangka perbaikan pelaksanaan kedepannya," ujar Lakat. 


Dengan dasar tersebut, menurut Lakat Kementerian PANRB RI menyelenggarakan kegiatan SAKIP Award 2024.


"Atas dasar tersebut, kami menghadiri kegiatan dari Kementerian PANRB yang menyelenggarakan kegiatan SAKIP Award 2024 dengan tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas Untuk Indonesia Maju”, di hotel Bidakara Jakarta Rabu hari ini tgl 02 Oktober 2024," ujar Lakat. 


Diapun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan pemerintah Kota Manado yang telah bekerja dengan baik dalam mewujudkan tata kelolah pemerintahan dan akuntabilitas kinerja. 


"Pencapaian ini bukan hanya sebagai lewat begitu saja, tapi bagaimana kita kemudian mewujudkan tata kerja pemerintahan yang semakin baik terutama dalam sistem tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas kinerja. Puji Tuhan, tahun ini Kota Manado berhasil berada di 20 besar pemerintah Kota terbaik se Indonesia dalam tata kelola Pemerintahan dan akuntabilitas kinerja dan untuk tingkat Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado berada di urutan pertama," ucapnya.


Kegiatan pemberian penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, Azwar Anas. 


Pelaksanaan SAKIP award tahun 2024 ini diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemda dalam konsistensi dan komitmen walikota dan wakil walikota dan jajaran Pemkot Manado tentang pelaksanaan tata kelola pemerintahan dalam sistim akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dalam perencanaan, pelaporan, pengukuran kinerja serta evaluasi kinerja internal dalam instansi pemerintah. 


Kota Manado hasil evaluasi kemenpan RB RI secara akumulasi Pemda seluruh Indonesia masuk kategori Baik (BB) dan masuk 20 besar tingkat pemerintah kota dari 98 kota di Indonesia. Dan ditingkat propinsi menjadi satu-satunya pemerintah kota kategori BB diatas pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sulut.


(***/Red)


SHARE

Author: verified_user

0 $type={blogger}: